10 Kuliner Sleman Enak, Terkenal & Wajib Kamu Cicipi

Kuliner Sleman ~ Berikut ini rekomendasi kuliner khas Sleman paling terkenal, enak dan legendaris. Berwisata di Sleman akan terasa seru dan asyik jika perut kenyang. Apa saja dan dimana saja kuliner khas Kabupaten Sleman yang terkenal? berikut jogja day akan membahasnya secara lengkap.

Kabupaten sleman memiliki beragam kuliner enak dan terkenal yang wajib kamu coba. Berada di lereng Gunung Merapi, kuliner khas ndeso hingga kuliner modern dapat kamu nikmati di Sleman. Banyaknya tempat wisata baru dan terkenal di Sleman, menyebabkan wisata kuliner pun kian bertambah dan makin dicari.

1. Mangut Lele Kopi Bukan Luwa

Kopi Bukan Luwak
Kopi Bukan Luwak IG @deddypat

Kedai masakan jawa rumahan dapat kamu temukan di Sleman. Kuliner Sleman paling populer ini bernama Kopi Bukan Luwa. Aneka masakan ndeso super lengkap dapat menjadi pelepas lapar kamu. Berdekakatan dengan Kedai Kopi Klotok, menu masakan khas Jawa dapat kamu nikmati antara lain, mangut lele, brongkos, sayur lombok ijo, sayur asem, sop dan aneka camilan khas ndeso.

Wisata kuliner di Sleman ini menyajikan suasana alam khas pedesaan dengan rindang pohon dan tempat makan berbahan kayu, sehingga akan nampak eksotis dan kesan kembali ke rumah.

Lokasi Kedai Mangut Lele Bukan Luwa: Jl. Kaliurang No.17, Kledokan, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Harga: Mulai dari Rp. 10.000

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

2. SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC Bu Wiryo 1 @cakinno
SGPC Bu Wiryo IG @cakinno

SGPC Bu Wiryo adalah singkatan dari Sego Pecel Bu Wiryo Jogja. Kedai kuliner berupa rumah makan ini merupakan kuliner legendaris yang ada di Kawasan UGM. Tempat makan ini selalu penuh saat jam makan tiba. Mahasiswa, pekerja, hingga wisatawan selalu ramai memenuhi warung makan ini.

Kuliner yang telah ada sejak tahun 1959 ini memiliki kelezatan yang khas. Menu sego pecel dengan bumbu khasnya dapat kamu nikmati dengan aneka gorengan, sate usus, sate telur puyuh, telur ceplok, tahu dan tempe.

SGPC Bu Wiryo 1 @sgpc1959
SGPC Bu Wiryo IG @sgpc1959

Alamat: Jalan Agro Nomor 10, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00 – 21.00

Harga: Mulai dari Rp10.000

Map: Klik Disini

3. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro
Soto Bathok Mbah Katro IG @jajanmantoel

Di Sleman kamu bisa menikmati kuliner saoto unik yang nikmat. Saoto adalah kuliner khas dari Solo yang memiliki kuah bening segar dengan irisan daging sapi yang kenyal. Keunikan dari kuliner ini adalah disajikan di dalam bathok kelapa atau tempurung kelapa.

Satu porsi Saoto bathok Mbah Katro dapat kamu nikmati dengan menu pelengkap seperti aneka gorengan, sate usus, sate telur puyuh, dan tempe goreng. Menu khas Sleman ini selalu ramai saat pagi hari dan bisa kamu nikmati dengan suasana pedesaan karena kedai ini berada di tengah desa.

Soto Bathok Mbah Katro @cuisinindo
Soto Bathok Mbah Katro IG @cuisinindo

Alamat: Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: 06.00 – 16.00

Telepon: 0813 9214 4526

Harga: Rp5.000/porsi

Peta: Klik Disini

4. Jogja Paradise Food Court

Jogja Paradise Food Court @aci-jogja.blogspot
Jogja Paradise Food Court IG @aci-jogja.blogspot

Salah satu tempat makan hits yang bisa kamu jadikan tempat nongkrong ini adalah Jogja Paradise Foodcourt. Kompleks wisata kuliner ini menjual aneka macam kuliner yang beragam mulai dari nasi goreng, pasta, soto, mie ayam hingga dimsum semua ada.

Jogja Paradise Foodcourt memiliki design yang unik dan kekinian, tentu akan membuatmu betah untuk menyantap makanan dan berlama lama disini. Dengan harga menu kuliner yang relatif standar maka foodcourt ini selalu ramai saat malam minggu tiba, mulai dari karyawan, mahasiswa, keluarga, hingga wisatawan selalu datang ke kedai Paradise Foodcourt.

