25+ Tempat Wisata Pacitan Terkenal, Keren & Wajib Dikunjungi

Pacitan terletak di ujung barat daya provinsi jawa timur merupakan kota yang dibanggakan oleh orang indonesia karena selain dikenal dengan kemakmuran kotanya, pacitan juga memiliki banyak goa dan tempat wisata yang sangat indah serta sumber daya alam yang berlimpah.

Pacitan memiliki beragam wisata yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah Goa Gong dan pantai Klayar. Kedua destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi saat hari libur tiba. Banyak mobil, motor dan juga Bus Pariwisata yang terparkir rapi di objek wisata Pantai Klayar dan Goa Gong Pacitan.

Bukan hanya keindahan alam yang bisa kalian nikmati, tetapi juga terdapat banyak sekali makanan unik khas pacitan yang bisa kalian cicipi dan sebagai oleh oleh untuk bekal pulang nanti serta biasanya juga terdapat kegiatan budaya khas pacitan seperti reog dan sebagainya.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Purwokerto Terkenal, Keren & Hits 2019

25 Tempat Wisata Pacitan Terkenal, Keren & Wajib Di Kunjungi

Bagi sobat sekalian yang penasaran serta ingin menghabiskan waktu liburan untuk mengunjungi wisata apa saja yang ada di daerah pacitan, berikut akan dibahas wisata yang terpopuler serta menarik untuk kita kunjungi diantaranya:

 1. Wisata Pantai Srau Pacitan

Pantai Srau Pacitan @wh.nugroho
Pantai Srau Pacitan IG @wh.nugroho

Pantai Srau  ini biasanya dijuluki sebagai pantai yang menawan karena keindahan juga warna dari pasir pantai ini putih sehingga membuat warga sekitar menjaga kebersihan pantai ini secara berkelanjutan bahkan setetes sampah tidak akan kelihatan.

Letak  lokasi pantai ini di dusun srau dekat desa candi kecamatan pringkuku dan kondisi perjalanan untuk menuju kepantai ini sangatlah baik sehingga bagi pengunjung akan merasakan kenyamanan pada saat perjalanan.

Hal yang membuat pantai srau pacitan menarik ialah adanya bukit karang yang membuat keindahan serta batu besar berdiri di tengah laut sehingga sobat sekalian bisa merasakan kesejukan alami air pantai dari titik ketinggian.

Sedangkan untuk jumlah harga tiket pantai srau perorangan di jual dengan harga kisaran Rp 5.000 saja , wisata pacitan yang satu ini dilengkapi juga dengan homestay yang bisa disewa untuk pengunjung khusus satu malam dengan harga Rp 60.000- Rp 130.000 dan penyewaan kendaraan bermotor Rp 40.000 serta mobil harganya Rp 550.000 dalam waktu satu hari.

 2. Gua Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan @rizkyymuhammd
Goa Gong Pacitan IG @rizkyymuhammd

Wisata Goa yang paling indah adalah goa gong Pacitan, yang ditemukan skeitar tahun 1930an. Goa ini termasuk dalam wisata Goa terindah di Asia Tenggara.

Nama goa gong konon katanya di ambil dari misteri warga setempat bahwa pada saat malam hari warga sering mendengar suara tabuhan yang mirip dengan suara gong di dalam goa.

Di dalam Goa Gong terdapat formasi stalaktit dan stalakmit yang disertai dengan cahaya penerangan warna warni yang indah. Panjang lorong Goa Gong adalah sekitar 256 meter. pengunjung juga akan menemukan ruangan berbentuk kubah raksasa yang berada di tengah Goa.

Kemudian juga ada mata air yang menurut filosofi warga memiliki kekuatan magis bagi orang yang mempercayainya. Pengunjung biasanya menggunakannya untuk cuci tangan dan muka, yang konon mempunyai khasiat tersendiri.

Dengan biaya tiket yang cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 rupiah pengunjung sudah bisa masuk ke dalam goa gong ini dan jika ingin kelengkapan bisa ditambahkan senter penerangan serta penyewaan guide harganya Rp 30.000 saja.

Jarak untuk sampai ke goa ini sekitar 37 km jika melalui pusat kota pacitan dekat arah wonogiri karena goa ini terdapat di lokasi dusun pule, kecamatan punung jawa timur.

3. Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong Pacitan @tiara.lestari
Pantai Karang Bolong Pacitan IG @tiara.lestari

Pantai ini bisa dijadikan tempat menikmati sunset karena pantai ini berada di atas bukit. Diberi nama pantai karang bolong karena terdapatnya lubang didekat tebing karang akibat dari hempasan ombak yang terus menerus.

Keindahan semakin menonjol dengan adanya rerumputan hijau serta air terjun ditebing pantai karang bolong ini karena ukuran area rerumputan yang luas bisa dijadikan sebagai tempat camping juga olahraga bersama keluarga atau teman.

