15 Kuliner Khas Bali Terkenal, Enak & Murah Meriah

Bali tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan budaya, tetapi juga kuliner yang khas. Kalau liburan ke Bali, sobat pasti ingin mencoba kuliner khas Bali yang kaya akan rasa. Pulau Dewata ini menyimpan banyak potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Bali sangat beragam dan selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata paling terkenal adalah Garuda Wisnu Kencana dan Pantai Kuta.

Kuliner khas Bali juga tidak hanya populer dengan menu babi. Kamu bisa mencicipi berbagai varian makanan yang lezat. Bahkan, warung makan khas Bali menjadi incaran wisatawan hingga antrean mengular. Mereka rela menunggu sedikit lama hanya untuk mencicipi makanan khas tersebut. Aneka makanan ini uga bisa menjadi oleh oleh khas Bali yang bisa kamu bawa pulang.

Penasaran makanan apa saja yang karena kelezatan bikin orang rela antre? Nah, berikut Jogja day rangkum kuliner khas Bali populer dan melegenda yang wajib kamu coba, sob.

“Baca Juga: 10 Kuliner Khas Makassar Terkenal, Enak & Murah Meriah”

1. Warung Nasi Ayam Men Weti Bali

1. Nasi Ayam Men Weti
Nasi Ayam Men Weti. Photo ig: @alvinadam1

Warung Nasi Ayam Men Weti adalah salah satu warung nasi ayam legendaris di Denpasar, Bali. Warung nasi ayam ini sudah ada sejak 1970. Jangan kaget jika saat kamu datang ke warung ini kamu akan melihat antrian yang sangat panjang.

Nasi Ayam Men Weti memang terkenal dengan rasa ayam dan bumbu rempah khas Bali yang lezat. Dengan memesan seporsi nasi ayam, kamu akan merasakan nikmatnya ayam bumbu betutu, sayur urap, telur rebus dengan sambal terasi, sate lilit, beberapa potong kulit ayam, dengan topping be nyuh (kelapa bakar yang diserut), sambal matah kacang goreng dan disiram dengan kuah bumbu genep (bumbu kuning khas Bali).

Kebayang kan nikmatnya? Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 20.000 untuk satu porsi nasi ayam. Kamu bisa datang ke Warung Nasi Ayam Men Weti di Jalan Letda Reta No. 52 Pantai Segara, Sanur. Jam buka warung pukul 08.00 – 11.00 (atau sampai menu habis). Datanglah lebih awal kalau mau sarapan karena pukul 07.00 pengunjung sudah mulai antre.

Lokasi: Jalan Letda Reta No. 52 Pantai Segara, Sanur

Harga: Rp 20.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 11.00 (atau sampai menu habis)

2. Warung Nasi Ayam Bu Oki Bali

2. Nasi Ayam Bu Oki
Nasi Ayam Bu Oki. Photo ig: @foodinventory

Warung Nasi Ayam Bu Oki populer banget di kalangan wisatawan. Seringkali Warung Nasi Ayam Bu Oki menerima rombongan turis domestik dan asing yang ingin mencicipi kelezatan nasi ayam Bu Oki. Untuk turis asing, kebanyakan yang datang turis Asia yang memang menyukai cita rasa makanan yang tajam (spicy).

Satu porsi nasi ayam Bu Oki terdiri dari nasi putih, ayam bumbu rempah khas Bali, sayur kacang, telur rebus, sate lilit, kacang goreng dan sambal bawang goreng.

Kalau kamu pencinta makanan pedas, kamu bisa request lho supaya ditambah lebih banyak sambal. Rasa sambal gorengnya pun khas, nggak cuma cabai dengan garam tetapi diberi bawang goreng dan sedikit terasi. Dijamin nagih!

Warung Nasi Ayam Bu Oki memiliki beberapa cabang, yakni di Jalan Raya Tuban No. 3, Jalan Celagi Basur 3Y Jimbaran, dan Jalan Raya Nusa Dua Selatan No. 27. Lokasinya memang pas di kawasan pariwisata Bali Selatan.

Harga satu porsi nasi ayam Bu Oki tidak terlalu mahal, Rp 25.000. Kamu bisa datang antara pukul 07.00-18.00. Kalau kebetulan menginap di sekitar Jimbaran, jangan sampai deh kamu melewatkan nasi ayam Bu Oki.

