15 Kuliner Khas Purwokerto Terkenal, Enak & Murah Meriah

Kuliner khas Purwokerto, apakah kamu tahu apa itu? Pasti sebagian orang akan menjawab Mendoan, sebuah tempe yang digoreng dengan balutan tepung berbumbu. Digorengnya tidak sampai garing alias “mendo”, sehingga lunak dan agak kenyal. Mendoan menjadi makanan wajib sehari-hari bagi mayoritas warga kota satria ini.

Kemudian, bagi mereka yang pernah menyambangi salah satu kota di Jawa Tengah ini pasti menjawabnya Gethuk Goreng. Tentu ini benar karena makanan berbahan singkong ini berasal dari Sokaraja, sebuah kecamatan yang jadi daerah penyangga kota Purwokerto.

Jika kamu ke tempat wisata Purwokerto, jangan lupa mampir ke Jalan Jenderal Soedirman Sokaraja, sepanjang kanan dan kiri jalan sudah berjajar deretan toko oleh-oleh khas Banyumas yang menjual aneka makanan khas Purwokerto. Umumnya didominasi oleh Gethuk Goreng Asli Haji Tohirin maupun gerai-gerai soto sokaraja, seperti Raja Soto Lama dan Soto Kecik.

Di bawah ini adalah daftar 15 kuliner khas Purwokerto yang patut kamu ketahui. Kuliner asli Purwokerto ini tergolong makanan ringan maupun berat. Apakah kamu pernah mencicipinya? Mari kita mulai dari yang paling tidak kamu kenal, tapi ternyata terkenal di kalangan warga lokal.

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Wonosobo Terkenal & Paling Enak

1. Sahoun Ayam Pak Kartim Purwokerto

kuliner purwokerto, sahoun ayam pak kartim

Mendengar nama “Sahoun”, kemungkinan yang ada dalam benakmu adalah “Bihun” atau “Sohun”? Tapi keduanya tidak tepat karena Sahoun bukanlah mereka, meskipun agak mirip.

Sahoun Ayam Pak Kartim, itulah nama dari tempat kuliner khas Purwokerto yang sama sekali tidak pernah membuka cabang di manapun. Padahal usianya sudah puluhan tahun. Kedai ini menjual kudapan unik berbentuk mirip mie gepeng warna putih dan kenyal, dengan kuah kaldu yang nendang sekali rasanya.

Kesan pertama saat melihat semangkok Sahoun, pasti akan mengiranya sebagai mie beras khas Jepang. Namun ternyata resep awalnya berasal dari Nyonya Shinsei, majikan Tionghoa dari Bu Kartim puluhan tahun silam.

Jadi sebelum membuka kedainya sendiri, Bu Kartim bekerja di warung milik Bu Shinsei yang jualan Sahoun pertama kalinya. Ia belajar cara membuat sahoun yang kenyal, enak dan cocok dimakan dengan kuah kaldu dan suwiran ayam. Dan setelah Nyonya Shinsei meninggal, Pak Kartim dan Bu Kartim meneruskannya.

Jika kamu ingin membelinya, kuliner khas Purwokerto ini bisa dibeli melalui aplikasi Gofood. Namun untuk memperoleh kenikmatan yang tiada tara, sebaiknya langsung datang ke lokasi. Harganya juga sedikit lebih murah kalau beli langsung. Dan ada sedikit tips, jika kamu tipikal orang yang mudah kenyang, sebaiknya beli setengah porsi saja. Boleh, kok!

• Nama Tempat Kuliner: Sahoun Ayam Pak Kartim
• Harga: Rp11.000/porsi (jika beli di lokasi langsung) atau Rp14.000 (order by Gofood)
• Jam Buka: 09.00 – 16.00
• Lokasi: Jalan Kaliputih No.16, Purwokerto Timur, Jawa Tengah

2. Sambel Layah Purwokerto

kuliner purwokerto, sambel layah

Restoran Ayam Sambel Layah nampaknya mulai mengepakkan sayap bisnisnya. Ekspansinya sangat terasa di kota-kota di Jawa Tengah, seperti Semarang, Ungaran dan Pati. Namun begitu, barangkali yang paling mengejutkan adalah mereka berhasil membuka cabang di ibukota Jakarta, yakni:

• Sambel Layah Cabang Klender Jakarta Timur
• Sambel Layah Cabang Lenteng Agung, Jakarta Selatan

Kesan paling mendalam dari makan ayam goreng, ayam lamongan maupun ayam bakar khas Sambel Layah Purwokerto adalah pada sambalnya, kemudian kremesannya, barulah harganya. Sambalnya terdiri dari varian sambal cabai merah maupun ijo.

