Kota Makassar yang berada di Sulawesi Selatan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki beragam wisata dan kuliner enak dan wajib kamu coba. Mulai dari perekonomian, kebudayaan, wisata hingga kuliner membuat kota ini tidak kekurangan daya tarik untuk wisatawannya, apalagi Makassar punya pelabuhan Paotere yang tidak hanya sebagai pintu masuk jalur laut namun juga surganya supply makanan laut.

Lengkapnya potensi kota Makassar ini berusaha tim JogjaDay rangkum dalam artikel berikut ini yang menyediakan informasi tentang kuliner khas Makassar yang patut kamu coba diantaranya ialah coto makassar dan pallubasa sebagai makanan representatif kota Makkasar ada juga sarabba dan es pisang ijo sebagai minuman representatif kota daeng ini!

Nah, coba simak langsung rangkuman tim JogjaDay mengenai kuliner khas Makassar berikut ini ya!

1. Coto Makassar

kuliner khas makassar
sumber foto : IG @hanhanny

Coto Makassar adalah kuliner khas Makassar yang pastinya digemari oleh warga Sulawesi Selatan. Kuliner ini banyak digemari karena rasanya yang lezat kaya akan rempah dan sangat cocok dinikmati untuk sarapan makan siang ataupun makan malam.

Orang-orang yang belum familiar dengan coto Makassar sering menyebutnya soto makassar, namun jangan salah, namanya memang benar Coto Makassar, jika hendak makan coto pun orang Makassar sendiri sering menyebut “MaCo” singkatan dari makan coto.

Coto Makassar atau biasa juga disebut coto mangkasara adalah makanan yang berisi jeroan daging sapi. Jeroan dan daging sapi ini sebelumnya telah direbus dalam waktu yang lama agar tidak alot untuk dimakan. Kemudian saat Anda memesan seporsi coto, daging akan diiriskan lalu diletakkan pada wadah mangkok kecil, kemudian disiram dengan kuah yang berwarna gelap sudah dibumbui dan diracik secara khusus.

Semangkok coto makassar ini dihidangkan saat masih panas lalu ditaburi dengan daun bawang untuk menambah kelezatan dan kesegaran rasa coto. Coto Makassar sendiri khususnya dimakan bersama ketupat atau burasa’ sebutan orang Bugis untuk lapat, lontong yang diberi santan.

Dulu, Coto Makassar dihidangkan menggunakan daging sapi tanderloin dan sirloin yang mana pada saat itu hanya dapat dinikmati oleh anggota keluarga kerajaan pada masa kerjaaan Gowa abad ke-16.  Sementara coto dengan bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah dan para pengabdi dalem kerajaan. Namun, saat ini coto makassar sudah sangat tersebar di sulawesi selatan sendiri bahkan seluruh Indonesia.

Di Makassar sendiri ada beberapa Kedai Coto Makassar yang sudah tidak diragukan lagi keenakannya salah satunya adalah Coto Nusantara yang berada di Jalan Nusantara dekat dengan Pantai Losari, Coto Gagak berada di Jalan Gagak dan Coto Alauddin yang beradi di jalan Alauddin. Hmm, bagaimana apakah Anda tertarik untuk merasakan sedapnya Coto Makassar?

Harga Coto Makassar = Mulai dari Rp 15.000

2. Pallubasa Makassar

kuliner khas makassar pallubasa
sumber foto : IG @channelmakassar_

Kuliner selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan jika membahas kuliner dari kota Makassar adalah Pallubasa atau biasa disingkat dengan Palbas. Pallubasa dan Coto Makassar jika diliat memang mirip namun sebenarnya kedua kuliner ini tidaklah sama. Meski sama-sama memiliki isi yang sama yaitu daging jeroan yang direbus lama, namun yang membedakan adalah kuah dari Pallubasa itu sendiri.

Dimana selain diracik dengan bumbu-bumbu khusus, bumbu Pallubasa kemudian dimaukkan parutan kelapa yang telah disangrai kemudian ditambahkan dengan santan. Rasa kuah yang sedap pun menyatu dengan parutan kelapa dengan kuah yang sedikit lebih kental dari kuah Coto Makassar.

