21+ Oleh Oleh Khas Malang Terbaru, Enak & Tahan Lama

Malang terkenal sebagai Kota Apel yang memiliki banyak tempat wisata yang ramai dikunjungi. Selain tempat wisata Bumi Arema ini juga memiliki makanan khas yang bisa menjadi buah tangan untuk kamu bawa pulang, diantaranya olahan buah apel, kue brownies artis, kerajinan hingga aksesoris khas singo edan Arema Malang.

Tempat Wisata di Malang seperti Bromo, Jatim Park dan Coban Rondo merupakan wisata popuer di Indonesia. Kamu bisa berkunjung ke kampung warna-warni Jodipan, Wendit Waterpark, hingga Hawaii Waterpark yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain tempat wisatanya yang cukup banyak, yang tidak bisa dilewatkan tentu buah tangan asli Kota Malang.

Oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa dari kota bunga ini cukup beragam, mulai dari makanan berat sampai makanan ringannya. Dan yang paling penting tempat untuk membelinya nggak jauh dari pusat kota dan tentunya dengan harga yang bersahabat! Berikut tim Jogjaday merangkumkan oleh-oleh yang bisa kamu dapetin di Kota Malang. Yuk disimak bareng!

” Baca Juga: 22 Oleh Oleh Khas Surabaya Terkenal, Enak & Murah Meriah

21 Oleh Oleh Makanan Khas Malang Terkenal, Enak & Wajib Kamu Bawa Pulang

Hal yang tidak bisa kamu lewatkan jika berkunjung ke Kota Malang adalah kulinernya! Bisa dibilang kuliner di Kota Malang ini punya rasa enak dan nikmatnya tersendiri, tentunya bikin kamu nggak bakal lupa sama kotanya lho. Kok bisa gitu? Ya karena lidah orang Malang dikenal sangat peka dan unik, sehingga kamu bisa menemui beberapa kuliner yang nggak bakal kamu temui di Kota lain.

Oleh-oleh berupa makanan sudah menjadi daya tarik wisatawan sendiri. Banyak dari mereka yang nggak bisa pergi dari Malang tanpa membawa oleh-oleh. Apalagi kalau pulang kampung, pasti ditagih buah tangan oleh sanak saudara, rekan kerja dan teman. Sehingga jangan sampai ya pulang dari kota ini tanpa membawa makanan khas dari Kota Malang.

Biar kamu nggak tersesat dan kehilangan arah, tim jogja day yang baik hati memberi kamu daftar buah tangan yang bisa dibawa dari Kota Malang dan bisa kamu bagikan sama saudara-saudaramu di kampung halaman:

1. Oleh Oleh Malang Strudel

Malang Strudel foto by instagram.com/strudelmalang

Oleh oleh kue khas Malang ini sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung ke Malang. Kue milik artis Teuku Wisnu ini memiliki banyak pilihan rasa yang bisa disesuaikan sama selera lidah kamu.

Kulit kuenya yang crunchy namun juga lembut akan membuat kamu nggak akan lupa sama rasanya. Apalagi ditambah dengan pelayanan yang ramah dan jaminan kuenya fresh from the oven membuat Malang Strudel incaran para wisatawan kalau berkunjung ke Kota Malang.

Strudel ini memang bukan makanan asli Malang. Sang penemu mengaku kue ini terinspirasi dari kue dari Jerman. Sehingga kue dari Jerman dan rasa lokal dikawinkan dan dijadikan makanan ringan bernama Malang Strudel. Jadi jangan sampai lewatkan untuk membeli kue ini jika berkunjung ke Malang ya.

Harga Malang Strudel Mulai Rp 55.000 – Rp 70.000/porsi

Lokasi Malang Strudel

Alamat Jalan Soekarno Hatta 2 kav 6 Malang (Sebelah Warung Cak Pi’i / Terminal Tiket Malang) dan outlet lainnya yang tersebar di seluruh Kota Malang

2. Keripik Tempe Sanan Malang

Keripik Tempe foto by instagram.com/keripik_tempe_malang

Keripik tempe ini adalah salah satu oleh-oleh khas Malang yang tidak bisa kamu tinggalkan jika berkunjung ke Kota Malang. Wilayah Sanan sudah sejak lama menjadi tempat produksi tempe yang terkenal enak. Namun wilayah ini berkembang sehingga tidak hanya tempe saja yang diproduksi, namun juga jenis-jenis lain.

Keripik tempe Sanan terkenal sangat renyah dan dijamin bikin kamu ketagihan lho! Dan yang nggak kalah menariknya, keripik tempe ini tersedia dalam berbagai jenis rasa yang bisa kamu sesuaikan dengan selera lidah kamu.

