20 Tempat Wisata Sidoarjo Terkenal, Keren & Wajib Dikunjungi

Sidoarjo merupakan salah satu kota berkembang yang ada di Provinsi Jawa Timur. Keberadaannya semakin dikenal banyak orang akibat kejadian lumpur Lapindo. Dan tak heran ini juga yang membuatnya mendapatkan julukan sebagai Kota Lumpur.

Meskipun dijuluki sebagai kota Lumpur, namun Kota Sidoarjo mempunyai potensi wisata yang cukup baik. Mungkin selama ini wisata di Kota Sidoarjo memang kurang begitu dikenal pihak luar. Namun siapa sangka jika kota Kabupaten ini mempunyai banyak sekali wisata-wisata keren yang tak kalah bagusnya dengan wisata populer di kota lainnya.

Kabupaten Sidoarjo mempunyai sejuta pesona menarik dan panorama alamnya yang begitu menakjubkan. Bahkan beberapa tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo ini masih belum begitu tereksplor, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keindahannya. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, wisata religi, dan spot-spot foto kekinian tersedia dengan lengkap dan patut untuk dicoba.

“Baca Juga: 31 Tempat Wisata Malang Terkenal & Hits 2019

1. Wisata Lumpur Lapindo Sidoarjo

Lumpur Lapindo Sidoarjo foto twitter.com/voaindonesia

Siapa sangka, bencana yang terjadi 11 tahun silam ini mulai memberikan hikmah yang indah. Salah satunya adalah munculnya potensi wisata dari lautan lumpur lapindo dan sekaligus menjadi salah satu hal yang membuat ekonomi masyakarakat setempat mulai kembali bergerak.

Jika kamu sedang berkunjung ke kota Sidoarjo, maka jangan lewatkan wisata yang pernah menggemparkan berita nasional ini. Kawasan Lumpur Lapindo kini disulap menjadi sebuah wisata unik dan menarik, yaitu wisata patung lumpur. Disini wisatawan bisa melihat beragam patung-patung unik yang dibentuk seperti orang yang sedang tenggelam di genangan lumpur.

Dan lebih menariknya lagi, kamu dapat mengunjungi wisata ini tanpa dikenakan biaya tiket masuk sedikitpun. Hanya, kamu perlu membayar untuk biaya parkir saja. Ditambah lagi tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi wisata ini. Sehingga anda bisa puas menikmati ini 24 jam non stop. Akan lebih baik jika kamu berkunjung saat sore hari, karena kamu bisa melihat pemandangan senja yang begitu menarik dan indah. yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata populer lainnya.

Lokasi Wisata: Jalan Raya Tanggulangin, Ketapang, Tanggulangin, Jatirejo, Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis

2. Pulau Sarinah Sidoarjo

Pulau Sarinah Sidoarjo instagram.com/ikkamaya

Tak begitu jauh dari wisata Lumpur Lapindo, kamu bisa mengunjungi Pulau Sarinah yang lokasinya berada di Desa Tlocor, Kec. Jabon, Sidoarjo. Uniknya, pulau cantik ini berada di tengah-tengah kolam lumpur. Hal ini dikarenakan pulau ini adalah hasil sedimentasi semburan Lumpur Lapindo yang telah terbentuk sejak beberapa tahun silam.

Semburan lumpur yang terjadi bertahun-tahun lalu kemudian membentuk endapan yang menjadi sebuah Pulau. Dan oleh masyarakat setempat, pulau ini dinamakan sebagai Pulau Sarinah. Dan kini berkat kerja keras dari masyarakat setempat, pulau dengan luas mencapai 80 hektar ini telah menjadi pulau yang hijau, asri dan rindang. Ini dikarenakan masyakarat setempat menanami pulau dengan pohon bakau serta tanaman hijau lainnya.

Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Sarinah ini dengan ikut paket wisata Bahari Tlocor. Paket wisata ini akan memulai rute dari Dermaga Tlocor dan dengan menggunakan perahu nelayan, wisatawan akan diajak menuju Pulau Sarinah. Sembari menikmati perjalanan dengan menyusuri sungai, kamu juga bisa melihat pemandangan hutan baau yang sangat asri. Keindahan serta keunikan Pulau ini bisa kamu nikmati kapanpun setiap harinya. Namun waktu terbaik jika ingin mengunjungi tempat ini adalah mulai pukul 05.00 hingga menjelang senja tiba.

