31 Oleh Oleh Khas Jogja Terkenal, Enak & Murah Meriah

Jogja terkenal sebagai kota dengan tradisi yang lengkap berupa kesenian, sejarah, nyaman, dan keramahan lekat dengan kota ini. Julukan sebagai Kota Gudeg dan memiliki banyak wisata kuliner untuk kamu nikmati. Tempat wisata di Jogjapun juga beragam, sebelum kembali ke kota asal kamu bisa membeli aneka oleh oleh khas Jogja berikut ini.

Kota Jogja memiliki beragam makanan, camilan dan kuliner yang khas dan bisa menjadi oleh-oleh bagi kamu yang berwisata di kota Gudeg ini. Beragam kuliner yang ada tentunya dapat dijadikan oleh-oleh bagi sanak keluarga di rumah. Kurang lengkap rasanya jika berwisata tanpa membeli oleh oleh khas Yogyakarta. Berikut ini jogja day akan sampaikan oleh oleh khas Jogja beserta alamat dan harganya.

Oleh oleh khas Jogja tak hanya Bakpia, masih banyak kuliner lainnya yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk dibawa pulang seperti cokelat monggo, buah salak, gudeg hingga dagadu Jogja. Beragam jenis pakaian, kerajinan dan aksesoris juga bisa kamu jumpai di pusat oleh oleh di Jogja.

Dimana saja pusat untuk membeli oleh oleh khas Jogja? Yukk segera kita simak oleh-oleh khas Jogja apa saja yang enak, murah dan tahan lama untuk dibawa pulang ke rumah. Oleh oleh khas Jogja dapat kamu beli di toko oleh oleh, pasar dan pusat oleh oleh yang tersebar di seluruh kawasan Kota Jogja. Berikut ini tim Jogja Day akan mengulas oleh oleh khas jogja, simak sampai habis yaa.

“Baca Juga: 46 Kuliner Khas Jogja Enak, Terkenal, Legendaris & Murah Meriah

Oleh Oleh Makanan Khas Jogja Terkenal, Enak & Tahan Lama

Jika berwisata ke Kota Jogja pastikan untuk membeli oleh oleh khas daerahnya. Tak melulu kuliner gudeg dan bakpia untuk kamu bawa pulang, terdapat banyak oleh oleh berupa makanan lainnya. Oleh oleh makanan khas Josgja ini tentunya cocok dijadikan buah tangan sebagai camilan dirumah, pastikan juga ketika membeli oleh oleh makanan ini expired dan tanggal kadaluarsanya yaa.

1. Oleh Oleh Bakpia Jogja

Bakpia Jogja
Bakpia Jogja foto by @kulineryogya

Oleh oleh paling populer di Jogja adalah Bakpia. Sudah tentu bakpia menjadi lazim untuk oleh-oleh bagi para pengunjung kota Jogja. Pastikan anda membelinya di tempat yang tepat, sehingga menadapatkan bakpia yang enak dengan harga yang wajar, seperti di Bakpia 25 dan Bakpia Kurnia Sari.

Makanan khas ini berbentuk bulat kecil dengan isian yang beragam antara lain kacang hijau, keju atau coklat yang dibalut tepung lalu dipanggang. Rasanya yang gurih dan empuk ini menjadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tips memilih bakpia

Bagi kamu yang menginginkan untuk membeli Bakpia sebagai oleh oleh. Berikut ini adalah tips lengkap membeli oleh oleh Bakpia khas Jogja.

Pertama cicipi sebelum membeli Bakpia, pilih bakpia yang lunak dan mudah hancur karena itu artinya belum lama diproduksi apabila keras maka bakpia itu sudah lama diproduksi, dan sebaiknya anda membelinya langsung dipabrik bakpia sehingga masih hangat dan tahan lebih lama.

Alamat Bakpia Jogja

Toko bakpia Jogja yang paling ramai oleh pengunjung antara lain Bakpia 25 dan Bakpia Kurniasari. Berikut admin akan sampaikan alamat dan jam operasional Bakpia 25 dan Kurnia Sari.

1. Bakpia Kurnia Sari Jogja

Alamat Bakpia Kurnia Sari

Outlet 1 di Ruko Permai Pogung Lor No 6 Jalan Ringroad Utara Yogyakarta | Telp. (0274)625729

Outlet 2 di Jalan Glagah Sari No 97C dan No 112, Yogyakarta | Telp. (0274)830502

2. Bakpia Pathok 25 Jogja

Alamat Bakpia Pathok 25

Outlet 1: Jalan AIP II KS Tubun NG I/504, Yogyakarta | Telp. (0274)513904, 566122

Outlet 2: Jalan Adisucipto KM 9, Yogyakarta | Telp. (0274)484458

Outlet 3: Jalan Aip II KS Tubun 65, Yogyakarta

3. Bakpia Pojok Bu Prapti Jogja

Alamat Bakpia Pojok

Outlet: Jalan Monjali No 54 Karangjati, Yogyakarta

4. Bakpia Pathok 145 Jogja

Alamat Bakpia Pathok 145

Outlet 1: Jalan Gambiran No 40, Yogyakarta | Telp (0274)718862, 7480471

Outlet 2: Jalan Wijilan, Yogyakarta (Depan Gudeg Yu Djum)

Outlet 3: Jalan Jendral SUdirman No 25, Yogyakarta

Outlet 4: Jalan Kaliurang Km 5,6, Yogyakarta

5. Bakpia Merlino Jogja

Alamat Bakpia Merlino

Outlet 1: Jalan R. E. Martadinata No 24B

Outlet 2: Jalan Pakuningratan No 55, Yogyakarta | (0274)588036, 558229,562334

Harga Bakpia Jogja

Beragamnya isian dari Bakpia Jogja memberikan variasi harga yang berbeda-beda. Untuk satu dus Bakpia Jogja biasanya berisi 15-20 buah Bakpia.