Kamu juga nggak bakal kebingungan mencarinya karena banyak sekali toko yang menjual kripik tempe karena memang oleh-oleh ini benar-benar khas dari Malang. Selain kripik tempe yang bisa kamu bawa pulang, kamu juga bisa membeli tempe segar lho buat menjadi lauk di rumah. Tertarik? Jangan lupa datang dan buktikan sendiri.

Harga Keripik Tempe Sanan Malang Mulai Rp 5.000 – Rp 10.000 per bungkus

Lokasi Keripik Tempe Sanan Malang

Alamat Jalan R. Tumenggung Suryo, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

3. Keripik Buah Buahan Khas Malang

Keripik Buah foto by instagram.com/cemilan_keripikbuah

Selain keripik tempenya yang sangat terkenal, jangan lupa juga untuk membeli keripik buah-buahan khas Malang. Tersedia berbagai jenis buah-buahan yang dikemas dalam plastik. Buah-buahan yang tersedia antara lain apel, nangka, salak, kelengkeng dan lain-lain yang tentunya bisa kamu jadikan oleh oleh khas Malang.

Buah yang kamu pilih bisa disesuaikan dengan buah kesukaanmu. Meskipun buah-buahan melalui proses penggorengan dan pengeringan namun dijamin tidak membuat rasa aslinya berkurang lho.

Selain keripik tempe, cemilan inilah yang menjadi top favorite di Kota Malang. Jadi jangan sampai terlewat ya membeli produk ini

Harga Keripik Buah Buahan Khas Malang Rp 5.000 – Rp 10.000 per bungkus

Lokasi Keripik Buah Buahan Khas Malang

Alamat Jalan R. Tumenggung Suryo, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

4. Pia Cap Mangkok Malang

Pia Cap Mangkok foto by instagram.com/maktiendailyfood

Jangan salah, selain kota Jogja, Malang juga terkenal dengan pia mangkoknya lho! Pia Mangkok ini sudah menjadi oleh-oleh khas Malang andalan sejak lama. Kerenyahan kulit pia dan kelembutan isi pia merupakan kolaborasi rasa yang tiada taranya.

Pia Cap Mangkok ini bisa mengingatkan kamu dengan kota Malang karena dijamin makanan ini hanya ada di Kota Malang. Selain rasanya, ada hal unik yang bisa kamu temui yaitu packagingnya. Biasanya pia dibungkus dalam dus kecil dan berjajar. Namun pia mangkok ini disusun keatas sehingga dari luar berbentuk seperti tabung.

Keabsahan rasanya sudah tidak diragukan lagi karena itulah Pia Cap Mangkok ini sudah berdiri berpuluh tahun di Kota Malang. Jadi sayang rasanya kalau sudah ke Malang namun belum mencoba Pia Cap Mangkok.

Harga Pia Cap Mangkok Malang Rp 11.000 per bungkus (isi 5)

Lokasi Pia Cap Mangkok Malang

Alamat: Jalan Semeru no 25 Malang, Oro Oro Dowo, Klojen, Kota Malang

5. Kopi Dampit Malang

Kopi Dampit foto by instagram.com/kopi_dampit_malang_jawatimur

Oleh oleh khas Malang selanjutnya adalah kopi dampit. Kopi dampit khas Malang sudah sangat populer dari berbagai belahan dunia. Mengapa? Mereka bilang karena kopi dampit ini mempunyai rasa yang unik, yang bikin kamu semakin penasaran disetiap tegukannya dan bisa kamu jadikan oleh oleh khas.

Kalau kamu mengaku pecinta kopi, jangan sampai kamu lewatkan membeli kopi ini lho. Kamu harus mencoba rasa yang tidak pernah kamu rasa sebelumnya.

Meskipun tempatnya cukup jauh dari kota, namun kamu bisa sekalian mampir jika kamu ke arah pantai selatan. Ya, tempat ini berada di Malang Selatan. Kamu bisa mengunjungi produsen yang cukup terkenal yaitu Dwi Sejati.

Harga Kopi Dampit Malang

Rp 125.000/kg

Lokasi Kopi Dampit Malang

Alamat: Sentra Industri Kopi Dampit, Kota Malang

6. Cokelat Tempe Dekonco Malang

Cokelat Tempe foto by instagram.com/dekonco

Tempe memang terkenal sebagai makanan khas dari Kota Malang yang dapat kamu jadikan buah tangan. Memang rasanya kurang lengkap kalau kamu nggak makan tempe yang asli dari Kota Malang. Kamu bakalan jatuh cinta dengan rasanya karena kamu nggak akan menemui rasa yang sama dengan tempe dari kota lain.

