26+ Tempat Wisata Semarang Populer, Terkenal & Wajib Dikunjungi

Semarang adalah salah satu kota wisata yang populer di Pulau Jawa. Semarang yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Semarang masih kental dengan kebudayaan Jawa sehingga menarik banyak wisatawan.

Semarang terkenal dengan berbagai daya tariknya, mulai dari tempat wisata, budaya, kuliner dan masih banyak hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Semarang. Nah, karena Semarang adalah tempat yang sangat cocok untuk berwisata, setelah berwisata kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Semarang untuk dibwa pulang.

Seperti yang kita tahu dan alami bahwa kita semua pasti sangat menginginkan berwisata setelah lelah dan penat bekerja. Salah satu pilihan tempat wisata yang bisa sobat pilih adalah berwisata di Semarang sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah ini. Begitu banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi ditempat ini.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Di Jakarta Terkenal & Wajib Dikunjungi

26 Tempat Wisata Di Semarang Terkenal & Populer

Jika sobat sudah menentukan untuk berlibur ke semarang, atau mungkin sobat masih ragu untuk memilih semarang, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata semarang terkenal, populer dan wajib kamu kunjungi.

1. Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Foto instagram.com/burhanuddin902

Tempat wisata terkenal di Semarang pertama adalah Lawang Sewu. Wisata di Semarang yang memiliki banyak sekali pintu ini menjadi destinasi populer di Semarang. Yah, kalau kita mendengar namanya pasti langsung teringat acara – acara mistis di Televisi ya! Lawang sewu memang identik dengan hal – hal mistik. Karena merupakan bangunan peninggalan penjajah Belanda.

Lawang sewu menjadi tempat wisata sejarah dan memiliki misteri yang cukup menarik. Banyak yang mengatakan bahwa terdapat berbagai hal – hal ganjil di tempat ini. Namun karena arsitektur bangunan lawang sewu ini sangat unik dan indah, maka tempat ini sangatlah cocok untuk hunting foto loh.

Jadi disamping melakukan wisata sejarah dan uji nyali, kalian juga bisa mendapatkan foto – foto dengan spot yang cantik dan epic di tempat ini.

Tempat ini sudah terkenal di seluruh dunia, bahkan dikatakan sebagai tempat terangker kedua se Asia. Namun jangan takut sobat, tempat ini tidak berbahaya. Hanya suasananya saja yang terasa mistis karena memang merupakan tempat yang menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah.

Lokasi wisata Lawang Sewu ini berada di komplek Tugu Muda di Jl. Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk mencapai lokasi ini juga sangat mudah, karena merupakan destinasi populer yang berada di tengah kota. Lawang sewu dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00.

Harga tiket masuk wisata lawang sewu ini juga sangat terjangkau yaitu Rp. 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp. 5.000 per orang untuk anak – anak. Sobat pasti tertarik bukan?

Lokasi Jl. Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 10.000
Jam Buka 07.00-21.00

2. Wisata Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong foto Instagram.com/thirsthysuperhero_drinks

Tempat wisata di Semarang berikut ini juga tidak kalah populer dengan Lawang Sewu. Kali ini kita bicara tentang klenteng Sam Poo Kong. Klenteng merupakan tempat ibadah bagi kaum kong hu cu. Tempat ini juga merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia terdiri dari berbagai kebergaman, termasuk keberagaman agama.

Bentuknya memang unik dan mengundang kita untuk mengambil berbagai foto selfie. Tapi bukan hanya spot foto yang menarik, namun masih ada aktivitas lain yang bisa kita lakukan di klenteng tersebut.

Salah satunya adalah dengan mengenang perjuangan laksamana Ceng Ho, yaitu pelaut tiongkok muslim yang menyebarkan virus perdamaian di kota Bandeng Tersebut.

Ditempat ini terdapat petilasan laksamana ceng ho, karena beliau pertama kali mendarat di tempat ini. Meskipun merupakan klenteng, namun di petilasan ini memiliki ciri islam, yaitu dibuktikan dengan tulisan “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an”.

