15 Kuliner Khas Malang Legendaris, Murah & Enak

Siapa nih yang punya rencana liburan ke Malang? Selain jalan-jalan ke objek wisata terkenal di Malang, jangan lewatkan kuliner khas Malang yang menggoyang lidah.

Ternyata nih sob, banyak banget kuliner legendaris di Malang yang masih eksis sampai saat ini karena memang terkenal enak. Bahkan ada yang sampai harus ngantre lho untuk mencicipinya. Makanya, sayang banget kan, kalau kalian lagi di Malang terus malah melewatkan kulinernya.

Supaya kamu nggak bingung, Jogjaday sudah merangkum 15 kuliner khas Malang yang wajib banget kamu coba. Yuk, simak kuliner apa saja yang melegenda dan khas di kota Malang.

1. Pos Ketan Legenda (1967) Khas Malang

Pos Ketan Legenda. Photo ig: @uvfoods
Pos Ketan Legenda. Photo ig: @uvfoods

Tempatnya memang berupa kedai kecil, tetapi tidak pernah sepi pengunjung. Pos Ketan Legenda merupakan salah satu kuliner legendaris Surabaya yang sudah eksis sejak 1967 lho. Berlokasi di sekitar Alun-Alun Batu, Pos Ketan Legenda selalu ramai karena selain tempatnya strategis, kedai ini menjual berbagai menu olahan ketan yang enak banget. Jadi jangan kaget sob, kalau pas mampir ke kedai ini kamu akan melihat antrean yang super panjang.

Menu olahan ketan kedai Pos Ketan Legenda variatif, ada ketan bubuk orisinal dan ketan dengan topping. Nah, toppingnya ini macam-macam, ada meses, keju, pisang, susu bahkan toping durian.

Kedai Pos Ketan Legenda beralamat di Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Kedai Pos Ketan Legenda buka pukul 07.30-15.30 dan 16.30-03.00. Supaya tidak terlalu lama antre, kamu bisa coba datang lebih sore atau menjelang dini hari. Harga menu di sini nggak mahal kok, dibandrol kisaran Rp5.000-Rp10.000 saja.

Lokasi : Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Malang
Harga : Rp5.000 – Rp10.000
Jam Buka : 07.30 – 15.30, 16.30 – 03.00

2. Bakpao Boldy (1950)/Non Halal Khas Malang

Bakpao Boldy. Photo ig: @bakpaoboldy
Bakpao Boldy. Photo ig: @bakpaoboldy

Nama bakpao ini cukup unik, karena dahulu nama jalan tempat jualan bakpao ini dikenal dengan nama Jalan Boldy. Kuliner peranakan ini sudah bertahan lebih dari lima dekade lho karena memang enak banget, adonannya lembut dan punya banyak varian rasa.

Setidaknya ada tujuan varian rasa yang bisa kamu coba di Bakpao Boldy, antara lain isian ayam cincang, ayam kecap, babi cincang, babi kecap, kacang hijau, tausa dan kacang tanah. Soal rasa tidak usah diragukan lagi, sob. Apalagi kalau dimakan saat masih hangat sambil minum teh manis. Kebayang kan lezatnya?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, coba deh mampir ke Jalan Mangun Sarkoro No. 25 Jodipan, Blimbing, Kota Malang. Tempat jualan Bakpao Boldy buka antara pukul 07.00-17.00. Harga Bakpao Boldy mulai dari Rp9.000. Jadi dengan membawa uang Rp50.000 saja, kamu sudah bisa mencoba berbagai varian rasa Bakpao Boldy. Cukup terjangkau kan?

