15 Kuliner Khas Jakarta Betawi Enak, Populer & Wajib Di Coba

Betawi merupakan suku asli dan banyak bermukim di sekitaran kota Jakarta. Orang-orang betawi ini sudah eksis sejak masa penjajahan dulu. Hingga saat ini, banyak sekali warisan budaya berupa makanan khas atau kuliner yang berasal dari masyarakat Betawi. Makanan khas Betawi banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan juga Arab. Rasanya unik dan memiliki cita rasa yang tinggi, biasanya makanan khas betawi terkenal gurih dan sedap.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memang sudah sangat maju. Namun, kelestarian budaya dan makanan lokal khas Betawi masih terus diwariskan turun temurun dan banyak diminati masyarakat itu sendiri dan juga dari luar kota. Berikut ini 15 kuliner khas jakarta betawi, antara lain:

1. Soto Betawi

Soto merupakan salah satu makanan khas yang ada hampir di seluruh kota di Indonesia. Begitu nikmat dan uniknya santapan yang satu ini, dengan kuah santan dicampur cucu yang kental dan rasanya juga gurih. Soto berisi nasi dan daging (ayam atau sapi) yang juga dicampur dengan bihun, taoge dan kubis. Tak hanya daging, biasanya lauk soto juga ditambah dengan jeroan seperti hati, paru, babat dan torpedo sehingga rasanya semakin nikmat dan gurih. Soto Betawi cocok sekali dihidangkan dengan emping dan nasi hangat.

Istilah Soto Betawi sudah ada sejak tahun 1877 dan 1978, pertama kali dikenalkan oleh Lie Boen Po yaitu keturunan Tionghoa. Beliau menjual soto dan memakai merk Soto Betawi untuk berjualan di wilayah THR Lokasari atau Prinsen, terkenal dengan rasanya yang begitu khas. Dan hingga kini nama Soto Betawi masih terkenal, banyak wisatawan dari luar kota yang sengaja berkunjung ke Jakarta untuk menjajal makanan khas yaitu Soto Betawi. Soto Betawi juga banyak ditemui di jalanan Jakarta dengan harga yang murah yaitu 20 ribu-an.

Harga Soto Betawi : Rp 20.000/porsi

Alamat : Jl. Raya Rawabuntu, Serpong, Tangerang

Jam Buka : 07.30 hingga 17.00 WIB

2. Nasi Uduk Betawi

Yang suka nasi uduk pasti sudah tahu asal muasal makanan yang satu ini, yaitu makanan khas betawi dari Jakarta. Nasi uduk sendiri merupakan makanan khas untuk sarapan dan makan malam. Hampir sama dengan nasi kebuli yang dimasak dengan bumbu, nasi uduk juga memiliki rasa gurih. Tetapi bumbu yang digunakan untuk memasak nasi uduk berbeda dengan nasi kebuli.

Nasi uduk merupakan nasi putih yang diaron menggunakan air santan bersama dengan bumbu yaitu garam, serai, laos daun serai, daun salam dan daun jeruk. Setelah itu dimasak dengan dikukus seperti memasak nasi biasa. Setelah matang, nasi akan sangat kaya rasa dan pastinya gurih, baunya juga harum dan khas. Tekstur nasi uduk tidak lengket satu sama lain dan warnanya tidak terlalu putih. Untuk menikmati nasi uduk, cari saja lesehan pecel lele di malam hari, biasanya juga tersedia menu nasi uduk betawi.

Untuk pilihan lauk nasi uduk bermacam-macam bisa digandeng dengan telur ceplok, telur dadar iris, orek tempe, semur jengkol, kentang balado, sambal terasi dan juga sambal kacang. Sebenarnya lauk untuk nasi uduk bisa fleksibel sesuai dengan keinginan, biasanya pemilik warung juga menyediakan banyak sekali pilihan lauk. Dengan begitu, pembeli akan tertarik untuk berkunjung lagi untuk mencoba variasi lauk yang ada.

