20+ Oleh Oleh Khas Bogor Paling Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Khas Bogor ~ Bogor terkenal sebagai kota hujan, hawa sejuk dan segar akan terasa disini. Sedang berwisata di Bogor? jangan sampai ketinggalan untuk membeli oleh oleh khasnya berupa makanan khas, camilan, kerajinan tangan hingga aksesoris yang dijual di pusat oleh oleh yang ada di Bogor.

Kawasan Puncak Bogor kerap menjadi tujuan wisata. Sebagian orang memilih Puncak Bogor untuk berlibur atau sekadar menghabiskan akhir pekan karena lokasinya yang tidak jauh dari ibu kota. Liburan bersama keluarga atau kerabat tidak harus jauh-jauh meninggalkan Kota Jakarta. Setelah berwisata jangan lupa untuk membeli oleh oleh khasnya.

Pegunungan dengan latar belakang perkebunan teh adalah pemandangan yang disuguhkan kawasan Puncak Bogor. Panorama asri mampu mengembalikan mood yang jenuh akibat hiruk-pikuk perkotaan. Kawasan puncak dengan udara yang segar dapat menghilangkan stress akibat padatnya aktivitas.

Selain itu, kawasan Puncak Bogor menawarkan beberapa destinasi wisata yang menarik. Bogor memiliki Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga Warna, Taman Wisata Matahari, dan tidak ketinggalan wisata religi Masjid Atta’awun.

Jalan-jalan ke Bogor tidak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Bogor. Bukan hanya tempat wisata, di Bogor juga terdapat banyak pusat oleh-oleh. Mulai dari oleh-oleh makanan khas kekinian sampai kerajinan dapat ditemukan di Bogor.

“Baca Juga: 28 Oleh Oleh Khas Bandung Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Makanan Khas Bogor Enak, Terkenal & Murah Meriah

Berkunjung ke tempat wisata Bogor memang menyenangkan. Akan tetapi ada yang kurang jika tidak membawa pulang oleh-olehnya. Daerah Bogor biasa disebut dengan Kota Hujan ini memiliki beragam pilihan makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh. Sebelum beranjak dari Bogor, pastikan sudah mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Bogor berikut ini.

1. Oleh Oleh Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang foto by instagram.com/kokokuliner

Oleh oleh khas Bogor yang pertama adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Saat ini banyak menyebar kue lapis dengan bahan dasar talas. Namun, Lapis Bogor Sangkuriang paling banyak diganduri. Lapis Bogor Sangkuriang merupakan kue pertama yang mempelopori populernya kue lapis talas. Sebenarnya kue ini adalah kue cake dengan dua warna yaitu lapisan pertama berwana kuning, lapisan kedua berwarna ungu dan hijau muda. Oleh karena cake ini memiliki dua warna maka nama lapis pun digunakan pada kue ini.

Kue yang hanya dapat ditemui di Bogor ini dibandrol dengan harga Rp. 25.000. Toping yang dapat dipilih juga beragam mulai dari keju, choco chip, dan rainbow chip.

2. Mochi Bogor

Mochi Bogor foto by instagram.com/ayana.minishop

Mochi Bogor atau Mochibo merupakan bulatan tepung beras ketan yang kenyal. Bedanya Mochibo dengan Kue Mochi yang lain terletak pada isinya. Mochibo berisi buah-buahan lokal asli produksi Bogor, diantaranya talas, pala, nanas, stroberi. Mochi khas Bogor yang unik ini bisa kamu jadikan oleh oleh khas untuk keluarga dirumah. Uniknya lagi buah-buahan ini tidak diolah melainkan masih asli berbentuk buah.

Makanan khas Bogor ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000 untuk 1 kotak Mochibo Reguler isi 12. Untuk Mochibo Premiur di jual dengan harga Rp. 6.000 tiap potongnya. Selain isi buah-buahan, Mochibo juga memiliki beberapa varian isi seperti kacang, coklat, dan keju.

