18 Wisata Air Terjun Di Jogja Paling Terkenal, Bagus dan Instagramable

Jika libur sudah di depan mata, saatnya kamu menapaki kaki mengunjungi wisata air Jogja, untuk melepas penat kerja. Tak melulu ke tempat hiburan, malioboro, dan alun alun. Berwisata Air Terjun Jogja tentu dapat menjadi alternatif liburanmu. Panorama alam yang unik dan fenomenal akan kamu dapatkan disini.

Wisata Air Terjun Di Yogyakarta ini tersebar di seluruh wilayah mulai dari Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul hingga Magelang. Air Terjun Jogja ini biasanya terletak di tempat tersembunyi, meski begitu wisata air ini memiliki panorama yang luar biasa dan cocok untuk bermain air atau sekedar berfoto ria dengan latar belakang air terjun yang indah.

Tak perlu khawatir untuk memilih wisata air terjun mana saja di Jogja. Berikut ini adalah 31 Wisata Air Terjun di Jogja dan Magelang yang bisa Anda datangi sebagai tujuan berlibur dan tadabur alam. Semua spotnya dijamin indah dan instagramable.

“Baca Juga: 48 Wisata Pantai Jogja Paling Indah, Terkenal, & Wajib Kamu Kunjungi

Baiklah tak perlu berlama-lama tin Jogja Day akan segera sampaikan, Berikut daftar lengkap 31 Wisata Air Terjun di Jogja yang Instagrammable dan hits di tahun 2019, simak sampai habis yaa!

1. Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul Jogja

Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul Jogja
Air Terjun Luweng Sampang foto by instagram.com/warawiriindonesia

Air terjun yang unik ini merupakan batuan karst yang eksotis membentuk seperti hewan luwing. Kamu dapat berwisata disini bersama teman dan menikmati keindahan air terjun dengan berenang atau sekedar berfoto dan menikmati suasana alam di Gunungkidul.

Tapi perlu hati hati jika ingin bermain air disini karena air terjun Luweng memiliki air yang cukup dalam.

Alamat Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul berada di Jalan Juminahan, Sampang, Mongkrong, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

2. Air Terjun Seloprojo / Air Terjun Sumuran Magelang

Air Terjun Seloprojo
Air Terjun Seloprojo foto by instagram.com/navy_pattiruhu

Wisata air terjun yang dapat kamu singgahi untuk melepas penat adalah air terjun seloprojo atau air terjun sumuran, air terjun ini berada di Magelang. Wisatawan yang berkunjung kesini masih tergolong sedikit, sehingga kamu bisa dengan bebas berenang dan bermain air.

Air terjun seloprojo cukup terawat dan kamu dapat bermain air disini karena tempatnya cukup dangkal.

Alamat Air Terjun Seloprojo Magelang berada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Peta: Klik Disini

3. Air Terjun Kedung Ingas Kulonprogo

Air Terjun Kedung Ingas
Air Terjun Kedung Ingas foto by instagramcom/agriaryoko

Bagi kamu yang menyukai wisata alam yang jauh dari kebisingan kota. Maka air terjun kedung ingas dapat menajdi alternatif liburan kamu. Disini kamu dapat dengan tenang mengeksplore dan bermain air sesukamu. Tentunya dengan kawasan yang masih sepi kamu juga bisa menenangkan diri.

Namun kamu harus selalu berhati hati karena tempatnya yang masih rimbun pepohonan, dan banyak hewan liar disana.

Alamat Air Terjun Kedung Ingas Kulonprogo berada di Kwarakan, Senden, Sidorejo, Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

“Baca Juga: 47 Wisata Museum Di Jogja Terkenal, Unik & Wajib Di Kunjungi

4. Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul Jogja

Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang foto by instagramcom/ayodolan

Wisata Air Terjun di Jogja selanjutnya berada di persawahan penduduk, namanya Air Terjun Kedung Kandang menjadi salah satu pemandangan yang unik dan keren.

Air terjun ini terdiri dari 6 tingkatan berundak, dengan suasana hijau persawahan menjadikan suasana asri dan sejuk dimata. Lokasinya cukup tersembunyi dan kamu harus siap berjalan menyusuri area persawahan untuk sampai disini.

Spot foto di air terjun ini cukup banyak dan bisa menjadi latar belakang foto instagrammu yang keren.

Alamat Air Terjun Kedung Kandang Gunugkidul Jogja berada di Desa Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

5. Air Terjun Sekar Langit Magelang

Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit foto by instagram.com/albertdpry

Bagi kamu yang menyukai petualangan dan explore tempat wisata alam tersembunyi, maka wajib untuk singgah ke air terjun sekar langit Kulonprogo ini. Meskipun musim kemarau air terjun ini tak pernah kering dan surut, konon wisata air terjun ini pernah disinggahi Jaka Tarub legenda mitos yang terkenal.

Jika kamu berwisata ke Air terjun sekar langit tetap harus berhati hati karena, air terjun ini banyak pepohonan dan hewan liarnya.

