15 Kuliner Khas Banyuwangi Terkenal, Enak & Murah Meriah

Banyuwangi dikenal dengan panorama alam yang indah. Berada di ujung timur pulau Jawa, tempat wisata di Banyuwangi ternyata sangat beragam, diantaranya De Jawatan dan Gunung Ijen. Tidak hanya panorama yang indah, Banyuwangi pun memiliki beragam kuliner yang khas yang wajib kamu coba. Kuliner Banyuwangi digemari karena memiliki banyak pilihan lezat dan harga terjangkau.

Penasaran apa saja kuliner Banyuwangi yang menggugah selera? Supaya kamu nggak bingung saat wisata ke Banyuwangi, Jogja day sudah merangkum 15 kuliner Banyuwangi paling enak yang wajib kamu coba. Kuliner ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh khas di Banyuwangi sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Bali Paling Terkenal, Enak & Wajib Di Coba

1. Sego Bungkus Bu Poer Banyuwangi

1. Sego Bungkus Bu Poer
Sego Bungkus Bu Poer. Photo ig: @bu_poer_banyuwangi

Sego bungkus atau nasi bungkus, makanan dengan menu sederhana tetapi enak, dibungkus dengan daun pisang yang memberi aroma khas dan sering menjadi andalan untuk bekal atau dikonsumsi di acara-acara tertentu. Nah, di Banyuwangi ada Sego Bungkus Bu Poer yang tidak pernah sepi.

Sego Bungkus Bu Poer menawarkan beberapa jenis nasi untuk pilihan menu, ada nasi jagung, nasi putih, nasi uduk dan nasi merah. Menu andalan Bu Poer adalah nasi sambel ijo, disajikan dengan ayam goreng suwir dan sambal ijo pedas yang dibungkus daun pisang. Sederhana, tetapi rasanya enak banget.

Kalau kamu mau nambah lauk juga bisa, ada oseng-oseng, tahu fantasi, ikan goreng, telur dadar dan berbagai jenis sayuran. Kamu bisa makan langsung atau bungkus.

Seporsi segi bungkus hanya Rp 5.000 saja lho, sobat. Makanya kalau kebetulan lagi di Banyuwangi, datang saja ke Jalan Sudirman No. 26 Panderejo. Lokasinya strategis banget dan buka pukul 07.00-21.00.

Lokasi: Jalan Sudirman No. 26 Panderejo

Harga: Rp 5.000

Jam Buka: pukul 07.00-21.00

2. Sego Tempong Mbok Wah Banyuwangi

2. Sego Tempong Mbok Wah
Sego Tempong Mbok Wah. Photo ig: @williamwongso

Kamu pasti juga familiar dengan sego tempong atau nasi tempong. Kalau kamu penggemar nasi dengan sambal pedas, kamu wajib coba sego tempong Mbok Wah.

Nasi tempong memang memiliki ciri khas sambal yang pedas. Seperti namanya, tempong yang berarti tampar, sambal nasi tempong serasa menampar lidah. Selain sambal dadaknya yang pedas, nasi tempong Mbok Wah juga disajikan hangat-hangat dengan sayuran rebus, ikan asin sepat dan ikan teri. Walaupun sambalnya cuma sesendok, tetapi rasanya menggigit banget, sob.

Menu lainnya yang ada di Sego Tempong Mbok Wah antara lain cumi, udang goreng, sate telur puyuh, telur pindang, ikan pindang, sayur urap dan lain-lain. Dijamin kamu akan tergoda dengan aroma ikan yang digoreng sama Mbok Wah, jadi bikin nggak sabar untuk segera makan.

Seporsi sego tempong nggak mahal kok, cuma Rp 7.000 saja. Kalau kamu ambil tambahan lauk, harga berkisar Rp 12.000 – Rp 15.000. Masih terjangkau kan? Ayo datang ke Sego Tempong Mbok Wah di Jalan Gembrung No. 220 Bakungan, buka pukul 08.00 – 23.00.

Lokasi: Jalan Gembrung No. 220 Bakungan

Harga: Rp 7.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 23.00

3. Sego Cawuk Bu Mantih Banyuwangi

3. Sego Cawuk Bu Mantih
Sego Cawuk Bu Mantih. Photo ig: @hobimakan.banyuwangi

Nah, ini nih kuliner legendaris Banyuwangi sejak 1972. Selain sego tempong, kuliner khas Banyuwangi lainnya yang wajib kamu coba adalah sego cawuk. Meskipun banyak yang menjual jenis makanan ini, tetapi sego cawuk Bu Mantih yang paling dicari.