Lokasi: Jalan Raya Tuban No. 3, Jalan Celagi Basur 3Y Jimbaran

Harga: Rp 25.000

Jam Buka: pukul 07.00-18.00

3. Warung Mak Beng Bali

3. Warung Mak Beng
Sup Kepala Ikan dan Ikan Goreng Mak Beng. Photo ig: @foodventurer

Satu lagi kuliner legendaris di daerah Sanur. Berdiri sejak 1940, warung Mak Beng tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, warung Mak Beng sering didatangi para pesohor tanah air. Tempatnya memang tidak besar, tetapi jangan tanya soal kelezatan menunya, kamu pasti pengen nambah.

Warung Mak Beng cukup unik karena hanya punya satu paket menu, yakni paket ikan goreng dan sup kepala ikan. Paket ikan goreng dan sup kepala ikan ini memang menu andalan Mak Beng sejak dahulu. Jadi kamu hanya cukup sebutkan berapa porsi yang ingin kamu pesan.

Apa sih yang bikin menu Mak Beng begitu spesial? Jawabannya adalah kuah sup kepala ikan yang dimasak dengan bumbu rempah khas Bali yang super gurih. Jenis ikan laut yang disajikan adalah ikan kakap merah, tenggiri dan cakalang yang dimasak dengan empuk.

Untuk ikan goreng, yang disajikan adalah bagian perut yang memiliki sedikit tulang. Nah, bagi pencinta sambal, kamu pasti ketagihan dengan sambal goreng terasi ala Mak Beng dengan resep turun temurun yang enak banget!

Harga satu paket menu Mak Beng Rp 45.000. Lokasi warung di Jalan Hang Tuah No. 45 Sanur. Warung buka pukul 08.00 – 22.00. Pengunjung bisa antre 30 menit hingga satu jam.

Lokasi: Jalan Hang Tuah No. 45 Sanur

Harga: Rp 45.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 22.00

4. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku Bali

4. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku
Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Photo ig: @ny.rempong

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku adalah kuliner populer khas Bali yang bermula di Ubud. Seiring berjalannya waktu, Nasi Ayam Kedewatan membuka cabang di Denpasar dan Seminyak.

Di Bali memang terdapat banyak tempat yang menjual menu nasi ayam, tetapi masing-masing tempat memiliki cita rasa yang khas. Nasi Ayam Kedewatan menyajikan cita rasa makanan yang pedas, terdiri dari ayam suwir dengan ati/ampela, sate daging ayam bumbu, telur pindang, sate lilit, sayur kacang panjang, kacang goreng dan sambal goreng pedas. Kalau kamu tidak kuat pedas, mungkin kurang cocok sama menu ini.

Warung Nasi Ayam Kedewatan di Ubud juga memiliki tempat yang unik, yaitu rumah tradisional Bali yang terdiri dari bale khas Bali. Jadi kamu seolah-olah sedang makan di rumah.

Seporsi nasi ayam Kedewatan dibandrol Rp 17.000. Alamat warung di Jalan Raya Kedewatan No. 18 Ubud. Jam buka antara pukul 08.00 – 18.00. Kalau kamu kebetulan sedang berada di sekitar Denpasar, kamu bisa datang ke Jalan Tukad Badung No. 11 Renon atau Jalan Kayu Jati No. 12 Petitenget.

Lokasi: Jalan Raya Kedewatan No. 18 Ubud

Harga: Rp 17.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 18.00

5. Warung Gula Bali (The Joglo) Bali

5. Warung Gula Bali (The Joglo)
Menu Tipat Cantok Warung Gula Bali (The Joglo). Photo ig: @foodbali

Warung Gula Bali memang tidak selegendaris Warung Mak Beng. Namun di sini kamu bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Bali yang menggugah selera yang cocok buat camilan sore.

Menu andalan Warung Gula Bali adalah  singkong salju dan rujak serut. Menu lain yang bisa kamu pesan di sini antara lain tipat cantok (ketupat dengan bumbu kacang), rujak kuah pindang (rujak khas Bali), bubur sumsum khas Bali, tipat plecing (ketupat dengan sayuran bumbu Bali), serombotan (sayuran khas Klungkung), jajan Bali dan masih banyak lagi. Sebaiknya datang rame-rama supaya kamu bisa mencicipi banyak varian menu.

