15 Kuliner Khas Surabaya Enak & Wajib Kamu Coba

Surabaya merupakan kota metropolitan yang dikenal sebagai Kota Pahlawan. Kota Surabaya memiliki segudang objek wisata menarik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam dan yang tidak kalah populer adalah wisata kuliner khas Surabaya.

Sebagai kota yang memiliki latar belakang sejarah yang kuat, ternyata Surabaya punya banyak kuliner khas yang wajib banget kamu coba kalau liburan ke sana, sob. Kuliner khas Surabaya memiliki rasa yang autentik dan lezat, sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Surabaya.

Supaya kamu nggak penasaran, Jogjaday sudah merangkum kuliner khas Surabaya yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Apa saja kuliner khas Surabaya yang enak itu? Yuk, disimak daftar kuliner khas Surabaya berikut ini.

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih Surabaya

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Photo ig: @laparlagimakanlagi
Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Photo ig: @laparlagimakanlagi

Mungkin kamu belum pernah mencoba kuliner khas Surabaya yang unik ini. Di antara sekian banyak kedai yang menjual sate klopo, Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang paling populer dan selalu ramai oleh pengunjung.

Sate klopo bukan tidak dimasak dengan kelapa yang dibikin sate. Sate klopo tetap menggunakan daging dengan campuran jeroan dan lemak sapi dan dilumuri kelapa parut sebelum dibakar. Daging sate klopo bisa berupa daging sapi, ayam, usus, udang dan sumsum dan disajikan dengan bumbu kacang. Irisan daging satenya besar-besar lho dan rasanya super gurih.

Kalau mau mencicipi sate klopo Ondomohen Bu Asih kamu harus kudu sabar ya, karena bakalan ngantre. Warung sate klopo ini terletak di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Ketabang, Genteng, Surabaya dan buka antara pukul 07.00-23.00. Harga seporsi sate klopo cukup terjangkau, mulai dari Rp17.000-Rp18.000.

Lokasi : Jalan Walikota Mustajab No. 36 Ketabang, Genteng, Surabaya
Harga : Rp17.000 – Rp18.000
Jam Buka : 07.00 – 23.00

2. Warung Kepiting Cak Gundul Surabaya

Kepiting Cak Gundul. Photo ig: @jayadihalim
Kepiting Cak Gundul. Photo ig: @jayadihalim

Siapa di antara kalian yang suka kepiting? Di Surabaya ada Warung Kepiting Cak Gundul yang terkenal dengan kelezatannya. Warung ini sudah berdiri cukup lama sejak 1992 dan sampai sekarang digemari masyarakat.

Kepiting Cak Gundul memiliki menu andalan kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Tidak cuma menu kepiting, Warung Kepiting Cak Gundul juga menyediakan menu seafood lainnya seperti ikan, udang, cumi, kerang dan lain-lain. Pas banget buat kamu yang pencinta seafood. Namun, kalau kamu baru pertama kali ke sini, kamu harus wajib coba menu kepitingnya.

Warung Kepiting Cak Gundul berada di Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Surabaya dan buka dari pukul 11.00 – 23.00. Untuk mencicipi menu di warung ini, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp13.000 sampai Rp27.000 per 100 gram kepiting.

Lokasi : Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Suko

Manunggal, Surabaya

Harga : Rp13.000 – Rp27.000 per 100 gram
Jam Buka : 11.00 – 23.00

3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut Surabaya

Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Photo ig: @pritaspog
Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Photo ig: @pritaspog

Nah, kalau yang ini salah satu kuliner legendaris di Surabaya, sob. Lontong Balap Garuda Pak Gendut sudah eksis sejak 1958. Sudah berjalan empat dekade, tidak membuat cita rasa dan kualitas lontong balap ini berubah.

Lontong balap disajikan dengan lontong, tahu goreng, lentho, taoge, bawang goreng, kecap dan sambal yang diberi kuah gurih. Sebagai menu pendamping, kamu bisa mencoba sate kerang dan minuman es kelapa muda yang segar banget. Menunya memang sederhana, sepiring lontong balap tetapi rasanya yang lezat dijamin bikin ketagihan.

Warung Lontong Balap Garuda Pak Gendut berada di Jalan Kranggan No. 60 Sawahan, Surabaya, di depan bekas gedung Bioskop Garuda. Buka antara pukul 09.00-21.00, harga seporsi lontong balap mulai dari Rp10.000.