3. Roti Unyil Bogor

Roti Unyil foto by instagram.com/rotiunyilvenusofficial

Kue yang satu ini sudah melekat dengan Kota Bogor. Bahkan Roti Unyil menjadi ikon makanan khas Kota Bogor. Memiliki tekstur lembut, kenyal, empuk, dan rasa yang nikmat. Tidak heran Kue Unyil digemari oleh masyarakat setempat maupun pengunjung dari luar kota.

Siapapun pasti ketagihan dengan rasa Kue Unyil yang tersaji dalam variasi rasa keju, sosis, sosis keju, pisang keju, pisang coklat, coklat, coklat keju, smoked beef, kelapa, dan masih banyak varian rasa lainnya. Roti Unyil tersedia dengan beberapa paket diantaranya paket isi 10, 20, 30, dan 60 buah. Harga satu Kue Unyil di bandrol Rp. 1.500.

4. Pie Talas Bogor

Pie Talas foto by instagram.com/bogorcoklat

Bukan hanya menjadi bahan dasar Lapis Bogor Sangkuriang, talas juga digunakan pada olahan pie. Pie Talas ini berukuran seperti Pie Susu Bali. Bedanya Pie talas ini Pastry yang diberi isi fla dan talas. Teknik khusus yang digunakan dalam proses pembuatannya menghasilkan cita rasa yang khas dan istemawa.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bogor yang satu ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Harga dibandrol mulai Rp. 17.000 sampai Rp. 19.000 dengan topping yang dapat dipilih diantaranya bluebarry, stroberi, tiramisu, coklat, cappucino, brownies, dan susu.

5. Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor

Asinan Gedung Dalam foto by instagram.com/jejakrayya

Asinan Sedap Gedung Dalam sudah menjadi kuliner legendaris. Asinan menjadi khas oleh-oleh bogor sejak tahun 1978. Satu porsi Asinan bersisi buah dan sayur khas bogor. Buah-buahan yang diasinkan yaitu mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, pala dan nanas. Sayur-sayuran yang diasinkan yaitu sawi khusus asinan, taoge, dan mentimun.

Biasanya selain buah dan sayur, asinan ini diberi tambahan tahu. Asinan Sedap Gedung Dalam disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas serta ditaburi dengan kacang goreng diatasnya. Ingin mencoba Asinan ini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 19.000 untuk mendapatkan satu porsinya.

6. Bika Bogor Talubi

Bika Bogor Talubi foto by instagram.com/bikabogor

Bika yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar talas. Bika Bogor Talubi memiliki tekstur yang  sangat lembut dan tidak lengket. Rasa manisnya yang pas membuat siapa saja ketagihan. Bika Bogor Talubi dibuat dengan dua bentuk yang dapat dipilih, yaitu balok memanjang dan kecil-kecil seperti mangkuk. Bentuk yang sederhana serta warna alami dari bika ini mampu menggugah selera.

Bika Bogor Talubi tersedia dengan beberapa varian rasa talas, coco pandan, nangka, dan ubi muda. Bika Bogor Talubi dibandrol dengan harga Rp. 35.000 untuk semua varian rasa. Sedangkan, untuk Mini Bika dibandrol dengan harga Rp. 29.000 untuk semua varian rasa.

7. Miss Pumpkin Bogor

Miss Pumpkin foto by instagram.com/bundaindah_aura08

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini terbuat dari labu parang atau labu kuning. Olahan labu parang ini berupa bolu dan brownies. Tekstur Miss Pumpkin agak basah, berbeda dengan kue pada umumnya yang memiliki tekstur kering. Hal ini karena labu parang memiliki kadar kandungan air yang sangat tinggi. Sehingga menghasilkan kue yang agak basah.

Pilihan rasa yang ditawarkan Miss Pumpkin diantaranya labu, coklat, jeruk, dan greantea. Satu kotak Miss Pumpkin dibandrol dengan harga mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 35.000.

