21 Tempat Wisata Di Kaliurang Jogja Terkenal & Wajib Kamu Kunjungi

Kaliurang memiliki banyak tempat wisata terkenal yang bisa kamu kunjungi. Berada di lereng gunung merapi, kawasan bagian utara kota Jogja ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Wisata populer di Kaliurang diantaranya Jepp Lava tour, Bumi Merapi dan Museum Ulen Sentalu. Dengan udara yang sejuk dan segar Kaliurang Jogja memiliki banyak penginapan berupa hotel, resort maupun convention center dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Hotel dan Resort di Kaliurang dengan kelengkapan fasilitas tentunya di dukung dengan segar alam yang segar dan pemandangan yang indah.

Kawasan ini juga memiliki area untuk tempat outbound dan juga desa wisata Kaliurang yang menyimpan berbagai keunikan yang ada.

Tak hanya wisata alam, wisata budaya, dan hotel saja di Kaliurang kamu juga dapat mencicipi wisata kuliner Kaliurang yang enak dan legendaris.

Jadi jika kamu sedang berlibur ke Kota Gudeg ini pastikan untuk singgah dan berwisata di kaliurang Jogja yaa. Pasti seru!

Kaliurang yang berada di wilayah bagian utara kota Jogja ini memiliki banyak pepohonan disepanjang jalannya, dan kadang pagi dan malam hari tertutup oleh kabut yang pekat, menambah syahdunya daerah kaliurang.

Baiklah jogja day akan segera sampaikan alamat dan harga tiket tempat wisata paling seru di kaliurang Jogja. Simak sampai habis yaa!

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Kaliurang Terkenal, Enak & Wajib Kamu Cicipi

1. Tlogo Puteri Kaliurang

Tlogo Puteri Kaliurang
Tlogo Puteri Kaliurang foto by instagram.com/handimaryono

Di Tlogo Puteri kamu akan merasakan sejuknya udara dan menikmati hijaunya pepohonan rindang nan besar. Tlogo puteri memiliki taman bermain, wisata alam air terjun dan wisata permainan anak.

Terdapat embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Ada pula wahana jungkat jungkit, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya.

Wisata Tlogo Puteri ini setiap akhir pekannya akan ada pertunjukan kesenian di panggung hiburan seperti dangdut, jathilan, campursari, dan pentas seni lainnya.

Pada bagian depan Tlogo Putri terdapat sewa untuk tour dan guide Mobil Jeep Adventure Kaliurang yang akan mengantarkan kamu untuk menikmati lava tour pada lereng gunung Merapi, tentunya sangat mengasyikan dan seru pastinya!

Alamat Tlogo puteri ada di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Masuk Tlogo Puteri Kaliurang Jogja sebesar Rp. 6.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor, Rp. 5.000/mobil dan Rp. 20.000/bus

2. Makam Mbah Marijan Kaliurang

Makam Mbah Marijan
Makam Mbah Marijan Kaliurang foto by instagram.com/lava_tour

Mbah Marijan merupakan tokoh yang dianggap sebagai Juru Kunci Gunung Merapi. Sosoknya cukup terkenal dan beberapa kali menjadi bintang iklan di televisi.

Beliau meninggal terkena erupsi tahun 2010, dan jasadnya dikubur di rumahnya yang sekarang menjadi distinasi wisata bagi para pengunjung.

Di makam Mbah Maridjan terdapat berbagai macam benda yang terkena erupsi merapi 2010. Kamu akan menemukan lukisan sosoknya dan foto foto letusan merapi. Di warung souvenir anda juga dapat membeli aneka macam benda khas Merapi.

Di area Makam Mbah Marijan yang berada tepat di lereng gunung Merapi ada wahana tour dan guide mobil Jeep, untuk berkeliling menjelajahi lava tour dan menikmati area lereng gunung Merapi.

