22 Oleh Oleh Khas Surabaya Terkenal, Enak & Murah Meriah

Kota Pahlawan Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur yang terkenal sebagai kota perdagangan atau perniagaan. Di sana juga merupakan pusat industri sehingga banyak terdapat bangunan gedung perusahaan. Meskipun begitu, tempat wisata di Surabaya juga beragam dan menarik untuk dikunjungi, begitu pula oleh-oleh khas yang bisa Kamu dapatkan.

Berwisata di kota Surabaya tentu sangat menyenangkan, sebagai kota yang padat penduduknya Surabaya memiliki beragam kuliner yang bisa kamu nikmati. Olahan makanan khas Surabaya ini juga dapat kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Jangan bingung untuk memilih, kali ini jogja day akan sampaikan oleh oleh khas Surabaya terkenal enak.

“Baca Juga: 21 Oleh Oleh Khas Malang Terkenal, Enak & Tahan Lama

22 Oleh Oleh Makanan Khas Surabaya Terkenal, Enak & Murah Meriah

Kuliner oleh oleh enak, terkenal dan murah meriah di Surabaya bisa Kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas, yang pertama adalah makanan. Saat Kamu berkunjung ke kota ini tanpa berlibur pastikan membawa oleh-oleh agar tidak merasa menyesal. Atau Kamu  juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang menarik jika tidak bisa membawa pulang oleh-oleh.

Jangan khawatir kehabisan oleh-oleh makanan saat berkunjung ke sini karena di sini menyediakan lebih dari 10 jenis makanan khas yang bikin Kamu mengingat suasana di kota ini. Pastikan Kamu membeli makanan di toko penjual pusat oleh-oleh khas Surabaya. Berikut beberapa makanan khas yang bisa kamu temukan di Surabaya

1. Oleh Oleh Bunarendang, Burger Khas Surabaya

Oleh oleh khas Surabaya pertama adalah Bunarendang. Makanan ini tentu sangat unik karena menghadirkan inovasi terbaru produk olahan makanan luar negeri dan lokal. Makanan tersebut adalah Bunarendang, yang merupakan singkatan dari “Burger dan Nasi Rendang”.

Jika Kamu menemui penjual jajajan unik ini di Surabaya pastikan kamu mencicipinya agar tidak menyesal saat pergi meninggalkan Kota Surabaya.

Bunarendang Khas Surabaya: foto by Facebook/mabarfood

Oleh-oleh khas Surabaya ini berupa makanan basah sehingga lebih nikmat jika Kamu santap di tempatnya. Hidangan ini tentu bisa dibawa pulang asalkan jarak rumah Kamu dengan Surabaya bisa ditempuh dalam waktu singkat. Dan perlu dipanaskan ulang saat sampai di rumah karena rasanya lebih mantap jika dimakan dengan suhu yang hangat.

Sesuai dengan namanya, makanan ini memiliki bentuk seperti burger, namun isi dan susunannya tidak seperti burger yang dijual di pasaran pada umumnya. Roti burger diganti nasi, dan daging burger diganti dengan rending, unik bukan?

Harganya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja, Kamu bisa dengan mudah menemukan bunarendang di daerah Swalayan Sakinah, ITS, dan sekitar FIB UNAIR.

2. Oleh Oleh Kue Bikang Peneleh Khas Surabaya

Oleh oleh khas Surabaya selanjutnya adalah Kue bikang. Bagi Kamu yang merupakan penduduk jawa tulen mungkin kenal dengan kue bikang? Namun wisatawan yang belum mengenal kue ini tentu harus mencobanya, karena selain bentuknya unik, rasanya juga lezat. Warnanya pun beraneka ragam, dan Kamu bisa memilih sesuai kriteria warna, rasa dan ukuran.

Produk Kue Bikang Peneleh Khas Surabaya: foto by Facebook/sari.wangsawijaya

Kue bikang peneleh yang khas dari Surabaya terbuat dari gula, santan, dan tepung beras yang dicampur rata, kemudian dimasukkan ke dalam microwawe dengan alat pencetaknya. Setelah kue tersebut matang didapatkan bentuk unik bagian atas yang seperti bunga dan bagian bawah kue yang kering berwarna cokelat. Rasa bagian atas sangat empuk dan manis, sedangkan bagian bawah gurih.

Kamu bisa mendapatkan kue bikang peneleh dengan mudah karena banyak pedagang yang menjual kue ini, bahkan biasanya kue ini dijadikan salah satu bahan angsle. Harganya sangat murah, yakni sekitar Rp 7.000 saja untuk satu buah kue. Dengan harga tersebut Kamu sudah bisa mencicipi manisnya makanan khas Kota Surabaya ini.

Kue bikang bisa dibawa pulang asalkan rumah Kamu bisa ditempuh dalam waktu singkat karena kua ini tidak terlalu tahan lama. Atau, jika Kamu tidak sempat membawa pulang sebaiknya cicipi kenikmatan kue ini di tempatnya. Sebelum Kamu membawanya pulang sebaiknya carilah lokasi tempat yang menjual kue ini, yakni terletak di Pasar Atom Surabaya Tahap III.