Lokasi : Jalan Mangun Sarkoro No. 25 Jodipan, Blimbing, Kota Malang
Harga : Mulai dari Rp9.000
Jam Buka : 07.00 – 17.00

3. Toko Oen (1930) Malang

Toko Oen. Photo ig: @andiwiguno
Menu Es Krim di Toko Oen. Photo ig: @andiwiguno

Nah, kedai ini termasuk kedai paling tua di Malang. Toko Oen sudah ada sebelum Indonesia merdeka dan menyajikan nuansa lawas pada desain bangunannya. Jadi kita seolah-olah kembali ke masa lalu guys karena bangunan tuanya. Konon Toko Oen ini sering dijadikan tempat nongkrongnya orang Belanda.

Selain kedai yang sudah tua, hal yang membuat Toko Oen ini sangat legendaris adalah kuliner khas Eropa yang resepnya tidak berubah sejak awal dibuka. Menu yang dijual didominasi oleh olahan es krim buatan tangan dengan beberapa kombinasi rasa seperti cokelat, vanila, kopi, sparkling delight, tutty fruity cassata dan lain-lain. Selain menu unggulan es krim yang legendaris, Toko Oen juga menjual nasi goreng khas Malang, steak dan aneka kudapan manis.

Toko Oen berada di pusat kota Malang, persisnya di Jalan Basuki Rahmat No. 5 Kauman, Klojen, Kota Malang, di seberang Gereja Katolik Hati Kudus Yesus. Jadi sekitar 50 meter dari alun-alun. Kamu bisa datang antara pukul 08.00-21.30. Harga menu di Toko Oen cukup terjangkau, berkisar antara Rp20.000-Rp50.000.

Lokasi : Jalan Basuki Rahmat No. 5 Kauman, Klojen, Kota Malang
Harga : Rp20.000 – Rp50.000
Jam Buka : 08.00 – 21.30

4. Soto Geprak Mbah Djo (1935) Malang

Soto Geprak Mbah Djo. Photo ig: @batutravel
Soto Geprak Mbah Djo. Photo ig: @batutravel

Tidak kalah legendarisnya dengan Toko Oen, Soto Geprak Mbah Djo juga menjadi tujuan wisata kuliner favorit wisatawan. Soto Geprak Mbah Djo diracik dengan bumbu tradisional yang memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang kuat.

Selain diracik dengan bumbu khas, teknik pengolahan dagingnya juga unik, yakni dengan cara digeprak atau dihancurkan dulu sampai empuk. Hal ini berawal dari kebiasan Mbah Djo yang suka menggeprak atau memukul-mukul daging untuk mendapatkan tekstur daging yang halus. Selain soto geprak, kedai Soto Geprak Mbah Djo juga menjual bebek goreng, ayam goreng dan bakso.

Penasaran dengan soto geprak Mbah Djo? Coba deh mampir ke Jalan Letjen S. Parman No. 77-79 Malang. Buka antara pukul 08.00-18.00, harga menu di kedai Soto Geprak Mbah Djo sangat terjangkau, yakni berkisar antara Rp7.000-Rp20.000.

Lokasi : Jalan Letjen S. Parman No. 77-79 Malang
Harga : Rp7.000 – Rp20.000
Jam Buka : 08.00 – 18.00

5. Angsle & Ronde Titoni (1948) Malang

Warung Angsle dan Ronde Titoni. Photo ig: @katalogmalang
Warung Angsle dan Ronde Titoni. Photo ig: @katalogmalang

Mau coba yang hangat-hangat? Mampir deh ke depot Angsle dan Ronde Titoni legendaris ini. Di sini kamu bisa mencicipi semangkuk angsle atau ronde dengan kuah jahe yang khas untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin kota Malang.

Meskipun kedainya kecil, soal rasa angsle dan ronde Titoni sudah jelas nikmat sehingga tidak heran bisa eksis selama 70 tahun. Ronde yang dijual di sini ada dua jenis, ronde kering dan ronde basah. Dua-duanya wajib kamu coba karena sama-sama enak dan bikin tubuh hangat.

