25 Tempat Wisata Pangandaran Terkenal, Populer & Hits 2019

Wisata Pangandaran ~ Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat. Di kabupaten ini terdapat begitu banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari wisata pantai hingga wisata buatan yang sedang hits diantara para anak muda masa kini.

Pangandaran lebih terkenal dengan deretan pantainya yang indah. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa wisata pangandaran yang populer dan bisa menjadi rekomendasi anda jika sedang berlibur di Pangandaran.

‘Baca Juga: 25 Tempat Wisata Wonosobo Terkenal & Wajib Di Kunjungi

1. WISATA ALAM CURUG BOJONG PANGANDARAN

curug bojong foto instagram.com/curug_bojong_pangandaran

Wisata pertama di Pangandaran yang kita bahas ini merupakan sebuah curug atau air terjun. Curug yang awalnya bernama curug Sawangan ini berubah nama karena letaknya yang ada di kampong bojong dan sumber airnya yang berasal dari sungai bojong.

Di tempat ini sobat bisa menikmati kesejukan dan keindahan alam sekitar sekaligus berenang dan bermain air di area curug. Di tempat ini juga sudah ada ruang ganti, mck dan beberapa fasilitas pendukung yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung.

Meskipun cukup menarik, wisata ala mini cukup sulit untuk di jangkau sobat. Karena jalan menuju curug ini belum di aspal. Walaupun begitu, kalian masih bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju tempat ini.

Lokasi wisata Alam Curug Bojong Pangandaran ini adalah di Sukahurip, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. Untuk tiket masuk wisata Curug Bojong Pangandaran adalah Rp. 3.000 dan parkir Rp. 2.000 cukup murah dan menyenangkan.

2. WISATA PANTAI BATU KARAS PANGANDARAN

Pantai Batu Karas foto instagram.com/anne.rufaida

Wisata berikutnya adalah wisata pantai batu Karas. pantai ini dikenal sebagai pantai yang tenang  dan ramah untuk anak -anak. Pantai ini biasa menjadi tempat berlibur bagi keluarga, karena tidak begitu banyak resiko bagi anak – anak.

Pantai ini cocok untuk berenang, sekedar bersantai dan bahkan berselancar. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, seperti toilet, tempat makan,toilet, toko cinderamata dan persewaan papan selancar bagi sobat yang ingin menjajal berselancar di pantai batu karas.

Tak hanya itu,hotel dan penginapan juga tersedia di sekitar lokasi pantai ini. Sehingga kalian bisa datang, menikmati pantai serta menginap bagi  kalian yang datang dari luar kota.

Lokasi wisata Pantai Batu Karas ini adalah di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, + 34 km dari pantai pangandaran. Dan harga tiket masuk wisata Pantai Batu Karas ini adalah sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang. Dan kalian tentu membayar parkir, dengan tarif berbeda antara kendaraan roda dua dan roda empat.

3. WISATA PANTAI PANGANDARAN

Pantai Pangandaran foto instagram.com/thepurenusantara

Sobat tentu sudah kenal dengan pantai satu ini. Namanya cukup terkenal di Indonesia, bahkan secara Internasional. banyak pengunjung dari mancanegara yang datang ketempat ini untuk menikmati keindahan pantai ini. Pantai ini salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi jika sobat berkunjung ke Pangandaran.

hamparan pasir putih yang terjaga, ombak yang tenang dan dilengkapi pemandangan matahari terbit dan terbenam yang bisa anda nikmati setiap hari. fasilitas di pantai ini juga sudah sangat memadai untuk para wisatawan.

Lokasi wisata Pantai Pangandaran ini adalah di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Harga tiket masuk wisata pangandaran ini adalah berbeda – beda tergantung bagaimana kalian masuk, jika berjalan kaki tiket yang harus dibayar adalah Rp 10.000 per orang, sedangkan jika mengendarai kendaraan akan di beri tarif berbeda-beda, antara Rp 14.000 – Rp 310.000 tiap kendaraan.