Alamat Air Terjun Sekar Langit Magelang berada di Area Kebun/Hutan, Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Peta: Klik Disini

6. Air Terjun Grojokan Lepo Bantul Jogja

Air Terjun Grojogan Lepo Bantul Jogja
Air Terjun Grojokan Lepo foto by instagram.com/jogja_trip_travel

Wisata air terjun yang unik dan bisa kamu kunjungi adalah air terjun ledok pokoh. Airnya yang jernih dengan pemandangan pohon yang alami maka kamu akan mendapatkan suasana segar dan sejuk.

Tempat wisata air terjun Lepo ini dapat menjadi pelepas lelah saat weekend tiba. Kamu dapat menikmati wisata air ini dengan bersantai di ban atau berenang di kolam terjunnya. Wah pastinya seru dan instagramable.

Alamat Air Terjun Grojogan Lepo berada di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

7. Air Terjun Grojokan Pucung Bantul Jogja

Air Terjun Grojogan Pucung Bantul Jogja
Air Terjun Grojokan Pucung foto by instagram.com/gunawanjir

Wisata air terjun unik dan masih alami ini bernama grojokan pucung. Keunikan dari air terjun yang ada di Bantul ini adalah ketinggiannya hingga 10 meter.

Bagi kamu yang menyukai wisata alam air terjun maka destinasi air tejun pucung ini dapat menjadi pilihan.

Air terjun Pucung ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, sehingga sangat indah dan kamu bisa menikmatinya dengan bermain air dibawahnya.

Alamat Air Terjun Grojokan Pucung berada di Desa Ngledok, Kalipakem, Seloharjo, Pundong, Kabupaten Bantul, daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

8. Air Terjun Grojokan Sewu Kulonprogo

Air Terjun Grojokan Sewu Kulonprogo
Air Terjun Grojokan Sewu foto by instagramcom/jogjaday

Wisata air terjun grojokan sewu yang ada di Kulonprogo ini memiliki beberapa tingkatan dengan keunikan kemiringan 90 derajat sedemikian rupa. Pada bagian atas bisa digunakan untuk mandi.

Dengan suasana yang masih sangat alami, wisata air terjun Grojokan Sewu cocok digunakan untuk menenangkan diri dan juga bermain air.

Alamat Air Terjun Grojokan Sewu berada di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

9. Air Terjun Parang Endog Gunungkidul Jogja

Pantai Parangendog Jogja
Air Terjun Parang Endog foto by instagramcom/fitritax05

Air terjun yang berada di Pantai Parangendog ini memiliki keunikan tersendiri, lokasinya yang berada di bibir pantai menyebabkan air tawar yang mengalir langsung ke laut, dan langsung bercampur dengan air laut.

Air terjun ini akan deras saat musim hujan, namun jika sedang musim panas air terjun ini sedikit air yang mengalir, sehingga sering disebut juga air terjun dadakan.

Alamat Air Terjun Parang Endog berada di Desa Parangreja, Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

10. Air Terjun Kedung Tolok Bantul Jogja

Air Terjun Kedung Tolok Bantul Jogja
Air Terjun Kedung Tolok foto by instagramcom/wisata_bantul

Air terjun di Bantul ini bernama air tejun kedung tolok. Di air terjun ini kamu bisa mandi dan bermain air. Kedung Tolok memiliki aliran air yang cukup deras dan banyak sehingga membentuk kolam kolam yang bisa digunakan untuk bermain air.

Berbentuk undakan undakan air terjun utama memiliki ketinggian 15 meter, dengan kemiringan tebing sekitar 60 derajat. Sehingga cocok juga untuk hunting foto.

Air Terjun Kedung Tolok juga bisa kamu nikmati dengan bermain air. Airnya yang jernih akan membuatmu betah untuk berlama lama disini, didukung dengan udara yang segar dan sejuk alami.

Air Terjun Kedung Tolok terletak di Desa Selopamioro, Siuk, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

11. Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Air Terjun Seribu Batu Jogja
Air Terjun Seribu Batu foto by instagramcom/robins_gm_photography

Keunikan air terjun seribu batu imogiri adalah adanya banyak batu yang ada di sekitar wisata air terjun ini. Konon air terjun ini bersumber dari daerah makam raja raja di Imogiri Bantul.

Pengembangan wisata curug seribu batu ini didukung oleh warga sekitar dan dikembangkan menjadi tempat wisata baru. Kamu bisa menikmati wisata air terjun seribu batu dengan bermain air atu mengambil spot foto disini.

Alamat Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Desa Cengkehan, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

12. Air Terjun Talang Purba Gunungkidul Jogja

Air Terjun Talang Purba Gunungkidul Jogja
Air Terjun Talang Purba foto by instagramcom/pegi_pegi

Air terjun talang purba merupakan wisata baru yang menjadi destinasi di wilayah kawasan gunung purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.