3. Siropen Telasih Surabaya

Produk olahan khas Surabaya yang menjadi oleh oleh khas selanjutnya adalah sirup, memang ini bukan termasuk makanan. Tetapi sirup ini bisa digunakan sebagai campuran aneka bahan makanan atau kue untuk hidangan tamu di rumah Kamu! Siropen Telasih ini berbeda dengan sirup-sirup yang banyak  dijual di pasaran dengan berbagai merk populer meskipun kemasannya dibuat mirip dengan produk umum.

Siropen Telasih Surabaya: foto by Facebook/nindynmax11

Siropen telasih ini memiliki sejarah di balik keunikan nama dan rasa sirupnya yang khas. Produk ini muncul sejak zaman penjajahan perusahaan VOC Belanda di tahun 1923, rasanya sejak dulu pun sama. Namun, ada beberapa variasi rasa baru yang dimasak dengan peralatan yang lebih modern agar bisa dipasarkan lebih cepat dan efektif.

Sisi istimewa dari sirup ini adalah bahan komposisinya yang tidak menggunakan pewarna serta pemanis buatan sehingga kemurniannya dijaga sejak dulu. Bahkan komposisinya juga tidak menggunakan bahan pengawet buatan. Jadi, sirup ini sudah dijamin enak, segar, dan sehat, sayang jika Kamu melewatkan produk berharga seperti ini.

Harga per botolnya dijual sekitar Rp 23.000 hingga Rp 25.000 saja, cukup murah bukan? Akan lebih murah jika Kamu membeli dalam jumlah lebih banyak dan datang langsung ke pabriknya di JL. Mliwis No. 05, Surabya. Sirup ini akan lebih nikmat jika dijadikan bahan campuran untuk membuat adonan Roti Spikoe khas Surabaya.

4. Abon Sapi Padmosusastro Surabaya

Oleh oleh khas yang banyak dijual di Surabaya selanjutnya adalah abon daging sapi. Banyak pedagang atau warga yang menjual atau bahkan memiliki kreativitas untuk membuat abon sapi. Namun, yang terkenal hingga ke luar daerah adalah abon sapi dengan merk Padmosusastro. Komposisinya pun terbuat dari daging sapi asli pilihan yang dimasak dengan higienis.

Abon Sapi Padmosusastro Surabaya: foto by Facebook/OlehOlehKhasSurabayaOnlineInfoPiknik

Kamu bisa membelinya di Jl. Padmosusastro karena di sana merupakan tempat produksi makanan ini. Selain bisa mencicipi abon sapi yang gurih dan lezat, Kamu juga bisa mengamati proses pembuatannya secara langsung. Selain itu, Kamu juga bisa sekaligus berkomunikasi dengan pemilik dan pembuat masakan enak ini.

Abon sapi Padmosusastro ini dijual dalam kemasan dengan berbagai ukuran. Sebaiknya pilihlah kemasan kiloan karena lebih harganya lebih ekonomis. Untuk ukuran kemasan 1 kilogram, Kamu bisa membawa pulang abon sapi dengan harga Rp 47.500 saja. Makanan ini termasuk awet jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat pulang ke rumah.

5. Bebek Djangkep Khas Surabaya

Makanan favorit para warga di Surabaya adalah bebek goreng dan bebek bumbu kuning. Karena dagingnya bisa terasa sedap dan asin, serta mengeluarkan cita rasa sangat khas ketika dimasak, khususnya digoreng. Oleh karena itu, Surabaya menjadi salah satu tempat dengan makanan khasnya berupa bebek goreng. Bebek goreng khas Surabaya bisa kamu jadikan oleh oleh khas untuk dibawa pulang.

Bebek Djangkep Surabaya: foto by Facebook/bebek.djangkep

Salah satu merk makanan bebek goreng terkenal di Surabya adalah “Bebek Djangkep”. Wisatawanbisa membeli makanan ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dengan membawa satu prosi bebek. Bebek ini belum dimasak, hanya ditaburi bumbu hingga meresap ke dagingnya sehingga memang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, dan dimasak saat berada di rumah.

Harga untuk satu porsi Bebek Djangkep sekitar Rp 110.000, yakni satu ekor bebek yang sudah dibersihkan jeroannya, dan tanpa ceker. Bebek sudah dibaluri bumbu meresap serta sampat yang sudah disediakan dalam kemasan. Jadi saat Kamu membawa makanan tersebut pulang, tinggal menggorengnya hingga matang kecokelatan dan menyantapnya di saat hangat.

6. Pohong Tata Khas Surabaya

Makanan tradisional khas Jawa terkenal salah satunya adalah singkong, atau sebagian menyebutnya sebagai pohong, terutama masyarakat daerah Surabaya. Teknik kuno memasak singkong adalah dengan direbus atau dikukus, tentu cara tersebut sudah biasa. Kreasi makanan singkong ini kemudian dikembangkan dengan cara dibakar atau digoreng sambil dicampur dengan sedikit keju, tentu  rasanya sangat nikmat, gurih dan asin.

Pohong Tata Surabaya: foto by Facebook/pohong.tata

Jajanan ini sangat populer di Kota Surabaya sehingga Kamu pasti menemukannya dengan mudah penjual yang menjual olahan singkong seperti ini. Namun, ada salah satu merk singkong keju yang sudah populer dan dikemas dengan rapi, yakni “Pohong Tata”. Kamu bisa memesan satu kotak untuk dibawa pulang dengan harga Rp 20.000.

