39 Wisata Alam, Wisata Budaya, Hotel Dan Kuliner Lengkap Di Kaliurang Jogja

Wisata Kaliurang ~ Kaliurang merupakan kawasan yang berada di bagaian utara Kota Yogyakarta. Kawasan ini berada di Lereng Gunung Merapi, sehingga memiliki udara yang sejuk dan segar. Kawasan Kaliurang memiliki wisata alam, wisata kuliner dan kebudayaan yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dengan udara yang sejuk dan segar dikawasan Kaliurang Jogja memiliki banyak penginapan berupa hotel, resort maupun convention center dengan berbagai fasilitas yang menunjang. Kaliurang Jogja juga memiliki area untuk outbound dan juga desa wisata yang menyimpan berbagai keunikan yang ada.

Berkunjung ke kawasan Kaliurang Jogja akan terasa menyenangkan, dengan hawa yang sejuk dan segar kamu bisa menikmati wisata alam, budaya, kuliner dan menginap di resort klasik modern yang ada. Baiklah yukk segera simak wisata dan keunikan apa saja yang ada di Kaliurang Jogja ini.

Wisata Alam Kaliurang Jogja

Tentunya bagi wisatawan Jogja sangat familiar dengan daerah kaliurang, yaitu daerah destinasi wisata di daerah lereng Gunung Merapi yang memiliki hawa sejuk dan segar.

Daerah yang berada di wilayah bagian utara kota Jogja ini memiliki banyak pepohonan disepanjang jalannya, dan kadang pagi dan malam hari tertutup oleh kabut yang pekat, menambah syahdunya daerah kaliurang ini.

Di daerah kaliurang terdapat banyak wisata alam yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.

(Baca: WISATA KULINER DI KALIURANG JOGJA YANG TERKENAL)

Berikut admin akan menyampaikan wisata alam yang terkenal di Daerah Kaliurang Jogja. Baiklah, yukk segera kita simak…

1. Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Tlogo Puteri Kaliurang
IG @handimaryono

Di Tlogo Puteri anda akan merasakan sejuknya udara dan menikmati hijaunya pepohonan rindang nan besar. Di tempat ini anda akan mendapati taman bermain, wisata alam dan wisata air. Lokasi Tlogo Puteri berada di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Tlogo puteri terdapat embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat pula wahana jungkat jungkit, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya. Di setiap akhir pekan akan ada pertunjukan kesenian di panggung hiburan seperti dangdut, jathilan, campursari, dan pentas seni lainnya.

Pada bagian depan Tlogo Putri Kaliurang Jogja terdapat sewa untuk tour dan guide mobil Jeep yang akan mengantarkan anda menikmati lava tour pada lereng gunung Merapi, tentunya sangat mengasyikan naik Jepp ini.

Alamat Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Masuk Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 6.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor, Rp. 5.000/mobil dan Rp. 20.000/bus

2. Makam Mbah Marijan Kaliurang Jogja

Makam Mbah Marijan
IG @lava_tour

Mbah Marijan merupakan tokoh yang dianggap sebagai Juru Kunci Gunung Merapi. Sosoknya cukup terkenal dan beberapa kali menjadi bintang iklan di televisi. Beliau meninggal terkena erupsi tahun 2010, dan jasadnya dikubur di rumahnya yang sekarang menjadi distinasi wisata bagi para pengunjung.

Di makam Mbah Maridjan terdapat berbagai macam benda yang terkena erupsi merapi 2010. Anda akan mendapati lukisan sosoknya dan foto foto letusan merapi. Di warung souvenir anda juga dapat membeli aneka macam benda khas Merapi.

Di area Makam Mbah Marijan yang berada tepat di lereng gunung Merapi ada wahana tour dan guide mobil Jeep, untuk berkeliling menjelajahi lava tour dan menikmati area lereng gunung Merapi.

Alamat Makam Mbah Marijan Kaliurang Jogja

Dusun Srunen, Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Mbah Marijan Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

3. Taman Gardu Pandang Kaliurang Jogja

Taman Gardu Pandang
IG @festivaloflight

Anda dapat melihat Gunung Api Merapi dengan jelas di Taman Gardu Pandang Merapi yang berada di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem Sleman, Yogyakarta.