Lokasi : Jalan Kranggan No. 60 Sawahan, Surabaya
Harga : Mulai dari Rp10.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00

4. Soto Lamongan Cak Har Surabaya

Soto Lamongan Cak Har. Photo ig: @kuliner_suroboyoan
Soto Lamongan Cak Har. Photo ig: @kuliner_suroboyoan

Soto Lamongan memang bukan kuliner asli Surabaya, tetapi Soto Lamongan Cak Har ini termasuk salah satu kuliner paling populer di Surabaya lho. Soto yang dijual di sini memiliki berbagai macam varian, seperti ayam, ceker, sapi sampai jeroan.

Soto Lamongan Cak Har populer karena rasa soto yang lezat. Seporsi soto berisi nasi, ayam disuwir, mihun, telur dan kuah santan yang gurih banget. Ada balungan atau tulang ayam yang dagingnya sudah dipisah juga bisa kamu tambahkan ke menu soto. Balungan ini direkomendasikan banget lho karena enak banget. Jangan lupa sambal dan perasan jeruk nipisnya, sob. Mantap!

Untuk mencoba soto lamongan ini kamu bisa datang ke Jalan Arief Rachman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Jam buka antara pukul 06.00-21.00 dan paling ramai saat jam makan siang. Harganya terjangkau kok, mulai Rp.18.000 per porsi.

Lokasi : Jalan Arief Rachman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya
Harga : Mulai dari Rp18.000
Jam Buka : 06.00 – 21.00

5. Rawon Setan Mbak Endang Surabaya

Rawon Setan Mbak Endang. Photo ig: @henryakuza
Rawon Setan Mbak Endang. Photo ig: @henryakuza

Kalau main ke Surabaya wajib mencicipi kuliner khasnya, yakni nasi rawon, terutama Rawon Setan Mbak Endang. Depot rawon setan ini diklaim sebagai yang asli dan pertama di Indonesia.

Rawon Setan Mbak Endang disajikan dengan potongan daging yang besar dan empuk, rasa kuah yang gurih dan sayuran segar. Dijamin nendang banget di mulut. Depot rawon setan ini sering dikunjungi artis-artis ibu kota dan gubernur juga lho.

Rawon Setan Mbak Endang berada di Jalan Embong Malang No. 781, Genteng, Surabaya dan tidak memiliki cabang lain. Jadi jangan tertipu dengan rawon setan yang lain ya, sob. Depot ini buka antara pukul 08.00-23.00.  Untuk seporsi rawon setan, kamu cukup merogoh kocek antara Rp12.000 sampai Rp30.000 per porsi.

Lokasi : Jalan Embong Malang No. 781, Genteng, Surabaya
Harga : Rp12.000 – Rp30.000
Jam Buka : Minggu, Senin, Selasa 08.00 – 23.00

Rabu – Jumat 08.00 – 16.30, 18.00 – 04.00

6. Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Nasi Goreng Jancuk. Photo ig: @budi_san_raharjo
Nasi Goreng Jancuk. Photo ig: @budi_san_raharjo

Namanya nasi goreng jancuk dan rasanya memang bikin kamu mengumpat karena pedas banget. Kalau kamu pencinta makanan pedas, jangan lewatkan kuliner khas Surabaya yang satu ini. Nasi goreng jancuk disajikan dengan porsi besar dan disantap bersama untuk 4-5 orang. Jadi kalau mau makan harus rame-rame ya, sob, soalnya nggak mungkin menghabiskan nasi goreng jancuk ini sendirian.

Nasi goreng jancuk disajikan dengan irisan daging ayam, kepiting, udang, telur dan sambal terasi plus acar dan kerupuk udang. Rasa pedas nasi goreng jancuk ini enak banget, sob. Seru juga makannya rame-rame, jadi kepedasan sama-sama kan.

Nasi goreng jancuk buka di Tunjungan Plaza Surabaya. Buka antara pukul 10.00-21.30, seporsi besar nasi goreng jancuk dibandrol Rp100.000. Wajib dicoba bareng teman-teman kamu.

Lokasi : Tunjungan Plaza 1 Lantai 5, Tegalsari, Surabaya
Harga : Rp100.000 per porsi
Jam Buka : 10.00 – 21.30

7. Sego Sambel Mak Yeye Surabaya

Sego Sambel Mak Yeye. Photo ig: @kuliner_suroboyoan
Sego Sambel Mak Yeye. Photo ig: @kuliner_suroboyoan

Satu lagi kalau kamu doyan makanan pedas. Coba deh mampir ke Sego Sambel Mak Yeye. Menunya sederhana, tetapi untuk bisa mencicipi seporsi sego sambel kamu harus rela ngantre saat tengah malam.

