25+ Tempat Wisata Purwokerto Banyumas Terkenal Paling Hits 2019

Wisata Purwokerto ~ Purwokerto merupakan salah satu Kabupaten yang berada dalam wilayah Jawa Tengah. Kota ini sebenarnya terkenal dengan berbagai kulinernya yang lezat dan menggugah selera. Namun tak hanya itu saja, Purwokerto juga memiliki berbagai wisata terkenal yang tak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Purwokerto adalah ibukota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sebelum tahun 2000, kota ini masih belum maju seperti saat ini. Namun setelah banyaknya mahasiswa yang berdatangan dari berbagai kota di Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Universitas Jendral Soedirman yang ada di Purwokerto. Membuat kota ini semakin berkembang, terutama dalam bidang perekonomian dan pariwisatanya.

Daerah Purwokerto memiliki daerah yang sangat luas, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Tak heran jika banyak tempat wisata alam dan keluarga yang terus bermunculan dan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi kota Purwokerto.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui tentang wisata Purwokerto. Mengingat kota ini belum terlalu populer menjadi kota wisata di Indonesia. Dan pada kali ini akan kami list wisata-wisata terbaik di Purwokerto lengkap di bawah ini.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Pangandaran Terkenal & Wajib Di Kunjungi

1. Wisata Baturraden Purwokerto

https://twitter.com/ecosuntravel

Mengunjungi Purwokerto tidak akan lengkap jika kamu tidak singgah di Baturraden. Salah satu wisata favorit di Purwokerto ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Objek wisata keluarga ini menawarkan pemandangan dari kaki Gunung Slamet yang begitu indah dan suasananya yang sangat sejuk.

Ada banyak spot-spot menarik yang bisa membuat siapapun akan betah jika berlama-lama di wisata ini. Dapat dikatakan jika fasilitas hiburan yang ada di Baturraden cukup lengkap. Jadi jangan sampai kamu melewatkannya.

Lokasi wisata Baturraden berada di lereng Gunung Slamet. Bagi kalian yang ingin berkunjung, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun berhati-hatilah saat ingin membawa kendaraan pribadi ke wisata Baturraden ini, mengingat medan yang harus dilalui merupakan jalur pegunungan yang banyak naik turunnya. Sehingga pastikan jika kondisi kendaraan prima saat akan pergi ke wisata Baturraden.

Sesampainya disana, kamu akan langsung disambut dengan panorama pegunungan yang sangat asri dan dilengkapi pepohonan hijau yang rindang. Sangat cocok untuk mengajak keluarga berwisata di tempat ini sembari melepas penat setelah beraktivitas dan bekerja seminggu penuh.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fasilitas wisata yang ada di tempat ini cukup lengkap. Ada beberapa wahana yang dapat kamu nikmati bersama keluarga seperti kolam luncur, kolam renang, terapi ikan, pemandian air panas, dan sepeda air.

Tak hanya itu saja Baturraden juga memiliki kebun binatang mini serta museum yang menyimpan berbagai koleksi kerangka satwa Indonesia. Bagi kalian yang membawa anak, kamu bisa mengaka serta anak-anak ke sebuah teater yang ada di dalam Baturraden ini.

Sebenarnya tempat ini adalah sebuah pesawat yang kemudian diubah menjadi sebuah teater. Ada banyak film-film berdurasi 10-15 menit yang diputar disini dan mengulas tentang banyak hal mulai dari budaya, pariwisata maupun kekayaan alam Banyumas.

Harga Tiket Masuk Wisata Baturaden

Rp 14.000/orang, harga tersebut sudah termasuk untuk tiket kolam renang, sepeda air, dan pemandian air panas. Untuk mengunjungu Kebun Binatang Mini, tambah biaya Rp 8.000/orang.

Lokasi Wisata Baturaden

Desa Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

2. Wisata Pancuran Pitu Baturraden

https://twitter.com/wsb_ngetweet

Masih satu kawasan di Baturraden, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pancuran Pitu Baturraden. Lokasinya hanya sekitar 2.5 km dan bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki dari wisata Baturraden. Namun jika malas, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan melalui Bumi Perkemahan Baturraden. Pancuran pitu ini merupakan wisata air yang menawarkan air panas yang langsung keluar dari perut bumi.

Air panas yang ada di Pancuran pitu ini memiliki warna yang kuning dan membentuk endapan yang berwarna orange. Hal ini karena adanya kandungan belerang di dalamnya. Sehingga banyak orang yang datang ke wisata ini untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal hingga jerawat.

Tak hanya terkenal dengan khasiatnya, namun pemandangan alam yang ada di pancuran pitu baturraden ini juga sangat elok. Bahkan untuk bisa mencapai ke pancuran 7, kalian harus berjalan hingga menaiki puluhan anak tangga. Terasa melelahkan memang, namun sepada dengan keindahan dan suasana alam yang ditawarkan. Benar-benar memanjakan mata dan tubuh yang merasa kelelahan.

