Oleh Oleh Khas Solo Paling Populer, Dicari Dan Wajib Kamu Cicipi

Wisata ke Solo tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh oleh khasnya. Solo merupakan kota kelahiran Presiden Jokowi. Kota dengan sejuta sejarah dan kebudayaan ini memiliki beragam potensi wisata juga kuliner yang wajib kamu coba.

Berbagai macam acara dan festival kuliner rutin diselenggarakan pemerintah untuk menarik wisatawan berlibur di Kota Solo.

Kota yang terkenal dengan warisan sejarah dan kebudayaan ini merupakan tempat kelahiran Presiden Jokowi. Makanan khas solo dapat menjadi oleh oleh khas yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Bagi kamu yang kebetulan sedang berkunjung ke Kota Solo, berikut adalah 15 oleh-oleh khas Solo yang sangat populer dan bisa kamu temui di segala penjuru kota Solo. Penasaran? Silahkan simak di bawah ini!

Oleh Oleh Makanan Khas Solo Paling Populer

Jika Berwisata di Solo jangan lupa untuk membawa pulang oleh oleh khanya. Tak perlu bingung untuk membeli oleh oleh khas Solo, berikut ini jogja day sampaikan buah tangan khas Solo yang bisa kamu bawa pulang. Simak sampai habis yaa.

1. Serabi Solo

Serabi Solo
IG @uulfarandfavian

Sudah pasti Serabi Solo menjadi kuliner yang wajib di coba saat berkunjung ke kota Solo. Serapi merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras dan santan.

Proses memasaknya pun relatif singkat. Dimasak dengan menggunakan wajan tanah liat yang dibakar, lalu dituangkan adonan tepung beras, santan dan pemanis yang telah jadi. Tak berapa lama diangkat lalu digulung seperti telur gulung.

Penyajiannya cukup unik karena dibungkus oleh daun pisang, hal itu menjaga agar serabi tetap pada rasanya yang khas manis dan gurih, juga dapat bertahan lebih lama.

Rasanya yang gurih dan manis menjadikannya nikmat jika ditambah dengan berbagai topping pilihan. Diantaranya topping coklat, strawberry, pisang, messis dan original saja.

Kini serabi solo tak hanya ada di Solo, banyak dijual di daerah lain seperti di Jogja dan semarang. Banyaknya terdapat kedai yang membuat serabi solo kian dikenal dan menjadi oleh oleh yang populer.

2. Serundeng

Serundeng Solo
IG @sahabat.snacks

Oleh oleh khas Solo berupa kuliner selanjutnya adalah Serundeng. Serundeng adalah makanan yang terbuat dari kelapa parut dan rempah rempah, kemudian digoreng tanpa minyak hingga berubah menjadi kecoklatan.

Makanan ini biasanya digunakan sebagai pelengkap nasi. Rasanya yang manis dan gurih, baunya yang wangi menjadikan Serundeng disukai banyak orang.

Sajian serundeng menjadi makanan favorit warga solo. Selain harganya yang murah, juga rasanya yang khas dan nikmat. Jadi jika berkunjung ke Solo, wajib mencicipi serundeng yaa.

3. Brem Solo

Brem Solo
IG @maya_snack

Brem merupakan makanan khas Solo yang cukup populer, tidak jarang dijadikan oleh-oleh. Ciri khas dari Brem Solo adalah bentuknya yang bulat dan padat. Brem berbeda dengan tape, meskipun sama sama terbuat dari peragian.

Brem memiliki bentuk yang ringan dan padat. Seperti permen yang tanpa dikunyah brem akan habis sendiri karena kamu hisap sari sarinya.

Brem memiliki rasa asam manis. Kuliner ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko atau pusat oleh oleh khas solo di sepanjang jalan. Biasanya banyak yang menjual makanan Brem ini.

Tersedia dengan berbagai kemasan dan bentuk, menjadikan Brem unik dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga dirumah. Jadi tunggu apa lagi untuk membelinya ketika berada di Solo?

4. Serbat Jahe

Serbat Jahe
IG @luthfiahandayani

Oleh oleh berupa minuman khas Solo bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Salah satunya adalah serbat jahe, yaitu berupa minuman jahe yang telah diubah menjadi serbuk.

