31 Tempat Wisata Di Solo Surakarta Terkenal, Populer & Hits 2019

Tempat Wisata Solo ~ Solo dikenal dengan kota Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata budaya dan wisata kekinian yang wajib dikunungi. Kota solo masih memiliki kultur jawa yang sangat kental, dan kota ini cukup bangga dengan berbagai budaya yang mereka punya.

Kota yang memiliki slogan “The Spirit of Java” ini dahulu merupakan satu kesatuan wilayah kerajaan Mataram, hingga pada tahun 1775 sejak ditandatanganinya perjanjian Giyamti. Kerajaan Mataram terpecah menjadi dua menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasultanan Surakarta. Oleh sebab itu, terdapat beberapa kemiripan antara kebudayaan di Yogyakarta dan di Surakarta. Hingga kini, kasultanan Surakarta masih berdiri meskipun terpecah menjadi dua kasultanan lagi.

Solo merupakan kota yang strategis, dimana kota ini terletak di perlintasan jalan antara Yogyakarta dan Semarang. Dan untuk menuju ke kota Solo, terdapat beberapa rute yang bisa anda ambil. Jika anda menaiki pesawat, anda bisa langsung menuju ke Bandara Adi Sumarmo yang terletak di pinggir kota. Dari Bandara anda bisa menaiki Bus Trans Solo untuk menuju ke pusat kota.

Anda juga bisa menaiki kereta api, dimana Solo memiliki 3 stasiun besar, yaitu stasiun Purwosari, stasiun Balapan dan Stasiun Jebres  yang bisa anda gunakan untuk tempat naik maupun turun kereta.

Untuk fasilitas transportasi di dalam kota, terdapat Bus Trans Solo yang biasanya berwarna biru yang siap mengantar perjalanan anda dari halte ke halte. Selain itu, kota solo juga menyediakan Bus wisata “Werkudara” yang siap menemani anda berkeliling kota Solo yang sejuk nan rindang.

Selain itu, pemerintah kota Solo juga menyediakan kereta wisata “Jalatundra” yang melintasi  tengah kota yang didesain dengan beberapa motif batik khas kota Solo.

Kota Solo juga dianugerahi pemandangan alam yang menawan, terutama di Tawang Mangu yang berada di kaki gunung Lawu. Dimana terdapat banyak wisata untuk dijelajahi.

Kota solo memiliki banyak sekali tempat wisata untuk dikunjungi, apa sajakah itu? Yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Solo berikut ini.

“Baca Juga: 31 Tempat Wisata Di Malang Terkenal, Keren & Wajib Dikunjungi

1. Tempat Wisata Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Surakarta eko_parkir
keraton Surakarta: Foto by Instagram/eko_parkir

Wisata di Solo yang pertama bisa kamu kunjungi adalah Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton ini didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II pada tahun 1744 di desa Sala, dimana desa tersebut dahulu merupakan pelabuhan sungai kecil di tepi sungai Bengawan Solo yang sekaligus merupakan sungai terpanjang di Jawa. Hingga saat ini keraton kasunanan surakarta masih digunakan sebagai tempat tinggal raja, dan berbagai tradisi warisan pendahulu kerajaan juga masih di lestarikan hingga sekarang.

Dipintu depan keraton, biasanya terdapat dua penjaga keraton lengkap dengan seragam keraton yang unik yang bisa diajak untuk berfoto. Biasanya mereka meminta dana seikhlasnya ketika diajak berfoto. Namun, sayang sekali anda tidak diperkenankan untuk memasuki kraton dari pintu utama, melainkan dari samping melewati museum keraton.

Untuk menuju ke museum, anda tinggal berjalan kurang lebih 100 meter menuju timur dari pintu keraton. Dimana untuk masuk kedalam museum, anda diharuskan membayar Rp 10.000.

Di Museum keraton anda akan disuguhkan berbagai artefak kuno peninggalan dari raja-raja terdahulu seperti benda-benda tradisional yang digunakan untuk bercocok tanampada zaman dulu, bagian dek kapal yang berbentuk kepala naga, gamelan, kereta kencana dari susuhan Pakubuwono awal hingga sekarang, lukisan, berbagai replika pusaka kerajaan dimana beberapa diantaranya adalah hadiah dari raja-raja dari Eropa dan masih banyak lagi yang bisa anda lihat disini.

Di bagian ujung musuem terdapat pintu besar menuju dalam keraton, dimana untuk memasukinya anda diharuskan untuk melepas alas kaki anda. Disana anda hanya diperbolehkan berjalan-jalan di area yang sudah ditentukan.