Jika Kamu mencari lokasi penjual Pohong Tata, maka sebaiknya berkunjunglah ke wilayah Mulyorejo, Surabaya. Apabila Kamu ingin mencicipi produk ini tanpa repot berkunjung wisata ke Surabaya, juga tersedia pembelian secara online. Selain praktis, Pohong Tata yang dijual secara online ada yang lebih murah sekitar Rp 11.000 per kotak, namun Kamu harus membelinya di pasar online tertentu yang memberikan potongan harga.

7. Kerupuk Ikan Khas Dari Kenjeran Surabaya

Saat berkunjung ke Surabaya, khususnya di wilayah Kenjeran, Kamu pasti akan menemukan banyak sekali produk olahan dari ikan karena di sana termasuk wilayah pesisir. Produk olahan ikan terkenan adalah kerupuk ikan. Namun kerupuk ikan yang dijual untuk oleh-oleh tidak dalam keadaan matang siap dimakan, karena saat Kamu bawa pulang tentu rasanya tidak akan nikmat.

Kerupuk Ikan Khas dari Kenjeran Khas Surabaya: foto by Facebook/Kerupukpayus

Kamu bisa membeli kerupuk kering yang mentah, belum siap makan, sehingga Kamu bisa menggorengnya kembali saat di rumah dan dijadikan cemilan. kerupuk ikan Kenjeran memiliki bentuk yang unik, yakni bulat, berukuran kecil, dan memiliki warna yang beraneka ragam. Jenis kerupuk yang dijual beraneka ragam dari olahan laut, seperti kerupuk kerang, kerupuk ikan biasa, kerupuk rumput laut, cumi, dan masih banyak lagi.

Rasanya dijamin gurih dan renyah, Kamu akan kecewa jika tidak mencoba cita rasa kerupuk ini. Harganya pun bisa dibilang bervariasi, per kilonya bisa dijual sekitar Rp 15.000 hingga Rp 300.000, tergantung jenis komposisi kerupuknya. Kamu juga bisa menawar harga ke pedagang yang lebih tepat.

8. Belinjo Udang Goreng Boyya Surabaya

Tanaman melinjo merupakan tanaman dengan buah yang terasa pahit, namun banyak orang di daerah Surabaya mengolah tanaman ini menjadi kerupuk. Mereka menyebutnya sebagai kerupuk atau emping belinjo, rasanya memang sedikit pahit tetapi sangat renyah dan gurih. Dijamin Kamu ketagihan jika mencobanya.

Belinjo Udang Goreng Boyya Khas Surabaya: foto by Facebook/Bobcatsysop YK Chan

Di Surabaya terdapat olahan emping belinjo unik karena komposisinya dicampur dengan udang sehingga rasa pahitnya berkurang, merknya adalah Belinjo Udang Goreng Boyya. Keunikan resep memasaknya tersebut membuat makanan ini populer karena terdiri dari berbagai macam rasa. Ada rasa gurih agak pahit, manis, dan juga pedas, kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah sesuai dengan ukuran. Untuk kemasan berukuran 150 gram dijual dengan harga sekitar Rp 17.000 saja. Sedangkan ukuran 500 gram sekitar Rp 28.500 saja. Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh ini secara online tanpa harus mengunjungi tempat penjualannya secara langsung agar lebih praktis dan mudah.

9. Kopi Bandrek Khas Surabaya

Surabaya juga memiliki olahan produk kopi yang tidak kalah dengan wilayah lainnya. Kopi olahan yang khas dan terkenal yakni kopi bandrek. Jika Kamu merupakan pecinta produk olahan kopi tentunya akan sangat menyesal jika tidak mencicipi atau membawa pulang oleh-oleh kopi bandrek dari Surabaya.

Kopi Bandrek Surabaya: foto by Facebook/Waroeng Shuhah Jago Arif

Kopi bandrek yang berasal dari olahan  di Surabaya memiliki cita rasa utama jahe sehingga minuman ini juga cocok dikonsumsi untuk mencegah masuk angin. Meskipun bahan utama yang menonjol dari komposisi kopi bandrek khas Surabaya adalah jahe. Tetapi Kamu  masih bisa memesan dengan campuran rasa lain, namun rasa jahenya tetap terasa.

Harga kopi bandrek yang bisa Kamu dapatkan di Kota Surabaya cukup murah, yakni sekitar Rp 19.500. Satu packnya berisi 5 bungkus dengan berat bersih keseluruhan total 30 gram. Kemasannya pun sangat menarik cocok  menjadi oleh-oleh khas Surabaya untuk dibawa pulang.

10. Bandeng Asap Khas Surabaya

Surabaya memang terkenal dengan produk olahan lautnya sehingga Kamu tidak perlu heran jika menemukan banyak sekali produk makanan yang terbuat dari ikan di sini. Jangan berpikiran bahwa membawa ikan untuk oleh-oleh sangat merepotkan dan khawatir jika cepat membusuk. Karena produk olahan ikan di sini sudah dikemas dengan rapi tanpa bahan pengawet.