Kremesannya sangat sedikit biasanya diberikannya, hanya sekitar 1 sendok makan (kalau takeaway) atau 2 sendok makan kalau langsung dimakan di lokasi. Jadi baiknya kamu makan terakhiran aja remukan kremes lezat ini. Biar tidak cepat habis.

Untuk persoalan harga, kuliner khas Purwokerto ini menjadi pioneer pertama dari ayam goreng murah tapi enak di kota satria ini. Pada awal-awal berdirinya pada tahun 2013, kita bisa memperoleh menu dada ayam Sambel Layah, nasi dan es teh hanya dengan harga Rp10.000.

Bayangkan! Ini sangat murah, kan? Tapi sekarang harganya mulai bervariasi, tergantung dari menu yang dipilih. Dan kami merekomendasikan agar kalian langsung beli dan makan di lokasi saja. Biar rasanya lezat karena masih hangat.

• Nama Tempat Kuliner: Sambel Layah Purwokerto
• Harga: mulai dari Rp10.000 (untuk menu potongan ayam+nasi, seperti wings)
• Jam Buka: 09.00 – 21.00
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman, Bantarsoka, Purwokerto Timur, Jawa Tengah

3. Bakso Pekih Purwokerto

Jika kamu sedang mencari bakso paling enak di kota Purwokerto, maka Pekih lah jawabannya. Satu-satunya warung bakso paling legendaris dan dikenal banyak pecinta bakso karena sudah lama berdirinya. Walau sedang hari raya lebaran pun, outletnya tetap buka dan malah makin laris.

Liburan ke Banyumas tidak akan cukup kalau belum mengunjungi gerai kuliner khas Purwokerto ini. Pastikan kamu sudah berada di jantung kota, yakni alun-alun Purwokerto untuk memudahkan mencapai lokasinya yang agak menjorok ke dalam jalan kecil, yakni jalan pekih.

Ada banyak varian bakso yang bisa dipilih, seperti bakso halus, urat dan telor puyuh. Semuanya enak dengan harga yang relatif sama. Jangan lupa pesan ketupat, klanting dan minuman seperti es teh atau jeruk untuk menambah kelezatan.

• Nama Tempat Kuliner: Bakso Pekih Purwokerto
• Harga: mulai dari Rp15.000
• Jam Buka: 09.00 – 21.00
• Lokasi: Jalan Pekih, Sokanegara, Purwokerto Timur, Jawa Tengah

4. Martabak 88 Purwokerto

Terkadang kita sering kelaparan di malam hari dan bingung mau makan apa. Menu makan berat terasa bosan, namun benar-benar ingin ngemil rasanya. Jika sudah begini, cobalah beli martabak saja! Bukannya cemilan ini memang selalu tersedia menjelang malam?

Bicara kuliner khas Purwokerto, maka Martabak 88 lah jawabannya. Ya, ini adalah salah satu kuliner khas Purwokerto yang paling lezat dan mewah. Maklum jika rasanya enak karena harganya juga di atas rata-rata. Sebanding dong dengan tingkat keenakannya.

Menu termahalnya adalah martabak asin spesial mix keju mozarella yang dibanderol dengan harga Rp120.000/pack. Dan yang paling murah adalah varian martabak manis coklat tipis yang cuma Rp39.000. Dan varian bestsellernya yakni martabak asin sapi keju mozarella spesial.

Wah-wah, dari namanya aja udah kerasa banget nikmatnya, ya? Kira-kira kamu lebih suka martabak 88 Purwokerto yang asin atau manis?

• Nama Tempat Kuliner: Martabak 88 Purwokerto
• Harga: mulai dari Rp39.000/pack
• Jam Buka: 17.00 – 23.00
• Lokasi: Jalan Dr.Angka No.2979, (RM Intan Sari) Purwokerto Utara, Jawa Tengah

5. Soto Kecik Sokaraja Purwokerto

Kuliner khas Purwokerto selanjutnya adalah Soto Sokaraja atau biasa pula disebut Sroto Sokaraja adalah jenis soto dengan kuah yang kuat dengan rasa rempah-rempah dan dimakan dengan sambal kacang. Ada yang soto sapi, namun ada pula yang soto ayam.

Buat kamu yang baru pertama kali datang ke Purwokerto pasti masih bingung, di mana bisa beli sroto sokaraja yang cocok untuk lidah semua orang? Cobalah saja datang ke Soto Kecik Sokaraja. Outletnya ada di sela-sela keramaian toko oleh-oleh di jalan Jenderal Soedirman Sokaraja.

• Nama Tempat Kuliner: Soto Kecik Sokaraja
• Harga: mulai dari Rp21.500
• Jam Buka: 24 jam
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman Sokaraja, Banyumas

6. Soto Jalan Bank Purwokerto

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut soto jalan bank. Sebuah gerai soto Banyumasan yang juga amat terkenal di kalangan turis dan pendatang. Banyak artis dan public figure yang sedang berkunjung ke kota satria pasti menyempatkan makan di sini.