Terdapat gardu pandang yang dapat anda naiki untuk melihat dengan jelas Gunung Api Merapi. Ada juga beberapa wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, mobil mini.

Taman Gardu Pandang ini sering digunakan untuk kegiatan rutin seperti Festival of Light dan Festival Layang-Layang.

Alamat Gardu Pandang Kaliurang Jogja

Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Gardu Pandang Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

4. Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Bumi Merapi
IG @sesok_prei94

Di bumi merapi anda bisa wisata alam sekaligus edukasi. Disana tersedia paket pelatiahan usaha, yang dapat digunakan pengunjung untuk bercocok tanam, peternakan dan perikanan. Wisata Bumi Merapi Kaliurang Sleman ini berada di jalan kaliurang km 20, Sawangan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.

Di bumi merapi pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti outbound training, wisata goa ponggolo, taman kelinci, memerah susu kambing, berkuda, taman reptil, berkebun hidroponik dan lainnya. Tentunya dengan beragam aktifitas yang dapat dilakukan disana maka berkunjung ke Bumi Merapi Sleman akan memberikan pengalaman yang unik dan istimewa untuk anda.

Bumi Merapi cocok untuk wisata keluarga, sekaligus sarana edukasi untuk anak. Jadi jika anda berwisata di Joga pastikan untuk singgah di Bumi Merapi Kaliurang Sleman.

Alamat Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 20, Sawangan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00

Tiket Masuk Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

5. Goa Jepang Kaliurang Jogja

Goa Jepang Kaliurang
IG @jadhoelll

Jejak penjajahan Jepang dapat anda temui di Goa yang berada di Jalan kaliurang km 25, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di Goa Jepang ini anda dapat wisata sejarah dan mengatahui peninggalan jaman penjajahan Jepang.

Goa peninggalan Jepang ini sangat eksotis, letaknya di lereng merapi membuat udara ditempat ini terasa sangat sejuk. Areanya dipenuhi dengan pohon-pohon besar yang hijau rindang. Anda juga akan menjumpai monyet di habitat alamnya.

Wisata Goa Jepang ini merupakan wisata alam sekaligus refresing dari penatnya udara di kota. Jadi jika ingin mengetahui sisa peninggalan jaman penjajahan Jepang maka anda wajib untuk datang ke Goa Jepang Kaliurang Sleman.

Alamat Goa Jepang Kaliurang Jogja

Jalan kaliurang km 25, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Goa Jepang Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

6. Pemandian Blue Lagoon Sleman Jogja

Blue Lagoon Jogja
IG @bluelagoonjogja

Blue lagoon Sleman Jogja ini menawarkan wisata alam yang berupa sungai jernih dan rimbunnya pepohonan. Pengunjung dapat melakukan aktifitas susur sungai, berenang dan snorkeling di Blue Lagon Sleman Jogja.

Wisata Air Blue Lagoon ini lebih dikenal dengan pemandian tirta budi yang berada di desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00.

Terdapat 3 mata air yang tidak pernah kering yaitu, Sendang Wadon, Sendang Lanang, dan Belik Kluwih. Air dari pancuran belik kluwih ini menjadi kedung/kolam, karena air kedung selalu jernih hingga warnanya menjadi biru dan disebut Blue Lagoon.

Alamat Pemandian Blue Lagoon Sleman Jogja

Alamat: Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00

Tiket Masuk Pemandian Blue Lagoon Sleman Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

7. Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Taman Rekreasi kaliurang
IG @sophieparis.jogja.sleman

Wisata ini cocok untuk keluarga. Taman ini berisikan berbagai macam wahana anak antara lain pelosotan, ayunan, mini car, patung seekor naga dan lainnya yang akan membuat anda dapat bersantai menikmati alam sambil mengawasi anak bermain.

Tempatnya yang hijau dan rimbun dengan pepohonan besar dan berbagai tanaman akan membuat anda merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama menikmati taman rekreasi Kaliurang ini.

Taman Rekreasi Kaliurang menyediakan wahana flying fox dengan biaya Rp. 25.000/orang dan ada juga wahana rumah pohon dengan tiket Rp. 8.000/orang. Taman rekreasi Kaliurang ini berada di Jalan Astomulyo No. 59, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Buka setiap hari pukul 08.00-16.00.