Lokasi Makam Mbah Marijan ada di Dusun Srunen, Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Mbah Marijan Kaliurang adalah Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

3. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Taman Gardu Pandang
Taman Gardu Pandang Kaliurang foto by instagram.com/festivaloflight

Wisata gardu pandang untuk melihat gunung merapi ini berada di Kaliurang Jogja. Kamu dapat naik di gardu pandang yang tersedia dan melihat keindahan panorama gunung merapi.

Di Gardu Pandang kaliurang ini kamu juga dapat bermain, terdapat beberapa wahana permainan anak seperti jungkat jungkit, mobil mini, ayunan dan lainnya.

Pada event event tertentu taman gardu pandang ini digunakan untuk kegiatan rutin seperti festival of light saat akhir tahun dan festival layang layang saat ada kegiatan.

Lokasi Gardu Pandang terletak di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Gardu Pandang Kaliurang sebesar Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

4. Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang

Bumi Merapi
Bumi Merapi Kaliurang foto by instagram.com/sesok_prei94

Di Bumi Merapi Kaliurang Jogja kamu bisa wisata alam sekaligus edukasi. Bumi Merapi tersedia paket pelatiahan agrowisata seperti bercocok tanam, peternakan, pertanian dan perikanan.

Bumi Merapi yang berada di kawasan Kaliurang ini pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti outbound training, wisata goa ponggolo, taman kelinci, memerah susu kambing, berkuda, taman reptil, berkebun hidroponik dan wisata lainnya.

Tentunya dengan beragam aktifitas yang dapat dilakukan disana maka berkunjung ke Bumi Merapi Sleman akan memberikan pengalaman yang seru dan lengkap.

Bumi Merapi Kaliurang cocok untuk wisata keluarga, sekaligus sarana edukasi untuk anak. Jadi jika kamu sedang berlibur di Jogja pastikan untuk singgah berwisata di Bumi Merapi Kaliurang Sleman.

Lokasi Agrowisata Bumi Merapi ada di Jalan Kaliurang km 20, Sawangan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00

Tiket Masuk Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang sebesar Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

5. Goa Jepang Kaliurang Jogja

Goa Jepang Kaliurang
Goa Jepang Kaliurang foto by instagram.com/jadhoelll

Goa Jepang Kaliurang merupakan bangunan dengan cerita yang bersejarah. Goa ini telah ada sejak jaman penjajahan jepang, kini telah berubah menjadi destinasi wisata yang populer di kaliurang.

Area yang hijau ini memiliki pohon pohon yang besar dan rindang. Kamu juga bisa melihat secara dekat primata liar seperti monyet dan kera di habitat aslinya disini.

Lokasi Goa Jepang di Jalan kaliurang km 25, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Goa Jepang Kaliurang adalah Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

6. Blue Lagoon Sleman Jogja

Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Kaliurang foto by instagram.com/bluelagoonjogja

Blue Lagoon Sleman Jogja ini menawarkan wisata alam yang berupa sungai jernih dan rimbunnya pepohonan. Pengunjung dapat melakukan aktifitas susur sungai, berenang dan snorkeling di Blue Lagon Sleman Jogja.

Wisata Air Blue Lagoon ini lebih dikenal dengan pemandian tirta budi yang cocok dijadikan wisata air. Bagi kamu yang hobi berenang dan explore alam maka Blue Lagoon dapat menjadi alternatif wisata Jogja.

Terdapat 3 mata air yang tidak pernah kering yaitu, Sendang Wadon, Sendang Lanang, dan Belik Kluwih. Air dari pancuran belik kluwih ini menjadi kedung/kolam, karena air kedung selalu jernih hingga warnanya menjadi biru dan disebut Blue Lagoon.