Lokasi Wisata: Telocor,, Kupang, Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 150.000 – Rp 200.000 (Paket Wisata Bahari Tlocor)

3. Pantai Kepetingan Sidoarjo

Pantai Kepentingan Sidoarjo foto https://keepo.me/travel/7-wisata-di-sidoarjo-ini-indahnya-tidak-luntur-pasca-terendam-lumpur/

Siapa bilang jika Kota Sidoarjo tak memiliki wisata alam yang menarik?Jika kamu ingin menikmati suasana alam serasa menyusuri sungai pedalaman Kalimantan. Maka kamu bisa mengunjungi wisata Pantai Kepetingan, yang menjadi wisata pantai unggulan kota Sidoarjo. Kepetingan sendiri adalah sebuah dusun atau kampung yang lokasinya dikelilingi hutan bakau dan tambak. Karena tak memiliki tetangga dekat, Kampung ini terasa seperti daerah yang terpencil dan terisolasi di Kabupaten Sidoarjo.

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam serta pantainya yang cantik, namun disini kamu juga dapat menyaksikan wisata religi dan budaya yang masih sangat kental. Pada hari-hari tertentu, pantai ini dijadikan pusat kegiatan budaya dari masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Salah satunya yaitu Upacara Nyadran, ritual tahunan ini dilakukan sebagai bentuk wujud syukur atas limpahan rezeki yang diberikan. Biasanya dalam tradisi ini akan dilakukan larung saji dan sedekah laut menjelang bulan ramadhan.

Ritual dilanjutkan dengan ziarah bersama ke makam Putri Ayu Dewi Sekardadu, yang mana diyakini sebagai tempat sakral dan keramat di wilayah ini. Putri Ayu Dewi Sekardadu sendiri adalah putri Raja Blambangan dan juga ibu dari Sunan Giri. Jadi tak heran jika kawasan pemakaman ini menjadi salah satu wisata religi yang cukup banyak dikunjungi wisatawan di Jawa Timur.

Lokasi Wisata: Desa Sawohan, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 20.000

4. Candi Pari Sidoarjo

Candi Pari Sidoarjo foto twitter.com/suarasidoarjofm

Wisata sejarah di Sidoarjo ini lokasinya juga tak terlalu jauh dari Lumpur Lapindo. Candi Pari merupakan candi peninggalan dari Kerajaan Majapahit, tepatnya di zaman pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Hingga kini bangunan Candi ini masih berdiri kokoh dan megah dan menjadi salah satu wisata sejarah terbaik di Sidoarjo.

Dibandingkan dengan candi-candi peninggalan dari Kerajaan Majapahit lainnya, Candi Pari ini memang tampak berbeda. Jika dilihat secara detail, Bangunan Candi Pari adalah perpaduan antara pola Candi Champa di Thailand dan Candi Khamer di Birma.

Di kawasan Candi Pari, kamu bisa menikmati suasanan religi dari candi beragama Hindu ini. Dan selain itu banyak juga sejarah-sejarah penting dari Kerajaan Majapahit yang bisa dipelajari. Untuk Arca-arca yang dapat ditemukan disini antara lain adalah Arca Ganesha, Arca Mahadewa, dan Arca Argastya. Lokasinya tak begitu jauh dari kota Sidoarjo, hanya sekitar 15 km saja. sehingga  aksesnya sangat mudah. Candi Pari ini buka setiap harinya, mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Lokasi Wisata: Desa Candi Pari, Kecamatan Porong Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 3.000

5. Wisata Kali Porong Sidoarjo

Kali Porong Sidoarjo foto twitter.com/jalanwisata_id

Kali Porong tak hanya menjadi salah satu aliran sungai besar yang ada di Sidoarjo yang bermanfaat untuk aktivitas perairan warga setempat. Namun juga sudah ditetapkan menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo.

Tak seperti kali pada umumnya, namun Kali Porong ini menawarkan pemandangan yang berbeda. Kamu bisa melakukan banyak hal disini, mulai dari memancing hingga menyusuri aliran sungai dan kemudian berakhir di Pulau Sarinah.

Yang menyenangkan disini adalah, pesona matahari terbit dan terbenamnya yang sangat indah di kawasan Kali Porong ini. Pesonanya pun tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan pemandangan sunset dan sunrise di pantai-pantai ternama.

