24 Kuliner Khas Semarang Terkenal, Enak & Murah Meriah

Kuliner khas Semarang adalah jenis-jenis makanan khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner. Kalau wisata ke ibukota Jawa Tengah ini, alangkah baiknya mengunjungi tempat-tempat kuliner ini.

Ketika kita membicarakan kuliner khas Semarang, sebagian dari kita pasti mengingat setidaknya 1 makanan. 80% orang akan menjawab Wingko Babat yang lezat itu. Dan 20% lainnya mungkin teringat soto berkuah bening khas Semarang.

Namun dari hari ke hari, seiring perjalanan zaman. Kota Semarang pun mulai rentan kehilangan jajanan khas nya. Bisa terlihat dari menjamurnya resto-resto cepat saji dan delivery order yang semuanya sama-sama menjual ayam penyet. Padahal kalau urusan ayam, kota ini pun punya loh yang namanya Nasi Ayam Semarang.

Nah, langsung aja yuk simak daftar kuliner khas Semarang di bawah ini. Kalian akan sulit memperoleh kudapan-kudapan khas ini di luar kotanya Pak Ganjar Pranowo.

1. Wingko Babat Semarang

Inilah cemilan khas Semarang yang paling banyak diminati sebagai oleh-oleh. Makanan khas Semarang ini memang banyak dijumpai di wilayah Jawa Tengah. Namun kalau mencari yang asli, tentu saja dari Semarang.

Nah, makanya nih guys. Kalau kalian datang ke Semarang, jangan lupa ya mampir ke gerai Wingko Babat. Terserah deh pilih yang mana. Pasti masing-masing orang punya selera. Oh ya, Wingko Babat asli Semarang tentunya rasanya macam-macam, ya! Nggak cuma ada original aja. Seperti yang ada di gerai Wingko Babat Cap Kereta Api yang terkenal itu.

  • Nama Tempat Kuliner: Wingko Babad Cap Kereta Api
  • Harga: mulai dari Rp59.500/pack
  • Jam Buka: 07.00-18.30
  • Lokasi: Jalan Cendrawasih No.14, Semarang

2. Soto Semarang

Salah satu jenis soto bening paling enak di Indonesia tentu saja Soto Semarang. Rasa kuahnya memang cenderung plain dengan bahan isian yang juga sedikit. Tapi entah kenapa kalau makan soto kuah bening ini rasanya bikin ketagihan.

Rasa kuahnya yang gurih rasa bawang goreng dipadu padankan dengan suwiran ayam. Selain itu bisa juga dimakan dengan tempe goreng dan sate. Sungguh nikmat sekali. Kalau mau kuliner khas Semarang yang lezat ini, bisa deh cobain Soto Semarang Pak Mus.

  • Nama Tempat Kuliner: Soto Ayam Khas Semarang Pak Mus
  • Harga: Rp 8000/porsi
  • Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
  • Lokasi: Jalan Menoreh Raya, Gajahmungkur, Semarang

3. Nasi Ayam Semarang

Di mana-mana nasi bungkus selalu memiliki variasi. Apalagi jenis nasi yang lauknya adalah ayam sebagai menu utamanya. Semarang juga punya makanan khas namanya Nasi Ayam. Ada yang pernah memakannya?

Ini adalah kuliner khas Semarang berbentuk nasi yang memiliki lauk-pauk melimpah, seperti sayur pedas, kuah opor, suwiran ayam dan telor rebus. Semua lauk-pauk ditumpahkan ke atasnya. Biasanya juga ada lauk-pauk lainnya seperti jenis sate-satean.

  • Nama Tempat Kuliner: Nasi Ayam Yu Nah
  • Harga: mulai dari Rp10.000/porsi
  • Jam Buka: 18.00-22.00
  • Lokasi: Jalan MT. Haryono, Semarang Tengah

4. Mie Kopyok

Namanya sangat unik memang, gengs! Mie Kopyok menjadi salah satu makanan legendaris khas Semarang yang endemik banget. Nama lain Mie Kopyok adalah Mie Lontong dan Mie Teng-Teng.

