15 Wisata Candi Jogja Paling Megah: Berseta Lokasi & Harga Tiketnya

Wisata di Jogja sangat beragam, anatara lain wisata pantai, gunung, hutan pinus, keraton dan wisata permainan. Namun jika kamu menginginkan wisata yang berbeda, kamu bisa berkunjung ke candi candi yang ada di Yogyakarta. Tak hanya Candi Borobudur, kamu juga bisa mengunjungi candi lainnya yang tersebar di Kota Jogja.

Berikut rekomendasi candi di Jogja paling megah, indah dan wajib dikunjungi. Selain wisata sejarah, keindahan candi dan keunikan candi ini sangat fenomenal. Wisatawan lokal maupun mancanegara pasti menyempatkan berkunjung ke candi terkenal Yogyakarta.

Tentunya selain sebagai kota kebudayaan Jogja juga dikenal sebagai kota dengan 1001 cerita sejarah, kota Yogyakarta memiliki wisata Candi yang begitu banyak. Dengan keindahan dan kemegahan yang dimilikinya wisata candi di Jogja ini selalu ramai pengunjung.

Candi yang sarat cerita dan keindahan bangunan ini tersebar di seluruh kawasan Yogyakarta. Sesungguhnya masih banyak candi yang belum ditemukan, dan masih terkubur didalam tanah. Seperti akhir tahun 2016 ditemukan candi dibwah kampus pusat uii saat proses pembangunan pondasi gedung.

“Baca: 46 Kuliner Terkenal, Enak & Legendaris Khas Kota Yogyakarta

15 Wisata Candi Di Jogja Paling Megah & Keren Untuk Kamu Kunjungi

Ada 15 Candi megah sarat dengan sejarah yang wajib dikunjungi. Silakan simak, pengunjung akan diajak untuk wisata sejarah dan edukasi untuk mengetahui berbagai cerita pada destinasi Candi Yogyakarta berikut ini.

1. Wisata Candi Prambanan Jogja

Candi prambanan Jogja
Candi Prambanan foto by instagram/trevel_smartgirls

Candi Prambanan ~ Candi Prambanan ini selalu ramai oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara karena memiliki bangunan candi yang beragam dan tertata rapi. Bagi anda yang belum sempat mengunjunginya, admin menyarankan untuk singgah di Candi Prambanan Jogja.

Candi Prambanan adalah candi hindu tercantik di dunia. Candi utama memiliki tinggi 47 m dengan banyak candi pendamping diantaranya candi garuda, candi wisnu, candi brahma dan candi siwa.

Pengunjung dapat menelusuri relief kisah Ramayana, pohon kalpataru dan lainnya. Pengunjung juga dapat menonton sendratari ramayana dan wayang yang dipentaskan di pelataran Candi Prambanan pada jadwal tertentu.

Alamat Candi Prambanan Yogyakarta

Lokasi: Jalan Raya Jogja Solo km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Prambanan

Rp. 40.000 (Dewasa), Rp. 20.000 (anak)

2. Wisata Candi Plaosan Jogja

Candi Plaosan Jogja
Candi Plaosan foto by instagram/arvin_arf

Candi Plaosan ~ Candi plaosan berada di desa Bugisan, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi budha ini akan terlihat anggun saat sore hari dengan siluet sunset saat matahari mulai tenggelam.

Keistimewaan dari candi Plaosan yaitu bagian belakang candi terdapat pohon bodhi dan semacam altar yang dikelilingi patung budha, altar tersebut masih digunakan untuk ritual kegamaan umat budha.

Alamat Candi Plaosan Yogyakarta

Lokasi: Desa Bugisan, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Plaosan Jogja

Rp. 10.000/orang

3. Wisata Candi Kalasan Jogja

Candi kalasan Jogja
Candi Kalasan foto by instagram/rikaanggriani15

Candi Kalasan ~ Candi megah sarat dengan sejarah lainnya yaitu Candi Kalasan yang berada di Desa Kalibenng, Tirtamani, Sleman, Yogyakarta.

Candi budha ini pada setiap pintu masuknya terdapat hiasan kala. Di bagian jengger candi terdapat kuncup bunga, dedaunan dan suluran, sedangkan bagian atas terdapat pohon dewata dan lukisan awan yang bergambar penghuni khayangan sedang memainkan alat berbagai alat musik tradisional. Pada bagian atap terdapat kubus lambang gunung semeru, yang tertulis dalam situs Temples of Indonesia.

Alamat Candi Kalasan Yogyakarta

Lokasi: Desa Kalibenng, Tirtamani, Sleman, Yogyakarta

Tiket Masuk Candi Kalasan Jogja

Rp. 5.000/orang

4. Wisata Candi Sewu Jogja

Candi sewu Jogja
Candi Sewu foto by instagram/dopiknikjogja2

Candi Sewu ~ Candi Sewu merupakan candi budha terbesar kedua setelah candi borobudur. Kompleks ini memiliki lebih dari 250 candi dengan 1 candi utama, 8 candi pengapit dan sisanya merupakan candi pawarta.