Harga Bakpia: Rp. 25.000 – Rp. 60.000/dus

2. Oleh Oleh Yangko Jogja

Yangko Jogja
Yangko Jogja foto by @aremafood

Oleh oleh Yangko khas Jogja menjadi kuliner oleh oleh khas nomor dua yang paling dicari pengunjung kota Jogja untuk dijadikan oleh-oleh bagi teman dan sanak famili dirumah.

Yangko adalah camilan yang terbuat dari tepung ketan, bentuknya persegi empat mungil, dilapisi tepung terigu. Rasanya yang manis dan teksturnya kenyal, yangko juga memiliki aroma yang khas sehingga banyak dibeli oleh wisatawan.

Yangko merupakan oleh oleh khas nomor dua setelah bakpia, didalamnya berisikan kacang dan gula, selain original terdapat beragam varian rasa seperti buah buahan.

Camilan ini banyak ditemukan di Kotagede dan juga pusat oleh oleh yang tersebar di pusat kota Yogyakarta.

Alamat Yangko Jogja

1. Yangko Pak Prapto, berdiri sejak 1921

Alamat: Jalan Pramuka No 82 | Telp. (0274)380757

2. Yangko Bu Nining

Alamat Yangko Bu Nining

Outlet 1: Jalan Menteri Supeno No 118

Outlet 2: Jalan gajah Mada No 29, Yogyakarta

Harga Yangko Jogja

Yangko memiliki varian rasa yang sangat beragam yaitu rasa buah-buahan, cokelat dan keju, sehingga memiliki varian harga yang juga beragam. Untuk satu dus Yangko biasanya berisi 30 buah.

Harga Yangko Jogja: Rp. 10.000-Rp. 20.000/dus

3. Oleh Oleh Geplak Jogja

Geplak Jogja
Geplak foto by IG marketingjogja

Nah, Geplak adalah kuliner yang cukup unik untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja bagi wisatawan lokal. Wajib bagi anda untuk mencoba dan menjadikannya buah tangan bagi sanak saudara dirumah.

Geplak adalah cemilan yang berbahan dasar kelapa, gula dan pewarna makanan serta aroma sesuai selera. Makanan yang manis ini biasa dijual dengan berbagai varian rasa antara lain durian, coklat, nangka, vanilla dan lainnya.

Camilan ini terlihat mencolok dengan warna yang beragam. Geplak dapat ditemui di berbagai pusat oleh oleh kota Yogyakarta, salah satu toko yang ramai pembeli adalah di toko oleh oleh geplak Mbok Tumpuk Bantul yang legendaris.

Alamat Geplak Jogja

1. Geplak Jago Jogja

Alamat Outlet Geplak Jago: Jalan Wahid Hasyim, Bantul | Telp (0274)367727

2. Geplak Mbok Tumpuk Jogja

Alamat Outlet Geplak Mbok Tumpuk: Jalan Wahid Hasyim, Bantul

Harga Geplak Jogja

Geplak memiliki warna yang terang menarik dengan varian rasa yang beragam. Untuk satu dus Geplak Jogja biasanya berisi 15-20 buah

Harga Geplak Jogja: Rp. 15.000 – Rp. 25.000

4. Oleh Oleh Gudeg Jogja

Gudeg Jogja
Gudeg Jogja foto by @foodmediaid

Gudeg Jogja merupakan makanan khas Jogja dan ikon kota Yogyakarta juga sering digunakan sebagai oleh oleh khas kota Jogja. Gudeg Yu Djun, Gudeg Wijilan dan Gudeg Tjitro menjadi yang terdepan dan selalu ramai. Kamu bisa memesan gudeg basah ataupun gudeg kering yang bisa dibawa pulang. Ada juga varian gudeg kaleng yang awet dan tahan lama.

Gudeg terdiri dari buah gori, nasi, krecek, sayur tempe tahu, dan lauk berupa ayam dan telur. Makanan manis ini terdiri dari 2 jenis yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg kering tak jauh berbeda dengan gudeg basah, hanya saja membutuhkan proses yang lebih lama dan rasanya lebih manis dari gudeg basah.

Salah satu warung Gudeg legendaris dapat anda temui di Jalan Kaliurang km 5, Yogyakarta yaitu di Gudeg Yu Djum. Pengunjung dapat memakan ditempat maupun dipaket untuk dibawa pulang.

Alamat Gudeg Yogyakarta

1. Gudeg Yu Djum Jogja

Alamat Outlet Gudeg Yu Djum Jogja: Jalan Kaliurang Km 6, Yogyakarta.

2. Gudeg Mbak Yayah Jogja

Alamat Outlet Gudeg Mbak Yayah Jogja: Jalan Monjali No 20, Nandan, Yogyakarta.

3. Gudeg Bu Tjitro 1925

Alamat Outlet Gudeg Bu Tjitro: Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta.