Lokasi Pemandian Blue Lagoon ada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00

Tiket Masuk Pemandian Blue Lagoon Sleman sebesar Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

7. Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Taman Rekreasi kaliurang
Taman Rekreasi Kaliurang foto by instagram.com/sophieparis.jogja.sleman

Wisata Taman Rekreasi Kaliurang Jogja ini cocok untuk keluarga. Taman ini berisikan berbagai macam wahana anak antara lain pelosotan, ayunan, mini car, patung seekor naga dan lainnya yang akan membuat anda dapat bersantai menikmati alam sambil mengawasi anak bermain.

Tempatnya yang hijau dan rimbun dengan pepohonan besar dan berbagai tanaman akan membuat anda merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama menikmati taman rekreasi Kaliurang ini.

Taman Rekreasi Kaliurang menyediakan wahana flying fox dengan biaya Rp. 25.000/orang dan ada juga wahana rumah pohon dengan tiket Rp. 8.000/orang. Taman rekreasi Kaliurang yang berada di kawasan lereng gunung Merapi ini memiliki rimbun hijau pepohonan dengan udara yang sejuk dan segar.

Lokasi Taman Rekreasi Kaliurang di Jalan Astomulyo No. 59, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Taman Rekreasi Kaliurang adalah Rp. 8.000/orang, Flying Fox Rp. 25.000, Rumah Pohon Rp. 8.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

8. Jeep Wisata Merapi Tour Kaliurang

Jeep Adventure Kaliurang
Jeep Merapi Kaliurang foto by instagram.com/jeep_wisatamerapi

Destinasi Jepp Merapi Tour ini akan membawa anda menelusuri sisa sisa letusan merapi menggunakan Jeep Willys. Kamu akan diajak untuk berkeliling area lereng merapi sembari menikmati indahnya suasana pegunungan dan sisa erupsi merapi.

Ada beberapa pilihan trip yang tersedia dengan durasi waktu tertentu yang akan membawa anda hanyut dalam suasana seru dan menegangkan menyusuri area pegunungan menggunakan Jeep Willys.

Wisata Jeep Tour tersedia di berbagai tempat diantaranya yaitu Tlogo Puteri, Makam Mbah Marijan dan Taman rekreasi Kaliurang.

Kamu dapat memesannya pada pos-pos wisata tersebut. Tentunya sangat menyenangkan dan seru dapat tour untuk menikmati lereng gunung Merapi.

Lokasi Wisata Jeep Tour bisa kamu pesan di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Harga Wisata Jeep Tour & Guide Kaliurang Jogja

Paket Jeep Lava Tour rute pendek Rp.350.000,-/Jeep, Rp. Rute menengah Rp. 450.000,/Jeep, Rute Panjang Rp. 650.000,- dan Paket Sunrise Merapi Lava Tour Rp. 450.000,-/Jeep (1 Jeep berisi 4 wisatawan)

Kontak: 0821-5298-8693

9. Moto Cross Tour Kaliurang Jogja

Moto Cross Tour Kaliurang
Moto Cross Wisata Merapi Kaliurang foto by instagram.com/iqbalogia

Bagi penggemar wisata alam pegunungan, daerah Kaliurang dan lereng Gunung Merapi adalah tujuan wisata yang menarik. Apalagi semenjak erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, daerah Kaliurang dan sekitarnya telah banyak berubah.

Untuk menjelajahi tempat ini dan sekitarnya, kita dapat menyewa motor trail. Motor trail adalah sepeda motor tangguh yang dapat melewati medan-medan yang berat dan tentunya mengendarai motor trail rasanya berbeda dengan naik motor biasa.

Menikmati indahnya lereng gunung merapi menggunakan Moto Cross Tour Kaliurang dapat kamu rasakan dengan menyewa Moto Cross.

Dengan durasi waktu tertentu anda akan diantarkan untuk trekking melewati sungai dan bukit melihat sisa-sisa letusan gunung api merapi.