Tidak heran warga kota Malang mulai berinisiatif untuk mengolah berbagai olahan tempe. Yang satu ini tidak boleh dilewatkan yaitu cokelat tempe. Mungkin kalian sedikit berpikir dua kali untuk mencoba rasanya, namun percayalah bahwa rasanya memang enak dan diluar ekspektasi.

Buat kamu yang suka tantangan, kamu boleh mencoba tempe yang mungkin tidak terdengar lumrah ini. Biarkan rasa penasaranmu mengalahkan rasa tidak percayamu dan rasakan lumernya cokelat di lidahmu. Berani? Coba datang dan rasakan sendiri makanan yang hanya di Kota Malang ini.

Harga Cokelat Tempe Dekonco Malang

Mulai dari Rp 11.000

Lokas Cokelat Tempe Dekonco Malang

Alamat Jalan Soekarno Hatta No 83 B, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang (0857-5548-9388)

7. Apel Malang

Apel Malang foto by instagram.com/phit_mommieyummie

Oleh oleh khas Malang berupa Apel Malang dapat menjadi pilihan bagus. Tentu yang satu ini jangan sampai kamu tinggalkan kalau berkunjung ya! Bahkan Kota Malang punya julukan sebagai kota Apel lho! Apa sih yang membedakan apel malang dengan apel lainnya?

Tentu dari segi fisiknya, kamu akan menemukan kalau apel malang ini mempunyai dua warna dasar yaitu merah dan hijau. Namun kedua warna ini tercampur secara alami. Kalau kamu mau membeli, kamu bisa check dari warna apelnya supaya nggak kena tipu penjual.

Apel Malang sendiri mempunyai rasa yang masam namun manis. Meskipun masam, apel ini bisa menciptakan rasa manis ketika kamu mengunyahnya. Sehingga kamu hanya perlu bersabar hingga rasa itu muncul. Penasaran? Kamu boleh beli dan membuktikannya sendiri!

Harga Apel Malang

Rp 25.000,00 / kg (harga berubah sesuai musim)

Lokasi Apel Malang

Alamat Pasar Buah dan Sayur Dewi Sri Batu

8. Sari Apel Malang

Sari Buah foto by instagram.com/christinatjiang

Malang yang terkenal dengan apelnya juga terkenal dengan produk olahan apelnya yaitu sari apel. Di Malang sendiri sari apel sudah menjadi bahan suguhan untuk tamu yang wajib dimiliki setiap rumah. Dikarenakan sari apel ini murah dan mudah didapatkan.

Biasanya sari apel dikemas dengan ukuran ekonomis. Kamu bisa merasakan kesegaran apel di setiap tegukannya lho. Salah satu produksi sari apel yang terkenal adalah Siiplah Sari Apel yang diproduksi oleh Kusuma Agro Batu.

Sari apel juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho. Salah satunya adalah membantu kamu yang sedang dalam rencana menurunkan berat badan. Wah boleh dicoba tuh sepertinya.

Harga Sari Apel malang

Rp 25.000 / dus

Lokasi Sari Apel Malang

Alamat Jalan R. Tumenggung Suryo No.80, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

9. Kue Asix Oleh Oleh Khas Malang

Asix foto by instagram.com/diarysivika

Sedang ngetrendnya oleh-oleh artis, maka tidak ketinggalan Anang-Ashanti memasarkan produk kuenya di Kota Malang. Seperti kebanyakan, oleh-oleh yang hanya ada di Malang ini merupakan olahan pastry dengan berbagai macam rasa yang bisa disesuaikan dengan lidah kamu.

Yang paling unik, kamu bisa menemui menu-menu yang kreatif disini. Mengapa? Karena Anang-Ashanti sengaja menamai menu disini mirip dengan anggota keluarganya, contohnya Jielly Hazelline yaitu Azriel.

Kamu bisa menemui oleh-oleh ini di pusat kota sehingga kamu tidak perlu melangkah jauh-jauh keluar kota untuk merasakan sensaninya.

Harga Kue Asix Malang

Rp 60.000,00 – Rp 65.000,00

Lokasi Kue Asix Malang

Alamat Jalan Guntur No 8, Malang (0811-2011-969)

10. Makobu Malang

Makobu foto by instagram.com/endangsow

Selain strudel dan asix, adalagi nih olahan cake dan pastry lainnya yang hanya ada di Kota Malang. Tidak ingin kalah dengan pesaingnya, Krisdayanti membuat toko oleh-oleh Kota Malang yang disebut Makobu.

Makobu sendiri merupakan akronim dari Malang Kota Bunga. Kamu bisa mencicipi berbagai varian rasa disini, salahsatunya: castella Banana Crunchy. Terdengar sangat menarik ya?