Harga menu di Warung Gula Bali berkisar antara Rp 6.000 – Rp20.000. Lokasi warung di Jalan Merdeka II No. 9 Denpasar. Jam buka antara pukul 08.00 – 20.00.

Lokasi: Jalan Merdeka II No. 9 Denpasar

Harga: Rp 6.000 – Rp20.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 20.00

6. Warung Rujak Glogor Bali

6. Warung Rujak Glogor
Menu Warung Rujak Glogor. Photo ig: @ghietno

Ini salah satu warung rujak legendaris favorit yang berdiri sejak 1966. Buat kamu yang tidak ingin makanan berat untuk makan siang, coba deh datang ke Warung Rujak Glogor.

Warung Rujak Glogor menjual 30 varian rujak. Menu andalannya adalah rujak kuah pindang khas Bali. Rujak kuah pindang menggunakan air rebusan pindang dengan campuran terasi dan gula untuk kuahnya. Meski begitu, rujak kuah pindang tidak amis, malah rasanya pedas manis dan gurih.

Selain rujak kuah pindang, kamu bisa mencoba rujak kacang, rujak bulung, rujak cuka, tipat cantok, tipat bulung dan es daluman yang segar. Harga menu di Warung Rujak Glogor berkisar antara Rp 6.000 – Rp 15.000. Alamat di Jalan Bukit Tunggal No. 27 Denpasar. Jam bukan antara pukul 10.00 – 18.00.

Lokasi: Jalan Bukit Tunggal No. 27 Denpasar

Harga: Rp 6.000 – Rp 15.000

Jam Buka: pukul 10.00 – 18.00

7. Warung Be Pasih Renon Bali

7. Warung Be Pasih Renon
Ikan Bakar Warung Be Pasih Renon. Photo ig: @warungbepasih.renon

Warung Be Pasih dalam bahasa Bali berarti warung ikan laut. Menu yang disajikan di Warung Be Pasih antara lain paket pesinggahan, paket ikan bakar, paket bebek goreng, bebek betutu dan udang.

Menu favorit di Warung Be Pasih adalah paket ikan bakar yang disajikan dengan sayur plecing kangkung, sate lilit ikan, tahu dan tempe goreng, dan sup ikan yang gurih plus sambal terasi. Aroma ikan bakar sangat menggugah selera dan sup ikan yang juga menjadi andalan dimasak dengan bumbu Bali yang bercita rasa asam pedas.

Harga paket menu Warung Be Pasih cukup terjangkau, antara Rp 12.000 – Rp 34.000. Alamat di Jalan Pemuda III No. 24 Renon, Denpasar. Jam buka antara pukul 09.00 – 22.00.

Lokasi: Jalan Pemuda III No. 24 Renon, Denpasar

Harga: Rp 12.000 – Rp 34.000

Jam Buka: pukul 09.00 – 22.00

8. Babi Guling Candra (Non Halal) Bali

8. Babi Guling Candra
Babi Guling Candra. Photo ig: @kokocelamitan

Babi guling boleh dibilang kuliner Bali yang paling populer. Salah satu warung babi guling yang terkenal di Denpasar adalah Babi Guling Candra.

Seporsi menu babi guling disajikan dengan sepiring nasi putih, potongan babi guling, kuah daging babi, lawar (sayuran dengan bumbu khas Bali) dan sate babi. Sajian tersebut dimasak dengan bumbu genep atau bumbu khas Bali yang terdiri dari berbagai macam rempah.

Bumbu genep untuk babi guling ini dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam perut babi yang dipanggang. Jadi cita rasa yang dihasilkan berbeda dengan bumbu goreng.

Harga seporsi nasi babi guling dibandrol Rp 60.000. Kalau mau bungkus kamu cukup membayar Rp 25.000. Lokasi berada di Jalan Teuku Umar No. 140 Denpasar. Jam buka mulai pukul 05.00 – 22.00.

