27 Tempat Wisata Banyuwangi Terkenal, Populer & Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Banyuwangi ~ Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang cukup terkenal, ada banyak tempat menarik yang harus anda kunjungi bersama keluarga. Ibu kota kabupaten ini juga disebut Banyuwangi. Lokasi Kab. Banyuwangi berada di ujung Jawa.

Perlu anda ketahui jika kota ini sendiri memang telah dikelilingi oleh beberapa daerah-daerah yang lainnya seperti hanya wilayah Selat Bali di sebelah timur, Kabupaten Situbondo di sebalah utara,  Samudra Hindia di sebelah selatan dan Kabupaten Jember dan juga terdapat Kabupaten Bondowoso di sebelah baratnya.

Apakah ada salah satu kabupaten daerah di atas yang pernah anda kunjungi atau anda tinggali? Di bawah ini, jogja dayakan memberi beberapa informasi mengenai tempat-tempat wisata favorit yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Setidaknya ada beberapa Objek Wisata di Banyuwangi yang harus dikunjungi saat berada di kota ini, seperti di bawah ini.

“Baca Juga: 20 Tempat Wisata Sidoarjo Terkenal, Keren & Hits 2019

1. Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

http://malariahouse.com/mobile/content.php?page=detil-content&id=210

Wisata Banyuwangi yang pertama adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuan wisata yang ada di Banyuwangi, setiap saat tempat wisata ini dipenuhi oleh pengunjung terutama rombongan keluarga yang memang ingin sekali untuk berlibur ke pantai ini untuk dapat menikmati keindahan yang eksotis, pemandangan alam yang begitu indah, vegetasi-vegetasi alami dan pantai dengan pasir putih yang begitu asli.

Di pantai ini juga terdapat sebuah bukit di dekat pantai yang mana tanahnya memiliki warna merah. Anda bisa berjalan dengan lebih dekat lagi ke daerah bukit ketika air surut. Bukit ini sendiri memang ditutupi oleh pepohonan dan semak-semak hijau.

Pantai ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Banywangi yang harus dikunjungi. Sayang sekali melewatkannya. Lokasinya berada di Kecamatan Pesanggaran, yang memiliki pura Hindu dengan nama Pura Tawang Alun. Kuil ini sering digunakan sebagai tempat ritual pada waktu-waktu tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar pantai Pulau Merah.

Ada juga banyak akomodasi yang tersedia di sekitar pantai bagi Anda yang tidak menikmati tempat wisata ini dalam satu hari. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di sini, mulai dari selancar dan berburu foto. Untuk kegiatan selancar, pantai sepanjang 3 km ini memiliki ombak yang ideal untuk peselancar pemula.

Tiket Masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi sebesar Rp 8.000/orang

Lokasi wisata ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur

2. Wisata Green Bay atau Teluk Hijau Banyuwangi

http://xplorea.com/packages/sukamade-turtle-tour/

Selain pantai pulau merah, ada juga pantai teluk hijau yang tidak menawan. Pantai ini memiliki warna agak kehijauan. Jika Anda mengunjungi pantai ini untuk pertama kalinya, Anda pasti akan terkejut dengan keindahan Pantai Green Bay.

Perlu anda ketahui jika pantai yang ada di Taman Nasional Meru Betiri ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat lembut dan dikelilingi oleh hutan tropis. Anda juga bisa melakukan beragam kegiatan yang menyenangkan di sini, seperti anda dapat berenang, bermain pasir, menyelam, dan memancing.

Anda juga bisa kemudian mengunjungi air terjun Bidadari, yang terdapat di kawasan atau sekitaran pantai. Dikatakan juga terdapat kaskade setinggi 8 meter, yang merupakan sebuah tempat untuk memandikan para malaikat di waktu tertentu.

Tiket Masuk Teluk Hijau Banyuwangi sebesar Rp 8.000/orang

Lokasi Green Bay ini berada di Kecamatan Pesanggaran, yang memiliki pura Hindu dengan nama Pura Tawang Alun. Kuil ini sering digunakan sebagai tempat ritual pada waktu-waktu tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar pantai Pulau Merah. Ada juga banyak akomodasi yang tersedia di sekitar pantai bagi Anda yang tidak menikmati tempat wisata ini dalam satu hari.

3. Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi

http://edenvacation.com/?destination=23&type=49&s=

Tempat wisata pantai berikutnya di Banyuwangi adalah pantai Watu Dodol. Namanya sangat unik, jika dalam bahasa Indonesia artinya dodol. Lokasi sangat mudah ditemukan, jika Anda menuju ke pelabuhan Ketapang dari Jember dan sekitarnya. Lokasi pantai ini ditandai oleh batu-batu besar di tengah jalan dan patung Gandrung atau penari Banyuwangi yang khas.