Pancuran pitu ini juga menawarkan fasilitas wisata yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya, tersedia kamar mandi dalam jika pengunjung ingin mencoba mandi menggunakan air panas belerang ini. Selain itu ada pula jasa pijat kaki yang ada di sebelah pancuran 7 ini. Dan selain itu, sepanjang perjalanan menuju lokasi sumber air panas juga banyak kios-kios yang menjajakan berbagai makanan dan cinderamata.

Tak jauh dari pancuran pitu, sekitar kurang lebih 50m terdapat objek wisata Goa Sarabadak. Goa ini menawarkan wisata goa yang berwarna tebing keemasan yang sangat unik. Kamu bisa menyaksikan aliran air panas yang berasal dari Pancuran pitu mengalir di sepanjang  tebing dan mengeluar uap panas. Karena endapan belerang di dalam air tersebut, inilah yang membuat tebing goa berwarna kekuningan.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 10.000/orang

Lokasi Wisata

Area Kebun Raya Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

3. Pendakian Gunung Slamet Banyumas

https://www.instagram.com/kisahpendakicantik/

Jika kamu lebih suka wisata yang menantang adrenalin, mengapa tidak mencoba pendakian Gunung Slamet saat berada di Purwokerto. Gunung Slamet tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta wisata alam. Ketinggiannya yang mencapai 3.428 mdpl membuat Gunung Slamet menjadi Gunung tertinggi di Jawa Tengah dan kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Karena medan yang dilewati cukup menantang dan berat, maka bagi kamu yang ingin mendaki harus menyiapkan segala perlengkapan yang lengkap serta fisik yang juga harus kuat.

Ada 3 jalur pendakian yang bisa dipilih bagi para pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Slamet. Yaitu Jalur Selatan yang melalui Baturraden, Jalur timur yang melalui Bambangan, serta Jalur barat yang melalui Kaliwadas. Dari ketiga jalur pendakian tersebut, direkomendasikan untuk melalui jalur Bambangan.

Mengapa? Jalur ini tak hanya yang paling dekat, namun juga memiliki pemandangan yang sangat indah sepanjang kamu mendaki. Dan uniknya kamu bisa melihat sekumpulan kera yang seakan menemani saat pendakian.

Dan yang paling menakjubkan saat mencapai puncak Gunung Slamet adalah pemandangan awan yang seakan terbentang luas sejauh mata memandang. Serasa sedang berada di “negeri diatas awan”. Tak heran jika saat musim liburan tiba, pendakian Gunung Slamet cukup ramai oleh para pendaki dari berbagai kota di Indonesia.

Tips bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Slamet, akan lebih baik jika datang ke tempat ini saat musim panas tiba. Karena ketika musim hujan, jalur pendakian akan terasa lebih licin. Sehingga cukup berbahaya saat melakukan pendakian. Siapkan pula fisik dan mental yang kuat karena pendakian ini membutuhkan waktu yang panjang serta menguras banyak tenaga.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 5.000/orang

Lokasi Wisata

Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

4. Telaga Sunyi Banyumas

https://twitter.com/jatengpesona

Sesuai dengan namanya, wisata ini memiliki suasana yang masih sunyi dan sepi karena memang jauh dari keramaian kota dan pemukiman warga. Bahkan belum banyak wisatawan yang tahu tentang keberadaan wisata Telaga Sunyi ini. Kurang lebih sekitar 15-20 menit perjalanan dari pusat kota Purwokerto. Padahal pemandangan alam yang ada disini begitu mempesona dan sangat menyegarkan. Telaga ini mungkin menjadi salah satu wisata favorit bagi kalian yang senang bermain air.

Lokasinya juga masih cukup dekat dengan wisata baturraden. Telaga ini cukup tersembunyi dan dikelilingi pepohonan hijau yang padat. Sehingga suasannya yang dirasakan memang khas dan sejuk. Air yang di telaga ini juga sangat jernih karena langsung dari mata air Gunung Slamet. Kamu pun bisa berenang, menyelam, maupun melihat keindahan bebatuan indah yang berada di dasar telaga.

Jangan lupakan pula untuk berfoto di bawah air yang sering dilakukan pengunjung lainnya saat berada di Telaga Sunyi. Namun jika tak ingin bermain air, kamu juga bisa kok hanya sekedar duduk di bebatuan sembari menikmati keindahan yang ada di tempat ini.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dan sejenak keluar dari hiruk pikuk perkotaan. Apalagi dengan udara yang sejuk dan airnya yang segar, sangat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih fresh. Tenang saja, fasilitas wisata yang ada di wisata ini pun juga cukup lengkap seperti tempat bilas dan ganti, tempat parkir, mushola, dan warung makan.

Namun sedikit tips bagi kamu yang ingin bermain dan berenang di Telaga Sunyi. Wisata ini mungkin akan sangat cocok jika kamu memang bisa berenang, mengingat kedalaman telaga yang cukup dalam. Sehingga hati-hatilah saat sedang bermain air maupun berenang di kolam Telaga Sunyi

Harga Tiket Wisata

Tarif masuk: Rp 13.000/orang

Tarif parkir: Rp 3.000

Lokasi Wisata

Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

5. Bukit Bintang

https://twitter.com/ezulkurniawan

Ingin menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian yang mempesona? Maka datanglah ke Bukit Bintang. Di Tempat wisata ini, kamu akan melihat pemandangan cantik dan mempesona kota Purwokerto saat malam hari. Apalagi saat cuacanya sedang cerah, kamu bisa melihat gemerlap lampu kota serta bintang yang bertaburan di langit yang begitu indah. Ya, wisata ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik jika kamu ingin menikmati wisata malam hari di Purwokerto.

