Pantai Wohkudu Gunungkidul Jogja: Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Wohkudu ~ Bagi kamu yang suka dengan wisata pantai alami dan masih belom terjamah banyak wisatawan, Pantai Wohkudu dapat menjadi alternatif yang bagus untuk wisatamu. Pantai Wohkudu mulai dikenal karena banyaknya traveller yang singgah, camping dan berfoto untuk diabadikan di media sosial.

Pantai Gunungkidul yang unik ini dikelilingi oleh hijaunya tumbuhan karang yang menjadi pemandangan indah dan epic ketika di foto. Pasir putih dengan ombak yang menggulung landai menjadikan pantai ini cocok digunakan untuk bermain air di bibir pantainya.

Suasana yang hening dan alami tentu membuat kamu betah untuk berlama lama mengexplore wisata Pantai Wohkudu. Wisata pantai yang masih tergolong perawan ini saat weekend dan liburan selalu ramai oleh traveller dan mahasiswa yang camping.

Untuk berwisata ke Pantai Wohkudu ini, kamu perlu menempuh perjalanan darat selama 1,5 hingga 2 jam dari Kota Jogja. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Kesirat, jadi bagi kamu yang ingin mengelilingi sejumlah pantai di area ini, Pantai Wohkudu bisa dijadikan destinasi wisata pantai yang tepat.

Pantai Wohkudu Jogja
Pantai Wohkudu foto by instagram @lelyzulfa

Pantai Wohkudu Jogja tergolong pantai yang masih perawan, bagi kamu yang menyukai wisata pantai yang tidak terlalu ramai maka Pantai gunungkidul ini dapat menjadi alternatif wisata yang tepat. Wisata pantai pasir putih ini memiliki warna hijau pada dua tebing yang mengapitnya sehingga nampak eksotis dan pastinya instagramable. Cekungan kaki tebing yang menjulang tinggi juga sangat cocok untuk latar berfoto kamu.

Pantai Wohkudu Jogja
Pantai Wohkudu foto by instagram @tiiya_w

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Gunungkidul Jogja

Kamu dapat masuk ke area pantai Wohkudu ini hanya dengan membayar retribusi Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Selain itu kamu juga harus membayar biaya Rp. 3.000 untuk tiket masuknya. Tiket tersebut sudah termasuk biaya kamu untuk mengelilingi Pantai Kesirat juga.

Pantai Wohkudu Jogja
Pantai Wohkudu foto by instagram @dante_all_dente

Rute Menuju Lokasi Pantai Wohkudu Gunungkidul Jogja

Alamat pantai Wohkudu berada di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengakses Pantai Wohkudu, ada dua pilihan rute yang dapat dijadikan alternatif perjalanan Anda yaitu sebagai berikut :

1. Melalui Jalan Wonosari

Jalan Wonosari > Piyungan > Lapangan Terbang Gading Belok ke Kanan > Pasar Playen > Paliyan > Girikarto > Cari Plang Pantai Wohkudu

2. Melalui Banguntapan

Banguntapan > Imogiri > ke Arah Siluk > Panggak > Girikarto > Cari Plang Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu Jogja
Pantai Wohkudu foto by instagram @penikmat_20

Kamu dapat menempuh dua rute tersebut untuk sampai di pantai Wohkudu. Namun untuk sampai di bibir pantainya kamu harus berjalan dari tempat parkir kendaraan selama 10 menit. Tentunya perjuanganmu untuk sampai di Pantai Wohkudu ini akan terbayar lunas. Panorama ombak yang menggulung diapit oleh pegunungan dan bukit yang hijau dan indah.

Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Wohkudu maka fasilitas yang ada di pantai ini terus diperbarui. Para traveller yang datang pun menyempatkan diri untuk berfoto ria dan menguploadnya di media sosial Instagram, menjadikan Pantai Wohkudu Gunungkidul kian dikenal luas. Pastikan juga kendaraan kamu prima karena jalanan di pantai ini berbatu dan belum terlalu bagus.