8. Brownies Pisang Khas Bogor

Brownies Pisang foto by instagram.com/doyanbaking

Oleh oleh brownies khas Bogor untuk keluarga dirumah bisa kamu dapatkan di pusat oleh oleh Bogor. Brownies ini merupakan kue yang memiliki warna, aroma dan rasa coklat yang khas. Perpaduan coklat dengan pisang membuat brownies memiliki rasa yang sempurna. Brownies Pisang memiliki tekstur yang lembut. Tampilan Brownies Pisang mampu menggugah selera siapa saja.

Brownies Pisang hadir dengan beberapa varian rasa, yaitu cream coklat, cream keju, dan greentea. Harga Brownies Pisang cukup terjangkau. Satu kotak Brownies dibandrol dengan harga Rp. 25.000 sampai Rp. 40.000.

9. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor Istana foto by instagram.com/anggimaharanii

Kacang asli Afrika dengan nama latin Vigna suterrena ini juga menjadi oleh oleh khas Bogor. Kacang Bogor Istana memiliki tekstur bulat dengan isi warna ungu didalamnya. Kacang Bogor tidak dapat tumbuh sepanjang tahun. Oleh sebab itu Kacang Bogor diolah dengan cara dioven agar dapat tahan lama. Kacang ini memiliki rasa yang sangat lezat.

Kacang Bogor di kemas dengan beraneka macam rasa bumbu diantaranya keju, barbekyu, dan balado. Satu bungkus Kacang Bogor dibandrol dengan harga Rp. 22.500.

10. Keripik Talas Khas Bogor

Keripik Talas foto by instagram.com/cemilan_kabayan

Kripik talas ini memang bukan lagi makanan baru. Keripik talas tetap populer di tengah-tengah hadirnya beragam makanan kekinian. Kripik has Bogor terbuat dari talas yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng hingga kering. Kripik talas memiliki tekstur yang renyah. Rasa gurih dari kripik talas sangat cocok untuk menemani waktu bersantai keluarga.

Harga kripik cukup terjangkau. Keripik Talas dibandrol dengan harga Rp. 30.000 tiap bungkusnya. Kripik Talas di bungkus dalam kemasan 1 kg.

“Baca Juga: 25 Oleh Oleh Khas Cirebon Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Aksesoris & Kerajinan Khas Bogor Populer

Oleh-oleh bukan hanya berupa makanan yang dapat dinikmati, berikut ini oleh oleh khas Bogor selain maknan yang bisa kamu bawa plang. Oleh-oleh khas Bogor juga dapat berupa benda yang menyimpan kenanangan pada suatu tempat yang dikunjungi. Begitu pula Bogor yang memiliki beragam souvenir yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Ingin membeli kenang-kenangan khas Bogor untuk orang-orang terdekat. Berikut berbagai pilihan kerajinan tangan menarik dari Bogor.

11. Wayang Golek Khas Bogor

Wayang Golek foto by instagram.com/naoewoda

Wayang Golek merupakan pagelaran seni khas Sunda. Disetiap daerah memiliki ciri Wayang Golek tersendiri. Demikian pula dengan kota Bogor yang merupakan daerah pengrajin Wayang Golek. Kerajinan ini yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Bogor dan bisa kamu bawa sebagai oleh oleh khas.

Buah tangan etnik ini terkenal sampai luar negeri bahkan di seluruh dunia. Di Bogor juga terdapat tempat pembuatan sekaligus dijadikan tempat wisata. Salah satunya Sanggar Tumaritis, di sini pengunjung dapat melihat serta belajar proses pembuatan dari Wayang Golek.

Wayang Golek dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 100.000.

12. Wayang Bambu Khas Bogor

Wayang Bambu foto by instagram.com/adiekoer

Wayang Bambu memiliki bentuk dan pakaian yang sama persis dengan Wayang Golek. Perbedaan kedua wayang ini terletak pada bahan dasar pembuatannya Wayang Golek Terbuat dari kayu, sedangkan Wayang Bambu terbuat dari bambu. Serta pada Wayang Golek wajah dilukis dengan lengkap mata, hidung, dan bibir menyerupai manusia, sedangkan Wayang Bambu dibuat tanpa lukisan wajah.