Keraton Kasunanan Surakarta beralamat  di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta.

Dan Buka setiap hari Senin hingga kamis, mulai pukul  09.00 hingga 14.00 dan sabtu, minggu buka dari jam 09.00 hingga jam 15.00.

2. Wisata Kebun Binatang Taru Jurug Solo

Kebun Binatang Jurug: Foto by Instagram/Jerryputrap
Kebun Binatang Jurug: Foto by Instagram/Jerryputrap

Kebun Binatang Taru Jurug merupakan salah satu wisata keluarga di Solo yang sudah ada sejak tahun 1939. Disini anda bisa bersantai menikmati sejuknya suasana solo, sambil menilik berbagai satwa yang seperti harimau, zebra, gajah, komodo, kera, berbagai burung dan masih banyak lagi.

Selain itu, disini juga terdapat berbagai pepohonan langka yang membuat kebun binatang Taru Jurug menjadi rindang dan sangat cocok untuk bersantai. Selain itu, Kebun binatang ini juga terkadang mengadakan beberapa pertunjukkan seperti pertunjukkan musik hingga kesenian reog.

Kabun binatang ini juga dilengkapi dengan dancing fountain, atau air mancur menari yang memadukan, gerakan air mancur dan pertunjukkan lampu yang memukau.

Kebun binatang taru Jurug terletak di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta dan anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai jam 07.00 hingga jam 16.00.

3. Agrowisata Sondokoro Solo

Agrowisata Sondokoro : Foto by Instagram/dimassuyanto
Agrowisata Sondokoro : Foto by Instagram/dimassuyanto

Agrowisata di Solo yang bisa kamu kunjungi adalah Sondokoro. Sondokoro merupakan kompleks pabrik gula yang masih aktif hingga saat ini. Sondokoro merupakan sebuah taman yang asri dan sejuk yang dipenuhi pepohonan rindang. Disini anda bisa melihat bekas mesin – mesin pembuat gula yang sudah tidak digunakan.

Salah satu atraksi utama di taman ini adalah kereta api uap langka peninggalan zaman belanda yang bisa anda naiki untuk menikmati suasana di sekitar Agrowisata dan pabrik gula. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pijat refleks, kebun binatang mini, spot terapi ikan, flying fox, dan terkadang juga terdapat pertunjukkan live musik disini.

Agrowisata Sondokoro terletak di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, Surakarta, untuk masuk kedalam taman ini, anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 4.000. Taman ini buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga jam 17.00.

4. Kampung Batik Kauman dan Laweyan Khas Solo

Kampung Batik Laweyan : Foto by Instagram/athena_butik
Kampung Batik Laweyan : Foto by Instagram/athena_butik

Mau belanja batik khas Solo? Kunjungi kampung batik laweyan dan kauman Solo. Solo memang terkenal dengan motif-motif batiknya yang khas. Dimana kampung batik kauman merupakan sentra batik yang memproduksi batik-batik yang digunakan untuk keluarga keraton. Di sepanjang gang yang kecil dan berkelok kelok, anda akan melihat berbagai batik yang dipajang di berbagai butik-butik batik. Kampung Batik Kauman terletak tidak jauh dari Keraton kasunanan tepatnya di Jalan Dr. Radjiman No. 1 desa Kauman, Pasar Kliwon, Solo.

Jika batik kauman didominasi dengan warna-warna gelap, berbeda dengan batik Laweyan yang memiliki warna yang cenderung terang. Kompleks batik Laweyan terletak di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan Surakarta. Produk-produk batik Solo memiliki kualitas yang terbilang baik dan banyak diantaranya yang diekspor keluar negeri.

5. Tempat Wisata Pura Mangkunegaran Solo

Pura Mangkunegaran : Foto by Instagram/dimasdayanto
Pura Mangkunegaran : Foto by Instagram/dimasdayanto

Wisata budaya di Solo yang bisa dikunjungi adalah Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran merupakan contoh arsitektur rumah joglo kuno yang digabungkan dengan sentuhan arsitektur Eropa yang elegan. Pura Mangkunegaran ini merupakan tempat tinggal KGPAA Mangkunegaran II yang dibangun pada tahun 1757.

Didepan bangunan utama terdapat sebuah taman dengan rumput hijau dan air mancur bergaya eropa di tengahnya. Sedangkan didalam keraton anda bisa melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah disini.