Alamat Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Jalan Astomulyo No. 59, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 8.000/orang, Flying Fox Rp. 25.000, Rumah Pohon Rp. 8.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

Adventure Kaliurang Jogja

Dengan beraneka ragam wisata alam yang dimiliki Kaliurang tentunya akan membuat setiap wisatawan merasa betah dan berusaha untuk menikmati di setiap destinasi wisatanya.

Kaliurang yang berada di wilayah bagian utara kota Jogja dan dekat dengan Gunung Merapi menghadirkan daya tarik tersendiri yaitu destinasi melintasi aliran erupsi Gunung Merapi dan keliling lereng Gunung Merapi yang tentunya memberikan pengalaman yang unik dan berbeda.

Untuk dapat menelusuri daerah sisa-sisa erupsi Gunung Merapi, pengunjung dapat mengikuti paket Adventure yan tersedia di Kaliurang Jogja.

Berikut ini admin akan menyampaikan alternatif wisata efektif bagi pengunjung yang penasaran dengan wilayah lereng Gunung Merapi dengan menjelajahi bagian demi bagian kawasan Kaliurang.

8. Wisata Jeep Tour Kaliurang Jogja

Jeep Adventure Kaliurang
IG @jeep_wisatamerapi

Destinasi ini akan membawa anda menelusuri sisa sisa letusan merapi menggunakan Jeep Willys. Anda akan diajak untuk berkeliling area lereng merapi sembari menikmati indahnya suasana pegunungan dan sisa erupsi merapi.

Ada beberapa trip yang tersedia dengan durasi waktu tertentu yang akan membawa anda hanyut dalam suasana seru dan menegangkan menyusuri area pegunungan menggunakan Jeep Willys.

Wisata Jeep Tour tersedia di berbagai tempat diantaranya yaitu Tlogo Puteri, Makam Mbah Marijan dan Taman rekreasi Kaliurang. Anda dapat memesannya pada pos-pos wisata tersebut. Tentunya sangat menyenangkan dapat tour untuk menikmati lereng gunung Merapi.

Alamat Wisata Jeep Tour & Guide Kaliurang Jogja

Alamat: Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Harga Wisata Jeep Tour & Guide Kaliurang Jogja

Tiket: Paket Jeep Lava Tour rute pendek Rp.350.000,-/Jeep, Rp. Rute menengah Rp. 450.000,/Jeep, Rute Panjang Rp. 650.000,- dan Paket Sunrise Merapi Lava Tour Rp. 450.000,-/Jeep (1 Jeep berisi 4 wisatawan)

Kontak: 0813 2732 4704

9. Wisata Moto Cross Tour Kaliurang Jogja

Moto Cross Tour Kaliurang
IG @iqbalogia

Bagi penggemar wisata alam pegunungan, daerah Kaliurang dan lereng Gunung Merapi adalah tujuan wisata yang menarik. Apalagi semenjak erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, daerah Kaliurang dan sekitarnya telah banyak berubah.

Untuk menjelajahi tempat ini dan sekitarnya, kita dapat menyewa motor trail. Motor trail adalah sepeda motor tangguh yang dapat melewati medan-medan yang berat dan tentunya mengendarai motor trail rasanya berbeda dengan naik motor biasa.

Menikmati indahnya lereng gunung merapi menggunakan Moto Cross dapat anda rasakan dengan menyewa Moto Cross. Dengan durasi waktu tertentu anda akan diantarkan untuk trekking melewati sungai dan bukit melihat sisa-sisa letusan gunung api merapi.

Alamat Wisata Moto Cross Tour Kaliurang Jogja

Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Wisata Moto Cross Tour Kaliurang Jogja

Tiket: Short Route Rp. 150.000/motor (2 Jam), Long Route Rp. 200.000/motor, Merapi Sunrise Rp. 250.000/motor (4 Jam)

Wisata Sejarah dan Edukasi Kaliurang Jogja

Selain wisata alam, kawasan Kaliurang juga terdapat wisata mengenai sejarah dan edukasi yang tak kalah istimewa dan wajib untuk disinggahi.