Serbat Jahe sudah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi serbuk dan dikemas, sehingga bisa di bawa pulang untuk oleh oleh.

Kamu dapat menyeduhnya tanpa tambahan gula karena rasanya yang sudah manis. Hangatnya minuman ini cocok untuk menyembuhkan masuk angin dan kecapaian. Jadi selain oleh oleh bisa juga untuk obat bukan?

Jadi jika kamu berada di Solo, jangan lupa untuk mencoba serbat jahe dan meminumnya. Rasanya yang khas jahe dan manisnya gula dalam perpaduan yang khas tradisional membuat badanmu terasa hangat.

Satu kemasan jahe dapat untuk satu cangkir, campurkan satu serbuk dengan air panas ke cangkir 100 ml. Harganya yang relatif terjangkau, yaitu sebesar Rp 2.000.

5. Ampyang

Ampyang Solo
IG @olehnesia

Ampyang merupakan camilan khas solo yang bisa dijadikan buah tangan. Ampyang terbuat dari jahe, gula merah dan kacang.

Camilan ini biasanya dicetak berbentuk bulat dengan kacang tanah yang menonjol. Perpaduan rasa manis gula jawa, dan rasa jahe juga kacang tanah menjadikannya begitu nikmat ketika mengunyahnya.

Harganya relatif terjangkau, tergantung dengan berat dan jumlah yang kamu beli. Untuk menemukan ampyang sangatlah mudah, karena tersedia dibanyak toko oleh oleh ataupun swalayan.

6. Intip

Intip Kendil Khas Solo
IG @getukgoreng_aslihajitohir

Oleh oleh berupa camilan selanjutnya adalah intip. Intip berbahan dasar nasi yang telah dikeringkan sedemikian rupa lalu di goreng menggunakan minyak yang panas.

Intip biasanya dicetak besar dan ditambahkan topping berupa cokelat, jahe atau gula. Sehingga rasanya menjadi gurih dan manis. Biasanya intip dibagi menjadi dua rasa yaitu asin dan manis.

Pengunjung dapat membeli camilan intip sebagai buah tangan di toko oleh oleh yang ada di solo. Harganya bervariatif tergantung dari berat dan jumlah paketnya.

7. Rambak Petis

Rambak Petis Solo
IG @nyonyaichicha

Makanan ringan selanjutnya yang bisa menjadi oleh oleh di Solo adalah rambak. Rambak terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang telah dikeringkan, lalu digoreng menggunakan minyak yang panas.

Camilan rambak biasanya disajikan menggunakan sambal petis yang pedas dan manis. Rasa kriuk yang dihasilkan, akan membuatmu ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi.

Cita rasa rambak yang asin, gurih dan renyah sehingga banyak digemari orang. Kamu bisa mendapatkan rambak dalam berbagai ukuran dari mulai kemasan kecil hingga besar, harganya pun bervariatif dan murah terjangkau.

8. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep Solo
IG @oleholehsowan

Camilan yang bisa kamu bawa pulang selanjutnya adalah roti kecik ganep. Kuliner ini berbahan dasar tepung ketan dan rempah rempah yang digoreng sehingga menghasilkan seperti kue kering.

Roti kecik ganep biasanya menjadi pelengkap minuman teh atau kopi. Untuk harganya relatif terjangkau dan murah tergantung dengan ukuran kemasannya.

Bagi kamu yang sedang ada di Solo, roti kecik ganep dapat menjadi kuliner yang siap untuk dibawa pulang. Kamu bisa menemukannya di pasar, swalayan atau toko oleh oleh yang tersebar di sepanjang jalan.

9. Klengkam

Klengkam Solo
IG @nglawuhi_solo

Camilan klengkam bisa menjadi oleh oleh khas solo untuk buah tangan kamu bagi keluarga dirumah. Camilan ini berbahan dasar kentang goreng yang dicampur dengan rempah rempah.

Klengkam juga enak dimakan dengan nasi ataupun langsung dimakan begitu saja. Camilan ini cukup tahan lama dan bisa dibawa pulang saat perjalanan jauh.