Harga Nasi Uduk  : Rp 30.000/porsi

Alamat : Jl. Mangga Besar 13 No 14, mangga dua sel, sawah besar, kota jakarta

Jam Buka : 20.00 hingga 01.00 WIB

3. Gado-Gado Betawi

Gado-gado merupakan makanan kesukaan masyarakat betawi. Gado-gado itu sendiri artinya campur aduk menurut bahasa orang betawi. Gado-gado biasanya disantap dengan nasi atau lontong, campurannya yaitu berbagai macam sayuran rebus ditambah kentang, tahu, tempe, dan telur. Kemudian disiram dengan bumbu kacang dan ditaburi kerupuk emping.

Gado-gado banyak ditemui di pinggiran kota Jakarta, dijual dengan harga 10 ribu sampai 20 ribu rupiah. Saking lezatnya makanan yang satu ini sudah banyak ditemui di daerah-daerah hampir di seluruh Indonesia. Makanan ini bisa jadi pilihan bagi yang bosan dengan menu nasi dan lauk yang monoton, karena gado-gado berisi bermacam lauk dan sayuran.

Gado-gado juga terkenal sebagai makanan Indonesia yang unik dan terkenal hingga ke manca negara. Orang luar atau orang asing menyebutnya salad-nya orang Indonesia.

Harga Gado-gado Betawi : Rp 20.000/porsi

Alamat : seberang BCA puri botanical, Jl. Joglo Raya no. 1 kembangan, kota jakarta

Jam Buka : 10.00 hingga 20.00 WIB

4. Laksa Betawi

Pada mulanya, laksa merupakan makanan khas dari Cibinong dan kemudian masuk ke daerah Jakarta dan menjadi Laksa Betawi dan terkenal hingga sekarang. Pengusaha laksa sendiri biasanya berasal dari orang cina betawi, kuliner ini memang jenis kuliner yang mendapat pengaruh dari cina. Makanan bernama laksa ini juga ada di beberapa negara seperti malaysia, Thailand dan Singapore dengan rasa khasnya masing-masing.

Laksa ini merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah, seperti mie dan biasanya berbahan dasar mie atau bihun. Isinya bermacam-macam seperti bihun, telur, perkedel, daun kucai dan daun kemangi. Rasanya sangat gurih dan manis, biasanya disantap saat sarapan maupun makan malam.

Harga Laksa Betawi : Rp 20.000-30.000/porsi

Alamat : Jl. Otto Iskandardinata no 28, Jatinegara, Jakarta Timur

Jam Buka : 03.00 hingga 00.00 WIB

5. Asinan Betawi

Asinan yang paling terkenal di Indonesia ada dua macam yaitu asinan bogor dan asinan betawi. Asinan bogor cenderung berisi buah-buahan tropis dan jarang menggunakan bahan sayur. Sedangkan asinan betawi terkenal dengan asinan sehat karena isinya sayur.

Makanan khas Asinan Betawi merupakan campuran dari taoge, sawi, kol, tahu putih dan selada. Kemudian ditaburi dengan kacang tanah goreng dan disiram bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai. Setelah itu disantap dengan kerupuk berbentuk mie yang melingkar dan besar berwarna kuning. Biasanya kerupuk tersebut di remuk dan ditaburi di atas asinan, rasanya gurih, segar dan unik.

Makanan khas yang satu ini juga termasuk makanan sehat karena bahan dasarnya sayur. Jika ke Jakarta akan banyak menemui penjual gerobak asinan di sepanjang jalanan kota Jakarta. Cukup menyediakan uang 10 ribu hingga 20 ribu rupiah, Kalian sudah bisa mencicipi asinan betawi. Makanan ini sangat cocok dimakan di siang hari.

Harga Asinan Betawi : Rp 10.000/porsi

Alamat : Jl. Lamandau IV No 18, Kramat Pela, Jakarta Selatan

Jam Buka : 09.00 hingga 20.00 WIB

6. Dodol Betawi

Betawi juga terkenal dengan jajanan dodol-nya merk Dodol Betawi yang terkenal enak. Sekilas tampilan kue dodol ini memang biasa saja bahkan kurang menarik yaitu berwarna hitam kecokelatan, tetapi jika sudah merasakan pasti akan minta tambah. Rasa unik dari dodol memang mengundang rasa penasaran dan ketagihan, apalagi saat ini sudah banyak variasi rasanya seperti dodol ketan putih, ketan hitam dan durian.