4. Gudeg Wijilan Bu Lies

Alamat Outlet Gudeg Wijilan: Jalan Wijilan No 5 Yogyakarta | Telp. (0274)450164

Harga Gudeg Jogja

Gudeg merupakan makanan yang paling dicari di Kota Jogja. Ragam isian Gudeg cukup banyak yaitu Ayam, Telur, Tengkleng juga Rendang.

Harga Gudeg Jogja: Rp. 15.000-Rp. 40.000/porsi

“Baca Selengkapnya: 13 Gudeg Khas Jogja Paling Enak, Terkenal & Murah Meriah

5. Oleh Oleh Cokelat Monggo Jogja

cokelat monggo jogja
Cokelat Monggo Jogja foto by www.kotajogja.com

Kuliner yang mulai populer untuk dijadikan oleh-oleh khas kota Jogja ini adalah cokelat dengan ramuan dan rasa yang khas. Sehingga wajib bagi pengunjung kota Jogja untuk mencoba camilan cokelat monggo ini.

Jika anda ingin oleh oleh yang berbeda maka pengunjung dapat singgah untuk membeli cokelat monggo. Alamat tokonya berada di Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta.

Tak seperti cokelat kebanyakan, cita rasa dari cokelat monggo ini sekelas dengan cokelat Belgia dan Italia. Olahan cokelat ini memiliki sensasi tersendiri dengan berbagai bentuk dan varian rasa.

Cokelat monggo diolah dari biji cokelat pilihan dari Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Pemiliknya merupakan orang kebangsaan Belgia, tentu saja racikan yang dihasilkan memiliki khas dan kenikmatan tersendiri.

Alamat Cokelat Monggo Jogja

Jalan Dalem KG III/978, RT. 043/RW. 010, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta

Phone / Fax (0274) 373192

Harga Cokelat Monggo Jogja

Cokelat Monggo memiliki berbagai jenis dan varian. Tentunya memiliki rasa yang juga beragam. Anda akan menemukan cokelat dengan berbagai varian bentuk dan rasa di cokelat monggo Jogja.

Harga Cokelat Monggo Jogja: Rp. 20.000 – Rp. 80.000

6. Oleh Oleh Salak Pondoh Jogja

Salak Pondoh Jogja
Salak Pondoh Jogja foto by @ibu_dan_anak_id

Salak merupakan buah yang unik dan dapat dijadikan oleh oleh khas bagi para pengunjung kota Jogja, ada berbagai macam salak dengan beragam rasa ada yang manis dan sepat. Sudah menjadi hal yang wajib bagi pengunjung untuk mencobanya.

Berkah gunung merapi membuat daerah di lereng merapi subur, sehingga cocok untuk menanam berbagai jenis buah dan sayuran. Salah satu buah yang dibudidaya adalah salak  pondoh.

Rasanya yang manis dan agak sepat memiliki kekhasan tersendiri, menjadikannya buah yang wajib sebagai buah tangan.

Pengunjung dapat menemui penjual salak pondoh di sepanjang jalan kota Yogyakarta maupun di pasar tradisional. Atau pengunjung dapat singga di argowisata salak pondoh yang berada di kampung gandung, Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta.

Alamat Salak Pondoh Jogja

1. Argowisata Turi, Sleman, Yogyakarta

2. Agrowisata Omah Salak

3. Kedai Pusat Oleh Oleh Jogja

Harga Salak Pondoh Jogja

Salak yang merupakan produksi dari kawasan Turi, Sleman, Jogja ini memiliki jenis dan harga yang beragam. Salak dengan jenis pondoh adalah salak yang paling ramai dibeli.

Harga Salak Pondoh Jogja: Rp. 5.000 – Rp. 10.000/kg

7. Oleh Oleh Thiwul Jogja

Thiwul jogja
Thiwul Jogja foto by @voilajogja

Bagi anda yang menginginkan camilan desa yang unik dan berbeda. Sudah pasti anda wajib mencoba dan menjadikan thiwul sebagai oleh-oleh khas untuk sanak keluarga dirumah dari Kota Jogja.

Rasanya yang khas dan bikin ketagihan membuat thiwul menjadi camilan yang mulai banyak diburu para wisatawan kota Jogja baik lokal maupun mancanegara.

Camilan khas Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta ini terbuat dari tepung geplek yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Warnanya kecoklatan, rasanya yang manis dengan tambahan kelapa parut dan gula pasir banyak dicari wisatawan sebagai oleh oleh rumah.

Alamat Thiwul Jogja

1. Jalan Mangunan KM.4.5, RT.15, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta | Telp. 0819-3170-9303

2. Jl. Pramuka No 36 Wonosari,  Gunungkidul, Yogyakarta | Telp. 0274 7889300 – 081 328 741792

3. Jl. Wonosari – Yogya Km 3.5 Siyono Tengah, Yogyakarta | Telp. 0274 300 1164

4. Pusat Oleh Oleh Jogja

Harga Thiwul Jogja

Varian yang ditawarkan di sini tak hanya rasa asli yang didominasi singkong. Pengunjung juga bisa memesan tiwul gula jawa, tiwul gula pasir, tiwul sambal, hingga tiwul gurih.

Harga Thiwul Jogja: Rp. 8.000 – Rp. 17.000/dus

8. Oleh Oleh Jadah Tempe Jogja

Jadah Tempe Mbah Carik
Jadah Tempe Jogja foto by @pipitrezita

Rasa jadah yang legit di campur tempe bacem yang manis menjadikan jadah tempe menjadi camilan yang banyak diburu para wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran untuk mencobanya dan cocok dijadikan oleh oleh khas Jogja.