Kamu bisa mendapatkan satu loyang cake jenis ini dengan mudah karena berada di dekat pusat kota. Jangan sampai kelewatan sama yang satu ini ya.

Harga Makobu Malang

Rp 69.000 – Rp 79.000 per porsi

Lokasi Makobu Malang

Alamat Jalan Besar Ijen no. 82, Klojen, Malang (0811-2012-493)

11. Queen Apple Malang

Queen Apple foto by instagram.com/endrita.id

Farah Quinn sepertinya tidak ingin ketinggalan dengan artis lainnya. Mirip dengan namanya, oleh-oleh khas Malang bikinan Farah Quinn ini bernama Queen Apple. Chef ternama di Indonesia ini menggabungkan buah khas dari Malang yaitu apel dengan kue kekinian sehingga dia menjadikan strudel apel sebagai sajian utamanya.

Tidak hanya strudel apel saja, Farah Quinn juga menyajikan sajian kue bolu dengan berbagai varian rasa seperti Milk, Chocolate, Vanilla, Mango, Jack Fruit yang bisa disesuaikan sama lidah kamu. Kamu bisa menemui sajian spesial dari chef terkenal di Indonesia dengan berkunjung ke jalan kawi.

Jangan sampai yang satu ini ketinggalan untuk dicobain ya.

Harga Queen Apple Malang

Rp 60.000 – Rp 75.000

Lokasi Queen Apple Malang

Alamat jalan Kawi Atas no.23, Gading Kasri, Klojen, Malang (0341-408407)

Pakaian & Aksesoris Oleh Oleh Khas Malang Terkenal, Keren & Kekinian

Berikut ini Jogja day membahas oleh-oleh Khas Malang berupa pakaian, aksesoris hingga kerajinan yang bisa kamu bawa pulang dan bagikan untuk sanak saudaramu sebagai buah tangan.

Meskipun Kota Malang terkenal akan makanannya yang khas, namun kamu juga nggak boleh melewatkan oleh-oleh khas Malang yang lainnya lho. Kota Malang terkenal memiliki seni yang cukup tinggi. Satu hal yang bisa membuktikannya adalah boso kiwalan atau bahasa kebalikannya yang menjadi bahasa yang ngetrend bagi warga Kota Malang.

Kesenian yang tinggi di Kota Malang ini mendorong beberapa pelaku usaha untuk meluncurkan produk yang memiliki kekhasan Kota Malang sehingga dapat dijadikan daya tarik yang baik bagi wisatawan. Jadi jangan sampai nggak membeli produk-produk asli Kota Malang ya.

12. Soak Ngalam Malang

Soak Ngalam foto by instagram.com/soakngalam_oleholehkaosmalang

Oleh oleh kaos khas Malang dapat menjadi buah tangan untuk teman dan keluargamu dirumah. Malang terkenal akan boso kiwalannya atau bahasa yang urutannya dibalik dari belakang sehingga memberi ide untuk pelaku usaha membuat kaos dengan desain bahasa yang terbalik. Kaos ini tersedia dalam berbagai warna dan desain yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu.

Desainnya seputar kata-kata walikan seperti ladub (budal: berangkat), oyi sam, dan lain-lain. Kata-kata asli Malang ini tercetak secara apik di desain kaosnya.

Kaos ini terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan nyaman sehingga bisa kamu pakai untuk sehari-hari. Jadi jangan sampai kelewatan untuk mengintip hasil karya asli arek Malang ini ya.

Harga Soak Ngalam Malang

Rp 80.000 sampai Rp 100.000

Lokasi Soak Ngalam Malang

Alamat Jalan Kawi Atas Nomor 24, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang

13. Batik Malang

Batik Malang foto by instagram.com/mbatiq.id

Corak batik Malang ini khas dengan candi-candi dari cerita Kerajaan Kanjuruhan. Selain itu batik ini memiliki banyak motif salah satunya adalah motif Kembang Jeruk. Salah satu hal yang paling membedakan batik malang dengan batik lainnya yaitu warnanya yang cukup terang sehingga batik ini mudah dikenali.

Di Sumberwanjing Wetan ini adalah rumah produksi batik Malang. Kalau kamu ingin belajar membuat batik, kamu bisa mendatangi kampung ini untuk belajar.

Motif yang penjualannya paling tinggi yaitu motif Malang Kucecwara yaitu motif yang menggambarkan kesenian asli Malang; topeng malangan. Dan terkadang juga ditambahi dengan gambar tugu balai kota Malang yang otentik.