Dodol Betawi banyak diburu oleh masyarkat bahkan orang jakarta sendiri, karena dodol tidak selalu ada. Biasanya dodol mulai ramai bermunculan saat bulan Ramadhan, lebaran idul fitri, idul adha, dan pesta atau acara-acara tertentu. Oleh karena itu, harganya juga beragam dan cenderung tinggi. Hal ini juga disebabkan oleh prose pembuatannya yang cukup sulit dan lama, juga tidak bisa dibuat oleh sembarang orang.

Dodol Betawi umumnya dimasak secara tradisional dangan kuali yang sangat besar dinamakan Kenceng. Ukuran kualinya mencapai 50 cm hingga 1 meter. Dodol Betawi terbuat dari kelapa dan ketan sehingga menjadi jajanan yang kental dan super lengket.

Harga Dodol Betawi : Rp 30.000/kotak

Alamat : Jl. Haji Raijin No. 2, Kramat Jati, Jakarta Timur

Jam Buka : 08.00 hingga 20.00 WIB

7. Nasi Kebuli

Tak hanya terkenal sebagai masakan orang Arab, Nasi Kebuli ternyata juga masakan khas Betawi lho. Masyarakat Betawi sudah lama memasak dan menyukai nasi kebuli, khususnya saat perayaan hari raya idul adha atau lebaran kurban dan maulud nabi Muhammad SAW.

Nasi Kebuli terkenal dengan rasanya yang gurih, citarasa gurih ini berasal dari nasi yang dimasak dengan kaldu kambing, susu kambing dan minyak samin. Sehingga rasanya benar-benar meresap dan terasa gurih. Setelah matang, nasi akan disajikan dengan daging kambing goreng dan taburan kurma atau kismis yang diiris-iris. 

Harga Nasi kebuli Betawi : Rp 10.000/porsi

Alamat : Jl. Haji Soleh II no 75, Kebon Jeruk, Jakarta barat

Jam Buka : 06.00 hingga 21.00 WIB

8. Kerak Telor Jakarta

Makanan yang satu ini memang asli Betawi banget. Sekilas memang hampir sama dengan martabak, tetapi kedua makanan ini benar-benar berbeda dari rasa, isi dan juga cara memasaknya. Kerak telor rasanya sangat unik yaitu perpaduan rasa manis legit dan gurih. Disebut sebagai ikon kuliner jakarta, Kerak Telor ini banyak dijumpai di acara Pekan Raya Jakarta, dengan harga yang lumayan murah yaitu 15 ribu hingga 25 ribu rupiah

Kerak telor itu sendiri dibuat dengan mencampurkan bahan seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi atau udang kering yang diasinkan. Kemudian bahan-bahan tersebut disangrai dengan bawang goreng, diberi bumbu yang sudah dihaluskan yaitu kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan juga gula pasir. Setelah matang menjadi seperti kerak, lalu ditaburi bawang goreng dan serundeng.

Keunikan dari kerak telor juga terlihat dari cara masaknya yang mana telur dimasak hingga setengah matang, barulah dibalik dari wajan menghadap panas arang dari anglo dan dibiarkan hingga matang menjadi kerak. Oleh karena itulah disebut kerak telor.

Harga kerak telor Betawi : Rp 15.000-25.000/porsi

Alamat : Jl. Kebagusan 3 No 97 Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Jam Buka : 09.30 hingga 17.30 WIB

9. Ketoprak Jakarta

Jika di Jawa Timur terdapat kesenian yang disebut ketoprak, maka di jakarta ada makanan khas bernama ketoprak. Karena sangat terkenal, ketoprak bisa ditemui juga di berbagai daerah selain jakarta. Umumnya ketoprak dijual dengan gerobak keliling.