Harga tiket masuk Pantai Karang Bolong Rp 5.000 perorangan, namun untuk menggunakan bus bersama rombongan dihitung dari harga bus senilai Rp 250.000 termasuk harga parkir.

Letak lokasi wisata Pacitan pantai karang bolong sendiri di kelurahan sendang yaitu desa Donorojo pada arah barat jika melalui jalur pantai klayar.

4. Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan @sudutpacitan
Sungai Maron Pacitan IG @sudutpacitan

Sungai yang memiliki panjang 4,5 km dan dalamnya mencapai 20 meter merupakan wisata alam yang begitu alami dan sungai ini jernih bahkan warga setempat menggunakan dan memanfaatkan air sungai ini sebagai kebutuhan sehari hari mereka.

Wisata Sungai Maron bisa pengunjung nikmati dengan menyewa perahu untuk susur sungai. Pengunjung akan dibawa susur sungai melewati aliran air Sungai Maron, dengan melihat tepian sungai berupa pohon kelapa dan tanaman lainnya yang nampak indah.

Susur sungai Maron menjadi wisata hits yang selalu ramai. Biota ikan kakap akan nampak dipermukaan, tentunya menambah seru wisata di Pacitab bukan?

Tiket masuk sungai maron pacitan seharga Rp 2.000 untuk satu orangnya, untuk penyewaaan perahu dilihat dari keadaan perahu biasanya berkisaran antara Rp 100.000- Rp 150.000.

Lokasi sungai maron sangatlah dekat dengan pantai klayar di desa darsono sekitar 100 km dari kota solo.

5. Pemandian Banyu Anget Pacitan

Pemandian Banyu Anget Pacitan @ras_rentalarmadasolo
Pemandian Banyu Anget Pacitan IG @ras_rentalarmadasolo

Pemandian ini adalah salah satu tempat wisata yang ramai pengunjungnya pada hari liburan maupun hari biasa. Wisata Pacitan Banyu anget berasal dari bahasa jawa yang jika diartikan sebagai air hangat bumi.

Disekitar wisata pemandian banyu anget Pacitan terdapat dinding gunung batu serta pepohonan yang rindang. Pemandian ini memiliki beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda sehingga bisa dinikmati oleh pengujung dari berbagai usia dan lebih kerennya lagi wisata ini dibuka 24 nonstop.

Fasilitas Pemandian Banyu Anget juga cukup lengkap seperti warung makan, toko souvenir dan musholla.

Tiket masuk harganya ramah dikantong dengan nilai Rp 10.000 saja dan untuk penyewaan parkir kendaraan Rp 2.000.

Lokasi pemandian banyu anget terletak didesa karangrejo kecamatan arjosari.

6. Telogo Sono Pacitan

Telogo Sono Pacitan @hendry_sasmita
Telogo Sono Pacitan IG @hendry_sasmita

Tempat wisata Pacitan yang satu ini tentunya menjadi daya tarik bagi semua pengunjung karena konon katanya di telaga ini airnya tidak akan mengering dan jika dilihat dari kejauhan air ini terlihat biru kehijauan.

Yang menjadi peminat traveler pada wisata telogo sono ini karena terdapat perbukitan yang sangat mirip dengan pegunungan sehingga sangat cocok sekali bagi seorang fotografi.

Telogo Sono disebut juga Ranu Kumbolonya Pacitan. Air yang tenang di Telaga jika sedang terik siang hari akan terlihat seperti kaca raksasa. Fasilitas di Telogo Sono diantaranya yaitu gazebo, tempat makan sehingga pengunjung bisa santai sembari menikmati wisata telaga.

Yang paling mengesankan adalah untuk memasuki  wisata ini pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja karena wisata ini gratis tanpa biaya tiket masuk. Lokasi Keberadaan tempat wisata ini di dusun sono, desa kalikuning kecamatan tulakan

7. Pantai Taman Pacitan

Pantai Taman Pacitan @ryanferryhandoko
Pantai Taman Pacitan IG @ryanferryhandoko

Pantai Taman Pacitan cukup luas membentang panjang dimulai dari ujung timur yang terdapat sebuah danau terdapat juga sumber mata air yang mengalir dan dibuat oleh orang pacitan hingga ujung barat. Air danau ini menarik karena karena merupakan campuran dari air laut dan tawar sehingga menjadi payau.

Kawasan pesisir pantai taman ini bisa ditemukan berbagai jenis penyu karena sudah menjadi habitat hewan tersebut diantaranya ada penyu belimbing dan penyu sisik. Selain itu, sobat bisa bermain flying fox disebelah barat dekat tebing yang tinggi yang akan meluncur kebawah pinggir pantai taman

Untuk biaya tiket masuk pantai taman ini biayanya sekitar Rp 5.000 saja dan untuk parkir Rp 3.000 rupiah.  Lokasi wisata Pacitan pantai taman terletak pada desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.