Harga Batik Malang

Rp 50.000 sampai Rp 80.000

Lokasi Batik Malang

Alamat Pasar Besar Kota Malang

14. Keramik Dinoyo Malang

Keramik Dinoyo foto by instagram.com/keramikdinoyo

Dinoyo sudah terkenal dengan tempat produksi keramiknya. Bermacam-macam keramik di produksi disini. Jika kamu berkunjung ke Malang, jangan sampai melewatkan pusat pengrajin keramik di Dinoyo ini.

Kamu bisa membeli produk keramik dalam berbagai warna dan bentuk. Biasanya mereka juga menawarkan jasa pembuatan souvenir untuk acaramu, jadi mereka bisa membuatkanmu keramik dalam ukuran yang banyak sesuai kebutuhanmu.

Jangan bingung lagi karena sepanjang kampung dinoyo ini, kamu akan menjumpai puluhan toko keramik yang menjajakan produknya. Kamu bisa mampir untuk menganggumi atau bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk sanak saudaramu.

Harga Keramik Dinoyo Malang

Rp 10.000 – Rp 300.000

Lokasi Keramik Dinoyo Malang

Alamat Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Kota Malang

15. Merchandise Arema Malang

Merch Arema foto by instagram.com/aremamerchandise

Arema merupakan klub sepak bola kebanggaan warga Kota Malang. Klub ini pun seringkali menjuarai berbagai kompetisi dan perlombaan nasional. Jadi nggak heran bahwa reputasi Arema di kancah persepakbolaan cukup tinggi.

Bisa dikatakan bahwa Arema merupakan klub yang cukup disegani karena prestasinya. Ini semua juga berkat para pendukungnya yang biasa disebut Aremania.

Kalau kamu ingin mengkoleksi berbagai accesoris arema mulai dari syal, kaos, sticker, dan lain-lain, kamu bisa berkunjung ke toko-toko disekitaran kota Malang yang menjualnya. Dijamin nggak bakalan sulit mencarinya, karena toko ini tersebar di seluruh kota.

Harga Merchandise Arema Malang

Rp 50.000 – Rp 100.000

Lokasi Merchandise Arema Malang

Alamat Jalan Mayjend. Panjaitan No.42, Penanggungan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

16. Topeng Malangan

Topeng Malangan foto by instagram.com/topengmalangan

Sudah bukan rahasia lagi kalau Malang kaya akan budaya dan seninya. Salah satu hal yang membuktikannya ialah Topeng Khas Malangan. Topeng ini sendiri adalah seni yang diturunkan secara turun temurun oleh para pendahulu.

Topeng ini cocok buat kamu yang suka sama sesuatu yang artsy dan aestetik, karena topeng ini sangat unik dari benda lain. Mulai dari karakter kejam, jahat, dan baik, semua ada dalam guratan topeng ini. Mau beli yang dewi cantik hingga monster jahat, bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Seni khas Malang ini cocok untuk dijadikan pajangan di rumahmu karena unik dan yang pasti bisa memperindah dekorasi ruanganmu. Harga yang ditawarkan juga cukup murah sehingga kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam kalau mau beli yang satu ini.

Harga Topeng Malangan

Rp 40.000 – Rp 80.000

Lokasi Topeng Malangan

Alamat Taman Borobudur Agung II No.44, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

17. Gerabah Gethakan Malang

Gerabah foto by instagram.com/jaya_gerabah

Selanjutnya kalian bisa mendapatkan oleh-oleh yang lain dari biasanya nih, yaitu gerabah. Di Malang, ada sebuah kampung yang bernama Gethakan yang memproduksi kerajinan gerabah lho. Kalau kamu berkunjung ke Malang, jangan lupa mampir ke kampung ini ya.

Kerajinan gerabah yang ditawarkan cukup variatif, mulai dari ukurannya yang besar hingga kecil. Kamu bisa menyesuaikan dengan kesukaanmu jika mampir ingin membeli gerabah.

Gerabah sendiri merupakan produk asli dari Indonesia yang memang sudah sejak lama esksistensinya hingga sekarang. Masyarakat sering memanfaatkan produk dari gerabah untuk membantu mereka melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Harga Gerabah Gethakan Malang

Rp 50.000 – Rp 100.000

Lokasi Gerabah Gethakan Malang

Alamat Jalan Mayjend Panjaitan No. 165, Penanggungan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

18. Cobek Batu Malang

Cobek Batu foto by instagram.com/lactamond_kedley

Kalau kamu ke Malang, akan sangat disayangkan kalau nggak mampir ke Desa Toyomarto. Desa ini terkenal karena kerajinan cobek batunya. Sebagian besar penduduk disana menjadikan profesi pengrajin cobek batu sebagai mata pencaharian mereka yang utama lho.