Apa sih yang paling enak dari soto jalan Bank? Tiap orang punya kesan masing-masing saat menyantapnya. Ada yang tergiur dengan sambalnya. Bahkan ada yang terpesona hanya dengan memakan mirengnya. Apa itu mireng? Semacam kerupuk warna kuning berbentuk jalinan mie yang melingkar.

• Nama Tempat Kuliner: Soto Jalan Bank
• Harga: mulai dari Rp25.000
• Jam Buka: 10.00 – 20.30
• Lokasi: Jalan RA Wiryaatmaja No.14-15, Pesayangan, Purwokerto Barat

7. Ayam Geprek Bae

Tak mau ketinggalan dengan wabah ayam geprek, kota Purwokerto pun punya brand lokal sendiri dari pengusaha lokal, yaitu Ayam Geprek Bae. Cabangnya sudah ada di kota Purwokerto sendiri, Sokaraja dan Purbalingga.

Meskipun kuliner khas Purwokerto ini tampak biasa saja, yakni kudapan ayam geprek. Namun yang membedakan dari outlet serupa adalah sajian prasmanan lauk-pauknya. Jadi kalau kita makan di sana, nasinya ambil sendiri, sayurnya boleh ambil sendiri gratis 2 macam. Dan nantinya baru pramusaji bakal menggeprek ayam sesuai menu pesanan kita serta meletakkannya ke piring kita.

• Nama Tempat Kuliner: Ayam Geprek Bae Cabang Sokaraja
• Harga: mulai dari Rp13.500
• Jam Buka: 09.00 – 21.00
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja, Banyumas

8. Roti Go Purwokerto

Sekarang banyak sekali menjamur bakery ada di mana-mana. Namun tahukah kamu apa dan di mana bakery tertua di Indonesia? Jawabannya adalah Roti Go. Memang sepertinya toko kue ini mesti banyak-banyak melakukan branding dengan “imej toko roti tertua di Indonesia” untuk menarik pembeli.

Banyak warga lokal Purwokerto dan sekitarnya yang masih belum tahu kuliner khas Purwokerto ini. Meski samar-samar dalam mereka masih ingat akan legendarisnya sebuah roti keliling di tahun 90-an dulu. Ya, konon kabarnya sebelum mangkal jadi bakery, Roti Go dijual keliling dari kampung ke kampung, sudut kota ke sudut kota.

• Nama Tempat Kuliner: Toko Roti Go
• Harga: mulai dari Rp8000
• Jam Buka: 09.00 – 20.30
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman, Kauman Lama, Purwokerto Timur

9. Nasi Goreng Air Mancur Purwokerto

Hayoo, siapa yang suka makan nasi goreng? Sudah siap belum makan nasi goreng paling enak dan terkenal seantero Purwokerto? Cobalah datang ke nasi goreng air mancur. Entah apa nama sebenarnya dari warung nasgor ini, tapi orang-orang menyebutnya nasi goreng air mancur.

Kalau bicara air mancur di kota satria ini, maka jawabannya terletak di kecamatan Berkoh, di dekat pintu masuk kota dari arah Sokaraja. Di sinilah adalah bundaran dengan air mancur yang kadang-kadang mati, kadang-kadang hidup. Kuliner khas Purwokerto ini punya banyak varian, paling terkenal adalah nasi goreng seafoodnya.

• Nama Tempat Kuliner: Nasi Goreng Air Mancur Purwokerto
• Harga: mulai dari Rp15.000
• Jam Buka: 18.00-23.00
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman No.928, Berkoh, Purwokerto Selatan

10. Buntos Chicken Purwokerto

Hampir saja terlupakan, padahal Kuliner khas Purwokerto juga termasuk restoran ayam lokal paling bergengsi ini. Restoran fastfood ini mirip lah menunya dengan McDonald dan KFC. Bedanya, pemiliknya adalah orang Purwokerto asli, yakni Buntoro.

Tahukah kalian siapa Pak Buntoro? Dialah bos, CEO alias pemilik dari Rita Supermall dan jaringan toko ritel dan swalayan Rita. Wah, pantesan ya namanya Buntos! Ternyata inspirasinya dari nama sang bos besar.

Pertama kali dibuka, Buntos Chicken hanya mendompleng tempat yang sudah ada, seperti di dalam area swalayan dan ritel Rita. Namun kini sudah ada outlet Buntos Chicken sendiri yang besar, bahkan lebih besar dari outlet KFC pada umumnya. Lokasinya tak jauh dari Rita Supermall.