Camilan yang menjadi ikon daerah kaliurang ini wajib dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dirumah. Di kaliurang anda akan menemui penjual jadah tempe yang banyak di sepanjang jalan kaliurang maupun diberbagai pusat oleh-oleh.

Camilan ini terdiri dari jadah (ketan putih) dan tempe bacem manis. Cara menikmatinya adalah tempe bacem manis ditumpuk dengan dua lapis jadah, kemudian dimakan layaknya burger. Hal ini menjadikan jadah tempe disebut sebagai burgernya Jawa.

Salah satu kedai jadah tempe yang terkenal adalah jadah tempe Mbah Carik.

Alamat Jadah Tempe Kaliurang Jogja

1. Jalan Kaliurang KM.12,5, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta | 0815-7855-8388

2. Jalan Astomulyo, Kaliurang, Yogyakarta | Telp. (0274) 4464277

3. Kedai Pusat Oleh Oleh Jogja

Harga Jadah Tempe Kaliurang Jogja

  • Paket 1 (10 jadah + 10 tahu + 10 tempe) Rp. 32.000
  • Paket 2 (10 jadah + 10 tahu) Rp. 20.000
  • Paket 3 (10 jadah + 5 tempe + 5 tahu) Rp. 21.000
  • Paket 4 (10 jadah + 5 tempe) Rp. 15.000
  • Paket 5 (5 jadah + 5 tempe) Rp. 10.000
  • Paket 6 (10 jadah + 5 tahu) Rp. 16.000
  • 10 biji wajik Rp. 10.000

9. Oleh Oleh Tasuba Jogja

Tasuba Jogja
Tasuba Jogja foto by @tasuba

Tasuba adalah kepanjangan dari tahu susu bakso yang merupakan bahan utama camilan ini. Pengunjung mulai banyak yang berburu tasuba untuk dijadikan oleh-oleh khas kota Jogja.

Rasanya yang gurih dan lezat sangat layak untuk dicaba, camilan ini juga dapat dijadikan lauk pauk untuk dimakan bersama nasi hangat. Denga tekstur yang padat camilan ini juga cukup mengenyangkan dan dapat mengganjal perut anda.

Camilan ini menjadi oleh oleh yang mulai ramai dibeli oleh pengunjung. Tasuba memiliki tekstur yang lebih padat dari tahu bakso biasa, camilan ini diolah tanpa pengawet meskipun begitu mampu bertahan hingga 6 bulan.

Pengunjung dapat membeli oleh oleh baru ini di Jalan Laksda Adi Sucipto km 7,6, Yogyakarta.

Alamat Tasuba Jogja

1. Jalan Laksda Adi Sucipto Km 7.6, Yogyakarta | 0858-6808-8088

2. Outlet Rumah Makan Ayam Suharti Jl. Laksda Adisucipto No 208

Harga Tasuba Jogja

Oleh-oleh yang mulai digemari layak untuk dicoba, dengan harga yang relatif murah. Satu kotak berisi 10 biji tasuba harganya Rp. 32.000. Tersedia juga Tasuba ukuran lebih kecil, satu kotak isi 10 biji TASUBA harga Rp. 22.000

Harga Tasuba Jogja Rp. 22.000- Rp. 32.000/dus

10. Oleh Oleh Belalang Goreng Jogja

Belalang Goreng Jogja
Belalang Goreng Jogja foto by www.bonvoyagejogja.com

Belalang goreng merupakan camilan yang bisa menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan kuliner ekstrem dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Perlu pengunjung mengetahui bahwa camilan belalang goreng ini tidak ada efek samping kecuali bagi yang alergi saja. Maka sudah layak untuk dicoba camilan belalng goreng ini.

Bagi pengujung yang ingin camilan yang tak biasa, maka anda wajib mencicipi belalang goreng. Oleh oleh khas Gunungkidul, Yogyakarta ini dapat anda temui di sepanjang jalan di Gunungkidul atau di toko oleh oleh kota Yogyakarta.

Rasanya yang gurih, renyah dan enak, membuat belalang goreng ramai diburu oleh para wisatawan. Salah satu merek yang menjual camilan ini adalah Belalang Goreng Pak Gareng dengan kisaran harga 35rb per toples sedang.

Alamat Belalang Goreng Jogja

1. Pengunjung dapat menemukan penjual belalang goreng di sepanjang jalan Gunungkidul

2. Kedai Pusat Oleh Oleh Jogja

Harga Belalang Goreng Jogja

Harga Rp. 30.000 – Rp. 50.000/toples

11. Oleh Oleh Keripik Belut Jogja

Kripik Belut Jogja
Keripik Belut Jogja foto by instagram.com/mami.linakiki

Camilan yang wajib dijadikan oleh-oleh kota Jogja selanjutnya dalah kripik belut. Belut merupakan ikan yang banyak ditemukan di sawah-sawah, perlu diketahui juga bahwa belut memiliki banyak khasiatnya tanpa efek samping.

Camilan yang renyah, gurih dan nikmat ini merupakan oleh oleh khas dari Godean, Yogyakarta. Dengan berbahan dasar belut dan tepung, camilan ini ramai dicari para pengunjung sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

Bagi pengunjung yang menginginkan camilan ini bisa mendatangi pusatnya di Godean, Yogyakarta atau di pusat oleh oleh Jogja yang sudah dikemas dalam toples dan plastik dengan berbagai merek.