Lokasinya berada di Kecamatan Pesanggaran, yang memiliki pura Hindu dengan nama Pura Tawang Alun. Kuil ini sering digunakan sebagai tempat ritual pada waktu-waktu tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar pantai Pulau Merah. Ada juga banyak akomodasi yang tersedia di sekitar pantai bagi Anda yang tidak menikmati tempat wisata ini dalam satu hari.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di sini, mulai dari selancar dan berburu foto. Untuk kegiatan selancar, pantai sepanjang 3 km ini memiliki ombak yang ideal untuk peselancar pemula.

Pantai Watu Dodol terletak di Banyuwangi, poros Situbondo, hanya 2 km dari pelabuhan Ketapang. Ini memungkinkan Anda untuk melihat feri yang lewat antara pelabuhan Ketapang dan pelabuhan Banyuwangi.

Di sekitar pantai ada juga banyak tempat wisata kuliner yang lezat dan sayang untuk anda anda lewatkan. Tiket Masuk Pantai Watu Dodol adalah Rp. 7.000,00- /per orang.

4. Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi

https://www.indonesia.travel/uk/en/destinations/java/banyuwangi/10-breathtakingly-beautiful-splendors-of-banyuwangi

Pantai Rajeg Wesi sendiri merupakan satu dari sekian banyak tujuan wisata favorit di Banyuwangi, pantai ini selalu penuh dengan para wisatawan baik itu wisatawan lokal atau pun wisatawan asing. Pantai ini berada di desa Sarongan, kecamatan Pesanggaran, yang mana tempat ini adalah sebuah tempat wisata alam, serta sejarah yang begitu menarik untuk dikunjungi. Ketika anda berada di sini, Anda dapat melihat beragam keindahan pantai dan bunker, sisa-sisa dari kejayaan Jepang di masa kolonial.

Pantai Rajegwesi unik karena tidak ada banyak pantai lain. Pasir di pantai berwarna coklat dan sangat lembut. Ini karena pasir di pantai bercampur dengan lumpur yang membawa air sungai saat banjir. Di bagian timur pantai ini Anda bisa melihat lapangan yang dibiarkan sebagai tempat bagi penyu bertelur.

Pantai Rajeg Wesi berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi, dengan harga tiket masuk adalah Rp. 7.500,00-/per orang.

5. Wisata Pantai Banyuwangi Plengkung

https://www.designzzz.com/extreme-sea-surfing-photography/

Tempat wisata pantai lain yang menarik di Banyuwangi adalah Pantai Plengkung atau disebut juga G-Land. Bagi Anda yang suka berselancar, ini adalah tempatnya. Pantai ini sangat terkenal dengan ombaknya yang luar biasa.

Para wisatawan asing yang datang dari berbagai negara berdatangan ke wilayah ini untuk dapat menikmati berselancar di The Seven Giant Waves Wonder. Adapun julukan ini merupakan pemberian karena ombak di pantai mempunyai bentuk seperti halnya sebuah tujuh gulungan besar dengan ketinggian hingga 6 meter. Ombak yang ada di pantai ini juga dikenal dengan sebutan ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Adapun waktu yang paling baik untuk anda dapat melakukan selancar di pantai Plengkung yaitu bulan Juli dan September, walaupun ombak yang begitu bagus sepanjang tahunnya. Jika Anda tidak memiliki dan membawa peralatan untuk berselancar, Anda bisa menyewa di area ini sehingga anda tidak perlu repot membawanya dari rumah lagi.

Jika Anda tidak tertarik berselancar, jangan khawatir. Lingkungan yang tenang jauh dari keramaian membuat tempat wisata ini cocok bagi mereka yang menginginkan liburan yang berkualitas. Ada hutan tropis yang mengelilingi pantai, Anda bisa melakukan trekking dan mengunjungi air terjun di hutan. Pantai Plengkung dan sekitarnya tidak akan mengecewakan Anda.

Lokasi Pantai Plengkung Banyuwangi berada di Alas purwo, Kabupaten Banyuwangi, dengan harga tiket masuk yang murah sebesar Rp. 5.000 per orang

6. Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi.

https://travelingyuk.com/ijen-crater/192795/

Ini adalah salah satu tujuan wisata favorit di Banyuwangi, kawah Ijen. Kawah Ijen adalah fenomena yang sangat menarik untuk ditonton. Pemandangan luar biasa dari kawah ini adalah dalam bentuk Blue Fire atau Blue Fire.

Kawah ini sendiri berada di atas 2.368 meter DPL. Kawah 20 km yang dikelilingi oleh dinding boiler setinggi 300-500 meter ini siap mengejutkan siapa pun yang melihatnya. Meskipun kawah ini tampaknya menarik perhatian wisatawan untuk mendekat, Anda harus berhati-hati. Suhu kawah mencapai 200 derajat Celcius dengan keasaman yang dapat melelehkan pakaian dan tubuh manusia.