8. Kali Cokel Pacitan

Kali Cokel Pacitan @meicocuceco
Kali Cokel Pacitan IG @meicocuceco

Kali cokel Pacitan merupakan wisata yang menarik sekali, banyak pohon kelapa yang kehijauan dan tumbuhan liar yang menghiasi sepanjang di aliran sungai. Karena air sungai kali cokel berasal dari goa luweng.

Di wisata Pacitan kali cokel sobat bisa menikmati angin yang kencang nan sejuk serta kejernihan sungai dan adanya panorama alam yang berbukit. Pengunjung sendiri bisa menikmati wisata kali cokel ini dengan mendayung sebuah papan.

Harga tiket penyewaan perahu untuk menikmati Kali Cokel Pacitan ialah Rp 15.000 perorangnya dan kapasitas pengunjung untuk satu perahu minimal 6-7 orang.

Lokasi wisata kali cokel terletak di desa watu karung, Kecamatan Pringkuku untuk Kabupaten Pacitan.

9. Bukit Pakis Pacitan

Bukit Pakis Pacitan
Bukit Pakis Pacitan

Bukit ini biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong di malam hari karena malam hari keindahannya akan terlihat dengan gemerlapnya lampu melalui ketinggian. Bukit ini biasanya juga dinamai sebagai bukit bintang.

Pemandangan matahari tenggelam bisa dilihat sangat dekat di bukit ini ditambah lagi suasana kelap kelip bahkan jutaan lampu menyala layak nya seperti bintang di malam hari.

Terdapatnya sungai grindulu yang berbentuk seperti huruf s yang bisa kita lihat dari bukit ini dan ada lagi teluk pacitan bisa disaksikan juga pada atas bukit ini yang berwarna biru dengan jelas sekali. Banyak sekali wisata kuliner juga disekitaran bukit ini.

Lokasi bukit pakis pacitan terletak di daerah wonogondo kecamatan kebonagung yang merupakan jalan utama penghubung pacitan dan trenggalek.

Khusus wisata Pacitan yang satu ini pengunjung hanya dikenai biaya tiket Rp 2.000 saja untuk tiket parkiran.

10. Goa Luweng Jaran Pacitan

Goa Luweng Jaran Pacitan @inainu.id
Goa Luweng Jaran Pacitan IG @inainu.id

Wisata di Goa Luweng Jaran Pacitan memicu adrenalin untuk pertualangan para pengunjung ke perut bumi dan sangat panjang sekali mencapai 48 kilometer. Jam buka wisata ini dimulai dari pukul 08.00-18.00. Goa ini biasanya dijuluki sebagai goa sungai bawah tanah atau shallow hole.

Goa ini bisa disebut sebagai labirin dikarenakan goanya itu bercabang dan bertingkat dan stalagmit serta stalaktit menyebar dengan indahnya dan beraneka bentuk serta terdapat cave pearl dan ornamen yang berbentuk seperti mutiara yang berkilauan sebesar biji kelereng yang dibentuk dari calcium salt.

Pesona alam yang terjadi di goa ini yaitu ada tunas pohon kelapa menyeruak didinding atau atap goa yang basah walaupun tunas tersebut kekuningan namun pohon ini hidup , sebagian masyarakat menyebut bahwa kelapa itu hanyalah sebuah ornamen saja.

Lokasi Goa Luweng Jaran Pacitan berada di Pringkuku Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Harga tiket wisata Pacitan goa luweng jaran Rp 5.000 perorangan dan jika banyak paketan yang tersedia jika ingin menyusuri lebih dalam.

11. Pantai Soge Pacitan

Pantai Soge Pacitan @ayodolan
Pantai Soge Pacitan IG @ayodolan

Pantai soge ini berada di pinggir jalan raya membuat para pengendara bisa melihatnya. Tetapi disisi lain pantai ini jauh dari pusat kota pacitan yaitu di perbatasan antara pacitan dan trenggalek.

Adanya jembatan layang yang berwarna biru yang tidak jauh dari pantai ini sehingga sobat bisa mengambil foto bersama momen ini. Dan yang lainnya juga terdapat gazebo sebagai tempat menikmati suasana yang bisa dibilang cukup banyak gazebonya ditambah dengan angin pantai.

Disekitaran kiri kanan kalian bisa melihat adanya bukit dengan tebing yang sangat tinggi. Tidak ketinggalan pula di pantai ini kita bisa bermain speedboat yang kayak dibali juga bahkan kita bisa menyewa perahu sambil menikmati pantai soge.

Selanjutnya di pantai soge ada sebuah danau yang memiliki muara sungai sekitar 150 meter panjangnya yang turut mengelilingi pantai ini.