Kenapa namanya sego cawuk? Karena orang Osing kalau makan nasi langsung pakai tangan atau dicawuk, jadi namanya sego cawuk. Dan memang sego cawuk ini lebih lezat kalau makannya langsung pakai tangan.

Sego cawuk disajikan dengan nasi hangat yang disiram kuah pindang. Selain kuah pindang, seporsi sego cawuk juga berisi kelapa muda parut dan jagung bakar yang diserut, kemudian diberi bumbu cabai, bawang merah, bawang putih dan asam. Pilihan lauk sego cawuk Bu Mantih pun variatif lho, ada pepes ikan, pepes cumi, telur pindang, dendang manis dan lain-lain. Hmm… kebayang nggak kelezatannya?

Harga sego cawuk Bu Mantih berkisar antara Rp 7.000 – Rp 15.000 tergantung dari lauk yang dipesan. Terjangkau banget kan, sob? Kamu bisa datang ke warung Bu Mantih di Dusun Prejengan, Rogojampi, buka jam 06.00 – 11.00. Namun kamu sebaiknya datang lebih awal, karena kadang sebelum jam 10 sego cawuk Bu Mantih sudah habis.

Lokasi: Dusun Prejengan, Rogojampi

Harga: Rp 7.000 – Rp 15.000

Jam Buka: buka jam 06.00 – 11.00

4. Rujak Soto Mbok Mbret Banyuwangi

4. Rujak Soto Mbok Mbret
Rujak Soto Mbok Mbret. Photo ig: @eddy.g

Mungkin kamu bingung mendengar kata rujak soto. Soto kok dirujak? Dalam kuliner Jawa Timur, rujak menggunakan bumbu kacang yang diaduk ke sayuran, tahu atau tempe dan ada campuran bumbu petis. Jadi berbeda dengan rujak di daerah lain yang identik dengan potongan buah yang diberi bumbu cabai dan gula merah.

Nah, kalau rujak soto, campuran rujak sayuran, tahu dan tempe tadi dikasih kuah soto yang berisi potongan babat dan tetelan daging. Sayuran yang dirujak antara lain kacang panjang rebus, bayam rebus, mentimun dan tauge, dan disajikan dengan lontong atau nasi.

Rujak soto Mbok Mbret dibikin dengan bumbu rujak yang khas diuleg langsung oleh Mbok Mbret. Memang jenis kuliner ini campuran dua jenis makanan yang berbeda, tetapi rasanya ternyata nendang banget. Ada pedas, manis dan gurihnya gitu.

Seporsi rujak soto Mbok Mbret seharga Rp 20.000. Warung Mbok Mbret ada di Dusun Kepatihan, Cluring. Datanglah antara pukul 08.00 – 16.00.

Lokasi: Dusun Kepatihan, Cluring

Harga: Rp 20.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 16.00

5. Rawon Bik Ati Banyuwangi

5. Rawon Bik Ati
Rawon Bik Ati. Photo ig: @umieats

Satu lagi kuliner legendaris di Banyuwangi. Rawon Bik Ati, berdiri sejak 1948 dan sudah dijalankan selama empat generasi. Wow, tentunya kamu tidak boleh melewatkan kuliner ini di Banyuwangi.

Rasanya tidak lengkap kalau ke Banyuwangi tidak mampir ke warung Rawon Bik Ati. Resep rawon Bik Ati adalah resep turun temurun sejak 1948 ketika usaha kuliner ini dirintis oleh Ibu Muayati atau Bik Ati. Saat ini, usaha kuliner Rawon Bik Ati dikelola oleh cicitnya.

Sepiring nasi rawon disajikan dengan potongan daging empuk, tauge dan daun kucai yang banyak. Rasanya tidak usah diragukan lagi. Rawon Bik Ati ini bahkan dipromosikan sendiri oleh Bupati Banyuwangi, lho. Selain rawon, warung Rawon Bik Ati juga menyediakan menu lain seperti lalapan dan bakso.

Seporsi nasi rawon dibandrol Rp 30.000. Untuk menu lain kisaran harga antara Rp 12.000 – Rp 50.000. Warung Rawon Bik Ati berada di Jalan Ahmad Yani, Tukangkayu dan buka antara pukul 08.00 – 21.00.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Tukangkayu

Harga: Rp 30.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 21.00

6. Ayam Pedas Rantinem Banyuwangi

6. Ayam Pedas Rantinem
Ayam Pedas Rantinem. Photo ig: @photoexplorerid

Sepertinya Banyuwangi punya banyak kuliner legendaris ya. Ayam Pedas Rantinem sudah ada sejak era 1970an dan hingga saat ini masih menggunakan bumbu khas racikan keluarga.