Kamu juga bisa menikmati wisata buaya yang ada di sekitaran kawasan ini. Tenang saja, wisata ini sangat aman dan tidak berbahaya karena ada banyak pawang buaya yang bersigap untuk mengamankan.

Lokasi Wisata: Kecamatan Jabon, Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis (Biaya tambahan Rp 10.000-Rp 20.000 jika berwisata menggunakan perahu)

6. Taman Abhirama Sidoarjo

Taman Abhirama Sidoarjo foto twitter.com/jalanwisata_id

Jika kamu mencari wisata terbaik untuk bersantai bersama keluarga di Sidoarjo? Maka Taman Abhirama bisa menjadi pilihan yang terbaik. Di kawasan Taman ini,kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana alamnya yang sangat asri dan rindang. Jadi meskipun berada di tengah kota, namun kawasan ini memiliki suasana yang sejuk.

Banyak gazebo-gazebo yang dibangun dan menajdi tempat untuk bersantai bersama keluarga maupun teman. Ditambah dengan kehadiran kolam-kolam ikan yang dilengkapi dengan air mancu, membuat kesan eksotis semakin terasa di taman ini.

Taman Abhirama ini juga memiliki berbagai macam patung-patung hewan menarik dan dapat dijadikan area bermain untuk anak-anak. Dan selain itu ada pula pesona rumah kaya yang cukup populer berada di taman ini. Dan menariknya adalah semua ini bisa dinikmati tanpa biaya. Taman Abhirama ini bisa dikunjungi kapanpun mulai pukul 06.00-18.00

Lokasi Wisata: Pagerwejo, Buduran, Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis

7. Delta Fishing Sidoarjo

Delta Fishing Sidoarjo foto www.instagram.com/andry_chuyu

Bagi kamu yang hobi memancing, jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata Delta Fishing yang berada di kawasan kabupaten Sidoarjo. Wisata ini tak hanya cocok dikunjungi bagi kamu yang gemar memancing saja, namun terdapat wahana wisata keluarga yang cukup lengkap disini. Jadi kamu bisa mengajak serta anggota keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

Saat memasuki kawasan wisata ini, kamu langsung akan disambut dengan kolam-kolam ikan yang tertata dengan baik. Kolam ikan yang ada disini dipisahkan berdasar jenis ikannya, mulai dari ikan patin, ikan bawal, ikan mujair, ikan tombro, dan ikan nila.

Tak hanya memancing, ada banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Deltha Fishing ini. Wisata ini menawarkan beragam wahana menarik, seperti kolam renang dewasa dan anak, speeda air, playground, flying fox,dan masih banyak lainnya. Semuanya bisa kamu nikmati bersama keluarga dengan membeli tiket terusan. Wisata keluarga ini buka setiap harinya mulai pukul 08.00-18.00 saat weekday dan hingga pukul 9 malam di saat akhir pekan.

Lokasi Wisata: Desa Prasung, Buduran Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 10.000 -Rp 12.000 (untuk aktivitas kolam renang, sepeda air, trampolin, kuda terbang, kereta api, dan kincir angin). Rp 17.000-Rp 20.000 untukt tiket terusan dengan tambahan aktivitas playground, Flying Fox, dan menyebrangi pulau.

8. Suncity Waterpark Sidoarjo

Sun City Waterpark Sidoarjo foto twitter.com/SuncityW

Wisata taman bermain air lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berada di Sidoarjo adalah Suncity Waterpark. Tempat wisata ini menawarkan whana permainan air yang sangat seru dan lengkap. Tak hanya bisa berenang dan bermain air biasa saja, namun pengunjung bisa menikmati aktivitas lainnya seperti air mancur, mandi busa, perosotan naga, lazy river, dragon sliding dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang memiliki anak, tempat ini rasanya sangat cocok untuk mengajak serta si kecil bermain dan menghabiskan waktu bersama. Disini juga tersedia kolam untuk anak yang usianya masih balita, dan tak perlu khawatir karena ini pasti aman untuk anak-anak.

