22 Tempat Wisata Madura Terkenal, Keren & Wajib Di Kunjungi

Tempat Wisata Madura ~ Madura menjadi salah satu bagian pulau Jawa yang menawarkan berbagai pesona menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Tak kalah dengan wisata Bali, Lombok dan Surabaya, Madura pun memiliki pesona alam dan buatan yang patut dikagumi dan dinikmati keindahannya, jadi selama ada kesempatan jangan lewatkan untuk mengunjungi Madura.

Madura memang terkenal dengan budaya suku lokalnya yang keras, namun banyak orang tak menyangka bahwa di sana terdapat berbagai macam tempat wisata menarik. Serta keramahan warganya saat menyambut kedatangan para turis lokal maupun mancanegara. Madura tidak hanya memiliki daya tarik wisata hiburan saja, di sana terdapat tempat bersejarah yang bisa Kamu kunjungi.

Kamu akan mengetahui informasi tentang berbagai tempat wisata menarik di Madura jika mencari informasi seputar spot populer di sana. Oleh karena itu, jangan lewatkan bacaan ini sebelum Kamu mendapatkan beberapa informasi tentang destinasi wisata di Madura yang ingin dikunjungi. Berikut rekomendasi spot menarik yang bisa Kamu jadikan sumber referensi.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Di Bali Paling Keren & Hits 2019

22 Tempat Wisata Madura Paling Populer dan Keren

Hal yang paling dikenal masyarakat luas dari Madura tentu bahasanya yang sangat khas, serta corak dari simbol.yang dipopulerkan sebagai ciri khas Madura. Namun, terdapat hal lain yang selama ini justru dilewatkan oleh kebanyakan masyarakat, yakni tempat-tempat menarik di sana yang potensial dijadikan tempat wisata. Kamu pun tidak akan menyangka bahwa Madura memiliki ikon mempesona.

Madura memiliki lebih dari 20 tempat wisata mempesona, baik alam maupun buatan. Serta tidak jarang beberapa dari ikon tersebut merupakan tempat bersejarah yang tidak boleh Kamu lewatkan. Karena sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai sumber edukasi yang diperoleh dengan bersenang-senang, yakni menikmati spot-spot menarik di Madura.

Jika Kamu sering membuka media massa, seperti televisi, koran, atau media sosial, pasti Kamu lebih mengenal tentang beberapa lokasi mengagumkan di Madura. Agar Kamu tidak semakin penasaran dengan ikon menariknya, maka simaklah beberapa rekomendasi tempat wisata di Madura berikut ini.

1. Jaddih Hill Madura

Jaddih Hill Madura foto instagram.com

Tempat wisata Jaddih Hill di Pulau Madura akhir-akhir ini menjadi salah satu destinasi yang cukup populer. Tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga turis dari mancanegara, loh! Kamu bakal rugi kalau tidak segera mengunjungi Jaddih Hill di Madura, spotnya pun sangat cocok untuk dijadikan potret di media sosial.

Pesona yang membuat Jaddih Hil menarik untuk dinikmati karena tempat ini merupakan lokasi penambangan kuno batu bata berwarna putih. Penambangan tersebut notabene dilakukan secara tradisional, sehingga tidak mengalami kerusahan terlalu parah. Jika Kamu mengamati keindahannya, tampilan perbukitan tersbeut lebih mirip dengan tebing breksi di Yogyakarta.

Di sini, Kamu bisa berpetualang dan menjelajahi keindahan bukit dengan menaiki dan menuruni jalur yang dibentuk dari hasil pahatan tebing yang indah. Di beberapa lokasi pada bukit Jaddih ini, Kamu akan menemukan sebuah kolam alami yang indah berwarna biru kehijauan. Serta hamparan lingkungan hijau yang masih alami dan alami di atas bukit

Lokasi Wisata Jaddih Hill

Jaddih Hill Madura bisa Kamu kunjungi di Kecamatan Socah, tepatnya di Desa Jaddih, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Lokasinya berada pada jarak 10 kilometer di barat jika Kamu berasal dari pusat Kota Bangkalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Jaddih Hill

Pesona wisata alam Jaddih Hill memang sangat menarik. Namun, perlu Kamu ketahui bahwa harga tiket masuk untuk menikmati keindahannya sangat murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 saja, sangat terjangkau bukan? Tetapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung momen yang datang bertepatan di hari-hari terntentu.

