15 Kuliner Khas Bandung Terkenal, Enak & Wajib Di Coba

Bandung merupakan salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi dari luar kota. Udaranya yang sejuk dan penduduknya yang ramah membuat kota ini semakin digemari. Apalagi saat ini sudah banyak sekali wisata yang dapat di jajal di kota ini mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang terkenal memiliki banyak variasi dan murah.

Bandung memang menyimpan banyak kuliner khas yang membuat wisatawan penasaran, mulai dari ujung barat, timur, utara dan selatan semuanya menyuguhkan kuliner unik dan lezat. Di antaranya nasi kalong, nasi tutug oncom Bi Kokom, nasi timbel bawaan, mie kocok mang dedeng, seblak jebred, batagor hanjuang, karedok warung cihapit Bu Siti, surabi cihapit, bandros cowboy cisangkuy, colenak murdi putra, tahu susu lembang, pisang bolen kartika sari, es goyobod, peuyeum dan juga nasi kucir warung inul.

Di bawah ini akan dijelaskan informasi, lokasi dan kisaran harga 15 makanan khas Bandung yang wajib Kalian kunjungi saat berlibur ke sana, antara lain:

1. Nasi Kalong Khas Bandung

Nama nasi kalong mungkin membuat beberapa orang penasaran, karena kalong adalah sejenis hewan malam yaitu kelelawar. Kira-kira keunikan apa yang ditawarkan makanan khas bandung yang satu ini?

Keunikan nasi kalong yaitu nasinya yang berwarna hitam dan warung atau kedai nasinya yang buka di malam hari, biasanya mulai pukul 7 malam. Jika berkunjung ke bandung dan sampai di lokasi saat malam, pas banget nih buat mencoba unik dan nikmatnya nasi kalong. Rasa nasinya gurih, pulen dan membuat ketagihan, biasanya nasi kalon ini disajikan dengan buncis mentah yang menambah keunikan dan kesegaran rasa.

Lauk pauk untuk nasi kalong sebenarnya sama seperti warung nasi pada umumnya, bisa disantap dengan tahu, tempe, ayam goreng, tempura udang, dendeng ayam, rolade daging, sambal goreng ati, dan masih banyak lagi pilihan lauknya. Kedai nasi kalong biasanya berbentuk prasmanan sehingga pembeli bisa memilih dengan bebas lauk yang diinginkan. Jika ingin puas mencoba variasi lauk yang banyak, datanglah setiap malam.

Tetapi harus sabar karena nasi kalong di bandung merupakan kuliner malam yang populer, jadi banyak yang mengantre. Sedangkan untuk harganya sudah pasti murah yaitu sekitar 15 ribu sampai 35 ribu per porsi.

Harga Nasi Kalong: Rp 15.000- Rp 35.000/porsi

Alamat: Jl. L. L. RE. Martadinata No. 102, Cihapit, Bandung Wetan

Jam Buka: 19.15-01.00 WIB

2. Nasi Tutug Oncom Bi Kokom

Sesuai dengan namanya, hidangan asli bandung yang satu ini berbahan dasar nasi yang dicampur dan ditumbuk dengan oncom. Kemudian dimakan bersama dengan lauk bebas sesuai selera. Keunikan makanan ini terletak pada nasinya, sehingga disebut dengan nasi tutug oncom.

Penasaran dengan nasi tutug oncom khas bandung? Datang saja ke warung nasi tutug oncom bi kokom. Lokasinya ada di daerah lengkong, kota bandung. Bukan hanya rasa nasi tutug oncomnya saja yang mantap, warungnya juga bagus dan fasilitasnya lengkap. Untuk harganya masih murah, yaitu kisaran 8 ribu hingga 25 ribu rupiah, tergantung dengan lauk pauknya juga.

