28 Oleh Oleh Khas Bandung Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Khas Bandung ~ Jalan jalan dan wisata di Kota Bandung tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh oleh khasnya. Terkenal sebagai paris van java kota Bandung menyimpan banyak destinasi wisata untuk dikunjungi. Kota kembang Bandung memiliki beragam wisata kuliner dan oleh oleh yang ramai dikunjungi wisatawan.

Berikut ini adalah daftar oleh oleh khas Bandung enak, tahan lama dan tempat membelinya. Kota Bandung menjadi destinasi yang lengkap untuk wisata belanja, aneka makanan khas, camilan, pakaian hingga aksesoris dapat kamu jadikan buah tangan keluarga dirumah.

Tempat wisata di Bandung terkenal seperti Alun-Alun Bandung, The Lord Maribaya, Dusun Bambu, Floating Market Lembang hingga Kebun Binatang Bandung. Salah satu kawasan di Bandung yang menjadi kawasan wisata terbesar adalah Lembang, karena di Lembang banyak sekali tempat wisata alam yang sengaja di desain menjadi lebih menarik dan semua kawasan wisata lembang sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga.

Dengan banyaknya tempat wisata di Bandung tentu mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung dan sampai saat ini tercatat tak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung, namun sudah banyak juga wisatawan mancanegara. Saat datang ke Bandung tentu belum lengkap rasanya bila tak membeli oleh-oleh khasnya.

Oleh oleh khas bandung memang sangat bervariasi, karena jenis oleh-oleh bandung sangatlah banyak seperti makanan, busana dan jenis oleh-oleh lainnya. Semua oleh-oleh yang ada di Bandung tentu sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi para wisatawan dan salah satu tempat belanja oleh-oleh yang khas Bandung yang terkenal adalah kawasan Cibaduyut.

Inilah beberapa informasi dari tim jogja day mengenai Oleh Oleh Khas Bandung yang dikupas secara lengkap dan artikel ini dapat menjadi sebuah referensi terbaik buat kamu yang mau membeli buah tangan khas Bandung.

“Baca Juga: 25 Oleh Oleh Khas Cirebon Terkenal & Murah Meriah

Oleh Oleh Makanan Khas Bandung Terkenal, Enak & Murah Meriah

Bandung memang tak pernah kehabisan oleh-oleh khas, karena kini banyak sekali oleh-oleh yang bermunculan dan salah satu oleh-oleh Bandung yang paling banyak adalah makanan. Tak heran kini Bandung juga terkenal sebagai salah satu kota kuliner dan setiap makanan pasti memiliki perbedaan dengan makanan lainnya.

Banyak sekali makanan khas Bandung yang telah populer sejak jaman dulu seperti Peuyeum dan Batagor. Kedua makanan ini sudah sangat terkenal ke berbagai daerah, bahkan kedua makanan ini telah banyak dijual di daerah lain atau sudah lintas daerah penjualannya dan batagor menjadi makanan yang sangat mudah untuk dicari.

Ada beberapa referensi makanan yang bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Bandung dan berikut ini adalah makanan yang bisa dijadikan Oleh Oleh Khas Bandung Terbaru:

1. Tahu Tauhid Khas Bandung

Tahu Tauhid Bandung foto by instagram.com/ervelinewidjaja

Oleh oleh khas Bandung populer yang pertama adalah Tahu Tauhid. Saat mendengar kata tahu, maka yang pasti terlintas diingatan adalah tahu Sumedang yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Kini ada salah satu makanan khas Bandung yang berbahan dasar tahu dan menjadi makanan populer yaitu Tauhid. Mendengar namanya saja sudah sangat unik dan membuat banyak orang menjadi penasaran dengan rasanya.

Makanan berbahan dasar tahu ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, walaupun penamaannya sangatlah islami dan makanan ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal. Harga makanan ini sangatlah murah, karena 1 buat tahu tauhid hanya dijual dengan harga Rp 500 dan dengan uang Rp 5.000 saja para konsumen bisa merasakan 10 buah tahu tauhid.

Salah satu tempat yang menjual tahu ini berlokasi di Jalan Cijeruk No. 133, Lembang dan lokasinya yang strategis di kawasan wisata Lembang, membuat tempat ini sangat cepat populer di kalangan wisatawan.

2. Tahu Susu Khas Bandung

Tahu Susu Bandung foto by instagram.com/tahu.bahagia

Tahu susu adalah tahu yang ditambahkan campuran susu asli dan menjadi salah satu varian tahu terbaru di Bandung yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Tahu Susu memiliki rasa yang sangat unik, karena saat memakannya sensasi rasa gurih dan lembut sangat pas di mulut. Perpaduan kacang kedelai dengan susu asli menjadikan makanan ini memiliki tingkat keunikkan tersendiri dan menjadi makanan yang tak boleh dilewatkan saat ke Bandung.