Kawah Ijen terletak di Banyuwangi dan Bondowoso. Api di bawah kawah berwarna biru dan terlihat lebih indah ketika kondisi di sekitarnya gelap. Untuk itu, Anda harus datang lebih awal di pagi hari untuk melihat keindahan Blue Fire.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen untuk weekday Rp. 5.000, dan weekend Rp. 7.500,00-, dengan rute atau alamat untuk menuju Kawah Ijen, perjalanan bisa dilakukan dari kota Banyuwangi menuju ke daerah Paltuding. Akan dibuka pada jam 1:00 pagi. Pendakian dilakukan dari Paltuding dari jam pertama setelah membeli tiket hingga pukul 12.00 sore.

7. Wisata Alam Air Terjun Kalibendo Banyuwangi

http://java-trip.com/tour/banyuwangi-full-day-trip-2/

Objek wisata alam di Banyuwangi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah air terjun Kalibendo. Air terjun ini memang terletak sekitar kurang lebih 20 km dari pusat Banyuwangi, air terjun Kalibendo sendiri memang telah menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa tenang dan tenang, air jernih dan sungai tersebut dengan mernggunakan air dingin yang mengalir di sekitar air terjun. Berada di dataran tinggi, tempat-tempat wisata di Banyuwangi memiliki udara segar dan menyenangkan.

Jika Anda meninggalkan kota Anyar, Glagah, Anda akan ditawari pemandangan yang sama indahnya. Anda akan diundang untuk pergi melalui perkebunan teh, kopi, dan cengkeh dalam bentuk mata hijau dan santai. Anda juga bisa merasakan suasana pedesaan dalam perjalanan menuju air terjun setinggi 10 meter.

Tiket Masuk wisata Kali Bendo adalah Rp. 1.000per orang dengan lokasi di Desa Kampung Anyar Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

8. Air Terjun Lider Banyuwangi

http://www.bbc.com/earth/story/20150226-the-tiny-forest-that-saved-the-wilderness

Medan yang cukup berat membutuhkan resistensi yang baik. Air terjun Lider memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Tapi tenang saja, Anda bisa melihat pemandangan indah luar biasa selama perjalanan ke tempat wisata ini.

Anda akan melewati hamparan perkebunan, tujuh sungai di hutan dan, jika Anda beruntung, bukan tidak mungkin menemukan monyet dan burung selama perjalanan.

Di objek wisata ini Anda harus membawa makanan yang cukup karena tidak ada penjual makanan di sekitar air terjun. Ini sebagai persiapan juga agar nantinya anda tidak bingung ketika sampai di sana, keadaan letih dan lapar, atau memang sedang beristirahat bersama dengan keluarga anda, seusai berjalan-jalan menikmati objek wisata.

Air Terjun Lider adalah tujuan wisata favorit di Banyuwangi. Lokasi berada di Desa Sumber Arum, Distrik Songgon. Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, akses ke air terjun Lider cukup sulit. Harga tiket masuk adalah Rp. 3.000 per orang.

9. Liburan Ke Agrowisata Kali Klatak Banyuwangi

https://www.twgram.me/tag/kaliklatak/

Anda juga dapat menikmati liburan yang menyenangkan di agrowisata Kali Klatak. Agrowisata ini telah ada sejak zaman Belanda dan sekarang dimiliki oleh penduduk asli, R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Lokasi objek wisata ini berada di lereng gunung dengan adanya di ketinggian yang sampai dengan mencapai 450 meter di atas permukaan laut tentunya akan menjadikan tanah di sini cukup subur dan sangat cocok untuk semua jenis dari perkebunan, agrowisata ini berkembang dengan baik.

Hasil perkebunan mereka termasuk karet, kopi, coklat, kelapa, buah-buahan dan berbagai rempah-rempah. Satu hal yang lebih menarik adalah perayaan ritual amal di bumi setiap 17 April.

Lokasi di Lereng Gunung Merapi, 15 km sebelah barat kota Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Anda bisa menggunakan moda transportasi pribadi anda atau dengan sewa paket wisata yang biasanya dapat mempermudah anda ketika sedang berkunjung untuk sampai ke tempat wisata tersebut.

10. Wisata Keluarga Pemandian Taman Suruh Banyuwangi

https://www.brilio.net/jalan-jalan/45-tempat-wisata-di-banyuwangi-terbaru-2018-181112i.html

Satu lagi pariwisata Banyuwangi yang tidak bisa anda lewatkan ialah Pemandian Taman Suruh.  Tempat wisata yang memiliki luas 3,5 hektar ini tepat berada di ketinggial mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut.

Sebelumnya, memang daerah ini sangat gersang dan juga belum berpenghuni/kosong, namun memang benar kalau terdapat mata air dingin yang muncul di sela-sela bebatuan. Tentu dengan melihat potensi yang dimilikinya tersebut, maka kawasan ini akan dibangun sebagai salah satu dari tempat wisata yang ada di Banyuwangi.

walaupun ini adalah objek wisata yang bisa dibilang cukup murah, tapi jangan salah paham pesona keindahan yang ditawarkan oleh Wisata Mandi Taman Suruh, itu tidak murah. Sangat memalukan jika Anda berada di kota Banyuwangi, tetapi tidak mengunjungi pemandian wisata taman, tidak kemari, ke objek wisata yang memiliki pesona yang tak tertandingi.