4. CUKANG TANEUH PANGANDARAN

cukang taneuh foto instagram.com/cabay_iskandar

Nah sobat, kalau yang satu ini merupakan grand canyonnya Pangandaran loh. Selain Pantai Pangandaran, lokasi wisata lain yang wajib dikunjungi adalah Cukang Taneuh.

Kalian bisa bermain air dan berenang di lokasi wisata ini. Selain itu, kalian juga bisa menyewa sampan yang bisa digunakan untuk lima orang. Sobat bisa menikmati bersampan di ngarai sambil menikmati kesejukan air dan keindahan pemandangannya. Persewaan sampan itu biasa buka mulai pukul 07.30 hingga 16.00.

Lokasi wisata Cukang Taneuh ini berada di Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, RT.02/RW.10, Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46394. harga tiket masuk wisata cukang taneuh ini adalah Rp. 250.000 untuk menggunakan perahu dengan kapasitas maksimal 6 orang dan Rp. 100.000 untuk kalian yang ingin berenang ataupun menggunakan perahu dengan durasi waktu 30 menit.

5. WISATA PANTAI KEUSIK LUHUR PANGANDARAN

pantai keusik luhur foto instagram.com/mediapangandaran

Masih berbicara pantai, wisata selanjutnya yang wajib kalian kunjungi adalah wisata pantai keusik Luhur. pantai ini dikelilingi oleh tebing dan pegunungan. Pantai keusik luhur merupakan perpaduan antara pemandangan pegunungan dengan hamparan pasir daun lautan yang biru.

Ombak di pantai ini cukup tinggi hingga dapat mengangkat pasir ke atas bukit. Sehingga nama pantai ini adalah keusik yang berarti pasir dan luhur yang berarti tinggi. Fasilitas di lokasi ini juga sudah lengkap, mulai dari toilet, area parkir dan mungkin kalian bisa mendirikan tenda di atas bukit loh sobat.

Lokasi wisata pantai keusik luhur ini adalah di Sukaresik, Sidamulih, Ciamis Regency, Jawa Barat. harga tiket masuk wisata keusik luhur adalah Rp. 10.000 per orang. murah dan menarik bukan? Kalian wajib berkunjung ke pantai eksotis ini jika berkunjung ke pangandaran.

6. SANTIRAH RIVER TUBING PANGANDARAN

santirah river tubing foto instagram.com/santirahpangandaran

Kalau kalian suka olah raga yang menantang dan seru, santirah river tubing adalah pilihan yang tepat. kalian bisa seru – seruan main air bareng sahabat maupun keluarga kalian disini.

Kalian akan naik ban besar untuk menelusuri sungai santirah. kalian bisa menyewa paket jasa tur sekitar Rp 250.000 – Rp 200.000 agar liburan kalian lebih menyenangkan dan aman.

Lokasi wisata santirah river tubing ini adalah di Desa, Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. untuk harga tiket masuk wisata santiah ini sebenarnya tidak ada, namun ada paket aktivitas yang sudah disebutkan tadi yaitu  sekitar Rp. 200.000 dengan perjalan menelusuri sungai dan goa dengan waktu jeda 2-3 jam.

7. PANTAI SAUNG MUARA PANGANDARAN

Saung Muara foto instagram.com/740aerialvideography

Berikutnya kita bicara soal pantai lagi ya sobat. Pantai satu ini bernama pantai saung muara. Sesuai namanya, pantai saung muarapa merupakan pantai yang berada di muara.

Di pantai ini terdapat fasilitas untuk bersantai dan menghabiskan sore yang menenangkan, yaitu gazebo. Ombaknya yang tenang  akan ikut menenangkan pikiran kalian sobat. Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat mushola untuk kalian yang beragama muslim.

Selain duduk santai di gazebo, kalian bisa menikmati kuliner yang dijual di warung – warung sepanjang pantai atau ber-BBQ bersama keluarga dan teman sambil menikmati keindahan matahri terbenam.

Lokasi wisata pantai saung muara ini berada di Kondangjajar, Ciamis, Kondangjajar, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Untuk masuk ke pantai ini kalian perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 5000 hingga Rp.10.000 per orang.