Lokasi Pantai Soge Pacitan di daerah Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Harga penyewaan speed boat senilai Rp 50.000 dan tiket masuknya hanya Rp 3.000 saja.

12. Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan Pacitan @sacpa_pelem
Goa Tabuhan Pacitan IG @sacpa_pelem

Goa Tabuh adalah goa yang unik karena di dalam goa ini ada batu yang bisa menghasilkan bunyi ketika dipukul. Dengan nama “Tabuh” yang dalam bahasa jawa berarti memukul untuk menghasilkan bunyi.

Wisata ke Goa Tabuh sangat cocok bagi orang yang mempunyai nilai seni yang tinggi karena mereka akan mempelajari bagaimana hasil bunyi musik yang ada pada zaman dahulu.

Didalam goa ini terdapat bebatuan yang digunakan untuk bermain alat musik dan variasi musik yang dihasilkan bisa bermacam- macam contoh seperti gamelan jawa. Ruang awal di goa ini memiliki alat alat seperti sendang bidadari , ruang kedua yaitu ruang kristal , marmer dan yang kelima ialah ruang yang dijadikan konser musik bersama.

Di dalam Goa Tabuh pengunjung tidak khawatir untuk merasa sesak karena ruang ventilasi berupa karang bolong yang ada di Goa ini cukup besar.

Lokasi dari goa ini yaitu di desa wereng kecamatan punung dan jalan menuju goa ini sudah beraspal dan mulus sehingga pengunjung tidak akan mengalami hambatan dan bisa juga melihat desa punung asri. Sebagai penerang untuk menuju goa bisa menggunakan alat senter.

Harga tiket Goa Tabuhan dihitung dari usia anak anak Rp 3.000, dewasa seharga Rp 5.000 serta mancanegara dengan harga Rp 10.000 per orangnya.

13. Monumen Jendral Sudirman Pacitan

Monumen Jendral Sudirman @prasetia_bhayu
Monumen Jendral Sudirman IG @prasetia_bhayu

Wisata Pacitan Monumen jendral sudirman telah dibuat untuk mengenang semua jasa perjuangan jendral dari Indonesia. Patung monumen ini memiliki ketinggian mencapai 8 meter.

Kisah monumen ialah ketika beliau melakukan perjuangan gerliya yang luar biasa terhadap penjajah. Untuk luas patung mencapai 97.831 meter persegi.

Di monumen ini pengunjung bisa melihat beberapa relief yang dibuat dari perunggu tersebut yang mengisahkan perjalanan kehidupan jendral. Selain itu, sebelum memasuki area monumen sobat akan melewati 8 gerbang yang menggambarkan 8 provinsi yang ada pada tahun 1948-1949, serta terdapatnya kata motivasi yang bisa kita ambil hikmahnya, motivasi berbunyi sebagai berikut “Walaupun dengan satu paru-paru dan ditandu pantang menyerah”.

Dan pengunjung harus tiga jalur berundak yang jumlah anak tangganya 48,5 dan 17. Konon katanya, anak tangga itu ialah tanggal, bulan dan tahun indonesia merdeka.

Lokasi monumen jendral berada di daerah sobo, pakisbaru nawangan pacitan sekitar 34 km dari kota pacitan.

Jalur untuk menuju wisata ini katanya pengunjung melewati jalan yang berkelok dengan keseruan yang merupakan khas pegunungan pacitan.Sangat menyenangkan, disuguhi  dengan pemandangan yang indah saat perjalanan. Sampai saat ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

14. Gunung Lanang Pacitan

Gunung Lanang Pacitan @gununglanangpacitan
Gunung Lanang Pacitan IG @gununglanangpacitan

Wisata selanjutnya adalah Gunung Lanang Pacitan. Gunung ini tidak terlalu tinggi sehingga tidak susah untuk mendaki juga merupakan gugusan dari gunung limo.

Wisata gunung ini memiliki dua puncak tetapi hanya bisa dikunjungi satu puncak karena yang satunya lagi hanya berupa bongkahan batu besar yang sangat licin.

Menyaksikan keindahan kota pacitan bisa dilakukan di gunung ini dan adanya sunset juga sunrise yang begitu indah, pemandangan lautan biru terbentang indah diatas gunung lanang ini terlebih lagi pada malam hari untuk melakukan city light hunting.

Lokasi wisata Gunung Lanang berada di Dusun Ketro Desa Punjung Kecamatan Donorejo. Kalau dari pusat kota pacitan kita bisa menuju jalur Pacitan-Tulakan-Tanjakan yang ada stasiun relay tvri Wonogondo.

Harga tiket masuk 3000 rupiah per orang dan biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000 saja.