Alamat Kripik Belut Jogja

1. Kedai Pusat Oleh Oleh Jogja

2. Pasar Godean

3. Pasar Beringharjo

Harga Kripik Belut Jogja

Rp. 10.000 – Rp. 25.000/bungkus

12. Oleh Oleh Seafood Jogja

Seafood Pantai Depok Jogja
Seafood Jogja foto by www.piknikdong.com

Bagi yang menyukai kuliner laut, sudah selayaknya untuk mencoba makanan dan camilan seafood yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Jogja untuk sanak keluarga dirumah. Pengunjung dapat membawa pulang seafood ini mentah, mantang maupun setengah matang.

Kawasan pantai selatan daerah Bantul dan Gunungkidul terkenal dengan berbagai olahan seafoodnya. Anda bisa berkunjung ke pantai Depok, Baron atau Kukup untuk membeli seafood seperti berbagai jenis ikan, cumi, udang, kerang dan lainnya untuk di bawa pulang maupun dimasak setengah matang untuk oleh oleh.

Camilan seafood bisa anda temui dipantai selatan yangmenjajakan olahan hasil laut seperti udang goreng, cumi goreng, kripik rumput laut, rempeyek jengking, rempeyek udang dan lain sebagainya.

Alamat Seafood Jogja

Pengunjung bisa membeli aneka macam hasil laut/seafood pada setiap pantai di Jogja

Harga Seafood Jogja

Jika pengunjung membelinya di Pasar ikan maka harga akan relatif lebih murah, kisaran harga yaitu Rp. 10.000 – Rp. 20.000/kg

13. Oleh Oleh Peyek Kacang Tumpuk Jogja

Peyek kacang Tumpuk Jogja
Peyek Kacang Tumpuk Jogja foto by www.tokopedia.com

Bagi pengunjung yang menyukai camilan renyah sudah selayaknya untuk mencoba peyek kacang tumpuk dan bisa dijadikan oleh oleh khas Jogja juga. Oleh-oleh ini mulai ramai untuk dicari para pengunjung kota Jogja sebagai buah tangan untuk teman dan sanak keluarga.

Camilan ini merupakan oleh oleh khas Bantul, Yogyakarta. Berbeda dengan peyek biasa yang pipih, peyek kacang tumpuk ini memiliki bentuk bertumpuk tidak beraturan, dengan jumlah kacang lebih banyak.

Rasanya yang renyah, gurih dan kriuk lezat sangat ramai dicari oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan harga yang relatif murah yaitu 1 kg peyek Rp. 45.000. Salah satu toko yang menjual camilan ini adalah Geplak dan Peyek Mbok Tumpuk di Jalan Wahid Hasyim no 104, Bantul, Yogyakarta.

Alamat Peyek Kacang Tumpuk Jogja

Jl. Wakhid Hasyim No 104, Bantul, Yogyakarta

Harga Peyek Kacang Tumpuk Jogja

Harga: Rp. 10.000 – Rp. 40.000

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Kaliurang Lereng Gunung Merapi Enak, Terkenal & Wajib Dicoba)

Oleh Oleh Aksesoris & Kerajinan Khas Jogja Terkenal & Murah Meriah

Oleh oleh khas Jogja berupa kuliner memang menarik, namun tak hanya kuliner yang dapat kamu jadikan buah tangan untuk keluarga dirumah, kamu juga bisa membawa pulang oleh oleh khas Jogja seperti aksesoris dan kerajinan, berupa batik jogja, kerajinan, kaos, pernak pernik dan aksesoris khas Jogja. Berikut ini adalah rekomendasi oleh oleh khas Jogja selain makanan yang bisa kamu bawa pulang, selain awet harganya juga murah meriah.

14. Oleh Oleh Batik Jogja

Batik Jogja
Batik Jogja foto by www.arwini.com

Kota Jogja merupakan kota kebudayaan dengan berbagai sejarah yang ada, sehingga kekayaan budaya yang dimilikinya ada barang yang dapat dijadikan oleh-oleh khas yaitu batik Jogja. Batik jogja menjadi barang oleh-oleh yang paling diburu wisatawan lokal dan mancanegara.

Tak hanya camilan dan makanan, pengunjung juga dapat membeli oleh oleh berupa barang, salah satunya batik Jogja. Tak hanya baju dan kaos, pengunjung juga dapat membeli souvenir batik berupa sandal, tas syal yang bernuansa batik sebagai buah tangan kota Yogyakarta.

Tempat yang ramai untuk berburu batik berada di sepanjang jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Pengunjung dapat memilih beragam dan dapat menawarnya dengan leluasa disana.

Alamat Batik Jogja

1. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

2. Kawasan Malioboro Yogyakarta

Harga Batik Jogja

Harga: Rp. 20.000 – Rp. 100.000

15. Oleh Oleh Kerajinan Perak Kotagede Jogja

Kerajinan Perak Kotagede Jogja
Perak Kotagede foto by www.ksmtour.com

Bagi pengunjung yang ingin oleh-oleh berupa barang dan aksesoris yang unik-unik dapat menjadikan kerajinan perak kota Jogja untuk dijadikan buah tangan dan oleh oleh khas Jogja bagi rekan maupun keluarga dirumah.

Pengunjung dapat membeli kerajinan perak ini di Kotagede, Yogyakarta. Kotagede merupakan sentra kerajinan perak sejak zaman kerajaan mataram dan ramai oleh wisatawan mancanegara juga lokal untuk berburu kerajinan sebagai buah tangan.