Lokasi Wisata Sam Poo Kong ini berada di Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kalian bisa mengakses tempat ini dengan sangat mudah menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Wisata Sam Poo Kong dibuka setiap hari pukul 06.00 hingga 23.00.

Harga tiket masuk wisata sam poo kong ini adalah Rp.5.000 per orang. Rugi rasanya jika sobat tidak mampir ketika berada di Semarang.

Lokasi Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp.5.000
Jam Buka 06.00-23.00

3. Wisata Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk foto Instagram.com/aprtod

Wisata religi di Semarng berikutnya adalah Gereja Bleduk. Berikutnya adalah masih bertema tempat beribadah, namun kali ini merupakan tempat ibadah bagi umat Kristen. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini masih berdiri kokoh dan dimanfaatkan sebagai GPIB Immanuel atau yang lebih sering disebut dengan Gereja Blenduk

Bentuk bangunannya yang indah dan artistic banyak wisatawan yang sengaja datang ketempat ini hanya untuk menikmati keindahan aritekturnya serta tentu saja mengambil foto di tempat ini akan sangat instagramable ya sobat.

Lokasi wisata Gereja Blenduk ini berada di Jl. Letjen Suprapto No. 32, Tj. Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174. Tempat ini buka setiap hari tentunya karena merupakan tempat beribadah bagi umat kristiani.

Dan karena tempat ini merupakan tempat beribadah tentu saja tidak ada ya yang namanya tiket masuk. Jadi bisa dikatakan kalian bisa mengunjungi tempat ini secara gratis, harga tiket masuk gereja blenduk ini adalah tidak ada. Bagaimana? Menarik bukan?

Lokasi Jl. Letjen Suprapto No. 32, Tj. Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka

4. Wisata Ke Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Foto Instagram.com/aslisemarang

Selanjutnya kita kembali ke wisata sejarah di Semarang. Tugu Muda semarang merupakan salah satu bukti pertempuran 5 hari yang pernah terjadi. Karena tugi ini di bangun untuk mengenak terjadinya pertempuran pada tanggal 10 November 1950 itu.

Tugu ini terletak berdekatan dengan lawang sewu, jadi sobat bisa sekalian datang ke lawang sewu yah? Tempat ini bisa jadi photo spot yang unik sekaligus bersejarah. Banyak juga pemuda pemudi yang suka nongkrong disekitar sini.

Lokasi wisata Tugu Muda ini adalah Jl. Yudistira No. 5, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131.

Dan tentunya kalian bisa berkunjung ke tempat ini kapanpun dan jam berapapun. Dan tidak perlu bertanya harga tiket wisata tugu muda ya sobat. Karena tempat ini tentu saja gratis.

Lokasi Jl. Yudistira No. 5, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka

5. Wisata Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang foto instagram.com/amal_panca_windu

Wisata di Semarang selanjutnya adalah simpang lima semarang. Spot wisata ini adalah salah satu lokasi yang terkenal di seantero Indonesia. Sebenarnya simpang Lima ini merupakan lapangan besar yang berada di tengah kota Semarang yang berada di jalur Nasional. Jadi, setiap orang yang berkunjung atau melewati kota semarang tentu pernah melihat lapangan tersebut.

Selain tempatnya yang indah untuk foto spot, kita juga bisa menikmati berbagai aktivitas disini sobat, seperti nongrong bareng warga local semarang, mencoba mengendarai sepeda dan becak hias, main catur 3 langkah mati dan masih banyak aktivitas seru lainnya loh.

Lokasi wisata Simpang Lima Semarang ini adalah di Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50241. Karena merupakan fasilitas umum, tentu saja tempat ini dibuka 24 jam sobat.

Kalian tidak perlu bertanya tentang harga tiket masuk simpang lima semarang, karena kalian tidak perlu membayarnya alaias gratis. Hanya saja kalian perlu menegeluarkan uang jika kalian ingin mencoba sepatu roda atau becak hias. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Lokasi Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka 24 Jam

6. Wisata Museum Old City 3D Trick Art Semarang

OLD CITY 3d TRICK ART MUSEUM SEMARANG foto instagram.com/keluargaoldcity

Wisata satu ini pasti sangat disukai oleh para sobat yang hobi selfie dan fotographi. Old City 3D Trick Art Museum adalah tempat yang cocok buat anak muda kekinian. Karena tempatnya cukup unik dan belum begitu banyak tempat semacam ini di Semarang.