Seporsi sego sambel Mak Yeye disajikan dengan nasi hangat dengan lauk ikan pari panggang, telur dadar, tempe goreng dan sambal yang pedasnya nendang banget di lidah. Nggak heran kalau makan di sini harus ngantre karena memang rasa pedasnya khas dan lezat.

Sego Sambel Mak Yeye terletak di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 12 Jagir, Wonokromo, Surabaya. Uniknya, warung Mak Yeye ini buka mulai pukul 21.00 hingga pukul 04.00 dini hari. Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp15.000 untuk seporsi nasi sambel dengan ikan pari panggang, telur dadar dan tempe goreng.

Lokasi : Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 12 Jagir, Wonokromo,

Surabaya

Harga : Mulai dari Rp15.000
Jam Buka : 21.00 – 04.00

8. Rujak Cingur Ahmad Jais Surabaya

Rujak Cingur Ahmad Jais. Photo ig: @kokobuncit
Rujak Cingur Ahmad Jais. Photo ig: @kokobuncit

Ini nih rujak cingur legendaris di Surabaya. Berdiri sejak 1970, Rujak Cingur Ahmad Jais mempunyai cita rasa yang khas hasil racikan bumbu dari pemilik warung, Nyonya Giok Tjoe.

Rujak Cingur Ahmad Jais tidak menggunakan kacang tanah sebagai bumbu, melainkan kacang mede. Menariknya lagi, rujak cingur ini disajikan dengan daging cingur yang banyak, bersih dan tidak amis. Teksturnya juga kenyal, tidak terlalu lunak ataupun alot. Bahan-bahan lain yang ada pada seporsi rujak cingur ini antara lain nanas, timun, kedondong, pencit, sayuran dan tentunya lontong. Rasanya mantap banget.

Kamu bisa mampir ke Jalan Achmad Jais No. 40 Peneleh, Genteng, Surabaya. Buka antara pukul 11.00 – 17.00. Harganya cukup mahal, yakni Rp70.000, tetapi rujak cingur ini selalu diminati karena rasanya yang lezat.

Lokasi : Jalan Achmad Jais No. 40 Peneleh, Genteng, Surabaya
Harga : Rp70.000 per porsi
Jam Buka : 11.00 – 17.00

9. Nasi Cumi Jalan Waspada Surabaya

Nasi Cumi Jalan Waspada. Photo ig: @surabayafoodies
Nasi Cumi Jalan Waspada. Photo ig: @surabayafoodies

Selain Warung Kepiting Cak Gundul, ada lagi nih warung yang menjual menu seafood. Nasi Cumi Jalan Waspada buka 24 jam lho, jadi nggak usah kelamaan mikir deh kalau mau makan di sini. Jam berapa pun kamu bisa datang untuk mencicipi nasi cumi yang sudah terkenal kelezatannya ini.

Nasi Cumi Jalan Waspada menawarkan empat macam menu nasi cumi, yakni nasi cumi peyek (nasi+cumi+peyek udang), nasi campur (nasi+cumi+empal+telur+peyek udang), nasi komplit (nasi+cumi+mie goreng+usus+paru+babat+peyek udang) dan nasi rawon cumi. Porsinya pas banget buat kamu yang tiba-tiba kelaparan saat tengah malam. Walaupun penampilan menunya kurang menarik, tetapi rasanya enak banget, sob.

Nasi Cumi Jalan Waspada terletak di belakang Pasar Atom, di Jalan Waspada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Warung nasi cumi ini buka 24 jam dan harga seporsinya terjangkau banget, mulai dari Rp15.000 per porsi.

Lokasi : Jalan Waspada, Pabean, Cantikan, Surabaya
Harga : Mulai dari Rp15.000 per porsi
Jam Buka : 24 jam

10. Tahu Campur Kalasan Surabaya

Tahu Campur Kalasan. Photo ig: @duniakulinersurabaya
Tahu Campur Kalasan. Photo ig: @duniakulinersurabaya

Tahu Campur Kalasan juga menjadi favorit masyarakat Surabaya. Dinamakan Tahu Campur Kalasan karena warung ini berada di Jalan Kalasan. Kamu yang menyukai kuliner tahu campur wajib coba Tahu Campur Kalasan karena rasanya yang lezat.

