Pantai Samas Bantul Jogja: Rute Menuju Lokasi & Harga Tiket Masuk

Pantai Samas merupakan pantai yang berada di Kabupaten Bantul Jogja. Pantai dengan pasir berwarna hitam ini terkenal dengan ombaknya yang menggulung indah dengan angin yang kencang. Karena ombaknya yang relatif besar maka pengunjung disarankan untuk tidak bermain di bibir pantai Samas.

Pantai Samas digunakan juga untuk pengembangan dan pembibitan udang galan dan juga berbagai ikan laut. Pada sisi lain pantai samas terdapat pula pembibitan dan persinggahan penyu dengan berbagai jenis, seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing untuk menyimpan telur.

Pada momen tertentu, Pantai Samas Bantul sering digunakan untuk kegiatan budaya dan keagamaan seperti upacara kurab budaya dan labuhan atau sedekah laut yang merupakan ritual budaya masyarakat Sanden, Bantul biasanya dilakukan saat malam 1 suro.

Pantai Samas Jogja
Pantai Samas Jogja foto by instagram.com/@dewimalcorps

Keunikan yang ada di Pantai Samas Jogja ini adalah adanya dua sungai yang bertemu pada sisi sebelah timur Pantai Samas. Tak hanya itu kamu juga dapat menikmati pesona pengklik atau laguna air laut yang alami, sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menjadikan destinasi wisata berupa kuliner terapung, arena memancing, tambak udang dan wahana permainan lainnya.

Apabila kamu tertarik untuk menikmati Pantai Samas ini dengan berkeliling Laguna maka kamu dapat menyewa perahu dengan mengelilingi Laguna, biayanya sekitar Rp 10.000/orang.

Tak puas dengan hanya naik perahu, kamu juga bisa menikmati bibir Pantai Smaas dengan berteduh di gardu pandang yang beradad di bibir pantainya, sembari menikmati kelapa muda dan aneka kuliner yang dijual sepanjang bibir Pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Samas Bantul Jogja

Harga tiket masuk Pantai Samas sebesar Rp 4.000/orang, cukup murah bukan. Jika kamu membawa kendaraan roda dua biaya parkirnya sebesar Rp 3.000 dan untuk roda empat sebesar Rp 5.000. Tiket masuk dan biaya parkir ini sangat terjangkau dan kamu sudah bisa menikmati wisata Pantai Samas sepuasnya.

Pantai Samas Jogja
Pantai Samas Jogja foto by instagram.com/pratiwisun_

Rute Munuju Lokasi Pantai Samas Bantul Jogja

Alamat: Desa Dodogan, Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Wisata Pantai Samas semakin terkenal oleh para traveller dengan banyaknya wisatawan yang mengupload foto di media sosial. Kepopuleran pantai Samas ini yang memiliki pemandangan indah dapat kamu nikmati tak jauh dari Kota Jogja. Lokasinya kurang lebih 30 km dari kota Jogja dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Jika anda ingin berlibur ke pantai Samas, anda bisa melewati jalur yang direkomendasikan berikut:

Kota Yogyakarta > silakan menuju ke Jalan Bantul > ke arah menuju simpang empat di Palbapang > menuju Jalan Samas > Ikuti Petunjuk Arah ke Pantai Samas.

Pantai Samas Jogja
Pantai Samas Jogja foto by instagram.com/thalhachairafi

Obyek Wisata di Pantai Samas bantul Jogja

Pantai Samas yang mulai dikenal oleh para wisatawan ini memiliki banyak keunikan dan menawarkan beberapa obyek wisata tambahan. Dengan adanya obyek wisata di pantai Samas ini tentunya akan membuat wisatamu bersama keluarga, teman maupun rekan kerja menjadi semain seru dan betah untuk berlama-lama di pantai berpasir hitam ini. Berikut ini tim Jogja day akan membahas obyek wisata yang ada di pantai Samas Bantul, diantaranya:

1. Wisata Konservasi Penyu

Pantai Samas dijadikan lokasi untuk budidaya dan konservasi Penyu. Kamu bisa melihat bagaimana penyu bertelur dan cara merawatnya. Jenis penyu di Pantai Samas tergolong penyu langka seperti Penyu Sisik, Penyu Hijau dan Panyu Lekang.

Konservasi dilakukan untuk melindungi agar penyu bisa berkembang biak, melalui proses melindungi telur penyu agar tidak hilang dan diambil orang, dan membantu dalam proses bertelur. Pada waktu tertentu kamu juga bisa mengikuti kegiatan melepaskan penyu di bibir Pantai Samas.

2. Wisata Alam Pengklik Samas

keunikan yang ada di Pantai Samas lainnya adalah adanya Pengklik Pantai Samas. Daya tarik pengklik ini adalah tempat bertemunya 2 sungai yang menyatu di bibir pantai Samas, biasanya disebut laguna atau pengklik. Disini kamu bisa mengamati dengan dekat dan berwisata disekitarnya dengan meniki perahu, wisata apung, hingga memancing.

Pantai Samas Jogja
Pantai Samas Jogja foto by instagram.com/noviana_dewi123

3. Mercusuar Patehan

Sisi lain Pantai Samas yang bisa kamu nikmati adalah dengan naik ke mercusuar pantainya. Bernama Mercusuar Patehan, dari atas mercusuar kamu bisa melihat Pantai Samas dari ketinggian tentunya akan lebih indah bukan? Namun kamu tetap harus berhati hati karena naik ke Mercusuar cukup berbahaya.

4. Taman Bunga Matahari

Saat ini yang menjadi hits dikalangan anak muda adalah spot foto dan selfie. Pantai Samas menyediakan spot foto menarik untuk kamu singgahi, yaitu berupa taman bunga matahari. Lokasinya tak berada jauh dari Pantai Samas, kamu bisa membayar sekali dan bisa berfoto sepuasnya di taman ini. Ada banyak bunga bermekaran dan sangat indah cocok untuk mengambil gambar.

Pantai Samas Jogja
Pantai Samas Jogja foto by instargam/awsm.traveler

Kuliner Pantai Samas Jogja

Berwisata ke Pantai Samas ini tak hanya menikmati view pemandangan dan wisata alam saja, kamu juga dapat menikmati wisata kuliner ikan yang ada disini. Kamu bisa makan aneka olahan ikan dan hasil laut segar dengan dimakan ditempat ataupun untuk dibawa pulang. Kuliner yang ada di Pantai Samas ini enak dan pastinya seru dinikmati di pesisir pantainya.

Jogja day ~ Demikian ulasan tim jogja day mengenai pantai Samas. Pantai berpasir hitam yang ada di Kabupaten bantul ini dapat menjadi alternatif wisata buat kamu yang sedang berlibur di Kota Jogja. Dengan fasilitas yang lengkap dan obyek wisata lainnya tentu Pantai Samas menjadi destinasi wisata yang seru dan menarik untuk kamu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!