Wisata waterboom terbesar yang ada di Sidoarjo ini juga menyediakan fasilitas hiburan yang lengkap. Seperti misalnya, kamu bisa menyaksikan beragam pertunjukan di panggung hiburan, mulai dari pertunjukan kesenian daerah maupun pertunjukan musik. bahkan acara gathering perusahaan atau keluarga juga sering dilakukan disini.

menariknya lgi, Suncity Waterpark menjadi satu kawasan dengan Sun Hotel dan Sun City Mall. Setelah puas bermain air, kamu bisa mengajak keluarga untuk berjalan-jalan hingga belanja di Sun City Mall. Jika kamu berasal dari luar kota, kamu bisa bermalam di Sun Hotel yang ada di kawasan ini. Suncity Waterpark buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Lokasi Wisata:  Jl. Pahlawan No. 1, Lemahputro, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 25.000 (weekday) dan Rp 30.000 (weekend)

9. Museum Mpu Tantular Sidoarjo

Museum Empu Tantular Sidoarjo foto twitter.com/tourismupw14

Bagi kamu yang ingin memperdalam pengetahuan tentang wisata sejarah, budaya, dan edukasi, maka Museum Mpu Tantular merupakan wisata di Sidoarjo yang wajib untuk kamu kunjungi. Museum yang dibangun dalam lahan seluas 3.3 hektar ini adalah salah satu museum yang cukup tertua di Jawa Timur.

Pertama kali, Museum Mpu Tantular diresmikan pada tahun 1937 dan berada di lokasi Jl. Pemuda Surabaya. Akan tetapi karena koleksinya yang semakin bertambah dan butuh lokasi yang lebih luas, museum ini mengalami beberapa kali perpindahan hingga menetap di alamat saat ini mulai tahun 2004.

Nama Mpu Tantular diambil dari salah satu nama tokoh pujangga yang cukup kenamaan di pemerintahan Raja Hayam Wuruk, yang mana juga menjadi pecentus moto “Bhineka Tunggal Ika”. Kamu bisa melihat banyak sekali koleksi-koleksi benda unik dan antik yang tersimpan di dalamnya. Dan tak hanya peninggalan kerajaan saja, namun juga benda-benda yang berkaitan dengan geologi, numismatika, biologi, hingga etnografi. Museum ini buka setiap harinya pukul 8 pagi hingga 5 sore. Aksesnya juga sangat mudah akrena lokasinya hanya skeitar 3.5 km dari alun-alun Sidoarjo.

Lokasi Wisata: Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Prasung, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 3.000 – Rp 5.000

10. Alun-Alun Sidoarjo

Alun Alun Sidoarjo
Alun Alun Sidoarjo foto twitter.com/suarasidoarjofm

Alun-alun yang berada di jantung kota Sidoarjo ini selalu menjadi pilihan utama bagi warga Sidoarjo untuk menghabiskan waktu di akhir pekan maupun hari libur. Taman kota ini dipenuhi dengan hamparan rumput hijau yang sangat terawat. berpadu dengan rindangnya pohon palem raja, menjadikan siapapun betah saat bersantai di alun-alun Sidoarjo ini.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini, mulai dari jogging, olahraga, duduk santai, hingga menikmati wisata kuliner. Disini ada banyak sajian kuliner menarik yang bisa kamu cicipi, mulai dari jajanan ringan hingga kuliner khas Sidoarjo banyak tersebar di sekitaran kawasan alun-alun.

Bahkan jika kamu ingin mengelilingi kawasan ini tapi malas untuk jalan kaki, maka sewa sajak kereta kuda yang banyak ditemukan di area ini. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen dengan berfoto menggunakan latar belakang Monumen Jayandaru yaitu maskot kota Sidoarjo dan lengkap bersama Patung Udang dan Bandeng. Kamu bisa menikmati wisata ini kapanpun dan tanpa perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya parkir saja.

Lokasi Wisata: Jl. Jenggolo No.21, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Gratis

11. Wisata Alas Prambon Sidoarjo

Alas Prambon Sidoarjo foto instagram.com/evidwi_22

Wisata yang satu ini mungkin akan direkomendasikan jika kamu sedang mencari wisata anak-anak. Alas Prambon merupakan wisata edukasi terbaik yang menggabungkan antara aspek intelegensia dan tantangan mental serta fisik. Tentunya ini akan menjadi liburan yang menyenangkan ketika kamu mengajak serta anak-anak untuk menghabiskan liburan di tempat ini.

Alas Prambon menawarkan beragam aktivitas outbound yang menarik dan diperuntukkan bagi anak-anak di segala usia. Ada banyak fasilitas outbound yang bisa dinikmati, mulai dari line bridge, spider web, ayunan berantai, jaring merayap, flying fox, dan permainan lumpur. Semua aktivitas akan dipandu dengan instruktur-instruktur profesional sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain.

Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar lebih dalam tentang perkebunan, perikanan, pertanian, dan peternakan. Dengan panoramannya yang indah serta pelayanan yang nyaman, siapapun akan betah jika berlama-lama bermain di tempat ini.

Alas prambon ini dapat dikunjungi setiap harinya, mulai pukul 07.00-22.00. Untuk menuju lokasi, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu dari Jalan Utama Surabaya-Mojokerto. Dan kemudian lurus saja ke Kecamatan Krian. Dari pasar krian, belok ke arah kiri ke jalan utama Krian-Pacet. Sesampainya di pasar krian, kurang lebih sekitar 15 menitan kamu akan memasuki kawasan Kec. Prambon dan tiba di Alas Prambon.

Lokasi Wisata: Prambon, Sidoarjo – Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 55.000 ( Anak-Anak) dan Rp 50.000 (Tambahan Biaya Untuk Orang Tua Yang Mendampingi)

12. Legok Asri Sukolegok Sidoarjo

Legok Asri Sukolegok Sidoarjo foto twitter.com/priyonounyil

Jika kamu ingin berwisata keluarga sembari menikmati wisata kuliner yang nyaman, maka Legok Asri Sukolegok menjadi pilihan yang sangat tepat. Kawasan ini mengusung konsep wisata alam yang eksotis dengan memadukan restoran dan sarana rekreasi keluarga lainnya seperti kolam pancing, kolam renang, dan outbound.

Kawasan seluas 3 hektar ini menyediakan gazebo atau bale yang bisa kamu jadikan tempat besantai sambil menikmati lapangan hijau yang begitu rindang dan asri. Pemandangan danau yang ada di tempat ini semakin menambah kesan yang eksotis. Dan menariknya, selepas menikmati berwisata di tempat ini kamu bisa menyantap berbagai sajian kuliner yang ada di gubuk-gubuk khas dan unik disana.

Bagi kamu yang hobi memancing, disini tersedia kolam-kolam ikan yang bisa memuaskan hobimu. Bahkan kamu bisa langsung menyantap hasil pancinganmu untuk makan siang ataupun makan malam. Untuk yang membawa anak-anak, kamu bisa mengajak anak untuk bermain di kolam renang. Kamu dan keluarga juga bisa mencoba berbagai aktivitas outbound dan camping yang ada di area ini.

Dari arah Surabaya, belok ke kanan sat berada di SPBU Aloha, Waru, Sidoarjo. Lurus terus hingga menemukan Maspion 1. Kemudian lurus lagi hingga sampai di Desa Suko. Dari Balai Desa Suko, lanjutkan perjalanan kurang lebih 15 menit dan kemudian ke arah kanan. Nantinya kamu akan tiba di Wisata Legok Asri.

Lokasi Wisata: Jl. Raya Sukolegok kecamatan Sukodono, Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 10.000 (Tiket Masuk), Rp 5000 hingga ratusan ribu untuk biaya tambahan aktivitas.

13. Pura Jala Siddhi Amertha Sidoarjo

Pura Jala Siddhi Amertha Sidoarjo foto twitter.com/SidoarjoRaya

Sidoarjo juga memiliki wisata ala Bali yang patut untuk kamu kunjungi, yaitu Pura Jala Siddhi Amertha. Meskipun Pura ini dijadikan tempat sembahyang bagi umat hindu, namun Pura Jala Siddhi Amertha juga layak sebagai salah satu tempat rekreasi di Sidoarjo. Tempat wisata ini begitu bersih dan indah. tak hanya memiliki bangunan Pura yang mempesona, namun terdapat galeri batikk dan souvenir khas Jawa Timur uang dapat dijadikan sebagai cindera mata.

Lokasi Pura ini tampak begitu besar dan indah, sangat mirip dengan Pura di Pulau Bali. Jadi kamu tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Bali untuk bisa berfoto-foto. Lokasi wisata ini jaraknya juga tak begitu jauh dari Bandar International Juanda, Sidoarjo hanya sekitar 2km saja.

Untuk umat Hindu yang mengunjungi dan akan bersembahyang di tempat ini, wajib untuk mengenakan selendang kuning sebelum memasuki kawasan Pura. Hal ini adalah aturan ritual yang jarus dilakukan dan tak boleh terlewatkan.