Harga Nasi Tutug Oncom Bi kokom: Rp 25.000/porsi

Alamat: Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung

Jam Buka: 09.00-17.00 WIB

3. Nasi Timbel Bawean

Nasi timbel adalah nasi putih biasa pada umumnya dan cara makannya juga msih sama dengan nasi tutug oncom, yaitu di makan dengan lauk pauk bebas sesuai selera. Bedanya, nasi di sini dibungkus dengan daun pisang, sehingga saat dibuka akan tercium aroma nasi yang khas dengan balutan daun pisang.

Nasi timbel biasa disantap dengan sambal, lalapan, daging, tempe, tahu, ikan, dan lain sebagainya. Jika sedang main ke bandung, langsung saja menuju ke warung nasi timbel bawean yang legendaris. Pasalnya warung nasi ini sudah ada sejak tahun 1985. Di warung ini, pilihan lauknya sangat banyak. Uniknya, nasi timbel yang dijual tersedia dalam dua pilihan yaitu nasi timbel putih dan nasi timbel merah.

Lokasinya berada di darah merdeka, sumur bandung dan harganya sudah pasti murah meriah seperti makanan khas bandung lainnya. Satu porsi nasi dibanderol dengan harga 4 ribu rupiah, sedangkan lauknya mulai seribu hingga 15 ribu rupiah. Waah.. puas nih makan di sini.

Harga Nasi Timbel Bawean: Rp 15.000/porsi

Alamat: Jl. Bawean No 3 Sumur Bandung, Kota Bandung

Jam Buka: 07.30-17.00 WIB

4. Nasi Cikur Warung Inul

Nama makanan di kota bandung memang terkenal unik dan berhasil membuat para pecinta kuliner penasaran. Salah satunya yaitu nasi cikur, makanan khas sunda ini dibuat dengan digoreng dan dicampur dengan kencur muda. Keunikan rasanya tiada tandingan, renyah, harum, dan ada rasa sedikit getir.

Biasanya nasi cikur disantap bersama telur dadar, daging ayam, serundeng, dan juga acar. Rasanya menjadi unik dan lezat. Selain itu, masakan ini biasanya juga ditaburi irisan cabai dan kerupuk tempe di atasnya, yang menambah keunikan rasanya. Warung nasi cikur yang terkenal di bandung adalah warung Inul, lokasinya berada di dataran tinggi dago. Menu spesial warung inul yaitu nasi cikur yang dipadukan dengan tumis sayur, ayam goreng, lalapan dan juga sambal pedas.

Warung inul buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 9 malam dan tidak pernah sepi. Konsep warungnya mengangkat konsep tradisional, kursi dan mejanya terbuat dari kayu dan tersedia area lesahan dan juga saung-saung bambu. Fasilitas di warung inul ini juga cukup lengkap, ada musholla dan toilet sehingga pengunjung bisa berlama-lama. Selain itu, di sini juga ada jajanan roti disebut kue balok dengan selai strawberry di dalamnya.

Harga Nasi Cikur Warung Inul: Rp 7.000-30.000/porsi

Alamat: Jl. Dago Pakar barat no 99, Coburial, Cimenyan, Bandung

Jam Buka: 07.00-21.00 WIB

5. Mie Kocok Mang Dedeng

Kuliner bandung yang satu ini cukup unik hanya dilihat dari namanya saja, mie kocok. Apakah yang di maksud adalah mie yang dikocok? Ternyata bukan, mie yang dimaksud hampir sama dengan mie pada umumnya dengan isian yang cukup banyak dan menggiurkan yaitu mie kuning gepeng, potongan kikil, dan juga sum sum. Kemudian di atasnya ditaburi bawang  goreng dan daun seledri, rasanya begitu nikmat dengan kuah kaldu yang khas.

Santapan kuliner mie kocok paling terkenal di bandung adalah mie kocok mang dedeng yang super spesial. Hal ini dikarenakan bumbu rempahnya terdiri dari 27 macam bumbu dan rempah-rempah. Kuliner ini memang cukup terkenal atau hits, terletak di jalan kyai haji ahmad dahlan no. 67, turangga, lengkong, kota bandung. Dan harganya sekitar 23 ribu rupiah saja per porsi.