Dengar-dengar cobek batu buatan mereka terkenal asli dan baik lho. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena mereka sudah membuat cobek batu bertahun-tahun dan mempunyai pelanggan dari seluruh manca negara.

Cobek batu sendiri merupakan alat tradisional untuk melumatkan berbagai jenis bahan masakan untuk dimasak. Sehingga keberadaannya di dapur sangat penting lho. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk membeli produk yang satu ini ya.

Harga Cobek Batu Malang

Rp 80.000 – Rp 150.000

Lokasi Cobek Batu Malang

Alamat Jalan Raya Jetis No.101, Jetis, Mulyoagung, Dau, Malang, Jawa Timur

19. Bibit Pasar Bunga Malang

Pasar Bunga foto by instagram.com/deaf.indonesia

Malang yang terkenal dengan kota dingin tentu memiliki kualitas bibit yang bagus. Kamu akan menjumpai banyak sekali tanaman di Kota Malang yang indah.

Jangan khawatir, kamu juga bisa membelinya untuk di rumah kamu supaya rumah kamu serasa di Kota Malang. Bibit yang ditawarkan oleh Pasar Bunga Kota Malang ini teruji sangat baik lho. Tapi jangan lupa untuk merawatnya juga ya.

Kesegaran rumah kamu bisa jadi membaik setelah kamu menanami rumah kamu dengan berbagai jenis tanaman. Ya, disini memang menyediakan berbagai jenis tanaman lho. Kamu bisa beli kaktus kalau memang tidak bisa begitu merawa tanaman, atau beli tanaman yang indah untuk teras rumah kamu.

Harga Bibit di Pasar Bunga Malang

Rp 10.000 – Rp 100.000

Lokasi Bibit di Pasar Bunga Malang

Alamat Pasar Bunga Kota Malang

20. Boneka Singa Malang

Boneka Singa foto by instagram.com/oyitokclothing

Arema sudah menjadi identitas warga Kota Malang. Arema sendiri punya julukan singo edan. Singo edan mempunyai arti singa yang bersemangat dan selalu membara. Harapannya dengan penamaan ini, arema dapat merajai klasemen sepak bola seperti singa merajai hutan.

Karena simbol ini, banyak sekali warga Kota Malang yang menjual pernak-perniknya berupa boneka singa berukuran besar. Kamu akan dengan mudah menjumpai toko yang menjual boneka singa di tepian jalan.

Tidak hanya sebuah identitas. Namun singa ini sendiri membawa semangat baru kepada setiap orang yang memilikinya untuk selalu bersemangat dan mengemban amanah dengan baik. Boneka ini bisa jadi motivasi kamu lho.

Harga Boneka Singa Malang

Rp 50.000 – Rp 100.000 tergantung ukuran

Lokasi Boneka Singa Malang

Alamat Jalan Mayjend Panjaitan No.42, Penanggungan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

21. Kerajinan Rotan Malang

Rotan foto by instagram.com/tokoantismalang

Satu lagi industri besar di Kota Malang yaitu kerajinan rotan. Industri yang berpusat di Jalan Raya Balearjosari ini memiliki banyak sekali pengrajin rotan, namun karena tergerus waktu, para pengrajin banting setir ke perkejaan lain. Namun jangan khawatir karena kamu masih bisa menemui mereka disana.

Untuk mendukung karya lokal, kamu bisa lho membawa pulang kerajinan ini sebagai oleh-oleh dari Kota Malang. Kerajinan ini ada beberapa bentuk; dari kursi hingga meja kecil. Kamu bisa beli sesuai dengan kocek kamu dan kebutuhanmu.

Kerajinan rotan ini termasuk industri besar karena banyak sekali pembelinya dari berbagai tempat di Indonesia. Sehingga tidak heran masih ada beberapa orang yang masih mempertahankan kerajinan rotan sebagai mata pencahariannya.

Harga Kerajinan Rotan Malang

Mulai Rp. 15.000 tergantung besar dan model

Lokasi Kerajinan Rotan Malang

Alamat Jalan Pahlawan 249a Balearjosari, Malang

“Baca Juga:  31 Oleh Oleh Khas Jogja Terkenal, Enak & Murah Meriah

Pusat Tempat Membeli Oleh Oleh Di Malang Terkenal

Dengan segitu banyaknya oleh-oleh yang bisa dibeli di Kota Malang, kalian jangan khawatir bingung membelinya dimana. Karena banyak sekali pusat membeli oleh-oleh Kota Malang yang menyediakan semua hal yang kamu perlukan.