Lokasi: Jalan Teuku Umar No. 140 Denpasar

Harga: Rp 60.000

Jam Buka: pukul 05.00 – 22.00

9. Sate Plecing Arjuna (Non Halal) Bali

9. Sate Plecing Arjuna
Menu Sate Plecing Arjuna. Photo ig: @balifoodmatters

Sate Plecing Arjuna, salah satu kuliner legendaris sejak 1990. Menyediakan menu andalan sate babi bumbu plecing, Sate Plecing Arjuna tidak pernah sepi pengunjung. Selain sate babi, kamu juga bisa memesan sate sumsum, sate ayam dan sate kambing yang tidak kalah lezat.

Keunikan sate plecing ini adalah tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan bumbu plecing yang terbuat dari cabai, terasi, kemiri dan bawang putih yang kemudian diberi perasan jeruk limau. Rasanya nendang banget. Apalagi ditemani soto babi yang gurih.

Seporsi sate plecing diberi harga Rp 24.000/10 tusuk. Alamat warung di Jalan Arjuna No. 47 Denpasar. Buka antara pukul 09.00 – 16.30.

Lokasi: Jalan Arjuna No. 47 Denpasar

Harga: Rp 24.000/10 tusuk

Jam Buka: pukul 09.00 – 16.30

10. Sate Babi Bawah Pohon (Non Halal) Bali

10. Sate Babi Bawah Pohon
Sate Babi Bawah Pohon. Photo ig: @eatineraryid

Satu lagi kuliner babi yang populer banget, Sate Babi Bawah Pohon. Sesuai namanya, tempatnya sederhana berupa warung tenda di bawah pohon besar lapangan Gelora Trisakti Legian.

Sate babi dengan bumbu pedas manis yang khas disajikan dengan ketupat atau nasi putih dan sambal cabai yang diulek dengan garam. Paling enak disantap dengan soto babi yang kuahnya gurih banget. Berada di kawasan pariwisata Kuta yang populer, Sate Babi Bawah Pohon tidak pernah sepi. Menariknya, kamu tidak perlu menunggu lama sampai menu disajikan.

Harga seporsi sate babi dengan ketupat dibandrol Rp 30.000. Lokasi warung tenda ini cukup strategis, di Jalan Patih Jelantik Legian, buka antara pukul 08.00 – 21.00.

Lokasi: Jalan Patih Jelantik Legian

Harga: Rp 30.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 21.00

11. Ayam Betutu Liku Bali

11. Ayam Betutu Liku
Ayam Betutu Liku. Photo ig: @warungliku

Ayam Betutu Liku adalah salah satu warung nasi ayam yang memiliki banyak cabang. Tidak heran, ayam betutu dari Warung Liku memang difavoritkan untuk santap siang, bahkan bagi warga lokal seringkali dipesan untuk keperluan upacara keagamaan.

Buat kamu yang tidak terlalu menyukai makanan pedas, ayam betutu Liku bisa menjadi pilihan. Di sini menu ayam betutu dimasak dengan bumbu genep (bumbu rempah khas Bali) dan rasanya tidak sepedas nasi ayam khas Bali lainnya. Namun rasa ayam betutu Liku tetap lezat dan khas.

Ayam betutu Liku disajikan dengan sepiring nasi putih, sayur kacang panjang, telur rebus, kacang goreng dan sambal matah khas Bali. Seporsi nasi ayam betutu dihargai Rp 12.000 – Rp 15.000. Lokasi di Jalan Gandapura III Denpasar, kamu juga bisa datang ke Jalan Nakula Legian atau Jalan Tukad Musi Denpasar. Jam buka antara pukul 08.00 – 22.00. Namun, Warung Liku Nakula tutup lebih awal sekitar pukul 16.00.

Lokasi: Jalan Gandapura III, Denpasar

Harga: Rp 12.000 – Rp 15.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 22.00

12. Ne Men Gabrug Bali

12. Ne Men Gabrug
Laklak Bali khas Ne Men Gabrug. Photo ig: @nemengabrug

Bosan dengan menu yang berat? Ada lagi nih, kuliner jajanan khas Bali yang enak banget di Ne Men Gabrug, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi “Ini Ibu Gabrug”. Menu utama Ne Men Gabrug adalah laklak, jajanan tradisional Bali yang terbuat dari tepung beras dan tapioka, dimasak dengan cara dipanggang dengan arang, kemudian diberi gula bali cair dan parutan kelapa.