2. The Suramadu Bridge Madura

Jembatan Suramadu foto instagram.com

Semua masyarakat di seluruh Indonesia tentu mengetahui jembatan paling populer yang menghubungkan kota Surabaya dan Madura ini. Ya, jembatan Suramadu memang menjadi salah satu jembatan nasional yang panjangnya mencapai 5.438 meter. Jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Di siang hari, Kamu bisa menikmati indahnya pembiasan cahaya di lautan, sementara di sore hingga malam hari Kamu bisa menikmati warna warni cahaya. Sinarnya berasal dari lampu-lampu berwarna-warni yang dipasang di sepanjang jembatan.

Lokasi Wisata

Kamu tidak akan kesulitan untuk mencari jembatan Suramadu karena sebagian besar masyarakatnya. Kamu pun bisa mendapatkan informasi dengan jelas melalui gmaps, maupun warga sekitar yang bertempat tinggal di Surabaya dan Madura. Tepatnya di Jl. Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota Surabaya, jika dituju dari arah Surabaya.

Harga Tiket Masuk Wisata

Kini Kamu juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk memasuki kawasan tol jembatan Suramadu. Karena pada Bulan Oktober 2018, presiden Jokowi telah menggratiskan tarif untuk melewati jembatan Suramadu.

3. Arosbaya Limestone Hill Madura

Arosbaya Limestone Hill Madura foto instagram.com

Destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya di Madura adalah Arosbaya Limestone Hill. Hampir mirip dengan latar belakang bukit Jaddih, Arosbaya merupakan sebuah bukit kapur yang  juga menjadi area penambangan yang dilakukan secara tradisional. Coraknya berbeda dengan bukit Jaddih, Arosbaya memiliki tebing yang berwarna coklat kemerahan sehingga membuatnya makin menarik.

Tebing-tebing kapur di bukit Arosbaya berada di dua sisi, dan tepat di tengahnya terbentuk jalan setapak yang subur dan hijau. Anda akan merasakan sensasi menakjubkan seorang sedang berada di luar negeri atau di lokasi setting film Hollywood terkenal. Kamu juga bisa mengamati keindahan sisa atau bekas pahatan para penambang yang membentuk pola indah.

Lokasi Wisata Arosbaya

Lokasi wisata bukit pelalangan Arosbaya ini bisa Kamu capai dengan menuju Kota Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya. Tepatnya di daerah Makam Air Mata Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Kota Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata Arosbaya

Harga tiket masuk wisata bukit kapur Arosbaya juga sangat murah, yakni hanya Rp 10.000 saja. Kamu bisa mengunjunginya mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore bersama keluarga atau pasangan.

4. Air Terjun Toroan Madura

Air Terjun Toroan Madura foto instagram.com

Indonesia memiliki banyak air terjun yang pemandangannya memukau, salah satunya berada di Madura, yakni air terjun Toroan. Selain memukau, air terjun Toroan juga sudah populer di berbagai kalangan masyarakan lokal dan internasional.  Oleh karena itu, sebagai warga asli Indonesia harusnya Kamu tidak melewatkan keindahan alam yang ditawarkan di Pulau Madura ini.

Keunikan dan daya tarik yang menonjol dari air terjun toroan ini berupa perpaduannya dengan pantai. Air terjun ini memang terletak di bibir pantai sehingga menyatu dengan air laut. Tingginya mencapai 20 meter saja, dan di bawahnya dikelilingi batuan serta pasir putih yang dangkal.

Lokasi Wisata Air Terjun Toroan

Letak air terjun Toroan berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kota Sampang, Madura. Jaraknya sekitar 105 kilometer dari arah kota Surabaya, atau 4 kilometer jika dihitung dari pusat Kota Sampang.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Toroan

Untuk memasuki air terjun Toroan, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk. Kamu hanya akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, sementara untuk mobil hanya sebesar Rp 10.000.