8. GUA SUMUR MUDAL PANGANDARAN

Gua Sumur Mudal foto instagram.com/kailahasyabp

Setelah bermain di pantai, yuk kita ke Gua. salah satu gua yang terdapat di pangandaran adalah gua sumur mudal. Gua ini dinamakan sebagai sumur mudal karena dulunya ada mata air yang bentuknya mirip dengan sebuah sumur di dalamnya dengan air yang “mudal” atau mendidih dalam bahasa indonesia.

Kamu bisa menikmati keindahan dan ke eksotisan gua ini dengan memasuki gua ini. Lokasi wisata gua sumur mudal ini adalah di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuk wisata gua sumur mudal ini sekitar Rp, 10.000. fasilitas di wisata ini juga sudah cukup memadai untuk dikunjungi.

9. CITUMANG PANGANDARAN

Citumang Pangandaran foto instagram.com/citumang_pangandaran_com

Satu lagi lokasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Yaitu Citumang Pangandaran, yang juga biasa disebut sebagai Green valley. Wisata satu ini memang mirip seperti green valey. Citumang sendiri adalah sebuah sungai yang membelah hutan dengan air yang mengarah ke goa.

Kalian bisa menikmati keindahan alamnya sekaligus kesegaran airnya. Citumang dikenal dengan aktivitas body raftingnya, jadi kalau kalian sudah berkunjung ke tempat ini pasti akan mencoba body rafting.

Lokasi wisata Citumang Pangandaran adalah di .  Wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar seperti toilet, mushola dan ruang ganti. sedangkan untuk alat rafting, biasanya sudah disediakan oleh pihak pemandu. Kalian tidak mungkin melakukan rafting tanpa pemandu bukan?

Harga tiket masuk lokasi wisata Citumang pangandaran ini adalah sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 per orang. Sedangkan untuk paket raftingnya adalah Rp. 85.000 per orang.

10. PANGANDARAN WATERPARK

Pangandaran waterpark foto instagram.com/gusmawan_17

Selanjutnya adalah wisata yang lagi hits dan digandrungi banyak kalangan, mulai anak – anak hingga orang dewasa. Pangandaran waterpark merupakan tempat wisata yang berupa kolam besar dengan berbagai fasilitas permainan air.

Tak hanya permainan air, di pangandaran waterpark kita juga bisa menegendarai ATV, karena di tempat tersebut  juga terdapat ATV Track.

Lokasi wisata pangandaran waterpark ini adalah di Putrapinggan, Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat. Harga tiket masuk di wisata pangandaran waterpark  ini adalah Rp 15.000 per orang pada weekday dan Rp 20.000 per orang pada weekend.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Purwokerto Terkenal & Paling Populer

11. PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN

Pantai karang Nini Foto Instagram.com/deder6830

Selanjutnya adalah pantai karang nini. Pantai ini merupakan spot sempurna untuk mengambil foto. pantai ini memiliki pemandangan pasir dan juga karang. Kita bisa menikmati keindahan gelombang laut serta pemandangan bukit dan karang di sekitar pantai ini.

Lokasi wisata pantai karang nini ini adalah di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ± 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan. Pantai ini tak hanya terkenal dengan pemandangan pantainya. melainkan juga pemandangan di sepanjang jalan menuju pantai ini. Untuk mencapai tempat ini, sobat akan melewati hutan rimba yang sejuk dan asri.

Harga Tiket Masuk wisata Pantai Karang nini ini adalah sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000. Dan kalian harus siap – siap karena akses jalan menuju pantai ini banyak yang rusak.

12. CAGAR ALAM PANANJUNG PANGANDARAN

Cagar Alam Pananjung foto instagram.com/rivandwino

Wisata selanjutnya yang patut anda kunjungi selama berada di Pangandaran adalah cagar alam pananjung. tempat ini merupakan wisata yang merupakan kawasan konservasi cagar alam pangandaran. Kalian bisa menikmati keindahan alam sekaligus kesegaran dan kesejukan alam. Disana juga terdapat berbagai hewan seperti lutung, kelelawar, rusa dan masih banyak hewan lainnya.