Namun pemakaian selendang kuning ini ternyata juga memiliki sebuah makna yaitu bentuk penghormatan kepada Sang Hyang Widhi. Ada pula pendapat lainnya yang mengatakan jika ini juga menjadi cara menghormat untuk seseorang yang kedudukannya lebih tinggi. Meskipun kamu hanya ingin sekedar berburu foto di tempat ini, tentu saja kamu harus mengikuti segala aturan yang berlaku dan tetap saling menghormati.

Lokasi Wisata: Jl. Juanda, Semambung, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo – Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis

14. Citra Garden Waterpark Sidoarjo

Citra Garden Waterpark Sidoarjo foto twitter.com/jen_redz

Selain Sun City Waterpark, wisata taman bermain air lainnya yang kamu bisa kunjungi saat berada di Sidoarjo adalah Citra Garden Waterpark. Tempat wisata ini menjadi salah satu wisata yang sering dikunjungi warga sekitar Sidoarjo maupun wisatawan. Taman air ini mempunyai berbagai wahana menari yang dapat dinikmati sesuai dengan usia. Mulai dari Swimming Pool, Under Water Adventure, Family Slide, Racer Slide, serta masih banyak lainnya.

Masing-masing wahana memiliki keseruan tersendiri yang wajib dicoba. Seperti underwater advemture, konsep taman bermain air ini adalah petualangan bawah air. Dilihat dari adanya ornamen patung putri duyung menghiasi papan seluncur yang ada di kolam anak-anak ini serta masih banyak lainnya.

Tak hanya menyediakan permainan air yang menarik, disini juga tersedia paket outbound yang diperuntukkan bagi anak-anak. Ada banyak wahana permainan yang dapat dicoba seperti jembatan tali, flying fox, dan lainnya. Dan tak ketinggalan pula, selama outbound anak-anak akan didampingi dengan trainer outbound profesional. Ada berbagai mini games seru yang disediakan dan dipandu oleh pendamping.

Untuk masalah fasilitas, Citragarden Waterpark ini cukup memanjakan bagi pengunjung yang datang. Terdapat food court, musholla, toilet, gazebo, hingga area parkir yang luas. Wisata ini buka pukul 8 pagi hingga 5 sore dan tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi Wisata: Perumahan CitraGarden, Ruko Sentra Niaga, Blok RK 32, Entalsewu, Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 25.000 (Weekday) dan Rp 30.000 (Weekend)

15. Wisata Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo

Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo foto twitter.com/bewaraco

Meskipun bukan dikenal sebagai Kota Batik, namun Sidoarjo mempunyai kawasan pusat untuk para pengrajin batik yang sudah eksis mulai dari tahun 1675. Jika kamu tertarik mengunjunginya, kamu bisa datang di Kampoeng Batik Tulis Jetis Sidoarjo.

Kawasan ini tak hanya mempunyai pusat perdagangan batik saja, namun juga melayani untuk pelatihan membatik. Jadi kamu tak hanya dapat berbelanja batik khas dari Sidoarjo saja. Namun juga bisa langsung belajar membatik dari pengrajin-pengrajin yang berpengalaman. Namun untuk layanan belajar membatik ini kamu harus menghubungi terlebih dahulu pihak pengrajin.

Untuk harga batik tulis yang ditawarkan di kawasan ini juga beragam. Mulai dari 150 ribu hingga jutaan rupiah pun bisa kamu temukan disini. Jadi jika kamu tertarik mencari koleksi batik terbaru ataupun belajar batik langsung, maka ini adalah pilihan tempat yang tepat. Akses untuk menuju Kampoeng Batik Jetis ini juga mudah, hanya 10 menit dari Alun-Alun Kota Sidoarjo.

Lokasi Wisata:  Jl. P. Diponegoro Lemahputro, Sidoarjo

Harga Tiket Masuk: Gratis

16. Wisata Sentra Produksi Tas Tanggulangin Sidoarjo

Sentra Produksi Tas Tanggulangin Sidoarjo foto twitter.com/portalSURYA

Sejak tahun 1970, Kawasan Tanggulangin memang sudah populer sebagai pusat sentra produksi tas maupun sepatu kulit yang berkualitas. Bahkan kualitas produk-produk buatan Tanggulangin ini mampu bersaing dengan produk luar negeri. Kawasan sentra produksi ini meliputi 2 desa yaitu Desa Kludan dan Kedensari yang ada di Kecamatan Tanggulangin

Setidaknya, terdapat kurang lebih sekitar 250 gerai yang tersebar di kawasan ini. Disini kamu bisa banyak mendapatkan berbagai jenis produk yang menggunakan bahan kulit alami maupun sintesis. Salah satu produk terbaik di tempat ini adalah produk tas kulit dari INTAKO yang bahkan sudah diekspor ke berbagai negara.