Untuk mencoba merasakan keunikan rasa tahu susu sangatlah mudah, karena untuk membelinya hanya dengan uang 15.000 saja per kemasan dan dalam satu kemasannya berisi 10 biji tahu susu. Tahu susu dikemas dengan sangat unik dan hal ini menjadi pembeda, karena kebanyakkan varian tahu lainnya hanya dibungkus dengan plastik biasa saja.

Salah satu lokasi yang menjual tahu susu yaitu berada di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri dan lokasinya sangat mudah ditemui saat kamu berkunjung ke kawasan wisata Lembang.

3. Tempe Gila Khas Bandung

Tempe Gila Bandung foto by instagram.com/tempekrezi

Tempe adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia dan makanan berbahan dasar kedelai ini telah lama menjadi makanan pelengkap terlaris di Indonesia. Kini hadir varian tempe terbaru yang membuat pecinta makanan pedas menjadi penasaran dan makanan itu terkenal dengan sebutan tempe gila. Tempe gila khas Bandung ini cocok dijadikan oleh oleh khas.

Tempe gila adalah keripik tempe yang memiliki cita rasa pedas dan makanan ini mampu masuk dalam jajaran makanan pedas terlaris di Bandung. Keripik tempe pedas ini sangat cocok di lidah anak muda dan hal ini menjadikan makanan ini sangat cepat populer. Dengan 15.000 saja per kemasan, kamu dapat merasakan sensasi rasa keripik pedas dan dengan mencoba keripik ini, para penyuka pedas pasti akan ketagihan.

Sajian tempe gila bisa diperoleh di Buah batu Regensi Blok B2 No. 2 dan untuk mencobanya kamu hanya perlu siapkan lidah, agar bisa menahan rasa pedas yang disajikan tempe gila.

4. Bolu Susu Lembang Bandung

Bolu Susu foto by instagram.com/rotikuebolu

Salah satu makanan terbaru yang terkenal di Bandung adalah Bolu Susu Lembang dan bolu ini menjadi salah satu makananan yang bisa dijadikan buah tangan saat datang ke bandung. Kue Bolu menjadi oleh oleh khas Bandung yang disediakan dengan 3 varian rasa yaitu original, susu coklat dan susu vanila. Bolu ini pertama kali dipasarkan di Lembang, karena kawasan Lembang adalah salah satu kawasan wisata terbesar yang ada di Bandung.

Bolu Susu Lembang adalah makanan olahan yang terdiri dari bolu kukus dan susu sapi asli. Bolu ini memiliki rasa yang nikmat dan terkenal dengan aroma susunya yang sangat kental. Makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi bersama anggota keluarga, karena rasanya bisa pas di lidah semua usia dan kandungan susunya tentu sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu tempat yang menjual bolu susu berada di Jl. Raya Lembang No.275, Jayagiri, Lembang dan dalam satu kemasannya bolu ini dijual dengan harga 37.000 saja.

5. Seblak Jebred Khas Bandung

Seblak Jebred foto by instagram.com/seblakjebred

Seblak adalah salah satu makanan khas Bandung yang bisa menjadi oleh oleh dan buah tangan. Seblak terbuat dari bahan dasar kerupuk basah dan seblak terkenal dengan rasa pedasnya yang sangat menyegarkan. Seblak dibuat dengan campuran rempah-rempah pilihan yang menghasilkan aroma pedas dan seblak sangat cocok buat kamu yang suka dengan makanan pedas, karena kandungan cabe menjadi salah satu ciri khas dari seblak.

Salah satu varian seblak terbaru yang terkenal di Bandung adalah Seblak Jebred, hal yang membedakan sajian seblak jebred dengan yang lainnya yaitu adanya kandungan ceker ayam, kikil, sosis dan tahu crispy. Buat kamu yang berkunjung ke Bandung bisa langsung saja datang ke Jl. Buah Batu No.163, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

Seblek jebred dijual dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 12.000 per porsinya dan kamu juga bisa memilih level pedasnya sesuai dengan selera, semakin tinggi levelnya maka semakin pedas pula rasa seblaknya.

6. Tutug Oncom Bandung

Tutug Oncom foto by instagram.com/tukangjajanid

Nasi memang menjadi makanan pokok bagi banyak masyarakat Indonesia dan Nasi menjadi salah satu makanan yang paling dicari di berbagai wilayah. Salah satu varian nasi yang paling terkenal adalah tutug oncom dan makanan ini menjadi salah satu oleh oleh khas Bandung yang sangat populer. Tutug Oncom adalah nasi yang sengaja ditumbuk dan ditambahkan campuran oncom sebagai pelengkapnya.

Tutug Oncom Bi Kokom menjadi salah satu tempat yang paling cocok dicoba saat berkunjung ke Bandung dan cita rasa tutug oncom yang disajikan seringkali membuat lidah jadi ketagihan. Tempat ini sangat cocok buat acara kuliner keluarga dan sajian cita rasa sunda sangat terasa saat merasakan nikmatnya tutug oncom bi kokom.