Ada banyak spot yang seru yang bisa sobat jajal. Tiap sudut museum ini dilengkapi dengan lukisan berupa jembatan, binatang buas, lautan, gedung tua, dan bahkan air terjun. Yang membuat tempat ini berbeda adalah karena lukisan – lukisan tersebut debuat dengan teknik tiga dimensi sehingga terlihat sangat nyata.

Selain itu, ada juga spot berupa interior serba terbalik yang akan menghasilkan foto unik serta keren yang instagramable. Jadi kalau sobat sudah mendapatkan foto yang keren, langsung saja sobat bisa unggah di media sosial sobat.

Lokasi  Wisata Old City 3D Trick Art Museum ini terletak di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174. Harga tiket masuk wisata bOld City 3D trick Art Museum ini adalah Rp 50.000 per orang. Kalian bisa datang ke tempat ini setiap hari dan dibuka mulai jam 07.00 pagi hingga 21.00 malam.

Lokasi Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 50.000
Jam Buka 07.00-21.00

7. Museum Rekor Indonesia (MURI) Semarang

Muri Semarang foto instagram.com/gandhi.gan.86

MURI? Pernah dengar bukan Sobat? Kalo kita bicara MURI pasti kita akan ingat beberapa tokoh penting pencetak rekor ya! Nah jujur deh, pasti kalian banyak yang belum pernah tahu Museum Rekor Indonesia itu dimana dan Bagaimana.

Lokasi wisata Museum Rekor Indonesia terletak di dua tempat yaitu di Mall of Indonesia, Jakarta dan satu lagi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263. Museum ini buka setiap senin hingga jum’at pukul 09.00 – 16.00.

Di  museum ini kalian bisa melihat berbagai koleksi serta dokumentasi berbagai rekor nusantara, mulai dari lipstick terbesar, buku tertebal, dan masih banyak yang lainnya.

Lebih penting lagi, kalian tidak usah khawatir tentang harga tiket masuk museum rekor Indonesia ini karena kita bisa masuk ke tempat ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Lokasi Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka 09.00-16.00

8. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang

pagoda watugong foto instagram.com/tyasindayanti

Wisata di Semarang selanjutnya adalah Pagoda. Jika sebelumnya sudah disebutkan tempat ibadah bagi kaum kong hu cu dan kristiani, destinasi berikutnya merupakan tempat ibadah bagi penganut agama Buddha yaitu pagoda.

Warga sekitar lebih mengenanlnya dengan nama Pagoda Watugong atau Pagoda Dewi Kwan Im. Interior yang digunakan di pagoda ini benar – benar mencerminkan nuansa negeri tirai bambu, sehingga kalian akam merasa sedang berlibur ke negeri itu.

Pagoda ini juga telah dinobatkan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu dengan ketinggian sekitar 45 meter. Selain menikmati keindahan dan kemegahan pagoda dan Vihara, kamu juga bisa melihat patung Bodhisattva Avakitewara dan Dewi Kwan Im di tempat itu. bahkan wisatawan mancanegara juga senang berkunjung ke tempat ini.

Lokasi wisata Pagoda avalokitesvara buddhagaya watugong  ini adalah Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kalian juga tidak perlu menanyakan lagi harga tiket masuk wisata pagoda avalokitesvara buddhagaya watugong ini karena tentu saja kalian tidak perlu membayar untuk mengunjungi suatu tempat ibadah bukan.

Lokasi Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka

9. Wisata Religi Ke Masjid Agung Semarang Jawa Tengah

masjid agung semarang foto instagram.com/abihuzuanda

Salah satu wisata religi di Semarang adalah Masjid Agung Semarang Jawa Tengah. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah hingga terkenal dan populer diantara para wisatawan. Kamu bisa melihat keindahan Masjid dari mercusuar yang ada di area masjid dengan menaiki lift dengan ketinggian 99 meter.