Jika kamu tertarik membeli tas-tas kulit yang berkualitas dan dengan harga terjangkau, kamu bisa mengunjungi kawasan ini. Aksesnya juga cukup mudah, kamu bisa menjangkaunya dengan berbagai jenis kendaraan seperti motor, mobil, dan bus. Dari Jalan utama Surabaya-Malang, kamu bisa berhenti di Kecamatan Tanggulangin. Dan tak jauh dari sana kamu akan mudah menemukan pusat industri tas ini. Kamu bisa mengunjunginya dari pagi hingga sore hari.

Lokasi Wisata: Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis

17. Wisata Kampung Sepatu Krian Sidoarjo

Kampung Sepatu Krian Sidoarjo foto twitter.com/penanegericom

Tak hanya memiliki pusat kerajinan untuk batik dan tas kulit saja, Sidoarjo juga memiliki destinasi wisata belanja lainnya yaitu Kampung Sepatu Krian. Sentra produksi sepatu disini hampir sama seperti sentra sepatu Cibaduyut. Disini kamu bisa menemukan berbagai jenis sepatu maupun memesan sepatu yang sesuai dengan keinginanmu langsung di pengrajinnya.

Sama seperti Sentra Tas Tanggulangin, kamu bisa mengunjungi wisata belanja ini setiap harinya. Wisata kampung sepatu krian buka setiap ahrinya mulai 06.30-18.00. Dan tentu saja kamu tak dikenakan biaya masuk sedikitpun, hanya perlu menyiapkan uang belanja untuk sepatu-sepatu favoritmu.

Akses untuk menuju Kampung Sepatu Krian ini juga mudah. Dari arah Surabaya atau Sidoarjo, kamu bisa menggunakan Jalur utama Surabaya-Mojokerto. Lurus terus hingga sampai di By Pass Krian. Dari sana hanya dibutuhkan sekitar 10 menit perjalanan saja dengan kendaraan bermotor dan nantinya kamu akan tiba di Wisata Kampung Sepatu Krian.

Lokasi Wisata: Kelurahan Masangan, Kecamatan Krian

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis

18. Kebun Cokelat, Balong Bendo Sidoarjo

Kebun Coklat Balong Bendo semangkuksepatu.wordpress.com/2017/01/25/kuliner-nikmat-hemat-dan-bersahabat-di-kafe-kebun-cokelat/

Tempat wisata yang satu ini cukup unik karena menggabungkan antaa kafe dan kebun cokelat. Tempat wisata Sidoarjo ini menawarkan berbagai macam sajian kuliner yang tak hanya nikmat di lidah namun juga sedap dipandang.

Ada banyak makanan-makanan unik yang bisa kamu temukan disini, seperti mi cower, mi gobyor, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menemukan makanan-makanan kuliner khas Indonesia, semisal aneka olahan bebek, ayam, dan masih banyak lainnya. Bagi kamu penyuka es krim, jangan sampai lewatkan untuk mencicipi berbagai pilihan es krim yang cantik dan sangat mengunggah selera.

Kafe ini cukup unik karena menggunakan konsep kebun cokelat yang berpadu dengan lampu kelap-kelip yang menawan. Tentunya ini menjadi kelebihan utama yang dimiliki kafe ini karena kamu bisa mengajak serta keluarga untuk nongkrong dan menyantap berbagai kuliner lezat di area kebun cokelat. Jadi tak heran jika pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berfoto cukup banyak dan tempat ini tak pernah sepi

Tertarik mengunjungi Kebun Coklat ini? wisata ini buka setiap harinya pada pukul 13.00-22.000 saat weekday dan 09.00-22.00 pada saat weekend. Untuk akses menuju Kebun Cokelat ini juga terbilang mudah. Kamu bisa langsung menuju jalur utama Krian-Mojokerto. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jembatan Bangkala dan beloka kanan saat tiba di pinggiran sungai dan sawah. Dan disanalah wisata Kebun cokelat berada.