Harga Mie Kocok Mang Dedeng : Rp 23.000/porsi

Alamat: Jl. kyai ahmad dahlan no 67 Turangga, Lengkong, Kota Bandung

Jam Buka: 09.00-22.00 WIB

6. Seblak Jebred

Saat ini sudah banyak seblak yang beredar di kota-kota lain, namun tentu saja cita rasanya berbeda dari seblak asli bandung. Apa sih seblak itu? Seblak merupakan salah satu makanan yang unik dan asli dari bandung karena tidak ditemui di daerah lain, hanya penyebarannya saja yang sudah ada di mana-mana.

Seblak merupakan kerupuk basah yang dimakan dengan berbagai tambahan isian seperti telur, sayur, sosis, mie, bakso, ceker ayam, dan lain sebagainya. Kemudian bumbunya juga khas yaitu bumbu merah pedas yang digunakan sebagai kuah.

Untuk menikmati seblak di bandng, disarankan mengunjungi Seblak Jebred, terletak di daerah lengkong, kota bandung. Harganya sekitar 12 ribu rupiah per porsi, dan topping-nya 3 ribu hingga 4 ribu rupiah. Murah sekali, bukan.

Harga Seblak Jebred: Rp 12.000/porsi

Alamat: Jl. Buah Batu 184 Turangga, Lengkong, Kota Bandung

Jam Buka: 12.00-22.00 WIB

7. Batagor Hanjuang

Satu lagi nih jajanan paling terkenal dan sudah ada di mana-mana, sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Batagor merupakan jajanan khas bandung yang terdiri dari bakso dan tahu goreng.

Di bandung, ada batagor yang terkenal enak, namanya batagor hanjuang, terkenal karena rasanya yang begitu lezat, rasa ikan tenggirinya pas di lidah, adonan bumbu kacang yang sempurna, tidak terlalu pedas dan rasanya sangat gurih. Selain itu, batagor hanjuang juga terkenal tidak banyak minyaknya.

Lokasi batagor hanjuang berada di jalan astina, di belakang istana plaza. Dijual dengan gerobak kaki lima dan harganya murah meriah.

Harga Batagor Hanjuang: Rp 10.000/porsi

Alamat: Jl. astina, di belakang istana plaza, Kota Bandung

Jam Buka: 08.00-15.15 WIB

8. Karedok Warung Cihapit Bu Siti

Makanan khas bandung bernama karedok ini merupakan jenis makanan sehat penuh gizi, karena mulai dari pengolahan hingga penyajiannya masih alami serta terlihat menyegarkan dan menggiurkan.

Jika sedang berkunjung ke bandung, mampirlah ke warung cihapit bu siti. Disebut cihapit karena lokasinya da di jalan cihapit no. 6, bandung wetan. Sedangkan untuk harga satu porsi karedok cukup merogoh kocek 10 ribu rupiah.

Harga Karedok Cihapit bu Siti: Rp 10.000/porsi

Alamat: Jl. Cihapit No 6, Bandung Wetan

Jam Buka: 07.00-17.00 WIB

9. Surabi Cihapit

Surabi merupakan salah satu jajanan tradisional khas bandung, namun saat ini sudah berkembang menjadi jajanan milenial yang disukai oleh kalangan anak muda. Pasalnya, surabi yang dulunya tradisional sudah menerima pengaruh zaman sehingga muncul berbagai macam surabi dengan berbagai macam toping. Surabi yang tradisional dipadu dengan toping cokelat, keju, buah dan lain sebagainya sehingga muncul sebagai surabi versi baru alias versi millennial.