Candi ini berada dilembah prambanan yang membentang dari lereng selatan gunung merapi sampai pegunungan sewu. Candi ini terlihat menawan dengan batuan yang tersusun indah.

Uniknya dari Candi Sewu ini adalah setiap pintu masuk candi terdapat dua pengawal yaitu sepasang arca Dwarapala yaitu arca raksasa yang berukuran tinggi 2,3 meter.

Alamat Candi Sewu Yogyakarta

Lokasi: Dukuh Bener, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Sewu Jogja

Rp. 10.000/orang

“Baca: Wisata Air Terjun Keren Di Yogyakarta

5. Wisata Candi Ratu Boko Jogja

Candi boko Jogja
Candi Ratu Boko foto by instagram/mtravellink

Candi Ratu Boko ~ Kompleks candi ratu boko memiliki luas 25 hektar. Bentuk candi ini mirip seperti bekas bangunan keraton. Candi Boko Jogja merupakan salah satu candi yang cantik dan banyak dijadikan spot foto preweding.

Dengan bentik arsitektur yang unik sehingga dijadikan sebagai latar film AADC2. Panorama sunset dari Candi ratu boko begitu indah sehingga ramai pengunjung mulai jam 16.00 sampai matahari tenggelam.

Alamat Candi Ratu Boko Yogyakarta

Lokasi: Dusun Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja

Rp. 40.000/orang

6. Wisata Candi Sambisari Jogja

Candi sambisari Jogja
Candi Sambisari foto by instagram/menik.nugraeny

Candi Sambisari ~ Candi sambisari adalah candi yang berada di bawah permukaan tanah. Selain candi utama pengunjung juga dapat melihat 3 candi pendamping yang kompleksnya dikelilingi oleh dinding tembok yang dibangun tahun 812 M.

Pengunjung juga dapat berwisata ke ruang informasi untuk melihat foto foto proses penggalian, rekonstruksi dan peninggalan lainnya berupa arca dan perunggu.

Alamat Candi Sambisari Yogyakarta

Lokasi: Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Sambisari Jogja

Rp. 5.000/orang

7. Wisata Candi Ijo Jogja

Candi ijo Jogja
Candi Ijo foto by instagram/yogatan10(1)

Candi Ijo ~ Candi ijo merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno. Meski namanya candi ijo, candi ini sama saja seperti candi lainnya yang terbuat dari bebatuan dan berwarna hitam. Nama ijo berasal dari nama bukit tempat candi ini berada.

Candi ijo berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Panorama alam nan cantik mengelilingi bangunan candi hindu ini. Pada pintu gerbang pengunjung dapat melihat ukiran berupa mulut raksasa berbadan naga. Kompleks candi ijo memiliki 17 bangunan yang terdapat pada 11 teras berundak.

Alamat Candi Ijo Yogyakarta

Lokasi: Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Ijo Jogja

Rp. 5.000/orang

8. Wisata Candi Banyunibo Jogja

Candi banyunibo Jogja 1
Candi Banyunibo foto by instagram/gadis_ikhw

Candi Bayunibo ~ Candi banyunibo merupakan candi budha yang dibangun sekitar abad IX pada zaman kerajaan mataram kuno. Kompleks candi ini dikelilingi area pertanian dan perbukitan.

Candi banyunibo memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan lainnya, tingginya hanya 14 meter. Bagaian atas candi berbentuk kubah dengan stupa pada puncaknya, pada candi ini pengunjung dapat menikmati wisata sejarah dan panorama alam pertanian yang menyegarkan.

Alamat Candi Banyunibo Yogyakarta

Lokasi: Dusun Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Banyunibo Jogja

Rp. 5.000/orang

9. Wisata Candi Sari Jogja

Candi Sari Jogja
Candi Sari foto by www.kembangwisata.com

Candi Sari ~ Candi sari merupakan candi budha yang dibangun pada abad VIII. Candi ini termasuk salah satu candi cantik karena memiliki bangunan yang megah dengan relief relief rumit yang filosofis.

Candi yang memiliki 9 stupa ini pada masanya digunakan sebagai vihara bagi para biksu untuk belajar. Dibawah ruang setiap stupa terdapat ruang meditasi bagi para biksu.

Candi ini berukuran cukup besar yaitu 17 x 10 meter. Sehingga sangat cocok untuk menjadi latar foto bagi anda yang menyukai fotografi.

Alamat Candi Sari Yogyakarta

Lokasi: Desa Bendan, Tirtamartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Sari Jogja

Rp. 5.000/orang

10. Wisata Candi Barong Jogja

Candi Barong Jogja
Candi Barong foto by www.jejakpiknik.com

Candi Barong ~ Candi barong merupakan candi hindu yang dibangun pada abad IX, pada setiap bagian candi ada hiasan raksasa berbentuk barong yang menjadikan nama candi. Barong dalam mitologi hindu dipercaya sebagai makhluk penjaga kesucian bangunan.

Di area tertinggi candi barong terdapat patung dewa wisnu dan dewi laksmi, area tersebut disakralkan oleh masyarakat. Candi ini berada di Desa Candisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi Barong merupakan peninggalan Kerajaan Medang bercorak Hindu. Candi ini dahulu merupakan tempat pemujaan Dewa Wisnu dan istrinya Laksmi yang dikenal sebagai Dewi kemakmuran pertanian.