Pura Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito no. 83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta dan buka setiap hari senin hingga sabtu jam 08.30 hingga 14.00, sedangkan untuk hari minggu buka dari jam 08.30 hingga jam 13.00.

6. Wisata Monumen Pers Nasional Solo

Monumen Pers : Foto by Instagram/lida_buaya
Monumen Pers : Foto by Instagram/lida_buaya

Monumen pers nasional ini dibangun pada tahun 1918 dimana digunakan sebagai tempat pertemuan wartawan dari seluruh indonesia yang tergabung dalam Persatuan Wartawan indonesia atau disingkat PWI. Monumen ini dahulu bernama Societeit Sasana Soeka dan berubah fungsi menjadi museum pada tahun 1978.

Di lantai satu monumen  ini anda akan disuguhkan berbagai koleksi pers zaman dahulu, seperti majalah dan kotan pada zaman kuno, kamera kuno, alat pemutar audio kuno, piringan hitam, mesin ketik kuno, kenthongan, dan berbagai benda lain yang berhubungan dengan dunia pers pada umumnya. Selain itu, juga terdapat mekanisme  penyampaian media pada masa belanda dan patung tokoh-tokoh pers nasional.

Di lantai atas terdapat perpustakaan yang menampung berbagai koleksi buku lengkap yang dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman serta wifi gratis yang bisa anda gunakan setiap saat. Museum ini juga digunakan untuk seminar-seminar pers, komunikasi dan media.

Monumen pers ini terletak di Jl. Gajah Mada No. 59, Surakarta dan anda tidak dikenakan biaya masuk untuk bisa menjelajah museum ini. serta monumen ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

7. Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Museum Radya Pustaka : Foto by Instagram/soloindonesia
Museum Radya Pustaka : Foto by Instagram/soloindonesia

Museum Radya Pustaka merupakan sebuah wisata museum di kota solo yang berisi benda-benda peninggalan di era kerajaan Mataram. Museum ini berdiri pada tahun 1890 yang kemudian pada tahun 1913 musem ini dipindahkan ke tempat sekarang.

Terdapat banyak koleksi benda-benda bersejarah yang bisa anda lihat disini, diantarnya yaitu sebuah buku karya Pakubuwono IV yang berisi berbagai hal yang berhubungan dengan pemerintahan yang berjudul buku Wulang Reh. Dan salah satu koleksi paling populer disini adalah hadiah yang diberikan oleh Napoleon Bonaparte kepada Susuhan Pakubuwono V berupa sebuah porselen antik yang indah.

Selain itu disini juga terdapat, galangan kapal yang pernah digunakan oleh kerajaan Mataram, berbagai koleksi keris, wayang, gamelan, keramik, dan berbagai arca era hindu dan Budha. Selain itu, museum ini juga dilengkapi dengan perpustakaan kecil yang berisi mengenai sejarah dan hal-hal yang berkaitan erat dengan ilmu kejawen.

Museum Radya Pustaka terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, solo. Dimana museum ini buka setiap hari selasa hingga minggu mulai dari jam 09.00 hingga jam 16.00 WIB. Untuk masuk kedalam museum anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000.

8. Wisata Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang : Foto by Instagram/Sube_eki
Taman Balekambang : Foto by Instagram/Sube_eki

Sebuah taman luas yang dibangun pada tahun 1921 oleh Mangkunegaran VII yang dipersembahkan untuk kedua putrinya yang bernama Gusti Raden Ayu Partinah dan Partini.

Taman ini memiliki luas sekitar 9,8 hektar dimana didominasi oleh pepohonan rindang yang berusia ratusan tahun dan sebuah kolam besar yang berada di tengah-tengah taman. Merupakan tempat nongkrong yang asyik untuk anda yang ingin bersantai bersama teman-teman, pacar maupun keluarga anda.

Di sini terdapat bangku taman yang unik, serta rerumputan hijau yang menyelimuti hampir seluruh taman. Selain itu disini juga terdapat beberapa ruang teater, seperti ruang teater tari dan gamelan. Terdapat juga rusa dan ayam hias yang dibiarkan bebas berkeliaran di taman ini.

Taman Balekambang terletak di Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, dimana untuk memasuki taman ini anda tidak dikenakan biaya masuk, dan hanya dikenakan biaya parkir saja. Taman ini buka setiap hari dari jam 06.00 hingga jam 17.00 WIB.