Di kotagede pengunjung dapat singgah di rumah produksi secara langsung untuk memesan atau melihat proses pembuatan. Bentuk kerajinan perak di kotagede sangatlah beragam mulai dari perhiasan hingga pernak pernik hiasan rumah, kantor, untuk meja dan kursi. Hasil produksi kerajinan perak kotagede sudah merambah keluar negeri seerti Belanda.

Alamat Kerajinan Perak Jogja

Lokasi Jalan Kemasan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta

Harga Kerajinan Perak Jogja

Harga: Rp. 10.000 – Rp. 500.000

16. Oleh Oleh Gerabah Kasongan Jogja

Gerabah Kasongan Jogja
Gerabah Kasongan foto by instagram.com/gerabahantiqelmy

Gerabah kasongan merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Tentunya gerabah kasongan ini menjadi alternatif oleh oleh khas bagi kamu yang berkunjung ke Jogja. Alamatnya berada di Desa Kasongan, Padukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Sleman, Yogyakarta.

Pengunjung dapat melihat proses produksi gerabah mulai dari pembentukan tanah liat sampai pembakaran hingga pewarnaan, terdapat berbagai macam gerabah yang dihasilkan diantaranya, guci, vas bunga, lampu hias, asbak dan lain sebagainya.

Alamat Gerabah Kasongan Jogja

Lokasi Desa Kasongan, Padukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Sleman, Yogyakarta

Harga Gerabah Kasongan Jogja

Harga: Rp. 20.000 – Rp. 250.000

17. Oleh Oleh Dagadu Jogja

Dagadu Jogja
Dagadu Jogja foto by www.bisnisukm.com

Dagadu merupakan brand Yogyakarta yang terkenal dan bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Jogja. Brand ini menjual kaos, topi, dan pernak pernik pakaian lainnya. Yang terkenal pada dagadu adalah kaos yang identik dengan tulisan dan gambar plesetan yang lucu dan unik.

Dengan menggunakan kaos brand dagadu maka pengunjung akan merasakan menjadi anak gaul Yogyakarta. Untuk pembelian barang asli dagadu, pengunjung dapat datang ke kios di Mall Malioboro, Ambarukmo Plaza, dan Yogyatorium Dagadu Djogja di Jalan Gedongkuning 128, Yogyakarta.

Alamat Dagadu Jogja

( Creatives Industry ) Jl. IKIP PGRI No. 50, Sonopakis, Yogyakarta
Telp. 0274-373441
WA/SMS 0821 3600 4242 | Fax. 0274-373493 | BB 5939B537

Jam Operasional: Senin – Jumat 08:00 – 17:00

Harga Dagadu Jogja

Harga Baju dan Aksesoris lainnya sangat beragam mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 200.000

18. Oleh Oleh Blangkon, Surjan, Jarik dan Keris Khas Jogja

blangkon keris Jogja
Pakaian Jawa foto by www.deskgram.org

Para wisatawan yang ingin memiliki pakaian adat Yogyakarta dapat berkunjung ke sepanjang jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Pakaian khas jogja ini dapat kamu jadikan oleh oleh khas Jogja dan sangat ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ada berbagai jenis pakaian adat Yogyakarta antara lain, Blangkon yaitu tutup kepala, Surjan adalah kemeja batik, Jarik yang digunakan sebagai celana dan keris sebagai hiasan. Anda dapat membeli baju batik lengkap dengan aksesorisnya untuk buah tangan bagi keluarga.

Alamat Outlet Busana Jawa Jogja

1. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

2. Kawasan Pedagang Malioboro

Harga Busana Jawa Jogja

Harga dari pakaian Jawa dan aksesorisnya sangat beragam mulai Rp. 10.000 – Rp. 100.000

19. Oleh Oleh Kerajinan Pantai Jogja

Kerajinan Pantai Jogja
Kerajinan Pantai foto by www.duniaibrahim.wordpress.com

Pengunjung akan menemui banyak penjual kerajinan wisata Pantai di pesisir pantai selatan, seperti Pantai Baron dan Kukup. Kerajinan khas Jogja ini dapat kamu jadikan oleh oleh yang unik dari kota Jogja. Bahan dasar yang kerajinan ini berupa cangkang kerang dan bekas binatang laut. Benda benda tersebut diolah menjadi hiasan dinding, kap lampu, tirai, bingkai foto, asbak dan bentuk bentuk unik lainnya.

Alamat Kerajinan Pantai Jogja

Penjual kerajinan pantai ini dapat ditemukan di setiap Pantai wilayah selatan Kota Jogja, seperti Pantai Baron, Krakal, Indrayanti, Parangtritis dan lainnya

Harga Kerajinan Pantai Jogja

Harga kerajinan pantai Jogja ini sangat beragam mulai Rp. 20.000 – Rp. 70.000

20. Oleh Oleh Pernak Pernik Khas Jogja

Pernak Pernik Khas Jogja
Pernak Pernik Jogja foto by www.btemplate.info

Apabila anda mengunjungi Malioboro maka jangan lewatkan untuk berburu oleh oleh khas Jogja berupa pernak pernik khas jogja berupa gelang, cincin, dompet, ikat pinggang, topi, gantungan kunci, tas dan lainnya. Dengan harga yang terjangkau pengunjung juga dapat menawar jika akan membeli banyak. Untuk itu baca juga Tips Cara Menawar Barang di Yogyakarta.