Lokasi Wisata Moto Cross Tour Kaliurang ada di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Wisata Moto Cross Tour Kaliurang Jogja

Tiket: Short Route Rp. 150.000/motor (2 Jam), Long Route Rp. 200.000/motor, Merapi Sunrise Rp. 250.000/motor (4 Jam)

10. Merapi Park Kaliurang Jogja

merapi park Kincir Belanda merapi park
Merapi Park Kaliurang foto by instagram.com/yanz_usrock

Wisata hits untuk berfoto ria ini bernama Merapi Park berada di Kaliurang yang memiliki udara sejuk dan segar ini menyajikan miniatur bangunan terkenal yanga da di dunia.

Bagi kamu yang suka dengan fotografi atau untuk menambahkan foto di media sosialmu maka wajib untuk berwisata di Merapi Park Kaliurang.

Wisata The World Landmark Merapi Park Jogja ini menyajikan spot foto yang unik dan menarik pada setiap bangunan yang ada, pengunjung dapat berfoto pada 16 miniatur bangunan yang ada di Merapi Park Jogja, tentuny menjadikan pengalaman yang unik dan hasil foto yang istimewa.

Lokasi Merapi Park Kaliurang terletak di Jalan Kaliurang km. 22, Banteng, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Merapi Park Kaliurang adalah Rp. 20.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

11. Bunker Kaliadem Kaliurang Jogja

Bunker kaliadem

Bunker Kaliadem Jogja ini berada tepat di kaki gunung merapi desa Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Bunker ini sering menjadi obyek foto denganlatar belakang lanscape Gunung Merapi. Bunker kaliadem jogja ini berada tepat pada kaki gunung merapi, sehingga akan nampak jelas foto dari gunung Merapi.

Bunker Kaliadem merupakan saksi bisu mengalirnya lava panas gunung merapi yang mengeluarkan erupsi tahun 2006 dan 2010. Tempat ini merupakan area untuk berlindung dan pos untuk mengawasi gunung Merapi.

Pengunjung dapat menikmati suasana kaki gunung dan berfoto pada bunker Kaliadem juga mengamati sisa-sisa lava panas Gunung Merapi.

Lokasi Bunker Kaliadem ada di Desa Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

Tiket Masuk Bunker Kaliadem Kaliurang adalah Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

12. Bukit Klagon Kaliurang Jogja

Bukit Klagon Kaliurang
Bukit Klagon Kaliurang foto by instagram.com/ch17ian

Salah satu spot foto terbaik di Lereng Gunung Merapi adalah Bukit Klagon Jogja. Melalui bukit klagon kita akan melihat Gunung Merapi dengan jelas dan terlihat megah.

Bukit ini juga dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill sepeda gunung, yang telah menyelenggarakan event kejuaraan tingkat nasional.

Bagi penyuka downhill, pengunjung bisa mencoba jalur ber-adrenalin ini dengan panjang trek sekitar 20 km plus dengan tingkat elevasi start dan finish kurang lebih 300 meter. Dengan trek sepanjang ini, pesepeda bisa menempuh waktu sekitar 1.5 jam.

Lokasi Bukit Klagon Kaliurang ada di Desa Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Masuk Bukit Klagon Kaliurang Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

13. Batu Alien Kaliurang Jogja

Batu Alien Kaliurang
Batu Alien Kaliurang foto by instagram.com/lily_prarezanti

Batu Alien Kaliurang menjadi viral karena keunikannya. Batu besar hasil erupsi gunung merapi tahun 2010 ini membentuk seperti wajah manusia.

Dengan banyaknya traveller yang mengupload di Instagram, makan banyak wisatawan yang datang ke Batu Alien hanya untuk berfoto ria. Tentu menjadi hal yang menarik bisa berfoto di batu alien kaliurang.

