Daftar Masjid Terbesar Dan Terkenal Di Jogja

Saat bulan Ramadhan tiba salah satu tempat yang ramai adalah Masjid. Masjid adalah tempat ibadah umat islam yang dibuat nyaman dan megah.

Kota Jogja memiliki banyak masjid yang besar dan megah. Ada yang dimiliki oleh perguruan tinggi, perusahaan swasta, sekolahan, organisasi islam, hibah hingga perorangan.

Masjid tak hanya dirancang memiliki tempat yang nyaman namun juga indah dan arsitektural. Dengan desain interior dan eksterior yang nampak indah membuat orang yang datang akan khusyu dalam beribadah.

Sebagai kota kebudayaan Yogyakarta tentu memiliki bangunan masjid yang legendaris. Masjid tua yang sudah berumur puluhan tahun akan kita bahas disini.

8 Masjid di Jogja Paling Terkenal

Dengan populasi umat muslim yang banyak di kota Jogja, menjadikan kota ini banyak masjid yang tersebar di pusat kota hingga pelosok desa.

Banyaknya bangunan masjid yang ada di Jogja

Bagi kaum muslim di Jogja tentu sering beribadah di masjid. Berikut ini adalah ulasan 8 masjid di Jogja terbesar dan terkenal di Jogja.

1. Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan
Masjid Jogokariyan

Masjid yang selalu ramai pada sholat subuh ini menjadi masjid paling viral di Jogja. Bagaimana tidak, yang biasanya saat subuh tiba hanya sedikit yang datang ke masjid, tidak dengan Masjid Jogokariyan.

Banyak agenda yang dilakukan oleh pengelola masjid sehingga masyarakat sekitar mau untuk datang sholat subuh pagi hari. Salah satunya adalah dengan adanya kompensasi dan makanan yang didapat saat sholat subuh di masjid Jogokariyan.

Bangunan masjid 2 lantai ini memang tidak terlalu besar, namun kegiatan yang dilakukan oleh pengelola masjid Jogokariyan sangat banyak. Uang kas masjid selalu memiliki saldo terbatas, karena digunakaan untuk umat.

Kata pengurus masjid bahwa saldo masjid memang dibuat terbatas agar uang kas berputar untuk umat. Setiap bulan ramadhan Masjid Jogokariyan selalu mengadakan takjil atau buka bersama gratis di Masjid, sehingga selalu ramai dengan umat muslim.

Lokasi Masjid Jogokariyan berada di Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Masjid Suciati

Masjid Suciati Saliman
Masjid Suciati Saliman

Masjid Suciati adalah masjid pribadi milik dari Ny. Suciati, salah seorang pengusaha ayam potong yang ada di Jogja. Bekat kesuksesannya berusaha, beliau mendirikan masjid ini sebagai tempat ibadah yang nyaman dan megah.

Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan megah, dengan gaya timur tengah masjid ini nampak indah baik bangunan interior dan bangunan eksteriornya.

Bangunan masjid ini memiliki 3 lantai dan banyak ruangan seperti aula dan ruang pengurus. Dilengkapi dengan full AC maka kamu akan nyaman dalam menjalankan ibadah.

Masji Suciati Saliman ini berada di Jl. Gito Gati, Grojogan, Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Masjid Kristal Khadija

Masjid Kristal Khadija IG @veraarida
Masjid Kristal Khadija IG @veraarida

Masjid Kristal Khadija adalah masjid unik yang memiliki hiasan didinding berbentuk kaligrafi yang dilengkapi dengan kristal.

Masjid begaya turki ini memiliki warna carah dengan dominasi warna hijau, kuning dan putih. Banyak pengunjung yang datang tak hanya untuk ibadah saja namun mengabadikannya dengan berfoto di area masjid.

Masjid kristal khadija berada di Jalan Raya Tajem, tepatnya di area Sekolah Budi Mulia Dua.

4. Masjid Syuhada

Masjid Syuhada IG @sigitfajar
Masjid Syuhada IG @sigitfajar

Selanjutnya adalah Masjid Syuhada, masjid ini berada di pusat kota Jogja, hanya berjarak 5 menit dari Malioboro. Letaknya dipinggir kali code Kotabaru.

Masjid Syudaha merupakan masjid yang bersejarah dan telah ada sejak tahun 1950. Masjid ini merupakan saksi perjuangan setelah kemerdekaan, nama syuhada yang berarti pejuang.

Bangunan masjid 2 lantai ini sangat nyaman dan lengkap dengan fasilitas. Pada lantai bawah terdapat perpustakaan yang bisa kamu kunjungi. Pada lantai atas terdapat 2 pilihan tempat ibadah di dalam dan ring luarnya.