Meskipun bernama bukit, namun lokasi wisata ini bukanlah sebuah bukit sungguhan. Hanya sebuah tempat yang luas dan dilengkapi bangku-bangku yang berbentuk tangga bersusun yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan malam Purwokerto yang indah.

Apalagi dengan suasannya yang begitu tenang dan nyaman, sangat cocok bagi kamu yang mencari tempat untuk refreshingdari segala kegiatan dan pekerjaan.  Tak hanya menawarkan pemandangan yang mempesona dan menenangkan, Bukit Bintang juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai event. Salah satunya Baturraden Jazz Festival atau Baturrajazz.

Meskipun banyak orang yang mengunjungi tempat ini, kamu tak perlu khawatir. Karena area parkir yang tersedia sudah sangat luas. Apalagi sudah ada tukang parkir yang bertugas untuk menjamin keamanan kendaraan.

Harga Tiket Masuk Wisata

Gratis

Lokasi Wisata

Desa Karangmangu, Kecamatan Batturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

6. Bukit Watu Meja

https://twitter.com/jejakalamnet

Sama seperti Bukit Bintang, wisata ini juga menawarkan pemandangan di atas ketinggian yang mempesona. Hanya saja, akan lebih baik jika mengunjungi Bukit Watu Meja saat pagi atau siang hari. Disini kamu bisa melihat pemandangan sungai serayu yang indah dari atas bukit. Namun untuk mencapai puncak bukit, kamu harus mendaki selama 20 menit. Sehingga pastikan jika kondisi fisik memang kuat dan mendukung.

Di awal pendakian, jalanan menuju puncak bukit akan dipenuhi dengan pepohonan bambu yang rindang. Namun setelah cukup tinggi, akan tergantikan dengan pemandangan hutan pinus yang hijau dan asri di sekeliling nya. Ditambah dengan sinar matahari yang memancar dari balik dedaunan.

Sesampainya di puncak bukit, kamu akan langsung melihat pemandangan Sungai Serayu yang indah. Sungai yang berliku-liku memang sangat mempesona dari atas ketinggian. Tak heran jika spot ini selalu dijadikan latar belakang untuk berfoto.

Uniknya, di atas bukit terdapat pondokan yang menjajakan berbagai makanan tradisional khas dari Purwokerto, seperti tempe mendoan dan pecel. Kamu bisa duduk sejenak disini sambil menikmati berbagai sajian lezat untuk mengisi energi setelah lelah mencapai puncak. Untuk

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 7.000/orang

Lokasi Wisata

Jalan Raya Patikraja – Kebase, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah

7. Curug Gomblang

https://twitter.com/cathadita

Wisata air terjun yang satu ini memang cukup hits di Purwokerto. Meskipun curug ini tak terlalu tinggi, akan tetapi pemandangan yang ditawarkan benar-benar menakjubkan. Alian air terjun yang menghantam sungai membuat siapapun yang mengunjungi kawasan ini dapat merasakan kesegaran meskipun dari kejauhan.

Pemandangan alam di Curug Gomblang ini begitu eksotis. Dengan di sekeliling air terjun dihiasi pepohonan yang hijau. Pemandangannya yang memikat hati inipun banyak membuat wisatawan tak lupa untuk mengabadikan momen di tempat ini dengan berfoto.

Apalagi pihak pengelola telah membangun beberapa spot berfoto. Melalui spot-spo foto ini, pengunjung bisa mengambil foto dengan latar belakang Curug Gomblang. Lokasi wisata ini tak begitu jauh dari kota Purwokerto, hanya sekitar 42 menit perjalanan saja. Hanya saja akses untuk menuju Curug Gomblang terbilang cukup ekstrim. Karena kalian yang datang ke wisata ini harus melalui  sekitar 1km jalan bebatuan untuk menuju curug yang terkadang cukup licin dan terjal.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Gomlang ini adalah ketika musim kemarau tiba. Karena air curug tak begitu keruh. Selain itu jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan selama berada di lokasi wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 5.000/orang

Lokasi Wisata

Desa Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

8. Curug Bayan

https://twitter.com/AriefNoMore

Berada di kawasan baturraden, wisata Curug Bayan juga bisa kamu jadikan pilihan ketika berlibur di Purwokerto. Sebenarnya wisata ini sudah lama ada di kota Purwokerto, hanya saja baru-baru ini sedang hits di kalangan traveller. Wisata air terjun ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata. Banyak pepohonan hijau yang mengelilinginya serta udaranya yang sejuk, membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian 7 meter dengan kolam yang luasnya 200-300 m2. Kedalaman kolam sekitar 7 meter dan debit air tak terlalu besar, apalagi disaat  musim kemarau. Sehingga air terjun ini cocok sebagai wahana untuk bermain air dan berenang.