Pusat oleh-oleh di Kota Malang ini dapat kamu temui secara mudah karena lokasinya yang cukup strategis. Kalau nggak bawa transportasi, kamu bisa sewa jasa ojek online untuk mencapai tempat ini dengan merogoh kocek yang nggak dalam lho!

Berikut tim Jogjaday dengan senang hati memberi tahu kamu tempat yang bisa kamu datangi kalau kamu mau membeli oleh-oleh kota Malang:

1. Repoeblik Telo Malang

Repoeblik Telo Malang foto by instagram.com/ayumirasari

Telo merupakan jenis umbi-umbian yang mempunyai tekstur yang lembut. Dalam bahasa Indonesia, telo adalah ubi jalar. Ubi jalar sendiri merupakan makanan favorit warga desa. Meskipun terkenal di daerah perdesaan, telo ini juga menjadi favorit bagi warga perkotaan karena dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Di Republik Telo kamu akan disuguhi dengan bermacam-macam olahan makanan dari telo. Yang paling terkenal di tempat ini yaitu pia telonya namun kamu juga bisa menikmati makanan lain seperti keripik telo, mie telo, hingga es krim yang berbahan dasar telo.

Kamu juga nggak perlu khawatir dengna harganya karena harga makanan disini dimulai dari Rp 3000,00. Kalau kamu datang dengan rombongan juga jangn khawatir karena Republik Telo mempunyai tempat yang sangat luas sehingga bisa menampung banyak sekali pengunjung.

Lokasi Repoeblik Telo Malang

Alamat Jalan Dr Sutomo, Lawang, Malang (depan Bakpao Telo) (0341-421400)

2. Pusat Oleh-oleh Pia Cap Mangkok Malang

Pia Cap Mangkok foto by instagram.com/piacapmangkok

Seperti yang sudah dibahas diatas, Malang juga mempunyai pia yang khas dari kota kami sendiri yaitu Pia Cap Mangkok. Kenapa disebut mangkok? Usut punya usut dikarenakan pia ini berbentuk seperti mangkok dengan tekstur luarnya renyah.

Sudah lama melalang buana di kota Malang, tempat oleh-oleh Pia Mangkok ini menjadi buruan bagus bagi para wisatawan. Kamu bisa menemui produk lain asal Malang kalau kamu berkunjung ke gerai Pia Cap Mangkok.

Sejak tahun 1959, gerai ini buka dan tidak pernah sepi pengunjung. Berdiri cukup lama, Pia Cap Mangkok ini dipercaya membawa aura baik bagi warga kota Malang. Kalau kamu kesini jangan lupa beli yang banyak ya buat sanak saudaramu.

Lokasi Pusat Oleh-oleh Pia Cap Mangkok Malang

Alamat Ruko Grand Soekarno Hatta Kav 16-17, Jalan Soekarno Hatta No. Kav. 16-17, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang (0341-2996490)

3. Toko Swari Malang

Toko Swari foto by instagram.com/dirwidya01

Keripik tempe merupakan identitas kota Malang jika ingin pulang berlibur dari Kota Malang. Oleh-oleh ini yang nggak bisa kamu tinggalkan dari Kota Malang. Di Sanan sendiri, produsen tempe tidak terhitung jumlahnya. Namun jika kamu ke daerah sini, mungkin kamu akan kagum betapa ramainya pusat oleh-oleh lancar jaya.

Selain menjual kripik tempe, tempat ini juga menjual keripik buah-buahan dan cemilan lainnya yang bisa menemani perjalanan pulangmu dari Kota Malang. Jika kamu tidak ingin repot menunggu antrian yang panjang kamu juga bisa berkunjung disekitaran keripik tempe lancar jaya. Dijamin rasa juga tidak kalah saing.

Keripik tempe ini dibanderol dari harga Rp 5000,00 per bungkus hingga Rp 10.000,00 per bungkus sesuai dengan keinginan dan rasanya. Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota sehingga kamu bisa mencapai tempat ini 10-15 menit dari Stasiun Kota Malang lho.

Lokasi Toko Swari Malang

Alamat Jalan Sanan No 30, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang (0851-0233-9000)

4. Keramik Dinoyo Malang

Keramik Dinoyo foto by instagram.com/keramikdinoyo

Kalau kamu ada waktu, sempatkan untuk berkunjung ke kampung dinoyo yang menjajakan ribuah bentuk keramik. Kampung wisata keramik dinoyo ini merupakan sentra industri rumahan yang membuat kerajinan dengan bahan keramik.