5. Pantai Lombang Sumenep Madura

Pantai Lombang Madura foto instagram.com

Sebagian besar wilayah Madura memang didominasi oleh pantai sehingga membuat Pulau ini dikenal sebagai Pulau Garam.  Pantai-pantainya sangat indah, termasuk salah satu di antaranya adalah Pantai Lombang di Sumenep, Madura.  Di pantai ini, Kamu bisa berenang di saat-saat tertentu ketika air laut sedang surut.

Selain itu, Kamu juga bisa menaiki kuda sambil mengelilingi pantai dengan berjalan di bawah pohon. Biaya yang perlu Kamu keluarkan untuk menaikinya cukup sebesar 10 ribu rupiah saja.  Atau menaiki perahu menuju lautan sambil menikmati ombak yang menderu perahu.

Lokasi Wisata

Untuk bisa menikmati panorama Pantai Lombang, Kamu bisa menuju ke Dusun Lombang, Pakembangan, Batang, Kabupaten Sumenep, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Sama seperti tempat wisata lainnya di Madura yang tiket masuknya dikenakan dengan biaya murah. Saat memasuki Pantai Lombang pun Kamu hanya perlu membayar tarif sebesar Rp 5.000 saja, serta parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, sementara Rp 10.000 untuk mobil.

6. Pantai Jumiang Madura

Pantai Jumiang Madura foto instagram.com

Di salah satu kota di Madura, yakni Pamekasan terdapat pantai yang tidak kalah menarik dengan destinasi pantai-pantai lain di Madura. Pantai Jumiang menjadi destinasi paling populer yang dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Ramainya kunjungan tersebut tentu diakibatkan beberapa ikon yang terbilang unik.

Pantai Jumiang menawarkan panorama pantai yang dipadukan dengan keindahan bukit yang masih hijau. Di sana juga terdapat spot foto yang sengaja dibangun untuk semakin memperindah pemandangan di Pantai Jumiang. Antara lain seperti taman bunga, ayunan, dan gubuk di atas bukit sambil mengambil beberapa foto yang menarik untuk diunggah ke media sosial.

Lokasi Wisata

Sama seperti namanya, Pantai Jumiang ini terletak di Dusun Jumiang, di Desa Tanjung, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Cukup dengan membayar tiket masuk dengan harga sebesar Rp 3.000, Kamu sudah bisa menikmati indahnya panorama Pantai Jumiang dari atas bukit. Harga tersebut berlaku setiap hari, baik saat hari-hari biasa, maupun hari libur akhir pekan.

7. Wisata Api Abadi Madura

Api Abadi Madura foto instagram.com

Salah satu ikon yang benar-benar populer di Madura, yang sempat tayang di berbagai media massa juga bisa Kamu kunjungi. Ikon tersebut berupa api yang tidak pernah padam sehingga kini disebut sebagai api abadi. Meskipun padam saat diguyur hujan, api tersebut akan menyala lagi saat hujan telah reda.

Api tersebut muncul dari tanah, Kamu bisa menyalakan api sendiri menggunakan korek api atau menggali tanah dengan tidak terlalu dalam. Dan api pun bisa menyala terus menerus tanpa memerlukan bahan bakar untuk menyalakannya.

Lokasi Wisata

Tempat wisata abadi menjadi salah satu ikon paling fenomenal yang tetap populer hingga kini. Untuk mengunjunginya, Kamu bisa datang ke Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlnakan, di Kabupaten Pamekasan, Madura. Letaknya tidak jauh dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, yakni sekitar 1 kilometer saja.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk memasuki tempat wisata api abadi, Kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja. Biaya tersebut Kamu harus kamu keluarkan saat mengunjunginya di hari biasa maupun hari libur akhir pekan.