Ayam Pedas Rantinem dimasak dengan cara yang unik. Pertama, daging ayam akan dibakar terlebih dahulu, kemudian direbus bersama racikan bumbu dan kuah santan pedas. Hasilnya bumbu meresap ke daging ayam dan menghasilkan cita rasa yang gurih.

Ayam Pedas Rantinem selalu ramai. Menu favorit pengunjung adalah kepala ayam pedas yang dalam satu jam setelah warung buka sudah ludes terjual. Harga ayam pedas Rp 27.000 seporsi dengan nasi.

Ayam Pedas Rantinem berada di belakang Kantor Pos Genteng, Dusun Krajan, Genteng Kulon. Buka antara pukul 16.00 – 03.00.

Lokasi: belakang Kantor Pos Genteng, Dusun Krajan, Genteng Kulon

Harga: Rp 27.000 seporsi dengan nasi

Jam Buka: pukul 16.00 – 03.00

7. Pecel Rawon Ayu Banyuwangi

7. Pecel Rawon Ayu Banyuwangi
Pecel Rawon Ayu Banyuwangi. Photo ig: @paqueena

Pecel Rawon Ayu Banyuwangi adalah kuliner legendaris berikutnya yang dirintis sejak tahun 1988. Menu andalan usaha kuliner ini tentu saja pecel rawonnya yang sangat digemari.

Nasi pecel rawon Ayu disajikan dengan sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam dan tauge yang diaduk dengan bumbu kacang, kemudian disiram kuah rawon yang gurih. Selain itu, nasi pecel rawon ini diberi ‘topping‘ seperti empal sapi, paru, udang goreng dan rempeyek yang renyah.

Seporsi menu nasi pecel rawon dibandrol Rp 9.000 saja. Rumah makan Pecel Rawon Ayu berada di Jalan Adi Sucipto No. 65 Banyuwangi. Depot ini buka mulai pukul 07.00 – 21.00.

Lokasi: Jalan Adi Sucipto No. 65 Banyuwangi

Harga: Rp 9.000

Jam Buka: pukul 07.00 – 21.00

8. Pecel Pitik Osing Deles Banyuwangi

8. Pecel Pitik Osing Deles
Pecel Pitik Osing Deles. Photo ig: @budekus

Pecel pitik adalah kuliner khas suku Osing yang dahulu hanya disajikan saat ritual atau selametan dan dimasak dengan aturan-aturan tertentu. Namun saat ini, sudah banyak restoran di Banyuwangi yang menjual menu pecel pitik, salah satunya adalah Osing Deles.

Pecel pitik adalah ayam kampung muda yang dibakar dan setelah matang daging ayam disuwir-suwir dengan tangan. Kemudian suwiran ayam tersebut diberi bumbu rempah yang khas. Disebut pecel bukan karena disajikan bumbu kacang, melainkan ada makna filosofis tersendiri pada proses penyajiannya dimana daging diucel-ucel hang perkara apik atau dilumuri oleh perkara baik.

Menu pecel pitik di Osing Deles disajikan dengan nasi putih, lalapan dan sambal dibandrol seharga Rp 35.000. Selain menjual menu kuliner, Osing Deles juga menjadi pusat oleh-oleh Banyuwangi lho. Lokasi resto berada di Jalan KH. Agus Salim No. 12A Taman Baru, Banyuwangi, buka antara pukul 07.00 – 22.00.

Lokasi: Jalan KH. Agus Salim No. 12A Taman Baru, Banyuwangi

Harga: Rp 35.000

Jam Buka: pukul 07.00 – 22.00

9. Warung Biru Banyuwangi

9. Nasi Tempong Warung Biru
Nasi Tempong Warung Biru. Photo ig: @hobimakanenak

Warung Biru menawarkan berbagai macam menu khas Banyuwangi yang wajib kamu coba. Menu andalan Warung Biru adalah olahan laut atau seafood. Selain itu, kamu bisa mencoba nasi tempong khas Banyuwangi dengan sambal pedas.

Apa yang bikin orang-orang ketagihan ke Warung Biru? Jawabannya adalah sambalnya yang lezat. Tidak terlalu manis atau asin dan ada sedikit asam dari tomat. Kalau makannya bareng sama lalapan seafood dan nasi tempong dijamin bikin nagih. Cita rasa yang unik inilah yang bikin Warung Biru menjadi destinasi kuliner favorit di Banyuwangi.