Tetapi untuk mencapai Pantai Wohkudu ini kamu memerlukan tenaga ekstra karena jalan untuk mencapai bibir pantainya belum mulus karena masih berupa corblok dan sebagian lainnya corblok, sehingga mengharuskan kamu untuk berjalan kaki. Jadi pastikan kendaraan kamu prima dan lebih enak untuk berwisata ke pantai ini dengan menggunakan motor saja, jika menggunakan mobil kamu akan parkir di lokasi yang agak jauh.

Pantai Wohkudu Jogja
Pantai Wohkudu foto by instagram @exploreallamjogja

Objek Wisata Pantai Wohkudu Gunungkidul Jogja

1. Tempat Seru Untuk Memancing

Pantai Wohkudu terkenal dengan banyaknya lobster laut, jadi jika kamu ingin hunting mencari tangkapan laut, disini dapat menjadi lokasi yang tepat. Memancing ikan dan lobster dari atas tebing pantai akan menjadi sensasi wisata tersendiri, tak hanya menyalurkan hobi kamu juga bisa melihat deru ombak yang menghantam karang.

2. Spot Menarik Untuk Camping

Salah satu spot camping di Pantai yang selalu ramai pengunjung adalah Pantai Wohkudu Jogja. Bibir pantainya yang diapit oleh tebing karang hijau yang eksotis menjadikannya minim angin laut, sehingga kamu akan nyaman untuk bercamping ria. Pantai Wohkudu tidak begitu luas, namun keindahan alaminya masih kental terasa.

3. Berdekatan Dengan Kawasan Lokasi Pantai Lain

Pantai di pesisir selatan Kota Jogja memang sangat beragam dan saling berdekatan. Jadi jika kamu berkunjung ke salah satu pantainya, misalkan Pantai Wohkudu maka sempatkan pula untuk mampir ke pantai yang ada di sekitarnya seperti Pantai Kesirat dan Pantai Celeng Tibo, tentunya pantai lainnya ini memiliki keindahannya tersendiri.

4. Pantai Yang Masih Tergolong Perawan

Pantai Wohkudu merupakan pantai yang tergolong masih perawan, karena belum banyak pengunjung yang datang. Hal ini disebabkan karena akses jalannya yang tergolong sulit dijangkau karena masih berupa corblok dan bebatuan. Namun jangan tanya soal eksotika dan keindahan Pantai Wohkudu ini, tebing karang hijau dan debur ombak yang menderu menjadi keunggulannya.

Meskipun masih tergolong sepi, Pantai ini sering dijadikan tempat camping yang seru, sehingga traveller dengan leluasa mengeksplor kegiatannya dibibir pantai. Namun dengan banyaknya yang mengekspos foto di media sosial seperti instagram dan facebook, menjadikan Pantai Wohkudu kian dikenal oleh masyarakat luas.

Berbicara soal fasilitas Pantai Wohkudu, memang pantai ini belom memiliki fasilitas yang lengkap seperti pantai Baron dan pantai Indrayanti yang menyajikan tempat kuliner, tempat bermain hingga fasilitas gubug dan payung pantai. Sehingga memang pantai Wohkudu masih menjadi pantai private yang digunakan traveller untuk bercamping menikmati pesona pantai dari kebisingan.

Pantai Wohkudu Jogja
Pantai Wohkudu foto by instagram @exploreku

Untuk fasilitas yang mulai dibangun di Pantai Wohkudu adalah mushola dan toilet. Jadi untuk beribadah dan bersih bersih badan sudah tersedia. Jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Pantai Wohkudu, keindahan alami dan pesona Pantainya layak untuk kamu singgahi dan diabadikan sebagai foto.

Wisatawan domestik seperti mahasiswa hingga pemuda desa memanfaatkan Pantai ini sebagai tempat camping dan lokasi untuk memancing yang pastinya seru dan sayang untuk di lewatkan.

Jogja day ~ Demikian ulasan tim jogja day mengenai Pantai Wohkudu Jogja. Pantai di Gunungkidul Jogja ini menjadi hits karena sering dipakai untuk camping, bagi kamu yang ingin menikmati wisata pantai di malam hari maka Pantai Woh kudu dapat menjadi alternatif. Dengan tebing menjulang yang berwarnah hijau juga pasir putihnya menjadikan Pantai Wohkudu Jogja tampak indah dipandang mata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!