Wisata Pemandian Taman Suruh Banyuwangi, adalah salah satu tempat pemandian di Desa Wonosari, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wisata Taman Suruh Banyuwangi, adalah objek wisata yang penuh dengan wisatawan selama hari kerja dan akhir pekan atau hari libur. Tempatnya sangat indah dan dapat memberikan lingkungan yang menghibur dari kejenuhan aktivitas kita sehari-hari. Harga tiketnya sebesar Rp 10.000 per orang.

11. Wisata Keluarga Di Cagar Alam Baluran Banyuwangi

https://vacationspotindonesia.wordpress.com/2014/08/06/baluran-national-park/

Tujuan wisata lain di Banyuwangi yang harus dikunjungi adalah Cagar Alam Baluran. Cagar alam ini berada di 35 km di utara Banyuwangi. Tempat ini ditunjuk sebagai kawasan konservasi untuk berbagai tumbuhan dan hewan.

Keunikan tempat ini adalah keberadaan padang rumput atau sabana di mana Anda dapat menemukan beberapa binatang liar. Wisatawan dapat menikmati keindahan cagar alam ini melalui menara pengawal. Anda dapat melihat seluruh area konservasi dan aktivitas hewan yang hidup di sana.

Harga Tiket Masuk Taman Baluran Banyuwangi sebesar Rp. 15.000 per orangnya. Lokasinya terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Anda bisa ketempat wisata ini dengan moda transportasi pribadi atau sewa bus pariwisata.

12. Tujuan Wisata Pantai Bama di Banyuwangi.

http://tripbanyuwangi.com/paket-tour-banyuwangi-3-hari-2-malam/pantai-bama-bama-baluran-paket-wisata-banyuwangi-tripbanyuwangi-com/

Ternyata di Banyuwangi masih ada pantai yang harus kita kunjungi, yaitu Pantai Bama. Bisa dikatanan memang jika pantai ini sendiri nyatanya masih masuk ke dalam Cagar Alam Baluran. Kondisinya masih sangat indah dan tidak kalah eksotis dengan pantai-pantai Bali. Di sini Anda juga dapat melihat hutan bakau.

Pariwisata ini sangat cocok untuk anda dapat bersantai dengan keluarga Anda, Anda juga bisa kemudian menikmati pada beberapa tempat yang sangat terbuka. Air lautnya juga terkenal sangat jernih dan tidak begitu dalam bagi anak-anak yang ingin bermain-main namun tentu harus dengan adanya pengawasan orang tua.

Terumbu karang yang memiliki warna berbeda-beda dapat anda lihat dengan mata telanjang. Anda juga dapat menyelam ke dasar pantai untuk dapat melihat dari dekat keberadaan terumbu karang yang sangat asri dan nyaman.

Akses ke pantai relatif curam, sehingga Anda diharapkan mengenakan sepatu yang nyaman. Selama perjalanan, ada pemandangan hutan tropis dan burung liar yang bisa diamati.

Harga Tiket Masuk Pantai Bama adalah Rp. 17.500 per orang, dengan lokasi di Pantai Bama, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

13. Wisata Pantai Sukamade di Banyuwangi

https://travelsmarter24.com/3-secret-islands-in-indonesia/

Pantai indah lainnya di Banyuwangi, pantai Sukamade. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dengan air bersih dan area yang masih terawat. Di sini Anda bisa mengamati konservasi penyu yang mulai punah.

Untuk mencapai pantai ini, Anda harus memiliki tubuh yang kuat karena medan yang berat. Siapkan alat perekaman gambar untuk menangkap sudut pantai yang eksotis.

Lokasi Pantai Sukamade Banyuwangi berada di pas sebelah barat daya pada Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi Selatan, dengan tiket masuknya adalah Rp. 10.000 per orang.

14. Liburan Yang Menyenangkan Ke Hutan Bakau di Bedul Banyuwangi

https://tempatwisataseru.com/tempat-wisata-di-banyuwangi/

Anda ingin merasakan lingkungan alami yang teduh dengan perahu, Anda dapat menikmatinya di hutan bakau Bedul, daerah ini terdaftar di area Taman Nasional Alas Purwo dan menawarkan pemandangan hutan bakau yang indah di bagian hilir lembah Stail , yang secara alami berubah menjadi rawa air payau yang dikenal sebagai Segara Puppies

Daerah alami, indah dan damai ini memiliki panjang 17 kilometer dan dikelilingi oleh hutan bakau alami. Wow tentu ini merupakan daerah yang sekaligus juga pelestarian pohon bakau, pohon bakau di sini juga berfungsi sebagai penahan air dan pembuat oksigen di pagi hari.

