25 Wisata Surabaya Terkenal, Populer & Hits Wajib Dikunjungi

Wisata Surabaya ~ Surabaya menghadirkan banyak pilihan wisata yang bisa dijadikan pilihan. Kota Surabaya di Jawa Timur lebih banyak dikenal sebagai kota bisnis dan tidak begitu dikenal di jalur wisata seperti tempat-tempat lain di negara ini meskipun sebenarnya kota ini adalah yang terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Namun dibalik geliat bisnis di kota ini, ada banyak sejarah dari kota Surabaya yang menjadi salah satu bagian paling penting dari negara ini secara historis. Dengan latar belakang sejarah dan budaya dari kota Pahlawan ini tampaknya menjadikan kota ini memiliki berbagai atraksi dan spot wisata menarik yang bakalan membuat Anda layak menghabiskan waktu di sini jika Anda bepergian di ujung timur Pulau Jawa ini.

“Mengapa harus menghabiskan liburan Anda di Surabaya?”

Salah satu alasan utama untuk datang ke Surabaya adalah kesempatan untuk melihat sepotong kehidupan kota otentik di Indonesia yang jauh dari pusat wisata utama namun tetap bisa menghadirkan nuansa refreshing bagi Anda sekeluarga.

Selain kota bisnis, Surabaya juga merupakan kota pinggir pelabuhan sehingga Anda dapat menikmati pemandangan tepi pantai dimana Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang tepi laut dan melihat ke seberang pulau Madura dimana terdapat jembatan terkenal yang menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura. Secara keseluruhan, Surabaya terkenal sebagai tujuan wisata di pasar domestik, tetapi sayangnya pasar internasional belum menyusul meskipun ada banyak pesona kota ini. Mari kita jelajahi hal-hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Surabaya:

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Di Malang Terkenal, Populer & Wajib Dikunjungi

1. Mengunjungi Museum Pabrik Rokok House of Sampoerna Surabaya

sumber foto (instagram.com/@houseofsampoerna)
sumber foto (instagram.com/@houseofsampoerna)

Salah satu daya tarik utama tempat wisata di Surabaya adalah House of Sampoerna Cigarette Factory yang menghadirkan sebuah wisata sejarah akan kebesaran PT HM Sampoerna. Selain suasana pabrik di sini Anda juga bisa melihat museum yang berdekatan dan juga menikmati suasana santai di kedai kopi kecil yang menawan.

Sampoerna adalah merek rokok terkenal di Indonesia yang disebut rokok kretek yang terbuat dari campuran cengkeh. Di pabrik ini Anda dapat mempelajari sejarah merek dari beberapa produk rokok Sampoerna termasuk bagaimana rokok dibuat dan latar belakang bagaimana cengkeh dikatakan memiliki sifat obat di Indonesia.

House Of Sampoerna memiliki 4 bagian utama yakni auditorium, tempat produksi, tempat tinggal keluarga dan restoran. House Of Sampoerna juga memiliki fasilitas yang unik yakni keliling Surabaya gratis yang dinamakan Surabaya Heritage Track. Para wisatawan bisa naik bus keliling tersebut yakni pukul 9-10 pagi, 1-2 siang dan 3-4 sore. Harga Tiket Masuk House Of Sampoerna adalah gratis. Pengunjung hanya diminta menunjukkan KTP saja.

Lokasi House Of Sampoerna ini berada di jalan taman sampoerna nomor 6, Krembangan, Pabean cantikan, Surabaya.

Peta: Klik Disini

2. Tur ke Monumen Kapal Selam Di Surabaya

sumber foto (instagram.com/@monumenkapalselamsurabaya)

Anda mungkin tidak membayangkan bahwa Anda akan menemukan kapal selam Rusia di Surabaya, tetapi inilah yang sedang dipamerkan di wisata Monumen Kapal Selam. Kapal selam ini digunakan oleh angkatan laut Indonesia sampai dinonaktifkan pada tahun 1990 dan kemudian didirikan sebagai museum di tengah kota Surabaya.

Dengan mengunjungi monumen kapal selam ini, Anda sekarang dapat naik kapal dan melakukan tur kapal selam layaknya Anda mengarungi samudera yang luas dan merupakan cara yang bagus untuk mempelajari beberapa peninggalan sejarah angkatan laut Indonesia.

