5 Website Tempat Menjual Foto Di Internet

Bagi kamu yang hobi dengan fotografi, baik yang sudah profesional ataupun amatir. Tak ada salahnya untuk mencoba jualan foto di Internet.

Daripada koleksi fotonya hanya tersimpan di galeri, lebih baik kita share pada media yang memungkinkan untuk mendapatkan uang.

Ada banyak website tempat menjual foto hasil karya kamu yang bisa dijadikan platfrom untuk mendapatkan passive income.

Tak perlu ragu karena menghasilkan foto yang bagus tak harus dengan kamera yang mahal. Bagi kalian yang masih menggunakan foto DSLR, miroless ataupun hanya pakai foto handphone, kamu sudah bisa memasarkan hasil jepretanmu.

Yang terpenting dalam menjual foto adalah, kamu percaya diri dengan hasil jepretanmu, mau belajar dan konsisten untuk terus berkarya.

Ketika kamu sudah siap dengan file foto untuk di publikasikan, berikut ini jogja day sampaikan website mana saja yang bisa digunakan untuk jualan foto di internet. Simak sampai habis artikelnya.

5 Website Jualan Foto Di Internet

Semua orang akan senang jika karya yang dihasilkan dapat bernilai uang. Sama dengan seorang fotografer, ada banyak fotografer yang menjual foto dan memasarkannya di internet.

Bahkan fotografer profesional banyak yang menjadikan jualan foto sebagai pendapatan utama. Profesi ini memang tidak mudah namun bisa dipelajari.

Melalui berbagai website online ini, seorang photographer mengunggah karyanya untuk dipasarkan di website agar dapat dilihat oleh calon pelanggan.

Ketika calon pelanggan tertarik untuk menggunakannya, mereka akan mendownload dan membeli lisensi untuk digunakan. Untuk pembagian keuntungan penjualan akan dibagi antara fotografer dengan website tempat menjual.

Calon pelanggan seperti blogger, pembuat iklan, perusahaan akan tertarik jika foto hasil karya kamu sesuai dengan konsep dan memiliki kualitas yang bagus.

Setiap website menjual foto memiliki ketentuan, aturan, lisensi dan pembagian keuntungan yang berbeda beda. Jadi sebelum kamu membuat akun jualan maka ada baiknya untuk membacanya secara lengkap.

Kamu juga bisa upload pada website yang berbeda beda, karena website ini layaknya pasar yang kamu bisa menjual barang apapun di pasar yang berbeda. Seperti indomaret dan alfamart yang menjual barang sama.

Salah satu website tempat jualan foto adalah Shutterstock, perusahaan stok foto ini merupakan salah satu yang populer. Namun ternyata masih banyak perusahaan sejenis yang akan kita bahas disini.

1. Getty Images

getty images
gettyimages.com

Platfrom atau Website tempat jualan yang pertama kita bahas adalah Gettyimages, platfrom ini merupakan yang besar. Karena telah mengakuisisi platfrom sejenis beberapa kali.

Perusahaan penyedia foto ini telah mempunyai lebih dari 80 juta arsip foto yang telah diupload. Menurut wikipedia Gettyimage memiliki fokus pada iklan, media cetak dan design pemasaran.

Getty images selalu menawarkan foto dengan kualitas terbaik. Bagi kamu yang bisa menghasilkan kualitas foto terbaik, maka klien akan menghargai mahal setiap jepretan yang dihasilkan.

Pelanggan dari Getty image kebanyakan adalah publikasi berita, jurnalis, perusahaan media yang tentunya memerlukan kualitas gambar yang terbaik. Bagi kamu yang dapat menarik klien tersebut tentu akan dihargai cukup besar.

Sebagai pertimbangan berikut ini penulis sampaikan keunggulan dan kekurangan dari Gettyimage diantaranya

  • Keunggulan Getty Images

Karya yang ada di Getty Images memiliki kualitas yang tinggi. Platfrom ini diisi oleh banyak fotografer yang memiliki kualitas foto paling baik. Jadi jika kamu diterima dipasaran getty image pasti foto tersebut memiliki nilai tambah.

Foto di Getty images akan mendapatkan keuntungan yang besar. Foto, Vektor dan Design yang dihasilkan akan memiliki harga yang tinggi.

Platform Getty images merupakan tempat bertemunya fotografer yang profesional dengan pelanggan profesional juga.