Lokasi wisata alam cagar alam pananjung adalah di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jaraknya sekitar 60 km dari Kota Banjar. Berdekatan dengan objek wisata lainnya: Karang Nini, Cilacap dan Cijulang. kalian bisa menuju tempat ini menggunakan kendaraan pribadi, maupun menggunakan travel.

Harga Tiket masuk wisata cagar alam pananjung ini adalah Rp. 16.000 per orang. Mungkin bisa berbeda pada weekend dan hari libur nasional. Sedangkan untuk jam buka adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00 setiap hari. jadi bagaimana kalian tertarik untuk mengunjungi cagar alam pananjung ini bukan?

13. PANTAI BATU HIU PAGANDARAN

Pantai Batu Hiu Foto Instagram.com/sydhikdeanlimargana

Lagi lagi kita bicara pantai! yah memang pantai adalah salah satu daya tarik dari Pangandaran, tentu saja di wilayah ini kita akan menemui berbagai pantai indah ya! Salah satunya adalah pantai batu hiu ini. mengapa pantai ini dinamai batu hiu?Pasti sudah bisa ditebak! Karena di pantai ini terdapat batu yang mirip seperti sirip hiu yang terlihat di laut.

Untuk menikmati keindahan alamnya, kalian bisa naik ke bukit dan melihat betapa indah dan cantiknya alam sekitar pantai tersebut. kalian bisa menikmati sejuknya pantai dan tentu saja samudera Indonesia.

Lokasi wisata Pantai batu hiu ini adalah di Ciliang, Karangbenda, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat 46393, Indonesia. Kalian bisa kesana menggunakan roda empat ataupun roda dua, namun tentu saja tidak ada transportasi umum seperti bus yang langsung bisa mengantar kalian ke lokasi pantai ini.

Harga tiket masuk wisata pantai batu hiu ini adalah tergantung bagaimana kalian memasuki lokasi. Untuk pejalan kaki, kalian akan dimintai biaya tiket masuk tidak sampai Rp. 10.000 per orang, sedangkan untuk pengendara roda dua adalah sekitar Rp. 15.000 tiap kendaraan, untuk mobil tipe jeep maupun sedan Rp. 35.000 dan untuk mobil tipe carry adalah Rp. 65.000. Pantai Batu hiu ini buka setiap hari selama 24 jam. jadi bisa dikatakan kalian bisa datang ke tempat ini kapanpun dan pulan kapanpun. Jadi tertarik untuk mengunjungi pantai indah ini?

14. DESA WISATA SELASARI PANGANDARAN

Desa Wisata Selasari Foto Instagram.com/desawisataselasari

Berikutnya adalah desa wisata. setelah sebelumnya kita membicarakan desa wisata kandri, berikut ini adalah desa wisata selasari. Disini kalian bisa menikmati berbagai wisata alam dan buatan. Salah satu yang terkenal adalah adanya spot spot foto cantik yang dibuat untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan moment indah mereka ketika berkunjung di desa wisata ini. di wilayah desa wisata ini juga terdapat beberapa wisata lain seperti river tubing.

Lokasi wisata desa wisata selasari ini adalah Pangandaran, Jawa Barat. Biasanya untuk menikmati desa wisata ini, kalian bisa mengambil tur wisata dari para penyedia layanan wisata maupun agen  – agen travel. Kalian akan diberikan pilihan untuk memilih paket tur apa yang akan kalian pilih. Sehingga, harga tiket masuk wisata desa wisata selasari juga tidak bisa dipastikan, karena akan sangat tergantung dengan paket apa yang kalian pilih.

Di desa wisata ini juga terdapat beberapa goa yang akan dilewati ketika mengikuti paket river tubing yang telah disediakan. Bagaimana sobat? Tertarik untuk mengunjungi desa wisata selasari ini? Langsung saja yuk!