Jogja Paradise Food Court Sleman
Jogja Paradise Food Court IG @bonvoyagejogja

Lokasi: Jl. Magelang, Kutu Tegal, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Harga: Mulai Rp. 10.000

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

5. Warung Kepik Sawah

Warung kepik sawah
Warung kepik sawah @andirastour

Menyantap kuliner khas Sleman tradisional dapat kamu nikmati di Warung Kepik Sawah. Tempat makan tradisional dengan nuansa pedesaan ini dapat menjadi alternatif untuk wisata kuliner kamu.

Dengan design yang modern tanpa meninggalkan nuansa desa akan membuatmu betah untuk berlama lama di kedai warung ini. Terdapat berbagai lukisan, topeng dan papan tulis yang di design sedemikian rupa sehingga nampak unik dan indah.

Suasana klasik akan semakin terasa dengan adanya design interior kayu dan bambu. Pencahayaan yang cukup terang dan aneka hiasan khas tradisional akan terasa syahdu.

Warung kepik sawah yang berada di area persawahan menyebabkan udara yang sejuk dan segar. Tentunya menyantap kuliner Sleman ini akan menambah selera makan kamu bersama keluarga dan juga teman teman.

Warung kepik sawah Sleman
Warung kepik sawah IG @starjogja

Warung kepik sawah ini memiliki menu kuliner yang beragam, terdapat minuman tempo doeloe seperti sarsaparilla hingga minuman kekinian seperti soda gembira, kopi dan jus buah.

Untuk makanan tak kalah nikmat dengan menu beragam seperti, Ikan/Ayam Goreng dan Bakar, lauk pauk dan sayur mayur yang wajib kamu cicipi.

Warung kepik sawah Sleman
Warung kepik sawah IG @minumkopi

Alamat: Jalan Godean, Sidoagung, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta

Telepon: 0857 2965 2691

Jam Operasional: 08.00 – 21.00

Harga: Berkisar antara Rp. 5.000,- sampai Rp. 35.000,-

Peta: Klik Disini

6. Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum I

Ayam Geprek Bu Rum Sleman
Ayam Geprek Bu Rum IG @patiperkasa

Bagi kamu pecinta kuliner ayam geprek, wajib hukumny untuk mencicipi ayam geprek Bu Rum. Konon ayam geprek disini merupakan ayam geprek pelopor dan pertama di Jogja sejak tahun 2013.

Meskipun berada di gang dan tepi jalan kecil warung ini tak pernah sepi pengunjung saat jam makan tiba. Berada di Jalan Wulung Lor, Papringan tempat makan ini berbentuk tenda biru.

Ayam Geprek Bu Rum Sleman
Ayam Geprek Bu Rum IG @pesenmakan

Aneka menu ayam geprek dengan level pedas yang dapat kamu pilih ditambah dengan lauk pauk seperti tempe, terong dan tahu. Kamu juga bisa menambahkan aneka sayur kobis dan sayur mayur yang tersedia sebagai pelengkapnya tentu nikmat bukan.

Lokasi: Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Harga: Rp. 12.000/porsi

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

7. Warung Kopi Klotok

Kopi Klotok Pakem
IG @nini_rieny

Kedai kopi klotok merupakan kuliner yang hits dan populer di Jogja. Aneka menu kuliner tradisional khas ndeso dapat kamu nikmati disini seperti, sayur lodeh, tempe garit, oseng daun pepaya hingga sop.

Menu kuliner khas kopi klotok yang menjadi hits dan selalu dicari adalah pisang goreng dan tentu saja kopi klotoknya.

Kopi Klotok Pakem
IG @dewicaprianita

Design warung kopi unik dan klasik ini terdiri dari kayu dan bambu, sehingga akan nampak suasana tradisional khas pedesaan. Ditambah dengan lingkungan kedai kopi klotok yang berada di tengah area persawahan menyebabkan suasana desa dan udara yang sejuk dan segar lereng gunung merapi yang membuatmu betah untuk berlama lama disini.

Saat jam makan siang tiba maka dipastikan kedai kopi klotok ini ramai pengunjung dan kamu akan antri mengular. Maka jika ingin suasana santai dan agak sepi untuk makan maka datanglah diluar jam makan siang.

Kopi Klotok Kaliuang
IG @yuk.dolan.jogja

Lokasi: Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Harga: Mulai Rp. 5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

8. Kalimilk Jogja

Kalimilk Sleman
Kalimilk Sleman IG @arifzet

Kuliner di Sleman kekinian yang wajib kamu cicipi adalah kedai kalimilk. Tempat makan hits dan cocok kamu gunakan untuk nongkrong bersama teman teman ataupun keluarga. Nama kalimilk merupakan kepanjangan dari Kaliurang Milk atau susu Kaliurang.