Monumen Kapal Selam adalah kapal selam asli dengan nama Pasopati dengan kode lambung 410 yang telah di museumkan. Monumen Kapal Selam terletak di jantung kota Surabaya yakni di Jalan Pemuda Surabaya sebelahan persis dengan Kalimas Surabaya. Dengan tiket masuk Rp.15.000 Anda sudah bisa menikmati bagian dalam kapal selam seperti mesin, pelontar senjata, tempat tidur komandan, tempat tidur abk, dan bagian-bagian lainnya. Terdapat juga video pada pukul 09.00, 10.00, 11.00 dan seterusnya selama15 menit yang berkisah tentang sejarah kapal selam. Monumen kapal selam dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 17.00.

Koordinat: Klik Disini

3. Wisata Jalan Kaki di Sekitar Chinatown (Pecinan Surabaya)

sumber foto (instagram.com/@pecinansurabaya)

Kota-kota di Indonesia saking rame dan padatnya seringkali sulit dinikmati dengan berjalan kaki, jadi jika Anda mendapatkan kesempatan untuk itu, jangan sampai disia-siakan. Jika ada di Surabaya, pastikan untuk pergi ke daerah Chinatown Surabaya yang cocok untuk berjalan-jalan sore.

Kawasan Utara Surabaya ini makin ramai berkat masuknya restoran dan toko milik Cina di daerah tersebut dan Anda masih dapat menemukan kekayaan arsitektur lokal di sini sepanjang jalan yang mengarah dari jalan utama yang disebut Jalan Karet. Pecinan Surabaya ini berlokasi di Jalan Kembang Jepun, Bongkaran, Pabean Cantian, Kota Surabaya dan buka selama 24 jam. Biaya masuk ke lokasi ini adalah gratis, Anda tinggal membayar saja atas apa yang Anda beli disana langsung ke resto atau toko disana.

Kawasan perkampungan China ini berbatasan dengan perkampungan Arab dan Melayu. Dengan panjang jalan mencapai 730 meter dan lebar sekitar 20 meter, wisatawan bisa menikmati berbagai kuliner yang dijual oleh sekitar 200 pedagang untuk melayani sekitar 2.000 pengunjung dan pembeli. Wisatawan juga bisa menikmati sajian budaya berupa musik jazz, pop, dangdut, hingga pentas musik tradisional.

Peta: Klik Disini

4. Wisata Air di Ciputra Waterpark Surabaya

sumber foto (instagram.com/@ciputrawaterpark)

Jika Anda ingin mendinginkan diri di Surabaya maka pertimbangkanlah untuk berwisata ke Taman Air Ciputra Surabaya yang merupakan tempat yang tepat untuk bersenang-senang, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak. Taman ini merupakan bagian dari kompleks hiburan CitraLand yang lebih luas dan Anda dapat menikmati atraksi seperti kolam ombak, seluncuran, dan area bermain yang lebih kecil untuk anak-anak. Taman ini buka mulai dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam setiap hari dan menjadi sangat sibuk di akhir pekan jadi pastikan untuk merencanakannya.

Kawasan wisata air seluas 5 hektar ini akan  menawarkan beragam aktivitas dan atraksi menarik yang tentu saja paling spektakuler karena waterpark ini mengklaim sebagai water atraction terbesar Indonesia.

Ciputra Waterpark Surabaya bisa dinikmati dengan Harga Tiket: Rp110.000 – Rp130.000 Jam Buka: Weekday : 13:00 – 18:30, Weekend : 09:00 – 19:00 dan berlokasi di Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, , Sambikerep, Surabaya.

Koordinat: Klik Disini

5. Wisata Kuliner di G-Walk Surabaya

sumber foto (instagram.com/@gwalkcitraland)

G-Walk adalah bagian dari CitraLand di sebelah Barat Kota Surabaya. Bagi penggemar wisata kuliner, G-Walk ini adalah tempat terbaik dan terlengkap dimana Anda bisa mencoba beberapa makanan terbaik di kota ini. Berlokasi di Ruko Taman Gapura, Jl. Niaga Gapura No.14, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, Anda bisa mendapatkan berbagai menu favorit dengan harga bervariasi, mulai dari Rp. 30 ribu, 50 ribu hingga 100 ribu per porsinya.

Ada banyak kedai makanan di sini termasuk juga pasar malam dan ada juga restoran kelas atas yang mengapit di salah satu sisi jalan setapak.