Yang menjadikan masjid ini terkenal dan istimewa adalah keberadaan payung raksasa yang dapat membuka secara otomatis yang diadopsi dari payung raksasa yang ada di Masjidil Haram. Payung ini akan membuka pada saat sholat jum’at dan ketika ada acara – acara besar seperti maulid Nabi Muahmmad SAW.

Untuk kalian yang ingin beribadah sekaligus mengunjungi masjid megah ini, kalian bisa datang langsung kesini. Lokasi wisata masjid agung jawa tengah ini berada di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166.

Dan tentu saja sekali lagi kalian tidak perlu khawatir tentang harga tiket masuk wisata masjid agung jawa tengah ini.

Lokasi Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka 24 Jam

10. Tempat Wisata Goa Kreo Semarang

Goa Kreo foto instagram.com/muna7334

Setelah berbicara tentang bangunan sejarah, kali ini kita membicarakan tentang salah satu destinasi wisata alam di Semarang  yang menurut cerita penduduk ada hubungannya dengan salah satu tokoh wali songo saitu Sunan Kalijaga. Destinasi wisata satu ini dinamakan Gua Kreo atau Goa Kreo.

Yang menarik dari bendungan ini adalah karena adanya bendungan yang mengelilingi lokasi goa. Bendungan ini memiliki empat fungsi utama bagi masyarakat setempat, yaitu sebagai penanggulangan masalah banjir, PDAM, PLTA dan tentu saja sebagai destinasi wisata semarang.

Satu lagi yang menjadi daya tarik destinasi ini adalah adanya kawanan kera yang suka berkeliaran di sini. Jadi buat sobat yang berkunjung kesini sebaiknya hati – hati agar makanan, jam, tas atau barang lainnya yang menarik perhatian kera tidak dicuri oleh kera.

Lokasi wisata Goa Kreo ini adalah Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222.

Dan untuk harga tiket masuk wisata goa kreo ini adalah Rp. 4000 per orang.

Lokasi Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 4.000
Jam Buka

11. Tempat Wisata Pantai Marina Semarang

pantai marina foto instagram.com/semarang_story

Wisata Pantai di Semarang lainnya adalah Pantai Marina. Wisata satu ini termasuk salah satu wisata paling populer di kota semarang dan menjadi wisala favorit keluarga ketika liburan tiba. Pantai ini dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari.

Yang menarik adalah fasilitas di pantai ini yang cukup untuk menghibur keluarga dan anak – anak. Sobat bisa menikmati keindahan pantai sekaligus wahana seperti ski air dan taman bermain, serta kolam renang.

Serta kondisi alam yang berbeda di beberapa sisi pantai ini jakan sangat memanjakan diri kalian sobat. Karena pantai ini memiliki sisi jalan setapak dengan beton, berupa gundukan karang dan juga jalanan berumput di sisi pantainya.

Lokasi wisata pantai marina ini adalah di Jalan Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kecamatan Tawang Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk wisata pantai marina ini pun cukup terjangkau. sobat cukup membayar Rp 4.000 untuk setiap orang, namun untuk menikmati wahana lain seperti kolam renng dan ski kalian harus membayar lagi ya.

Lokasi Jalan Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kecamatan Tawang Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 4.000
Jam Buka

12. Wisata Water Blaser Semarang

water blaster foto instagram.com/chivaliora

Tempat wisata yang merupakan wahana air ini diklaim sebagai salah satu wahana permainan pertama di semarag dengan banyak wahana permaianan yaitu sekitar 25 unit wahana bermain.

Permainan yang dapat sobat nikmati di tempat ini antara lain adalah Water Slider Glaciar Café,, Slide Race, Family Slide, Beach, Flying Fox, Blaster Shop, Kolam Ombak, Bandulan, Blaster Warior, Cross Over dengan ATV, Paint Ball, Jungle Tree, Great Wall, Food Court, Gazebo, Race café, Noah Ship, Star Plaza, dan yang lainnya.

Jika kalian tidak ingin bermain, cukup berendam saja di kolamnya ya..! dan untuk lokasi wisata water blaster ini adalah di Jalan Bukit Candi Golf 1, Semarang.

Kalian bisa datang ke tempat ini setiap hari kecuali hari senin, dengan harga tiket masuk lokasi wisata water blaster adalah Rp. 60.000 per orang pada hari biasa dan Rp 80.000 per orang pada hari sabtu, minggu dan hari libur nasional.