Ketoprak sebenarnya hampir mirip dengan gado-gado, namun bahan dan bumbunya berbeda sehingga menghasilkan citarasa yang khas dari keduanya. Ketoprak merupakan makanan khas Betawi yang bahannya terdiri dari ketupat atau disebut lontong sayur, dicampur bihun, taoge, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang khas dan ditaburi kerupuk merah. Ketoprak merupakan makanan kaki lima di Jakarta, jadi bisa ditemui di mana saja bahkan di setiap sudut kota Jakarta. dibanderol dengan harga 8 ribu hingga 12 ribu rupiah.

Harga ketoprak Betawi : Rp 8.000-12.000/porsi

Alamat : Jl. Moh. Kahfi 2 No 25A, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Jam Buka : 00.00 hingga 22.00 WIB

10. Semur Jengkol Jakarta

Ini dia makanan paling khas dan tidak ditemui di kota mana pun, yaitu jengkol atau masakan semur jengkol. Jika makanan lain juga ada di daerah lain atau punya nama khasnya sendiri di masing-masing kota, hal ini tidak berlaku bagi semur jengkol karena hanya dimiliki masyarakat Betawi. Dulu, di daerah pondok gede dan lubang buaya banyak ditemukan pohon jengkol.

Jengkol yang berbau tak sedap dan pahit berhasil dimasak semur, bau tak sedapnya hilang dan rasanya juga enak. Untuk menghilangkan bau pada jengkol, biasanya direndam air kapur atau rebusan tangkai padi terlebih dahulu. Ada yang bialng semur jengkol ini mendapat pengaruh dari budaya eropa, cina, timur tengah dan india.  Saat ini, jengkol sudah beredar luas dan bisa ditemui hampir di semua restoran di Jakarta. jika beli kiloan harganya sekitar 150 ribu rupiah.

Harga Semur Jengkol : Rp 15.000/porsi

Alamat : Gg. H.Salam no 89, Cakung, Jakarta Timur

Jam Buka : 16.00 hingga 22.00 WIB

11. Sayur Babanci Jakarta

Makanan khas sayur babanci juga disebut dengan ketupat babanci. Meski namanya sayur, sebenarnya makanan ini tidak berbahan dasar sayur sama sekali. Tetapi karena makanan ini bukan termasuk soto, gulai atau kare, sehingga disebutlah sayur. Ketupat atau sayur babanci ini biasanya disajikan dengan kepala sapi, serutan keapa serundeng yang ditumbuk halus. Biasanya makanan ini akan muncul pada acara-acara khusus.

Uniknya, sayur babanci ini dimasak dengan 21 macam bahan, bumbu dan rempah-rempah dan rasanya nendang banget di lidah karena pedas. Namun, sayangnya makanan khas betawi yang satu ini mulai jarang ditemui. Hal ini juga karena bahannya yang mulai jarang ditemui di jakarta seperti kedaung, tai angin, botor, temu mangga, temu kunci, lempuyang dan bangle. Sayur babanci dihargai sekita 45 ribu satu porsinya.

Harga Sayur Babanci : Rp 45.000/porsi

Alamat : Jl. Pintu Besar Utara no 11, Jakarta Barat

Jam Buka : 10.00 hingga 22.00 WIB

12. Roti Buaya Jakarta

Jika Kalian takut dengan hewan ganas buaya, jangan takut sama buaya yang satu ini. yap, buaya ini merupakan kue tradisional khas betawi bernama roti buaya. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Betawi untuk membawa roti buaya pada upacara pernikahan. Roti ini akan dibawa oleh mempelai pria dan diberikan kepada si wanita saat upacara pernikahan atau lamaran. Menurut masyarakat betawi, roti buaya memiliki makna ungkapan kesetiaan pasangan.

Keunikan inilah yang membuat roti betawi sangat khas dan terkenal di semua daerah sebagai roti buaya khas Betawi. Uniknya juga, roti ini memiliki panjang sekitar 50 cm. dan dijual dengan harga mulai dari 200 ribu-an.