Kalangan milenial hingga yang sudah usia senjapun khususnya di sesi week end, banyak yang menghabiskan waktu disana, menikmati banyak pilihan Indonesian food, Chinese food, Western, Japanese, semuanya lengkap. Beberapa resto favorit seperti  Seblak Jeletot Mpok Adek, Sate Taichan Nyot-Nyot, Dream of Kahyangan Art Resto, Tteokbokki Queen  dan Terang Bulan Volcano bakalan memanjakan lidah Anda.

Peta: Klik Disini

6. Nikmati Teh Sore di Hotel Majapahit Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@hotelmajapahit)

Hotel Majapahit adalah salah satu landmark tua paling terkenal di Surabaya dan dibangun pada tahun 1910. Hotel ini dibangun dengan gaya kolonial dan dikelilingi oleh taman-taman indah yang menakjubkan dan Anda dapat datang ke sini untuk minum teh dalam suasana klasik kota tua. Nunasa bersejarah masih tampak kental di hotel tersebut. Saat perjuangan 10 Nopember, Hotel Majapahit (dulunya bernama Hotel Yamato) merupakan saksi sejarah patriotisme arek surabaya dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan. Kini, Anda bisa menikmati wisata sejarah tersebut sambil menikmati high tea klasik yang sekaligus menyajikan sedikit sandwich, kue, dan makanan ringan lainnya.

Tidak ada biaya masuk alias gratis masuk ke hotel dan resto disini. Anda tinggal bayar saja menu apa yang Anda makan. Teh disajikan mulai jam 12 siang hingga 6 sore dan dengan budjet 100 ribuan saja Anda sudah bisa mendapatkan salah satu pengalaman bersantap kelas atas terbaik di Surabaya. Hotel Majapahit ini beralamat di Jalan Tunjungan No.65, Genteng, Surabaya.

Koordinat: Klik Disini

7. Jalan Jalan Di Taman Bungkul Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@tamanbungkul)

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam berupa taman yang asri di Surabaya maka pergilah ke Taman Bungkul yang merupakan salah satu dari beberapa titik hijau di kota ini. Taman ini layaknya sebuah ucapan selamat datang atas hiruk pikuknya pengendara lalu lintas yang padat. Di Taman Bungkul ini, Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati flora dan fauna setempat.

Taman Bungkul terbuka untuk umum selama 24 jam dan akan semakin ramai di malam hari ketika pasangan asmara banyak dijumpai disana saling memadu kasih menikmati suasana asri malam hari di Kota Surabaya. Jadi, jika Anda tak suka suasana yang terlalu padat, Anda bisa datang mulai sore hari. Taman Bungkul beralamat di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tidak ada biaya atau tiket masuk kedalamnya.

Peta: Klik Disini

 8. Lihatlah Megahnya Jembatan Nasional Suramadu

Sumber foto (instagram.com/@jembatansuramadu)

Jembatan Nasional Suramadu adalah salah satu yang terpanjang di Indonesia bahkan di banyak bagian lain dunia yang membentang antara Surabaya dan pulau tetangga Madura (Anda bisa masuk ke jembatan ini dengan akses paling mudah melalui Jl. Ir. Soekarno, Raya MERR, Surabaya). Jika Anda berjalan di sepanjang tepi laut di kota Surabaya, maka Anda akan dapat menikmati keagungan jembatan tersebut. Salah satu waktu terbaik untuk datang ke sini adalah setelah gelap ketika jembatan diterangi dengan berbagai lampu warna-warni. Jembatan ini terbuka dan bisa dilewati 24 jam serta tidak ada biaya untuk melewatinya. Anda bisa berwisata di pinggir jembatan sambil menikmati suasana laut dari ujung jembatan, baik dari sisi Surabaya maupun Bangkalan Madura.

Koordinat: Klik Disini

9. Kunjungi Wisata Religi Di Masjid Cheng Hoo Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@masjidchenghoo)

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa Surabaya memiliki populasi Cina yang besar yang awalnya datang ke sini sebagai pedagang dan kemudian menetap di daerah tersebut. Adalah Masjid Cheng Hoo menjadi salah satu situs keagamaan utama bagi orang Indonesia Tionghoa di Surabaya yang masuk Islam tetapi masih mempertahankan banyak warisan mereka. Masjid Cheng Hoo ini bisa menempati tempat teratas untuk dikunjungi jika Anda ingin melihat beberapa peninggalan akulturasi budaya secara langsung. Pastikan untuk memeriksa dekorasi merah, kuning, dan hijau yang jelas di seluruh masjid serta pagoda tradisional yang merupakan perpaduan antara ukiran naga dan singa. Masjid Cheng Hoo beralamat di Jl. Gading No.2, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tidak ada biaya masuk ke dalam masjid ini.