9. Wisata Museum Purba Sangiran

Museum Sangiran : Foto by Instagram/sanarasyid_
Museum Sangiran : Foto by Instagram/sanarasyid_

Salah satu museum yang cukup populer di nusantara, dimana Museum ini  ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Di museum ini anda akan disuguhkan berbagai penemuan-penemuan pra sejarah, salah satu yang paling terkenal adalah gading mamoth yang berasal dari jutaan tahun yang lalu.

Selain itu, anda juga akan disuguhkan berbagai diorama manusia purba pada zaman dahulu mulai dari kehidupanya, rumah, bagaimana cara mencari makan dan lain sebagainya. Museum ini juga merupakan salah satu museum yang menjadi pusat penelitian manusia purba di Asia.

Museum ini juga dilengkpai dengan ruang audio visual yang sangat menarik yang membantu anda untuk lebih memahami materi yang disampaikan di museum ini. Diluar museum anda bisa membeli berbagai pernak pernik khas purba untuk oleh-oleh teman ataupun keluarga anda di rumah.

Museum ini terletak di Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Sragen sekitar 17 kilometer dari pusat kota solo. Buka dari hari selasa hingga minggu mulai jam 08.00 hingga jam 16.00 WIB dengan hanya membayar Rp 6.000 bagi wisatawan domestik.

10. Museum Batik Danar Hadi Surakarta

Museum Batik Danar Hadi : Foto by Instagram/dosewa
Museum Batik Danar Hadi : Foto by Instagram/dosewa

Museum Batik Danar Hadi memiliki berbagai koleksi batik dengan berbagai model dan corak mulai dari batik-batik dengan motif tradisional hingga batik-batik bermotif kontenporer yang berasal dari seluruh Indonesia.

Selain bisa melihat berbagai motif batik, disini anda juga menyaksikan proses membatik secara langsung, dimana bisa menambah pengetahuan anda mengenai salah satu warisan budaya bangsa ini.

Mseum ini terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta. Museum ini buka setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga jam 17.30.

11. Ngarsopuro Night Market Surakarta

Ngarsopuro Night Market : Foto by Instagram/nadiaisel
Ngarsopuro Night Market : Foto by Instagram/nadiaisel

Bagi anda yang ingin menikmati suasana malam minggu di kota Solo, dan ingin berbelanja souvenir khas Solo, Ngarsopuro Night Market bisa anda jadikan sebagai salah satu tujuan utama anda. Di Ngarsopuro night market terdapat banyak pedagang mulai dari pakaian, boneka, serta berbagai macam kuliner khas Solo.

Pasar malam ini memiliki penataan yang bagus dan rapi, dimana tatananya digadang-gadang menyerupai Orchid Road. Tenda berwarna putih berderet di sepanjang jalan yang dihiasi dengan lampu-lampu yang terang.

Pasar Malam ini terletak di depan Pura Mangkunegaran, tepatnya di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Dimana hanya buka setiap hari Sabtu mulai jam 16.00 hingga jam 23.00 WIB.

12. Galabo Solo

Galabo Solo : Foto by Instagram/ganitri9
Galabo Solo : Foto by Instagram/ganitri9

Solo memang terkenal dengan kulinernya yang khas dan lezat, dan tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke kota Solo tanpa menikmati makanan khasnya. Salah satu tempat populer untuk menikmati wisata kuliner di kota Solo adalah di Galabo yang merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan.

Disini anda bisa mencicipi berbagai kuliner khas Solo seperti timlo, Bakso, sate, ayam bakar, nasi goreng, berbagai seafood dan masih banyak lagi. Biasanya pada akhir pekan, diadakan live musik yang akan membuat wisata kuliner anda semakin menyenangkan.

Galabo Solo terletak di sepanjang Jalan Mayor Sunaryo tepatnya di depan Pusat Grosir Solo dan buka mulai jam 17.00 hingga jam 24.00 WIB.

13. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa water Park : Foto by Instagram/Ningsihpriya89
Pandawa water Park : Foto by Instagram/Ningsihpriya89

Pandawa Water World Solo Baru resmi dibuka pada tahun 2017 merupakan sebuah wahana permainan air terlengkap di Solo. Terdapat lebih dari 27 wahana yang bisa anda nikmati di taman air ini, seperti Sight Tower, extreme Slides, areated spa, fantastic, wave pool, warm spa dan masih banyak lagi yang bisa anda coba.

Sebelum menuju jalan masuk ke area taman air ini, anda akan disambut dengan 5 patung yang berwarna emas yang berdiri di sudut sudut jalan. Patung-patung tersebut adalah tokoh-tokoh pandawa dalam pewayangan yaitu puntadewa,Werkudara, janaka, Nakula dan Sadewa.