Surabi yang terkenal di bandung salah satunya yaitu surabi cihapit, dan sudah berdiri sejak tahun 1991. Tetapi karena mengikuti perkembangan zaman, hingga sekarang masih tetap eksis dan menjadi spot kuliner yang banyak diburu wisatawan. Menu yang paling terkenal di sini yaitu surabi oncom, jajanan dan topping-nya benar-benar khas bandung. Harganya yaitu 2 ribu rupiah saja per biji.

Harga surabi Cihapit: Rp 2.000/porsi

Alamat: Jl. Cihapit, Kota Bandung

Jam Buka: 06.00-12.00 dan 15.00-22.00 WIB

10. Bandros Cowboy Cisangkuy

Bandros adalah salah satu makan khas bandung. Jika bukan orang bandung, pasti tidak bisa membayangkan apa dan bagaimana sih rupa dan rasa makanan yang disebut bandros ini. Bandros adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Bentuknya mirip seperti pukis dan rasanya gurih sekali, di atasnya ditaburi dengan gula pasir untuk menambah cita rasa.

Bagaimana? Sudah bisa membayangkan jajanan bandros? Jika sudah terbayang-bayang, ingin rasanya mencoba. Di bandung wetan daerah cisarum, ada bandros yang terkenal bernama bandros cowboy cisangkuy. Bandros ini terkenal dengan berbagai macam varian yang dijualnya, mulai dari yang original, green tea, keju, cokelat, hingga beberapa merk cokelat ternama. Harganya beragam mulai dari 8 ribu hingga 45 ribu tergantung varian rasanya.

Harga bandros cowboy cisangkuy: Rp 8.000-45.000/porsi

Alamat: Jl. Cisangkyu no 56, CItarum, Bandung Wetan

Jam Buka: 09.30-19.00 WIB

11. Colenak Murdi Putra

Colenak adalah makan khas bandung yang juga disebut tape bakar, karena bahannya memang dari tape singkong yang dibakar. Jajanan yang satu ini sudah cukup terkenal bahkan mendunia karena keunikannya. Tape singkong yang sudah dibakar tadi makan dengan di cocol pada gula merah yang dipanaskan bersama parutan kelapa. Terbayang bagaimana keunikan rasanya. Tape singkong yang dibakar saja sudah terdengar nikmat, belum lagi setelah di cocol dengan saus khas tersebut.

Untuk menikmati colenak khas bandung, mampir saja ke colenak murdi putra yang ada di jalan ahmad yani no. 733, cicaheum, kiaracondong, padasuka, cibeunying kidul, kota bandung. Colenak di sini sangat terkenal dan katanya sudah berdiri sejak tahun 1930. Harganya juga cukup murah yaitu 10 ribu rupiah per bungkusnya.

Harga Colenak Murdi Putra: Rp 10.000/porsi

Alamat: Jl. Ahmad Yani No 733, Cicaheum, Kiaracondong, Pdasuka, Cibeunying kidul, Kota Bandung

Jam Buka: 07.00-20.00 WIB

12. Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan khas banung yang identik dengan kota kembang. Peuyeum adalah bahasa sunda dari tape singkong, khas kota bandung. Tape singkong di sini berbeda dengan tape singkong di kota lain karena peuyeum memiliki kadar air yang lebih sedikit daripada tape singkong yang lain. Sehingga peuyeum bisa bertahan lebih lama alias tidak mudah bau atau pun basi.

Uniknya, peuyeum menjadi makanan yang disantap langsung oleh warga bandung. Atau bisa juga dijadikan bahan untuk olahan jajan atau camilan. Jika ingin menikmati peuyeum alias tape singkong khas bandung yang asli, bisa main ke pusatnya peuyeum yaitu di desa citatah.

Lokasinya berada di jalan bandung-cianjur, kampung cimerang, desa citatah, kabupaten bandung barat. Peuyeum ini juga cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh karena tahan lama. Harganya sekitar 15 ribu rupiah saja per kilogram.