Kerajinan khas Bogor ini bisa kamu jadikan oleh oleh khas yang unik dan menarik. Selain awet kerajinan wayang golek dari bambu khas Bogor ini memiliki nilai seni yang tinggi.

Kesenian Wayang Bambu merupakan kesenian yang langka. Jarang sekali ditemui masyarakat yang mengembangkan kesenian ini. Namun, dalang sekaligus pengrajin Ki Drajat Iskandar menghidupkan kembali kesenian Wayang Bambu. Tepatnya pada tahun 2004, Ki Drajat mulai mengembangkan kembali kesenian ini. Bahkan penjualan Wayang Bambu sampai menembus pasar Eropa. Selain itu, Wayang Bambu juga diminati di Jepang, Australia, China, dan Jerman.

Proses pembuatan Wayang Bambu lumayan rumit serta hasilnya memiliki nilai budaya tinggi. Oleh sebab itu wayang ini sangat cocok untuk dijadikan souvenir. Wayang Bambu dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 50.000.

13. Lesung Keramik Khas Bogor

Lesung Keramik foto by instagram.com/lesungkeramik_bogor

Oleh oleh keramik khas Bogor. Kerajinan tangan yang satu ini dapat digunakan untuk perabot rumah tangga. Beragam jenis perabot terbuat dari keramik diantaranya mug, vas bunga, mangkuk, guci, lilin aroma terapi, kendi, westafel dan masih banyak perabot rumah tangga dapat di temukan di Bogor.

Lesung Keramik ini dibandrol dengan harga mula dari Rp. 16.000 sampai jutaan rupiah. Motif yang ditawarkan juga beragam pengunjung bebas memilih sesuai selera.

14. Batik Tulis Khas Bogor

Batik Tulis foto by instagram.com/lukmangram

Batik Tulis khas Bogor memiliki motif yang unik. Motif yang paling populer adalah motif pisau kujang, hujan gerimis, dan bunga teratai. Motif-motif ini memiliki arti yang berkaitan dengan Bogor. Pisau Kujang menggambarkan senjata tradisional Bogor. Hujan gerimis menggambarkan Bogor sebagai Kota Hujan. Sedangkan bunga teratai menggambarkan Kebun Raya Bogor.

Batik Bogor mulai berkembang pada tahun 2008. Meskipun masih tergolong baru, Batik Bogor tidak kalah dengan batik dari Jawa Tengah. Batik Bogor pun mulai dilirik pencinta fasion saat ini. Batik Bogor dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000.

15. Ecodeo Khas Bogor

Ecodeo foto by instagram.com/lemari.bekas

Ecodeo merupakan kerajinan yang berasal dari limbah tanaman akar wangi. Tanaman yang biasa digunkan untuk penghasil minyak yang dicampur kosmetik, pelumas, serta obat-obatan ini meninggalkan limbah yang banyak. Dari sinilah, Tatan Gunawan memanfaatkan limbah tanaman akae wangi untuk kerajinan tangan.

Berwal dari niatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan dari limbah. Tatan Gunawan mengkreasikan limbah tanaman akar wangi dengan bulu domba. Terbentuklah kerajinan Ecodeo yang menjadi souvenir khas Bogor.

Ecodeo dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 80.000 sampai Rp. 200.000. Ecodeo hadir dengan berbagai bentuk hewan orang utan, kupu-kupu, capung, domba, burung hantu, dan masih banyak bentuk hewan lainnya.

16. Tas Daun Pandan Khas Bogor

Tas Daun Pandan foto by instagram.com/amaliacraft

Bagi pecinta tas unik, Bogor memiliki kerajinan tangan tas. Tas sederhana namun masih terlihat elegan ini bisa menjadi alternatif untuk menambah koleksi tas. Tas Rajut Bogor dibuat dengan tangan atau handmade tanpa bantuan mesin. Bahan dasar pembuatan tas ini ramah lingkungan yaitu daun pandan.