8. Siring Kemuning Madura

Siring Kemuning Madura foto instagram.com

Tidak hanya Pantai Nepa, yang memiliki keindahan yang tidak kalah dengan beberapa pantai populer di Bali. Siring Kemuning ini juga sering disebut sebagai Pantai Kuta milik Madura. Jika Pantai Nepa dihuni oleh para kera, di sini Kamu akan disuguhkan indahnya bibir pantai yang memanjang,

Selain menikmati pemandangannya, Kamu bisa menaiki kuda untuk mengelilingi Pantai Siring Kemuning.  Kamu juga bisa bermain dan berenang di tepi laut bersama keluarga, karena ombaknya yang cukup ramah.

Lokasi Wisata

Untuk mengunjungi Pantai Siring Kemuning, Kamu bisa datang ke Desa Mecajah di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuknya juga terbilang murah, yakni sebesar Rp 3.000 saja tarif perorangnya.

9. Pantai Nepa Madura

Pantai Nepa Madura foto instagram.com

Sumber : https://www.instagram.com/p/BUvb9YXFthQ/?utm_source=ig_web_copy_link

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Pantai Kuta Bali yang paling populer di dunia hingga kini? Jika Kamu tidak ingin jauh-jauh ke Bali, namun ingin menikmati keindahan panoramanya, Kamu bisa mengunjungi Pantai Nepa, Madura. Di sini Kamu tidak hanya menikmati indahnya panorama laut, Kamu juga bisa bermain dengan para kera.

Hutan di wilayah pantai Nepa ini memang menjadi habitat asli para Kera, sehingga seringkali disebut Hutan Kera Nepa. Namun, berhati-hatilah saat membawa bekal atau makanan dalam tas Kamu. Kera-kera bisa memantau isi tasmu dan  mencurinya, lho! Jadi tetap berhati-hati, ya!

Lokasi Wisata

Lokasi Pantai Nepa terletak di Batioh, Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Lokasinya sangat mudah ditemukan menggunakan Gmaps, jadi Kamu tidak perlu khawatir meski belum mengenal wilayahnya.

Harga Tiket Masuk Wisata

Sama seperti kebanyakan pantai di Madura, tiket masuk Pantai Nepa hanya sebesar Rp 3.000 saja. Sangat murah dan ekonomis untuk dijadikan sebagai wisata keluarga.

10. Pantai Slopeng Madura

Pantai Slopeng Madura foto instagram.com

Wisata pantai di Madura belum berakhir seperti pada beberapa yang telah disebutkan di atas. Pantai Slopeng yang terletak di Desa Semaan memiliki keindahan panorama yang luar biasa. Kamu bisa memandang hamparan rumput yang luas dan rindangnya pepohonan di tepi pantai.

Lautnya berwarna biru jernih, dan pasirnya berwarna putih sehingga membuat pemandangan Pantai Slopeng sama seperti di pantai-pantai populer di dunia. Di sana Kamu bisa menikmati indahnya lautan dan ombak yang ramah dengan menaiki perahu  nelayan. Atau bisa juga mengelilingi pantai dengan menunggangi kuda.

Lokasi Wisata

Lokasi Pantai Slopeng berada di .Jl. Raya Slopeng, Trebung Ghetteng, Sema`an, Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai Slopeng berjarak sekitar 5 kilometer dari Pantai Lombang.

Harga Tiket Masuk Wisata

Sama seperti kebanyakan pantai di Madura, tiket masuk Pantai Slopeng hanya sebesar Rp 5.000 saja. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

11. Hill Travel Geger Madura

Hill Travel Geger Madura foto instagram.com

Madura memang dikelilingi pantai, dan wilayahnya pun terkenal memiliki suhu udara panas. Namun, beberapa tempat di Madura merupakan dataran tinggi berupa perbukitan yang menawan. Salah satunya adalah Hill Travel Geger, atau yang biasa dikenal sebagai Bukit Geger Bangkalan.

Tempat wisata yang memiliki hawa sejuk di Madura salah satunya memang berada di bukit Geger ini. Di sini Kamu bisa menikmati sejuknya hawa pegunungan , serta mengamati beberapa gua yang erat dengan kebudayaan asli di Madura. Kawasan ini masih benar-benar alami sehingga Kamu bisa mengambil spot foto dengan latar belakang hutan lebat.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk Bukit Geger terbilang sangat murah, yakni sebesar Rp 2.000 saja. Harga tersebut berlaku setiap hari, baik saat weekday maupun weekend.

