Pantai Nguyahan Gunungkidul Jogja: Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Nguyahan ~ Destinasi wisata pantai kidul Jogja memang menjadi salah satu wisata yang populer. Setiap panti memiliki ciri khas dan keindahannya sendiri, berupa debur ombak yang menggulung, tebing karang hijau yang eksotis dan wisata kuliner hingga permainan yang ada di bibir pantainya. Salah satu wisata pantai yang menarik untuk kamu singgahi adalah Pantai Nguyahan.

Pantai Nguyahan berada di dusun Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan, jaraknya cukup dekat yaitu hanya sekitar 200 meter saja. Jadi selain wisata ke Pantai Nguyahan kamu sekalian bisa wisata ke Pantai Ngobaran dan pantai Ngrenehan.

Pantai Nguyahan masih tergolong pantai yang alami dan amsih perawan karena belum banyak wisatawan yang datang dan mengetahui lokasinya. Meskipun tergolong pantai yang relatif kecil dan belum banyak fasilitas yang tersedia, namun menjadikan pantai ini lebih disukai karena belum begitu ramai wisatawan.

Di Pantai Nguyahan kamu bisa menikmati deru ombak yang menggulung di bibir pantainya dengan bersandar di bawah payung pantai yang tersedia, juga berfoto ria di tebing karang yang hijau. Bagi kamu yang ingin bermain ombak di bibir pantai, diperbolehkan namun harus tetap berhati hati dan waspada.

Meskipun pantai ini belum banyak pengunjungnya namun kamu bisa mengexplore pantai ini dengan maksimal. Menjadikannya pantai ini serasa milik sendiri karena belum banyak yang datang untuk berkunjung.

Pantai Nguyahan Jogja
foto by instagram.com/kumistipiz

Harga Tiket Masuk Pantai Nguyahan Gunungkidul Jogja

Untuk sampai ke Pantai Nguyahan kamu harus membayar retribusi sebesar Rp 5.000 per orang, namun harga retribusi tersebut sudah termasuk wisata ke pantai yang ada di sekitarnya seperti pantai Ngrenehan, Pantai Torohudan dan Pantai Ngobaran. Jadi setelah membayar retribusi tersebut kamu hanya dikenakan biaya parkir saja untuk mengeksplore wisata pantai di sekitar pantai Nguyahan.

Untuk biaya parkir di setiap pantainya kamu akan dikenakan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk mengeksplor wisata di Pantai Nguyahan lebih enak menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan yang cukup sempit dan terjal. Namun jika kamu membawa mobil maka disarankan untuk parkir di Pantai Ngobaran dan berjalan kaki ke Pantai Nguyahan yang letaknya tidak begitu jauh.

Pantai Nguyahan Jogja
foto by instagram.com/mariamegacap

Rute Menuju Lokasi Pantai Nguyahan Gunungkidul Jogja

Lokasi Pantai Nguyahan berada di dusun Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai wisata di Pantai Nguyahan kamu bisa menggunakan tranportasi motor, jika kamu menggunakan mobil maka disarankan untuk memarkirnya di Pantai Ngobaran, dan melanjutkan dengan jalan kaki, karena lokasi yang tidak jauh. Berikut ini rute Pantai Nguyahan yang bisa kamu ditempuh dari Kota Yogyakarta:

Piyungan > Patuk > Gading atau lapangan udara lalu belok kanan > Playen > Paliyan > Pasar Trowono > Kanigoro > Pantai Nguyahan

Selain itu juga ada rute lain yang bisa ditempuh dan sedikit lebih cepat jika dibanding di atas. Dimulai dari Yogyakarta > kemudian Piyungan > Parangtritis > Panggang > Saptosari > Pasar Trowono > Kanigoro > Ikuti plang Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan Jogja
foto by instagram.com/ainulanam78

Obyek Wisata di Pantai Nguyahan Gunungkidul Jogja

1. Pantai Landai dan Berpasir Putih

Pantai Nguyahan tergolong pantai yang landai dengan debur ombak kecil dan angin yang tidak kencang. Sehingga pantai ini cocok untuk bermain air di bibir pantainya dengan tetap berhati hati dan selalu waspada. Kamu bisa bermain di bibir pantai dengan berolahraga seperti voli, sepakbola dan bermain pasir.

Pantai di kawasan Gunungkidul ini hampir semua memiliki warna pasir yang putih, tak terkecuali Pantai Nguyahan. Pasirnya yang putih akan menambah eksotisnya pantai Nguyahan Gunungkidul Jogja.