Harga menu di Warung Biru berkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk porsi 2 orang. Lokasi warung berada di Jalan Kapten Pierre Tendean, Karangrejo, Banyuwangi dan buka antara pukul 08.00 – 23.00.

Lokasi: Jalan Kapten Pierre Tendean, Karangrejo, Banyuwangi

Harga: Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk porsi 2 orang

Jam Buka: pukul 08.00 – 23.0

10. Pesantogan Kemangi Kemiren Banyuwangi

10. Pesantogan Kemangi Kemiren
Menu Pesantogan Kemangi Kemiren. Photo ig: @pesantogankemangi

Pesantogan memiliki arti tempat nongkrong. Yup, Pesantogan Kemangi Kemiren memang dikonsep seperti tempat nongkrong dimana kamu bisa makan sambil ngobrol bersama teman-teman kamu.

Pesantogan Kemangi menjual menu khas Banyuwangi seperti pecel pitik yang menjadi andalan, makanan ringan atau jajanan khas Banyuwangi dan minuman tradisional khas Banyuwangi. Menariknya, kamu bisa menikmati sajian di sini dengan suasana khas Osing karena tempatnya sendiri didesain dengan arsitektur rumah tradisional khas Osing.

Sambil nongkrong kamu juga bisa mencoba pisang goreng, serabi dan kelemben. Enak banget dicicip dengan ditemani kopi arabika dan robusta khas Kemiren. So, tempat ini pun cocok buat kamu yang ingin menyantap camilan di sore hari.

Menu di Pesantogan Kemangi berkisar antara Rp 5.000 – Rp 15.000. Kamu bisa mampir ke Dusun Krajan, Kemiren, Glagah antara pukul 10.00 – 22.00.

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah

Harga: Rp 5.000 – Rp 15.000

Jam Buka: pukul 10.00 – 22.00

11. Mie Ayam Ahem Banyuwangi

11. Mie Ayam Ahem
Mie Ayam Ahem. Photo ig: @gunardi.tan

Bosan dengan menu nasi? Kamu bisa coba kuliner dengan cita rasa oriental, Mie Ayam Ahem. Pilihan menu yang ada di Warung Ahem antara lain mie pangsit dan mie ayam.

Mie Ayam Ahem disukai karena bumbunya yang enak dan meresap sempurna. Di sini kamu bisa mencicipi mie tebal dengan tekstur kenyal dengan kuah yang lezat dan diberi topping bakso dan daging ayam yang banyak. Dijamin makan seporsi bikin puas dan perut kenyang.

Kamu cuma perlu merogoh kocek Rp 13.000 untuk mendapatkan seporsi mie ayam Ahem. Lokasi Warung Ahem berada di Jalan MT. Haryono No. 93 Tukangkayu, Banyuwangi dan buka antara pukul 11.00 – 23.00.

Lokasi: Jalan MT. Haryono No. 93 Tukangkayu, Banyuwangi

Harga: Rp 13.000

Jam Buka: pukul 11.00 – 23.00

12. D’Copiez Cafe Banyuwangi

12. D'Copiez Cafe
D’Copiez Cafe. Photo ig: @banyuwangiculinary

Ingin ngopi santai di tengah suasana pedesaan? D’Copiez Cafe jawabannya. Cafe ini punya konsep yang unik, yakni menyuguhkan suasana pedesaan yang asri dan hijau. Kamu pasti betah ngopi santai bareng teman-teman.

D’Copiez menyediakan berbagai macam varian kopi nikmat, antara lain kopi lokal, arabika, robusta sampai kopi luwak. Sebagai teman ngopi, kamu bisa pesan makanan ringan seperti gorengan dan siomay. Kalau mau menu yang lebih berat ada nasi goreng juga.

D’Copiez tidak menyediakan wifi ya, sob. Tujuannya supaya pengunjung bisa ngobrol nyaman tanpa terdistraksi oleh media sosial. Harga menu yang dijual di sini bervariasi sekitar Rp 15.000.

Lokasi D’Copiez agak jauh dari pusat kota Banyuwangi di Jalan Brawijaya, Kebalenan dan buka pukul 12.00 – 00.00. Buat pencinta kopi, coba deh mampir ke D’Copiez Cafe.

Lokasi: Jalan Brawijaya, Kebalenan, Banyuwangi

Harga: Rp 15.000

Jam Buka: pukul 12.00 – 00.00

13. Heerlijk Osing Banyuwangi

13. Heerlijk Osing
Heerlijk Osing. Photo ig: @rovicmulyadi

Heerlijk Osing disebut sebagai pelopor cafe gelato di Banyuwangi. Cafe ini tergolong unik karena di sini kamu nggak cuma bisa nongkrong saja, tetapi juga transaksi seperti di kantor pos karena memang posisinya yang berdampingan dengan kantor pos.