Merasakan air nya yang sangat segar membuat pikiran menjadi fresh seketika. Namun jika kamu tak ingin bermain air, duduk santai di pinggiran atau bebatuan di sekitarnya sambil menikmati pemandangan alam disini juga bisa kamu lakukan.

Wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Lokasinya mudah dijangkau, harga tiket masuk yang terjangkau, serta fasilitasnya yang mendukung dan relatif aman menjadikannya wisata keluarga favorit di Purwokerto. Apalagi disana ada banyak villa-villa dengan tarif yang terjangkau jika kamu ingin bermalam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 5.000/orang

Lokasi Wisata

Dusun II Ketenger, Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

9. Curug Cipendok

https://twitter.com/beautinesia

Ingin bermain air sembari melihat berbagai satwa-satwa langka? Kamu bisa mencobanya di Curug Cipendok. Wisata air terjun lainnya yang ada di Kota Purwokerto ini menjadi habitat dari burung elang jawa. Tak heran jika saat bermain disini kamu  bisa mendengar suara elang jawa yang sering berputar-putar mengelilingi air terjun.

Namun ingat, jangan sampai berburu atau ingin mengkoleksi hewan ini, karena elang jawa adalah salah satu satwa langka yang dilindungi. Selain elang jawa, ada spesies endemik lainnya khas Purwokerto yang bisa anda lihat seperti monyet berwarna abu-abu. Jumlahnya kian menipis sehingga sangat beruntung jika kamu melihatnya.

Hal lainnya yang menarik di kawasan Curug Cipendok ini adalah hutannya yang sangat asri dan udara sejuk khas pegunungan yang menyegarkan. Apalagi air di telaga ini juga masih sangat jernih, sehingga kamu bisa bermain air dan berenang hingga puas. Namun demi keamanan, jangan berenang di sekitaran air terjun karena arusnya yang cukup deras.

Untuk fasilitas di kawasan wisata sudah cukup baik dan lengkap, mulai dari area parkir, jungle tracking, jogging track,  cottage, outbond, mushola, wahana bermain anak-anak, kamar mandi, hingga warung-warung yang menjual berbagai camilan dan minuman yang beragam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Tarif tiket masuk: Rp 9.000/orang

Tiket parkir: Rp 3.000/motor dan Rp 5.000/mobil

Lokasi Wisata

Desa Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

10. Sendang Bidadari

https://www.instagram.com/febrinoval/

Pernah melihat air terjun di dalam gua? Jika belum, maka kamu wajib untuk mengunjungi Sendang Bidadari. Wisata Purwokerto ini memang tersembunyi dan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Akan tetapi suasananya yang tenang serta udaranya yang segar, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk menyepi dari hiruk pikuk perkotaan.

Air terjun yang ada di Sendang Bidadari ini  memiliki tampilan yang instagenic. Air terjun yang alami seakan jatuh dan menumpahkan air yang jernih di dalam goa. yang dimaksud dengan goa disini merupakan jalan masuk antara 2 bukit yang masih di dalam kawasan Curug Telu.

Sendang bidadari mempunyai 2 aliran air terjun yang sangat memukau. Tampak pula ikan-ikan kecil yang terlihat alami berenang di sekitaran Senang Bidadari. Karena tempatnya yang masih sangat alami, sebaiknya jangan mandi menggunkana sbaun kimiawi sehingga linkungannya tidak tercemar.

Jika kamu ingin mencoba sensasi yang berbeda, cobalah untuk berenang dan berfoto di bawah air yang dijamin pasti seru dan keren. Waktu terbaik mengunjungi wisata ini adalah ketika siang hari, mulai pukul 10.00-15.00. Pada saat ini matahari sudah tinggi sehingga kalian bisa lebih aman saat menyusuri jalan menuju wisata Sendang Bidadari.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 3.000/orang

Lokasi Wisata 

Desa Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

11. Bukit Tranggulasih

https://twitter.com/wiranagara

Wisata ini memang baru terkenal tahun 2015 silam, namun kepopuleran wisata ini tak perlu diragukan lagi. Jika kamu mencari tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset, maka Bukit Tranggulasih adalah pilihan terbaik.

Bukit Tranggulasih memiliki 5 sisi dengan menawarkan pemandangan yang berbeda satu sama lainnya. Di bagian utara, kamu bisa melihat indahnya deretan lereng Pegunungan Slamet. Di bagian selatan, ada pemandangan lautan luas yang terbentang indah dengan dilengkapi lanskap Kota Purwokerto yang bisa dilihat dari atas ketinggian.

Untuk di bagian timur laut, kamu bisa menyaksikan Bukit Cendana yang mana terkenal menjadi lokasi perkemahan. Sedangkan di bagian barat, merupakan spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menawan.

Menariknya di Bukit Tranggulasih ini, kamu bisa berkemah bersama dengan teman-temanmu sambil menyalakan api unggun. Suasana di malam hari bersama dengan hangatnya api unggun tentunya akan sangat mengasyikkan.