15. Hutan Pinus Pacitan

Hutan Pinus Pacitan @afthonaziz
Hutan Pinus Pacitan IG @afthonaziz

Wisata di Pacitan selanjutnya adalah Hutan Pinus merupakan objek wisata yang baru ada di Pacitan, karena keindahannya banyak sekali para pengunjung berdatangan untuk melihat dan berfoto. Pengunjung bisa datang di wisata hutan pinus ini di jam 08.00-20.00.

Wisata Hutan Pinus ini masih alami dengan banyaknya pohon hutan pinus yang bercecer dengan rapi, terdapat gardu pandang yang dibuat oleh pengelola wisata untuk membuat para wisatawan mengambil foto serta fasilitas berupa gazebo dan tempat parkir.

Lokasi hutan pinus Pacitan berada di desa gemaharjo kecamatan tegalombo untuk pergi ke wisata ini sobat bisa melalui pusat kota pacitan dan diambil dari arah ke ponorogo perjalanan kurang lebih 40 kilometer saja.

Tiket wisata hutan pinus adalah  Rp 2.000 rupiah saja kalian sudah bisa menikmati wiata pinus ini .

16. Jurug Gringsing Pacitan

Jurug Gringsing Pacitan @jatimparadise
Jurug Gringsing Pacitan IG @jatimparadise

Wisata Pacitan Jurug Grinsing adalah sebuah curug atau air terjun yang berdiri di daerah pegunungan dengan lingkungan yang sangat alami dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Pada musim hujan , air terjun ini akan bertambah derasnya dan sangat dingin terutama dipagi hari sehingga akan menambah keindahan tempat ini.

Penambahan fasilitas yang dibuat dari bambu yang dipotong secara kecil sehingga bambu tersebut dibentuk berupa lambang cinta sehingga pengunjung bisa ambil foto dibambu tersebut yang unik.

Alamat dari jurug gringsing di ploso kabupaten pacitan dengan jam buka pukul 08.00-17.00. serta fasilitas yang memadai seperti warung, lahan untuk parkir dan wc juga.

Tiket Masuk Jurug Gringsing harganya senilai Rp 5.000 saja.

17. Wisata Pantai Pangasan Pacitan

Pantai Pangasan Pacitan @ayodolan
Pantai Pangasan Pacitan IG @ayodolan

Tentu saja wisata pantai Pangasan ini banyak diperbincangkan di sosial media karena keindahan yang bisa mengagumkan para pengunjung. Di pantai pangasan sisi barat terdapat batu yang menjulang sehingga bisa menjadi landmark pantai ini.

Dibalik sisi yang ada di pantai ini semuanya memiliki keunikan diantaranya yaitu disisi timur pantai terdapat gunung ganjuran dan ditebing ada gua kecil  yang didalamnya ada batu bulat yang dijadikan habitat kelelawar.

Keunikan lain pada saat ombak laut sedang surut, sobat bisa bermain air laut sambil mencari kerang dan tidak jauh dari pasangan juga ada kolam kecil yang airnya sangat jernih jadi kalian bisa melihat ikan hias disana bisa juga buat berenang sama snorkeling.

Tepat didesa kalipelus kecamatan kebonagung ialah lokasi pangasan beach ini dan tidak begitu jauh dari pusat kota pacitan hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam saja dalam perjalanan.

Tetapi sangat memerlukan sebuah perjuangan untuk sampai di wisata ini karena jika pengunjung dari kota pacitan harus melewati jembatan jelok kayen pengunjung harus melewati fly over dan ada jalan menanjak, serta jalan menurun .

Bagi pengunjung yang ingin berwisata di sini bisa diharapkan untuk menjaga tata krama serta sopan santun dan membawa sampah harus dibuang kembali karena pantai ini sangat ramah kebersihannya.

Harga tiket masuk wisata Pantai Pangasan ini ialah Rp 5.000  saja.

18. Gua Song Terus Pacitan

Goa Song Terus Pacitan @djokowahyu
Goa Song Terus Pacitan IG @djokowahyu

Gua song terdapat bebatuan yang bentuknya sangat alami dan merupakan tempat wisata yang sangat bersejarah. Panjang goa ini berkisar antara 150 meter dan lebar 10-20 meter serta tinggi dari plafon mencapai 10 meter.

Pada tahun 1999 orang mengenal objek wisata Pacitan ini karena menurut cerita para arkeolog menemukan rangka manusia purba yang telah berusia 10.000 tahun dan mereka juga menemukan 70.000 artefak seperti alat pecah belah, alat tulang serta cangkang kerang dan sisa kerangka hewan juga. Hal ini tentu saja memberi bukti kepada kita semua bahwa gua ini ialah tempat hunian manusia masa lalu.

Pengunjung bisa berfoto selfi atau mengambil foto di gua ini yang memiliki nilai astetik yang luar biasa tingginya serta beberapa lukisan dan gambar yang ada di dinding gua.