Mie Kopyok merupakan kudapan mie rebus berkuah sedikit dengan campuran isi berupa potongan daging tetelan sapi. Lalu diberi irisan tahu dan kerupuk legendar. Rasanya agak mirip seperti makan Cuanki berpadu Mie Tek-Tek.

  • Nama Tempat Kuliner: Mie Kopyok Pak Tris
  • Harga: 000/porsi
  • Jam Buka:09.00-21.30
  • Lokasi: Jalan Profesor Suharso, Tembalang, Semarang

5. Tahu Petis

Makan tahu kan biasa banget ya guys? Tapi kalian akan terkejut dan keenakan deh kalau cobain Tahu Petis. Kuliner khas Semarang ini pada dasarnya tahu goreng biasa.Tapi yang bikin beda sambal petisnya.

Sambal Petis terbuat dari bahan-bahan berupa cabai yang dicampur dengan udang ebi dan bumbu-bumbu lainnya untuk menghasilkan saos yang warna hitam dan enak banget. Lalu si Petis ini bakal dioleskan ke tengah-tengah tahu yang sudah diiris melintang.

  • Nama Tempat Kuliner: Tahu Petis Dowerr
  • Harga: Rp3000/pcs
  • Jam Buka: 10.00-18.00
  • Lokasi: Jalan Anjasmoro Raya 60B

6. Bandeng Presto

Makanan khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan adalah Bandeng Presto. Kamu jangan mencarinya di restoran ya guys karena malah justru biasanya sulit didapat. Kalau mau beli Bandeng, datanglah ke toko oleh-oleh khas Semarang.

Sebagai kota yang berada dekat dengan laut, produk ikan Bandeng Presto memang sangat ikonik di sana. Kita bisa beli Bandeng sebagai oleh-oleh keluarga tercinta di rumah. Apalagi, kuliner khas Semarnag ini sudah sangat terkenal. Rasanya kalau sampai nggak beli, sama aja belum datang ke sana.

  • Nama Tempat Kuliner: Bandeng Presto ABI Mrican
  • Harga: mulai dari Rp35.000/pack
  • Jam Buka: 05.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Tentara Pelajar No.87, Candisari, Semarang

7. Gandos

Kalau kita ngomongin Gandos, besar kemungkinan bakal bingung. Apaan ini? Tapi begitu melihat wujudnya, pasti langsung terkejut. “Oooh, kue pancong…” Yaps, Gandos ternyata adalah Kue Pancong alias Kue Rangin.

Tapi kalau orang-orang Semarang, mereka nyebutnya Gandos. Wah, wah… Kalau ngomongin rasanya, ya sama aja sih Gandos dengan Kue Pancong pada umumnya. Enaknya kalau dimakan hangat-hangat.

  • Nama Tempat Kuliner: Gandos Ndos
  • Harga: mulai dari Rp20.000/pack
  • Jam Buka: 08.00-18.00
  • Lokasi: Jalan Peterongan Timur No.31, Semarang Selatan

8. Roti Ganjel Rel

Inilah kudapan khas Semarang yang paling aneh namanya. Masa sih sebuah roti dinamakan Ganjel Rel alias Bantalan Rel Kereta Api? Kok bisa? Mungkin karena bentuknya yang unik berupa balok-balok kecil?

Roti Ganjelrel memiliki nama lain Roti Gambang yang berwarna coklat karena ada campuran gula merahnya. Pada bagian atasnya ditaburi wijen. Dan saat dimakan sangat kental dengan aroma kayu manis. Kalau secara tekstur, roti ini agak mirip dengan lapis legit.

  • Nama Tempat Kuliner: Driyana Bakery & Cafe
  • Harga: mulai dari Rp25.000/pack
  • Jam Buka: 07.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Pandanaran No.51A, Randusari, Semarang Selatan

9. Soto Bangkong

Makanan khas Semarang selanjutnya bernama Soto Bangkong. Kalau dalam bahasa Jawa, Bangkong itu artinya Kodok Besar. Apakah memang soto ini terbuat dari daging kodok? Ternyata tidak demikian. Dinamai Soto Bangkong karena sejarahnya.