Sedangkan didalam Pandawa Water World Solo terdapat patung besar yang menjadi landmark dari pandawa water World ini.

Taman air ini terletak di Sektor I Solo Baru, Sukoharjo, Solo. Buka setiap hari dari jam 08.00 hingga jam 18.00. Tiket masuk untuk bisa menikmati semua wahana disini adalah Rp 100.000, dimana anda sudah mendapatkan paket makan siang disini.

14. Pasar Klewer Solo

Kampung Batik Laweyan : Foto by Instagram/athena_butik
Kampung Batik Laweyan : Foto by Instagram/athena_butik

Salah satu wisata belanja terpopuler di Solo adalah pasar Klewer, sebuah pasar tekstil terbesar di kota Solo. Di pasar ini anda bisa membeli berbagai produk tekstil seperti batik dan berbagai pakaian import maupun lokal.

Di pasar klewer terdapat lebih dari 2.000 pedagang yang berjualan di dalam maupun diluar pasar. Selain menjual berbagai produk fashion seperti kaos, kemeja, celana, jersey dan lain sebagainya. Disini anda juga bisa mencicipi berbagai makanan khas Solo yang lezat, seperti gado-gado, bakso, timlo, soto dan lain sebagainya.

Pasar Klewer terletak di Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, tidak jauh dari keraton kasunanan Surakarta. Biasanya kunjungan ke sekitar pasar klewer satu paket dengan kunjungan ke Galabo, benteng Vasternburg, dan Kraton Kasunanan surakarta. Buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

15. Wisata di Candi Cetho

Kampung Batik Laweyan : Foto by Instagram/athena_butik
Kampung Batik Laweyan : Foto by Instagram/athena_butik

Candi Cetho merupakan sebuah candi yang cukup populer di kota Solo, dimana terletak di kaki gunung Lawu. Perjalanan menuju candi ini melewati kebun the yang indah dan luas,  namun jalan yang dilalui cukup ekstrim.

Candi cetho merupakan salah satu candi Hindu yang sudah ada sejak era kerajaan Majapahit. Hingga hari ini, candi cetho masih digunakan sebagai tempat untuk peribadahan umat Hindu disekitar candi.  Untuk bisa masuk ke area candi, anda harus menggunakan kain poleng yaitu kain kotak-kotak hitam putih yang sudah disediakan oleh pengelola.

Salah satu landmark di candi cetho adalah gerbang masuknya yang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pura sarawanti di Bali. Diatas candi cetho terdapat beberapa candi lagi yang masuk kedalam kompleks candi cetho, yaitu candi saraswanti dan candi kethek.

Candi cetho terletak di dusun cetho, gumeng, Jenawi, Karangayar. Untuk dapat masuk kedalam kompleks candi anda akan dimintai biaya sebesar Rp 7.000 dan nikmati bangunan bersejarah yang berlatarkan keindahan kebun teh yang memukau.

16. Wisata Benteng Vastenburg Surakarta

Benteng Vastenberg : Foto by Instagram/abaheyahya
Benteng Vastenberg : Foto by Instagram/abaheyahya

Benteng Vastenburg merupakan sebuah benteng yang dibangun pada masa pemerintahan kolonial belanda yaitu pada tahun 1774 hingga 1779. Benteng ini digunakan Belanda untuk mengontrol pemerintahan kraton Surakarta dimana dibangun atas perintah Gubernur Jendral Baron Van Imhof.

Selain sebagai tempat pengawasan terhadap pemerintahan kraton surakarta, benteng ini juga digunkan kamp penjara dan hukuman bagi masyarakat pribumi yang melanggar aturan. Benteng ini merupakan salah satu tempat bersejarah dimana bisa menumbuhkan rasa nasionalisme anda.

Benteng ini terletak di Jl. Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, tidak jauh dari Galabo. Di depan benteng ini biasanya juga digunakan untuk menyelenggarakan berbagai acara seperti festival musik, pameran kuliner, pemeran tari dan lain sebagainya.

17. Pasar Triwindu Surakarta

Pasar Triwindu : Foto by Instagram/vrsa_21
Pasar Triwindu : Foto by Instagram/vrsa_21

Merupakan pasar barang-barang antik dan unik di kota Solo. Dimana anda bisa mendapatkan berbagai barang-barang antik seperti lukisan, ornamen wayang, koin dan uang kuno, motor kuno, teko, pernak-pernik untuk para bangsawan pada zaman dahulu, dan masih banyak lagi.