15. PANTAI KARANG TIRTA PANGANDARAN

Pantai Karang Tirta Foto Instagram.com/tyasetiawati1

Don’t get bored! Kita bicara tentang pantai lagi nih sobat! satu ini namanya pantai Karang Tirta. Ada yang bilang, bahwa wisata ini merupakan perpaduan antara wisata alam dan wisata budaya. Bagaimana tidak, kalian bisa menikmati dan melihat bagaimana para nelayan berkeseharian di pantai itu.

Tak hanya itu, pantai ini memiliki air yang tenang yang membuat kalian akan betah berlama – lama disini. Bahkan, kalian bisa mencoba bermain perahu yang ada di tempat tersebut, mendirikan tenda untuk camping atau mungkin juga ingin memancing?

Bahkan kalian bisa melihat pembuatan wayang golek, karena di tempat ini adalah merupakan tempat pembuatan wayang golek terkenal di Jawa Barat. Disini juga terdapat sentra pembuatan gula dari kelapa loh! Lengkap bukan wisata di pantai ini? mulai dari Alam, budaya hingga agro wisata.

Lokasi wisata pantai Karang Tirta ini adalah di Sukaresik, Sidamulih, Pangandaran, West Java 46365. Pantai ini terbilang cukup mudah untuk di akses, karena letaknya yang tepat di pingir jalan raya pangandaran menuju Cijulang. kalian bisa datang kesini menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jadi bisa dibilang pantai ini accesible!

Harga Tiket Masuk Wisata Karang Tirta ini adalah Rp. 3.000 per orang untuk pejalan kaki, Rp. 6.000 tiap kendaraan untuk roda dua, Rp 30.000 tiap kendaraan untuk mobil kecil dan Rp. 60.000 tiap kendaraan untuk mobil besar seperti bus. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam tentunya, karena kalian di izinkan mendirikan tenda camping di tempat ini.

16. PANTAI MADASARI PANGANDARAN

Pantai Madasari Foto Instagram.com/adhikagraha

Beach again! lagi – lagi pangandaran memang surganya pantai ya sobat! selanjutnya adalah Pantai madasari. Pantai ini memiliki keindahan berupa air laut yang tenang dengan pulau – pulau yang mengitarinya serta pantai yang landai dilengkapi dengan tumbuhan hijau yang tumbuh di sekitarnya.

Jika kalian pemburu sunset, kalian juga bisa mendapatkan keindahan sunset di tempat ini! Selain menikmati keindahan alamnya, kalian bisa menikmati sejuknya angin pantai yang menerpa wajah kalian. Kalian juga bisa berwisata bersama keluarga kalian di pantai nan elok ini, karena keasrian dan keelokan wisatanya tentu akan sangat sayang jika dilewatkan sendirian.

Lokasi Wisata Pantai Madasari ini adalah di Jl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat 46595. kalian bisa menuju tempat ini menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, kendaraan pribadi maupun trasnportasi umum seperti Bus Travel.

Harga Tiket Masuk WIsata Pantai Madasari ini adalah untuk sepeda Motor Rp.7.000 per kendaraan, Roda empat Rp. 25.000 per kendaraan, Bus kecil Rp. 110.000 per kendaraan dan Rp. 160.000 per kendaraan. Jangan khawatir sobat, karena pantai ini buka mulai pagi hingga pagi dan tentu saja setiap hari.

Jadi bagaimana? Kalian tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Jika kalian mengunjungi Pantai Batu Hiu, sepertinya meneruskan perjalanan ke tempat ini tidaklah merugikan karena tempatnya tidak begitu jauh.

17. PANTAI KARAPAYAK PANGANDARAN

Pantai Karapyak Foto Instagram.com/nanang121

Lagi dan Lagi, Pangandaran memang tidak kehabisan pantai ya sobat! Satu lagi pantai yang wajib dikunjungi saat sobat berlibur di Pangandaran adalah pantai Karapyak. Sayangnya, pantai ini masih merupakan pantai yang belum tersentuh pembangunan.

Pantai ini belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, akses jalanya belum sepenuhnya bagus. namun keindahan alaminya justru menjadi daya tarik dari pantai ini. Dan dianjurkan untuk selalu mengenakan alas kaki ketika berjalan di pantai ini ya sobat.Karena dikhawatirkan kaki kalian terluka oleh serpihan batu karang atau hewan – hewan pengguhi batu karang yang terdapat di pantai ini.