Lokasi Jalan Bukit Candi Golf 1, Semarang
Tiket Masuk Rp 60.000
Jam Buka

13. Wisata Watu Gunung Semarang

watu gunung foto instagram.com/wisatasemarang

Wisata ini mungkin terdengar seperti suatu tempat wisata yang alami ya sobat. Namanya saja watu gung. Namun sebenarnya wisata ini merupakan wisata buatan yang dibuat dengan nuansa pegunungan di kota semarang.

Klalian bisa menikmati taman – taman cantik yang dolengkapi gazebo serta kolam renang dengan air yang sejuk dan jernih. Pemandangannya yang asri pun akan membuat kita betah berlama – lama disanan sobat.

Lokasi wisata Watu gunung adalah di jl. Srikandi Raya no.1, Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang 50519, Jawa Tengah. Kalian bisa mengunjungi tempat ini setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk wisata  adalah Rp 20.000 per orang.

Lokasi Jl. Srikandi Raya no.1, Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 20.000
Jam Buka 08.00-16.00

14. Wisata Brown Canyon Semarang

brown canyon foto instagram.com/elenaoshay

Brown Canyon bukanlah merupakan tempat wisata melainkan tempat penggalian pasir, tanah urug dan patu padas. Seperti halnya Grand Canyon do Amerika Serikat, Brown Canyon juga menghadirkan hamparan bukit berpalung dalam.

Panorama alam eksotik perpaduan dari alam dan bekas – bekas galian ini membuat brown canyon menjadi salah satu tempat wisata popular di semarang. Tempat ini dikunjungi oleh banyak wisatawan hanya untuk mengambil foto yang instagramable.

Lokasi wisata brown canyon  ini adalah Rowosari, Tembalang, Semarang City, Central Java dan tentu tidak perlu bertanya – Tanya tentang harga tiket masuk lokasi wisata  ini ya sobat, karena sudah pasti gratis.

Lokasi Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka

15. Desa Wisata Kalipancur Semarang

desa wisata kalipancur foto instagram.com/dannyeko3

Destinasi wisata satu ini adalah suatu wisata yang cukup lengkap. Disini terdapat berbagai fasilitas yang akan disukai oleh semua orang termasuk anak – anak. Jadi bisa dikatakan bahwa wisata ini adalah paket lengkap untuk kalian datangi.

Di wisata ini, kalian bisa menikmati berbagai fasilitas diantaranya adalah kolam renang, sepeda air, Aeroplane Cafe, Western Village (Japanese Village dan Texas Village), Balinese Village hingga kandang rusa, kandang sapi, hutan jati, dan warung makan, serta pemancingan ada di sini.

Kalian bisa datang ke lokasi wisata ini setiap hari mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB. Lokasi wisata ini adalah di Jl. Candi Penataran Raya, Manyaran, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa tengah.

Harga Tiket Masuk wisata   ini juga murah. Kalian cukup membayar Rp. 3000 per orang dan biaya parker kendaraan Rp. 2.000 untuk sepeda motor sedangkan untuk mobil adalah Rp. 5.000.

Lokasi Jl. Candi Penataran Raya, Manyaran, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 3.000
Jam Buka 09.00-20.00

16. Wisata Taman Budaya Raden Saleh Semarang

taman budaya raden saleh foto instagram.com/jan_praba

Satu lagi tempat wisata yang menarik di Semarang adalah Taman Budaya Raden Saleh. Taman Budaya yang memiliki luas kurang lebih 90.000 meter persegi ini tadinya merupakan area Kebun Binatang.

Taman ini cukup asri dan juga merupakan pusat kebudayaan di kota semarang. Di tempat ini terdapat berbagai mural dan graffiti yang menjadikan tempat ini semakin bercita rasa seni tinggi. Selain itu setiap minggu juga dilakukan pementasan seperti baca puisi atau pementasan seni teater.

Lokasi wisata taman budaya raden saleh ini adalah di Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah gratis, namun ketika ada pementasan atau pertunjukan tentu kalian harus membayar tiketnya ya.