Lokasi wisata Hutan Bakau Banyuwangi berada di Dusun Bloksolo, RT 01, RW 02, desa Sumberasri, kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, provinsi Jawa Timur.

Tiket masuknya sebesar Rp. 7.500 per orang.

15. Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi

http://ttnotes.com/pulau-tabuhan.html

Banyuwangi juga memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Jika Anda ingin menyelam di Banyuwangi, pantai Tabuhan adalah pilihannya. Pantai ini sendiri mempunyai air yang begitu tentunya sangat jernih dan menggunakan pasir putih yang begitu bersih.

Untuk sampai ke Pulau Tabuhan, Anda harus menyeberangi laut melalui pantai Kampe. Akses ke Pantai Kampe dapat dilakukan melalui jalan setapak di Taman Pasewaran, sebuah taman yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII. Ada banyak nelayan di pantai Kampe, dan ada juga perahu bermotor yang siap mengantar Anda ke Pulau Tabuhan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Lokasi Pulau Tabuhan berada di Desa Bangsring, Kabupaten Wongsorejo, jarak dari Pulau Tabuhan hanya sekitar 20 km dari pusat Banyuwangi. Pulau tak berpenghuni ini memiliki luas sekitar 5 hektar dengan karakter pantai pasir putih dan air laut yang begitu jernih.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai paket wisata yang bisa kamu nikmati seperti paket snorkling, susur kapal dan bermain air.

16. Wisata Kuliner di Banyuwangi

https://twitter.com/bebekobongbwi/status/563365260468310016

Apakah Anda ingin menikmati sajian kuliner lezat di Banyuwangi? Sebenarnya, ada banyak tempat makan yang bisa Anda kunjungi, wisata kuliner di Banyuwangi tidak jauh dari cita rasa pedasnya. Selain nasi tempong pedas yang terasa ditampar, ada pilihan kuliner pedas yang tak kalah mengesankan. Yakni, bebek kobong Banyuwangi .

Selain itu ada tambahan menu lainnya yang menarik untuk dinikmati termasuk: Ayam Kobong, Usus Kobong dan menu terbaru dari Gurameh Kobong. Anda wajib untuk menikmati cita rasa dari makanan ini, dijamin anda akan merasakan rasa ketagihan yang teramat sangat.

Penasaran dengan menu ini? Untuk menghindari rasa penasaran, silakan datang ke Lesehan Bebek Kobong di Jl. RDP Katamso Utara (buka mulai: 1:00 – 00:00), atau Anda dapat datang ke Kombonge (rumah Anda) Bebek Kobong di Jl. Ikan Tengiri No. 7B (Timur man Banyuwangi). Atau jika Anda sibuk dan menginginkan pesanan pengiriman, hubungi 081 217 155 565

17. Liburan Menantang di X-Badeng Adventure Banyuwangi

https://www.traveloka.com/en-au/hotel/indonesia/gandrungcity-hostel-and-boarding-house-3000020017991

Anda suka arung jeram? Maka Anda harus mencoba X-Badeng Adventure Banyuwangi. Anda juga dapat mengunjungi dengan sepeda motor atau mobil dengan angkutan umum, rute dari kota Banyuwangi, maka Anda harus naik angkot dari persimpangan kantor pos rogojampi untuk pergi ke Songgon, keluar dari pasar Songgon dan kemudian naik taksi dari sepeda motor Jika Anda berasal dari kecamatan Genteng, Anda harus berhenti di pertigaan pasar Gendoh dan naik angkot menuju Sragi.

Setelah tiba di lokasi, kami segera berurusan dengan manajer X-Badeng Adventure dan memilih jalur pipa ekstrem 2 dengan jarak sekitar 3,5 km dengan perkiraan waktu 1,5 jam. Dua garis yang ditawarkan, yaitu Extreme One dan Extreme Two. Extreme One dengan jarak sekitar 6-7 km dan waktu tempuh 3-4 jam. Karena saya masih pemula, saya dan teman saya memilih garis Extreme Two seharga Rp40 dan tambahan Rp5 untuk foto.

Setelah memasang semua peralatan keamanan, teman-teman saya dan Jebeng Thulik pergi ke arung jeram dan mulai menggunakan truk pickup. Dan luar biasa pemandangan yang ditawarkan selama perjalanan ke awal sangat indah. Hutan pohon pinus hijau dan udara yang sangat segar membuat perjalanan ini sangat menyenangkan.

Di jalan di sepanjang sungai, pemandangan yang ditawarkannya sangat indah, mulai dari sawah, perkebunan, tebing hingga bebatuan yang luar biasa. Perjalanan berakhir dengan makan bersama yang disediakan oleh manajer Petualangan X-Badeng. Apakah Anda ingin merasakan sensasinya?