Untuk merasakan sajian tutug oncom cukup siapkan Rp 8.000 sampai Rp 25.000 saja, karena harga sesuai dengan lauk pauk yang dipilih dan tutug oncom bi kokom Berlokasi di Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung.

7. Nasi Timbel Bawean Bandung

Nasi Timbel Bawean foto by instagram.com/foodgallerybdg

Nasi timbel memang makanan yang sangat identik dengan kota Bandung dan salah satu ciri khas makanan ini adalah kemasannya yang selalu menggunakan daun pisang. Nasi timbel selalu menyajikan aroma yang khas disetiap penyajiannya dan ada beberapa makanan tambahan yang sangat identik dengan nasi timbel yaitu ikan asin, tahu, tempe, sambal dan lalapan.

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak penjual nasi timbel dan salah satu nasi timbel yang terkenal di Bandung adalah Nasi Timbel Bawean. Timbel yang satu ini kini tak hanya digemari oleh masyarakat bandung, karena banyak juga masyarakat luar Bandung yang sengaja mencari makanan unik ini dan makanan ini juga terkenal dengan harganya yang sangat murah.

Buat kamu yang lagi liburan ke Bandung dan ingin mencoba sensasi makan nasi timbel bawean, datanglah ke Jl. Bawean Pav. 3, Bandung, Merdeka, Sumur Bandung dan semua sajian nasi timbel bawean dijual dengan kisaran harga Rp 5.000 sampai Rp 20.000 per porsi.

8. Tahu Jeletot Khas Bandung

Tahu Jeletot foto by instagram.com/hotjeletot.official

Bandung memang tak pernah kehabisan tempat wisata kuliner unik dan salah satu makanan khas Bandung terbaru yang bisa menjadi oleh oleh adalah Tahu Jeletot. Dengan ciri khas rasa pedasnya yang tinggi, membuat tahu ini sangat cepat populer dan makanan ini sangat banyak digemari oleh anak muda Bandung. Gehu adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu, toge dan tepung.

Gehu Jeletot menjadi tempat rekomendasi buat kamu penyuka makanan pedas dan rasa gurih akan berpadu dengan rasa pedas yang membuat lidah menjadi ketagihan. Salah satu tempat yang menjual Gehu Jeletot di Bandung berlokasi di JL. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayu Barat, Sekejati, Sekejati, Buahbatu dan semua varian gehunya bisa dinikmati dalam keadaan hangat.

Untuk menikmati Gehu Jeletot sangatlah mudah, karena dengan Rp 2.000 saja kamu bisa mendapatkan 1 biji gehu dan dengan uang Rp 10.000 kamu bisa mendapatkan 5 biji gehu jeletot.

9. Bandros Coyboy Bandung

Bandros Coyboy foto by instagram.com/dapurkuelezat

Makanan tradisional memang banyak terdapat di Bandung dan semua makanan tradisional Bandung pasti memiliki cita rasa yang sangat unik. Bandros adalah makanan tradisional yang sangat populer di Jawa Barat dan tak banyak yang tau kalo bandros menjadi salah satu makanan khas Bandung. Bandros adalah adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras yang disajikan dengan santan kelapa.

Gula pasir adalah salah satu campuran bandros yang mampu menambah cita rasa makanan ini dan salah satu varian bandros terbaru yang terkenal di Bandung adalah Bandros Cowboy Cisangkuy. Sesuai dengan namanya yang sangat unik, bandros ini juga disediakan dengan berbagai varian rasa seperti rasa coklat, green tea dan keju.

Bandros Cowboy Cisangkuy berlokasi di Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung dan semua sajian bandrosnya dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 45.000 per porsi.

10. Pisang Bolen Bandung

Pisang Bolen foto by instagram.com/mylovely_kitchen

Pisang Bolen adalah makanan khas Bandung yang termasuk dalam camilan dan makanan ini bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga, karena sangat pas dilidah banyak orang. Oleh oleh Pisang Bolen khas Bandung ini berbahan dasar pisang ini kini memiliki varian rasa yang berbeda-beda dan makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat.

Saat berwisata ke Bandung tentu kamu bisa mencoba kenikmatan pisang bollen Kartika Sari, karena tersedia berbagai rasa pisang bollen seperti rasa peuyeum dan rasa kacang hijau. Pisang bollen Kartika Sari bisa didapatkan di Jalan Haji Akbar No.4, Pasir Kaliki, Cicendo, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung.

Pisang bollen kartika sari dijual dengan harga Rp 47.000 per kotaknya dan kamu bebas memilih varian apa saja yang diinginkan, setiap kemasannya pasti memiliki kualitas rasa yang bikin ketagihan.