Peta: Klik Disini

10. Kunjungi Wisata Reliji Bersejarah Di Klenteng Sanggar Agung Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@klentengsanggaragung)

Klenteng Sanggar Agung adalah kuil Cina paling terkenal di kota Surabaya yang merupakan tempat ziarah oleh mereka yang mengikuti keyakinan Tridharma. Jika Anda ingin melihat sisi berbeda dari keragaman agama di kota ini, maka klenteng ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Kuil ini terletak di posisi strategis yang menghadap ke air dan Anda akan menemukan dupa aromatik dan lilin merah menyala di seluruh kuil dan halaman yang berdekatan. Kelntng ini beralamat di Jl. Sukolilo No. 100, Kota Surabaya, Jawa Timur 60122. Tiket masuk Rp.10.000 utuk mobil dan Rp.5.000 untuk motor.

Koordinat: Klik Disini

11. Lihatlah Kemegahan Masjid Al Akbar Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@masjidalakbar)

Masjid Al Akbar Surabaya adalah kompleks masjid terbesar yang layak dikunjungi karena merupakan salah satu tempat ibadah terbesar dengan pemandangan yang asri dan luas. Masjid ini sebenarnya memiliki menara sendiri yang memiliki lift internal dan Anda dapat naik sampai ke puncak menara yang terletak 65 meter di atas kota. Seperti yang Anda bayangkan, pemandangan di sini sangat spektakuler dan Anda juga dapat melihat arsitektur Islam berornamen pada saat yang bersamaan. Pengunjung Non-Muslim juga dipersilakan untuk mengunjungi masjid asalkan mereka berpakaian sopan. Masjid Al Akbar beralamat di Jl. Masjid Al-Akbar Utara No.1, Pagesangan, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60274. Tidak ada biaya masuk ke masjid ini. 

Peta: Klik Disini

12. Wisata Kuliner Makan Malam di Ayam Penyet Bu Kris Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@ayampenyetbukris)

Wisata Kuliner Ayam Penyet Bu Kris merupakan salah satu tujuan banyak pelancong ke Surabaya. Surabaya terkenal dengan ayam penyet yang merupakan hidangan ayam goreng yang ditumbuk sebelum dimasak untuk membuatnya sangat empuk. Ayam Penyet Bu Kris sangat terkenal di kota Surabaya karena dilengkapi dengan saus sambal tradisional dari cabai yang dihancurkan dengan bawang putih. Salah satu hal yang unik dari warung ini adalah Anda dapat menyesuaikan saus dan memilih versi yang kurang pedas termasuk jika Anda lebih suka menu yang sedikit panas, Anda tinggal sampaikan saja ke palayan untuk menyesuaikan dengan tingkat selera Anda. Wisata Kuliner Makan Malam di Ayam Penyet Bu Kris beralamat di Ruko Villa Bukit, Mas, Jl. KH Abdul Wahab Siamin Surabaya Blok RO No.1, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya, dengan jam buka 10-22.00. Harga menu cukup terjangkau mulai dari 20 ribuan hingga 50 ribuan rupiah.

Koordinat: Klik Disini

13. Wisata Sejarah di Roode Brug Soerabaia (Jembatan Merah)

Sumber foto (instagram.com/@roodebrugsoerabaia)

Jembatan Merah Surabaya merupakan saksi sejarah perjuangan arek-arek Surabaya dalam pertempuran 10 Nopember mempertahankan kemerdekaan. Kini Jembatan Merah menjadi salah satu ikon Wisata Sejarah yang menarik untuk dikunjungi dengan menghadirkan beberapa souvenir khas Kota Surabaya. Jika Anda ingin mengambil beberapa oleh-oleh di Surabaya maka Anda harus menuju Roode Brug Soerabaia yang ada di Jalan Pucang Anom Timur. Di sini Anda akan menemukan berbagai memorabilia retro seperti t-shirt vintage, helm tentara Jepang dan Inggris kuno, dan bahkan model miniatur kapal selam Rusia yang terkenal di Surabaya. Toko ini seperti toko barang antik yang dipadukan dengan museum dan mereka juga melakukan wisata cagar budaya di sekitar kota yang beralamat di Jl. Pahlawan No.105, RT.004/RW.01, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60175. Buka jam 10-22.00 dengan harga souvenir mulai 10 ribuan hingga 100 ribuan.