Selain menikmati pemandangan, jangan lupa untuk berfoto di beberapa spot foto dan tulisan menarik yang dibuat oleh warga sekitar di Bukit Tranggulasih ini. Tentunya hasil foto kamu akan sangat keren untuk diupload di sosial media.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 5.000/orang

Lokasi Wisata

Desa Windujaya, Kedungbanteng, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

12. Small World Purwokerto

https://www.instagram.com/smallworld.tmd/?hl=id

Ingin jalan-jalan keluar negeri? tapi tak memiliki biaya? Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi Small World Purwokerto. Tempat wisata Purwokerto ini seakan menjadi miniatur dunia. Meskipun baru dibuka tahun 2016 silam, namun kehadiran menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Purwokerto.

Objek wisata  ini memiliki berbagai miniatur bangunan populer dari berbagai Negara yang ada di seluruh belahan dunia. Small World Puwokerto menajdi taman rekreasi miniatur dunia dan juga wahana edukasi untuk berbagai kalangan. Mulai dari Patung merlion, menara Petronas, menara pisa, Jam Big Ben dan masih banyak miniatur-miniatur keajaiban dunia lainnya.

Tak hanya dari negara lain saja, kamu juga bisa menemukan karya-karya dari Indonesia seperti rumah tradisional dari berbagai daerah, miniatur Bundaran HI, hingga Patung Soedirman juga ada disini. Lengkap bukan?

Karena miniatur-miniatur inilah, wisata ini memiliki spot keren yang instagrammable. Cocok bagi kamu yang suka berburu foto-foto keren dan instagenic. Dan tak hanya itu saja, wisata ini juga memiliki taman yang dihiasi berbagai bunga yang berwarna-warni yang indah.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 15.000 (Weekday)

Rp 20.000 (Weekend dan hari libur)

Lokasi Wisata

Jalan Raya Baturraden Barat No. 270, Ketenger

13. Pancuran Telu

https://www.instagram.com/baturadenpalawi/

Sama seperti pancuran pitu, pancuran telu juga merupakan pancuran yang dapat mengeluarkan air panas yang bersumber langsung dari perut bumi. Air panas yang mengalir disini memiliki kandungan belerang yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Pancuran telu masih berada dalam kawasan Baturraden, hanya sekitar 500m dari pintu masuk wisata Baturraden. Sedangkan dari Pancuran Pitu, berjarak kurang lebih 2,5 km.

Tak hanya bisa berendam bebas di dalam kolam renang yang terbuka, pengunjung yang datang dapat merasakan kehangatan air panas yang mengalir di pancuran telu baturraden.  Jumlah pancuran yang ada di tempat ini memang hanya 3, karena itulah dinamakan pancuran “telu”.

Kandungan senyawa yang ada di air panas pancuran telu dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat baik. Mulai dari memperhalus kulit hingga menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit hingga meringankan rematik. Cukup berendam saja dalam kolam air panas ini dengan rutin, kamu bisa merasakan hasilnya

Selain 3 pancuran air panas, wisata ini juga memiliki air terjun kecil yang cantik. Yang mana air terjun ini mengalirkan air dingin. Selain itu pemandangan alam yang di kawasan ini begitu eksotis.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 5.000/orang

Lokasi Wisata

Lokawisata Baturraden, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

14. The Village Purwokerto

https://twitter.com/devidhede

The Village Purwokerto merupakan salah satu wisata purwokerto terbaru yang berada di kawasan Baturraden. Hal ini karena tempat ini baru diresmikan pada 7 Februari 2018. Wisata ini rasanya menjadi perbicangan yang cukup hits di kota Purwokerto. Tak heran jika banyak sekali pengunjung yang memadati tempat ini, terutama saat musim liburan tiba.

Di tempat ini, kamu tak hanya disuguhkan desain-desain bangunan yang megah dan mewah saja. Kamu juga bisa menikmati sajian kuliner khas Purwokerto yang lezat. Seperti Getuk Goreng Sukarja, Tempe Medoan, Combro, dan masih banyak lainnya. Bukan itu saja, kamu juga bisa berkunjung ke wahana kebun binatang mini yang ada di tempat ini.

Konsep utama dari wisata The Village Purwokerto ini tak hanya menjadi tempat wisata saja, namun juga sebagai wahana edukasi terutama di bidang kesenian. Banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi wisata ini karena eksterior bangunannya yang elegan dan mewah. Karena itulah banyak foto-foto yang tersebar di sosial media mengenai pesona wisata ini.

The Village Purwokerto menjadi wisata yang patut dikunjungi karena keunikan dan keistimewaannya yang tidak dimiliki wisata-wisata pada umumnya yang ada di Purwokerto. Kamu bisa bebas berkeliling dan berfoto-foto sembari menikmati kuliner-kuliner lezatnya.

Harga Tiket Wisata

Rp 10.000/orang (Senin-Jumat)

Rp 18.000/orang (Sabtu-Minggu)

Rp 5.000/orang (Jika datang di malam hari saja)

Lokasi Wisata

Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

15. Baturraden Adventure Forest Purwokerto

https://twitter.com/BafAdventure

Senang berpetualang? tak akan lengkap rasanya jika berlibur ke Purwokerto tanpa singgah di Baturraden Adventure Forest Purwokerto. Tempat wisata ini dikembangkan oleh pihak pemerintah dan swasta sebagai salah satu wisata alam yang menawarkan program petualangan seru di alam terbuka.