Untuk anda para kolektor barang-barang seni, tempat ini adalah surga untuk anda yang ingin menambah koleksinya. Anda perlu jeli dalam memilih barang yang benar-benar unik serta anda diharuskan untuk melakukan tawar menawar, agar mendapatkan harga yang murah.

Selain anda bisa membayar dengan uang tunai, para pedagang disini juga menerima barter dengan barang antik yang sudah anda punya asalkan ada kesepakatan. Pasar ini terletak di Depan Pura Mangkunegaran, dan Ngarsopuro Night Market tepatnya di Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

18. Wisata Taman Cerdas Jebres Solo

Taman Cerdas Jebres : Foto by Instagram/kotasolo_id
Taman Cerdas Jebres : Foto by Instagram/kotasolo_id

Taman cerdas Jebres dibangun diatas lahan dengan luas sekitar 2.000 meter persegi, dimana berisi berbagai wahana permainan indoor dan outdoor yang melatih pikiran dan ketangkasan anak. Di taman ini juga terdapat panggung terbuka dimana panggung tersebu t difungsikan dalam berbagai acara untuk meningkatkan rasa percaya diri dan aktualisasi anak.

Selain itu, salah satu spot populer di taman ini adalah patung dinosaurus dan manusia purba yang biasanya dijadikan area berselfie ria. Dan juga terdapat berbagai lukisan 3D art yang dilukis di dinding-dinding dan lantai di aula taman ini. Lukisan 3D art tersebut berupa dua ekor burung yang hendak terbang, teleskop, angkasa, dan dibawah terdapat lukisan laut yang cukup menarik. Taman ini terletak di Kampung Kedung Belang, RW XIII, Jebres, Solo.

19. Wisata Taman Hutan Rakyat

Taman Hutan Rakyat : Foto by Instagram/tahura_mangkunagoro
Taman Hutan Rakyat : Foto by Instagram/tahura_mangkunagoro

Taman hutan rakyat atau Tahura terletak di kaki gunung lawu yang bisa anda gunakan untuk bersantai dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Jalan yang dilalui cukup menantang jadi pastikan untuk mengecek kendaraan anda.

Di taman ini anda bisa melihat berbagai satwa liar, dimana terdapat kurang lebih 34 jenis hewan yang berkeliaran di taman ini. Di taman ini juga membuka camp ground, dimana bagi anda yang ingin lebih dekat dengan alam bisa mencoba berkemah di taman hutan rakyat ini.

Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti area spot untuk selfie, menaiki kuda, memberi makan rusa, dan terdapat berbagai permainan outbond yang bisa anda coba. Taman hutan rakyat ini terletak di desa Sukuh, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

20. Wisata Candi Sukuh

Candi Sukuh : Foto by Instagram/taufik_indiawan
Candi Sukuh : Foto by Instagram/taufik_indiawan

Wisata di Solo selanjutnya adalah Candi Sukuh. Candi yang berada di kaki gunung Lawu yang cukup kontroversial, karena relief dan patung di candi ini terlalu vulgar dan erotis. Candi ini pertama kali ditemukan oleh Johnson pada tahun 1815, dimana beliau ditugaskan untuk mencari data-data penyusunan buku History of Java oleh Thomas Stanford Raffles.

Bangunan utama candi sukuh memiliki bentuk yang hampir sama dengan beberapa bangunan candi yang dibangun oleh suku Maya di meksiko. Dimana memiliki bentuk trapesium dengan pintu di tengahnya. Candi ini juga ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995. Candi ini terletak di desa sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar.

21. Tempat Wisata De Tjolomadue

De Tjolomadoe : Foto by Instagram/detjolomadoe
De Tjolomadoe : Foto by Instagram/detjolomadoe

De Tjolomadue merupakan sebuah pabrik gula yang dibangun pada masa kolonial belanda yaitu pada sekitar tahun 1861 oleh Mangkunegaran IV. Pada tahun 1928 pabrik gula ini mengalami renovasi dengan memperluas bangunan serta perbaikan beberapa arsitektur.

Hingga pada tahun 2017, Pabrik gula ini dijadikan sebagai tempat wisata dengan berbagai pembaharuan yang cukup signifikan. De tjolomadue memiliki luas sekitar 6,4 hektar, dimana disini anda akan disuguhkan bangunan megah era kolonial. Didalam De Tjolomadue terdapat bekas mesin sisa pabrik gula buatan jerman yang pernah beroperasi disini.