Seporsi tahu campur Kalasan disajikan dengan daging sapi, perkedel singkong, tauge, tahu goreng dan selada. Sajian tersebut kemudian diberi bumbu petis yang segar dan enak. Tidak hanya itu, selain enak harga seporsi tahu campur ini ramah di kantong, sob.

Kamu yang ingin mencicipi Tahu Campur Kalasan, silahkan datang ke Jalan Kalasan No. 16 Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya. Warung tahu campur ini buka antara pukul 11.00 – 22.30. Harga seporsi tahu campur dibandrol mulai dari Rp20.000 per porsi.

Lokasi : Jalan Kalasan No. 16 Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya
Harga : Mulai dari Rp20.000 per porsi
Jam Buka : 11.00 – 22.30

11. Pecel Semanggi Surabaya

Pecel Semanggi Surabaya. Photo ig: @yeayfood.id
Pecel Semanggi Surabaya. Photo ig: @yeayfood.id

Satu lagi kuliner khas Surabaya yang menggunakan bahan baku semanggi, yakni pecel semanggi. Kuliner ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Surabaya, bahkan saking enaknya kuliner ini ada lagunya lho, judulnya Semanggi Suroboyo. Namun, saat ini tidak banyak penjual semanggi di Surabaya karena minimnya bahan baku.

Daun semanggi umumnya dipakai sebagai bahan makanan pelengkap. Namun, pada sajian pecel semanggi ini daun semanggi menjadi bahan utama dan disajikan di atas pincuk daun pisang dengan taoge rebus, lalu diberi bumbu pecel dan kerupuk puli. Bumbu pecelnya juga unik, sob, dibuat dari kacang dan gula jawa kemudian dipadu dengan ketela rambat. Selain itu ada tambahan bumbu pedas dan bumbu petis juga. Sederhana tetapi rasanya menggoyang lidah, sob.

Kamu bisa menemukan penjual pecel semanggi di Taman Bungkul, biasanya penjual membawa keranjang dengan kain jarit. Harga seporsi pecel semanggi murah kok, cuma Rp10.000 per porsi. Please, jangan lewatkan kuliner khas ini, sob.

Lokasi : Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo Surabaya
Harga : Rp10.000 per porsi
Jam Buka : –

12. Bebek Tugu Pahlawan Surabaya

Bebek Tugu Pahlawan. Photo ig: @surabayafoodies
Bebek Tugu Pahlawan. Photo ig: @surabayafoodies

Nah, kalau tadi Jogjaday sudah membahas menu seafood, sate, hingga kuliner khas seperti pecel semanggi, kali ini kita melipir ke Bebek Tugu Pahlawan. Warung tenda sederhana yang menjual menu bebek yang lezat ini populer banget di kalangan warga Surabaya. Bahkan pembeli harus rela antre dulu untuk mencicipi kuliner lezat ini.

Kuliner khas Surabaya ini menyajikan seporsi nasi hangat dengan lauk bebek goreng dan sambal yang menjadi ciri khas kuliner ini. Rasa sambalnya mantap banget. Tidak heran kalau Bebek Tugu Pahlawan ini memiliki banyak pelanggan setia.

Bagi kamu yang penasaran dengan cita rasa Bebek Tugu Pahlawan ini, datanglah ke Jalan Tembaan No. 17F Alun-Alun, Contong, Bubutan, Surabaya. Warung tenda ini buka mulai pukul 18.00 sampai sekitar pukul 00.00 atau saat menu sudah habis. Harga seporsi nasi bebek goreng dibandrol mulai dari Rp18.000-Rp22.000.

 Lokasi : Jalan Tembaan No. 17F Alun-Alun, Contong, Bubutan, Surabaya
Harga : Rp18.000 – Rp22.000 per porsi
Jam Buka : 18.00 – 00.00 (sampai menu habis)

13. Es Krim Zangrandi Surabaya

Es Krim Zangrandi. Photo ig: @letsmbadog
Es Krim Zangrandi. Photo ig: @letsmbadog

Nah, selain menu berat, Surabaya juga punya menu ringan seperti es krim yang legendaris lho. Namanya Es Krim Zangrandi yang sudah ada sejak 1933 dan dijual di sebuah bangunan bergaya Eropa. Es krim pasti segar banget disantap di tengah cuaca terik Surabaya.