Wisata ini berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di tengah-tengah hutan pinus yang hijau. Tak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang segar dan mempesona saja. Ada banyak wahana permainan outbound yang disediakan disini. Seperti water adventure tree, mountain adventure, eco adventure,  tree adventure dan masih banyak lainnya.

Baturraden Adventure Forest Purwokerto menawarkan 4 paket wisata dengan tema petualangan hutan, sungai dan gunung. Yang mana masing-masing paket mengandung physical adventure serta mind adventure. Biasanya banyak pelajar, mahasiswa, komunitas, perusahaan, instansi pemerintah maupun organisasi yang mengambil paket untuk kegiatan Training dan Gathering.

Dan menariknya, Baturraden Adventure Forest Purwokerto ini juga menyediakan penginapan dan tenda yang disewakan bagi pengunjung yang ingin mencoba sesnasi camping di tengah-tengah alam bebas.

Harga Tiket Masuk Wisata

Tergantung dari paket yang diambil

Lokasi Wisata

Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Wonosobo Terkenal & Hits 2019

16. Museum Panglima Besar Jendral Soedirman

https://www.instagram.com/febriaulanam/

Purwokerto juga memiliki wisata-wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi,  salah satunya yaitu Museum Panglima Besar Jendral Soedirman. Siapa yang tidak mengenal Jendral Soedirman? beliau merupakan pahlawan Indonesia yang cukup ditakuti oleh para penjajah karena semangatnya yang membara.

Museum ini mempunyai 2 lantai, untuk lantai bawah kamu bisa melihat tentang cerita sejarah perjuangan dari Panglima Besar Jendral Sudirman ketika merebut kembali Yogyakarta dari tangan penjajah, yang mana pada saat itu menjadi Ibukota Indonesia. Sedangkan di lantai kedua terdapat sebuah patung Jendral Soedirman yang sedang duduk diatas kuda. Patung ini menggunakan bahan perunggu yang beratnya mencapai 5,5 ton serta tinggi 4,5 meter.

Selain Monumen dan Museum sebagai objek utama di wisata sejarah ini. Tersedia pula fasilitas penunjang lainnya yang disediakan bagi pengunjung yang datang seperti mainan anak-anak, mushola, toilet, kios kecil, tempat duduk yang berada di bawah pepohonan, hingga tempat untuk lomba kicau burung.

Untuk mainan yang disediakan di kawasan museum ini gratis, hanya saja untuk kereta, atv mainan, dan sepeda roda empat dikenakan biaya tambahan. Jadi selain untuk wisata sejarah dan edukasi, tempat ini sangat cocok bagi wisata keluarga.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 3.000/orang

Tarif parkir gratis

Lokasi Wisata

Desa Karangwelas, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

17. Depo Bay Pelita

https://www.instagram.com/dewi.andriani1975/

Wahana permainan air ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin berlibur bersama keluarga. Tempat ini tak hanya menawarkan wahana permainan saja, namun juga wisata belanja dan kuliner. Kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, Depo Bay buka mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore.

Ada banyak fasilitas yang disediakan disini, mulai dari toilet, mushola, supermarket, dan parkir yang luas. Salah satu fasilitas yang cukup menarik minat pengunjung yang datang adalah adanya kolam ombak yang luas. Wahana ini dapat dinikmati baik oleh anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Siapa yang tidak akan tergoda untuk bermain dengan birunya air serta deburan ombak yang ada di kolam ini? Tak heran ketika weekend atau hari libur tiba, ada banyak pengunjung yang memadati wisata Depo Bay Pelita ini. Apalagi lokasinya yang memang berada di dalam kawasan pusat perbelanjaan.

Bermain air, berenang, dan mencoba berbagai wahana yang ada di tempat ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di hari liburan.  Jadi jangan sampai melewtakan wahana permainan air ini ketika berada di kota Purwokerto

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 30.000/orang

Lokasi Wisata

Jalan Supeno no.10, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

18. Pemandian Kalibacin

https://twitter.com/KulinerPWT

Dilihat dari namanya saja cukup unik, dalam bahasa Jawa, Kali Bacin memiliki arti kali “tengik” atau bau. Padahal pemandian ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan belerang di dalam airnya yang dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Mulai dari penyakit berat, seperti tulang dan syaraf sekalipun.

Bahkan tak hanya belerang saja, air yang ada di kolam pemandian ini mengandung 16 unsur mineral lainnya. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang rela mandi beramai-ramai di kolam pemandian air panas tersebut terutama di musim libur tiba. Namun di hari biasa, pemandian ini memang agak sepi pengunjung.

Menurut sejarah, wisata ini dibuka pada tahun 1982 dan sudah beberapa kali mengalami perbaikan dan renovasi. Di dalam kawasan pemandian Kalibacin, tersedia tempat pemandian dan kolam renang. Ada pula kolam sumber mata air dengan kedalaman 4 meter yang tidak diperbolehkan untuk dimasuki pengunjung.