Tas Daun Pandan tersedia dengan berbagai macam model diantaranya model tali panjang, handbag, dan clutch. Serta berbagai macam warna yang dapat dipilih. Berbagai macam model tas ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 160.000 sampai Rp. 600.000.

17. Senjata Tradisional Sunda atau Kujang Khas Bogor

Kujang foto by instagram.com/sarwononorton

Kujang merupakan senjata tradisional Sunda. Saat ini banyak pengrajin dari Bogor yang membuat senjata ini khusus dijadikan souvenir. Senjata yang terbuat dari kayu, baja, dan besi ini banyak memiliki nilai etnis yang tinggi.

Senjata tradisional ini paling banyak dicari oleh wisatwan lokal maupun wisatawan asing. Kujang dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 200.000 hingga jutaan rupiah.

18. Lukisan Kaca Bogor

Lukis Kaca foto by instagram.com/tiaa_mutiara

Tidak jauh beda dengan Ecodeo, kerajinan yang satu ini juga terbuat dari barang bekas. Bukan lagi melukis diatas kanvas maupun kertas, akan tetapi menggunakan kaca sebagai medianya. Limbah bekas keramik, gelas, kaca, piring, dan botol diubah menjadi hiasan yang unik.

Lukisan Kaca dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 50.000 sampai jutaan rupiah. Harga tegantung dari kerumitan gambar dan jenis media yang digunakan.

19. Miniatur Tugu Kujang Khas Bogor

Miniatur Kujang foto by intagram.com/ecodeo

Berbagai macam kerajinan khas Kota Bogor selalu diburu karena memiliki nilai seni yang tinggi. Salah satu kerajinan yang paling banyak dicari yaitu miniatur Menara Kujang. Miniatur ini terbuat dari kayu yang dibuat sesuai bentuk aslinya dalam ukuran yang kecil.

Menara Kujang juga dapat ditemukan dalam bentuk miniaturnya. Kerajinan tangan Miniatur Tugu Kujang ini dapat menjadi buah tangan khas Bogor. Miniatur yang unik ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 100.000. Selain itu, juga terdapat miniatur rumah adat, mobil, dan masih banyak lagi.

20. Kaus Unchal Bogor

Kaus Unchal foto by instagram.com/pincoolio

Bogor memiliki produk kaus yang unik. Kaus Unchal dari Bogor ini identik dengan kalimat plesetannya. Nama Unchal diambil dari nama rusa dalam Bahasa Sunda.

Kaus trendy ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 70.000 sampai Rp. 100.000. Kini kaus Unchal tersedia dalam beberapa ukuran dari anak-anak sampai orang dewasa.

“Baca Juga: 15 Oleh Oleh Khas Wonosobo Terkenal & Lengkap

Pusat Tempat Membeli Oleh Oleh Di Bogor

Oleh-oleh makanana maupun souvenir khas Bogor mudah didapatkan. Banyak sekali tempat oleh-oleh di Bogor yang dapat dijelajahi di pusat kota atau sepanjang jalan besar Bogor dan lokasinya juga cukup strategis. Dapat dijangkau dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Bagi wisatawan yang belum pernah ke Bogor sebelumnya, tidak perlu bingung mencari tempat untuk membeli oleh-oleh. Berikut beberapa rekomendasi pusat oleh-oleh di Bogor terkenal.

1. Pusat Oleh Oleh Jumpa Bogor

Jumpa Bogor foto by instagram.com/jumpabogor

Jumpa Bogor atau Jumbo merupakan pusat oleh-oleh khas Bogor yang berdiri sejak 1985. Pusat oleh-oleh Jumbo terletak di Jl. Raya Pajajaran No. 3f, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis. kawasan Jumbi berada di dekat terminal Baranangsiang dan dekat dengan Botani Square (Mall terbesar di Bogor) serta hanya beberapa langkah dari Tugu Kujang.

Beraneka ragam oleh-oleh diantaranya Roti Unyil, Lapis Talas, Asinan dan masih banyak oleh-oleh khas bogor lainnya dapat ditemukan disini.