Es krim Zangrandi yang melegenda ini memiliki cita rasa es krim yang mewah dan autentik. Kedai es krim ini awalnya menawarkan tiga pilihan menu es krim dengan empat pilihan rasa, yakni tutti frutti, macedonia, dan es krim soda dengan pilihan rasa cokelat, vanila, stroberi dan moka. Namun menu es krim kemudian berkembang dengan menu noddle ice cream yang populer, banana split dan love deal.

Jika ingin mencoba kesegaran es krim Zangrandi, datanglah ke Jalan Yos Sudarso No. 15 Embong Kaliasi, Genteng, Surabaya. Kedai es krim ini bukan antara pukul 10.00-22.00. Harga menu es krim ini dibandrol mulai dari Rp9.000.

Lokasi : Jalan Yos Sudarso No. 15 Embong Kaliasi, Genteng, Surabaya
Harga : Mulai dari Rp9.000
Jam Buka : 10.00 – 22.00

14. Lontong Kupang Bu Wito Surabaya

Lontong Kupang Bu Wito. Photo ig: @grace_graciana
Lontong Kupang Bu Wito. Photo ig: @grace_graciana

Satu lagi nih, kuliner khas Surabaya yang melegenda, Lontong Kupang Bu Wito. Warung lontong kupang ini sudah ada sejak 1980an dan menjadi favorit hingga saat ini.

Seporsi lontong kupang disajikan dengan siraman kupang yang melimpah dan ditambah sate kerang yang rasanya mantap. Sate kerang yang dijual di sini memiliki ukuran yang cukup besar. Rasa lontongnya sendiri enak banget dengan rasa petis dan bawang putih yang segar.

Kalau kamu penasaran dengan kuliner khas yang legendaris ini, coba deh mampir ke Jalan Raya Tenggilis No. 128 Tenggilis Mejoyo, Surabaya antara pukul 10.00-16.00. Meskipun sudah lama eksis dan terkenal, harga seporsi lontong kupang Bu Wito murah banget, yakni Rp10.000 per porsi.

Lokasi : Jalan Raya Tenggilis No. 128 Tenggilis Mejoyo, Surabaya
Harga : Rp10.000 per porsi
Jam Buka : 10.00 – 16.00

15. Mie Pecun Surabaya

Mie Pecun. Photo ig: gotravelly
Mie Pecun. Photo ig: gotravelly

Namanya terdengar nyeleneh ya, tetapi maksud pecun di sini adalah singkatan dari mie pedas bebas racun. Kalau kamu hobi mencoba kuliner super pedas, mie pecun cocok buat kamu karena memiliki berbagai tingkat atau level kepedasan.

Varian menu mie pecun juga diberi nama yang tidak kalah nyeleneh tetapi kreatif, seperti pecun bugil, pecun maniac (mie goreng) dan pecun bahenol. Seporsi mie pecun disajikan dengan irisan udang, kornet dan telur yang enak banget. Kalau paket pedasnya sendiri ada beberapa tingkat, antara lain Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas). Jadi kalau kamu ngajak teman yang nggak suka pedas, masih ada menu yang aman dicoba kok.

Bagi kamu yang tertarik mencicipi pedasnya Mie Pecun, kamu bisa datang ke Jalan Anjasmoro No. 65 Sawahan, Surabaya antara pukul 11.00-02.00. Harga seporsi Mie Pecun lumayan terjangkau, antara Rp10.000 sampai Rp18.000.

Lokasi : Jalan Anjasmoro No. 65 Sawahan, Surabaya
Harga : Rp10.000 – Rp18.000 per porsi
Jam Buka : 11.00 – 02.00

Ternyata kuliner khas Surabaya variatif banget ya, sob? Dengan banyaknya varian kuliner yang ada di Surabaya pasti bikin kamu bingung mau makan yang mana dulu. Kalau kamu lagi di Surabaya, cobain deh setidaknya salah satu kuliner khas yang Jogja day rekomendasikan.

Kamu nggak usah khawatir wisata kuliner bakalan bikin kantong bolong. Kuliner khas Surabaya ternyata bisa kita coba dengan harga terjangkau kan? Dengan Rp10.000 saja kamu sudah dapat seporsi makanan. Nggak perlu bingung juga kalau tiba-tiba merasa lapar saat tengah malam, karena ada tempat yang buka 24 jam.

Nah, dari sekian banyak kuliner khas Surabaya yang Jogjaday rekomendasikan, kira-kira sobat pengen nyobain yang mana nih?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!