Peta: Klik Disini

14. Kunjungi Monumen Nasional Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@monumennasionalsurabaya)

Tidak ada kunjungan ke Surabaya yang lengkap tanpa perjalanan ke Monumen Nasional Surabaya yang beralamat di Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya. Nama Surabaya berasal dari dua kata Sansekerta kuno, yaitu ‘sura’ yang berarti hiu dan ‘baya’ yang berarti buaya. Kedua hewan ini dikatakan mewakili perbedaan antara perang dan perdamaian dan di monumen nasional Anda akan menemukan dua patung hewan yang merupakan motif nasional kota ini. Ceritanya dulu adalah bahwa kota ini didirikan setelah pertempuran epik antara buaya dan hiu dan Anda akan menemukan gema lebih lanjut dari motif pertempuran ini di tempat lain di seluruh Surabaya. Tiket masuk monumen ini adalah Rp.5.000 dan dibuka mulai jam 7-15.00 untuk Selasa-Jum’at, sedangkan Sabtu-Minggu jam 7-12.00. Senin dan hari libur nasional tutup.

Koordinat: Klik Disini

15. Wisata Belanja Dan Makanan Di Pasar Atum Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@pasaratum)

Salah satu alasan utama mengapa orang datang ke Surabaya, khususnya wisatawan domestik, adalah untuk mencoba makanan lezat dan beli souvenir khas kota ini. Untuk mencoba beberapa hidangan kuliner yang terkenal di Surabaya Anda bisa menuju ke Pasar Atum dan salah satu restoran khususnya menonjol dalam bentuk Restoran Kartiko yang terkenal dengan makanan tradisionalnya. Makanan di sini murah dan menawarkan Anda rasa cepat dari beberapa rasa terbaik di kota seperti kari yang lezat dan berbagai makanan ringan manis dan gurih.

Selain itu meski mega-mal dan pusat perbelanjaan modern ada di setiap sudut Surabaya, tetapi Pasar Atom masih memiliki tempat khusus sepanjang sejarah kota. Didirikan pada tahun 1972, banyak penduduk lokal dan wisatawan masih lebih suka pasar ini untuk mendapatkan barang-barang murah dan buatan lokal, dari mode hingga elektronik. Pasar juga berfungsi sebagai pusat kuliner besar di mana wisatawan dapat mencicipi semua jenis permen tradisional, makanan ringan, dan makanan. Pasar Atom buka mulai dari jam 10:00 pagi – 5:00 sore dan beralamat di Jalan Bunguran, No.45, Kota Surabaya. Tidak ada biaya masuk ke pasar ini, Anda tinggal bayar saja apa yang Anda beli ke masing-masing toko.

Peta: Klik Disini

16. Tonton Pertandingan Di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@gelorabungtomo)

Orang Indonesia suka sepakbola dan bagi Anda penggemar bola saat ke Surabaya bisa berkunjung ke Stadion Gelora Bung Tomo yang merupakan rumah dari Persebaya Football Club. Gelora Bung Tomo Stadium ini dapat menampung hingga 50.000 penonton sekaligus dan jika Anda ingin melihat salah satu acara olahraga paling menarik di kota ini maka pastikan untuk menonton pertandingan ketika Anda berada di kota. Stadion Gelora Bung Tomo beralamat di Benowo, Pakal, Kota Surabaya, dimana jam buka menyesuaikan jam pertandingan sedangkan harga tiket masuk bervariasi mulai 30 ribuan hingga Rp.200.000.

Koordinat: Klik Disini

17. Berbelanja Di Pusat Perbelanjaan Surabaya Mal Galaxy

Mal Galaxy Surabaya @yohanawu

Penduduk setempat di Surabaya suka berbelanja dan ada banyak pusat perbelanjaan di kota ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Mal Galaxy yang memiliki lebih dari 400 toko yang berbeda serta bioskop dan supermarket. Salah satu alasan besar lainnya untuk datang ke sini adalah bahwa tidak hanya ada satu tetapi dua food court, yang salah satunya berfokus pada makanan Indonesia yang murah tapi lezat dan yang lainnya didedikasikan untuk restoran kelas atas yang terletak di area mal yang disebut Dining Town.