12. Lake Blue Hill Jaddih Madura

Danau Biru Bukit Jaddih Madura foto instagram.com

Danau biru di Bukit Jaddih sebenarnya sempat dibahas pada paragraf sebelumnya. Destinasi wisata ini terletak di satu area wisata Bukit Jaddih,Madura, tepatnya di atas bukit Jaddih.

Danau biru Jaddih ini berasl dari bentukan bekas galian tambang, yang secara tak terduga memancarkan sumber mata air. Warna biru danau tersebut muncul karena adanya pantulan cahaya matahari dengan beberapa tebing yang mengapit danau. Kedalaman danau biru tersebut diperkirakan sepanjang 2 meter.

Lokasi Wisata

Karena berada di satu area wisata dengan Bukit Jaddih, Blue Lake Jaddih ini berada di wilayah Kecamatan Socah, Desa Jaddih, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi danau biru Jaddih. Namun, dikenakan tarif parkir yang sangat terjangkau, yakni sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

13. Sembilan Beach Gili Genting Madura

Pantai Sembilan Gili Genting Madura foto instagram.com

Pantai yang tidak kalah menarik lainnya adalah Pantai Sembilan, tempat ini juga menjadi salah satu destinasi paling populer saat ini. Di sini Kamu bisa menikmati panorama pantai dengan laut jernih berwarna biru dan pasir putih dengan ditemani ikon menarik. Seperti bungalov, ayunan, dan sebagainya. Kamu juga bisa menikmati beberapa santapan lezat khas Madura.

Ombaknya yang cukup tenang bisa dijadikan sebagai salah satu spot wisata. Kamu bisa menaiki berbagai jenis perahu menuju tengah laut bersama pemandu wisata. Serta menunggu pemandangan indah yang paling ditunggu oleh banyak wisatawan, yakni saat matahari terbenam di sore hari.

Untuk menikmati seluruh keindahannya, Kamu sebenarnya membutuhkan waktu beberapa hari. Kamu bisa menghabiskan hari-hari liburanmu di sini dengan menginap di Bungalov tepi pantai. Tarifnya pun beragam, tergantung pada fasilitas yang ditawarkan, rata-rata mencapai 500 ribu rupiah.

Kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut yang dihuni oleh habitat terumbu karang. Serta menghabiskan waktu untuk sekedar berenang maupun menyelam.

Lokasi Wisata

Lokasi Pantai Sembilan sangat mudah dijangkau, Kamu bisa mengunjungi Desa Bringsang di Kepulauan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura. Jika telah sampai di desa tersebut, Kamu bisa bertanya kepada warga sekitar karena tempat tersebut sudah sangat populer. Hingga mendapatkan julukan The Soul of Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Pemandangan eksotis yang bisa Kamu dapatkan di Pantai Sembilan Gili Genting ini sangat murah dan ekonomis. Pasalnya, Kamu tidak akan dikenakan biaya untuk tiket masuk, namun hanya tariff parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tarif yang harus Kamu keluarkan selain untuk parkir, juga untuk menikmati beberapa fasilitas, seperti snorkeling, menunggangi kuda. Serta menghabiskan beberapa hari dengan bermalam di bungalov tepi pantai.

14. Alun-Alun Arek Lancor Pamekasan Madura

Alun-Alun Arek Lancor Pamekasan Madura foto instagram.com

Alun-alun di bayangan Kamu mungkin seperti lokasi pada umumnya yang menjadi taman yang berada di pusat kota. Begitupun dengan Alun-alun Arek Lancor Pamekasan, namun di sini terdapat ikon menarik berupa monument yang dibangun sebagai bentuk penghargaan para pejuang. Monumen arek Lancor tersebut menjadi salah satu simbol para pahlawan yang pernah berjuang demi tanah Madura.

Lokasi Wisata

Lokasi Alun-alun Arek Lancor Pamekasan terbilang cukup strategis, yakni di Jl. Jokotole, Barurambat Timur, Panggung, Barurambat Tim, Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk menikmati monument bersejarah ini. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Kamu pun bisa mengunjunginya setiap hari dan setiap waktu bersama, teman, keluarga, atau pasangan.