Bandeng Asap Surabaya: foto by Facebook/OlehOlehKhasSurabayaOnlineInfoPiknik

Di Surabaya sudah banyak terdapat produk kemasan bandeng asap, yakni ikan bandeng yang dibersihkan isi perutnya dan diasapi agar mudah dikonsumsi. Merk produk bandeng asap yang cukup populer adalah “Bandeng Asap Tanpa Duri Bu Muzanah”. Jika Kamu membeli produk bandeng asap yang sudah dalam kemasan maka tidak perlu memprosesnya dengan rumit lagi saat di rumah.

Kamu cukup menggorengnya kemudian menyantap dengan sambal petis yang dimasak sendiri atau membelinya sekaligus di tempat. Harga bandeng asap satu porsi biasanya dijual sekitar Rp 56.000. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkannnya dengan mudah dan praktis melalui pembelian secara online, tanpa harus repot berkunjung ke Surabaya terlebih dahulu.

11. Kerupuk Rambak Sapi Khas Surabaya

Salah satu kerupuk nikmat dan renyah seusai digoreng adalah kerupuk rambak, yang terbuat dari kulit sapi. Produk makanan ini memang sudah sangat terkenal di daerah sekitar Surabaya, jadi Kamu tidak perlu repot mencarinya di toko-toko khusus. Untuk mendapatkan harga kerupuk rambak yang murah, namun berkualitas sebaiknya Kamu perlu mengunjungi beberapa pasar tradisional.

Kerupuk Rambak Sapi Khas Surabaya: foto by Facebook/melvyolista.leamoth

Kerupuk dari kulit sapi ini dijamin bersih, jangan khawatir ada bulu hewan yang masih tertempel atau tidak higienis. Karena pengolahannya sudah melalui tahapan yang lebih modern dibandingkan sebelumnya. Dijamin Kamu bisa menikmati rasa renyah dan gurihnya sambil melakukan aktivitas yang santai, biasanya produk ini dijadikan sebagai makanan suguhan untuk tamu.

Harga per kilogram kerupuk rambak sangat bervariasi, tergantung kualitasnya, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 100.000. Krupuk rambak cocok dibawa sebagai oleh-oleh khas Surabaya, karena sedang dalam kondisi yang kering. Kamu bisa menggorengnya saat di rumah, serta melahapnya beberapa menit kemudian sambil bersantai.

12. Kerupuk Udang Khas Surabaya

Kerupuk olahan selanjutnya terbuat dari udang, pecinta kerupuk ini cukup banyak. Selain rasanya gurih, kerupung udang memiliki rasa khas dengan aroma udang yang benar-benar terasa. Warnanya saat digoreng dan disajikan sebagaii makanan pun berupa merah agak kecokelatan seperti udang yang digoreng.

Kerupuk Udang Khas Surabaya: foto by Facebook/rjfishes05

Di Surabaya, terdapat kerupung udang spesial yang diolah dengan menggunakan komposisi lobster. Tentu Kamu jarang mendengarnya, kerupuk ini memiliki bentuk yang panjang, tidak lebar seperti yang terdapat pada kerupuk udang biasanya. Kamu bisa membeli kerupuk ini dalam bentuk kemasan yang masih mentah untuk digoreng saat dibawa pulang ke rumah.

Harga satu kemasan kerupuk udang lobster yang berukuran seberat 500 gram sekitar Rp. 50.000. Cukup murah bukan? Kamu beserta keluarga di rumah pasti akan ketagihan jika telah mengetahui nikmatnya rasa kerupuk udang lobster. Jadi, jangan lewatkan untuk membelinya sebelum pulang membawa kerupuk udang lobster dari Surabaya.

Oleh Oleh Kerajinan, Batik & Aksesoris Khas Surabaya

Kamu bisa membawa oleh-oleh khas dari Surabaya berupa kerajinan, batik hingga aksesoris, karena akan lebih menarik dan awet saat digunakan. Surabaya juga memiliki berbagai produk non makanan yang menarik dan unik, jadi jangan khawatir kehabisan, mulai dari kaos, gantungan kunci, kerajinan tangan dan lain-lain. Sebaiknya jangan lupa membawa oleh-oleh hasil buatan tangan yang mengingatkan Kamu tentang suasana kota Surabaya.

Kamu bisa memilih beberapa pernak-pernik menarik seperti simbol Kota Surabaya, yakni patung Sura dan Baya. Tetapi, yang jelas bukan patung asli yang perlu Kamu bawa, hanya replikanya yang telah diproduksi ulang menjadi berbagai macam bentuk, seperti gantungan kunci Sura dan Baya. Jika Kamu  menginginkan berbagai benda menarik lainnya, maka sebaiknya simak rangkuman oleh-oleh khas Surabaya selain makanan di bawah ini.

13. Oleh Oleh Kerajinan Batok Khas Surabaya

Siapa yang biasa membuang batok kelapa karena menilai bahwa sisa bahan makanan tersebut tak ternilai harganya? Di Surabaya, batok kelapa dibentuk kembali menjadi sebuah karya dengan estetika tinggi. Batok kelapa dibentuk menjadi seperti binatang dan berbagai macam benda lain.

Kerajinan Batok Khas Surabaya: foto by Facebook/niya.kusuma

Kerajinan ini berukuran kecil dan praktis untuk dibawa ke mana-mana sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Jika Kamu mengunjungi produsen pembuat kerajinan ini tentu tidak akan mengenali jika benda tersebut terbuat dari batok kelapa. Karya seni ini cukup populer dan digemari banyak wisatawan sebagai hiasan rumah untuk dibawa pulang.