Lokasi wisata pantai Karapyak ini adalah di Bagolo, Kec. Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa akses jalan menuju tempat ini belum sepenuhnya bagus,namun kalian bisa datang ke tempat ini menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tapi karena ada jalan yang rusak, mengendarai kendaraan roda dua terdengar lebih mudah dan aman.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Karapyak ini sebenarnya belum diketahui secara pasti. Karena pantai ini masih merupakan panta “perawan” harga tiket masuk tidak lebih dari Rp 10.000 per orang. Jadi bagi kalian pecinta alam, mengunjungi tempat ini akan sangat mengasyikan.

18. SITU CISAMPING PANGANDARAN

Situ Cisamping foto Instagram.com/situ_cisamping.id

Wisata alam lain yang juga banyak ditemui di Pangandaran Jawa Barat adalah Situ. Berikut ini adalah salah satu situ yang baru saja dibenahi pada tahun 2017 silam, yaitu Situ Cisamping. Di tempat ini kalian bisa menikmati wisata alam serta kuliner. Kalian juga bisa mencoba mengayuh sepeda air berbentuk bebek disini.Tempat yang cocok dikunjungi oleh keluarga dan anak – anak bukan? Di sekeliling situ cisamping ini juga saat ini dibangun berbagai spot unik untuk mengambil foto selfie.

Lokasi wisata Situ Cisamping ini adalah di Jl. Pantai Indah, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat 46394. Tempat ini juga termasuk mudah untuk diakses, karena kalia bisa mengunjungi tempat ini mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Dan tentu saja, wisata ini sudah diketahui banyak orang, jadi jika ingin pergi ketempat itu dengan travel, tentu pihak travel juga mengetahui tempat ini.

Harga Tiket Masuk wisata Situ Cisamping ini adalah Rp. 5000 per orang, dan kalian juga bisa menghubungi pihak pengelola langsung atau menggunakan jasa travel jika kalian akan mengunjungi tempat ini bersama rombongan. Tempat ini buka mulai pukul 07.30 hingga 06.30 setiap hari. Jadi kalian bisa menikmati keindahannya setiap hari. bagaimana? kalian tertarik untuk mengunjunginya?

19. SITUS BATU KALDE PANGANDARAN

Situs Batu Kalde Foto Instagram.com/harispangandaran

Yah, kita beristirahat sejenak dari wisata alam ya sobat! berikutnya adalah wisata sejarah, yaitu wisata berupa cagar budaya yang dinamakan sebagai situs Batu Kalde. Di situs ini ditemukan arca dan yoni yang mengindikasikan bahwa di tempat ini dulunya terdapat sebuah struktur bangunan. Hingga saat ini, tempat ini masih digali untuk mengetahui lebih lanjut tentang bangunan apa yang dulunya ada disini.Kalian bisa melihat keindahan sejarah di tempat ini sobat.

Lokasi wisata Situs Batu Kalde ini adalah di Pangandaran, Ciamis Regency, West Java 46396.Kalian bisa mendatangi tempat ini mengendarai kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Tempat ini masih belum begitu dikunjungi karena masih merupakan situs penggalian. Banyak yang mengatakan bahwa tempat ini mungkin bisa menjadi petunjuk nenek moyang warga pangandaran.

Harga Tiket masuk wisata situs batu kalde ini masih gratis, namun mungkin kalian akan dimintai biaya parkir saja oleh para penjaga parkir disana. wajar bukan? Karena mereka menjaga kendaraan kita agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. bagaimana sobat? Tertarik untuk melihat dan mempelajari Situs batu Kalde di Pangandaran ini? langsung saja kunjungi tempat ini.

20. GOA SUTRA REREGAN PANGANDARAN

Goa Sutra Reregan foto instagram.com/_santirah

Selain situ dan Pantai, Pangandaran juga kaya akan Goa loh! salah satunya adalah Goa Sutra Reregan yang terlihat begitu eksotis dan cantik. Goa ini merupakan ukiran stalaktit dan stalakmit yang indah dengan dikelilingi tanaman hijau disekitarnya.