Fasilitas lain yang cukup mendukung untuk para wisatawan seperti warung makan, toilet, dan tempat parkir yang aman.

Goa ini terletak di desa wareng, kecamatan punung dibuka pada jam 08.00 sampai sore pukul 17.00 wib. Bagi pengunjung yang ingin datang ke wisata ini agar bisa mentaati peraturan yang ada seperti tidak boleh mencoret dinding yang ada, memakai alas kaki sebagai pelindung,  serta tidak mengotori area sekitar goa.

Harga tiket Goa Song Terus adalah Rp 3.000 saja.

19. Bukit Maumere Pacitan

Bukit Maumere Pacitan @vannyocta
Bukit Maumere Pacitan IG @vannyocta

Di bukit maumere kita bisa melihat laut lepas yang begitu luas dan sangat menakjubkan sekali. Pada saat musim kemarau tiba , padang hijau nan segar dibukit ini akan berubah warna menjadi coklat keemasan. Wisata Pacitan Bukit ini bisa mengingatkan kita pada bukit di daerah sumba.

Berada tepat diatas karang pantai, Bukit Maumere Pacitan menjadi destinasi wisata berfoto yang unik, karena memiliki latar belakang berupa lautan yang luas dengan ombak yang menggulung indah.

Lokasi dari bukit maumere ini berada di jalan Pantai Klayar, Sendang, donorojo kabupaten pacitan dan untuk tiket masuknya senilai Rp 5.000 saja.

20. Wisata Mandi Angin Pacitan

Mandi Angin Pacitan @jarambahnusantara
Mandi Angin Pacitan IG @jarambahnusantara

Jangan salah kaprah ya dengan nama wisata Pacitan ini, kita itu mandi dengan air bukan pakai angin atau mandi uap ya karena memang namanya wisata pasti mempunyai nama yang unik.

Banyak sekali para remaja yang berdatangan di mandi angin untuk sekedar selfie dari ketinggian. Tempat wisata Pacitan ini memiliki suasana yang romantis. Sangat luar biasa wisata ini buka 24 jam.

Kelebihan dari mandi angin ini sobat juga bisa melihat keindahan pantai teleng ria dari atas juga banyak sekali angin sehingga suasana menjadi lebih rindang.

Ada fasilitas untuk memarkir kendaraan juga toilet. Sambil beristirahat menikmati angin yang kencang serta banyak pohon membuat wisata ini terasa di kehidupan alami.

Lokasi wisata di kecamatan pringkuku. Dari kota pacitan pengunjung bisa menuju ke selatan yang melewati jalur bus. Setelah sampai di perkiran wisata, pengunjung tidak boleh membawa kendaraan naik keatas, pengunjung bisa naik ke atas dengan berjalan kaki.

Harga tiket di wisata Mandi Angin ini masih gratis.

21. Museum Geo Park Pacitan

Museum Geo Park Pacitan @ckupeg
Museum Geo Park Pacitan IG @ckupeg

Wisata Pacitan Museum ini bukan hanya dijadikan sebagai liburan tetapi juga sebagai tempat edukasi. Banyak sekali para siswa yang berdatangan ke museum ini untuk mendapatkan ilmu.

Di museum ini sobat bisa melihat benda purbakala dahulu sekitar puluhan benda bersejarah. Contohnya seperti fosil atau batuan yang berumur tua sekitar ratusan tahun. Nah dari sinilah sobat bisa mendapatkan ilmu sejarah.

Dibalik semua itu, tentu saja ada hal yang tidak boleh dilakukan bagi pengunjung seperti mengambil benda yang ada di museum, memasuki area khusus yang ditandai dengan sebuah lambang serta merokok sembarangan.

Bisa dikatakan kalau rute menuju museum geo park ini tidaklah begitu sulit yang juga bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi karena wisata ini berada tidak jauh dari objek wisata pantai pancer door yaitu berlokasi di kelurahan ploso kabupaten pacitan.

22. Museum Buwono Keling Pacitan

Museum Buwono Keling Pacitan
Museum Buwono Keling Pacitan

Wisata Museum di Pacitan selanjutnya bernama Museum Buwono Keling, berbeda dengan Museum Geo Park, Museum ini merupakan museum arkeologi.

Tahun 1996 museum ini didirikan serta diresmikam juga. Adapun untuk jam buka museum ini yaitu pukul 08.00- 17.00 pada hari senin- jumat saja .

Wisata Pacitan ini Terdapat banyak sekali koleksi arkeologi mencapai 3.896 buah yang bisa sobat ambil ilmunya serta mengamati. Biasanya museum ini akan memperingati atau membuat acara berupa pameran dalam setahun sekali, workshop dua kali setahun dan acara museum keliling tiga kali setahun.