Anda dapat pergi langsung ke Petualangan X-Badeng yang terletak di Distrik Songgon, Kabupaten Banyuwangi dan Anda dapat menghubungi manajer terlebih dahulu CP Yusuf 085259077923 – 085236034505. (Sumber: http://ruanganhendra.blogspot.co.id/). Harga paketnya mulai Rp. 50.000 – sampai Rp.150.000.

18. Objek Wisata Keluarga Pemandian Umbul Pule Banyuwangi

http://cyberspaceandtime.com/2naA4fi2w3Q.video+related

Tempat wisata berikutnya di Banyuwangi adalah Pemandian Umbul Pule, Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata air Umbul Pule, Anda dapat melewati rute darat dengan mengendarai mobil, sepeda, atau monitor. Anda dapat melewati persimpangan ke utara di kota Tulungrejo. Jika Anda ingin naik kereta, Anda bisa turun di stasiun Sumber Wadung dan kemudian naik ojek ke Umbul. Ubin mana yang bisa melewati kecamatan sempurna.

Lokasinya di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Tiket masuknya sebesar Rp. 10.000 per orang. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa datang langsung ke desa Sumbergondo dan dari sana Anda akan menemukan tanda ke tempat itu.

Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat ketika mereka tiba di daerah desa. Untuk rute itu bisa melalui Kota Banyuwangi-Kecamatan Genteng-Kecamatan Sempu-Desa Sumbergondo-Kecamatan Glenmore-Umbul Pule.

19. Pantai Boom Banyuwangi

http://karnaval.atozviews.com/watch/w8we6e5w8wq2qu6uv3vg5gr7r3n2nkv3vd8dg.html

Ternyata, masih banyak pantai indah di Banyuwangi yang bisa dijadikan destinasi liburan wisata. Namanya adalah Pantai Boom. Wow, nama pantai ini cukup unik. Boom pantai ini sangat mudah dijangkau, karena lokasinya berada di pusat kota Banyuwangi. Anda dapat menggunakan sepeda atau berjalan di sana jika posisi Anda di alun-alun blambangan.

Meski berpasir hitam, pantai yang booming ini masih memiliki pesona tersendiri dan tidak kalah dengan pantai pasir putih lainnya. Selain itu, di belakang pantai ini, pulau Bali terlihat jelas sebagai latar belakang, yang menambah eksotisme Pantai Boom.

Kita dapat menikmati beberapa fasilitas pendukung di pantai ini, seperti payung dan payung. Beberapa acara penting, seperti tarian tarian kolosal yang ditarikan oleh lebih dari 1.000 penari gandrung berjudul Sewu Gandrung dan Banyuwangi Beach Jazz Festival, adalah acara pantai JAZZ pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berlangsung di Boom Banyuwangi Beach.

Tiket masuk Pantai Boom Banyuwangi sebesar Rp. 3.000 per orang, lokasinya berada di Kampung mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

20. Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

https://eastjavaparadise.com/beach-tour/

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu dari tempat wisata yang ada di Banyuwangi yang begitu sesuai untuk anda dapat kumpul-kumpul bersama-sama dnegan anggota keluarga tercinta. Bisa dikatakan memang jika pantai ini merupakan sebuah replika kecil Raja Ampat di Papua karena, dilihat dari sejauh mata memandang, terdapat  tebing di sekitar pulau, terdapat juga pulau kecil.

Sayangnya, untuk sampai ke pantai membutuhkan banyak pertempuran tambahan, terutama bagi Anda yang mengambil rute darat, mereka harus melintasi medan yang sangat sulit karena harus melintasi hutan dengan jalan berlumpur. Anda juga harus memanjat ke ujung bukit dan kemudian turun.

Tapi percayalah, perjalananmu tidak akan sia-sia jika sampai di pantai. Air laut yang jernih dan biru dan pantai yang dikelilingi oleh pepohonan hijau memberikan lingkungan yang tenang.

Pantai Wedi Ireng, yang berarti takut hitam, sebenarnya didominasi oleh pasir putih. Pantai eksotis ini terlihat semakin berisiko karena ada deretan karang di tepi pantai yang menambah pesona. Di satu sisi pantai ada batu yang sangat besar yang merupakan landmark dari pantai Wedi Ireng.

Pantai Wedi Ireng terletak di dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Dengan tiket masuk adalah Rp. 5.000 per orang.

21. Blue Bay Banyuwangi

https://www.jejakpiknik.com/teluk-biru-banyuwangi/

Titik wisata berikutnya di Banyuwangi adalah Blue Bay. Jika sebelumnya ada teluk hijau yang sangat eksotis, ternyata teluk biru itu tidak kalah eksotis dari teluk hijau. Blu Bay sendiri adalah sebuah teluk yang memiliki keindahan bawah laut yang indah yang menakjubkan.