Warung soto pertama dibuka di jalan perempatan Bangkong. Hal yang paling mengejutkan dari jenis soto Bangkong ini adalah berkonsep resto keluarga, bukannya waralaba. Jadi seluruh cabang dikelola oleh anak-anak, cucu dan keluarga dari Pak Soleh yang merupakan pendiri soto khas Semarang ini.

  • Nama Makanan: Soto Ayam Bangkong Setiabudi
  • Harga: Rp16.000
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Dokter Setiabudi 229, Banyumanik, Semarang

10. Lumpia Semarang

Pergi ke Semarang belum lengkap rasanya kalau belum cobain makanan khas Semarang lainnya yang bernama Lumpia Semarang. Kuliner ini dari namanya memang sama sekali tidak menarik. Pasalnya di mana-mana kita bisa memperoleh Lumpia.

Barangkali yang membedakan Lumpia Semarang dari lainnya adalah bentuknya yang terkesan lebih rapi. Ukurannya juga sedang agak besar. Dan untuk isiannya variatif.

  • Nama Makanan: Lumpia Semarang Mataram “Pak Ngadi”
  • Harga: Rp12.000/pack
  • Jam Buka: 08.00-21.00
  • Lokasi: Jalan Pandanaran No.55, Semarang Selatan

11. Pisang Plenet

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau ini maksudnya adalah pisang yang dipencet hingga pipih. Istilah “plenet” itu kalau dalam bahasa Jawa memang artinya gepeng karena ditekan.

Nah, sama saja dengan wujud pisang ini memang berupa pisang yang pipih karena dimemarkan. Kemudian dibakar dan dikasih topping aneka rasa, seperti coklat leleh, keju dan aneka selai dan krim glaze.

  • Nama Tempat Kuliner: Pisang Plenet Pak Subandi
  • Harga: mulai dari Rp10.000/pack
  • Jam Buka: 14.00-23.00
  • Lokasi: Jalan Pemuda, Pandansari, Semarang Tengah

12. Gudangan

Namanya Gudangan, tapi ternyata dia adalah Urab ala Semarang. Ya, kuliner khas Semarang yang satu ini memang ternyata adalah urab. Sayuran yang direbus kemudian dibubuhi parutan kelapa yang sudah dimasak dengan aneka bumbu.

Orang Semarang biasanya makan Gudangan sama nasi. Nantinya bakal dipincuk atau dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk agak mengerucut. Bikin sensasinya makin mantap aja deh pas makan.

  • Nama Tempat Kuliner: Warung Bu Warni
  • Harga: mulai dari Rp10.000
  • Jam Buka: 07.00-17.00
  • Lokasi: Pedurungan, Semarang

13. Garang Asem

Kamu pasti tahu kan dengan kuliner yang bernama Garang Asem? Ini adalah makanan yang agak mirip dengan lodeh, hanya saja berbahan dasar ayam. Rasanya sangat gurih sekali, apalagi kuahnya yang bisa bikin ketagihan siapapun yang memakan.

Tapi tidak ada yang menyangka kan kalau ternyata Garang Asem itu adalah kuliner khas Semarang? Ya, makanan asli Semarang ini memang telah menyebar ke mana-mana. Resepnya pun telah divariasi sedemikian rupa sehingga tiap-tiap daerah punya Garang Asem versi sendiri.

  • Nama Tempat Kuliner: Garang Asem Sari Rasa
  • Harga: mulai dari Rp15.000/porsi
  • Jam Buka: 08.00-20.00
  • Lokasi:Jalan Ki Mangunsarkoro No.15, Karang Kidul, Semarang Tengah

14. Tahu Gimbal

Kalau pergi ke Semarang, jangan lupa makan Tahu Gimbal. Ini kudapan berbahan dasar tahu yang agak mirip dengan gado-gado dan tahu gecot. Hanya saja sambal bumbu kacang dan gula merahnya itu lebih kental dan banyak.