  • Kekurangan Getty Images

Bagi fotografer pemula, kebanyakan kesulitan dalam memasarkan hasil karyanya. Namun faktor kualitas dan keberuntungan menjadi hal yang mungkin terjadi.

Hasil karya yang diupload pada platfrom ini memiliki kualitas tinggi, selain posisi saat jepret atupun saat mengeditnya yang harus maksimal.

Getty image kurang cocok bagi fotografer pemula. Karena sulit mendapatkan persetujuan untuk hasil karyanya untuk pasarkan.

2. 500px

500px
500px.com

Selanjutnya ada 500px yang merupakan situs penyedia stok foto yang juga populer. Tak hanya bisa upload foto saja, disini kamu bisa berinteraksi dengan para fotografer profesional karena ada komunitasnya.

Selain dapat diskusi dan berinteraksi dengan fotografer lain. Pada salah satu momentum kamu bisa mengikuti kompetisi foto yang diselenggarakan Photo Quest.

Terdapat dua jenis foto yang diupload pada media ini yaitu foto non eksklusif dan foto eksklusif. Tentunya dengan komisi yang berbeda.

Untuk foto non eksklusif mendapat 30% hasil komisi, dan eksklusif mendapatkan 60% dari hasil komisi. Bagaimana, tertarik memasarkannya?

  • Keunggulan 500px

Cocok digunakan jika kamu ingin banyak berdiskusi dengan para fotografer lainnnya, sebagai ajang apresiasi karya dan belajar seputar hal fotografi.

500px menghargai setiap hasil foto yang terbaik dengan harga yang tinggi. Banyak yang bisa mencapai 30 dollar dengan komisi eksklusif 60%.

Ada banyak kontes yang bisa di ikuti untuk menghasilkan uang lebih banyak.

Mendaftar pada platfrom 500px gratis

  • Kekurangan 500px

Penghasilan dari foto non eksklusif cukup sedikit karena hanya 30% dari hasil komisi.

500px memiliki aturan jika semua foto secara otomatis akan dijual di Marketplace.

3. Adobe Stock

adobestock
adobestock.com

Selain sebagai platfrom penyedia foto, AdobeStock merupakan perusahaan yang berberak pada industri design grafis secara serius. Karena memiliki platfrom lain seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustratior.

Tentunya di Adobe Stock ini kamu tak hanya bisa menjual hasil foto saja, namun bisa berupa gambar vektor, ilustrasi hingga video.

Adobe telah menyediakan tempat edit yang lengkap dan terkenal di Adobe Photoshop, tentu ini menjadi hal penunjang dan hasil karyamu akan banyak yang melihat.

Perlu diketahui bahwa Adobestock dahulunya mengakuisisi Fotolia, Fotolia adalah penyedia stock foto pertama yang ada di dunia.

  • Keunggulan Adobe Stock

Banyaknya platfrom yang dimiliki adobe, sehingga memungkinkan hasil karyamu akan dilihat oleh banyak orang.

Produk Adobe memiliki keunggulan berupa platfrom yang sudah terintegrasi, dengan itu pekerja kreatif tentu sangat terbantu dan lebih efektif juga efisien.

Penentuan harga yang ada di Adobestock cenderung lebih mudah

  • Kekurangan Adobe Stock

Para pekerja kreatif di adobe mendapatkan komisi yang cenderung rendah, yaitu dengan komisi 30%.

Adobe stock merupakan pemain bari di platfrom penyedia foto, karena sebelumnya fokus di desain.

4. Shutterstock

shutterstock
shutterstock.com

Shutterstock merupakan platfrom yang paling populer di bidang fotografi, karena banyak orang yang mencari referensi gambar pada situs penyedia stok foto ini.

Shutter stock terlahir tahun 2004, dengan pengalaman lebih dari 16 tahun di dunia stock foto menjadikannya memiliki banyak pelanggan stok foto dan juga fotografer yang telah terdaftar.

Situs ini cocok untuk fotografer pemula, karena shutter stock menyediakan varaian non eksekutif, namun tetap ada standart yang harus di capai.

Namun untuk bisa mendapatkan dollar di platfrom ini kamu harus melewati syarat yaitu mengupload 10 foto untuk disetujui sebagai kontributor, jika lulus barulah kamu bisa mengupload foto dan memasarkannya.