Bagi Anda yang gemar menyelam dan menikmati dunia bawah laut, Anda harus memasukkan blue bay di daftar objek wisata Banyuwangi yang akan Anda kunjungi. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan pantai Bama di pulau Baluran atau Tabuhan. Laut di sini masih indah dan belum terekspos, sebagaimana dibuktikan oleh warna biru muda laut. Mungkin itulah alasan mengapa teluk ini disebut Blue Bay atau Blue Bay.

Harga tiket masuk Blue Bay Banyuwangi sebesar Rp. 5.000 per orang, adapun lokasinya berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Wisata ini layak sekali untuk anda kunjungi di akhir pekan.

22. Pantai Parang Kursi Banyuwangi

http://www.banyuwangibagus.com/2015/03/pantai-parang-kursi.html

Tempat wisata di Banyuwangi berupa pantai berikutnya adalah kursi pantai Parang yang cukup unik. Ini disebut pantai untuk kursi parang karena ada kursi berbentuk karang besar. Akhirnya, penguasa Abdullah, anas, secara resmi membuka nama pantai ini untuk menjadi pantai Parang Kursi.

Ada mitos di balik karang besar di tepi pantai Parang Kursi. Dikatakan bahwa nyi roro kidul muncul di dunia jenius dunia ini di tempat ini. Anehnya, air yang menaburkan batu ini tidak memiliki rasa asin, tetapi hambar.

Kursi pantai Parang memiliki keindahan yang luar biasa, di mana air lautnya sangat jernih, pasir merahnya putih kemerahan, dan lumut hijau yang menempel di batu, dan terumbu karang besar yang diatur dengan hati-hati membuat pantai ini terlihat indah . Keindahan alami Perawan membuat lingkungan tenang. Ditemani oleh deburan ombak pantai yang menyemprotkan bebatuan.

Lokasi pantai Parang Kursi sendiri terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dan itu adalah antara pulau merah dan pantai penyangga. Akses ke pantai ini cukup ekstrem karena pantai ini masih alami, sehingga tidak ada jalan yang cocok. Ini akan melewati semak-semak, hutan, bukit curam dan area penambangan emas steril. Kendaraan khusus seperti sepeda trail dapat membuat perjalanan Anda lebih mudah di jalur ini. Harga tiket masuknya nya sendiri adalah Rp. 7.500 per orang.

23. Wisata Rowo Bayu Banyuwangi

https://www.bromojavatravel.com/2016/08/rawa-bayu-banyuwangi.html

Rowo Bayu merupakan pariwisata yang tidak kalah menarik berikutnya di Banyuwangi yang bisa anda datangi bersama-sama dengan anggota keluarga dan juga teman. Rowo bayu sendiri memang memiliki kurang dari 800 meter di atas permukaan laut, sehingga terdapat udarah yang masih sejuk di kawasan ini.

Adapun luas dari danau ini adalah dengan diameter sekitar 50 meter yang kemudian dibatasi oleh hutan dengan daun-daun yang begitu lebat pada satu atau beberapa pohon. Akibatnya tentu matahai akan lebih terang untuk bisa  tembus cahaya hingga siang, ketika matahari terbenam.

Rawa Bayu Banyuwangi  sebagai tempat peristirahatan yang tenang dan sakral bagi masyarakat Banyuwangi. Pada 18 Desember 1771, di Rowo Bayu Banyuwangi, terjadi pertempuran antara kerajaan Blambangan dan Belanda. Dengan kekuatan gaib para adipati atau pati raja dan tekad rakyat Blambangan pada waktu itu, perang ini dimenangkan oleh kerajaan Blambangan.

Lokasi Rawa Rowo atau bayou terletak di kawasan hutan plot 8, di desa Sambung Rejo, di desa Bayu, di kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

24. Pantai Grajagan Banyuwangi

http://ulinulin.com/posts/pantai-grajagan-banyuwangi-menjajikan-keindahan-alam

Masih di sekitar pantai, pantai Grajagan adalah tempat wisata berikutnya di Banyuwangi yang bisa kita kunjungi. Pantai ini sangat fenomenal sampai ada lagu di mana ada lirik yang mengatakan “Grajagan Banyuwangi, Yoo Sing Tau Raino Bengi”, yang berarti “Grajagan Banyuwangi, Setiap malam tidak pernah sepi”.

Ini menunjukkan bahwa pantai Grajagan dulu banyak pengunjung. Namun seiring berjalannya waktu, pantai sekarang dikalahkan oleh pantai Pulau Merah atau Green Bay.

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Grajagan, Kabupaten Purwoharjo. Pantai Grajagan sendiri memiliki pasir hitam dan lebar. Luar biasa ada gua dan bukit yang sangat indah, sementara di pantai Grajagan Anda akan melihat hamparan luas pantai dengan gelombang laut lepas dan bukit tinggi.

Di pantai ini ada juga dua gua yang ditinggalkan oleh tentara Jepang dalam Perang Dunia II. Harga tiket masuk adalah Rp. 7.500 per orang.