Hal yang lebih menarik adalah kamu bisa lho berkunjung sambil melihat proses pembuatan kerajinan ini. Warga akan sangat senang dengan kehadiranmu dan akan bersedia menjawab semua pertanyaanmu mengenai keramik. Barangkali kamu bercita-cita jadi pengrajin keramik suatu saat ini.

Keramik dinoyo juga menawarkan berbagai jenis, warna, dan bentuk keramik. Kamu bisa membawa pulang keramik dengan jumlah yang besar dan tentunya tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Lokasi Keramik Dinoyo Malang

Alamat Jalan MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Malang

5. Istana Oleh Oleh Brawijaya Malang

Brawijaya Istana Oleh-oleh foto by instagram.com/brawijayaistanaoleholeh

Kalau kamu nggak sempat berkunjung ke masing-masing tempat produksi oleh-oleh khas Malang, kamu juga bisa berkunjung ke istana oleh-oleh brawijaya. Kamu bisa menemui berbagai oleh-oleh khas Malang disini.

Jika kamu orangnya cukup praktis kamu juga bisa memilih paket oleh-oleh yang sudah disediakan sehingga kamu tidak perlu lagi memilih-milih apa yang akan kamu inginkan. Kamu hanya perlu menyesuaikan keinginanmu dengan paket yang mereka punya. Yang paling istimewa adalah disini kamu akan akan mendapatkan harga yang hemat jika memilih paket oleh-oleh.

Tempatnya yang strategis bisa jadi menjadi daya tarik toko ini karena lokasinya benar-benar terletak diantara kota Malang dan kota Batu. Jadi jangan sampai kamu terlewat dari toko ini ya. Tidak akan rugi mencari oleh-oleh disini lho.

Lokasi Istana Oleh-Oleh Brawijaya Malang

Alamat Jalan Diponegoro No 86, Sisir, Kota Batu (0341-2990911)

6. Sensa Pusat Oleh Oleh Malang

Sensa Pusat Oleh-oleh foto by instagram.com/garasi pejabat

Selain yang sudah disebutkan diatas, kamu bisa juga berkunjung ke sensa pusat oleh-oleh. Pusat oleh-oleh ini sangat praktis untuk kamu yang bertempat tinggal di utara. Mengapa? Karena pusat oleh-oleh ini berlokasi di sebelah utara kota Malang, jadi kamu bisa pulang sambil mampir ke tempat ini.

Tempat ini menjajakan berbagai oleh-oleh yang berasal dari Kota Malang. Kamu bisa membelinya secara praktis di satu tempat yang sama dan dijamin tidak akan membuat dompetmu kosong.

Tempatnya yang nyaman juga biasa dijadikan persinggahan dan tempat istirahat. Kamu bisa beristirahat sambil makan berbagai cemilan yang disediakan disini. Sehingga kamu bisa melanjutkan perjalananmu dengan nyaman dan aman.

Lokasi Sensa Pusat Oleh Oleh Malang

Alamat Jalan Raya Randuagung No.9, Randutelu, Randuangung, Singosari, Malang, Jawa Timur (0341-458488)

7. Goedang Oleh Oleh Malang

Goedang Oleh-oleh foto by instagram.com/rizkysuprianto

Goedang oleh-oleh adalah salah satu tujuan wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh dari Kota Malang. Selain karena harganya yang terjangkau, tempat parkir dan tempat belanjanya sangat luas sehingga kamu yang datang dengan rombongan bisa leluasa memilih barang-barang disini.

Toko ini menyediakan berbagai oleh-oleh yang berasal dari Kota Malang. Mulai dari makanan hingga aksesorisnya. Mulai dari eceran hingga grosiran. Kalau kamu nggak percaya, kamu boleh datang langsung untuk membuktikan tempat ini tidak layak untuk ditinggalkan wisatawan.

Lokasinya cukup strategis. Kalau kamu pelancong melalui jalan tol, kamu bisa mampir dulu di Goedang Oleh-oleh untuk membeli buah tangan. Jadi jangan ada alasan kelupaan membeli oleh-oleh dari Kota Malang ya.

Lokasi Goedang Oleh Oleh Malang

Alamat Jalan Simpang Tenaga Utara No.2 No.12, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur (0341-410567)

“Baca Juga: 21 Oleh Oleh Khas Banyuwangi Terkenal, Enak & Murah Meriah

Jogja day ~ Hal yang paling penting jika kamu berkunjung ke Malang adalah selalu jaga kebersihan dimanapun kamu berada ya. Jangan lupa juga untuk menghormati tempat-tempat leluhur dan berwisatalah dengan baik. Demikian yang bisa tim Jogjaday sampaikan, kamu tentu bisa mengeksplor kota Malang lebih luas lagi. Selamat berlibur! Jangan lupa bawa oleh-oleh ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!