Di depan bangunan utama terdapat taman bunga indah yang berwarna warni. Dan dibagian kiri bangunan utama terdapat taman hijau dengan venue yang dihiasi lampu yang indah. De Tjolomadue terletak di Jl. Adi Sucipto Colomadu, Karanganyar. Dan hanya berjarak 10 menit dari Bandara Adi Soemarmo. Tiket masuk wisata ini adalah Rp 25.000.

22. Tempat Wisata The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace : Foto by Instagram/septinaaderico
The Heritage Palace : Foto by Instagram/septinaaderico

Seperti halnya De Tjolomadoe, The Heritage Palace juga dulunya sebuah bangunan bekas pabrik gula yang sudah tidak beroperasi, dimana dulu bernama PG Gembongan. The Heritage Palace dibuka pertama kali pada tanggal 9 Juni 2018.

The Heritage Palace memiliki bangunan bergaya gothic yang unik dan kuno, yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. terdapat beberapa wahana di dalam The heritage palace diantaranya yaitu beberapa mobil antik dengan berbagai merk, Rumah terbalik, Museum 3D, dan beberapa bangunan bersejarah.

The Heritage Palace terletak di Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulya, Rt 02/Rw 08, Pabean, Kartasura, Sukoharjo. Dimana untuk menikmati semua fasilitas disini, anda dikenakan biaya sebesar Rp 55.000. The Heritage Palace buka setiap hari dimana untuk hari  Senin hingga Kamis buka dari jam 10:00 – 18:00 WIB. Sedangkan pada hari jumat hingga Minggu buka dari  jam 09:00 – 21:00 WIB.

23. Tempat Wisata Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog : Foto by Instagram/explore.solo
Air Terjun Jumog : Foto by Instagram/explore.solo

Dibawah kaki gunung lawu terdapat banyak wisata indah yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu yang populer adalah air terjun Jumog yang terletak di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Berbeda di grojogan sewu dimana anda tidak diperbolekan untuk mandi dibawahnya. Air terjun Jumog mengizinkan anda untuk berenang dibawah dinginya air terjun Jumog.

Selain, itu Air terjun Jumog memiliki panorama alam yang mengagumkan dengan rindangnya pepohonan. Fasilitas disini antara lain kolam renang anak, flyng fox, spot foto, taman bermain, gezebo, rumah makan yang menyediakan sate kelinci, Kamar mandi serta mushola.

Air terjun Jumog Buka dari jam 08.00 hingga jam 17.00, dimana anda hanya membayar Rp 5.000 rupiah untuk bisa menikmati semua keindahan di air terjun Jumog.

24. Tempat Wisata Bukit Sekipan

Sekipan : Foto by Instagram/ayu_pujiabagus_tyand
Sekipan : Foto by Instagram/ayu_pujiabagus_tyand

Salah satu tempat berkemah favorit di wilayah sekitar Solo adalah Sekipan. Bagi anda yang ingin menikmati sejuknya udara dan segarnya air pegunungan, berkemah di sekipan bisa dijadikan sebuah alternatif yang seru.

Di kompleks sekipan juga terdapat beberapa wahana lain yang cukup populer bagi kalangan instgramable, yaitu kampung Hallowen dimana terdapat banyak replika hantu yang dibuat semirip mungkin. Dan Rumah papua, rumah dari jerami yang berbentuk kerucut, yang bisa anda gunakan untuk berfoto ria. Sekipan terletak di desa kalisoro, tawangmangu, karangnyar.

25. Tugu Lilin Solo

Tugu Lilin : Foto by Instagram/muhgulham
Tugu Lilin : Foto by Instagram/muhgulham

Tugu lilin Solo dibangun pada tahun 1933 sebagai simbol pergerakan dan perjuanangan Indonesia. Dimana lambang lilin mengartikan semangat dan api perjuangan yang tidak akan pernah padam sebelum tercapainya kemerdekaan Indonesia. Di tugu ini terdapat sebuah tulisan yang berbunyi Van Solo Begin Victory yang berarti Dari Solo kemenangan dimulai. Tugu ini bisa anda jadikan sebagai spot foto yang menarik yang terletak di Jl. Slamet Riyadi Makamhaji, Kartasura.

26. Wisata Ke Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu : Foto by Instagram/soloindonesia
Geopark Batu Seribu : Foto by Instagram/soloindonesia

Geopark Batu Seribu merupakan salah satu tempat wisata yang instagramable di Solo. Dinamakan batu seribu karena dulu tempat ini adalah bukit-bukit batu cadas yang indah. Selain itu, daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah sumber pacinan, yaitu sebuah mata air yang konon tidak pernah kering meskipun pada musim kemarau sekalipun.