15. Sumenep Palace Museum Madura

Museum Sumenep Madura foto instagram.com

Madura tidak hanya mempunyai tempat-tempat dengan daya tarik alami saja, tetapi juga wisata edukasi sejarah, lho! Salah satu lokasinya yakni Sumenep Palace Museum, atau lebih dikenal sebaga Istana Museum Kota Sumenep. Di sini Kamu bisa mengamati berbagai sejarah Kota Madura pada saat pra hingga pasca kemerdekaan.

Museum ini biasa disebut Museum Keraton Sumenep, karena bangunan tersebut memang sebuah keratin pada masa kesultanan Madura di Sumenep. Kamu bisa mengamati beberapa artefak berharga peninggalan kesultanan Sumenep sebelum Indonesia merdeka. Kamu juga bisa mempelajari tentang sejarah pemerintahan Sultan di sana.

Lokasi Wisata

Untuk mengunjungi Museum Keraton Sumenep, Kamu bisa datang ke Jl. Dr Dutomo No. 06, Pajagalan, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura. Kamu bisa menggunakan navigasi dari peta digital dengan mudah saat sudah berada di pusat Kota Sumenep.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk museum Sumenep sangat terjangkau, yakni Rp 4.000 saja. Harga tersebut berlaku pada hari-hari biasa dan hari libur.

16. Great Mosque of Sumenep Madura

Masjid Sumenep Madura foto instagram.com

Perlu Kamu ketahui, bahwa masyarakat di Madura memiliki keterikatan yang kuat dengan religi atau agama. Di sana Kamu bisa mengamati bahwa orang-orang benar-benar memegang tegung ajaran yang dianjurkan para tokoh agama, seperti Kyai. Oleh karena itu, Madura memiliki salah satu tempat dengan daya tarik wisata religi, yakni Masjid Agung Sumenep.

Di Masjid Agung Sumenep, Kamu akan menemui ramainya kunjungan wisatawan yang juga bertujuan untuk berziarah. Keramaian tersebut tak kunjung henti, apalagi jika Kamu mengunjunginya di hari libur. Bangunannya sangat besar dan megah seperti istana kesultanan pada masa lalu.

Masjid Agung ini juga memiliki sejarah yang tidak boleh Kamu lewatkan, karena berkaitan erat dengan pemerintahan kesultanan di Kota Sumeneb. Bahkan ada beberapa ikon menarik yang dikaitkan dengan mitos rakyat yang bisa membuatmu tertarik dengan kisahnya. Arsitektur bangunan di dalam masjid pun tidak kalah mengagumkan, yakni memadukan aliran budaya dari Tionghoa, Jawa, serta Madura dan Eropa Klasik.

Lokasi Wisata

Jika Kamu mencari lokasinya pada navigasi peta digital, maka kunjungilang Kecamatan Bangselok, Kota Sumenep, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk mengunjungi wisata religi ini, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, alias gratis. Semuanya berlaku di hari libur maupun hari biasa sehingga di sini Kamu bisa beribadah sambil menikmati indahnya bangunan masjid.

17. Bukit Lampion Beramah Madura

Bukit Lampion Beramah Madura foto instagram.com

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya, bahwa Madura dipenuhi dengan kawasan perbukitan dan pantai. Setiap bukitnya memiliki keindahan alam yang memukau, dan sangat cocok jika dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satunya seperti Bukit Lampion Beramah, atau lebih dikenal dengan sebutan Bukit Lampion galis.

Bukit ini telah dikembangkan menjadi wisata buatan bisa bersaing dengan objek wisata di lain tempat. Di sini menawarkan beberapa spot foto buatan yang instagrammable sehingga cocok bagi Kamu untuk menghbiskan waktu liburan di sini. Kamu bisa mengamati indahnya dataran rendah melalui papan kayu berbentuk hati bersama teman atau pasangan.

Di samping papan terdapat ranting pepohonan yang sudah kering, dengan dipenuhi hiasan lampu-lampu yang sengaja dibuat agar lebih menarik. Jika Kamu mengunjunginya akhir-akhir ini, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat karena masih berada dalam tahap pembangunan dan pengembangan.