Masjid ini bersebelahan dengan sekolah SD dan TK, sehingga saat jam sholat dhuhur tiba maka banyak anak anak berbondong bondong untuk datang ke masjid.

Lokasi Masjid Syuhada ada di Jl. I Dewa Nyoman Oka No.13, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Masjid Gede Kauman

Masjid kauman IG @adi_putrawardana
Masjid kauman IG @adi_putrawardana

Masjid yang bersejarah ini ada di dekat alun alun utara Jogja. Dengan bangunan gaya jawa dan arsitektur jaman dahulu masih kental terasa.

Tiang tiang penyangga masjid pun nampak kokoh dan besar hingga kini masih bertahan. Beribadah di masjid kauman akan terasa nyaman dan seperti tempo dulu.

Masjid yang menjadi saksi ormas muhammadiyah berkembang di kota Jogja, dan telah ada sejak 1773.

Bangunan masjid memiliki 3 lapis tingkatan atap yang berundak, dengan gerbang kokoh pada bagian depan dan terdapat kolam pada bagian depannya.

Tempat ibadahnya terdapat 2 serambi yaitu serambi dalam dan serambi luar, dimana selalu ramai penuh sesak saat bulan ramadhan tiba.

Lokasi Masjid Kauman ini berada di Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Masjid Kampus UGM

Masjid UGM @hvic_32
Masjid UGM @hvic_32

Kota jogja merupakan kota pendidikan yang memiliki banyak sekali kampus, pun setiap kampus di Jogja pasti memiliki masjid.

Salah satu masjid megah di Jogja adalah masjid kampus UGM, sebagai kampus negeri terbesar di Jogja UGM juga memiliki masjid yang megah dan besar.

Masjid kampus UGM berdiri tegak di area kampus yang asri, sekeliling masjid memilkiki pohon hijau dan area taman yang luas. Tempat parkirnya pun luas.

Terdapat pula menara yang tinggi di depan masjid nampak indah dan megah. Bangunan ini memiliki 2 lantai dimana semuanya merupakan bangunan yang terbuka.

Desain gaya timur tengah digabung dengan modern menjadikan masjid ini nampak begitu indah.

7. Masjid Nurumi

Masjid Nurumi @annisa_kartikawati
Masjid Nurumi @annisa_kartikawati

Masjid Nurumi adalah masjid yang unik dan sempat viral karena kubahnya yang banyak dan memiliki warna warni.

Dengan gaya desain arsitektur timur tengah digabung dengan eropa menjadikan masjid ini nampak indah dan megah. Berada di pinggir jalan raya Solo Jogja tentu mudah menemukan masjid ini.

Kaligrafi Asmaul Husna khas timur tengah dan eropa menghiasi dinding bagian dalam hingga kubahnya nampak begitu indah.

Masjid yang diresmikan tanggal 7 bulan 7 tahun 2005 ini menjadi tempat persinggahan wisatawan dan banyak orang yang melewati jalan raya solo jogja.

Tak hanya untuk beribadah namun juga untuk mengabadikan diri dengan berfoto ria, serasa berada di luar timur tengah.

Masjid Nurumi berada di JL. Raya Yogya – Solo‎, Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Masjid Ulil Albab UII

Masjid Ulil Albab UII
Masjid Ulil Albab UII

Sebagai kampus islam terbesar di Jogja, UII tentu memiliki masjid yang megah dan besar. Namanya Masjid Ulil Albab.

Bangunan masjid yang terdiri dari 3 lantai ini memiliki desain arsitektur modern dengan kubah setengah lingkaran. Pada lantai paling bawah merupakan aula yang sering digunakan acara seminar, pertemuan, hingga resepsi pernikahan.

Lantai 2 dan 3 digunakan untuk ibadah. Masjid ini memiliki ruangan yang sangat nyaman untuk ibadah karena adanya AC yang banyak terpajang rapi di bagian bagian masjid.

Masjid Ulil albab juga memiliki parkiran yang luas pada bagian luarnya.

Demikian ulasan mengenai masjid terbesar dan paling terkenal yanga da di Kota Jogja. Sebagai kota pendidikan dan kebudayaan, Jogja memiliki beragam masjid yang unik dan megah.

Dengan desain arsitektur timur tengah, eropa, tradisional hingga modern menjadikanmu betah untuk ibadah di masjid masjid ini.

Setiap bulan ramadhan tentu masjid masjid ini penuh sesak dengan umat muslim. Dan bagi kamu bisa menjadi alternatif tempat ibadah yang nyaman.

Share This Post

Welcome

Share Artikel Ya!