Harga menu disini bervariasi mulai dari 30 ribuan hingga 50 ribuan. Jam buka Mal Galaxy mulai jam 10 pagi hingga 22.00. Surabaya Mall galaxy beralamat di Jalan Dharmahusada Indah Timur No.35-37, Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60115.

Peta: Klik Disini

18. Masjid Ampel Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@masjidampel)

Masjid Ampel Surabaya dibangun oleh Raden Rahmatullah pada tahun 1421, berada di Jalan Ampel Surabaya, tepatnya di Jl. Petukangan I, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151. Para peziarah atau pengunjung akan disambut oleh para pedagang yang menjual berbagai perlengkapan untuk berdoa dan juga oleh-oleh seperti pakaian saleh, tasbih, kerudung, topi, parfum hingga kalender. Tidak ada biaya untuk masuk ke kawasan Masjid Ampel Surabaya ini.

Sebagai salah satu masjid tertua dan paling ramai di Surabaya, Masjid Ampel memiliki cerita khusus dengan ‘Sunan Ampel’, salah satu dari ‘Wali Songo’ yang memiliki pengaruh Islam yang luas di Pulau Jawa. Mausoleum Sunan Ampel terletak di gedung sebelah barat Masjid Ampel. Ketika pertama kali dibangun, masjid berukuran 45 mx 45 m ini dengan jumlah pilar yang terbuat dari kayu jati 16 buah masing-masing panjang 17 m tanpa ekstensi. Diameternya sekitar 60 cm. Jadi hal ini menjadi tanda tanya dan keistimewaan masjid ini dimana saat itu belum ada alat berat dan jumlah pria juga sedikit, bagaimana melakukan pembangunan masjid. Masjid ini buka 24 jam dan tidak ada biaya masuk kedalamnya.

Koordinat: Klik Disini

19. Suroboyo Carnival Park

Sumber foto (instagram.com/@suroboyocarnivalpark)

Suroboyo Carnival Park merupakan destinasi menarik untuk menghabiskan waktu keluarga saat di Surabaya. Taman karnaval Suroboyo ini memiliki banyak atraksi mulai dari roller coaster hingga taman sains yang mewah untuk anak-anak. Anda dapat menghabiskan waktu Anda menikmati atraksi yang berbeda atau makan makanan dari berbagai menu makanan yang tersedia. Biaya masuknya cukup terjangkau, dengan masuk ke banyak tempat wisata yang termasuk di dalamnya. Suroboyo Carnival Park beralamat: Jl Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya, dengan jam buka: Senin: LIBUR, Selasa-Kamis: 17.00-23.00 Jumat-Minggu: 16.00-23.00. Harga tiket masuk Rp.60.000-80.000.

Peta: Klik Disini

20. Pantai Ria Kenjeran Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@pantairiakenjeran)

Menghadapi daerah perkotaan yang luas dan dinamis seperti Surabaya, orang dapat dengan mudah merasa capek, lelah hingga stres. Untuk itu Anda butuh menikmati keindahan alam yang indah, yang tentunya tidak jauh dari kota agar hemat biaya. Sebagai kota pesisir, Surabaya memiliki pantai yang sangat indah, salah satunya Pantai Ria Kenjeran yang populer dan bisa dijangkau hanya setengah jam dari pusat kota. Selain pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah, area pantai juga memiliki berbagai hiburan, wahana, fasilitas, dan akomodasi. Pantai Ria Kenjeran, berlokasi di Sukolilo Baru, Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Jam buka mulai dari 6 pagi hingga 22.00 dengan harga tiket mulai dari Rp.15.000.

Koordinat: Klik Disini

21. Wisata Kapal Pesiar Artama III Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@kapalpesiararthama)

Surabaya adalah kota pelabuhan dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati kota pelabuha selain bermain di atas air dan berlayar di sekitar daerah tersebut dengan kapal pesiar. Salah satu kapal pesiar terbaik adalah Artama III yang berlokasi di Jl. Prapat Kurung Selatan No.58, Perak Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY. Anda membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk melakukan perjalanan di sekitar pelabuhan dan Anda akan diajak berkunjung sepanjang jalan di sepanjang tepi laut dan bahkan melewati di bawah Jembatan Suramadu yang ikonik. Jam buka Hari Selasa hingga Minggu pukul 11.00 – 21.00 WIB– Hari Senin Tutup, harga tiket Rp. 75.000-120.000.