Kalau mau mencicipi angsle dan ronde Titoni, kamu harus rela antre sob, tetapi dijamin nggak kecewa deh sama rasanya. Kamu bisa datang ke Jalan Zainul Arifin No. 17 Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Buka Senin sampai Sabtu antara pukul 18.00-00.00. Untuk mencicipi menu lezat di depot Titoni, kamu cukup merogoh kocek Rp7.000-Rp9.000 saja. Murah banget kan?

Lokasi : Jalan Zainul Arifin No. 17 Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Harga : Rp7.000 – Rp9.000
Jam Buka : 18.00 – 00.00

6. Depot Rawon Nguling (1942) Malang

Menu Warung Rawon Nguling. Photo ig: @stevylaya
Menu Warung Rawon Nguling. Photo ig: @stevylaya

Kalau main ke Malang, jangan lewatkan Rawon Nguling yang sudah eksis sejak 1942 ini. Saking legendarisnya, Depot Rawon Nguling ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, sob. Ada dua varian rawon yang dijual di Depot Rawon Nguling, yakni Rawon Dhengkul dan Rawon Biasa.

Bumbu rempah rawon diracik dengan bumbu khas bernama kluwak dan uniknya daging sapi pada rawon ini empuk dan diiris besar-besar. Berbeda dengan rawon kebanyakan yang menyajikan daging yang cukup alot. Kuahnya juga tidak terlalu pekat dan berlemak. Penasaran kan, mencicipi kuliner khas yang diracik dengan bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, ketumbar dan minyak nabati ini.

Selain menu rawon, depot ini menjual hidangan pendamping seperti tempe, perkedel, babat goreng, mendol dan empal daging yang juga lezat dan tidak terlalu alot. Untuk mencoba rawon Nguling, kamu bisa datang ke Jalan Zainul Arifin No. 62 Klojen, Kota Malang antara pukul 07.00-16.30. Harga menu di depot ini dibandrol antara Rp14.000-Rp35.000.

Lokasi : Jalan Zainul Arifin No. 62 Klojen, Kota Malang
Harga : Rp14.000 – Rp35.000
Jam Buka : 07.00 – 16.30

7. Depot Hok Lay (1946) Malang

Menu Depot Hok Lay. Photo ig: @nithaisti
Menu Depot Hok Lay. Photo ig: @nithaisti

Selain Bakpao Boldy, ada lagi nih kuliner peranakan khas Malang. Depot Hok Lay dibuka pertama kali pada 1946 dan menyajikan kuliner autentik yang lezat dan murah sampai sekarang.

Ada beberapa menu andalan yang menjadi ciri khas dari Depot Hok Lay, antara lain pangsit cwiemie, lumpia dan fosco. Rasa kuah pangsit cwiemie andalah Hok Lay ini gurih dan lembut, sob. Taburan daging ayam, daun bawang dan pangsit goreng menambah kelezatan cwiemie. Tidak kalah lezat, lumpia Hok Lay dengan isian ayam cincang dan rebung ini memiliki cita rasa yang sama dengan lumpia di Semarang dengan saus dan acar mentimun yang khas.

Jangan sampai melewatkan fosco, minuman khas yang cuma ada di Depot Hok Lay. Fosco diracik dengan resep lama dari zaman Belanda, yakni terbuat dari campuran cokelat dan susu murni dan disajikan dalam keadaan dingin dalam botol minuman kaca. Yummy!

Depot Hok Lay berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 10 Klojen, Kota Malang. Buka pukul 09.00-13.30 dan 17.00-20.30. Untuk mencicipi pangsit cwiemie, kamu cuma perlu merogoh kocek Rp15.000, seporsi lumpia Rp11.000 dan sebotol fosco Rp6.000.