Kalimilk Sleman
Kalimilk Sleman IG @kalimilk

Bagi kamu yang telah lelah berwisata di Kota Jogja, sajian kuliner susu dapat menjadi pilihan yang tepat. Minuman susu sapi dengan berbagai rasa dapat menjadi pelepas dahaga, aneka kuliner makanan juga dapat kamu pesan di kedai Kalimilk.

Dengan design kedai dan ruangan yang kekinian menjadikan kamu betah untuk berlama lama di kalimilk Jogja. kalimilk dapat menjadi tempat nongkrong bersama teman, keluarga, hingga rekan kerja yang tentunya asyik dan menarik.

Kalimilk Sleman
Kalimilk Sleman IG @risky0904

Lokasi: Jl. Kaliurang No.KM. 4.9, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Harga: Mulai Rp. 10.000/porsi

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

9. Jejamuran

Jejamuran Sleman @ndypada
Jejamuran Sleman IG @ndypada

Bagi yang suka Jamur, di Jogja terdapat kedai yang menjual aneka olahan jamur. Resto dengan nama Jejamuran ini ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Menu kuliner yang dijual di Jejamuran semuanya merupakan olahan yang berbahan jamur dan kamu dapat memilihnya sesuai selera.

Menu makan jejamuran diantaranya, rendang jamur, sate jamur, nasi goreng jamur, gulai jamur, pepes jamur, sop jamur, dan masih banyak lagi olahan jamur yang bisa kamu pilih. Minuman pun tak kalah banyak variannya mulai dari jus buah, sop buah, es krim dan minuman tradisional seperti jahe, kopi dan lainnya.

Jejamuran Sleman @ssamuel_rp
Jejamuran Sleman IG @ssamuel_rp

Resto Jejamuran menyediakan kuliner jamur yang sehat dan layak untuk di konsumsi, karena menu makan yang tersedia di kedai ini diperoleh dari budidaya dan produksi jamur sendiri. Seluruh olahan jamur yang ada di olah secara profesional dan menggunakan alat modern.

Kedai Jejamuran berada di Jalan Magelang km 11, Pandowoharjo, Tridadi, Sleman. Selain menikmati aneka olahan jamur untuk makan di tempat, kamu juga bisa membawa pulang olahan jamur sebagai oleh oleh khas seperti kripik jamur, jamur basah dan olahan jamur lainnya.

Jejamuran Sleman @jejamuran.id
Jejamuran Sleman IG @jejamuran.id

Alamat: Jl. Magelang KM. 11 RT. 01 RW. 20, Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Kec. Sleman, Yogyakarta

Map: Klik Disini

Jam Operasional: 09.00 – 22.00

Telepon: (0274) 868170

Harga: Rp13.000 – Rp50.000/porsi

10. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo @streetfoodstories
Gudeg Bromo IG @streetfoodstories

Gudeg menjadi kuliner yang paling dicari jika berada di Jogja. Salah satu kuliner gudeg legendaris yang wajib kamu coba adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Meskipun berada di pinggir jalan dan hanya menggunakan tenda biru layaknya warung kaki lima, kedai ini selalu ramai oleh wisatawan dan para pemburu kuliner gudeg.

Kedai gudeg bu Tekluk buka mulai pukul 23.00 sampai pagi hari. Salah satu kuliner malam di Jogja ini menjadi kuliner legendaris yang enak dan terkenal bagi pemburu dan traveler sebagai pemadam kelaparan tengah malam.

Gudeg Bromo Sleman @pinkytraveler
Gudeg Bromo Sleman IG @pinkytraveler

Kamu dapat memilih berbagai menu tambahan sebagai pelengkap gudeg diantaranya tempe, telor, ayam hingga gorengan. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk berada di pinggir Jalan Gejayan, Mrican, Sleman. Jika saat malam tiba kamu akan mendapati antrian yang panjang saat orang antri di warung ini.

Lokasi Gudeg Bromo Bu Tekluk: Jalan Gejayan, Mrican, Sleman

Harga: Mulai Rp. 15.000/porsi tergantung pilihan lauk

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

Jogja day ~ Wisata kuliner di Sleman ini wajib kamu cicipi. Rasanya yang lezat dan khas ndeso akan membuatmu seaakan akan kembali ke desa. Jadi jika sedang berada di Sleman Yogyakarta sempatkan untuk berwisata kuliner yang akan membuatmu kenyang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!