Alamat Pernak Pernik Khas Kota Jogja

Kawasan Malioboro, Yogyakarta

Harga Pernak Pernik Khas Kota Jogja

Harga pernak pernik khas Jogja ini sangat beragam mulai Rp. 5.000 – Rp. 20.000

“Baca Juga: 21 Oleh Oleh Khas Semarang Terkenal, Enak & Murah Meriah

Pusat Tempat Membeli Oleh Oleh Khas Jogja

Dimana pusat membeli oleh oleh khas Jogja yang lengkap dan murah? Berikut ini tim jogja day akan sampaikan pusat oleh oleh khas Jogja dan sentra produksi oleh oleh khas Jogja.

Pusat oleh-oleh khas Jogja menjual aneka macam oleh oleh berupa makanan, aksesoris, pakaian hingga kerajinan di sepanjang jalan-jalan besar di kota Jogja. Pengunjung dapat dengan mudah menemukannya, namun tidak semua pusat oleh oleh menjual secara lengkap. Untuk memperoleh oleh oleh secara lengkap kamu bisa membeli oleh oleh khas Jogja dengan datang langsung ke sentra produksi atau pabrik pembuatannya.

21. Pusat Gerabah Kasongan Jogja

Gerabah Kasongan Jogja
Kasongan foto by instagram.com/jaya_gerabah

Pusat oleh oleh di Jogja yang pertama adalah Gerabah Kasongan. Kasongan merupakan sentra produksi gerabah yang sudah mendunia. Di lokasi pembuatan gerabah ini kamu bisa membeli cindera mata berupa souvenir dan kerajinan gerabah berupa guci dan lainnya. Di kasongan kamu bisa melihat langsung proses produksi gerabah dan membelinya.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota jogja yaitu sekitar 10 hingga 20 menit saja. Kamu dapat membeli gerabah untuk oleh oleh ataupun sekedar berwisata di kasongan. Wisatawan lokal hingga mancanegara selalu ramai datang ke kasongan. Tentu menarik bukan?

Lokasi: Kasongan, Kasihan, Tirtonirmolo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

22. Pasar Klithikan Jogja

Pasar Klitikan Jogja
Pasar Klitikan foto by www.gudegnet.com

Pasar Klitikan merupakan pasar yang meyediakan barang unik dan antik. Di Pasar Klitikan ini kamu bisa jadikan pusat oleh oleh untuk membeli barang. Kamu dapat singgah disini untuk menemukan barang dengan nuansa oldies dengan harga yang relatif miring. Kebanyakan barang tua ini adalah barang yang sudah tua namun masih memiliki kualitas yang baik.

Di pasar klitikan ini tak hanya menjual barang unik dan antik, kamu juga menemukan banyak penjual pakaian, piranti automotive hingga kuliner. Pasar legendaris ini selalu ramai saat malam tiba, dan akan menemukan banyak orang yang saling tawar menawar barang di pasar klitikan.

Lokasi: Jalan HOS. Cokroaminoto No. 34, Pakuncen, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

23. Sentra Industri Kerajinan Desa Manding Jogja

Desa Manding Jogja
Desa Manding foto by www.AGtourindo.com

Desa manding merupakan sentra produksi dan penjualan kulit. Mulai dari sepatu, tas, hingga jaket yang terbuat dari kulit dapat kamu temukan disini dan menjadikannya oleh oleh. Bahkan jika kamu memiliki design untuk di produksi, di manding kamu bisa memesannya langsung.

Kualitas hasil produksi di desa manding ini terbilang bagus, awet dan tahan lama. Wisatawan yang sedang berlibur di Jogja menyempatkan diri untuk singgah dan membeli hasil produksi kulit ini sebagai oleh oleh ataupun dipakai sendiri.

Lokasi: Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo, Manding, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

24. Desa Wisata Krebet Jogja

Desa Wisata Krebet Jogja
Desa Wisata Krebet foto by instagram.com/baltyra

Bagi kamu yang menginginkan batik sebagai oleh oleh khas Jogja, tak melulu soal kain kamu bisa membeli batik kayu. Desa wisata krebet merupakan sentra produksi aneka macam batik kayu, dan kamu bisa melihat langsung cara produksinya.

Membatik dengan media kayu tentu membutuhkan kreatifitas dan nilai seni yang tinggi. Aneka macam hasil dari batik kayu ini dapat kamu jadikan alternatif oleh oleh dan dijadikan pajangan atau hiasan di rumah.

Lokasi:  Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

25. Pasar Seni Gabusan Jogja

Pasar Seni Gabusan Jogja
Pasar Seni Gabusan foto by instagram.com/jogjaday

Pusat oleh oleh selanjutnya adalah Pasar Seni Gabusan. Jika ingin mencari aksesoris dan barang seni maka kamu bisa singgah di Pasar Seni Gabusan. Terdapat aneka macam kerajinan, mulai dari topeng, lukisan, aksesoris dan hiasan kamar dapat kamu beli. Hasil karya disini tak hanya dari pengrajin lokal saja namun dari banyak seniman luar jogja juga.

Selain berburu barang seni dan kerajinan tangan. kamu juga bisa mengikuti festival kesenian pada waktu tertentu, wisata kuliner juga tersedia mulai sate klatak hingga gathot. Tentu menarik bukan?