Aroma laklak ini khas banget. Kamu bisa memesan laklak ini dicampur dengan jajanan lain seperti pukis, ongol-ongol, bubur sumsum, pisang rai dan bubur injin. Selain itu kamu juga bisa makan tipat cantok, tipat kuah, tipat plecing dan rujak di warung ini.

Kisaran harga menu di Ne Men Gabrug antara Rp 5.000 – Rp 18.000. Lokasi warung di Jalan Hayam Wuruk No. 269 XX Denpasar dan buka antara pukul 08.00 – 18.00.

Lokasi: Jalan Hayam Wuruk No. 269 XX Denpasar

Harga: Rp 5.000 – Rp 18.000

Jam Buka: pukul 08.00 – 18.00

13. Tipat Blayag Bali

13. Tipat Blayag
Tipat Blayag. Photo ig: @balifoodmatters

Tipat blayag adalah kuliner khas Buleleng, Bali. Tipat (ketupat) blayag disajikan dengan potongan ketupat, ayam suwir, sayur urap, telur rebus, kacang goreng, sambal dan ayam yang disiram kuah bumbu kuning.

Salah satu penjual tipat blayag adalah Warung Bu Agus. Tipat blayag disajikan dengan kuah ayam nyat-nyat yang kental yang gurih banget. Seporsi tipat blayag dibandrol Rp 10.000.

Warung Bu Agus beralamat di Jalan Tukad Yeh Aya No. 31 Renon, Denpasar. Buka antara pukul 16.00 – 04.00. Jadi nggak usah bingung kalau sobat tiba-tiba ingin makan saat larut malam.

Lokasi: Jalan Tukad Yeh Aya No. 31 Renon, Denpasar

Harga: Rp 10.000

Jam Buka: pukul 16.00 – 04.00

14. Nasi Jinggo Marimar Khas Bali

14. Nasi Jinggo Marimar
Nasi Jinggo Marimar. Photo ig: @madewedastra

Rasanya ada yang kurang saat membahas kuliner khas Bali, tetapi tidak menyebut nasi jinggo. Yup, nasi jinggo ini nasi bungkus yang gampang banget ditemui di pinggir jalan di Bali.

Salah satu warung nasi jinggo yang legendaris adalah Nasi Jinggo Marimar. Di sini ada beberapa pilihan nasi jinggo, mau yang pedas, biasa (tidak terlalu pedas) dan nasi kuning. Seporsi nasi jinggo disajikan dengan ayam suwir, serundeng, tempe goreng, mie goreng dan sambal yang dibungkus dengan daun pisang.

Harga seporsi nasi jinggo Rp 5.000 saja. Warung Marimar tepat berada di depan RSUD Wangaya, Jalan Kartini Denpasar dan buka antara pukul 06.00 -18.00.

Lokasi: depan RSUD Wangaya, Jalan Kartini Denpasar

Harga: Rp 5.000

Jam Buka: pukul 06.00 -18.00

15. Made’s Warung Bali

15. Warung Made
Menu Made’s Warung. Photo ig: @madeswarung

Made’s Warung adalah warung legendaris berikutnya yang sudah ada sejak 1969 di Kuta. Made’s Warung memiliki menu bervariasi, tetapi yang paling favorit adalah nasi campur.

Selain nasi campur, Made’s Warung juga menyajikan tipat cantok, pepes ikan dan sate lilit sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu khas Bali. Dengan menu yang beragam, Made’s Warung selalu ramai dikunjungi wisatawan, lho.

Harga menu di Made’s Warung berkisar antara Rp 25.000 – Rp 115.000. Berlokasi di Jalan Raya Seminyak Kuta, Made’s Warung buka antara pukul 10.00 – 01.00 (dini hari).

Lokasi: Jalan Raya Seminyak Kuta

Harga: Mulai Rp 25.000 – Rp 115.000

Jam Buka: pukul 10.00 – 01.00 (dini hari)

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Banyuwangi Terkenal, Enak & Murah Meriah

Nah, itu dia 15 kuliner khas Bali  dari jogja day yang populer dan sayang banget kalau kamu nggak coba. Ternyata kuliner khas Bali juga variatif kan?

Mau menu berat atau sekadar camilan, kamu bisa temukan di warung-warung tadi. Namun, kamu harus sabar ya sob, kalau harus mengantre lama. Itu semua akan terbayar tuntas saat kamu sudah mencicipi kulinernya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!