Tak hanya itu, saat ini, di sekitar area goa sutra reregan ini juga dibangun berbagai spot unik kekinian yang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk mengambil foto yang instagramable di tempat tersebut. Selain itu, kalian yang suka dunia fotografi, mungkin juga akan sangat senang berburu foto di tempat ini, dengan latar eksotisme goa dan keasrian lingkungan sekitarnya.

Lokasi wisata Goa Sutra Reregan ini adalah di desa Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. nah dari alamatnya bisa diketahui bahwa Goa ini termasuk ke dalam wilayah desa Wisata Selasari. Seperti di jelaskan sebelumnya bahwa di Desa Wisata Selasari terdapat beberapa goa yang bisa kalian kunjungi.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Sutra Reregan ini adalah Rp. 7000 per orang, dan biaya parkir tak lebih dari Rp.5000. Goa ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00. Bagaimana kawan? Kalian tertarik untuk menelusuri keeksotisan goa sutra reregan?

21.GOA PANGGUNG PANGANDARAN

Goa Panggung Pangandaran foto instagram.com/xiongmao_pandamandarin

Satu lagi Goa yang harus kalian masukkan dalam daftar kunjungan jika kalian berada di Pangandaran. Yaitu Goa Panggung. Namanya unik bukan? mungkin kalian akan langsung menebak bahwa goa ini berbentuk seperti panggung. Ya tepat, dinamakan sebagai goa panggung karena di dalam goa ini terdapat batu berbentuk seperti panggung yang konon digunakan oleh para wali untuk sholat.

Goa ini memiliki keunikan dan juga cerita serta mitos yang mengiringinya. Konon, dahulu di goa ini terdapat seorang yang bernama mbah jaga lautan yang mendiami goa ini. Apalagi, di tempat ini juga ada petilasan yang berupa makan yang sering dikunjungi oleh wisatawan, dimana mereka kemudian akan mengadakan do’a bersama di petilasan ini.

Lokasi wisata Goa Panggung adalah di Pangandaran, Ciamis Regency, West Java 46396. Kalian bisa mengakses tempat ini menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, pribadi maupun transportasi umum. Kalian juga bisa meminta agen travel kalian untuk memasukkannya dalam daftar kunjungan kalian khan?

Harga Tiket Masuk wisata Goa Panggung ini adalah sekitar Rp. 20.000 per orang dan jika ingin tidak merasa gelap ketika berada di dalam goa, kalian bisa menyewa senter dengan harga Rp. 10.000 per senter. Goa ini buka setiap hari dari pagi hingga petang hari.

22. PANTAI LEMBAH PUTRI PANGANDARAN

Pantai Lembah Putri foto instagram.com/medi_adhiana

Satu lagi pantai yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri adalah pantai Lembah Putri. namun sayangnya pantai ini nyaris terlupakan dan tidak dirawat dengan baik. Di pantai ini kita bisa menikmati keindahan pantai dan juga pemandangan atas bukit yang eksotis.

Tak hanya itu, di tempat ini kalian juga akan menemukan miniatur tembok cina yang membuat kalian ingin berfoto dan mengambil moment indah disini. Namun sayangnya pantai ini sedikit berkesan terlupakan dan tidak terawat terlihat dari rerumputan dan rimbunan tumbuhan gulma yang ada di sekitaran pantai dan miniatur tersebut.

Lokasi wisata Pantai Lembah Putri ini adalah Putrapinggan, Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat 46397. Kalian akan melihat tulisan di bukit di sebelah kiri jalan setelah pantai Karang Nini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Lembah Putri ini adalah Rp.3.000, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pantai ini bukan pantai yang ramai dikunjungi dan juga bukan yang terawat seperti pantai populer lainnya di pangandaran. Namun bagi kalian yang suka menyendiri dan mencari ketenangan, mungkin pantai ini adalah pilihan yang tepat.

