9 Wisata Kebudayaan Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Kebudayaan Jogja ~ Yogyakarta tidak hanya sebagai kota pendidikan, namun juga kota dengan ragam budaya dan adat istiadat yang masih sangat kental. Pesona kebudayaan Yogyakarta menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain wisata kuliner dan wisata alam Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata kebudayaan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tentu sebagai kota yang kaya akan budaya dan sejarah yang menyelimutinya, di kota ini kamu bisa menjelajahi berbagai wisata yang ada di Yogyakarta. Wisata budaya dan sejarah yang ada di Jogja ini tak hanya cocok untuk orang dewasa saja, kamu millenials juga dapat berkunjung ke wisata ini untuk berfoto ria.

(Baca Juga: Wisata Museum Sejarah Perjuangan Kota Yogyakarta)

Baiklah tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini tim JogjaDay.com akan membahas mengenai wisata kebudayaan yang terkenal di Kota Yogyakarta. Simak sampai habis yaa!

1. Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Jogja
foto dari www.pergiberwisata.com

Kraton Yogyakarta merupakan Istana resmi dari kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang digunakan sebagai tempat tinggal sultan Yogyakarta Hamengkubuwana IX, yang merupakan Gubernur DIY sekaligus Raja Yogyakarta. Kompleks kesultanan berada di pusat kota Yogyakarta, yang keberadaanya sangat strategis.

Kamu dapat singgah di museum milik kesultanan untuk melihat benda peninggalan sejarah mataram, peralatan gamelan, pusaka, replika, senjata, dan koleksi pribadi sultan, serta hadiah-hadiah yang diberikan oleh raja-raja Eropa untuk kesultanan. Tentunya selain mendapatkan ilmu, kamu juga bisa berfoto ria guna menambah foto di Instagrammu yaa.

Lokasi Kraton Jogja

Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Tamansari Yogyakarta

Tamansari Jogja
foto dari instagram.com/kelantara_id

Tamansari merupakan taman kerajaan yang dahulunya digunakan sebagai tempat pemandian puteri kerajaan keraton Yogyakarta. Tamansari memiliki luas 10 hektar dengan 57 bangunan yang terdiri atas lorong bawah air, pulau buatan, danau buatan, kanal air, jembatan gantung, kolam pemandian dan berbagai gedung administasi lainnya.

Disini kamu akan mendapati berbagai spot foto yang menarik diantaranya tempat pemandian yang terawat dan rapi, tempat ini dahulu adalah tempat mandi para selir selir sultan. Dengan gaya bangunan yang eksotis menjadikan kamu betah untuk berlama-lama di tamansari dan berfoto ria.

Lokasi Tamansari Jogja

Wisata Taman Sari, Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

(Baca Selengkapnya: Tamansari Yogyakarta, Istana Pemandian Puteri Raja Keraton Jogja)

3. Kotagede Yogyakarta

Benteng Kotagede
foto dari www.misteriblogaddres.blogspot.com

Wisata sejarah Kotagede merupakan salah satu alternatif jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang peninggalan kerajaan mataram di Yogyakarta. Disini terdapat bangunan-bangunan kuno yang usianya ratusan tahun, bangunan itu merupakan saksi berkembangnya kebudayaan Islam Mataram di Yogyakarta.

Dengan keunikan berbagai spot eksotis yang ada di kawasan Kotagede kamu dapat mengabadikan foto dan menguploadnya ke Instagrammu. Di Kotagede juga merupakan sentra pengrajin perak yang terkenal hingga mancanegara dengan harga yang terjangkau.

Lokasi Kotagede Jogja

Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Museum Tembi Rumah Budaya Jogja
foto dari instagram.com/tripadvisor

Tembi Rumah Budaya merupakan tempat menyimpan dokumentasi dan informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Di tempat wisata ini pengunjung dapat melihat koleksi budaya antara lain peralatan dapur seperti tungku dan dandang, senjata berupa keris dan tombak, peralatan bertani dan bajak, peralatan seni seperti gamelan dan batik, foto dan lukisan jaman dahulu, bahkan sepeda motor kuno serta perpustakaan dengan jumlah naskah lebih dari 5.000 buah.

Di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta ini selain kamu dapat belajar tentang kebudayaan, kamu juga dapat menyantap kuliner yang ada disini. Tentu menjadi hal yang menyenangkan dapat belajar dan menambah pengetahuan tentang budaya dan sejarah Kota Yogyakarta.

Lokasi Tembi Rumah Budaya Jogja

Jl. Parangtritis No. Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Jogja
foto dari instagram.com/gudegnet

Taman pintar merupakan wahana wisata edukasi bagi anak- anak dan dewasa. Bagi kamu yang mempunyai buah hati sudah saatnya mengajak kesini, di Taman pintar ini kamu dapat berlibur sekaligus belajar. Tentu menjadi hal yang efektif dan mengasyikan mengajak anak mengenal beragam wahana bermain sekaligus belajar di Taman Pintar Yogyakarta.