Lokasi Batu Alien Kaliurang Jogja

Alamat: Desa Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

Tiket Masuk Batu Alien Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

14. Stonehenge Cangkringan Kaliurang Jogja

Stonehenge Kaliurang
Stonehenge Cangkringan Kaliurang foto by instagram.com/mhidayatullah01

Stonehenge Kaliurang Jogja merupakan spot unik dan langka yang ada di Kaliurang. Batuan raksasa yang menjulang tinggi ini tersusun rapi menjadi spot foto yang epic di lereng gunung merapi.

Batu batu ini adalah hasil erupsi gunung merapi tahun 2010. Dengan keunikannya ini banyak traveller yang upload foto di media sosial sehingga semakin banyak wisatawan yang datang untuk berwisata di stonehenge cangkringan ini.

Lokasi Stonehenge Cangkringan Jogja

Alamat: Dusun trutan, Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Alamat Stonehenge Cangkringan Jogja

Tiket: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

15. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang Jogja

desa wisata Ledok sambi
Ledok Sambi Kaliurang foto by instagram.com/ledoksambi

Desa Wisata Ledok Sambi adalah desa wisata alami di Kaliurang Jogja yang memiliki berbagai potensi wisata alam seperti pertanian, peternakan, kesenian dan outbound.

Nama lainnya ledok sambi, disini kamu bisa menikmati panorama alam seperti persawahan, pohon besar rindang, rumah-rumah joglo, simon, limasan dengan halaman luas yang bisa digunakan untuk wahana bermain.

Lokasi Desa Wisata Ledok Sambi ada di Jalan Kaliurang km 19,2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

16. Desa Wisata Pentingsari Kaliurang Jogja

desa wisata pentingsari
Desa Wisata Pentingsari Kaliurang foto by www.visitingjogja.com

Desa wisata pentingsari adalah desa wisata di Yogyakarta yang paling terkenal dan yang pertama, terletak di lereng gunung merapi membuat desa ini memiliki hawa sejuk siang dan malam.

Selain menikmati keindahan alam pengunjung dapat berbaur dengan masyarakat, seperti membajak sawah, panen padi dan memancing bahkan wisatawan dapat mengikuti kursus singkat menari Jawa, gamelan, kerawitan, kreasi janur, dalam waktu tertentu wisatawan dapat mengikuti kenduri atau syukuran desa.

Terdapat wisata outbound, flying fox hingga sepakbola lumpur. Di desa wisata Pentingsari ini terdapat kebun herbal, pengunjung dapat mengenal dan berkonsultasi tentang tanaman herbal dan berbagai tanaman organik.

Tentunya menjadi pengalaman menarik dan unik berkunjung ke desa wisata pentingsari Jogja ini bukan?

Lokasi Desa Wisata Pentingsari ada di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

17. Desa Wisata Pulesari Kaliurang Jogja

desa wisata pulesari
Desa Wisata Pentingsari Kaliurang foto by www.wonokromo.bantulkab.go.id

Desa wisata Pulesari Jogja ini berada di Dusun Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Potensi desa wisata ini adalah agrowisata salak dan berbagai olahannya.

Pengunjung dapat menikmati kebun salak dan memetik salak langsung dari pohonnya juga belajar tentang budidaya tanaman buah salak.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat mengikuti  outbound, fun game, dan trekking. Pada river tracking wisatawan akan diajak menyusuri sungai dengan berbagai wahana mulai dari titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap ikan, air terjun dan goa.

Jam Operasional: 07.00-17.00

18. Agrowisata Omah Salak Turi Jogja

Desa wisata omah salak
Agrowisata Omah Salak foto by instagram.com/rianawahyu

Wisata Omah Salak berada di Jalan Perum Gadjah Mada Asri, Kenteng, Turi, Sleman, Yogyakarta buka setiap hari pukul 09.00-17.00.

Pengunjung dapat menikmati kebun salak dan memetik salak langsung dari pohonnya juga belajar tentang budidaya tanaman buah salak.