11. Peuyeum Bandung

Peyeum Bandung foto by instagram.com/claudiathe70

Oleh oleh terkenal selanjutnya adalah Peuyeum. Peuyeum adalah salah satu makanan tradisional yang sangat populer di Bandung dan peuyeum telah sejak lama menjadi makanan khas Bandung yang disukai wisatawan. Makanan yang terbuat dari bahan dasar tape ini memiliki rasa yang manis asam dan peuyeum sangat nikmat jika dipadukan dengan kopi hitam hangat.

Peuyeum bisa didapatkan di banyak tempat dan salah satu sentra peuyeum terkenal berada di Jl. Kihiur no. 44, Bandung dan semua peuyeum dijual dengan harga murah meriah, karena cukup Rp 20.000 saja per kg. Buat kamu yang berkunjung ke Bandung, jangan lupa rasakan sensasi makan peuyem nikmat di Bandung bersama keluarga.

Peuyeum juga telah lama menjadi salah satu buah tangan favorit para wisatawan yang datang ke Bandung dan tak hanya disukai wisatawan lokal, peuyeum juga banyak digemari wisatawan asing.

12. Keripik Maicih Khas Bandung

Kripik Maicih foto by instagram.com/sobatlapar

Keripik sudah sejak lama menjadi makanan yang sangat populer di wilayah Jawa Barat dan salah satu keripik yang menjadi ciri khas Bandung adalah keripik maicih. Oleh oleh kripik khas Bandung juga dapat menjadi pilihan kamu sat pulang ke rumah. Keripik ini pemasarannya telah sangat luas, karena sudah sangat tersebar para resellernya di berbagai daerah dan untuk menjadi reseller keripik ini sangatlah mudah.

Saat anda datang ke Bandung untuk berwisata, jangan lupa datang ke tempat penjualan keripik yang berlokasi di Jl. Ermawar No. 24/11, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung dan keripik ini disediakan dengan berbagai macam varian rasa.

Keripik Maicih juga disediakan dengan berbagai macam level kepedasan dan keripik ini juga memiliki varian original yang banyak disukai oleh anak-anak.

13. Brownies Bandung

Brownies foto by instagram.com/taste_of_joie

Oleh oleh khas bandung yang bisa kamu bawa pulang adalah Brownies Amanda. Brownies Amanda adalah salah satu makanan yang sangat populer di Bandung, hal ini terlihat dari banyaknya konsumen yang menjadi langganan brownies amanda dan dalam satu kemasannya brownies ini dijual dengan harga Rp 40.000 saja. Brownies ini bisa disebut juga sebagai makanan keluarga, karena anak-anak juga banyak yang suka.

Amanda sangat menjaga setiap brownies yang mereka jual, kualitasnya masih terjaga dengan baik dan sudah terbukti mampu bertahan di dunia bisnis brownies yeng memiliki banyak pesaing. Kini banyak sekali produk brownies kw yang tersebar di pasaran.

Salah satu tempat yang bisa dikunjunggi untuk mendapatkan produk brownies original berlokasi di Jl. Ir. H.Djuanda No.167, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung dan tempat ini sudah terbukti ramai pembeli setiap harinya.

14. Cilok & Cireng Khas Bandung

Cilok Bandung foto by instagram.com/naznazlah

Cilok adalah makanan khas Bandung yang sudah sangat populer, karena untuk mendapatkan cilok tak perlu datang ke sebuah tempat mewah. Kini banyak sekali penjual cilok yang menjual ciloknya di pinggir jalan dan makanan yang berbahan aci ini bisa dibeli dengan harga yang murah.

Cireng adalah makanan yang berbahan dasar sama dengan cilok, namun hanya berbeda cara pengolahannya. Cilok itu singkatan dari aci dicolok, sedangkan cireng singkatan dari aci digoreng dan kedua makanan ini telah sejak lama menjadi makanan yang populer di Bandung.

Salah satu tempat yang menjual cilok dengan harga murah adalah cilok bapri yang berlokasi di Jl. Babakan Priangan Raya, Ciseureuh, Regol, Kota Bandung dan buat kamu yang mau merasakan rasa cilok lezat yang membuatmu ketagihan, jangan lupa datang ke cilok bapri.

15. Batagor & Siomay Bandung

Siomay Bandung foto by instagram.com/astrid_kevin

Bandung tak bisa dilepaskan dari makanan tradisional yang memiliki keunggulan rasa dan batagor menjadi makanan yang sangat banyak disukai banyak kalangan. Saat ke Bandung tentu kamu bisa melihat banyak penjual batagor dan semua batagor yang dijual hampir semuanya sama, karena hanya berbeda soal kemasannya saja. Membawa batagor khas Bandung sebagai oleh oleh, mengapa tidak?

Siomay juga menjadi makanan yang tak bisa dilepaskan dari Bandung, karena makanan ini banyak disukai oleh para wisatawan yang datang ke Bandung dan harga jual batagor & siomay sangatlah bervariasi, tergantung dari kemasan serta tempatnya.