Kamu pun bisa memilih model karya seni batok kelapa yang bisa digunakan untuk peralatan rumah tangga, seperti gelas atau cangkir. Tentu akan sangat unik jika Kamu memiliki gelas terbuat dari batok kelapa untuk meminum air di rumah. Harganya sangat murah, hanya Rp 25.000 per buah, atau Rp 300.000 jika Kamu membeli lusinan.

14. Fashion Kaos Cak Cuk Khas Surabaya

Bahasa Surabaya yang sangat terkenal hingga mendunia karena memiliki beragam makna, adalah kata “Jancuk”. Satu kata ini bisa akhirnya menjadi simbol terpopuler yang mengingatkan kita tentang karakter arek-arek Suroboyo. Oleh karena itu, beberapa orang membuat karya unik dengan mencantumkan kata tersebut.

Fashion Kaos Cak Cuk Surabaya: foto by Facebook/mariana.kucluk

Salah satu produk oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Kamu bawa pulang adalah kaos Cak-cuk. Kaos ini memiliki desain warna yang cenderung gelap dengan rangkaian kata-kata Cak-cuk di bagian depannya. Jika Kamu mengenakan kaos ini saat pulang ke rumah yang lokasinya jauh dari Surabaya, tentu akan sangat terlihat bahwa Kamu usai berkunjung ke Surabaya.

Bahannya cukup nyaman untuk dipakai. Kamu bisa mendapatkan kaos ini sebagai oleh-oleh hanya dengan harga Rp 100.000 per koas. Lokasinya berada tepat di Jl. Dharmawangsa No. 35, serta juga tersedia di Cakcuk-Kafe, Surabaya.

15. Oleh Oleh Batik Khas Surabaya

Setiap daerah di Jawa khas dengan keunggulan kain batiknya. Corak batik di setiap daerah pun berbeda-beda, termasuk di Surabaya. Motof batik khas Surabaya cenderung pada corak bunga-bunga, serta memiliki berbagai perbaduan warna gelap dan terang. Uniknya lagi, batik ini tersedia dengan berbagai mode terbaru.

Batik Surabaya: foto by Facebook/batikmyethnic

Ada beberapa kain batik yang warnanya juga lebih mencolok, dan dominan warna, merah hati, hijau tua, dan ungu. Salah nama kain batik khas Kota Surabaya adalah batik Semanggi, yang dipadukan dengan berbagai warna. Selain itu, jenis batiknya kebanyakan adalah batik tulis.

Harga kain batik yang dijual pun sangat beragam, tergantung dengan teknik pembuatan batik dan kainnya. Untuk kain primis dengan batik tulis ada yang dihargai sebesar Rp 250.000 per 2 meter. Akan lebih murah jika Kamu membeli batik yang sudah didesain menjadi produk fashion.

16. Kerajinan Kulit Khas Surabaya

Di daerah Surabaya terdapat salah satu kerajinan kulit yang sangat terkenal hingga mendunia. Kerajinan ini sifatnya terapan, jadi bisa digunakan untuk perlengkapan sehari-hari, seperti misalnya tas dan sepatu. Kamu bisa membawa oleh-oleh sepatu yang terbuat dari kulit khas Surabaya.

Kerajinan Kulit Khas Surabaya: foto by Facebook/UI-Consulting-1813412172223371

Produk tas kulit ini selain populer juga dibuat dengan jahitan yang kuat jadi jangan khawatir mudah rusak. Selain produk tas, ada lagi karya terapan yang terbuat dari bahan kulit, antara lain yakni sepatu dan sandal kulit. Di sana ada berbagai macam jenis kerajinan kulit yang bisa Kamu pilih sesuai kriteria.

Harga produk kerajinan kulit ini pun sangat beragam, tergantung ukuran dan jenis kulit yang menjadi bahan pembuatan produk. Mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000 Kamu sudah bisa mendapatkan salah satu jenis kerajinan kulit. Tentunya harga tas atau sepatu akan lebih mahal.

17. Oleh Oleh Ala Arab Daerah Ampel

Beberapa tempat yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan lokal di Surabaya adalah lokasi wali-wali. Di sekitar lokasi wisata religi tersebut banyak terdapat pertokoan yang menjual banyak produk dari Arab, ada yang asli ada juga yang KW. Penjualnya kebanyakan orang-orang yang masih memiliki keturunan  suku Arab.

Oleh Oleh Arab Khas Ampel Surabaya: foto by Facebook/OlehOlehHajiMurah

Produk yang dijual di toko-toko tersebut pun beraneka ragam, dan biasanya hanya bisa ditemui di daerah tersebut. Seperti misalnya, parfum ala Arab, kopiah, tasbih, Quran, sajadah, dan sebagainya. Kamu tentu perlu membelinya jika berkunjung ke wisata religi Sunan Ampel.

Harga produk pernak-pernik yang dijual di toko ala Arab tersedia dengan berbagai harga. Pastinya murah-murah, dan Kamu bisa menawarnya. Pastikan kamu memilih pedagang yang menjual produk unik dengan tepat.