Lokasi Wisata

Lokasi wisata Bukit Lampion Beramah berada tepat di Desa Daleman, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan Madura. Jangan rau untuk bertanya kepada warga sekitar, karena lokasinya sudah cukup populer. Kamu juga bisa menemukan lokasinya dengan mudah melalui navigasi peta digital.

Harga Tiket Masuk Wisata

Sama seperti tempat-tempat wisata lain, di sini Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000. Serta membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor.

18. Hill Nature Brukoh Madura

Hill Nature Brukoh Madura foto instagram.com

Beralih ke Kota Pamekasan, di sana juga terdapat bukit yang menawarkan pemandangan alam yang sangat menarik. Bukit tersebut lebih dikenal dengan nama Bukit Brukoh, yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta petualangan alam karena tempatnya yang masih alami. Dari atas bukit Kamu bisa menikmati pemandangan dataran rendah dan perkotaan.

Selain itu, Kamu juga bisa menikmati tidur siang serta berfoto dengan fasilitas hammock. Dengan latar belakang hamparan sawah yang luas serta rumbunnya pepohonan hijau di dataran rendah. Selain hammock, Kamu juga bisa berfoto dengan menaiki ayunan yang dilator belakangi dataran dari ketingian yang cukup mendebarkan.

Lokasi Wisata

Bukit Brukoh sangat mudah dijangkau jika Kamu telah mengunjungi Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, Madura. Meskipun tempat wisata ini tergolong masih baru, tetapi banyak wagra yang telah mengenalnya. Dan hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Pamekasan.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk untuk menikmati berbagai spot menarik di Bukit Brukoh hanya sebesar Rp 3.000. Dengan harga tersebut Kamu tidak perlu membayar biaya  fasilitas tambahan lagi.

19. Mercusuar Bangkalan Madura

Mercusuar Bangkalan Madura foto instagram.com

Jika Kamu menginginkan destinasi wisata yang sama seperti di dalam film-film kesukaanmu, maka datanglah ke Mercusuar Bangkalan. Atau yang biasa disebut Mercusuar Sambilangan, di sini Kamu bisamengambil foto yang instagrammable seperti berada di luar negeri. Pasalnya, berbagai spot di sekitar mercusuar sangat cocok dijadikan latar belakang.

Selain menikmati indahnya pemandangan laut dan hamparan rumput hijau dari ketinggian, Kamu juga bisa mengambil potret dirimu dengan pemandangan tersebut. Atau, bisa juga mengambil dari beberapa sudut. Misalnya di bawah kaki mercusuar dengan latar belakang bangunan Menara mercusuar yang tinggi.

Lokasi Wisata

Lokasi wisata Mercusuar Sambilangan ini berada di Jl. Sembilangan, Socah, Pernajuh, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Jarak dari Kota Bangkalan hanya sekitar 6 kilometer saja.

Harga Tiket Masuk Wisata

Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk menikmati indahnya panorama dan spot foto dari mercusuar tanpa ketetapan biaya. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000. Dengan harga tersebut Kamu pun bisa mengamati pemandangan selama berjam-jam sepuasnya.

20. Taman Adipura Kota Sumenep Madura

Taman Adipura Kota Sumenep Madura foto instagram.com

Beberapa taman di Kota Sumenep, Madura memiliki ikon unik dan tidak bisa dilewatkan karena beberapa berkaitan dengan ciri khas atau sejarah. Salah satu ikon tersebut berada di Taman Adipura Kota Sumenep. Di sana Kamu bisa bersantai sambil menikmati indahnya taman bunga, dengan air mancur di tengah taman tersebut.

Taman Adipura merupakan taman terbuka hijau yang sengaja dibangun di tengah jantung Kota Sumenep. Di sekitar taman Adipura, Kamu juga bisa berwisata kuliner menikmati beragam makanan khas Kota Madura. Kebanyakan kuliner tersebut masih sangat tradisional, seperti rujak, jagung, es kacang ijo, nasi campur, dan  masih banyak yang lainnya.

