Cara Jualan Foto Di Shutterstock

Shutterstock merupakan situs penyedia foto yang terkenal. Platfrom tersebut memiliki banyak pelanggan setia yang menunduh hasil karya yang ada di shutter stock.

Banyak yang menginginkan bergabung menjadi kontributor di Shutterstock karena, pasar yang dimiliki situs ini sudah banyak. Bagi kamu seorang fotografer pasti ingin bergabung di Shutter stock.

Shutter stock menyediakan untuk file yang kamu upload dapat berupa gambar, foto, ilustrasi, vektor hingga video.

Shutterstock merupakan penyedia foto yang banyak diunduh, sehingga ketika kamu upload di pasar shutterstok, kemungkinan akan terjual cepat karena pembelinya yang banyak.

Penasaran bagaimana cara mendaftar dan upload foto di Shuttrstock? Berikut ini adalah cara untuk menjadi kontributor di Shuttherstock.

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock adalah situs atau platfrom yang meyediakan stok foto, untuk dijual kepada yang membutuhkan.

Apa saja yang dijual Shutterstock? Terdapat gambar, vektor, foto, video ilustrasi yang ada di Shutterstock.

Siapa saja klien atau yang membutuhkannya? bisa blogger, perusahaan, iklan, pemasaran dan lainnya yang membutuhkan.

Di platfrom ini kamu bisa menjadi kontributor, yaitu pewarta yang menyediakan/mengupload hasil karya berbentuk foto, gambar, ilustrasi, dan video.

Nantinya setiap ada yang membeli hasil karya kamu di Shutterstok maka kamu akan mendapatkan fee atau keuntungan sesuai dengan aturan shutterstock yaitu berkisar 33% dari harga jualnya.

Semakin banyak yang download fotomu di Shutterstock maka semakin banyak cuan yang terkumpul dan keuntungan semakin banyak.

Selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara menjadi kontributor di Shutterstock.

Cara Daftar Menjadi Kontributor Shutterstock

1. Install aplikasi Shutterstock Kontributor di Playstore atau Appstore.

2. Lalu masuk ke aplikasi dan klik Sign Up

3. Isi Nama, Email, Password dan Display Name secara lengkap, jangan lupa centang atau klik pernyataan bahwa usia lebih dari 18 tahun dan sudah membaca term of service dan privacy policy.

4. Cek Email yang terdaftar tadi, lalu log in menggunakan username dan password yang telah diketikan.

5.  Setelah itu isi kolom registrasi secara lengkap, kolom Negara, Alamat, Kota, Provinsi, Kode Pos, Nomor Telphone, jangan lupa centang dan lanjutkan.

6. Setelah itu kamu sudah masuk di tampilan dashboard Shutterstock.

Cara Upload Foto Di Shutterstock

1. Masuk aplikasi Shutterstock, setelah muncul tampilan dasboard klik start here atau klik logo upload yang ada di bawah layar. Lalu pilih foto yang ada di gallery handphone.

2. Lalu isi deskripsi foto secara lengkap, yaitu tanggal jepretan, lokasi, dan kata yang relevan untuk deskripsi foto. Karena kelengkapan dalam mengisi deskripsi menjadi syarat untuk foto kita diterima.

  • Selanjutnya isi keyword yang sesuai, kamu dapat menambahkannya secara manual atupun klik dari keyword yang direkomendasikan (suggested) oleh Shutterstock, maksimal 50 keyword.
  • Selanjutnya isi kategori foto. Terdapat banyak pilihan diantaranya makanan, travel, industri education, nature, people dan lainnya, kamu bisa memilih maksimal 2 kategory untuk 1 foto yang diupload.
  • Selanjutnya ini kolom aditional info, ada 3 pilihan yaitu Editorial, Illustration dan Mature Content. Pilih yang sesuai dengan gambar dan tujuan gambar di upload. Lalu Submit.
  • Setelah submit, maka file kamu akan direview oleh shutterstock, selang beberapa waktu status pada foto kamu akan berubah. Nantinya status akan berubah menjadi Approved atau Not Approved.

Jika Aproved berarti foto kamu sudah ada di pasaran Shutterstock, jika Not Approved dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya, deskripsi foto yang kurang lengkap, salah memilih pada kolom additional info, foto kamu kurang dari 4 mega pixel atau foto kamu tidak sesuai dengan keinginan Shutterstok.

Memang Shutterstok adalah situs penyedia foto yang lumayan rumit untuk proses keterangan dan submit hasil karya. Namun dengan ketekunan dan konsisten upload, maka kemungkinan hasil karya kamu dibeli semakin besar.

 

Tips Jualan di Shutterstock

Bagi kamu yang ingin serius agar bisa menghasilkan uang dari Shutterstock, harus baca beberapa tips agar laku jualan di Shutter stock.

1. Lengkapi data profil dengan sempurna

Setelah berhasil untuk log in pada dashboard di aplikasi Shuttestok, kamu tetap harus mengisi kelengkapan datanya.

Kamu harus masuk di situs https://submit.shutterstock.com/ untuk melengkapi data hingga menjadi 100%.

Tujuannya adalah dengan lengkapnya data profil pada situs ini maka kamu akan lebih direkomendasikan untuk proses penjualan. Dan hasil karya berupa foto, video dan ilustrasi akan lebih sering muncul di beranda klien.

2. Upload Sesuai Dengan Tema Yang Di Pilih

Selanjutnya adalah upload sesuai tema yang kamu pilih. Misalkan passion kamu dibidang kesehatan, maka bisa upload hal hal apa saja yang ada di bidang tersebut. Dan upload terus sesuai tema yang dipilih.

Selain tema , silakan pilih juga dengan media yang akan digunakan. Misalkan kamu memilih video untuk di upload maka kamu sebaiknya upload hasil karya berupa video untuk selanjutnya.

Apabila kamu hobi dengan desain grafis, maka upload tentang desain grafis untuk seterusnya.

Jadi sesuaikan saja dengan hobi dan passion kamu, hal ini akan memudahkan kamu untuk mengatur cara kerja, dan juga tentunya akan direkomendasikan lebih oleh shutterstock.

3. Membuat Konten Yang Kreatif

Laku atau tidaknya semuah konten tidak terlepas dari ide dan isi dari pembuatnya. Makna tersirat yang ada pada hasil karya akan membuat orang tertarik untuk membelinya.

Hal ini bisa kamu lengkapi dengan menambahkan deskripsi dengan kata kata yang unik pada hasil karya.

Jika kamu membuat video, bisa juga melihat pada stok yang ada, mana saja video yang laku dan banyak diminati klien.

4. Upload konsisten di Shutterstock

Jika kamu sudah yakin dengan hasil karyamu, maka kini saatnya untuk unggah di Shutterstock.

Ada baiknya kamu harus percaya diri dengan hasil karya yang telah dibuat sedemikian rupa.

Tentunya semakin banyak hasil karya yang kamu upload di Shutterstock maka semakin besar kemungkinan akan laku terjual banyak di platfrom ini. Selamat mencoba!

4. Siapkan akun Paypal

Proses pembayaran setelah hasil karyamu dibeli akan melewati Paypal. Paypal adalah perusahaan jasa keuangan yang harus kamu daftar.

Setelah buat rekening di paypal, tentunya akan membuatmu ketagihan untuk berkarya lebih baik lagi agar akun paypal mu terisi cuan. Bukan begitu?

Demikian informasi mengenai cara daftar di Shutterstock dan cara upload hasil karya berupa foto, video, iluatrasi dan vektor ke Shutterstok. Selamat mencoba, dan jangan mudah menyerah.

Share This Post

Welcome

Share Artikel Ya!