Wisata sejarah dan edukasi ini tak hanya menampilkan informasi saja namun pengunjung dapat juga dapat mengabadikan foto, karena spot foto pada wisata ini sangatlah bagus dan tentunya istimewa.

Baiklah tak perlu berlama-lama, segera kita simak apa saja wisata sejarah dan edukasi yang ada di kawasan Kaliurang Jogja yang wajib di singgahi.

10. Merapi Park Kaliurang Jogja

merapi park Kincir Belanda merapi park
ig @yanz_usrock

Tempat wisata ini menampilkan miniature bangunan-bangunan terkenal di dunia, yang diperuntukan bagi pecinta fotografi dan selfie. Dengan area yang luas, tempat ini tak hanya menyajukan landscape foto yang menarik namun juga memberikan pengetahuan tentang sejarah 16 bangunan-bangunan terkenal di dunia.

Wisata Merapi Park berada di Jalan Kaliurang km. 22, Banteng, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta tepatnya di depan Museum Gunung Api Merapi.

Wisata Merapi Park ini menyajikan spot foto yang unik dan menarik pada setiap bangunan yang ada, pengunjung dapat berfoto pada 16 miniatur bangunan yang ada di Merapi Park Jogja, tentuny menjadikan pengalaman yang unik dan hasil foto yang istimewa.

(Baca: Merapi Park Kaliurang Jogja, Spot Foto Miniatur Bangunan Dunia)

Alamat Merapi Park Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km. 22, Banteng, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Merapi Park Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 20.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

11. Bunker Kaliadem Kaliurang Jogja

Bunker kaliadem
IG @ringz_arfiandi

Bunker ini berada tepat di kaki gunung merapi desa Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Bunker ini sering menjadi obyek foto denganlatar belakang lanscape Gunung Merapi. Bunker kaliadem jogja ini berada tepat pada kaki gunung merapi, sehingga akan nampak jelas foto dari gunung Merapi.

Bunker Kaliadem merupakan saksi bisu mengalirnya lava panas gunung merapi yang mengeluarkan erupsi tahun 2006 dan 2010. Tempat ini merupakan area untuk berlindung dan pos untuk mengawasi gunung Merapi.

Pengunjung dapat menikmati suasana kaki gunung dan berfoto pada bunker Kaliadem juga mengamati sisa-sisa lava panas Gunung Merapi.

(Baca: Berfoto Di Bunker Kaliadem Kaliurang Jogja)

Alamat Bunker Kaliadem Kaliurang Jogja

Desa Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

Tiket Masuk Bunker Kaliadem Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

12. Bukit Klagon Kaliurang Jogja

Bukit Klagon Kaliurang
IG @ch17ian

Salah satu spot foto terbaik gunung merapi adalah bukit klagon yang berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Melalui bukit klagon kita akan melihat Gunung Merapi dengan jelas dan terlihat megah. Bukit ini juga dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill sepeda gunung, yang telah menyelenggarakan event kejuaraan tingkat nasional.

Bagi penyuka downhill, pengunjung bisa mencoba jalur ber-adrenalin ini dengan panjang trek sekitar 20 km plus dengan tingkat elevasi start dan finish kurang lebih 300 meter. Dengan trek sepanjang ini, pesepeda bisa menempuh waktu sekitar 1.5 jam.

Alamat Bukit Klagon Kaliurang Jogja

Desa Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Masuk Bukit Klagon Kaliurang Jogja

Tiket: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

13. Batu Alien Kaliurang Jogja

Batu Alien Kaliurang
IG @lily_prarezanti

Wisata Batu Alien Kaliurang Jogja ini adalah salah satu hasil erupsi gunung merapi dapat anda temukan di spot batu alien yang berada di Desa Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Batu besar yang menyerupai wajah manusia ini sangat dicari bagi pengemar fotografi, dengan pemandangan lereng merapi yang asri maka spot ini dikunjungi oleh banyak wisatawan untuk mengabadikan gambar.

Terdapat pula bunker dan sisa batuan yang merupakan hasil dari erupsi gunung Merapi. Tentunya menjadi pegalaman yang menarik bagi wisatawan untuk berkunjung di Batu Alien Kaliurang Jogja ini.