Jika Kamu usai berwisata religi di Masjid Agung Sumenep, maka jangan leatkan untuk mengunjungi taman ini karena lokasinya berdekatan. Hanya berjarak beberapa meter saja, Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan taman bersama ramainya lingkungan perkotaan dari sini.

Lokasi Wisata

Lokasi taman Adipura Kota Sumenep sangat mudah ditemukan karena tepat berada di Pajagalan, Kota Sumenep. Jika tidak ingin tersesat, sebaiknya ikuti rute navigasi peta, serta bertanyalah kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Wisata

Lokasi wisata seperti taman maupun alun-alun di Madura biasanya tidak dipungut biaya. Begitupun, di Taman Adipura ini, Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasukinya. Kamu juga tidak dikenai tiket parkir untuk mengunjungi tempat ini.

21. Wisata Pantai Talang Siring, Pamekasan, Madura

Pantai Talang Siring Madura foto instagram.com

Masih pada pembahasan keindahan pantai-pantai di Madura yang memukau, salah satunya adalah Pantai Talang Siring, di Kota Pamekasan, Madura. Pantai Talang Siring tergolong sebagai pantai selatan, sehingga Kamu harus berhati-hati ketika menceburkan diri ke laut. Namun, Kamu masih bisa menikmati keindahan pantai selatan yang ombaknya terkenal cukup besar.

Di Pantai Talang Siring terdapat banyak pohon Mangrove yang rimbun, serta beberapa perahu nelayan yang diletakkan di bawahnya. Bagi Kamu yang ingin menaiki perahu tentu bisa asalkan mendapatkan perizinan terlebih dahulu dari para nelayan. Mengingat ombak pantai selatan yang tidak cukup ramah

Lokasi Wisata

Pantai Talang Siring berada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk pantai Talang Siring sebesar Rp 3.000, sama seperti pada pantai-pantai lainnya di Madura.

22. Objek Wisata Taman Rekreasi Kota Bangkalan Madura

Taman Rekreasi Kota Bangkalan Madura foto instagram.com

Wisata Taman buatan yang cukup menarik untuk dikunjungi di Kota Bangkalan adalah Taman Rekreasi Bangkalan. Areanya cukup luas dan sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, karena terdapat banyak sekali wahana permainan anak.

Anak-anak bisa menghabiskan waktu bermain menyenangkan di kolam renang, sambil bermain perosotan, atau menaiki perahu. Selain itu terdapat playground yang dipenuhi wahana bermain, seperti ayunan, dan sebagainya.

Lokasi Wisata

Lokasi taman ini berada tepat 2 kilometer dari Bangkalan Plaza, serta di belakang bangunan Stadion Gelora Bangkalan Soekarno Hatta. Tepatnmya di Jl. Mlajah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk untuk taman buatan seperti ini terbilang sangat murah, yakni hanya Rp 5.000. Namun, untuk menikmati wahana lainnya Kamu harus menghabiskan biaya sebanyak Rp 3.000 hingga Rp 6.000.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Lombok Terkenal & Hits 2019

Destinasi wisata di Madura memang tidak kalah menarik dengan wisata di Bali dan Surabaya. Keindahan tersebut sangat terjangkau untuk dinikmati oleh berbagai kalangan. Pasalnya tarif rata-rata yang dikenakan untuk tiket masuk sangat murah, di bawah Rp. 10.000. Rekomendasi wisata dari jogja day ini dapat menambah wawasan destinasi wisata untuk liburanmu.

Dengan harga tersebut, ada beberapa fasilitas di beberapa tempat wisata yang dikenai biaya tambahan. Namun, sama sekali tidak mahal, semuanya sangat ekonomis dan terjangkau, yakni berada di kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 15.000 saja. Meskipun fasilitas tersebut tergolong mewah, tetapi harga justru murah.

Bagi Kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat wisata yang menawarkan keindahan alam ataupun buatan. Madura merupakan pulau yang cocok untuk Kamu kunjungi, selain harganya ramah, wisatanya juga tidak kalah berkelas dengan tempat-tempat lain yang lebih populer.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!