18. Minatur Patung Hiu Sura dan Buaya Khas Surabaya

Siapa yang tidak kenal dengan simbol patung hiu sura dan buaya raksasa yang menjadi ikon Kota Surabaya? Patung ini sangat populer sehingga banyak pengrajin kreatif yang membuat berbagai miniatur patung ini. Ada berbagai jenis miniature yang bisa Kamu pilih, sura ataupun buaya.

Miniatur Patung Hiu Sura dan Buaya Surabaya: foto by Facebook/guritaart.handicraft

Replika patung tersebut pun terbuat dari bahan-bahan unik, seperti logam, perak, ataupun kayu. Ciri khas dari replica tersebut adalah buaya putih yang dibuat dari perak dengan ukuran kecil. Tentu akan sangat menarik untuk Kamu jadikan souvenir ketika hendang pulang ke rumah.

Kamu bisa mendapatkan miniaur atau replica patung Sura dan Buaya dengan harga Rp 35.000 hingga Rp 100.000. Tergantung bahan dan ukuran dari patung replika tersebut. Sebaiknya Kamu cukup membeli yang berukuran kecil karena praktis dan mudah dimasukkan ke dalam tas.

19. Miniatur Tugu Pahlawan Kota Surabaya

Salah satu ikon penting yang harus Kamu miliki dan jadikan oleh-oleh khas dari Kota Surabaya adalah ukiran Tugu Pahlawan di kota ini. Banyak pengrajin yang membuat ukiran ini dengan bahan dari kayu. Jadi akan sangat ringan untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk di rumah.

Miniatur Tugu Pahlawan Kota Surabaya: foto by Twitter/Sarangbit3

Ukuran dari karya seni pahatan tugu pahlawan ini sebenarnya relative kecil. Tetapi ada beberapa pengrajin yang membuat ukuran sesuai dengan permintaan pembeli sehingga Kamu bisa menentukannya sesuai keinginan. Tidak hanya ukuran, kamu juga bisa meminta pengrajin untuk membuat kerajinan dari bahan selain kayu.

Harga karya seni tersebut juga beragam, tergantung tingkat permintaan bahan dan ukuran. Bahan kayu dengan ukuran kecil lebih murah. Biasanya dijual dalam rentang harga sekitar Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

20. Aneka Kerajinan Hewan Laut Khas Surabaya

Souvenir unik yang bisa dijadikan sebagai hiasan indah untuk rumah kamu adalah aneka kerajinan yang terbuat dari hewan-hewan laut. Perpaduan kaya seninya memiliki nilai estetika tinggi. Namun, bahan utamanya adalah kerang-kerang laut, dan pastinya cangkang kerang tersebut telah kosong.

Aneka Kerajinan Hewan Laut Surabaya: foto by Twitter/Sarangbit3

Cangkang berbagai macam hewan laut kemudian dipadukan dengan berbagai jenis mutiara buatan. Dibentuk menjadi hiasan dan alat unik, seperti lampu serta tirai rumah. Atau beberapa jenis hiasan yang berukuran kecil yang cocok diletakkan di lemari atau meja.

Ada juga hiasan kerang yang dibentuk menjadi berbagai jenis perhiasan unik. Tentu Kamu akan sangat tertarik dengan hasil perpaduan seninya. Harga untuk kerajinan ini tergolong murah, yakni sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

21. Anyaman Bambu & Rotan Khas Surabaya

Surabaya juga dikenal sebagai kota yang menghasilkan berbagai macam produk anyaman, salah satunya adalah anyaman bambu. Karya-karya tersebut sifatnya terapan sehingga bisa digunakan sebagai peralatan sehari-hari, khususnya untuk memasak. Ukurannya sedikit lebih lebar sehingga Kamu membutuhkan wadah kantong besar untuk membawanya. Ada juga yang berupa keranjang rotan atau hiasan.

Anyaman Bambu dan Rotan Surabaya: foto by Twitter/annabele89

Hasil berbagai produk kerajinan anyaman tersebut, antara lain seperti lampu untuk tiduk, sekat, dan tudung saji. Kamu sebaiknya memilih oleh-oleh tersebut di saat membutuhkan beberapa perlengkapan dapur seperti itu. Hasilnya dijamin memuaskan untuk Kamu di rumah.

Harga anyaman ini sangat bervariasi. Apabila barangnya lebih besar dan anyamannya lebih rumit, maka harganya mahal, begitupun sebaliknya. Rentang harganya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 300.000 per anyaman.

22. Seni Anyaman Eceng Gondok Khas Surabaya

Selain anyaman bamboo, produk kerajinan tangan yang diunggulkan di Kota Surabaya adalah anyaman yang terbuat dari eceng gondok. Hasilnya sangat cantik karena anyaman lebih tertutup rapat dan halus. Bahkan Kamu tidak akan menenali bahwa produk unik tersebut terbuat dari eceng gondok.

Seni Anyaman Eceng Gondok Surabaya: foto by Twitter/senyumnegeri

Ada berbagai macam karya anyaman yang memiliki fungsi yang berguna, antara lain keranjang, sandal, tas, taplak meja, dan sangat banyak lainnya. Bahannya memang klasik, namun hasilnya luar biasa menarik dan mewah. Kamu bahkan bisa menggunakannya untuk melengkapi fashion yang sedang tren.