Salah satu tempat jual batagor yang sedang populer di Bandung adalah Batagor Kingsley dan tempat ini berlokasi di Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung.

“Baca Juga: 20 Oleh Oleh Khas Jogja Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Kerajinan & Aksesoris Khas Bandung Terkenal

Selain makanan kamu juga bisa membawa pulang aneka oleh oleh berupa aksesoris, kerajinan dan barang khas Bandung. Berikut ini adalah oleh oleh khas Kota Bandung seain makanan. Disamping tahan lama kamu juga bisa menjadikan oleh oleh berikut ini sebagai pajangan atau alat rumah tangga.

Bandung juga terkenal dengan kota budaya, karena banyak sekali hal-hal unik yang tercipta di Bandung dan pembangunan kota Bandung yang semakin pesat menjadikan kota ini cepat berkembang. Hal ini terlihat dari banyaknya taman kota yang desain dengan sangat unik dan setiap taman kota yang tercipta pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Kreatifitas anak Bandung memang sangatlah tinggi, karena banyak sekali komunitas-komunitas anak muda yang membutuhkan sebuah tempat untuk berkembang dan tujuan pemerintah Bandung membuat taman kota salah satunya untuk menampung kreatifitas anak muda seperti dibangunnya Taman Pasupati yang didalamnya ada tempat latihan skateboard.

Sampai sekarang banyak sekali berbagai kreasi yang berhasil diciptakan anak-anak Bandung dan hal ini terlihat dari banyaknya oleh oleh khas Bandung yang dibuat khusus melalui tangan kreatif, berikut ini adalah beberapa Oleh Oleh Khas Bandung Selain Makanan:

16. Angklung Khas Bandung

Angklung foto by instagram.com/pengrajin_angklung_pratama

Angklung adalah alat musik sunda yang sangat terkenal di seluruh dunia dan angklung menjadi salah satu alat musik yang menjadi ciri khas Bandung. Angklung kini menjadi alat musik yang bisa dipadukan dengan alat musik modern lainnya seperti drum dan gitar. Angklung tak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja, karena banyak pula warga asing yang sudah mahir memainkannya.

Alat musik tradisional ini terbuat dari bambu yang di desain khusus untuk menciptakan sebuah nada yang indah dan kini Angklung menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke Bandung. Pembuatan angklung sangat mengandalkan kemahiran pengrajin dalam menyesuaikan alat dengan nada dan harga angklung tak memiki patokan harga yang jelas, karena harganya sangat bervariasi.

Salah satu tempat yang banyak menyediakan berbagai jenis angklung terletak di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung dan pengunjung dapat memilih jenis angklung apa yang mau dibawa pulang.

17. Wayang Golek Khas Bandung

Wayang Golek foto by instagram.com/kelanasendiri

Wayang Golek adalah salah satu kesenian tradisional yang masih dimainkan sampai saat ini dan wayang golek menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang banyak disukai para wisatawan. Kesenian ini memang memiliki sejarah panjang di Indonesia dan sampai saat ini wayang golek sangat melegenda, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang masih menyukai pagelaran-pegelaran wayang golek.

Wayang golek tercipta dari tangan-tangan terampil para pemahat dan untuk membuat 1 karakter atau tokoh wayang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Salah satu tokoh wayang yang paling populer adalah si cepot, karena si cepot sering ditampilkan sebagai tokoh utama dalam pagaelaran wayang. Harga wayang memang sangat bervariasi, karena tersedia dari harga yang murah sampai dengan mahal.

Girilaya Wayang Golek adalah salah satu tempat yang menyediakan berbagai jenis wayang golek dan tempat ini berlokasi di Jl.Giriharja No 130, RT. 03/01 Jelekong, Jelekong, Baleendah, Bandung.

18. Kerajinan Tangan Khas Bandung

Kerajinan Bandung foto by instagram.com/bakultutup

Lembang adalah salah satu wilayah di Bandung yang dihuni banyak sekali pengrajin kreatif dan hasil buatannya seringkali dianggap unik oleh para wisatawan. Para pengrajin di Lembang hanya memanfaatkan berbagai bahan dasar yang mudah didapatkan seperti bambu dan plastik. Tak hanya itu banyak juga perngrajin yang memanfaatkan barang bekas untuk berkreasi.

Dengan kreatifitas para pengrajin banyak produk Lembang yang unik seperti replika hewan, gentong air dan tas. Semua barang yang dihasilkan dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 5.000 sampai dengan ratusan ribu dan sudah banyak wisatawan asing yang datang ke Lembang untuk memberi berbagai produk unik yang disediakan.