Lokasi : Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 10 Klojen, Kota Malang
Harga : Rp6.000 – Rp15.000
Jam Buka : 09.00 – 13.30, 17.00-20.30

8. Phutu Lanang Celaket (1935) Malang

Phutu Lanang Celaket. Photo ig: @ruthanntraylor
Phutu Lanang Celaket. Photo ig: @ruthanntraylor

Hayo, siapa yang suka sama kue putu? Di Malang ada nih, warung legendaris yang menjual menu andalah kue putu dan aneka jajanan khas lainnya seperti cenil, lupis dan klepon.

Warung Phutu Lanang Celaket didirikan oleh Bu Soepijah sejak 1935 dan selalu ramai pengunjung sampai sekarang. Kue putu terbuat dari tepung beras yang dikukus dengan cara tradisional dan disajikan dengan parutan kelapa muda dan gula merah cair di atas daun pisang. Rasanya gurih banget, sob!

Warung yang sudah melegenda ini berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Klojen, Kota Malang. Warung Phutu Lanang buka dari pukul 18.00 dan tutup kalau saat menu sudah habis. Jadi datanglah sedini mungkin sob, biar nggak kehabisan. Harga seporsi kue putu murah kok, cuma Rp10.000 saja.

Lokasi : Jalan Jaksa Agung Suprapto Klojen, Kota Malang
Harga : Rp10.000
Jam Buka : 18.00 – sampai menu habis

9. Rumah Makan Cairo (1952) Malang

Menu Rumah Makan Cairo. Photo ig: @mrs_saputra
Menu Rumah Makan Cairo. Photo ig: @mrs_saputra

Nah, selain menu autentik khas Malang dan menu peranakan Tionghoa yang legendaris, di Malang kamu juga bisa menemukan rumah makan khas Timur Tengah lho. Di rumah makan Cairo, kamu bisa mencoba berbagai menu khas Timur Tengah seperti nasi kebuli, nasi biryani, sate, gule, nasi goreng kambing, dan lain-lain.

Selain menu berat ada menu yang lebih ringan juga kok, seperti roti maryam, kebab dan martabak telor. Namun, yang membuat Rumah Makan Cairo ini berbeda adalah olahan daging kambingnya yang tidak berbau, lembut, gurih dan disajikan dengan bumbu yang lezat. Makin lengkap lagi kalau kamu mencoba susu kambing murni yang bergizi.

Rumah Makan Cairo beralamat di Jalan Kapten Pierre Tendean No. 1 Malang dan buka antara pukul 08.00-22.00. Harga menu di sini cukup terjangkau berkisar antara Rp15.000-Rp40.000.

Lokasi : Jalan Kapten Pierre Tendean No. 1 Malang
Harga : Rp20.000 – Rp40.000
Jam Buka : 08.00 – 22.00

10. Depot Gang DJangkrik (1960)/Non Halal Malang

Mie Pangsit Depot Gang Djangkrik. Photo ig: @elly_liem
Mie Pangsit Depot Gang Djangkrik. Photo ig: @elly_liem

Satu lagi kuliner peranakan legendaris kota Malang, Depot Gang Djangkrik. Menu andalan mie pangsit dan makanan oriental lainnya sangat populer. Saat ini Depot Gang Djangkrik dikelola oleh generasi kedua dan ketiga.

Mie pangsit yang menjadi andalan Depot Gang Djangkrik memiliki banyak varian topping, antara lain ayam jamur, babi panggang, babi merah, iga babi dan lain-lain. Selain mie pangsit, kamu juga bisa mencoba bubur ayam tradisional yang bikin nagih.

Depot Gang Djangkrik berada di dua lokasi, yakni di Jalan Letjen Sutoyo No. 136 dan Jalan Soekarno-Hatta No. 4-B yang hanya menyediakan menu halal. Jam buka antara pukul 09.00-21.00. Harga menu di sini cukup murah lho, berkisar antara Rp20.000-Rp40.000.