Bagi kamu yang menyukai kuliner pedas manis, patut untuk mencoba kuliner klengkam ini. Pengunjung bisa menemukan klengkam di pusat oleh oleh maupun toko swalayan di Solo.

10. Bakpia Balong

Bakpia Balong Solo
IG @bethcute1990

Bakpia tak hanya menjadi oleh oleh khas Jogja. Di Solo kamu bisa menemukan bakpia solo. Tentu ini berbeda dengan yang di Jogja.

Ukuran Bakpia Kalong Solo lebih besar daripada bakpia Jogja. Varian rasapun beragam diantaranya ketan, kacang dan cokelat. Teksturnya yang lebih lebut dari bakpia Jogja dan cenderung seperti kue.

Pengunjung dapat menemukan bakpia kalong di pusat oleh oleh khas Solo. Dengan harga yang bervariatif, tergantung rasa dan jumlahnya. 

11. Solo Pluffy

Solo Pluffy
IG @solopluffy

Salah satu kue artis yang ada di Solo adalah Solo Pluffy. Kue kekinian ini bisa menjadi pilihan sebagai buah tangan khas kota Solo.

Dengan tekstur yang lembut, Solo Pluffy memiliki banyak varian rasa diantaranya chesee, cokelat, strawberry dan original. Penasaran dengan rasanya?

Solo pluffy berada di Jalan Ronggowarsito, Banjarsari.

12. Mata Maling

Mata Maling Solo
IG @altar_semesta

Camilan yang bisa menjadi ole oleh khs Solo selanjutnya bernama mata maling. Namanya memang unik tetapi ini adalah makanan yang banyak disukai warga solo.

Mata Maling adalah camilan yang berbahan dasar kulit biji melinjo. Proses pembuatannya adalah dari kulit melinjo dikupas, lalu diberi rempah rempah, gula merah dan cabai, lalu digoreng dengan minyak panas hingga kering matang.

Rasanya manis pedas dan renyah membuat kamu ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi. Camilan ini telah ada sejak dahulu dan banyak masyarakat yang memproduksinya.

13. Abon Mesran

Abon Mesran Solo
IG @alatmembuatkue

Pasti kalian pernah menyantap makanan abon. Karena kuliner ini selalu ada di setiap daerah. Kebanyakan abon terbuat dari sapi, namun di Solo kamu bisa membeli abon yang terbuat dari ayam di Abon Mesran.

Abon Mesran merupakan produsen abon khas Solo yang telah ada sejak lama, dan sudah diwariskan secara turun temurun. Banyak varian rasa yang disajikan mulai dari manis, pedas hingga asin.

Abon biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan nasi yang masih hangat. Hanya abon dan nasi saja rasanya sudah pasti mantap, ditambah dengan sambal, wuih makin nikmat.

14. Solo Prabu

Solo Prabu Solo
IG @thoryc.id

Mencari oleh oleh berupa kue di Solo? Solo Prabu adalah jawabannya. Kue kekinian ini memiliki keunikan pada setiap variannya, karena namanya sangat unik yaitu diambil dari nama pewayangan.

Di antaranya Yudhistira Ocheesee, Bima Greentea, Arjuna Blueberry, Nakula Chocolate, dan Sadewo Taro. Dengan nama tersebut menyebabkan pengunjung penasaran dan ingin mencicipinya.

Dengan rasanya yang super enak, tekstur kuenya juga lembut dimulut. Dijamin kamu akan ketagihan untuk mencobanya lagi. Harganya yang terjangkau, sehingga tokonya selalu ramai pengunjung.

15. Balung Kethek

Balung Kethek Solo
IG @gethuksemar_jaksel

Camilan enak khas Solo selanjutnya bernama balung kethek. Namanya yang unik membuat pengunjung penasaran untuk mencicipinya, camilan ini mirip seperti keripik singkong, namun lebih tebal.

Dalam bahasa Jawa Balung Kethek berarti tulang monyet. Yang notabene tulang monyet tidak terlalu besar dan tidak keras seperti manusia.