Salah satu tempat yang banyak menyediakan kerajinan unik di Bandung adalah Galeri Kesenian yang berlokasi di Jalan Raya Lembang, Bandung dan semua kerajinan yang tersedia bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

19. Sepatu Kulit Khas Bandung

Sepatu Kulit Bandung foto by instagram.com/jual_sepatu_boots

Saat kamu berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk membeli Sepatu Kulit Cibaduyut, karena sepatu yang disediakan dikawasan ini sangatlah bervariasi dan semua sepatu yang ada murni buatan pengrajin Indonesia. Kamu bisa memilih berbagai varian sepatu dengan berbagai macam ukuran, karena disini juga sering dijadikan tempat wisata belanja keluarga.

Ada berbagai merk sepatu terkenal yang berasal dari kawasan Cibaduyut seperti Gruci, Catenzo, Cardinal dan berbagai merk terkenal lainnya. Semua sepatu kulit yang tersedia di kawasan Cibaduyut dijual dengan harga yang bervariasi dan salah satu keunggulan belanja disini yaitu kamu bisa menawar harga sepatu yang diinginkan.

Sepatu kulit disini dijual mulai dari harga Rp 150.000 sampai Rp 1.000.000 saja tergantung dari kualitas dan merknya. Tak hanya sepatu banyak juga produk lain seperti sandal, pakaian, boneka dan tas.

20. Kaos Khas Bandung

Kaos Bandung foto by instagram.com/kalakaosbandung

Ketika kamu datang ke Bandung jangan lewatkan untuk membeli Kaos Khas dengan desain Bandung dan kaos khas Bandung biasanya tersedia dari berbagai macam ukuran mulai dari dewasa sampai anak-anak. Kaos Bandung memang tersedia di berbagai tempat dan semua kaos yang disediakan pasti sangat identik dengan Bandung.

Banyak sekali desain kaos Bandung yang menjadi favorit seperti kaos dengan tulisan I Love Bandung, kaos dengan gambar Gedung Sate dan kaos yang bergambar angklung. Salah satu tempat yang banyak menyediakan kaos Bandung adalah Pasar Baru dan tempat ini menjadi pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Bandung. Kaos memang tak bisa dipungkiri menjadi salah satu mode yang banyak disukai semua orang dan kaos Bandung bisa menjadi oleh-oleh yang sangat berharga bagi para wisatawan.

Harga kaos Bandung yang disediakan di Pasar Baru sangatlah bervariasi mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 100.000 dan semua kaos harganya hanya dibedakan dari jenis kaosnya saja.

21. Sweater Rajut Khas Bandung

Sweater Rajut foto by instagram.com/sweatermodis

Julukan sebagai kota Fashion Indonesia memang tak salah jika disematkan untuk Bandung, karena di Bandung banyak sekali kawasan yang menjadi pusat fashion dan salah satu fashion terkenal di Bandung adalah aneka fashion rajut. Fashion rajut memang terkenal di Korea, karena di Korea banyak sekali masyarakatnya yang menggunakan fashion dengan bahan rajut.

Gaya berpakaian masyarakat Indonesia sangat terpengaruh dengan berkembangnya fashion di dunia internasional dan busana rajut menjadi salah satu dampak positif pengaruh Korea. Kini banyak sekali pengrajin busana rajut yang ada di Bandung dan salah satu tempat yang menjadi pusat busana rajut berlokasi di Jalan Binong Jati, kecamatan Batununggal, Bandung.

Salah satu busana yang banyak digemari adalah sweater rajut dan harga sweater rajut dijual dengan harga yang relatif murah yaitu Rp 30.000 sampai Rp 100.000 saja tentu ini memudahkan bagi para wisatawan yang ingin memiliki sweater keren.

22. Kain Murah Khas Bandung

Kain Murah foto by instagram.com/cahayasandang

Saat datang ke Bandung jangan lupa membeli kain-kain murah yang bisa digunakan untuk pembuatan berbagai jenis kebutuhan seperti pakaian, sprei dan lain-lain. Kain keren dengan desain unik menjadi hal yang sulit didapatkan di tempat lain dan Bandung miliki banyak sekali tempat yang menyediakan berbagai jenis kain.

Salah satu kawasan yang banyak menyediakan berbagai jenis kain murah di Bandung adalah Gang Tamim dan kawasan ini telah sejak lama menjadi kawasan sentra kain. Kawasan ini lokasinya sangat berdekatan dengan pasar baru dan di gang tamim banyak sekali penjual yang menjual kain dengan harga yang murah.

Saat membeli kain di kawasan ini kamu bisa melakukan penawaran harga dan semua harga kain di gang tamim dijual dengan harga bervariasi, karena tergantung dari jenis kainnya.

“Baca Juga: 20 Oleh Oleh Khas Bogor Terkenal & Lengkap

Pusat Tempat Membeli Oleh Oleh Di Bandung

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki perkembangan sangat pesat dan hal ini terlihat dari banyaknya pusat-pusat perbelanjaan yang dibangun. Tak hanya itu di Bandung juga kini banyak sekali kawasan yang dijadikan tempat wisata dan daya tarik Bandung kini sudah merambah ke wisatawan asing, karena banyaknya mahasiswa asing yang kuliah di Bandung.