Alamat Batu Alien Kaliurang Jogja

Desa Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

Tiket Masuk Batu Alien Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

14. Stonehenge Cangkringan Jogja

Stonehenge Kaliurang
IG @mhidayatullah01

Spot foto berupa batu batu besar menjulang tinggi yang tersusun ini berada di Dusun trutan, Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta. Batu batu yang bear menjulang tunggi ini tersusun rapi dan menjadi spot foto unik dan sangat menarik bagi pengunjung.

Stonehenge merupakan bebatuan besar yang disusun ditanah lapang sedemikian uniknya. Batuan ini merupakan hasil dari erupsi besar gunung merapi 2010. Dengan keunikanya bentuknya maka tak heran jika tempat ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para traveller.

Wisata Stonehenge Cangkringan masih belum ramai pengunjung, namun dengan beberapa yang mulai upload foto di Instagram menjadikannya mulai terkenal.

Alamat Stonehenge Cangkringan Jogja

Alamat: Dusun trutan, Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Alamat Stonehenge Cangkringan Jogja

Tiket: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

Desa Wisata di Kaliurang Jogja

Kawasan Kaliurang yang rimbun oleh pepohonan disetiap areanya menyebabkan daerah ini memiliki hawa yang sejuk dan segar. Menjadikannya setiap kawasan ini memiliki nilai yang khas.

Tak hanya beragam wisata alam, sejarah dan kuliner saja. Kawasan lereng Gunung Merapi ini juga memiliki banyak desa wisata yang dapat digunakan dan disinggahi.

Desa wisata yang ada di kawasan Kaliurang sering digunakan untuk training/pelatihan oleh berbagai lembaga dan instansi. Dapat pula digunakan oleh keluarga untuk sekedar singgah dan tinggal untuk melepas penatnya di kota.

Berwisata di desa wisata akan memberikan pengalaman tersendiri dan istimewa bagi pengunjung. Berikut admin akan membahas desa wisata yang ada di Kaliurang Jogja, tentunya dengan beragam aktifitas dan fasilitas yang dapat di nikmati pengunjung.

15. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang Jogja

desa wisata Ledok sambi
IG @ledoksambi

Desa Wisata ini berada di Jalan Kaliurang km 19,2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata alami yang memiliki berbagai potensi wisata alam seperti pertanian, peternakan, kesenian dan outbound.

Di ledok sambi anda bisa menikmati panorama alam seperti persawahan, pohon besar rindang, rumah-rumah joglo, simon, limasan dengan halaman luas yang bisa digunakan untuk wahana bermain.

Dengan udara yang sejuk dan nuansa alam pedesaan desa wisata ini juga sering digunakan outbound dari instansi, pelajar dan komunitas. Potensi desa wisata ini sangatlah besar antara lain di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan. Para pengunjung akan diajak untuk budidaya dan praktek di bidang pertanian, peternakan dan perikanan sembari menimati panorama alam yang ada.

Alamat Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang Jogja

Alamat: Jalan Kaliurang km 19,2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

16. Desa Wisata Pentingsari Kaliurang Jogja

desa wisata pentingsari
www.visitingjogja

Desa wisata pentingsari merupakan pelopor desa wisata di Yogyakarta, terletak di lereng gunung merapi membuat desa ini selalu diselimut hawa sejuk siang dan malam desa wisata ini berada di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Selain menikmati keindahan alam pengunjung dapat berbaur dengan masyarakat, seperti membajak sawah, panen padi dan memancing bahkan wisatawan dapat mengikuti kursus singkat menari Jawa, gamelan, kerawitan, kreasi janur, dalam wakt tertentu wisatawan dapat mengikuti kenduri atau syukuran desa. Jika datang bersama rombongan disediakan outbound dan sepakbola lumpur.

Di desa ini juga terdapat kebun herbal, pengunjung dapat mengenal dan berkonsultasi tentang tanaman herbal dan berbagai tanaman organik.

Alamat Desa Wisata Pentingsari Kaliurang Jogja

Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

17. Desa Wisata Pulesari Kaliurang Jogja

desa wisata pulesari
www.wonokromo.bantulkab.go.id

Desa ini berada di Dusun Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Potensi desa wisata ini adalah agrowisata salak dan berbagai olahannya. Pengunjung dapat menikmati kebun salak dan memetik salak langsung dari pohonnya juga belajar tentang budidaya tanaman buah salak.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat mengikuti  outbound, fun game, dan trekking. Pada river tracking wisatawan akan diajak menyusuri sungai dengan berbagai wahana mulai dari titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap ikan, air terjun dan goa.