Hal ini tentu saja membuat suasana keberadaan museum ini lebih meriah.

Lokasi museum ini terletak di dekat dusun krajan kulon tepat di desa mantren, kecamatan punung. Sedangkan untuk tiket masuk Museum Buwono Keling ini adalah Rp 4.000 per orangnya.

23. Puncak Gunung Suroloyo Pacitan

Gunung Suroloyo Pacitan
Gunung Suroloyo Pacitan

Bagi siapa yang menyukai pendakian objek wisata Gunung Suroloyo Pacitan bisa dijadikan sebagai tempatnya karena gunung ini juga cukup tinggi. Fasilitas yang menarik disediakan di tempat wisata ini berupa pos, warung dan lahan untuk parkiran.

Jika pengunjung berwisata ke tempat ini saat subuh bisa menyaksikan matahari terbit yang begitu indah. Pengunjung bisa merasakan efek di atas awan di pagi hari dan sore hari dikarenakan kabut asap yang turut menyelimuti serta begitu juga suasana anginnya.

Lokasi tempat wisata Pacitan ini tepat sekali di pedesaan losari pada kecamatan tulakan, jawa timur. Cukup sulit untuk menaiki puncak gunung suroloyo ini dikarenakan lokasinya yang harus jalan yang naik turun serta jalannya terbuat dari tanah liat sehingga ketika hujan turun maka jalanannya pun akan licin bahkan bisa membuat sobat terpeleset. Jadi harus hati hati ya.

Harga tiket masuk Puncak Gunung Suroloyo ini sekitaran Rp 5.000.

24. Pantai Kasap Pacitan

Pantai Kasap Pacitan @ikhsan_fahru69
Pantai Kasap Pacitan IG @ikhsan_fahru69

Berwisata ke pantai kasap seperti pergi ke raja ampat karena wisata nya sangat mirip sekali. Jadi bagi pengunjung yang merasakan jauh jika pergi ke raja ampat, pengunjung bisa memilih wisata Pacitan pantai kasap ini, bisa dibilang 95 % itu persis.

Dengan semburan ombak yang deras dan angin lautan yang kencang serta pasir putih yang membuat ketenangan. Ketika sobat di salah satu bukit pantai kasap akan melihat karang yang begitu cantik serta lanskap yang unik.

Lokasi pantai kasap berada di watu karung, pringkuku di jawa timur. Dan dibuka setiap hari selama 24 jam. Tiket masuk Pantai Kasap Pacitan adalah Rp 5.000.

25. Grojogan Sewu Pacitan

Grojokan Sewu Pacitan
Grojokan Sewu Pacitan

Wisata air terjun Grojokan Sewu ini terus mengalir di musim kemarau namun sayangnya pemerintah belum menyediakan fasilitas yang memadai. Sarannya agar sobat bisa membawa bekal sendiri dari rumah karena di wisata ini tidak menyediakan warung.

Wisata Pacitan yang satu ini menjadi sangat unik dengan terdapatnya 10 buah air terjun dan jarak air terjun bervariasi tentunya sekitar 10-100 meter jadi pengunjung bisa bermandikan tubuh di air terjun ini.

Aliran air terjun akan berakhir di pantai ngiroboyo sehingga kalian bisa merasakan kesejukannya juga. Tak kalah menariknya lagi kita akan menjumpai kolam alami yang warnanya hijau.

Lokasi Grojokan Sewu berada di pedesaan bomo pada kecamatan punung kabupaten pacitan. Jika dari kota pacitan, grojogan sewu sekitar 25 km dan jikalau dari wisata goa gong lebih dekat antara 5-7 km saja

Tiket masuk Grojokan Sewu Pacitan ini adalah Rp 6.000, cukup murah bukan.

26. Pantai Ngandul Pacitan

Pantai Ngandul Pacitan @jatim.repost
Pantai Ngandul Pacitan IG @jatim.repost

Pantai ngandul ialah salah satu pantai yang tersembunyi di pacitan. Keunikannya adalah adanya air terjun yang mengalir langsung ke laut. Orang juga mengatakan bahwa pantai ini mirip dengan pantai banyunibo yang ada di yogyakarta tepatnya di gunung kidul sana.

Wisata Pantai Ngandul ini adalah sebuah tebing yang batasan dengan laut lepas. Pantai yang berbeda dengan yang lainnya karena tidak ada pasir hanya ada karang dan tebing saja.

Sebagian orang mengatakan bahwa pantai ini indah dikarenakan terdapat sungai dan air terjun yang kecil menuju kelaut serta terdapatnya suatu celah yang mirip dengan teluk yang menyebabkan air laut muncul di daratan.

Diharapkan agar pengunjung lebih berhati- hati karena tebingnya cukup curam serta licin, batunya juga terjal terlebih lagi janganlah sesekali memaksakan diri mengambil foto di pinggir tebing .