Lokasi Wisata: Jl. Raya Balong Bendo No.151

19. Permata Waterpark Tanggulangin Sidoarjo

Permata Waterpark Sidoarjo foto instagram.com/bambang_tolets

Kota Sidoarjo memang memiliki banyak pilihan taman bermain air yang bisa kamu kunjungi. Seperti Permata Waterpark yang merupakan taman bermain air di Kecamatan Tanggulangin. Berbeda dengan Suncity Waterpark yang lokasinya berada di tengah kota. Permata Waterpark ini berada di area perumahan sekitar 15 menit dari kota Sidoarjo.

Waterpark ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air yang sangat menarik. Kolam renang yang ditawarkan juga beragam, mulai dari kolam anak dengan kedalaman 50cm, kolam bayi dengan kedalaman 20cm, dan kolam dewasa dengan kedalaman 150m. Selain itu ada beberapa wahana permainan air lainnya yang juga menarik untuk dicoba seperti family slide, slidding baby, bak tumpah, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya menyediakan wahana permainan air saja, Permata Waterpark Sidoarjo ini juga menyediakan area outbound. Bagi yang mengajak anak-anak, kamu bisa mengajak anak bermain panjat tebing dan flying fox. Ditambah lagi dengan fasilitas seperti cafe dan area parkir yang luas sehingga makin menjamin kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Waterpark ini juga cocok untuk kamu yang ingin mengadakan acara untuk kantor atau keluarga dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan Permata Waterpark Sidoarjo. Taman bermain air ini bisa kamu kunjungi setiap harinya, mulai pukul 08.00-18.00.

Lokasi Wisata: Jl. Raya Kludan, Tanggulangin, Sidoarjo

Harga Tiket Masuk Wisata: Rp 15.000 – Rp 25.000

20. Pulau Lusi Sidoarjo

Pulasu Lusi Sidoarjo foto keepo.me/travel/7-wisata-di-sidoarjo-ini-indahnya-tidak-luntur-pasca-terendam-lumpur/

Sama seperti Pulau Sarinah, Pulau Lusi juga menjadi salah satu pulau di Kota Sidoarjo yang terbentuk akibat luapan lumpur lapindo. Menurut warga setempat, awal mula pulau ini terbentuk diakibatkan endapan yang berasal dari aliran sungai yang menuju laut lepas. Aliran tersebut kemudian mengangkut material dari Lapindo.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, endapan ini membentuk pulau baru. Dan kemudian membuat Pemerintah Sidoarjo berinisiatif untuk menjadikan tempat ini sebagai wisata baru yang bermanfaat positif untuk ekonomi masyarakat sekitar.

Akses untuk menuju Pulau Lusi sangat lah mudah, hanya membutuhkan 15-20 menit dengan menggunakan kapal nelayan. Begitu sampai di Pulau Lusi, kamu bisa melihat jika tempat ini begitu terawat dengan baik. Meskipun terkesan gersang, namun suasananya masih sangat asri. Bahkan kamu mungkin tak menemukan sampah yang berserakan sama sekali.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi pulau Lusi ini, kamu perlu membawa perbekalan makan dan minum yang cukup sepanjang perjalanan. Mengingat di lokasi penyebrangan sangat minim sekali orang-orang yang berjualan. Dan waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Lusi ini adalah ketika pagi atau sore hari. Sebaiknya jangan datang di siang hari karena cuacanya begitu terik.

Pulau ini tak memiliki tiket masuk, pengunjung yang datang hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa kapal. Hal ini karena akses untuk menuju pulau Lusi sebenarnya belum dibuka bagi umum. Namun wisatawan dapat masuk dengan izin dari Koramil setempat. Jadi tak heran jika suasananya memang masih sangat asri dan menyenangkan.

Lokasi Wisata: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61276

Harga Tiket Masuk Wisata: Gratis (Hanya membayar Rp 25.000 untuk sewa kapal)

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Surabaya Terkenal & Hits 2019

Nah itu tadi 20 tempat wisata di Sidoarjo yang cukup populer dari jogja day, mulai dari wisata alam, taman bermain, wahana permainan air, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mengajak serta anggota keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan atau hari libur di pilihan wisata terbaik di Sidoarjo ini. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!