Tahu Gimbal akhir-akhir ini memiliki ekspansi yang luas pula. Menu tahu bersambal ini mulai dapat ditemukan di kota-kota lain di Jawa Tengah, seperti Purwokerto. Mungkin saja pedagangnya berasal dari kota Semarang?

  • Nama Tempat Kuliner: Kedai Makan Legenda Tahu Gimbal
  • Harga: mulai dari Rp20.000/porsi
  • Jam Buka: 10.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Cikuray Raya, Gajahmungkur, Kampung Kalingse 591, Semarang

15. Nasi Babat Gongso

Jangan lupa juga buat mencicipi kuliner khas Semarang yang namanya Nasi Babat Gongso. Dari namanya aja udah ketahuan banget kalau ini bukan nasi biasa.

Tapi adalah nasi yang diberi lauk gongso yang enak banget. Sebab memadukan rasa manis, asin dan pedas. Yang mana ketiga rasa ini memang cenderung disukai orang Jawa Tengah.

  • Nama Tempat Kuliner: Nasi Babat Armana
  • Harga: Rp25.000/porsi
  • Jam Buka: 10.00-18.00
  • Lokasi: Jalan Tengger 5 No.132, Gajahmungkur, Semarang

16. Mie Siang Kie

Dari namanya aja udah ketahuan banget kalau ini adalah kudapan Chinese. Resep awalnya memang berawal dari Cina kayaknya deh. Tapi setelah diusut, rupanya Siang Kie hanya semacam merek dagang aja.

Kalau untuk penampilan, si Mie Siang Kie ini tidak ada bedanya dengan mie kebanyakan. Hanya saja potongan daging ayamnya tampak besar-besar. Dan membuatnya malah mirip capcay aja.

  • Nama Tempat Kuliner: Mie Siang Kie
  • Harga: mulai dari Rp15.000/porsi
  • Jam Buka: 08.00-15.30
  • Lokasi: Gang Lombok No.10, Kauman, Semarang Tengah

17. Tahu Pong

Kuliner khas Semarang ini tidak asing bagi orang Jawa. Tahu kulit tanpa isi yang sering disebut tahu pong ini sangat enak rasanya. Apalagi kalau dicocolkan ke sambal.

Tapi siapa sangka, tahu kopong ini menjadi kuliner khas Semarang? Padahal kalau dilihat-lihat tahu macam ini ada pula dijual di semua pasar-pasar. Biasanya untuk bahan baku kudapan tahu brontak.

  • Nama Tempat Kuliner: Tahu Pong dan Mie Keriting Taman Blumbungan
  • Harga: mulai dari Rp17.000/porsi
  • Jam Buka: 18.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Karang Wulan Barat, Taman Blumbungan, Semarang

18. Es Congklik

Inilah es yang terasa sangat menggiurkan. Sangat mirip penampilannya dengan es kopyor, yaitu kuah es bersantan diberi isian kelapa muda, candil mutiara dan roti tawar.

Wah, benar-benar bikin ngiler banget. Kalau ke Semarang, segera aja deh langsung menyantap es ini. Apalagi di tengah hawa panas seperti sekarang. Sungguh melepaskan dahaga.

  • Nama Tempat Kuliner: Es Puter Congklik
  • Harga: Rp23.000/porsi
  • Jam Buka: 18.00-23.00
  • Lokasi: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Semarang Tengah

19. Moaci

Ini adalah makanan yang aneh banget. Dia seperti perpaduan antara mocha dengan onde-onde. Tapi kalau soal rasa, agak beda dari keduanya.

Kalau mau beli Moaci sekarang gampang banget loh. Banyak dijajakan di pinggir jalan. Bisa pula order melalui aplikasi pemesanan makanan.