Harga roti buaya : Rp 200.000 ke atas

Alamat : Jl. Cidodol Raya no 62, kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Jam Buka : 24 jam

13. Kue Rangi Khas Jakarta

Kuliner khas Betawi yang satu ini namanya kue rangi, berbahan dasar kelapa parut dan tepung sagu. Kue ini biasanya disajikan dengan olesan gula merah dan menjadi kental dengan campuran bahan sagu. Selain itu, terkadang juga ditambah dengan potongan buah nanas, nangka, dan juga durian sehingga lebih wangi dan menarik perhatian pembeli. harganya juga cukup murah yaitu 8 ribu sudah dapat satu kotak.

Cara masaknya yaitu dengan dipanggang pada cetakan khusus dan dimasak pada tunggu berukuran kecil. Kue rangi merupakan salah satu kue tradisional Betawi dan banyak ditemui di pinggiran kota jakarta. Pengunjung atau orang yang baru atau pendatang di jakarta biasanya akan menganggap kue rangi sama dengan kue pancong. Padahal keduanya berbeda dan memiliki kekhasan masing-masing dari segi rasa, tekstur dan bahan yang digunakan.

Harga kue rangi: Rp 8.000/kotak

Alamat : Jl. Kebon Kacang 8 No 5, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Jam Buka : 12.00-15.00 dan 18.00-22.00 WIB

14. Kue Putu Mayang

Selain kue rangi yang cenderung kering, ada satu lagi kue tradisional Betawi yang cenderung basah dan berkuah. Namanya kue putu mayang, bentuknya seperti kerupuk tetapi tidak keras, melainkan lembut dan disajikan dengan kuah santan kelapa dicampur dengan kinca atau gula jawa cair. Kue putu mayang merupakan jajanan pengganjal perut, rasanya manis dan memiliki tekstur yang kenyal. Rasa manis bukan berasal dari kue itu sendiri tetapi berasal dari kuahnya.

Kue ini dibuat dari tepung kanji atau tepung beras, kemudian dibentuk seperti mie dan di bentuk seperti kerupuk. Kue ini biasanya berwarna-warni, penampilannya cantik, tujuannya untuk menarik perhatian pembeli. Kue putu mayang banyak ditemui di pinggir jalan kota jakarta dengan menggunakan gerobak dorong keliling dengan harga terjangkau sekitar 5 ribu rupiah.

Harga kue putu mayang: Rp 25.000/kotak (isi 10)

Alamat : Jl. Harun Raya no 3, Jakarta barat

Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB

15. Kue Cucur Jakarta

Kue cucur di daerah lain juga ada, beberapa daerah juga menyebutnya kue kucur. Namun, kue cucur ini berasal dari Betawi, bentuknya pipih, berwarna kecokelatan, rasanya manis dan teksturnya lembut terutama di bagian tengah. Sedangkan pinggirannya sedikit renyah karena tipis. Kue cucur ini dimasak dengan cara digoreng, bahan dasarnya beras dan gula merah.

Untuk mencoba kue cucur, bisa mengunjungi pasar tradisional, atau di warung nasi uduk berdampingan dengan kue lain dan gorengan. Selain itu kue ini biasanya juga disajikan pada acara-acara tertentu seperti upacara pernikahan, potong rambut bayi dan lain sebagainya. Harganya sangat murah, sama dengan kue atau gorengan lainnya sekitar seribu hingga 2 ribu rupiah.

Harga kue cucur : Rp 2.000/biji

Alamat : Gg Ikhlas Raya no 17 Pasar Minggu, Jkaarta Selatan

Jam Buka : 05.00 – 21.00 WIB

 

Nah, itu dia 15 makanan khas Jakarta Betawi versi jogja day yang paling banyak diburu orang dari luar kota Jakarta. Makanan khas jakarta umumnya memiliki citarasa yang gurih. Kalian ingin coba makanan khas yang mana? Yuk, main-main ke Jakarta berburu kuliner khas di sana.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!