Taman Pintar Jogja memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona antara lain Playground, Gedung Oval, GedungMemorabilia dan Planetarium. Taman pintar sangat cocok untuk edukasi anak dan remaja karena berisikan wahana edukasi sains, sejarah dan praktik kebudayaan, sehingga tidak hanya rekreasi namun juga sarana pembelajaran.

Lokasi Taman Pintar Jogja

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Masjid Gede Kauman Yogyakarta

Masjid Gde Kauman
foto dari instagram.com/idrissaelany

Masjid Gede Kauman Jogja ini sudah ada sejak jaman kerajaan mataram Islam dan memiliki seribu sejarah yang melatarbelakanginya. Disini kamu bisa melakukan wisata religi atau sekedar beribadah di Masjid yang memiliki gaya arsitektur Jawa Kuno ini.

Keunikan Masjid ini adalah adanya atap bersusun tiga dengan gaya tradisional Jawa bernama Tajuk Lambang Teplok dengan mustaka sebagai daun kluwih dan gadha. Dengan design jawa kuno yang khas kamu akan terasa berada di jaman kerajaan. Tentunya disini kamu bisa beribadah dengan khusyuk dan lebih terasa khidmad.

Lokasi Masjid Gede Kauman Jogja

Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Makam Raja Raja Imogiri Yogyakarta

Makam raja Imogiri Jogja
foto dari instagram.com/briggita.sekar

Makam Raja-Raja Imogiri, Wisata sejarah selanjutnya adalah berziarah ke makam raja raja mataram, hal ini menjadi salah satu keunikan berwisata di Yogyakarta. Makam ini berisi raja kesultanan Yogyakarta dan kasunanan Surakarta ini memiliki luas 10 hektar, bentuk arsitektur bangunan merupakan campuran akulturasi antara hindu dan jawa.

Makam ini buka setiap hari senin, jumat dan minggu, terdapat peraturan yang dan juga larangan untuk masuk ke area makam ini. Wisata sejarah ini selain mendapatkan ilmu kamu juga bisa berziarah dan berdoa untuk leluhur keraton Yogyakarta.

Lokasi Makam Raja-Raja Imogiri Jogja

Jl. Makam Raja, Karang Kulon, Karangtalun, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Gedung Agung Yogyakarta

Gedung Agung Jogja
foto dari instagram.com/adhipoerwa

Gedung Agung Yogyakarta atau Istana Kepresidenan Yogyakarta ini terletak di pusat kota tepatnya di ujung Malioboro Jogja. Gedung dengan luas 43.585 m2 ini memiliki banyak ruangan dengan gaya bangunan Belanda serta gaya dari kebun yang mengadopsi gaya perancis.

Gedung ini digunakan untuk menerima tamu-tamu para petinggi Republik Indonesia dan tamu mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta. Kamu dapat menjelajahi Gedung dengan gaya arsitek belanda ini dan mendapatkan ilmu juga spot-spot menarik yang ada disini.

Lokasi Gedung Agung Jogja

Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Museum Senobudoyo Jogja

Museum Senobudoyo Jogja
foto dari www.yogyalagi.com

Museum Senobudoyo merupakan museum sejarah dan kebudayaan jawa, dengan bagunan bergaya arsitektur jawa. Museum ini merupakan museum paling lengkap yang menampilkan koleksi mengenai kebudayaan jawa. Koleksi pada museum ini sangat beragam diantaranya berbagai macam bentuk wayang kulit, senjata kuno dan aneka topeng jawa.

Museum ini juga menyimpan lebih dari 1.200 koleksi keris di seluruh Indonesia. Tentunya sangat menarik dan patut untuk dijadikan wisata tambahan jika berkunjung ke Jogja. Tak hanya ilmu yang kamu dapat kamu juga bisa menjelajahi setiap spot yang ada di Museum Senobudoyo Yogyakarta ini.

Alamat Museum Senobudoyo Unit I

Jalan Trikora 6, Yogyakarta | Telp. 0274-385664

Hari Buka dan Jam Operasional:

Selasa-Kamis pukul 08.00-14.30

Jumat pukul 08.00-11.00

Sabtu-Minggu 08.00-13.00

Alamat Museum Senobudoyo Unit II (Museum Condrokinaran)

Jalan Wijilan PB I/2A, Yogyakarta | 0274-373617

Hari Buka dan Jam Operasional: Senin-Sabtu pukul 07.30 -14.00

(Baca Juga: Kuliner Legendaris Khas Jogja Yang Enak Dan Wajib Di Kunjungi)

JogjaDay.com ~ Demikianlah 9 Wisata Sejarah dan Edukasi yang ada di Kota Yogyakarta. Dengan wisata sejarah ini dapat menjadi alternatif kamu untuk menikmati liburan di Yogyakarta, jadi tak melulu harus ke wisata alam dan mall tapi kamu dapat mencoba berkunjung ke wisata sejarah untuk menambah ilmu dan menjelajahi sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!