Harganya bervariasi, anyaman keranjang kecil lebih murah dibandingkan yang berukuran besar. Namun, harganya tergolong murah meskipun barangnya terlihat mewah dan hasilnya sangat memuaskan. Anyaman ini dijual dengan harga sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Pusat Tempat Membeli Oleh Oleh Di Surabaya

Saat Kamu bingung mencari oleh-oleh sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu tentang pusat oleh-oleh yang hendak Kamu tuju. Misalnya saat sedang berkunjung ke Surabaya, maka carilah informasi menggunakan layanan internet agar lebih mudah. Dengan begitu, Kamu bisa segera menemukan lokasinya dan menuju tempat tujuan dengan cepat.

Ada banyak sekali pusat oleh-oleh souvenir maupun makanan di Surabaya. Namun, berikut ada tujuh yang cukup sebagai bahan referensi saat mencari pusat oleh-oleh di kota tersebut.

1. Pasar Turi Surabaya

Salah satu pusat oleh-oleh terbesar dan terpopuler tidak hanya di Surabaya adalah Pasar Turi. Pasar ini menjual beraneka ragam oleh-oleh, mulai dari makanan khas Surabaya, hingga souvenir dan kerajinan tangan. Selain banyak pilihan yang bisa Kamu dapatkan, harga produknya pun murah.

Pasar Turi Surabaya: foto by Twitter/pasartuibaru

Pasar Turi saat ini memiliki dua bangunan, ada Pasar Turi Lama, dan Pasar Turi baru. Keduanya menjual berbagai macam produk yang hampir sama. Jadi, Kamu tidak perlu bingung untuk memilih yang mana.

Pasar ini keduanya memiliki tiga lantai, dan di setiap lantainya barang-barang yang dijual telah dikategorikan untuk memudahkan para pembeli memilih kebutuhannya. Jika Kamu mencari aneka makanan maka kunjungi lantai satu. Sedangkan di lantai 2 terdapat berbagai macam  produk untuk rumah tangga, serta kerajinan garmen.

Lokasi Pasar Turi Surabaya

Alamat Pasar Turi bisa dibilang cukup strategis dan mudah dijangkau. Terletak kurang lebih sekitar 300 meter jika dihitung dari Tugu Pahlawan. Tepatnya di JL. Pasar Turi Blok A No. 21, Surabaya, Jawa Timur.

2. Pasar Genteng Surabaya

Selain Pasar Turi, ada pasar lain yang menjual berbagai aneka produk oleh-oleh khas Surabaya, yakni Pasar Genteng Surabaya. Produk-produk yang dijual di sini cukup murah. Oleh karena itu menjadi tempat rujukan bagi para wisatawan yang mengunjungi Surabaya.

Pasar Genteng Surabaya: foto by Twitter/DPP_IKAPPI

Produk oleh-oleh utama yang lebih banyak ditemui di Pasar Genteng Baru adalah makanan. Kamu bisa memilih dengan lengkap berbagai jenis makanan olahan khas Surabaya di sini. Selain itu, Kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang murah meriah.

Makanannya yang bervariasi membuat Kamu bingung untuk memilih oleh-oleh mana yang cocok untuk dibawa pulang. Selain membawa pulang, makanan khas yang dijual di sini juga bisa dicicipi terlebih dahulu. Dengan begitu Kamu bisa memilih toko dan makanan yang tepat untuk oleh-oleh.

Lokasi Pasar Genteng Surabaya

Alamat Pasar Genteng baru juga sangat strategis. Tepatnya berada di JL. Genteng Besar, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Pasar ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

3. Pasar Atom Surabaya

Apabila Kamu mencari pusat oleh-oleh makanan, fashion, dan berbagai jenis pernak-pernik khas Surabaya yang murah, maka sebaiknya kunjungi Pasar Atom. Di pasar ini Kamu bisa membelinya dengan harga murah meriah. Serta dengan pilihan produk yang menarik dan berkualitas.

Pasar Atom Surabaya: foto by Twitter/SpicyQwin

Pasar ini juga bersejarah, karena didirikan sejak tahun 1960. Meskipun suasana di sana sangat ramai, tetapi kondisi pasarnya tertata dengan baik dan rapi. Kamu bisa dengan mudah melewati lorong-lorong pasar tanpa harus berdempetan dan mengantri bersama banyak orang.

Kamu bisa membawa pulang oleh-oleh berupa makanan, pakaian dan kerajinan tangan. Harga yang dijual adalah harga grosir jadi Kamu pasti mendapatkan harga lebih murah. Selain itu, pembeli juga bisa mencicipi makanan yang akan dibawa pulang menjadi oleh-oleh.

Lokasi Pasar Atom Surabaya

Alamat Pasar Atom beralamat di JL. Bunguran No. 45, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur. Kamu bisa mengunjunginya di antara  jam 10 pagi hingga jam 6 sore.

4. Toko Oleh Oleh Panen Raya Surabaya

Kalau Kamu lebih menyukai oleh-oleh khas Kota Surabaya berupa makanan, maka tempat yang cocok adalah Pasar Panen Raya. Toko ini menjual berbagai macam olahan makanan khas Surabaya. Kamu juga bisa mencicipi makanan tersebut sebelum dibawa pulang.