Rasanya yang gurih dicampur dengan berbagai varian rasa seperti balado, ayam panggang, keju, asin, pedas dan rasa manis. Dijamin setelah membelinya kamu pasti ketagihan untuk mencobanya.

Kuliner balung kethek khas Solo dapat menjadi oleh oleh untuk keluarga dirumah.

Oleh Oleh Kerajinan, Batik & Aksesoris Khas Solo

Selain makanan dan camilan, oleh oleh khas Solo yang bisa kamu bawa pulang adalah kerajinan, batik, dan aksesoris khas Kota Solo. Apa saja yang bisa dijadikan oleh oleh tersebut, kita simak ulasan berikut ini.

1. Kerajinan Tangan

kerajinan tangan solo IG @yenyahandycraft
kerajinan tangan solo IG @yenyahandycraft

Solo merupakan kota budaya yang kaya akan seni dan seniman. Produk budaya yang dihasilkan dan diproduksi sangatlah banyak di kota ini, seperti kerajinan tangan.

Kerajinan tangan di Solo antara lain berbentuk miniatur wayang, miniatur sepeda, miniatur candi, miniatur masjid dan lainnya. Kamu bisa membelinya di pasar klewer, alun alun ataupun di toko kerajinan yang banyak tersebar di sudut kota.

Harganya yang relatif terjangkau, menjadikan oleh oleh ini cocok sebagai souvenir dan bisa dipajang di meja belajar, jadi hiasan dinding dan hiasan ruang tamu.

2. Batik Solo

Batik Solo @kainbatik.kebaya
Batik Solo @kainbatik.kebaya

Solo terkenal dengan batiknya yang sudah melegenda seantero dunia. Bahwa batik khas solo memiliki corak tersendiri dengan identitasnya.

Kota solo menjadi produsen batik terbesar di Indonesia, banyak yang menjadikan Batik Solo sebagai barang dagangan untuk dijual kembali di kota lain.

Selain harganya yang murah, kualitasnya pun terjaga dan banyak yang suka. Oleh oleh batik khas Solo menjadi pilihan yang tepat ketika kamu berkunjung kesini.

Banyak varian batik yang bisa kamu bawa pulang, seperti tas batik, baju batik, sarung batik, celana batik, blangkon dan bentuk lainnya.

Kamu bisa menemukan tempat penjual batik disetiap sudut kota Solo. Namun ada beberapa toko batik yang terkenal di Solo seperti Kampung batik Kauman, Kampung batik Laweyan hingga pasar klewer.

Harganya sangat bervariatif dari yang murah hingga mahal. Bagi kamu yang memiliki selera tinggi bisa berbelanja batik di Batik Danar Hadi.

3. Barang Antik

Barang Antik Solo @ariefashar_
Barang Antik Solo IG @ariefashar_

Bagi kamu yang menyukai barang barang antik, di Solo ada pasar khusus yang menjual barang antik dan bersejarah, namanya adalah pasar triwindu Solo.

Di pasar ini kamu bisa menemukan beragam benda bersejarah peninggalan jaman dahulu yang dijual dengan harga bervariatif. Diantaranta adalag keris, lemari antik, meja antik, hiasan, sepeda antik, piring gelas antik dan barang lainnya yang unik.

Barang antik yang dijual di Pasar Triwindu dapat menjadi oleh oleh khas Solo, sebagai buah tangan orang dirumah. Tentunya ini menjadi hal yang unik namun cukup berkesan.

“Baca Juga: Oleh Oleh Khas Jogja Terkenal dan Murah Meriah

Demikian tadi ada kelima belas oleh-oleh dan makanan khas Solo yang wajib kamu buru ketika berkunjung ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo tersebut.

Sedapnya sajian oleh-oleh khas Kota Solo ini dijamin bisa membuatmu rindu untuk kembali berkunjung dan berwisata kembali. Solo, tak mungkin terlupakan.

Budaya dan kulinernya selalu menjadi idola masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, berbagai destinasi wisata yang ada di Solo juga sangatlah mempesona dan bisa membuat kamu memilih untuk berlibur ke Solo saat musim liburan tiba.

Share This Post
76 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

Welcome

Share Artikel Ya!