Lokasi : Jalan Letjen Sutoyo No. 136 dan Jalan Soekarno-Hatta No. 4-B
Harga : Rp20.000 – Rp40.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00

11. Warung Lama Haji Ridwan (1925) Malang

Menu Warung Lama Haji Ridwan. Photo ig: @koh_aming
Menu Warung Lama Haji Ridwan. Photo ig: @koh_aming

Warung Lama Haji Ridwan sudah tidak diragukan lagi sebagai warung legendaris dengan menu yang lezat. Berada di dalam area Pasar Besar Kota Malang, Warung Lama Haji Ridwan bisa menjadi pilihan buat kamu yang kelaparan ketika belanja di pasar.

Menu utama Warung Lama Haji Ridwan antara lain sate komoh bakar, tempe goreng dan ayam goreng. Sate komoh menjadi primadona warung makan ini, terbuat dari daging bacem yang diberi bumbu rempah khas yang mirip dengan bumbu Bali tetapi terasa agak manis. Sekarang, menu di warung ini sudah lebih beragam. Kamu bisa mencoba nasi rawon, otak goreng, sate usus sapi, perkedel, dan daging bumbu rujak. Semuanya dimasak dengan resep Jawa kuno.

Coba deh, mampir ke Pasar Besar Malang, Lantai Dasar Unit B15-16 di Jalan Pasar Besar, Klojen, Kota Malang. Kamu bisa datang antara pukul 08.00-16.00. Harga makanannya pun murah meriah, mulai dari Rp5.000.

Lokasi : Pasar Besar Malang, Lantai Dasar Unit B15-16 di Jalan Pasar

Besar, Klojen, Kota Malang

Harga : Mulai dari Rp5.000
Jam Buka : 08.00 – 16.00

12. Sate Landak Bu Ria (2001) Malang

Sate Landak di Depot Landak Bu Ria. Photo ig: @kardiovskuliner
Sate Landak di Depot Landak Bu Ria. Photo ig: @kardiovskuliner

Nah, kalau yang ini masih tergolong baru, sob. Namun sepertinya tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan menu ekstrim yang ada di Depot Landak Bu Ria. Di antara kalian apakah sudah ada yang pernah mencoba sate landak?

Sate landak Bu Ria tidak berduri kok, tekstur dagingnya justru lembut dan dimasak dengan bumbu kacang dan kecap yang kelezatannya bikin ketagihan. Daging kaya protein mungkin bikin awalnya bikin kamu ragu. Namun sekali-sekali coba deh mencicipi sate landak Bu Ria untuk menjawab rasa penasaran kamu.

Menu di Depot Landak Bu Ria ini cukup beragam lho. Selain sate landak, kamu juga bisa mencoba sate kelinci, sate ayam, sate kambing, sate biawak, sate bulus, krengsengan, pecel, rawon sampai nasi babat.

Depot Landak Bu Ria terletak di Jalan Raya Bugis No. 47 Saptorenggo, Pakis Malang dan buka antara pukul 09.00-21.00. Harga menu di depot ini cukup terjangkau, antara Rp15.000-Rp40.000.

Lokasi : Jalan Raya Bugis No. 47 Saptorenggo, Pakis Malang
Harga : Rp15.000 – Rp40.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00

13. Warung Sate Gebug (1920) Malang

Sate Gebug. Photo ig: @hellomalang
Sate Gebug. Photo ig: @hellomalang

Bicara kuliner legendaris di Malang memang tidak ada habisnya ya. Bayangkan, Warung Sate Gebug ini berdiri sejak 1920 yang artinya sudah hampir satu abad, sob! Warung ini berdiri di lokasi gardu listrik zaman dulu dan tidak pernah pindah tempat ataupun buka cabang.

Cara memasak sate gebug ini unik, seperti namanya daging sate digebug dulu sebelum dibakar. Resep sate diturunkan tanpa ada perubahan rasa. Dagingnya sangat lembut dengan bumbu yang lezat. Menu pendamping yang ditawarkan antara lain soto, rawon dan sop yang tak kalah nikmat.