Peta: Klik Disini

22. Mencoba Serunya Semangkuk Sup di Rawon Setan Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@rawonsetan)

Rawon Setan mungkin salah satu hidangan paling terkenal di Surabaya yang punya alamat di Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, dan pada dasarnya adalah sejenis sup yang sangat pedas yang bisa membuat Anda serasa mau pingsan. ‘Setan’ secara harfiah berarti ‘hantu yang menakutkan’ dalam bahasa Indonesia yang memberi tahu Anda tentang tingkat bumbu yang digunakan di sini memang sangatlah pedas. Tetapi restoran ini sangat populer sehingga buka 24 jam sehari dan selalu ramai dengan harga bervariasi mulai dari 20 ribu hingga 34 ribu per porsinya.

Koordinat: Klik Disini

 23. Nikmati Permainan Golf di Bukit Darmo Golf Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@bukitdarmogolf)

Banyak pengunjung ke Surabaya mungkin terkejut saat mengetahui bahwa kota ini sangat terobsesi dengan golf. Atas dasar itulah, saat ini ada sejumlah besar kursus golf yang bisa untuk dinikmati di sini termasuk Bukit Darmo Golf yang memiliki 18 lubang dan punya seharah panjang karena dirancang oleh Jack Nicklaus II. Bagi penggemar golf, alternatif lainnya adalah Yani Golf yang merupakan peninggalan bersejarah karena lapangan ini dibangun di atas bukit dan juga merupakan lokasi bersejarah yang dirancang Gubernur terakhir Belanda di Surabaya. Lokasi ini punya alamat di Jl. Bukit Darmo Golf No.2, Pradahkalikendal, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, jam buka 6 pagi-22.00 malam dengan membership fee mulai dari Rp.300.000.

Peta: Klik Disini

24. Berkunjung Ke Pulau Madura

Sumber foto (instagram.com/@pulaumadura)

Pulau Madura berjarak sekitar 4 jam dari Surabaya tetapi jangan sampai terlewatkan jika Anda berada di kota ini. Namun dengan adanya jembatan Suramadu, Pulau Madura bisa ditempuh hanya dengan 30 menit saja. Anda bisa menuju ke Pulau Madura melalui Jembatan Suramadu dari arah Jl.Ir.Soekarno raya MERR Surabaya. Jika Anda pergi lebih awal di pagi hari maka Anda dapat mengunjungi Madura sebagai bagian dari perjalanan harian Anda dan jika Anda pergi dari bulan Juli hingga Agustus maka Anda akan dapat mengikuti lomba balapan sapi yang menakjubkan di pulau ini. Balapan sapi mempertandingkan sapi yang berlari melalui sawah yang membuatnya tampak seolah-olah sedang meluncur di permukaan lumpur dan ini adalah salah satu tontonan paling unik di Indonesia. Tidak ada tiket untuk masuk jembatan Suramadu dan nonton karapan sapi.

Koordinat: Klik Disini

25. Kunjungi Gedung Grahadi Surabaya

Sumber foto (instagram.com/@gedunggrahadi)

Grahadi adalah rumah Gubernur Jawa Timur dan bangunannya berasal dari masa kolonial. Terletak dekat dengan Balai Pemuda yang berdekatan yang merupakan Aula Pemuda dan juga sebuah bangunan bersejarah di Surabaya dan Anda dapat menyaksikan pertunjukan tari tradisional yang disebut ‘Reog Dance’ di sini setiap hari Minggu pukul 8.30 pagi. Gedung Grahadi terletak di Jalan Gubernur Suryo No. 7 Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Tidak ada biaya tiket masuk ke Gedung ini.

Peta: Klik Disini

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Di Jepara Terkenal & Wajib Dikunjungi

JogjaDay.com ~ Surabaya merupakan kota Industri dan merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Meskipun terkenal sebagai kota bisnis, namun Surabaya juga memiliki wisata yang tak kalah keren dengan kota kota lainnya di Indonesia. 25 wisata Surabaya ini dapat menjadi alternatif liburanmu di kota sejarah ini.

Welcome

Share Artikel Ya!