Daya tarik Bandung juga terlihat dari banyaknya perguruan tinggi yang dibangun dan ada beberapa perguruan tinggi yang berlokasi di Bandung seperti ITB, UPI, UIN dan UNPAD. Semua perguruan tinggi yang ada di Bandung menjadi faktor pendorong perkembangan kota ini dan ada banyak pelajar asing yang sengaja datang ke Bandung untuk kuliah.

Untuk mengenalkan Bandung ke dunia internasional menjadi lebih mudah dengan banyaknya warga asing yang tinggal disini dan dengan banyaknya wisatawan yang datang ke bandung. Tentu banyak pula dibangun tempat oleh-oleh unik dan berikut ini adalah beberapa Pusat Oleh Oleh Di Bandung:

1. Pasar Baru Trade Center Bandung

Pasar Baru Bandung foto by instagram.com/pasarbarubandung

Pasar Baru Bandung memang tak jauh berbeda dengan pasar baru yang ada di Jakarta dan Pasar Baru Bandung menjadi salah satu pusat perbelanjaan terlengkap yang ada di Bandung. Banyak sekali produk-produk yang dijual disini mulai dari produk lokal sampai dengan produk internasional dan di tempat ini juga banyak produk yang dijual dengan harga grosir.

Banyak sekali produk yang dijual di pasar baru seperti pakaian, sepatu, tas, hijab dan berbagai jenis produk lainnya. Tak hanya itu pasar baru juga menyediakan berbagai jenis kuliner yang dijual dengan harga yang relatif murah dan banyak juga pedagang yang menerima pembeli dari luar negeri dengan menggunakan mata uang asing seperti dolar singapura, ringgit Malaysia dan mata uang berbagai negara lainnya.

Pasar baru juga terkenal dengan berbagai jenis kerajinannya yang tersedia dalam bentuk miniatur seperti miniatur angklung, miniatur wayang golek, miniatur gendang, miniatur suling dan berbagai miniatur lainnya. Produk kerajinan lokal di tempat ini sangatlah mendominasi dan menjadi tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Bandung.

2. Kawasan Cibaduyut Bandung

Cibaduyut Bandung foto by instagram.com/sariardashop_shoes

Cibaduyut telah sejak lama terkenal sebagai salah satu kawasan fashion Bandung dan Cibaduyut menjadi salah satu pusat fashion yang terkenal di Bandung. Produk utama yang dijual di Cibaduyut adalah Sepatu dan banyak sekali berbagai macam sepatu yang dijual. Ada banyak merk terkenal yang berasal dari Cibaduyut dan sepatu yang tersedia di kawasan ini memiliki banyak sekali varian.

Kini Cibaduyut tak hanya terkenal dengan sepatunya, karena kini disini juga banyak tersedia berbagai jenis tas dan boneka. Harga sepatu yang tersedia dikawasan ini sangatlah bervariasi mulai dari harga ratusan ribu sampai dengan harga jutaan dan harga sepatu yang lebih mahal biasanya terbuat dari bahan kulit domba asli. Kualitas sepatu dengan bahan kulit asli tentu lebih terjamin dan sepatu kulit terbukti lebih tahan lama.

Untuk berbelanja di Cibaduyut kamu bisa juga menawar harga dan barang mewah dengan harga murah tentu bisa saja didapatkan asalkan jago tawar menawar dengan penjual. Tak hanya sepatu sendalpun banyak tersedia di Cibaduyut mulai dari sendal anak sampai dewasa dan sendal disini terbuat dari bahan-bahan terbaik yang tentunya tahan lama.

3. Kawasan Cihampelas Bandung

Cihampelas foto by instagram.com/tigajamdarijakarta

Kawasan Cihampelas telah sejak lama menjadi salah satu tempat belanja yang ada di Bandung dan kawasan ini terkenal dengan berbagai produknya yang dijual murah. Banyak sekali produk yang dijual di kawasan ini seperti kaos-kaos lucu, celana pendek keren dan berbagai produk lainnya. Disini kamu juga dapat menawar harga barang yang disukai dan tak ada batasan harga untuk menawar, karena tergantung dari kehebatan menawarnya.

Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat belanja oleh-oleh yang ada di Bandung, karena banyak sekali tempat belanja accesories yang ada disini. Tak hanya itu kawasan Cihampelas juga kini menjadi kawasan wisata, karena banyak juga hotel yang dibangun di kawasan ini dan pemerintah kota Bandung terus melakukan pengembangan terhadap kawasan Cihampelas.