Di Omah Salak anda dapat mengetahui proses panen mandiri hingga menikmati salak dan aneka macam olahannya. Kawasan Turi terkenal sebagai daerah produksi salak paling populer dengan struktur tanah dan lingkungan yang mendukung.

Lokasi Wisata Edukasi Omah Salak terletak di Jalan Perum Gadjah Mada Asri, Kenteng, Turi, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 09.00-17.00

19. Kebun Buah Naga Kaliurang Jogja

kebun buah naga sabila farm
Kebun Buah Naga Kaliurang foto by www.twipu.com

Kebun Buah Naga berada di Pakem, Sleman, Yogyakarta tepatnya di jalan kaliurang km 20, Pakembinangun, sleman, yogyakarta.

Dengan lahan yang luas kebun buah ini tidak hanya memproduksi buah naga, namun juga menjadi wisata edukasi dan pelatihan wirausaha dibidang pertanian.

Pada area Kebun Buah Naga terdapat rumah joglo yang dijadikan tempat untuk penelitian, pengembangan dan training bagi yang menginginkan dengan biaya yang telah disediakan.

Dengan kondisi lahan yang luas, maka kebun buah ini tidak hanya menanam buah naga namun juga buah lainnya seperti srikaya, mangga, pepaya kalifornia dan aneka macam buah musim lainnya.

Jam Operasional: 07.00-17.00

20. Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi Kaliurang foto by instagram.com/dronesiajogja

Museum Gunung Merapi adalah museum yang berisikan informasi tentang gunung merapi yang dikemas dalam museum berupa foto, replika dan penginggalan juga sisa sisa erupsi gunung merapi.

Kamu juga dapat menonton video tentang “Maha Guru Merapi” dan letusan dahsyat gunung merapi di bioskop yang ada di lantai II. Museum Merapi sangat cocok untuk wisata pendidikan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa.

Lokasi Museum Gunung Merapi ada di Jalan Kaliurang km. 22 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-15.30 (senin tutup)

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Tiket: wisatawan lokal : Rp 5.000,- (tiket masuk) dan  Rp 5.000,- (tiket film). Wisatawan mancanegara : Rp 10.000,- (tiket masuk) dan Rp 10.000,- (tiket film).

21. Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Museum Ulen Sentalu
Museum Ulen Sentalu Kaliurang foto by instagram.com/meivr21

Museum Ulen Sentalu adalah museum kesenian dan budaya jawa. Museum di lereng gunung merapi ini berisi tentang gambar, lukisan, arca, dan benda peninggalan Mataram Jawa.

Suasana sejuk akibat udara lereng gunung dan hening karena rimbunnya pohon ditambah balutan kejawen akan sangat terasa pada setiap bagunan dinding, tembok, taman dan kolam.

Struktur bangunan yang unik dan eksotis museum ulen sentalu akan membuatmu betah untuk berkeliling di pada setiap bagian museum.

Kamu akan didampingi guide yang dengan senang hati menjelaskan setiap cerita sejarah peninggalan kerajaan mataram dan koleksi lainnya.

Lokasi Museum Ulen Sentalu ada di Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-15.30 (senin libur)

Tiket Masuk Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Tiket: wisatawan lokal dewasa Rp. 30.000 dan anak (5-16 th) Rp. 15.000, wisatawan mancanegara dewasa Rp. 50.000 dan anak (5-16 th) Rp. 30.000

“Baca Juga: 17 Jajanan Kaki Lima Yang Enak Dan Wajib Dicoba Khas Kota Yogyakarta

Demikianlah ulasan jogja day mengenai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Dengan udara yang sejuk dan segar tentunya berwisata ke kawasan yang berada di lereng Gunung Merapi ini memberikan suatu kesan luar biasa dan kamu bisa datang ke Kaliurang bersama sahabat, keluarga juga pasanganmu. Jadi jika sedang berada di Kota Jogja, pastikan untuk mengunjungi kawasan Kaliurang yaa!

Share This Post
6,684 Comments