Pada setiap situs penyedia stok foto selalu ada seleksi dan kurasi oleh masing masing platfrom. Jika kurasi diterima maka kamu sudah dapat memasuki pasar untuk menjual foto tersebut.

Bagi kamu yang menginginkan banyak dollar, maka harus memiliki banyak stok foto yang diupload. Tentunya semakin banyak foto yang diupload makan pendapatanmu juga akan banyak.

Perlu diketahui bahwa shutterstock merupakan penyedia foto yang paling terkenal dan sudah memiliki pangsa pasar atau klien yang loyal. Jadi jika kamu berhasil menjadi kontributornya, lumayan untuk menambah pundi dollar.

  • Kelebihan Shutterstock

Sebagai platfrom paling populer, dan juga pengalaman selama 16 tahun, menjadikan shutterstock memiliki pangsa pasar yang luas dan banyak. Adapula pelanggan yang telah loyal situs ini.

Meskipun situs ini memiliki standart ketentuan gambar, vektor dan video yang diupload, namun shutterstock menerima semua jenis konten.

Bagi kamu yang menginginkan pendapatan lebih, Shutterstock menyediakan kolom referensi, bagi yang bisa mengajak fotografer lain untuk daftar ke situs ini.

  • Kekurangan Shutterstock

Banyak yang menyayangkan bahwa skema pendapatan dan komisi yang diberikan situs ini sulit dimengerti dan tidak transparan

Sesuai dengan data bahwa hanya sekitar 20% saja fotografer yang diterima menjadi kontributor di Shutterstock.

Komisi dan pembagian hasil yang didapatkan oleh kontributor nilainya sedikit, namun kamu dapat mengimbanginya dengan banyak upload stock foto.

5. EyeEm

eye em
eyeem.com

Platfrom selanjutnya yang bisa menjadi tempat jual foto adalah Eye Em, penyedia foto ini dikhususkan untuk fotografi dengan tujuan pemasaran. Namun seiring perkembangan ada yang digunakan untuk lainnya seperti travel dan perusahaan.

Kamu bisa mendaftarakan diri sebagai kontributor dengan gratis dan langsung bisa mengunggah foto dengan mudah melalui handphone android.

Namun pada platfrom ini ada syarat dan ketentuan jika ingin memasarkan fotonya. Foto tersebut harus lolos uji kelayakan Eye Em, jika sudah lolos foto akan dilabeli ‘on market’ atau ‘selected fot partner’.

Nah, jika foto sudah ada label ‘on market’ maka foto tersebut sudah ada di pasaran untuk siap dipilih klien. Dan jika ‘ada label ‘selected for partner’ maka unggahan foto akan juga akan dipasarkan Eye Em ke platfrom rekanan seperti Getty Image.

  • Keunggulan EyeEm

Pembagian profit pada Eye Em cukup besar karena kontributor akan mendapatkan 50% dari nilai jualnya.

Aplikasi Eyeem mudah dipahami, dan fiturnya seperti instagram, terdapat pula tag otomatis, sehingga kita tidak perlu mencari keterangan tag foto (keterangan foto).

Adanya platfrom rekanan yang dimiliki eyeem seperti getty image, sehingga memungkinkan kontributor otomatis upload di dua tempat jika sudah disetujui label ‘selected for partner’.

Terdapat edit foto otomatis yang disediakan saat akan mengunggah foto di eye em, sehingga tidak perlu mengedit foto di aplikasi lain.

  • Kekurangan EyeEm

Dalam penentuan seleksi yang dilakukan Eye em memerlukan waktu yng cukup lama, bisa sampai satu minggu baru bisa dilihat apakah foto karya kita sudah ‘on market’ atau ‘not selected fot market’.

Para fotografer kebanyakan kesulitan dalam membuat hasil karya mereka masuk dalam daftar market Eye em, akibat dari seleksi otomatis.

Situs Eye Em masih belom seterkenal platfrom lain, namun tetap ada pleanggan yang loyal di eye em.

Itulan daftar tempat jualan foto di Internet yang paling populer dan kami rekomendasikan. Kamu dapat mengkasesnya langsung pada website atau download aplikasinya langsung, dan bisa memulai unggah foto.

Tips Jual Foto Online

kamera IG @izulgeokids
kamera IG @izulgeokids

Setelah mengetahui platfrom apa saja yang bisa dijadukan tempat jualan foto, maka disini akan disampaikan cara mulai menjual foto online di Internet.

Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berbagai platfrom yang ada tentu memiliki perbedaan saat pendaftaran, dan syarat syaratnya pun berbeda.

Ada situ jualan foto yang berbayar saat pendaftaran ada juga yang gratis saat pendaftaran, tergantung di platfrom mana yang kamu mau pilih.

Untuk itu simak ulasan cara menjual foto online dan beberapa tips jualan foto di Internet.

1. Pahami hak dan kewajiban Kontributor

Menjadi kontributor di sebuat platfrom online tentu terdapat aturan dan persyaratan yang ada. Meskipun setiap platfrom mensyaratkan ketentuan namun juga disampaikan keuntungan yang diperoleh.

Jadi kamu harus memahami dahulu aturan main dan ketentuan dari platfrom yang akan dipilih.

Meskipun setiap platfrom memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda, secara garis besar ada hal penting yang harus dipahami sebelum mengungah foto di platfrom jualan, diantaranya:

  1. Penjualan dengan lisensi eksklusif dan non-eksklusif.
  2. Perbedaan antara penggunaan foto editorial, penggunaan foto komersil, dan penggunaan foto retail.
  3. Pengertian label domain publik, bebas hak cipta, rights-managed, dan creative commons.
  4. Pengaruh hak publisitas terhadap pekerjaan Anda dengan model dan subjek dalam fotografi.
  5. Pengaturan komisi penjualan setiap foto yang diunggah.

2. Tentukan Tema Anda

Setelah mengetahui hak dan kewajiban sebagai kontributor dalam platfrom, maka kamu sudah mulai bisa menentukan tema atau fokus yang akan kamu buat.

Pada platfrom yang kamu pilih ada berbagai jenis media yang bisa diunggah, seperti fotografi, videografi, vektor dan ilustrasi. Sesuaikan dengan minat dan keahlian kamu.

Tema disini juga menyangkut tentang pilihan atau niche fotografi yang kamu pilih, seperti travel, peralatan rumah tangga, manusia, industri dan lainnya.

Kamu juga bisa menentuka tema dengan mencarinya dengan kata kunci keyword yang sedang hits atau relevan dengan kondisi saat ini.

Dengan menentukan tema, maka karier kamu sebagai fotografer yang memiliki stok foto akan cepat meroket dan berhasil.

3. Mulai mencari stok foto

Jika kamu suda dengan fotografi tentu di gadgetmu ada beberapa foto yang bagus dan menarik. terlebih kini handphone yang dimiliki seseorang sudah cukup untuk masuk di stok foto jualan, karena sudah mampu lebih dari 4 megapixel.

Untuk memulainya kamu bisa mencari di galeri handphone, foto mana saja yang kemungkinan lolos untuk dijual. Namun jika dirasa kurang, kamu bisa mulai hunting foto.

kamu bisa menggunakan kamera DSLR, Microless ataupun kamera handphone. Tentunya dengan mencoba langsung adalah hal yang bisa dilakukan, sembari terus belajar.

4. Jadilah pengguna platform yang aktif

Jika sudah ada stock foto yang dirasa cukup untuk masuk dalam pasar situs jualan foto, maka kini saatnya untuk kamu menggunggahnya.

Tentu ada banyak yang harus dipelajari dalam proses ini, setelah mengunggah kamu bisa mengoptimalkan mesin pencari agar fotomu dapat ditemukan oleh klien yang tepat, sehingga mereka membelinya.

Pengoptimalan tersebut diantaranya deskripsi foto yang unik dan menarik, tag foto yang sesuai dengan isi foto, dan jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto sehingga nampak tidak natural.

Sebagai kontributor yang sudah terdaftar kamu bisa aktif dalam berinteraksi dengan pengguna lainnya. Bisa like foto kontributor lain, comment ataupun sharing online.

Nah, itulah rekomendasi 5 situs fotografi untuk jualan foto yang bisa kamu kerjakan. Tak perlu binggung memilih, karena banyak yang tersedia. Sesuaikan saja dengan ketertarikan dan kesukaanmu.

Hobi fotografi sudah selayaknya bisa kamu maksimalkan dengan upload di platfrom tersebut sehingga menghasilkan dollar, namun perlu kesabaran karena saingan kontributor yang banyak.

Asalkan konsisten dan tekun belajar, semoga kita sama sama bisa menghasilkan di dunia fotografi dan desain grafis. Selamat mencoba.

Share This Post

Welcome

Share Artikel Ya!