Alamat Candi Barong Yogyakarta

Lokasi: Desa Candisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Barong Jogja

Rp. 5.000/orang

11. Wisata Candi Gebang Jogja

Candi Gebang Jogja
Candi Gebang foto by www.tribunnews.com

Candi Gebang ~ Candi gebang berada di Desa Gebang, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Candi ini terpisah jauh dengan candi lainnya yang umumnya berada di Kalasan dan Prambanan, candi gebang berada pada 11 km dari pusat kota.

Candi gebang berbentuk relatif kecil dibanding candi lainnya dengan pekarangan yan luas. Namun candi ini memiliki panorama kebun yang asri dan terjaga dengan penataan taman yang indah disekitar candi.

Penemuan candi hindu ini berawal dari ditemukannya patung Ganesha oleh penduduk setempat. Candi ini mempunyai puncak yang berbentuk lingga setinggi 8 meter.

Alamat Candi Gebang Yogyakarta

Lokasi: Desa Gebang, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Gebang Jogja

Rp. 5.000/orang

12. Wisata Candi Kedulan Jogja

Candi Kedulan Jogja
Candi Kedulan foto by www.konfrontasi.com

Candi Kedulan ~ Candi kedulan berada di desa Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Di dekat arca agastya terdapat 2 buah prasasti yang bertuliskan huruf palawa dan berbahasa sansekerta. Kedua prasasti tersebut adalah prasasti pananggaran dan prasasti sumundul yang dibuat tahun 791 M.

Candi kedulan ini merupakan peninggalan kerajaan mataram hindu yang masih terus dilakukan penggalian disekitarnya.

Alamat Candi Kedulan Yogyakarta

Lokasi: Dusun Kedulan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Kedulan Jogja

Rp. 10.000/orang

13. Wisata Candi Borobudur Jogja

Candi Borobudur
Candi Borobudur foto by www.tribunjateng.com

Candi Borobudur ~ Candi Borobudur merupakan candi budha, oleh UNESCO disebut sebagai komplek stupa termegah dan terbesar di dunia. Candi ini berada di Magelang, Jawa Tengah.

Candi ini memiliki relief terbesar dan terlengkap di dunia yang terbagi menjadi 4 kisah antara lain karmawibangga, lalita wistara, jataka dan awanda gandawyuda.

Pengunjung dapat menikmati sunset dan sunrise secara apik saat menaiki bangunan hingga puncak, juga akan terlihat jelas panorama gunung sindoro, sumbing, merapi dan pegunungan menoreh.

Alamat Candi Borobudur Jogja

Lokasi: Jalan Bardawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Borobudur Jogja

Rp. 30.000 (dewasa), Rp. 12.000 (anak dan pelajar), USD 20 (Mancanegara)

14. Wisata Candi Mendut Jogja

Candi Mendut Jogja
Candi Mendut foto by instagram/iqbalogia

Candi Mendut ~ Candi mendut merupakan candi budha yang usianya lebih tua dari candi borobudur. Candi ini berada di desa mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Di dalam candi mendut terdapat ruangan yang luas berisi 3 buah arca budha yaitu arca sakyamuni, arca bodhisattva avalokiteswara, dan arca maiitreya yang masing masing arca memiliki keistimewaan dan cerita tersendiri.

Alamat Candi Mendut Yogyakarta

Lokasi: Jalan Magelang, Sumberejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

Tiket Masuk Candi Mendut Jogja

Rp.10.000/orang

15. Wisata Candi Pawon Jogja

Candi Pawon Jogja
Candi Pawon foto by www.wisatane.com

Candi Pawon ~ Candi pawon berada di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dari seni bangunannya candi ini merupakan penggabungan dari seni hindu jawa kuno dan india.

Setiap bagian pada candi ini dihiasi dengan stupa dan dinding luar dihiasi relief pohon kalpataru yang diapit oleh makhluk berkepala manusia berbadan burung.

Batu candi ini memiliki tinggi 1,5 meter berdenah segi empat, tepinya berliku liku membentuk 20 sudut. Dinding batu dihiasi pahatan dengan berbagai motif, seperti bunga dan suluran. Bentuk candi Budha ini lebih ramping dari candi budha lainnya.

Alamat Candi Pawon Yogyakarta

Lokasi: Brojolan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Peta: Klik Disini

Tiket Masuk Candi Pawon Jogja

Rp. 10.000/orang

“Baca Juga: Wisata Kebudayaan Kota Yogyakarta

Demikian ulasan dari tim Jogja day mengenai wisata candi indah yang ada di Yogyakarta. Kota Jogja terkenal sebagai kota kebudayaan juga kota sejarah yang menyimpan banyak sekali ragam wahana wisatanya. Salah satu wisata sejarah yang ada di kota Jogja adalah candi, berikut ini adalah 15 wisata candi yang indah dan megah yang ada di Yogyakarta. Maka jika kamu sedang berada di Jogja, wisata candi berikut ini dapat menjadi alternatif buat kamu untuk liburan di Kota sejarah, Yogyakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!