Lokasi Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka 24 Jam

17. Wisata Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang foto Instagram.com/rubahphoto

Pantai populer yang wajib dikunjungi lainnya ketika di semarang adalah Pantai Tirang. Jaraknya cukup dekat dengan bandara Ahmad yani, yaitu hanya sekitar 5 KM saja.

Anda bisa menikmati hamparan pasir luas dan udara pantai yang menenangkan. Hal lain yang menjadi daya tarik adalah dengan adanya para nelayan yang membudidayakan rumput laut di pantai ini. Jadi, anda bisa secara langsung menyaksikan kegiatan mereka sobat.

Lokasi wisata Pantai Tirang ini adalah di Desa Tugurejo, Tugu Semarang. Seperti sebagian besar destinasi wisata di Semarang, kalian tidak perlu khawatir tentang harga tiket masuk lokasi wisata ini, karena kalian hanya perlu membayar biaya parker Rp. 4.000 dan Rp. 2.000 jika kalian ingin memancing.

Kalian juga bisa kapan saja berkunjung ke tempat wisata pantai Tirang, karena pantai ini dibuka 24 jam setiap hari.

Lokasi Desa Tugurejo, Tugu Semarang
Tiket Masuk Rp 4.000
Jam Buka 24 Jam

18. Wisata Air Terjun Semiran

Air Terjun Semiran foto nstagram.com/vincentia_sita

Berikut ini adalah air terjun indah yang tersembunyi di tengah hutan. Bagi sobat yang butuh tempat untuk menenangkan diri, mungkin bisa datang ke air terjun Semiran ini.

Pemandangan selama perjalan dan setelah tiba sangat indah, sejuk, asri dan tentu menenangkan jiwa dan pikiran kita semua. Walaupun kalian harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke tempat ini, namun semua kelelahan itu akan terbayar setelah tiba ditempat yang indah ini.

Lokasi wisata air terjun semiran  ini adalah di desa Gintungan, semarang.

Harga tiket masuk lokasi wisata air terjun semiran  ini adalah Rp. 5.000 per orang. Yang menarik adalah lokasi ini dibuka selama 24 jam setiap hari.

Lokasi Desa Gintungan, semarang
Tiket Masuk Rp 5.000
Jam Buka 24 Jam

19. Wisata Taman Srigunting Semarang

Taman Sriguting Foto Instagram.com/seputarsemarang

Posan dengan pantai dan air terjun? Berikut ini adalah salah satu taman yang sering dijadikan tempat nongkrong bagi masyarakat Semarang di akhir pecan. Bukan hanya nongkron, tapi kita juga bisa menjajal berbagai jenis jajanan khas kota semarang yang dijual di sekitar sana.

Selain karena tempatnya yang cozy dan jajanannya yang membuat kita betah berada disana, tempat itu memiliki udara yang sejuk dan asri, sehingga sangat baik untuk kesehatan kita. Hal menarik lainnya adalah, taman ini terletak bersebelahan dengan Gereja Blenduk, yang menjadikannya spot foto yang cantik dan pasti instagramable.

Lokasi wisata taman srigunting  ini berada di Jl. Letjen Suprapto No.22, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174. Kalian bisa datang ke taman ini kapanpun karena dibuka setiap hari dan 24 jam sobat.

Dan jika kalian menanyakan harga tiket masuk lokasi taman srigunting ini, maka jawabanya adalah gratis, ya seperti taman – taman kota lainnya.

Lokasi Jl. Letjen Suprapto No.22, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka 24 Jam

20. Wisata Taman KB Semarang

Taman KB foto Instagram.com/aris_cahya17

Namanya sangat familiar ya sobat? KB memang kepanjangan dari Keluarga Berencana, program yang dicanangkan pememrintah. Sebutan nama KB berasal dari patung yang terdapat di taman ini, yaitu patung seorang ibu yang menggandeng 2 anaknya, cocok sekali dengan program KB yaitu 2 anak cukup.

Nama sebenarnya dari taman ini adalah Taman Menteri Supeno. Di taman ini, kita bisa menikmati hari sambil membawa anak – anak atau adik – adik kita bermain karena banyak permainan seperti prosotan dan ayunan ditempat ini.