2. Pusat Oleh Oleh Rumah Talas Bogor

Rumah Talas foto by instagram.com/rumahtalas_2

Pusat oeh oleh Rumah Talas Bogor berdiri sejak tahun 2009. Terletak di Jl. Raya Pajajaran No. 102, Kota Bogor, Jawa Barat. Rumah Talas ini sebenarnya merupakan rumah makan yang memiliki pelayanan berneda. Selain menyajikan menu berbagai macam makanan Sunda, Rumah Talas menyediakan beragam oleh-oleh khas Bogor. Sekaligus mempromosikan wisata kuliner dan budidaya talas.

Seperti namanya, tentu pusat oleh-oleh ini memiliki produk andalan berbagai macam olahan yang berbahan dasar talas. Namun, bukan itu saja di Rumah Talas  juga menyediakan makanan ringan seperti snack dan beragam kue khas Bogor.

3. Pusat Oleh Oleh Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang foto by instagram.com/lapisbogorr

Pusat oleh oleh Lapis Bogor Sangkuriang yang menjadi produsen pertama dan terbesar di Kota Bogor ini memeliki beberapa toko, diantaranya:

  • Ruko Bantar Kemang No. 20i, Jl. Raya Pajajaran, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.
  • KH. Sholeh Iskandar No. 18C, Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor 16164. Buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.
  • Raya Puncak Cibigo II, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.
  • Bogor-Jakarta Raya, Ruko The Galaxy 18 C, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.
  • Emplesmen Stasiun KA Bogor, Jl. Nyi Raya Permas No. 1, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Waroeng Licious Bogor

WaroengLicious foto by instagram.com/permanapechler

Pusat oleh oleh WaroengLicious Bogor terletak di ruko Pasar Bersih, Blok E No. 7 Sentul City, Citaringgul, Babakan Madang, Bogor , Jawa Barat. Waroeng Licious menyediakan beragam oleh-oleh khas Bogor yang populer seperti asinan, roti unyil, lapis bogor, bika mini talubi, serta aneka macam makanan ringan khas Bogor lainnya.

5. Batik Bogor Tradisiku

Batik Bogor Tradisiku foto by instagram.com/batiktradisiku

Galeri Batik Bogor Tradisiku ditempat ini pengunjung dapat membeli langsung atau memesan batik sesuai motif yang diinginkan. Selain melihat-lihat, pengunjung juga dapat belajar cara membuat batik tulis. Batik Bogor Tradisiku terletak di Jalan Jalak No. 2, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

6. Kandang Unchal Bogor

Kandang Unchal foto by instagram.com/pincoolio

Bagi wisatwan yang ingin membeli oleh-oleh kaus khas Bogor Unchal dapat mengunjungi Kandang Unchal. Kaus yang terkenal dengan kalimat jenakanya ini terletak di Jalan Ciremai ujung, RT.3/RW.3 Sempur, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Di Kandang Unchal tersedia kurang lebih 40 desain kaos yang dipajang. Desain tersebut meliputi menggambarkan keindahan, celotehan, kuliner, hingga problematika Kota Bogor.

7. Bogor Souvenir

Bogor Souvenir foto by instagram.com/firlyandani

Bogor Suvenir terletak di Pasar Bogor, Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista). Beraneka souvenir khas Bogor tersedia di tempat ini. Berbagai baju khas bogor, tas rajut, wayang golek, sandal, dan alat musik jimbe. Bogor Souvenir selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan pengunjung rata-rata adalah warga asing seperti Jepang, Cina,  Korea, dan Arab.

“Baca Juga: 30 Oleh Oleh Khas Jakarta Betawi Terkenal, Enak & Murah Meriah

Jogja day  ~ Demikian rekomendasi mengenai oleh oleh khas bogor berupa makanan, aksesoris dan pusat oleh oleh di Bogor. Wisata ke Bogor menjadi berkesan dengan membawa buah tangan untuk dibawa pulang. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagai referensi bagi pembaca.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!