Jika Coto Makassar dimakan bersama ketupat, Pallubasa ini umumnya dimakan bersama dengan sepiring nasi ataupun ditambahkan telur yang dimasak setengah matang pada kuahnya.

Warung ataupun kedai yang menjual Pallubasa di Makassar, salah satunya yan terkenal ada di Palbas Serigala dan Palbas Onta, jangan salah serigala dan onta di sini tidak merujuk pada daging dari Pallubasa yang digunakan namun nama jalan tempat kedai ini menjual Pallubasa.

Harga Pallubasa = Mulai dari Rp.20.000

3. Konro Makassar

kuliner khas makassar konro
sumber foto : IG @bunda_didi

Sepertinya, Kota Makassar belum puas dengan kuliner daging yang dimilikinya, karena masih ada satu kuliner yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Kuliner ini adalah Konro atau Sup Konro! Sup Konro ini merupakan sup iga sapi kuliner tradisi khas Bugis.

Meski sup identik dengan makanan dengan kuah yang bening, tidak dengan Sup Konro ini yang ternyata mirip seperti kuah coto dan pallubasa Sup Konro juga berwarna hitam kecoklatan karena dimasak dengan keluwak. Sup yang menjadi primadona kuliner di Makassar ini juga memiliki variasi yaitu Konro Bakar yang merupakan iga dibakar dengan bumbu racik untuk kuah konro. Hmmm sepertinya lezat.

Anda yang butuh energi banyak sebelum berkeliling Kota Makassar, sepertinya wajib untuk mencicipi kuliner khas Makassar ini.

Harga Konro = Mulai dari Rp 25.000

4. Sop Saudara Makassar

kuliner khas makassar sop saudara
sumber foto :IG @jajanan_makassar

Sop Saudara adalah kuliner khas Makassar berisikan sup dengan isi daging ataupun jeroan sapi yang dilengkapi dengan bihun dan kentang yang lembut. Sop saudara biasa dimakan bersama nasi putih bersama ikan bolu/bandeng yang sudah dibakar.

Sop saudara yang terkenal di Makassar biasanya ada label Pangkep atau Sop Saudara Pangkep karena konon sejarahnya, penemu sup ini ialah dua orang bersaudara yang berasal dari Pangkep salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan.

Warung atau rumah makan yang menjual Sop Saudara umum ditemui dipinggir jalan di Kota Makassar loh!

Harga Sop Saudara = Mulai dari Rp 15.000

5. Sop Ubi Makassar

kuliner khas makassar sop ubi
sumber foto : IG @mistermakan_makassar

Tidak cukup dengan kreasi makanan berkuah dan sup, ada satu lagi kuliner unik khas Makassar yang bernama Sop Ubi! Seperti namanya, sop ubi ini berisikan Ubi sebagai bahan utamanya, dilengkapi dengan bihun, toge, kentang serta telur lalu disiram dengan kuah bening khas Sop Ubi dan ditaburi bawang goreng dan daun bawang. Alamak! nikmat!

Sop Ubi yang paling terkenal di Kota Makassar adalah sup milik Sop Ubi Botoleempangan yang menjual sudah puluhan tahun loh! Tidak heran banyak pelanggan setia yang tetap pergi kulineran untuk makan Sop Ubi di sini.

Harga Sop Ubi = Rp 12.000

6. Pallumara Makassar

kuliner khas makassar pallumara
sumber foto : IG @hungryshinta

Pallumara atau dengan kata Sop Kepala Ikan juga termasuk dalam kuliner berkuah lainnya yang cukup memiliki nama di Makassar. Ikan yang digunakan pada sop ini menggunakan ikan bandeng yang mempunyai daging yang gurih. Kuliner asli Bugis ini oleh orang lokal biasa dimakan untuk penyegar badan yang kurang enak untuk membuat tubuh fit karena rasanya yang kecut dari asam jawa dan pedas cabai.

Kapurung adalah salah satu kuliner khas Makassar dari daerah Luwu salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan.  Kapurung mirip seperti Papeda sama-sama terbuat dari sagu dan dimakan bersama ikan serta sayuran. Bola-bola sagu yang dicampur dengan kuah dari kapurung ini membentuk tekstur kenyal dan mengenyangkan untuk dimakan. Kapurung juga memiliki aroma ikan yang sedap karena kuahnya dibuat dari kuah ikan dan kecombrang.