Selain asri dan cocok untuk anak – anak maupun dewasa, taman ini juga akan dapat memanjakan lidah serta perut kita sobat, karena banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan jajanan disini.

Lokasi wisata Taman KB ini adalah di Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50249. Taman ini buka setiap hari selama 24 jam, dan kalian bisa menikmati kuliner di malam hari disini.

Seperti sebagian besar destinasi wisata di semarang, kalian juga tidak perlu memusingkan harga tiket masuk lokasi wisata taman KB ini, karena tentu saja gratis.

Lokasi Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka 24 Jam

21. Desa Wisata Kandri Semarang

Desa wisata Kandri foto instagram.com/desawisatakandri

Satu lagi nih Desa wisata di Semarang yang bisa kalian kunjungi sobat, namanya desa wisata Kandri. Kalau masih ingat, sebelumnya kita sudah membahas tentang Goa Kreo yang banyak kera berkeliaran, nah desa ini berada di satu kawasan yang sama dengan Goa Kreo tersebut.

Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata karena penduduk masih menjaga keasrian lingkunga,serta mempertahankan keaslian tradisi dan budaya mereka. Setiap tahunnya akan digelar pagelaran seperti wayang untuk menjaga keaslian budaya mereka.

Untuk lebih mengembangkan potensi alam desa ini, berbagai spot wisata yang menurut anak jaman now adalah wisata kekinian juga dibangun seperti mendirikan gubuk uwit, foto diatas awan dan foto balon udara.

Lokasi wisata desa kandri ini terletak di Kandri, Gunung Pati, Semarang City, Central Java 50222. Untuk menemukan desa ini sangat mudah, kalian tinggal mengikuti papan petunjuk jalan saja pasti sudah sampai di tempat tujuan.

Harga tiket masuk desa wisata kandri memang gratis, namun sobat harus membayar Rp. 5000 per spot yang ada disana.

Lokasi Kandri, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 5.000
Jam Buka

22. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Semarang

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak foto instagram.com/massbekki_0

Berikutnya adalah wisata alam buatan yang bernama kolam renang tirti agro siwarak. Meskipun buatan, namun air yang digunakan untuk kolam ini adalah bersumber dari air pegunungan jadi airnya bersih dan sejuk.

Kola mini berada tepat di kaki gunung ungaran, sehingga suasananya sungguh asri dan sejuk,cocok untuk melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran kita. Di tempat ini terdapat empat kolam renang dengan kedalaman berbeda, jadi kita juga harus tetap mengawasi anak – anak ketika membawa mereka kesini.

Lokasi wisata kolam renang tirto argo sirawak ini adalah di Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50551.

Harga tiket masuk lokasi wisata kolam renang tirto agro sirawak  ini pun tidak begitu mahal, yaitu Rp.15.000 perorang. Bagaimana? Apakah sobat tertarik untuk berenang di kolam ini?

Lokasi Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp.15.000
Jam Buka

23. Semarang Contempory Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery foto instagram.com/semarang_gallery

Setelah ada Old City yang menawarkan keindahan seni, yaitu semarang Contemporary Art Gallery. Bangunan gallery ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun baru digunakan sebagai gallery pada tahun 2011.

Di dalam gallery ini, kita bisa menikmati berbagai koleksi seni indah hasil karya seniman – seniman Indonesia terkenal, mulai dari lukisan hingga patung. Tempat ini juga sering mengadakan event – event yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni.

Lokasi wisata semarang contemporary art gallery  ini adalah Jalan Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174.

Harga tiket masuk lokasi wisata semarang contemporary art gallery ini sebesar Rp.10.000 per orang, kalian sudah bisa menikmati keindahan karya seni anak negeri. Gallery ini dibuka setiap hari kecuali hari senin pukul 10.00 – 16.00 WIB.

Lokasi Jalan Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp.10.000
Jam Buka

24. Tempat Wisata Maerokoco Semarang

Grand Maerakaca foto instagram.com/wisatasemarang

Ada yang pernah mendengar nama Grand Maerakaca? Mungkin sebagian dari kalian belum pernah mendengarnya ya. Granda Maerakaca merupakan taman miniature provinsi Jawa Tengah.