Toko Oleh Oleh Panen Raya Surabaya: foto by Facebook/merry.karouwa

Harga berbagai produknya pun murah meriah jadi jangan khawatir kehabisan biaya untuk datang ke sini. Selain itu, makanan yang dijual di sini sudah termain lengkap dan rasanya pun enak. Hal itu sesuai dengan ulasan pengunjung yang pernah berada di toko ini.

Lokasinya di dekat jalan raya sehingga Kamu bisa mengunjunginya dengan mudah. Meski tokonya lumayan kecil, tetapi Kamu pasti kebingunan untuk memilih makanan khas Surabaya yang terlalu lengkap dijual di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi toko ini ketika berada di Surabaya.

Lokasi Toko Oleh-Oleh Panen Raya Surabaya

Alamat Toko oleh-oleh Panen Raya bisa dikunjungi di alamat Jalan Raya Nginden No. 88 B, Surabaya. Toko ini bisa dikunjungi sejak jam 7 pagi hingga jam 8 malam.

5. Dupak Grosir Surabaya

Pusat oleh-oleh dengan harga grosir selanjutnya berada di Dupak Grosir, Surabaya. Tempat ini merupakan toko yang lebih modern karena terdapat escalator yang memudahkan pembeli untuk naik dan turun lantai. Di sini memiliki suasana yang cukup rapi dan terdiri dari 4 lantai yang luas.

Dupak Grosir Surabaya: foto by Twitter/van_munir

Kamu bisa memilih berbagai perlengkapan bayi, rumah tangga, alat memasak, permainan anak, dan berbagai macam  kosmetik di lantai 1. Lantai 2 khusus ditempati para penjual yang memasarkan berbagai perlengkapan bayi, perlengkapan tidur, dan militer. Jika Kamu mencari kerajinan tangan maka bisa menemukannya di lantai 3.

Saat Kamu lelah, tempat selanjutnya yang bisa dituju ada di lantai 4. Di sana Kamu bisa beristirahat sambil menikmati berbagai macam makanan khas daerah Surabaya. Bahkan Kamu juga bisa internetan menggunakan layanan jaringan WiFi.

Lokasi Dupak Grosir Surabaya

Alamat Dupak Grosir berlokasi di Jalan Gundih No. 8 – 14, Surabaya, Jawa Timur. Kamu bisa mengunjunginya sekitar pukul 10 pagi hingga 5 sore.

6. Pasar Kembang Surabaya

Pusat oleh-oleh beraneka macam kerajinan tangan menarik selanjutnya bisa Kamu temukan di Gang Dolly, Pasar Kembang, Surabaya. Di sana Kamu bisa memasukinya dengan melihat suasana baru pasca pembongkaran prostitusi di Gang Dolly. Tentu hal ini juga menjadi salah satu kesan menarik buatmu.

Pasar Kembang Surabaya: foto by Facebook/majalahbinokular

Di Gang Dolly terdapat banyak penjual kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika tinggi. Di sepanjang gang Kamu bisa melihat aneka kerajinan mulai dari batik tulis, handicraft, sepatu dan juga sandal unik. Harganya pun cukup murah, dan penjual di sana juga bersikap ramah.

Saat ini tempat tersebut bisa menjadi pusat oleh-oleh favorit Kamu. Karena suasananya menyenangkan dengan berbagai kelebihan yang telah disebutkan di atas. Setiap barang yang dijual sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh karena selain indah, produknya juga praktis.

Lokasi Pasar Kembang Surabaya

Alamat pusat oleh-oleh Gang Dolly terletak di Gang Dolly, Pasar Kembang, Kota Surabaya. Kamu bisa mengunjungi toko-tokonya sejak di antara jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

7. Mangrove Home Industri Surabaya

Jika Kamu penasaran ingin oleh-oleh khas Surabaya yang terbuat dari tanaman Mangrove, maka kunjungilah Mangrove Home Industry. Di sini terdapat berbagai macam olahan yang terbuat dari tanaman bakau, khususnya makanan dan minuman. Kamu bisa sekaligus melihat proses pembuatan olahan ini.

Mangrove Home Industri Surabaya: foto by Facebook/AyoTrip.Info

Pengolahan mangrove yang lebih populer di kalangan warga yakni membuat tanaman tersebut menjadi makanan. Tertutama makanan kue lapis, jenang, dan sirup. Rasanya sudah bisa dipastikan sangat kenyal dan manis.

Pastikan Kamu membawa oleh-oleh berupa makanan terbuat dari mangrove. Karena produk ini masih jarang ditemukan di berbagai wilayah. Jangan sampai Kamu menyesal jika lupa mengunjungi Mangrove Home Industry.

Lokasi Mangrove Home Industry

Alamat: Mangrove Home Industri bisa ditemukan dengan mudah melalui peta. Kamu cukup mencari alamatnya dengan menyebut nama industry kemudian letaknya di Kecamatan Gunung Anyar-Rungkut, Kota Surabaya.

“Baca Juga: 27 Oleh Oleh Khas Semarang Terkenal, Enak & Murah Meriah

Jogja day ~ Jika Kamu tidak berniat untuk mengunjungi wisata di Kota Surabaya, namun ingin mencicipi oleh-oleh khasnya, tentu tidak masalah. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam keinginanmu melalui pasar online. Di sana banyak penjual olahan khas Surabaya dengan harga yang murah, praktis, dan cepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!