Wisata air terjun ini menjadi populer karena airnya yang jernih mengalir di bebatuan purba. Jika kamu ingin explore wisata alam maka air terjun ini dapat menjadi destinasi wisata keren di Jogja.

Air Terjun Talang Purba berada di Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

13. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soko
Air Terjun Kembang Soka foto by instagramcom/rerezprasetyo

Wisata baru di Kulonprogo terus bertambah seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang. Salah satunya air terjun kembang soka atau disebut curug mbang soka.

Air terjun ini dikembangkan oleh warga sekitar menjadi destinasi yang unik dan nyaman untuk dikunjungi, kamu bisa bermain air, menikmati alam dan berfoto ria disini.

Air Terjun Kembang Soko telah di kelola oleh warga setikar dengan sedemikian rupa sehingga wisatawan cukup nyaman untuk berada disini dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti warung makan, jembatan kayu dan spot foto menarik.

Alamat Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo

Padukuhan Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Peta: Klik Disini

14. Air Terjun Goa Kebon Kulonprogo

Air Terjun Goa Kebon Kulonprogo
Air Terjun Goa Kebon foto by instagramcom/widy_togetherpoulllephel

Wisata air terjun unik dan fenomenal ini bernama air terjun goa kebon. Air terjun di kulonprogo ini berbentuk seperti tirai yang berupa batuan.

Batuan berupa stalagtit goa yang dialiri air ini menjadi fenomena langka dan unik yang ada di Kulonprogo. Dengan banyaknya wisatawan yang berfoto di goa kebon ini menjadikan wisata ini menjadi hits dan populer di Jogja.

Air Terjun Goa Kebun berada di Desa Dukuh VII, Krembangan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

15. Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Jogja
Air Terjun Sri Gethuk foto by instagramcom/wonderfuljogja

Destinasi wisata air terjun yang populer di Gunungkidul ini bernama air terjun sri gethuk. Disini kamu bisa bermain air, berenang, juga naik perahu.

Disediakan tempat untuk outbound di area air terjun sri gethuk juga. Wisata alam yang masih asri ini memiliki air yang jernih dan segar. Wisata air terjun sri gethuk yang tak pernah kering menjadi salah satu wisata populer di Gunungkidul Jogja.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap do Air Terjun Sri Gethuk, menjadikan wisata ini selalu ramai pengunung lokal maupun mancanegara.

Air Terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

16. Air Terjun Delimas Magelang

Air Terjun Curug Delimas Kulonprogo
Air Terjun Delimas foto by instagramcom/gardupandang_curugdelimas

Wisata air terjun yang ramai dikunjungi wisatawan ini bernama air terjun delimas Magelang. Wisata air terjun ini menarik dan menjadi alternative wisata alam untuk mengusir penat kamu bekerja.

Air terjun delimas memiliki tiga aliran yang berdekatan menjadikannya unik dan fenomenal di wisata Magelang. Ketinggian air terjun ini adalah 15 meter, sehingga nampak begitu epic dan keren saat difoto.

Air Terjun Delimas berada di Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Dampit, Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Peta: Klik Disini

17. Curug Silawe Magelang

Air Terjun Curug Slawe Magelang
Curug Silawe foto by instagram.com/magelanghitzs

Wisata air terjun di Magelang yang memiliki aliran deras dan tinggi ini bernama air tejun silawe. Dengan tinggi aliran air mencapai 50 meter menjadikannya salah satu destinasi wisata unik dan populer.

Berada di area pegunungan, wisata air terjun silawe memiliki air yang nampak bersih dan segar. Sehingga bisa kamu jadikan tempat bermain air. Namun tetap harus berhati hati karena banyaknya pepohonan yang rindang dan hewan liarnya.

Alamat Curug Silawe Magelang

Area Sawah, Sutopati, Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Peta: Klik Disini

18. Curug Banyunibo Bantul Jogja

Air Terjun Curug Banyunibo
Curug Banyunibo foto by instagramcom/curugbanyunibo

Air terjun banyunibo merupakan wisata alam yang ada di Bantul, Jogja. Wisata alam ini dekat dengan desa wisata krebet Bantul.

Dengan air yang jernih dan segar juga fenomena alam sekitar yang asri menjadikan curug banyunibo menjadi destinasi baru yang mulai dikunjungi wisatawan.

Curug Banyunibo berada di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta: Klik Disini

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Kulonprogo Yogyakarta Terkenal, Enak & Legendaris

Demikian artikel tentang 18 Wisata Air Terjun di Jogja Dan Magelang Yang Instagramabel dan hits 2021. Air terjun Jogja ini dapat menjadi alternatif wisata alam kamu dan tentunya layak untuk dijelajahi. Wisata air terjun inipun tak hanya wisatawan lokal saja namun turis luar negeri pun juga ramai mengunjunginya. Selain tempatnya yang sejuk wisata grojokan pun menjadi destinasi menarik untuk berfoto ria dan pastinya Instagramable.

Share This Post

Add a Comment

Your email address will not be published.

Welcome

Share Artikel Ya!