Lokasi pantai ngandul berada di desa widoro, kecamatan donorojo yang merupakan satu wilayah dengan pantai buyutan untuk jarak kurang lebih 40 km yang bisa menggunakan motor dan mobil.

Jika melalui kota pacitan sobat bisa melalui jl. Nampu kalak dan akan sampai di pertigaan.

Harga tiket Pantai Ngandul Pacitan sebesar Rp 5.000 per orangnya.

27. Wisata Gunung Limo Pacitan

Gunung Limo Pacitan @pacitan_paradise
Gunung Limo Pacitan IG @pacitan_paradise

Gunung limo Pacitan adalah gunung yang berbeda daripada gunung yang lainnya karena gunung tidaklah begitu ekstrim dan tidak berbahaya  begitu juga ketinggian yang tidak begitu menjulang anda pun bisa berjalan dengan miring sehingga sangat cocok bagi orang yang ingin belajar naik gunung.

Tinggi wisata Pacitan gunung ini sekitar 668 meter saja. Selain itu, juga terdapat keindahan alam pada sekitaran gunung limo ini.

Seperti daerah perbukitan, kebun dan sawah milik warga setempat. Sunset juga bisa anda nikmati disini. Ada masa terkadang penduduk disana menyelenggarakan upacara adat mereka yang dinamakan adat tetaken yaitu berupa ritual yang dilakukan untuk sedekah bumi.

Ketika upacara sudah selesai akan ditutup dengan tarian langen bekso yang di tarikan oleh orang dengan berpasangan.

Lokasi Wisata Gunung Limo Pacitan terletak di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

28. Beiji Park Pacitan

Beiji Park Pacitan @pacitan_paradise
Beiji Park Pacitan IG @pacitan_paradise

Beiji Park Pacitan tergolong ke dalam wisata yang baru danmenjadi daya tarik bagi para wisatawan karena banyak sekali fasilitas yang ada dan memiliki lahan yang cukup luas. Pada awalnya wisata ini bernama pacitan indah namun karena pendirinya mau menaikkan satu wilayah yaitu dusun beiji sehingga digantilah nama wisata tersebut menjadi Beiji Park .

Pengunjung bisa melihat dengan jelas pemandangan teluk pacitan tepat berada di posisi selatan . Oleh karena pengelola beiji park menyediakan gardu pandang yang terbuat dari papan yang bisa melihat dengan jelas kota pacitan.

Ribuan pepohonan mahoni yang berbaris dengan rapi bisa dijadikan foto bersama. Selain itu juga di kawasan wisata juga terdapat view untuk menjajal motor trail. Pengunjung juga bisa melihat langsung burung beo yang telah disediakan oleh pengelola.

Lokasi dari beiji park ini berada di jalan raya tompak rinjing, pringkuku di kabupaten pacitan. Buka jam 05.00 – 19.00 setiap harinya

Tiket masuk Beiji Park Pacitan sebesar Rp 5.000 per orangnya.

29. Monumen Tumpak Rinjing Pacitan

Tumpak Rinjing Pacitan @cinta_pacitan
Tumpak Rinjing Pacitan IG @cinta_pacitan

Monumen Tumpak Rinjing adalah monumen yang didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan, Agar anak cucu bangsa ini dapat mengenang jasa para Pahlawan.

Terpampang jelas patung Jendral Sudirman sedang berdiskusi dengan tentara. Berada di lokasi tengah hutan, menggambarkan betapa serunya perang, mempertahankan kemerdekaan jaman dahulu.

Lokasi monumen Tumpak Rinjing Pacitan sangat mudah ditemukan,  berada di tepi jalan utama yang sudah kelihatan yaitu jalan yang digunakan oleh orang untuk berlalu lintas ke pacitan dengan wonogiri.

Wisata ini dapat kamu jadikan spot foto yang menarik saat berada di bawahnya karena monumen ini sangat besar dan tinggi.

“Baca Juga: 27 Tempat Wisata Banyuwangi Terkenal & Hits 2019

Itulah bahasan jogja day mengenai tempat wisata yang ada di Pacitan, yang bisa dijadikan referensi ataupun pengetahuan ketika tertarik ingin wisata di daerah pacitan.

Jadi jangan sia – siakan waktu liburan anda dan jadikan kesempatan ini menjadi sebuah momen yang berarti  ya sobat karena kita bisa mengunjungi alam kita dengan hanya tiket yang murah saja.

Karena wisata menambah keindahan hidup kita dan masih banyak lagi wisata yang lainnya yang ada di pacitan maupun seluruh indonesia yang harus kita banggakan dan kita jaga bersama. Karena indonesia termasuk memiliki kekayaan yang sangat berlimpah.

Share This Post

Add a Comment

Your email address will not be published.

Welcome

Share Artikel Ya!