Kamu bisa mampir ke Jalan Basuki Rachmat No. 113A Kota Malang jika ingin mencicipi sate gebug. Warung ini buka hari Sabtu – Kamis antara pukul 08.00-16.30. Harga menu di Warung Sate Gebug dibandrol mulai dari Rp18.000 sampai kisaran Rp25.000.

Lokasi : Jalan Basuki Rachmat No. 113A Kota Malang
Harga : Rp18.000 – Rp25.000
Jam Buka : 08.00 – 16.30

14. Depot Tahu Lontong Lonceng (1935) Malang

Tahu Lontong Lonceng. Photo ig: @malangeatery
Tahu Lontong Lonceng. Photo ig: @malangeatery

Depot Tahu Lontong Lonceng wajib banget kamu coba, sob. Kuliner khas yang satu ini boleh dibilang sederhana tetapi memiliki cita rasa yang lezat. Depot legendaris ini menjual aneka makanan seperti tahu telor lontong, tahu telor nasi, tahu lontong biasa dan aneka minuman.

Sejak dahulu, sajian tahu lontong Lonceng tidak pernah berubah. Kamu pasti ngiler melihat sepiring tahu lontong yang disajikan dengan kecambah, mentimun dan disiram bumbu kacang gurih dicampur sambal petis yang lezat banget di lidah.

Kalau kamu penasaran dengan tahu lontong Lonceng, datang deh ke Jalan Laksmana Martadinata No. 66 Kota Malang. Depot ini buka mulai pukul 08.00-20.00. Harga makanan di sini murah banget, berkisar antara Rp8.000-Rp 10.000.

Lokasi : Jalan Laksmana Martadinata No. 66 Kota Malang
Harga : Rp8.000 – Rp10.000
Jam Buka : 08.00 – 20.00

15. Sego Resek (1959) Malang

Kedai Sego Resek. Photo ig: @henda.image
Kedai Sego Resek. Photo ig: @henda.image

Namanya memang sego resek (resek berarti sampah), tetapi rasanya sama sekali nggak resek. Buktinya kuliner ini bertahan sejak 1959 hingga saat ini. Bahkan saat kedai baru dibuka, sudah terlihat kerumunan orang yang mengantre lho, sob.

Sego resek yang lezat ini dimasak dengan menggunakan arang panas dan dimasak dengan porsi besar. Penjual sego resek bisa memasak 2 kilogram nasi dalam sekali waktu dengan wajan super besar. Ini atraksi yang cukup menarik lho. Nah, isian nasi goreng ini antara lain kecambah, kubis, ayam goreng suwir, telur goreng, jeroan dan daun bawang.

Kedai yang didirikan Pak Noto dan Bu Sadiah ini berada di Jalan Brigjen Katamso No. 4 Kauman, Klojen, Kota Malang. Kamu bisa mampir pukul 18.00-22.00. Untuk bisa mencicipi sego resek, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp15.000 saja.

Lokasi : Jalan Brigjen Katamso No. 4 Kauman, Klojen, Kota Malang
Harga : Rp15.000
Jam Buka : 18.00 – 22.00

Gimana sob, kuliner khas legendaris di kota Malang versi jogja day ini nggak bikin kantong kering kan? Sayang banget lho kalau kamu melewatkan berbagai macam kuliner khas legendaris ini.

Tidak hanya harga makanan yang ramah di kantong, cita rasa makanan-makanan ini pun sangat lezat dan khas. Dijamin deh, menu-menu autentik ini bakalan bikin kamu ketagihan dan ingin balik lagi untuk makan. Sekarang catat dulu deh, daftar kuliner khas Malang ini.

Bagi kalian yang berencana liburan ke Malang, sudah menentukan pilihan belum kira-kira kuliner khas Malang yang mana yang pengen banget kamu coba? Atau jangan-jangan malah pengen coba semuanya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!