Cara Jualan Foto Di EyeEm

Menjual foto di Internet menjadi aktifitas yang dilakukan oleh banyak orang. Baik seorang fotografer profesional ataupun fotografer amatir.

Bahkan bagi kamu yang punya stok foto di galeri handphone, bisa juga dipasarkan melalui situs Eyeem. Selain menghasilkan, kamu juga bisa menyalurkan hobi.

Bagi kamu yang hobi dengan fotografi dan suka jepret sana sini, tak perlu ragu untuk mencoba memasarkan hasil karyamu di situs penyedia stock foto.

Jika kamu beruntung maka fotomu dapat dibeli dan menghasilkan dollar direkeningmu. Ada banyak situs yang menyediakan tempat jualan foto.

Salah satu tempat jualan foto adalah Eye Em. Disini akan dibahas mengenai cara menjadi kontributor foto di Eye Em.

Kontributor di Eye Em adalah sesuatu yang menghasilkan foto kemudian diunggah ke platfrom Eye Em untuk ditinjau apakah hasil karyanya sesuai untuk ikut dipasarkan.

Apa Itu Eye Em

Eye Em adalah platfrom atau situs yang menyediakan stok foto, vektor ataupun video. Di situs ini kamu bisa bertindak sebagai kontributor.

Kontributor adalah pewarta yang menyediakan atau mengunggah hasil karya berupa foto, vektor, video dan ilustrasi ke Eye Em.

Keuntungan menjadi kontributor adalah kamu bisa mendapatkan keuntungan atau sharing fee dari hasil penjualan hasil karya berupa foto, video, vektor atau ilustrasi.

Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana menjadi kontributor di Eye Em. Simak sampai habis ya.

Cara Menjadi Kontributor Platfrom Stok Foto EyeEm

1. Download aplikasi EyeEm yang ada di Playstore atau Appstore

2. Buka hasil download aplikasi Eye Em

3. Jika kamu sudah mempunyai Email maka pilih lanjutkan menggunakan email, jika belum ada beberapa pilihan bisa lanjutkan menggunakan Facebook, atau membuat email terlebih dahulu

4. Setelah masuk dengan email maka akan muncul tampilan berikut dan pilih Sign Up For Market

5. Isi data Nama Depan, Nama Belakang, Alamat, Kode Pos, Kota Tempat Tinggal, Negara dan centang bahwasanya kamu telah berumur lebih dari 18 tahun, karena eye em mensyaratkan untuk kontributor minimal usia diatas 18 tahun. Lalu klik sign up.

6. Selanjutnya akan tertampil dashboard eye em, dan kamu sudah bisa untuk upload foto untuk kontributor. Namun sebelum upload kamu harus verifikasi email terlebih dahulu.

7. Untuk verifikasi email klik gambar lonceng, lalu pilih ‘verify your email’.

8. Jika sudah verifikasi email di halaman email kamu, maka sudah bisa untuk upload foto pertamamu di Eye Em.

Cara Mengunggah Foto Pertama Di Eye Em

1. Klik gambar kamera yang berada di pojok kanan bawah lalu pilih gambar, vektor atau foto yang mau diunggah.

2. Setelah memilih foto yang mau diunggah, klick Next dan kamu bisa melihat tombol keterangan yang ada di paling atas dan menu pilihannya. Berikut ini keterangan dari menu edit yang ada di situs Eyeem

  • Menu 1 terletak di sisi atas paling kiri, menu ini berguna untuk mengedit ukuran (crop), merotasi foto, membuat vertical, horizontal,

  • Menu 2 yang berada di tengah berfungsi untuk merubah gradasi foto dan terdapat empat pilihan yaitu fresh, soft, urban, life yang bisa kamu pilih sesuai selera dan nampak lebih indah

  • Menu 3 ada di layar paling atas paling kanan, disini kamu bisa mengatur enhance, contrast, exposure secara manual sebelum diupload, dengan mengedit manual tentu kamu lebih bebas edit foto.

3. Setelah itu klick next dan isi caption yang sesuai dengan gambar, kamu dapat ketikan deskripsi foto menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa indonesia.

Jika foto tidak sesuai ketentuan market maka, akan muncul keterangan ‘not suitable for Market’, jika foto sesuai dengan kebutuhan market di EyeEm maka akan mucul tulisan ‘Sell to Market’.

Biasanya keterangan ‘Not suitable for market’ muncul akibat dari pixel yang tidak memenuhi standar, seperti eye em mengharuskan foto yang diunggah lebih dari 4 megapixel.

4. Klik next dan isi tag manual ataupun kamu juga bisa mengisi dengan suggested tag yang telah disediakan oleh eye em. Maksimal tag yang diupload adalah 30 tag.

Saran admin adalah maksimalkan semua tag terisi yaitu 30 tag, karena berpengaruh pada jangkauan foto agar lebih banyak dilihat pembeli.

5. Selanjutnya klik post dan foto kamu sudah bisa tertampil dan akan nampak status ‘under review’, artinya bahwa foto kalian sedang direview sistem apakah cocok dijual ke market atau tidak.

Nah, status foto di eyeem akan berubah dalam jangka waktu yang berbeda beda, namun menurut pengalaman admin maksimal adalah 7 hari untuk reviewnya.

Status foto setelah direview ada 3 yaitu On Market, Selected for Partner dan Not Selected for Partner. Keterangan dari ketiga status akan dijelaskan dibawah ini.

Mengetahui Status atau Label Keterangan Foto Unggahan Di EyeEm

1. Under Review

Status atau keterangan yang pertama adalah under review. Ini berarti bahwa foto yang sudah terunggah sedang direview oleh Eye Em, untuk ditentukanapakah bisa masuk dalam market atau tidak terseleksi dalam market.

Waktu yang dibutuhkan eye em untuk menentukan foto yang masuk dalam pasar sangat bervariatif, ada yang 2 jam langsung approve ke market, ada pula yang sampai 4 hari belum juga berubah statusnya.

 

2. On Market

Status pada eye em yang bertuliskan on market, tandanya bahwa foto yang kamu unggah telah disetujui untuk berada di beranda pasar Eye Em. bagi kamu yang telah sampai pada status ini kami ucapkan selamat. Semoga segera laku di pasaran, dan mendapat dollar.

3. Selected for Partner

Keterangan yang ketiga adalah selected for partner. Ini adalah status yang spesial, bahwa foto yang diunggah ini akan dipasarkan di market eye em dan juga market rekanan eye em, saat ini eye em rekanan denga getty image.

4. Not Selected for Partner

Status selanjutnya adalah not selected for partner. Keterangan ini menandakan bahwa foto yang kamu unggah tidak memenuhi syarat pasaran yang ada di market eye em. Kamu bisa menghapusnya atau dibiarkan saja sebagai ini profil juga tidak apa.

Demikian ulasan mengenai cara membuat akun eye em, tips menggunggah foto pertama dan keterangan status pada foto yang telah diunggah di platfrom Eye Em. Bagi kamu yang hobi fotografi, terjun untuk jualan adalah salah satu alternatif yang bagus.

Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa untuk share artikel ini ya.

 

Share This Post

Welcome

Share Artikel Ya!