Di Geopark batu seribu sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti pemandian mata air pacinan, kolam renang, serta panggung untuk berbagai pertunjukkan. Wisata ini terletak di Jalan Raya Krisakelir KM. 7, Tiyaran, Sukoharjo.

27. Tempat Wisata Air Terjun Parang Ijo

Air terjun Parang Ijo : Foto by Instagram/inikaranganyar
Air terjun Parang Ijo : Foto by Instagram/inikaranganyar

Satu lagi air terjun yang cukup instagramable di kota Solo. Ketinggian air terjun di parang ijo tidak setinggi di Grojogan Sewu, namun di Parang Ijo anda bisa menikmati dingin dan segarnya air yang baru jaruh dari atas ketinggian.

Selain itu, air terjun ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, kamar mandi, mushola, jembatan, gardu pandang, kolam renang, dan juga Flying fox. Air terjun terletak di desa mlinggur, Ngargoyoso, Karanganyar, dan anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000 saja.

28. Pasar Gede Solo

Pasar gede : Foto by Instagram/soloindonesia
Pasar gede : Foto by Instagram/soloindonesia

Pasar Gede berdiri diatas bekas bangunan belanda yang didirkan pada era Pakubuwono X. Seseui dengan namanya, Pasar Gede, dalam bahasa indonesia artinya besar, merupakan pasar terbesar di Solo pada saat itu.

Di pasar ini, anda bisa membeli berbagaikebutuhan pokok, serta berbagai jajanan khas Solo yang lezat, seperti pecel, dawet, nasi pecel, kerupuk rambak, dan ayam goreng. Pasar Gede terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Jebres, tidak jauh dari Balaikota Solo.

29. Wisata Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Solo : Foto by Instagram/masjidagungsolo
Masjid Agung Solo : Foto by Instagram/masjidagungsolo

Masjid Agung Surakarta merupakan contoh terbaik arsitektur Jawa kuno yang berada di kota Solo. Masjid ini memiliki pendopo terbuka dengan tiang-tiang besar dari kayu jati belanda. Masjid ini memiliki teras yang cukup luas, dimana masjid ini menjadi salah satu bangunan purbakala yang dibangun pada masa kraton kasunanan.

Terletak di depan pasar klewer, di sebelah barat alun-alun utara surakarta, tepatnya di desa kedung lumbu, pasar kliwon solo.

30. Wisata Di Alun-Alun Kidul Solo

Alun-alun Kidul : Foto by Instagram/angga_dillar09
Alun-alun Kidul : Foto by Instagram/angga_dillar09

Alun-alun kidul merupakan alun-alun pusat kota Solo yang terletak di belakang keraton kasunanan surakarta hadiningrat. Alun-alun kidul surakarta merupakan tempat nongkrong yang nyaman bagi banyak warga sekitar, dimana terdapat pedagang jajanan – jajanan murah seperti bakso bakar, sosis, tempura, es degan, bakso, mie ayam, hik, dan lain sebagainya.

Setiap sore alun-alun kidul surakarta selalu ramai dikunjungi warga untuk berolahraga atau pun hanya untuk bersantai. Saat ini alun-alun kidul  juga digunakan sebagai bazar sekatenan, dimana kyiai Slamet, kerbau yang dianggap memiliki kelebihan juga dikandangkan disekitar alun-alun kidul.

31. Tempat Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Kebun Teh Kemuning : Foto by Instagram/dk_surakarta_ig
Kebun Teh Kemuning : Foto by Instagram/dk_surakarta_ig

Merupakan sebuah komplesk perkebunan teh yang luas dan sejuk. Di sini anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan perbukitan hijau the yang memukau. Nikmati juga bersantai sambil meminum teh segar di Rumah teh ndoro donker, dimana terdapat banyak varian teh yang bisa anda coba. Selain itu di ndoro donker anda bisa bermain dan berfoto di perkebunan teh yang berada di sekitar rumah teh ini.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Di Semarang Terkenal, Keren & Wajib DIkunjungi

Jogja Day ~ Itu dia beberapa tempat wisata solo yang bisa anda kunjungi, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas Solo ya. Jika anda mengalami kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ataupun meminta bantuan kepada penduduk setempat, karena mayoritas masyarakat Solo sangat ramah. tetap berhati-hati dan selamat berlibur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!