Grand Mareakaca dilengkapi dengan anjungan khas dari 35 kabupaten/kota di provinsi jawa tengah. Spot – spot di grand Maerakaca ini semakin bagus dan akhir – akhir menjadi viral lewat unggahan para pengunjung yang sudah berselfi ditempat tersbut.

Spot paling popular adalah pada kafe yang da di jembatan yang terletak diatas miniature laut jawa. Kalau kita mengambil foto di spot tersebut benar – benar akan indah karena terlihat seperti sedang berada di laut jawa.

Lokasi wisata Grand Merakaca ini adalah di Tawangsari, West Semarang, Semarang City, Central Java 50144.

Tempat wisata Grand Maerakaca bertambah populer dan menjadi favorit warga local karena harga tiket masuk wisata grand maerakaca yang cukup murah, yaitu hanya Rp. 10.000 per orang.

Lokasi Tawangsari, Semarang, Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 10.000
Jam Buka

25. Wisata Curug Lawe Benowo Semarang

Curug Lawe Benowo foto instagram.com/laras.utami517

Kali ini kita akan membahas tentang wisata alam yang ada di semarang, yaitu Curug (air terju) Lawe Benowo. Curug ini masih sangat asri dan asri karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang tempat ini.

Kita bisa bermain air di curug ini, selain itu sobat juga bisa menjajal makan khas daerah ini jika lapar, karena terdapat warung – warung yang menjual makanan disekitar area ini.

Salah satu spot yang populer diantara para wisatawan adalah sebuah jembatan yang menghubungkan kita ke lokasi air terjun yang biasa disebut sebagai jembatan romantic, karena memang bentuknya yang kecil dan hanya bisa dilalui oleh 2 orang saja.

Lokasi wisata curug lawe benowo  ini adalah di Kalisidi, RT.01 / RW.06, Ungaran Barat, Hutan, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk lokasi wisata curug lawe benowo ini pun murah, yaitu Rp. 10.000 per orang. Untuk sobat yang suka tantangan dan mencari tempat yang menyenangkan, curung ini pasti pilihan yang tepat.

Lokasi Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 10.000
Jam Buka

26. Wisata Umbul Sidomukti Semarang

wisata umbul sidomukti foto instagram.com/umbul.sidomukti

Seperti halnya Curug Lawe Benowo, destinasi wisata satu ini juga belum banyak diketahui oleh wisatawan. Umbul sidomukti adalah kawasan wisata alam yang menawarkan berbagai wahana dan fasilitas outdoor yang bisa sobat coba.

Sobat sekalian bisa mencoba berbagai aktivitas outdoor di umbul sidomukti ini loh, antara lain adalah outbond training, taman renang alam, adrenalin games dan terdapat juga fasilitas berupa camping bround, pondok lesehan dan juga pondok wisata.

Kalian juga bisa berenang sambil menikmati keindahan alamnya sobat. Tak hanya kolam renang, tempat ini juga menyediakan flying fox dengan dua track yang berbeda, rapeling serta ATV. Jadi kalian bisa menikmati liburan sekaligus berolahraga ya!

Lokasi wisata umbul sidomukti ini adalah di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Harga Tiket masuk wisata ini adalah Rp. 8.000 pada hari senin hingga jum’at dan Rp. 10.000 pada weekend. Jika ingin mencoba wahana dan fasilitas yang ada, kalian cukup menambah biayanya yaitu sekitar Rp.18.000 – Rp.40.000 tergantung fasilitas yang ingin kalian coba. Bagaimana sobat? kalian ingin berenang saja atau mungkin akan mencoba rapeling di tempat ini?

Lokasi Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Tiket Masuk Rp 8.000
Jam Buka

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Bandung Terkenal, Unik & Wajib Di Kunjungi

Jogja day ~ Wisata Semarang cukup beragam mulai dari wisata sejarah, wisata permainan, wisata alam, hingga wisata religi. Rangkuman 26 wisata Semarang paling terkenal dan hits ditahun 2019 ini dapat menjadi pilihan referensi wisatamu selama liburan.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!