25. Air Terjun Desa New Banyuwangi

https://www.1001wisata.com/wp-content/uploads/2015/05/

Tempat wisata berikutnya di Banyuwangi adalah air terjun desa baru yang terletak di desa Anyar, Taman Suruh, subprovince Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Di air terjun ini, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang sangat mengesankan di mana ada tiga air terjun sekaligus di satu tempat.

Dengan namanya sendiri, komunitas itu sendiri juga menyebut air terjun ini nama riam saudara atau air terjun kembar, air terjun kampung baru, air terjun Bidadari, air terjun Jagir.

Suasana yang masih asri, seiring dengan udara segar khas pegunungan akan membuat siapa pun yang datang akan menikmati bermain untuk waktu yang lama di air terjun ini. Sekitar 200 meter ke arah barat terdapat air terjun kategoris, untuk mencapai air terjun Cengkareng yang juga bisa Anda kunjungi, cukup berjalan di sepanjang sungai hingga 100 meter ke hulu.

Air terjun desa terletak di desa Anyar, Taman Suruh, subprovince Glagah, Kabupaten Banyuwangi.  Untuk mencapai air terjun ini juga cukup mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Banyuwangi ke barat menuju desa kampung baru atau sekitar 15 km.

Di sekitar area wisata air terjun, disediakan area parkir, yang sebagian besar berada di depan rumah-rumah penduduk dan juga ke pos-pos yang didirikan oleh penduduk setempat.

26. Pantai Mustika Banyuwangi

http://www.asliindonesia.net/pantai-mustika-banyuwangi/

Pantai Mustika mungkin adalah salah satu dari tempat wisata yang ada di Banyuwangi yang tidak begitu sangat terkenal. Namun pantai ini sebenarnya memiliki keindahan yang luar biasa. Hanya perlu sedikit promosi dan perbaikan sarana dan prasarana agar pantai ini menjadi salah satu tempat wisata Banyuwangi yang tidak kalah dengan pantai lainnya.

Pantai ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga dan anak-anak, karena ombak di pantai Mustika relatif kecil sehingga anak-anak dapat bermain sebanyak yang mereka bisa di pantai atau berenang. Selain itu, lanskap hijau pepohonan yang didominasi oleh pohon kelapa membuat pantai ini terlihat eksotis dan nyaman untuk bersantai sambil menikmati es kelapa muda yang tersedia di kawasan wisata.

Pantai Mustika terletak di dekat pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng, yang populer di Banyuwangi, sehingga pengunjung dapat merasakan keindahan 3 pantai di satu tempat. Lokasi Pantai Mustika berada di desa Sumberagung, Kabupaten Pesanggaran, Banyuwangi.

27. Wisata Padang Rumput Sadengan Banyuwangi

http://doniyulianto47.blogspot.com/2017/01/wisata-padang-rumput-sadengan-di.html

Bagi pecinta alam, ada tempat wisata yang indah dan sangat alami di Banyuwangi, yaitu, Padang Rumpu Sadengan. Padang rumput di Savana Sadengan ini menyajikan lanskap yang menyerupai sabana Afrika. Mari kita melakukan perjalanan ke Padang Rumput Sadengan dan menemukan hal-hal menarik di sana.

Di sini, kita dapat menemukan berbagai fauna mulai dari sapi jantan, rusa, kijang, ajag, babi hutan, hingga macan tutul. Ada waktu-waktu tertentu untuk melihat kawanan binatang ini, jadi perhatikan baik-baik. Untuk dapat menikmati pemandangan banteng-gembala Jawa, Anda harus pergi pagi-pagi sekali atau sore hari.

Selain itu, ada juga banyak hewan lain yang bisa dilihat di sini, seperti elang Jawa, osprey berkepala abu, elang ular, elang laut putih, srigunting, jalak putih, burung hutan merah, peregam, kuda jantan dari sawah, derek rumput, burung merak hijau, serta burung-burung lainnya.

Lokasi padang rumput ini sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo di semenanjung Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Terletak sekitar 2 km dari pintu masuk Rawa Bendo Post, di Taman Nasional Alas Purwo.

Sadengan adalah tempat yang dipilih dalam pengelolaan sebagai habitat hewan, termasuk sapi jantan dalam merumput / mencari makan dan berinteraksi dengan luas sekitar 80 hektar. Di Sadengan, waktu terbaik untuk mengamati Banteng adalah di pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB atau di sore hari sekitar pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB.

“Baca Juga: 31 Tempat Wisata Malang Terkenal & Hits 2019

 Itulah 27 objek wisata di Banyuwangi yang menarik dan direkomendasikan jogja day untuk dikunjungi ketika Anda merencanakan liburan di Banyuwangi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Selalu jaga lingkungan, jangan kotor dan menghormati kearifan lokal ketika mengunjungi Banyuwangi. Semoga liburan Anda di Banyuwangi menyenangkan dan memuaskan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!