• Nama Tempat Kuliner: Buntos Chicken
• Harga: mulai dari Rp10.000
• Jam Buka: 09.00 – 22.00
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman No.186 Purwokerto Timur, Jawa Tengah

11. Gethuk Goreng Asli Haji Tohirin Purwokerto

Rasanya aneh jika tidak menyebut Gethuk Goreng Sokaraja sebagai Kuliner khas Purwokerto. Jangan lupa sebelum mengakhiri kunjungan di kota ini, belilah dulu oleh-oleh gethuk goreng. Makanan ini punya rasa sangat unik, terbuat dari gethuk yang digoreng.

Bentuknya bulat asimetris dengan warna coklat tua. Biasanya dijual dalam kemasan besek ¼ kg hingga 2 kg-an per besek. Salah satu gerai gethuk goreng yang merajai jantung Sokaraja adalah milik Haji Tohirin.

• Nama Tempat Kuliner: Gethuk Goreng Asli Haji Tohirin
• Harga: mulai dari Rp25.000
• Jam Buka: 08.00-22.00
• Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja, Banyumas

12. Sriping Pisang Madu Bu Siti Purwokerto

Kudapan sriping itu biasa banget memang. Apakah ini bisa dimasukkan ke dalam daftar kuliner khas Purwokerto? Ya, sangat bisa karena sriping pisang madu ini sangat enak rasanya. Lain dari yang lain. Resepnya sungguh khusus racikan dari seorang pengusaha kuliner UKM yang bernama Bu Siti.

Usahanya sangat maju sehingga produksinya pun amat banyak dengan mempekerjakan banyak karyawan. Paling enak adalah varian pisang madu manisnya! Tekstur renyah dan tidak keras. Manisnya pas dan sungguh kalau makan bikin ketagihan.

• Nama Tempat Kuliner: Sriping Madu Bu Siti
• Harga: Rp60.000/kg
• Jam Buka: 09.00 – 21.00
• Lokasi: Jalan Pramuka RT 5 RW 4, Sokaraja Lor

13. Jenang Jaket Asli Mersi Purwokerto

Kuliner khas Purwokerto ini sangat cocok untuk oleh-oleh. Tidak hanya orang tua saja yang suka makanan tradisional ini, namun anak-anak muda juga suka. Jenang jaket menjadi salah satu makanan khas unggulan kabupaten Banyumas.

Sepertinya kamu tidak akan bisa menemukan makanan ini di luar wilayah kabupaten Banyumas, sekalipun ada, pasti produsennya dari Banyumas. Sentra paling terkenal dari produsen jenang jaket adalah kecamatan Mersi. Salah satunya adalah brand Jenang Jaket Asli.

• Nama Tempat Kuliner: Bakso Pekih Purwokerto
• Harga: mulai dari Rp15.000
• Jam Buka: 09.00 – 21.00
• Lokasi: Jalan Adipati Mersi No.68, Purwokerto Timur, Jawa Tengah

14. Seafood Haji Soleh Purwokerto

Nih buat kamu para pecinta seafood. Kalau ingin beli seafood yang puas dan kiloan, datanglah ke Seafood Haji Soleh. Kamu bisa beli aneka macam masakan seafood, seperti kepiting saos padang, udang asam manis, cumi saus tiram, maupun kerang hijau, kerang dara dan aneka ikan bakar. Siapin aja uang yang banyak biar kalau makan di sini bisa puas.

• Nama Tempat Kuliner: Seafood Haji Soleh
• Harga: mulai dari Rp20.000
• Jam Buka: 11.00-21.30
• Lokasi: Jalan Brigjend Encung Blok 6A, Purwokerto Timur, Jawa Tengah

15. Bebek Goreng Haji Slamet Purwokerto

Kalau lagi bosan makan ayam, ikan, sayuran dan malah ingin makan bebek, maka datang saja ke Bebek Goreng Haji Slamet. Ini tempat makan bebek paling terkenal dan berkelas di kota Purwokerto. Kalau datang ke sana jangan sendirian ya! Setidaknya bawalah pacar atau keluarga.

Resto bebek ini sudah memiliki nama sejak dulu kala, bahkan sebelum era kuliner merebak drastis seiring melejinya industri IT dan delivery order. Jadi sempatkan mampir ke tempat kuliner khas di Purwokerto ini, ya!

• Nama Tempat Kuliner: Bebek Goreng Haji Slamet Cabang GOR Satria
• Harga: mulai dari Rp28.000/pack
• Jam Buka: 08.00-21.45
• Lokasi: Jalan Dr.Suharso No.999 Purwokerto Timur, Jawa Tengah

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Bali Terkenal, Enak & Murah Meriah

Dari sekian banyak daftar tempat kuliner di Purwokerto dari jogja day, manakah yang paling menggugah seleramu, guys? Jangan lupa ya untuk turut mempromosikan juga makanan-makanan lokal Purwokerto ini. Agar makin banyak orang yang kulineran di kota berjuluk kota satria ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!