Pengunjung bisa bebas berenang sepuasnya maupun hanya sekedar duduk santai di bawah rimbunya pepohonan beringin. Namun tak hanya sekedar pemandian, wisata ini ternyata juga menjadi situs cagar budaya yang dilindungi dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 3.000/orang

Lokasi Wisata

Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

19. Curug Gede

https://www.instagram.com/bagasprasetyo.31/

Membahas wisata alam di Purwokerto memang tidak ada habisnya. Banyak sekali wisata-wisata alam terbaik yang ada di kota ini. Salah satuny yaitu Curu Gede, yang juga ada di dalam kawasan wisata Baturraden.

Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 50 m. Banyak orang yang berpendapat jika air terjun ini merupakan yang paling indah dan menakjubkan di kawasan Baturraden. Pemandangan alamnya yang sangat asri, airnya yang jernih, dan udaranya yang sejuk menjadi daya tarik wisata Curug Gede.

Akan tetapi untuk mencapai lokasi air terjun, memang dibutuhkan sedikit perjuangan karena kamu harus melalui jalanan yang licin hingga mengitari lembah. Hal ini karena lokasi curug gede berada di bawah bukit atau lembah.

Akan tetapi saat kamu mencapai lokasi air terjun, keindahan alam yang ada disini begitu menyegarkan mata. Tak akan membuat kamu rugi jika harus berlelah-lelahan. Dan menariknya, di Curug Gede terdapat warung makan yang menyajikan tempe medoan yang sangat terkenal sebagai kuliner khas Purwokerto. Kamu bisa menikmati tempe mendoan yang hangat sambil menikmati pemandangan yang indah.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Tarif Parkir: Rp 2.000

Lokasi Wisata

Baturraden, Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

20. Curug Nangga

https://twitter.com/KCommandante

Kota Purwokerto memiliki wisata air terjun yang menyerupai wisata air terjun Niagara yang populer, yaitu Curug Nangga. Tak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai “Niagara mini”. Wisata tersmebunyi di Banyumas ini berada di atas 1.200 mdpl. Dengan latar belakangnya yang dipenuhi dengan hutan dan sawah, membuat suasana di Curug Nangga begitu alami.

Yang menarik dari Curug Nangga ini adalah pemandangannya yang eksotis dengan 7 tingkatan. Curug ini memiliki bebatuan yang berundak-undah menyerupai tangga yang dialiri air dan akan mengalir ke bawah.

Kamu bebas ingin menikmati aliran air terjun di tingkat berapa pun. Akan tetapi lebih aman jika kamu mencoba di tingkat 1. Hal ini karena jalur untuk menuju tingkatan air terjun diatasnya masih menggunakan jalan tradisional. yaitu dengan menggunakan bambu dan pengaman tali saja.

Aksese menuju lokasi wisata cukup menguras tenaga, karena akses jalan masuk yang belum optimal. Sehingga bagi pengunjung yang datang harus berjalan kaki beberapa saat terlebih dahulu sebelum mencapai lokasi. Akan tetapi keindahan air terjun ini tidak akan membuat kamu rugi.

Harga Tiket Masuk

Rp 3.000/orang

Tarif Parkir: Rp 2.000

Lokasi Wisata

Desa Petahunan, Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

21. Gua Maria Kaliori Purwokerto

https://www.instagram.com/ignatiusedi62/

Purwokerto juga menawarkan wisata religi, terutama bagi kamu yang beragama nasrani, yaitu Gua Maria Kaliori. Goa dengan luas mencapai 5.6 hektar ini pun juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti bangku-bangku taman, gereja, pendopo, dan lainnya untuk pengunjung.

Awalnya Goa ini dibangun hanya dengan fasilitas minim. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah dan pihak pengelola setempat melakukan pembangunan berbagai fasilitas yang mendukung wisata ini sebagai salah satu wisata religi terbaik di Purwokerto.

Gua Maria Kaliori ini tak hanya indah, namun ada cerita-cerita menarik yang terangkum di dalamnya. Tak hanya bagi kaum nasrani saja, namun bagi siapapun diperbolehkan untuk mengunjungi wisata Gua Maria Kaliori

Uniknya adalah, Gua ini berada di atas perbukitan yang cukup tandus. Akan tetapi setelah berdiriny Gua Maria serta berbagai perawatan yang dilakukan, lokasi ini berubah menjadi tanah yang subur dan banyak ditumbuhi pepohonan yang besar.

Harga Tiket Masuk Wisata

Gratis

Lokasi Wisata

Jalan Gua Maria Kaliori, Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

22. Dreamland Park

https://www.facebook.com/KawasanWisataDreamLandParkPancasanAjibarang/

Wisata yang satu ini nampaknya cukup hits di kalangan warga Purwokerto. Hal ini karena Dreamland Park merupakan wisata dengan wahana air terbesar yang ada di Banyumas. Dibuka pada tahun 2014 silam, wisat Dreamland Park ini mempunyai wahana terbaik dan cukup lengkap. Baik bagi anak-anak maupun orang dewasa sekalipun.

Lokasinya yang pun cukup strategis, hanya sekitar 10km dari pusat kota Purwokerto. Ditambah lagi pemandangan alamnya yang luar biasa membuat siapapun tertarik mengunjunginya.. Bayangkan saja, kamu bisa bermain air dan berenang dengan backgroun pemandangan alam di sekitarnya yang menakjubkan.