Alamat Desa Wisata Pulesari Kaliurang Jogja

Dusun Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

18. Wisata Edukasi Omah Salak Turi Jogja

Desa wisata omah salak
IG @rianawahyu

Wisata Omah Salak berada di Jalan Perum Gadjah Mada Asri, Kenteng, Turi, Sleman, Yogyakarta buka setiap hari pukul 09.00-17.00. Pengunjung dapat menikmati kebun salak dan memetik salak langsung dari pohonnya juga belajar tentang budidaya tanaman buah salak.

Di Omah Salak anda dapat mengetahui proses panen mandiri hingga menikmati salak dan aneka macam olahannya. Kawasan Turi terkenal sebagai daerah produksi salak paling populer dengan struktur tanah dan lingkungan yang mendukung.

Alamat Wisata Edukasi Omah Salak Turi Jogja

Jalan Perum Gadjah Mada Asri, Kenteng, Turi, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 09.00-17.00

19. Wisata Kebun Buah Naga Kaliurang Jogja

kebun buah naga sabila farm
www.twipu.com

Kebun Buah Naga berada di Pakem, Sleman, Yogyakarta tepatnya di jalan kaliurang km 20, Pakembinangun, sleman, yogyakarta. Dengan lahan yang luas kebun buah ini tidak hanya memproduksi buah naga, namun juga menjadi wisata edukasi dan pelatihan wirausaha dibidang pertanian.

Pada area Kebun Buah Naga terdapat rumah joglo yang dijadikan tempat untuk penelitian, pengembangan dan training bagi yang menginginkan dengan biaya yang telah disediakan.

Dengan kondisi lahan yang luas, maka kebun buah ini tidak hanya menanam buah naga namun juga buah lainnya seperti srikaya, mangga, pepaya kalifornia dan aneka macam buah musim lainnya.

Alamat Wisata Kebun Buah Naga Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km. 20, Pakembinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

Wisata Museum Kaliurang Jogja

Kota Jogja yang terkenal dengan wisata kebudayaan ini menyimpan banyak sekali museum di seluruh areanya. tentunya daerah kaliurang juga ada wisata museum yang wajib untuk disinggahi.

Wisata museum ini akan memberikan wawasan bagi pengunjung tentang berbagai cerita yang ada di dalamnya, menjadikan pengunjung mengetahui berbagai informasi dan data yang akurat tentang sejarah, budaya dan kejadian.

Baiklah, yukk segera simak museum apasaja yang ada di wilayah Kaliurang Jogja ini..

20. Wisata Museum Merapi Kaliurang Jogja

Museum Gunung Merapi
IG @dronesiajogja

Museum ini berisi tentang fenomena-fenomena yang terjadi pada Gunung Merapi dari masa ke masa.Museum ini berada di jalan kaliurang km. 22 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini buka setiap hari dari jam 08.00-15.30 kecuali hari senin tutup.

Akses menuju museum merapi sangat mudah dapat dilalui menggunakan motor maupun mobil pribadi dengan petunjuk arah yang cukup jelas.

Di museum ini terpampang rapi foto, dan replika gunung merapi. Anda dapat juga dapat menonton video terbentuknya gunung api, dan letusan dahsyat gunung merapi di bioskop yang ada di lantai II.

Museum Merapi sangat cocok untuk wisata pendidikan, pelajar sekolah, mahasiswa yang sedang penelitian maupun sekedar wisata keluarga.

Alamat Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km. 22 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-15.30 (senin tutup)

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Tiket: wisatawan lokal : Rp 5.000,- (tiket masuk) dan  Rp 5.000,- (tiket film). Wisatawan mancanegara : Rp 10.000,- (tiket masuk) dan Rp 10.000,- (tiket film).

21. Wisata Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Museum Ulen Sentalu
IG @meivr21

Museum Ulen Sentalu berada di Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, yaitu paling ujung utara kota Yogyakarta. Museum ini adalah museum kesenian dan budaya jawa yang berisikan tentang gambar, lukisan, arca, dan benda peninggalan Mataram Jawa.