2. Pemandangan Batuan Karang di Tepi Laut

Pantai Nguyahan memiliki batuan karang yang indah pada bibir pantainya. Sehingga banyak hewan laut dan biota laut yang nampak. Jika air sedang surut kamu bisa menikmati dan mencari biota laut yang terdampar pada sela sela karang di bibir pantai Nguyahan. Tentu menjadi hal yang mengasyikan bukan?

Batuan karang hijau yang ada di bibir Pantai Nguyahan juga bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto yang menarik. Warna lumut yang hijau dan karang yang berbentuk eksotis dapat menjadi obyek foto yang menarik di pantai Nguyahan.

3. Memanen Rumput Laut

Salah satu pemandangan unik yang bisa kamu lihat di pantai Nguyahan adalah para petani sedang memanen rumput laut yang berada di karang tengah laut. Pemandangan ini bisa kamu nikmati saat siang hingga sore hari. Tentu hal ini menjadi fenomena unik yang bisa kamu abadikan.

Tak hanya melihat mungkin kamu bisa ikut membatu memanen rumput lautnya atau membeli kemudian mengolah menjadi campuran dari es buah. Rumput laut juga dapat kamu nikmati pada pasar kuliner es buah yang ada di pesisir pantai. Tentu menjadi hal yang unik bukan?

4. Terdapat Banyak Gubuk Sederhana

Menikmati keindahan dari bibir pantai Nguyahan dapat menjadi pilihan yang tepat. Kamu dapat bersandar pada gubug yang ada sembari memesan kuliner khas pantai seperti, es degan, es buah hingga makanan berat, ataupun menikmati makanan yang kamu bawa dari rumah.

Pilihan kuliner yang ada di Pantai Nguyahan juga beragam, karena terdapat banyak warung kuliner yang menjajakan aneka makanan dan minuman untuk bisa kamu pesan.

5. Pemandangan Bukit di Sekeliling Pantai

Pantai Nguyahan memiliki tebing yang berada di sekitar bibir pantai yang eksotis. Kamu juga bisa mendakinya untuk menikmati pesona pantai dari atas tebing, namun tetap harus berhati hati dan selalu waspada. Menikmati debur ombak dari atas tebing sungguh menyenangkan, jangan lupa untuk diabadikan yaa lalu upload di instagram.

Pantai Nguyahan Jogja
foto by instagram.com/anismanto

6. Tempat Memancing

Setiap pantai di selatan Gunungkidul memang dapat dijadikan tempat memancing, salah satu spot terbaik yang bisa kamu singgahi untuk memancing adalah Pantai Nguyahan. Bibir pantai ini tergolong landai dengan tebing unik, sehingga kamu bisa memancing dari atas tebing, jika air sedang surut maka akan terlihat bening sebingga biota laut dengan mudah terlihat.

7. Tersedia Fasilitas Sederhana untuk Kebutuhan Pengunjung

Meskipun tergolong Pantai yang masih belum ramai, seperti Pantai Baron dan Parangtritis. Pantai Nguyahan tersedia fasilitas yang cukup untuk pengunjung yang datang kesini. Fasilitas yang ada di Pantai Nguyahan seperti area parkir yang luas, warung makan, toilet sudah ada. Kedepan sudah direncanakan oleh pengelola untuk terus membangun fasilitas agar lebih lengkap lagi.

8. Asal-usul Dibalik Nama Pantai Nguyahan

Panti Nguyahan diambil dari nama “uyah” yang dalam bahasa indonesia berarti garam. Kenapa dinamakan pantai Nguyahan, karena sejak dulu pantai ini sering digunakan oleh warga sekitar untuk bertani garam. Kandungan garam yang ada di Pantai Nguyahan ini memungkinkan untuk dijadikan tempat budidaya garam. Hingga saat ini pantai Nguyahan masih digunkan warga sekitar untuk budidaya garam.

Pantai Nguyahan Jogja
foto by instagram.com/ardi_seph

Jogja day ~ Demikian ulasan tentang tim jogja day mengenai pantai Nguyahan yang tidak kalah menariknya dengan pantai lain yang ada di daerah Gunung Kidul. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam bagi kamu baik bersama teman maupun keluarga. Pantai yang satu komplek dengan Pantai Ngobaran dan Ngrenehan ini tentunya memiliki keunikannya sendiri. Selamat berlibur!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!