Kurang lebih terdapat 8 kolam renang yang ada di wisata ini, dengan berbagai jenis serta kedalaman yang berbeda. Dan setiap kolam renang sudah dilengkapi beberapa wahana sepert wahana air tumpah raksasa, water slide, hingga kolam arus.

Tak hanya itu saja, Dreamland Park juga memiliki wahana lainnya seperti taman reptile dan zona aquarium yang patut untuk dikunjungi. Fasilitas yang disediakan pun juga cukup lengkap mulai dari kamar ganti, toilet, loker, mushola, dn masih banyak lainnya.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 20.000 (weekday)

Rp 25.000 (weekend dan hari libur)

Lokasi Wisata 

Desa Pacasan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

23. Curug Ceheng

https://twitter.com/sadewo_10

Wisata air terjun lainnya yang ada di Purwokerto yang patut untuk dikunjungi adalah Curug Ceheng. Lokasi air terjun ini berada di kawasan perkebunan, sehingga pemandangan alamnya sangatlah asri dan hijau. Udaranya sangat sejuk karena memang air terjun ini ada di ketinggian 600 mdpl.

Tempat ini memang sangat pas untuk tempat bersantai dan refreshing, karena memang lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Sehingga pada saat weekend atau hari libur tiba, akan banyak wisatawan yang mengunjungi Curug Ceheng ini.

Namun untuk menuju lokasi Curug, kamu harus melalui banyak anak tangga. Terasa melelahkan memang, namun keindahan air terjun ini tidak akan membuat kamu menyesal. Meskipun begitu, ada pula beberapa pengunjung yang tidak turun langsung ke lokasi air terjun. Hanya menikmati pemandangan dan suasana di sekitarnya saja.

Air terjunnya begitu jernih dan segar, kamu bisa merasakan kesegarannya saat bermain air dan berenang di kolam bawah air terjun. Pada saat musim kemarau tiba, aliran air terjun memang tidak begitu deras. Begitupun air kolam juga tidak terlalu banyak. Sehingga lebih aman untuk berenang dan bermain air.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 3.000/orang

Lokasi Wisata

Desa Gantapa, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah

24. Alun-Alun Purwokerto

https://www.instagram.com/purwokerto_keren/

Alun-alun merupakan fasilitas umum yang dimiliki oleh kebanyakan kota di Indonesia, termasuk pula di Purwokerto. Jika kamu sedang berlibur di Purwokerto, jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi alun-alun kota ini.

Alun-alun Purwokerto sering digunakan warga setempat untuk menghabiskan waktu luang, meskipun hanya sekedar duduk santai. Alun-Alun ini mempunyai 6 pohon beringin, 4 pohon berada di setiap sudut alun-alun dan 2 lainnya berada di tengah alun-alun.

Salah satu hal yang menarik disini adalah keberadan spot air mancur yang sering dijadikan spot selfie andalan. berkat renovasi yang diadakan oleh pemerintah kota. Membuat tampilan alun-alun purwokerto semakin cantik dan nyaman dikunjungi

Saat malam tiba, air mancur tersebut tampak berwarna-warni karena memang sudah didesain khusus. Jadi jangan lewatkan untuk berselfie dan berfoto ria saat kamu berada di Alun-Alun Purwokerto ini.

Harga Tiket Masuk Wisata

Gratis

Lokasi Wisata

Jl. Jendral Sudirman, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

25. Batur Agung Mount Of Fun

https://twitter.com/sartika_icaa

Wisata alam lainnya di Purwokerto yang menawarkan paket wisata lengkap terbaik bagi keluarga adalah Batur Agung Mount of Fun. Wisata ini menjadi salah satu tempat outbound yang seru dengan pemandangan alam di sekitarnya yang menawan.

Karena Batur Agung berada di kaki Gunung Slamet. Sehingga bisa dirasakan udara yang sangat sejuk dan pemandangan yang asri di sekelilingnya. Jadi kamu tak hanya bisa bermain, namun juga menikmati keindahan alam yang di sekelilingnya.

Wisata Batur Agung ini memiliki beberapa wahana permainan, seperti waterpark, kolam pemancingan, flying fox, panjat jaring, ATV hingga arung jeram. Bagi kamu yang hobi memancing, ada pula fasilitas kolam pemancingan yang begitu terawat baik dan dikelilingi pemandangan sawah terasering yang ada di perbukitan kaki Gunung Slamet.

Batur Agung Mount of Fun menjadi salah satu wisata alternatif di tengah Purwokerto. Lokasinya juga tidak jauh dari tempat-tempat wisata lainnya seperti Situs Batur Agung, batur Rana, air terjun, dan masih banyak lainnya.

Harga Tiket Masuk Wisata

Rp 10.000

Lokasi Wisata

Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Pacitan Terkenal & Hits 2019

Jogja Day ~ Nah itu tadi rekomendasi tempat wisata Purwokerto Banyumas lengkap yang bisa kamu kunjungi saat berada di kota Purwokerto. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!