  • Nama Tempat Kuliner: Moaci Gemini
  • Harga: mulai dari Rp17.000/pack
  • Jam Buka: 08.00-20.00
  • Lokasi: Jalan RA Kartini No.19, Semarang Timur

20. Lontong Spekkoek Waiki

Namanya unik banget deh ya, guys? Tapi janganlah membayangkan ini adalah Lontong. Karena sama sekali bukan Lontong. Tapi lebih kepada roll cake.

Ya cake gulung khas Semarang ini memang namanya Lontong Spekkoek Waiki. Cocok banget deh dibeli buat oleh-oleh. Apalagi rasanya juga amat memikat lidah.

  • Nama Tempat Kuliner: Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang
  • Harga: Rp30.000/pack
  • Jam Buka: 09.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Perintis Kemerdekaan No.25, Banyumanik, Semarang

21. Tumpi

Kalau makanan tumpi ini mirip banget sama peyek kacang. Hanya saja bentuknya lebih kecil dan bulat-bulat pipih.

Untuk rasanya ya gurih. Cocok untuk lauk makan atau jambalan. Tumpi cocok banget deh dibeli buat oleh-oleh keluarga di rumah.

  • Nama Tempat Kuliner: Oleh-Oleh Pandanaran 41
  • Harga: mulai dari Rp20.000/pack
  • Jam Buka: 08.00-20.00
  • Lokasi: Jalan Pandanaran 41, Kota Semarang

22. Torakur

Inilah inovasi kuliner paling kreatif dan jenius di Semarang. Bagaimana bisa? Ya soalnya ternyata cemilan yang sangat mirip dengan Kurma ini bukanlah buah kurma. Melainkan buah tomat.

Nama Torakur itu artinya Tomat dan Kurma. Wah-wah, memang deh ada-ada aja si penemu resep ini. Penjualan Torakur di kota Semarang tak kalah dari penjualan kurma loh! Kamu udah pernah cobain?

  • Nama Tempat Kuliner: Torakur
  • Harga: mulai dari Rp20.000/pack
  • Jam Buka: 09.00-21.00
  • Lokasi: Jalan Sukorini No.51, Tengeran, Bandungan, Semarang

23. Sate Kalak

Ini sebenarnya sate biasa. Hanya saja bumbunya beda dari sate kebanyakan karena memakai bumbu kalak. Tahukah apa itu Bumbu Kalak? Ini adalah bumbu yang terbuat dari santan dan aneka rempah.

Sate Bumbu Kalak khas Semarang memiliki rasa yang begitu meresap. Daging ayamnya juga jadi lebih empuk. Pokoknya maknyus banget deh! Kamu bakal rugi kalau nggak cobain.

  • Nama Tempat Kuliner: Grill On Restaurant
  • Harga: mulai dari Rp20.000
  • Jam Buka:10.00-22.00
  • Lokasi: Jalan Seroja Timur No.2, Semarang, Susan Building Floor 3

 24. Serikat Dagang Kopi

Tidak ada yang spesial sih dari tempat ngopi yang bernama Serikat Dagang Kopi. Tapi karena lokasinya di Semarang dan namanya unik banget. Maka kafe ngopi ini memang laris manis.

Kamu bisa memesan aneka es kopi maupun kopi-kopi kekinian yang hangat. Untuk urusan harga, salah satu kuliner khas Semarang ini membanderol harga rata-rata. Jadi masih terjangkau kantong mahasiswa.

  • Nama Tempat Kuliner: Serikat Dagang Kopi
  • Harga: mulai dari Rp18.000/pack
  • Jam Buka: 16.15-23.00
  • Lokasi: Jalan Taman Srigunying No.10, Semarang Utara

Berkunjung ke luar kota tidak lengkap rasanya kalau tidak minum kopi. Tapi kalau ke Semarang, coba deh datang ke Serikat Dagang Kopi. Dari namanya aja udah kelihatan banget uniknya, ya? Mengingatkan kita pada nama organisasi dagang di masa lalu.

Berdasarkan uraian 24 makanan khas Semarang versi jogja day di atas, manakah yang menurut kamu paling lezat? Jangan lupa aja deh kalau main ke sana cobain mampir ke outletnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!