Seperti coto makassar, kapurung cukup populer dan umum ditemukan di restoran-restoran ataupun warung pinggir jalan. Rumah makan yang terkenal untuk menjual kapurung adalah Rumah Makan Aroma Luwuk yang mempunyai banyak cabang di Makasssar.

Harga Pallumara = Mulai dari Rp 30.000

7. Mie Kering Makassar

kuliner khas makassar mie kering
sumber foto : IG @eatendiary

Mie kering jika dirunut dari sejarahnya merupakan makanan Tionghoa Indonesia, karena resep ini diturunkan oleh Ang Kho Tjao seorang Tionghoa yang membuat toko mi untuk menjual mi kering di awal tahun 70 an. Resep ini pun Ia turunkan pada ketiga anaknya Hengky, Awa’ dan Titi, ketiga anaknya ini pun sampai saat ini sukses mempelopori dan menjuarai pasar mi kering di Makassar sampai saat ini terkenal dengan nama restoran masing-masing Mie Titi, Mie Awa’ dan Mie Hengky.

Mie kering sendiri merupakan mi yang digoreng lalu kemudian diatasnya diberikan kuah yang kental bercampur kocokan telur mirip capcay, lalu diberikan topping berisi cumi, udang, bakso serta pelengkap sayuran seperti sawi, wortel, jamur dan lainnya. Dari kuah ini yang akan membuat mie keringnya menjadi lembek dan nikmat untuk disantap.

Harga Mie Kering = Mulai dari Rp 18.000

8. Pisang Epe’ Makassar

kuliner khas makassar pisang epe
sumber foto : IG @butterflyproject1977

Pisang Epe’ ialah cemilan asli dari pinggir Pantai Losari Makassar. Seperti namanya, bahan utama dari kuliner khas Makassar yang satu ini tentu saja adalah Pisang! Pisang yang dibakar hingga kecoklatan lalu kemudian dipenyet hinggah pipih dan disiram dengan gula merah kental yang dicampur dengan kelapa.

Cemilan ini cukup umum ditemui di pinggir pantai losari, dengan gerobak berjejeran para penjual pisang epe’. Saat ini rasanya pun bervariasi, bahkan ada yang mengkreasikan topping gula merah pisang epe’dicampur dengan sedapnya durian.

Harga Pisang Epe = Mulai dari Rp 7.000

9. Es Pisang Ijo Makassar

kuliner khas makassar es pisang ijo
sumber foto : @jogjabikinlaper

Siapa yang baru tahu kalau ternyata Es Pisang Ijo adalah kuliner khas Makassar? Makanan yang kerap menjadi takjil untuk buka puasa ini tidak hanya terkenal di Makassar namun juga populer di Indonesia. Di Makassar sendiri, makanan yang dibuat dari pisang lalu dibalut dengan adonan terpung berwarna hijau ini biasanya dijadikan makanan penutup dan dapat ditemui di toko-toko kue besar di Makassar.

Es Pisang Ijo ini umunya disajikan dengan fla yang hangat lalu diberi es batu serta disiram dengan sirup bermerk DHT. Saat ini es pisang ijo juga dikreasikan dengan dimakan bersama potongan alpukat untuk menambah rasa dan teksturnya.

Harga Es Pisang Ijo = Mulai dari Rp 10.000

10. Sarabba Makassar

kuliner khas makassar sarabba
sumber foto : IG @ngemil_lucu

Sarabba ialah minuman khas Makassar yang berbahan dasar jahe dan kaya akan rempah! Minuman yang juga menjadi kuliner khas Makassar ini berasal dari Bugis dengan mencampurkan jahe dan gula merah untuk menyeimbangkan rasa.

Sarabba juga terkenal untuk diminum pada saat tubuh sedang tidak fit ataupun pada saat cuaca sedang dingin agar lebih nikmat. Selain dibuat dengan campuran jahe dan gula aren, sarabba juga terkadang diminum dengan campur telur ayam kampung untuk menambah khasiat dari minuman ini.

Harga Sarabba = Mulai dari Rp 7.000

Jogja Day ~ Cukup unik bukan, kuliner khas Makassar yang sudah tim Jogjaday rangkum kali ini? Kira-kira kamu tertarik mencoba yang mana?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!