Harga peuyeum: Rp 15.000/kg

Alamat: Jl. bandung-cianjur, kampung Cimerang, Desa Citatah, Bandung Barat

Jam Buka: 05.00-18.00 WIB

13. Tahu Susu Lembang

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa makanan khas yang satu ini ada di lembang. Yap, tahu susu lembang ini memang berasal dari sana, kualitas tahunya yang super, rasanya yang lezat dan juga menyehatkan membuatnya patut dicoba. Tahu susu lembang ini terkenal dengan tekstur tahunya yang lembut dan rasanya sudah pasti lezat.

Jika berkunjung ke lembang, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh tahu susu lembang yang terkenal ini. Bisa dibeli di jalan raya lembang no 117, jayagirl, lembang, kabupaten bandung barat, dengan harga 25 ribu rupiah per bungkus.

Harga tahu susu Lembang: Rp 25.000/porsi

Alamat: Jl. Raya Lembang no 117, Jayagirl, Lembang, Bandung Barat

Jam Buka: 08.00-20.00 WIB

14. Pisang Bolen Kartika Sari

Jajanan pisang bolen pasti sudah banyak yang tahu dan pernah mencoba, bahkan sering. Lalu bagaimana dengan pisang bolen khas bandung? Apa bedanya dengan pisang bolen di kota-kota lain? Ternyata pisang bolen di bandung itu yang paling enak dan sudah sejak lama menjadi raja oleh-oleh.

Pisang bolen khas bandung yang terkenal adalah pisang bolen kartika sari yang tidak hanya enak, tetepi juga meninggalkan kesan mempesona. Selain itu, varian rasanya juga banyak seperti kacang hijau hingga peuyeum, unik sekali. Dan jika berkenan untuk membawa oleh-oleh pisang bolen kartika sari, sediakan uang sekitar 47 ribu untuk membeli satu kotak.

Harga pisang bolen kartika sari: Rp 47.000/porsi

Alamat: Jl. astina, di belakang istana plaza, Kota Bandung

Jam Buka: 08.00-15.15 WIB

15. Es Goyobod

Selain makanan dan jajanan, bandung juga punya nih minuman khas sunda yang bikin para pecinta kuliner penasaran. Es goyobod namanya, terbuat dari adonan sagu aren yang teksturnya kenyal dengan kuah santan yang nikmat, ditambah susu kental manis dan serutan es. Membayangkan saja sudah tergiur dengan kenikmatan es goyobod.

Tetapi tunggu dulu, tak cukup sampai di sini, es goyobod masih punya isian yang bervariasi seperti alpukat, kolang kaling, roti tawar, peuyeum, pacar cina dan juga kelapa muda. Dijamin nikmat dan dahaga akan hilang seketika, bahkan bisa jadi minuman penunda lapar karena isiannya yang banyak dan beragam.

Dengan isian sebanyak itu, ternyata es goyobod sangat murah meriah, haranya hanya 3 ribu rupiah untuk satu gelas. Jika tertaik mencoba, bisa mampir ke jalan klintingan B 9, RT/RW : 01/05, turangga, lengkong, kota bandung.

Harga Es Goyobod: Rp 3.000/porsi

Alamat: Jl. klintingan B 9, RT/RW : 01/05, turangga, lengkong, kota bandung

Jam Buka: 07.30-18.00 WIB

Itulah 15 makanan khas bandung atau khas orang sunda yang terkenal dan banyak dicari wisatawan yang sedang berkunjung ke bandung. Makanan khas bandung terkenal dengan keunikan namanya yang membuat wisatawan dari luar kota bandung penasaran dan bertanya-tanya apa sebenarnya bahan utama dari makanan tersebut. Selain itu, bandung memang terkenal dengan banyaknya variasi jajanan tradisional yang tetap eksis hingga sekarang. Kalian tertarik? Tunggu apa lagi? Ayo main ke bandung dan berburu kuliner khas di sana.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!