Kesan pertama jika Anda memasuki museum ini adalah tenang, khidmad dan damai.

Suasana sejuk dan hening dengan balutan kejawen akan sangat terasa pada setiap bagunan dinding, tembok, taman dan kolam.

Struktur bangunan berupa undakan, kelokan dan labirin mencerminkan nuansa keagungan luhur budaya jawa.

Pada saat berwisata memasuki museum tersebut anda akan di didampingi oleh satu guide yang akan menjelaskan secara terperinci mengenai Museum Ulen Sentalu dengan berbagai cerita yang ada didalamnnya.

Anda juga akan mendapatkan satu gelas teh dengan ramuan tertentu yang konon dapat membuat kulit halus dan awet muda.

Alamat Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Alamat: Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-15.30 (senin libur)

Tiket Masuk Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Tiket: wisatawan lokal dewasa Rp. 30.000 dan anak (5-16 th) Rp. 15.000, wisatawan mancanegara dewasa Rp. 50.000 dan anak (5-16 th) Rp. 30.000

Hotel, Resort Dan Convention Center

Tentunya dengan beragam wisata dan spot foto yang ada di kawsan Kaliurang Jogja ini, pengunjung membutuhkan tempat untuk singgah beristirahat.

Berikut admin akan sampaikan alternatif tempat istirahat berupa hotel dan resort yang dapat dijadikan referensi setelah capek menikmati wilayah Jogja dan sekitarnya.

Berbagai hotel dan resort ini tak hanya sebagai tempat untuk beristirahat namun sering pula digunakan sebagai tempat diskusi, meeting, seminar, outbound dan lainnya.

baiklah tak perlu menunggu lama segera kita simak beberapa referensi hotel, resort dan convention center yang ada di kawasan Kaliurang Jogja.

 22. Menginap Dengan Nuansa Pedesaan Di: Sambi Resort dan Spa

Sambi Resort dan Spa
IG @eugenaldi

Dengan konsep alam pedesaan resort ini menawarkan lingkungan yang sejuk yang menghadap ke Gunung Merapi. Setiap bangunan yang ada bergaya tradisional berbahan anyaman bambu dan tiang-tiang bambu yang besar dan kokoh.

Terletak di Jalan kaliurang km 22, Sambi, Pakem, Sleman, Yogyakarta, dapat dicapai 45 menit dari Bandara Adisucipto dan 5 km dari Museum Gunung Merapi.

Dengan design kamar klasik modern, resort ini terdiri dari banyak bangunan dan kamar yang beralas kayu. Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, AC, telephon dan TV dengan saluran satelit. Terdapat ruang untuk meeting, area outdoor dan indoor untuk berbagai macam kegiatan maupun acara pernikahan.

Anda juga dapat menikmati Spa yang tersedia, berenang di kolam renang dan santap makan di sambi resto yang menawarkan masakan Indonesia dan Barat.

(Baca Selengkapnya: Sambi Resort & Spa Kaliurang Jogja)

Alamat Sambi Resort & Spa Kaliurang Jogja

Jalan kaliurang km 22, Desa Wisata Sambi, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Kontak: (0274) 4478666, 0818 0421 817

Website: www.sambiresort.com

Email: sambiresortjogja@gmail.com

Instagram: sambiresortjogja

23. Menikmati Hotel Modern Lereng Merapi Di: Griya Persada

Griya Persada Hotel Kaliurang
IG @denitigatigatiga.2

Griya Persada berada di Jalan Boyong no. 99, Kaliurang Barat, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Griya Persada memiliki kelengkapan fasilitas untuk Hotel dan Convention Center seperti 4 resto, kolam renang, ruang karaoke, salon & spa, taman bermain, toko cinderamata, taman bermain, bussiness center dan outbound area.

Suasanya yang sejuk dengan atmosfer alami dan kenyamanan mewah bagi para tamu akan sangat terasa di hotel bintang 4 ini. Hotel ini menyediakan berbagai jenis kamar yang dilengkapi dnegan bathtub, shower, telephon, TV flat, minibar, fasilitas pembuat kopi dan teh dengan layanan kamar 24 jam.