Buat kamu yang berkunjung ke Bandung dan membutuhkan buah tangan untuk dibawa pulang tentu kawasan ini bisa menjadi referensi dan untuk belanja di kawasan ini kamu bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang murah. Kawasan ini juga selalu ramai dikunjunggi para konsumen setiap harinya dan berbagai produk lokal siap menyambut para konsumen.

4. Kawasan Dago Bandung

Dago Bandung foto by instagram.com/yusuf_s_as

Salah satu kawasan fashion terbaru di Bandung adalah kawasan Dago dan kawasan ini seringkali disebut sebagai kawasan anak muda, karena kawasan ini banyak dijadikan tempat nongkrong anak muda Bandung. Dengan banyaknya anak muda yang ada disini, kini banyak sekali distro yang dibangun di kawasan Dago dan menjadikan kawasan ini menjadi kawasan mode Bandung. Berkembangnya dunia mode di Bandung menjadikan kota ini sebagai salah satu kota mode terbaik dan terkeren yang ada di Indonesia.

Distro memang sangat identik dengan anak muda dan berbagai varian desain pakaian yang ada di distro sangatlah cocok bagi anak muda. Banyak brand lokal ternama yang ada di kawasan ini seperti Unkl dan Black Id. Tak hanya itu dikawasan ini juga banyak tempat nongkrong bagi anak muda seperti cafe dan restoran. Banyak cafe yang sengaja di desain dengan berbagai fasilitas unik seperti jaringan wifi, area untuk merokok dan berbagai area unik lainnya.

Saat kamu ke Bandung jangan lupa untuk datang ke kawasan Dago untuk membeli oleh-oleh barang keren yang tersedia di kawasan ini dan semua barang yang ada di distro tentu memiliki kualitas yang baik. Secara harga memang lumayan mahal, tapi kamu jangan khawatir dengan kualitas barang yang ada di distro dan semua barang distro tidak bisa ditawar.

5. Gang Tamim Bandung

Gang Tamin foto by instagram.com/citystroller_

Gang Tamin adalah salah satu tempat belanja yang lokasinya sangat berdekatan dengan pasar baru, karena lokasi gang tamin tepat dibelakang pasar baru dan gang tamim telah sejak lama terkenal sebagai pusat jeans yang ada di Bandung. Berbagai jenis jeans keren bisa kamu dapatkan disini dan harga jeans yang dijual disini sangatlah bervariasi.

Gang tamim menjadi pasar tekstil kedua terbesar yang ada di Indonesia, karena pasar terbesarnya ada di tanah abang Jakarta dan kini sudah banyak wisatawan yang sengaja datang ke gang tamim untuk belanja jeans. Buat kamu yang datang kesini bisa juga menawar jeans pilihan dan carilah harga yang paling sesuai dengan produknya.

Gang tamin belakangan ini menjadi pusat oleh oleh yang ada di Bandung, karena banyaknya wisatawan yang sengaja belanja disini dan buat kamu yang berwisata dengan biaya pas-pasan tentu jangan khawatir, karena harga produk yang ada disini tidak terlalu mahal. Produk di gang tamim bisa dibeli dengan harga grosir dan banyak yang sengaja belanja dengan tujuan menjual kembali produknya.

6. Kawasan Cigondewah Bandung

Kawasan Cigondewah foto by instagram.com/nurulhidayatifauziah

Kain menjadi bahan baku pembuatan berbagai jenis perlengkapan dan kain menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Salah satu pusat kain terbesar yang ada di Bandung adalah pusat kain Cigondewah dan kawasan ini terkenal dengan berbagai kainnya yang dijual secara kiloan. Harga kain yang ada disini sangatlah bervariasi dan sangat menguntungkan bagi para konsumen.

Para pengusaha konveksi serta pakaian tentu memburu kainnya di kawasan ini, karena disini banyak sekali kain dengan kualitas bagus dijual dengan harga yang murah dan kawasan ini menjadi salah satu tempat oleh-oleh yang sangat bermanfaat bagi para wisatawan. Banyak pula para wisatawan asing yang sengaja berkunjung ke kawasan Cigondewah untuk memberli kain terbaik.

Untuk berkunjung ke kawasan Cigondewah dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Bandung dan kawasan ini sangat mudah untuk dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. Keistimewaan tempat ini adalah variatifnya penjual yang memasarkan kain, karena kain yang dijual mulai dari yang sangat murah sampai yang sangat mahal. Buat kamu yang berencana membuka usaha pakaian atau usaha konveksi lainnya, kawasan ini bisa menjadi salah satu referensi tempat belanja kain termurah.

“Baca Juga: 30 Oleh Oleh Khas Jakarta Betawi Terkenal, Enak & Murah Meriah

Jogja day ~ Demikian ulasan mengenai Oleh Oleh Khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga, sahabat dan rekan kerjamu. Aneka macam oleh oleh khas Bandung paling terkenal, enak murah dan tahan lama, semoga artikel ini dapat memberikan referensi terbaik bagi para pembaca.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!