Lokasi: Jalan Parangtritis, Sewon, Timbulharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

26. Taman Pintar Bookstore (Shopping Center) Jogja

Shopping Center Jogja
Shopping Center Jogja foto by instagram.com/jogjaday

Buku sebagai oleh oleh mengapa tidak? Shopping Center merupakan tempat membeli buku yang populer dikalangan pelajar dan mahasiswa Jogja. Disini menyediakan buku bekas dan buku baru yang lengkap dengan harga yang relatif miring. Bagi kalian yang kutu buku, juga dapat menemukan beragam jenis buku berupa buku pelajaran, buku puisi, buku sejarah dan buku memasak.

Lokasi shopping center yang berada di pusat kota menyebabkan selalu ramai pengunjung, kamu juga bisa menemukan buku yang sudah tidak diterbitkan lagi hingga buku yang sudah langka. Bagi kamu yang haus akan bacaan maka shopping center menjadi pilihan yang tepat untuk berbelanja buku juga dapat menjadi oleh oleh berkualitas.

Lokasi: Taman Pintar, Jalan Sriwedani No.1, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

27. Dagadu Jogja

Dagadu Jogja
Dagadu Jogja foto by www.KSMTour.com

Pusat oleh oleh khas Jogja paling populer ini bernama Dagadu. Dengan berbagai produk yang beragam seperti sandal, t-shirt, gantungan kunci, mug dan lainnya dapat kamu jadikan kenang kenangan untuk dibawa pulang.

Produk yang dijual dagadu memiliki nilai kreatifitas yang tinggi, keren dan unik. Jadi jika kamu sedang berwisata ke Jogja pastikan untuk singgah dan mampir ke kedai oleh oleh khas Jogja di Dagadu.

Lokasi:
1. Yogyatourium Dagadu – Jalan Gedongkuning Sel. No.128, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta

2. Pos layanan Dagadu (Posyandu) 1: Malioboro Mall LG, Jalan Malioboro, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta

3. Pos Pelayanan Dagasu (Posyandu) 2: Jalan Pekapalan, No. 7, Alun-alun Utara, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta

28. Sentra Produksi Bakpia Pathok 25 Jogja

Sentra Bakpia Pathok 25
Bakpia Pathok foto by twitter.com/rajasambal

Bakpia menjadi oleh oleh yang wajib dibawa pulang ketika sedang di Jogja. Tak hanya membeli bakpia, kamu juga bisa singgah ke sentra produksi bakpia untuk melihat langsung proses produksinya. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Jogja, dengan datang langsung ke pabriknya kamu dapat mengamati bahkan membantu proses produksinya. Menarik bukan?

Lokasi: Jalan AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Ngampilan, Daerah Istimewa Yogyakarta

29. Pabrik Chocolate Monggo Jogja

Cokelat Monggo Jogja
Cokelat Monggo foto by twitter.com/jogjaday

Oleh oleh kekinian yang sedang hits di Jogja adalah Chocolate Monggo. Disini kamu bisa melihat secara langsung proses pengolahan cokelat menjadi kuliner yang lezat. Pabrik dengan design jawa klasik ini memiliki design interior yang unik dan artistik, cocok juga untuk fotografi. Terdapat bagian display produk cokelat monggo yang dipamerkan, kamu juga dapat mencicipi sampelnya secara gratis.

Lokasi: Jalan Dalem KG III / 978, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

30. Hamzah Batik Jogja

Hamzah Batik Jogja
Hamzah Batik Jogja foto by instagram.com/2JogJa

Toko ini dahulunya bernama Mirota Batik kini telah berganti nama menjadi Hamzah Batik. Koleksi yang ada disini sangat beragam mulai dari kerajinan, pakaian hingga aksesoris khas Jogja ada semua. Hamzah Batik menjadi toko oleh oleh khas Jogja yang telah melegenda, jika lokasinya yang berada di malioboro terlalu ramai kamu bisa beralih ke Hamzah Bati yang cabang jalan kaliurang.

Lokasi:
1. Jalan Margo Mulyo No. 9, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Hamzah Batik Kaliurang: Jl. Kaliurang KM. 15,5, Umbulmartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

31. Kawasan Malioboro Jogja

Malioboro Jogja
Malioboro foto by instagram.com/malioboro_insta

Jika berkunjung ke kota Jogja tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Malioboro. Kawasan belanja yang tak pernah sepi ini menjajakan aneka macam oleh oleh yang dapat menjadi buah tangan juga kenang kenangan. Lokasinya yang berada di pusat kota Jogja ini menyediakan beragam pilihan barang yang dapat kamu bawa pulang, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Mulai dari pakaian, souvenir, aksesoris hingga kuliner semua ada di Malioboro. Bagi kamu yang berwisata ke Jogja malioboro menjadi tempat kunjungan terakhir untuk membeli oleh oleh yang tepat.

“Baca Juga: 15 Oleh Oleh Khas Wonosobo Terkenal, Enak & Tahan Lama

Jogja day ~ Demikian ulasan oleh oleh khas Kota Jogja yang paling dicari wisatawan domestik juga mancanegara. Oleh oleh khas Jogja ini dapat kamu beli sebagai buah tangan bagi sanak keluarga di rumah, kerabat juga rekan kerja. Dengan rasa yang enak, harga yang murah dan makanan yang tahan lama maka 31 oleh oleh ini dapat kamu beli di berbagai toko dan pusat oleh oleh di Yogyakarta. Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Jogja jangan sampai lupa untuk membawa oleh oleh berupa kuliner, barang, aksesoris hingga kerajinan khas Kota Yogyakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!