Heerlijk dalam bahasa Belanda berarti lezat. Heerlijk menyediakan menu yang diberi nama unik khas Banyuwangi seperti Sego Mangkok, Badhogan Ndeso, Mie Ngamen, Mie Like This, Mie Londo dan lain-lain. Sedangkan menu andalannya sendiri adalah Soda Perawan dan Roti Itali. Kedua menu tersebut paling banyak dicari pelanggan karena memiliki cita rasa yang unik.

Untuk gelato yang paling digemari adalah Three Mousekenteer Gelato dan Couple in The Bowl Gelato. Namanya unik ya?

Harga menu di Heerlijk berkisar antara Rp 6.000 – Rp 30.000. Cafe ini berada di Jalan Diponegoro No. 1 Kepatihan dan buka antara pukul 09.00 – 23.00.

Lokasi: Jalan Diponegoro No. 1 Kepatihan, Banyuwangi

Harga: Rp 6.000 – Rp 30.000

Jam Buka: pukul 09.00 – 23.00

14. Minak Kopi Coffee Shop Banyuwangi

14. Minak Kopi Coffee Shop
Minak Kopi. Photo ig: @sh4sha84

Satu lagi nih, tempat ngopi santai di Banyuwangi yang menawarkan kopi asli Banyuwangi, Minak Kopi. Di sini kamu nggak hanya sekadar ngopi saja, tetapi juga mendapat edukasi tentang kopi karena staf sering mengajak ngobrol tentang proses pembuatan kopi.

Dalam bahasa Sansekerta, Minak berarti bangsawan. Jadi sesuai namanya, Minak Kopi menawarkan cita rasa khas kopi bangsawan untuk masyarakat dengan harga terjangkau.

Harga menu di Minak Kopi berada di kisaran Rp 13.000. Kamu bisa mampir ke kafe yang berada di Jalan Lemahbang Lor, Krajan, Rogojampi. Minak Kopi buka antara pukul 07.00 – 17.00.

Lokasi: Jalan Lemahbang Lor, Krajan, Rogojampi, Banyuwangi

Harga: Rp 13.000

Jam Buka: pukul 07.00 – 17.00

15. Resto Srengenge Wetan Banyuwangi

15. Resto Srengenge Wetan
Menu Resto Srengenge wetan. Photo ig: @srengengewetan

Resto Srengenge Wetan adalah salah satu restoran yang mengusung konsep tradisional Osing pada interior dan makanannya. Tempatnya instagramable dan aneka menu tradisionalnya enak banget.

Jika tadi kita membahas warung-warung yang menjual satu jenis makanan khas Banyuwangi, Srengenge Wetan ini menjual berbagai macam menu khas Banyuwangi lho. Di satu tempat, kamu bisa makan pecel pitik, rujak soto, sego tempong, uyah asam, nasi bakar dan ayam pedas, hingga camilan pun juga tradisional tetapi disajikan dengan kekinian.

Tidak hanya menyajikan makanan tradisional dengan konsep kekinian, Srengenge Wetan juga menawarkan teh khas Banyuwangi dan kopi Ijen arabika yang nikmat.

Harga menu di Srengenge Wetan cukup terjangkau di kisaran Rp 20.000. Lokasi resto berada di Jalan PB Sudirman No. 175 Singonegaran, Banyuwangi. Buka pukul 10.00 – 22.00.

Lokasi: Jalan PB Sudirman No. 175 Singonegaran, Banyuwangi

Harga: Mulai Rp 20.000/paket

Jam Buka: Pukul 10.00 – 22.00

“Baca Juga: 10 Kuliner Khas Sleman Terkenal, Enak & Murah Meriah”

Nah gimana sob? Kuliner Banyuwangi nggak kalah unik dan menggugah selera dari daerah lain di Indonesia kan?

Terbukti kuliner Banyuwangi sangat beragam, mulai dari yang tradisional hingga kekinian tetapi tetap dengan ciri khas Banyuwangi. Makanya kalau datang ke Banyuwangi jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Rasanya kurang lengkap kalau kamu tidak mencicipi setidaknya salah satu dari destinasi kuliner tadi.

Kira-kira dari 15 kuliner khas Banyuwangi yang Jogja day rekomendasikan, sobat ngiler sama makanan yang mana nih?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!