23. PANTAI PALATAR AGUNG PANGANDARAN

Pantai palatar Agung foto Instagram.com/abd_rouf24

Selanjutnya, pantai indah lainnya di Pangandaran yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Palatar Agung. Pantai indah berlatar belakang pulau nusakambangan yang indah ini menyuguhkan berjuta keunikan dan keindahan yang masih jarang diketahui orang.

Ditempat ini kalian akan merasa seperti sedang berada di private beach karena memang belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini. Namun jangan salah, bukan hanya panorama indahnya yang menarik untuk dikunjungi namun juga adanya tradisi pesta laut, yang merupakan perhelatan tahunan, menikmati hidangan laut yang dijual di sekitar pantai, mendirikan tenda camping, dan bahkan menikmati indahnya sunset di sore hari.

Lokasi wisata Pantai Palatar Agung ini adalah Pamotan, Kalipucang, Ciamis Regency, West Java. kalian bisa mengunjungi tempat ini mengendarai kendaraan pribadi maupun umum. Pantai ini terletak + 20 km dari Pantai Pangandaran.

Harga Tiket masuk wisata Pantai Palatar Agung ini adalah sekitar Rp.5000 per orang. Wisata ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi jika kalian ingin mengunjunginya mungkin kalian sekalian ingin berkemah di pantai indah ini.

24.PANTAI KALAPA SATANGKAL PANGANDARAN

Pantai kalapa Satangkal foto instagram.com/luftimas

Pantai lain yang tak kalah indah dari pantai lainnya seperti pantai pangandaran ataupun karang nini adalah pantai Kalapa Satangkal. Seperti namanya, dipantai ini terdapat begitu banyak pohon kelapa. Pantai ini memiliki pasir hitam nan luas yang membuatnya semakin eksotis. Kalian bisa menikmati keasrian dan kealamian pantai ini karena belum banyak orang yang tahu dan berkunjung ke tempat ini.

Lokasi wisata Pantai Kalapa Satangkal ini adalah di Masawah, Cimerak, Pangandaran, West Java 46395. Kalian bisa mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Harga tiket masuk wisata pantai kalapa Satangkal adalah sekitar Rp. 5000. atau jika kalian mau datang dalam rombongan besar bisa menghubungi pengelolanya, karena tempat ini memang benar – benar masih perawan.

25. PANTAI SANGHYANG KALANG PANGANDARAN

Pantai Sanghyang Kalang foto instagram.com/Kowabangga

Yes….Pantai lagi ya sobat! karena memang pangandaran merupakan surga bagi para pecinta pantai. Tapi siapa sih yang tidak suka berlibur ke pantai? Nah pantai satu ini bernama Pantai Sanghyang kalang. Tempat ini baru terdengar gaungnya pada tahun 2017 yang lalu.

Belum begitu banyak wisatawan yang mengetahui tempat ini kecuali wisatwan lokal. Pantai ini menawarkan keindahan tersendiri bagi wisatawan. Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini termasuk salah sate tempat hiits dan kekinian di daerah Pangandaran karena terdapat jembatan kayu dan perahu kecil untuk mengunjungi hutan mangrove di sekitar pantai tersebut.

Lokasi wisata Pantai Sanghyang Kalang ini adalah Jalan Batukaras,Desa Batukaras,Cijulang, Pangandaran, jawa barat. Pantai ini terletak tak jauh dari pantai batu karas. jadi kalian bisa mengunjungi pantai ini sembari mengunjungi pantai batu karas.

Harga Tiket masuk wisata Pantai Sanghyang kalang adalah Rp. 10.000 per orang dan untuk menaiki perahu kalian harus membayar lagi, dan harganya biasanya tergantung banyaknya penumpang.

“Baca Juga: 31 Tempat Wisata Bandung Paling Keren & Hits 2019

Demikian adalah berbagai wisata yang terdapat di Pangandaran. Rekomendasi wisata dari jogja day diatas dapat menjadi solusi untuk liburanmu di Pangandaran. Masih banyak lagi lokasi wisata yang bisa kalian kunjungi di pangandaran, seperti Pantai Karang Seugeuh, Pantai Pangale, Pantai Bojong Salawe dan lainnya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!