Terdapat pula berbagai ruangan yang dapat digunakan untuk diskusi, seminar, pelatihan dan runagan outdoor untuk outbound.

Alamat Griya Persada Kaliurang Jogja

Jalan Boyong no. 99, Kaliurang Barat, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Kontak: (0274) 4464401, 4464402, WhatsApp: 082221348899  Fax: 4464403

Website: www.griyapersadahoel.com

Email: info@griyapersadahotel.com

24. Menikmati Sejuknya Lereng Merapi Di: Kalyana Resort

Kalyana Resort Kaliurang
IG @kalyanaresort.3

Resort ini berada di Jalan Kaliurang Km 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Dengan konsep modern and back to nature, Kalyana Resort merupakan pilihan terbaik bagi anda yang ingin menginap atau wedding outdoor.

Resort ini berbatasan langsung dengan sungai kuning, Kalyana Resort menawarkan sebuah tempat peristirahatan yang nyaman. Secara etimologis kata Kalyana berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti indah, mendatangkan rahmat, serta terberkati. Filosofi tersebut adalah dasar dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh Kalyana Resort.

Berdiri di atas lahan seluas ± 10.000 meter persegi, Kalyana Resort pertama kali dibuka untuk umum pada awal tahun 2007. Apabila anda ingin menginap atau mengadakan kegiatan disini maka harus reservasi terlebih dahulu, karena resort ini tidak menyediakan walk in guest.

(Baca Selengkapnya: Hotel Kalyana Resort kaliurang Jogja)

Alamat Kalyana Resort Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang Km 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Website: www.kalyanaresort.com

Kontak: 0274 – 897931, 897932, Fax: 0274 – 895558

Email: info@kalyanaresort.com

Wisata Kuliner Di Kaliurang Jogja (Lereng Merapi)

Sudah menjadi wajib bagi pengunjung di lereng gunung merapi menyantap makanan atau sekedar melepas penat untuk rehat di kedai makan. Terlebih lereng merapi sangat kaya akan kulinernya. Tentu yang menjadi khas adalah Jadah Tempe Kaliurang. Namun ternyata tak hanya itu saja, ada beragam jenis makanan yang wajib dicoba.

Hawa dingin di Kaliurang  tentunya akan membuat anda merasa lapar, berikut ini admin akan menbahas tentang kuliner khas kaliurang yang akan mengobati rasa lapar pengunjung. Pastinya setiap kuliner ini pantas untuk dicoba bagi pengunjung di daerah kaliurang.

(Baca Juga: 39 WISATA, HOTEL, RESTO DI KALIURANG JOGJA LENGKAP)

Baiklah tak usah berlama-lama segera kita simak sajian masakan Kaliurang apa saja yang ada di lereng Gunung Merapi ini.

25. Nikmatnya Sate Kelinci: Pak Djimsan Kaliurang Jogja

sate kelinci kaliurang
Ig @violajogja

Kuliner nikmat yang banyak dijumpai di Kaliurang adalah sate kelinci. Dengan konsep rumah makan maupun gerobak dorong sate kelinci menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung.

Salah satu kedai sate kelinci di kaliurang adalah sate kelinci Pak Djimsan. Meskipun agak aneh membayangkan hewan kecil nan imut ini dimakan, namun banyak dijajakan dan menjadi menu wajib bagi pengunjung.

Sate kelinci disajikan bersama potongan bawang merah, cabai, kecap dan nasi hangat. Rasanya mirip dengan sate ayam namun teksturnya lebih terasa lembut dan kenyal.

Alamat Sate Kelinci Pak Djimsan Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 19, Area sawah, Pakembinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 09.00-21.00

Harga Sate Kelinci Pak Djimsan Kaliurang Jogja

Rp. 20.000

26. Manisnya Jadah Tempe: Mbah Carik Kaliurang Jogja

Jadah Tempe Kaliurang Jogja
IG @lidiasoeharto

Di kaliurang anda akan menemui penjual jadah tempe yang banyak di sepanjang jalan kaliurang. Camilan manis ini identik dengan wisata kaliurang.

Camilan ini terdiri dari jadah (ketan putih) dan tempe bacem manis. Cara menikmatinya adalah tempe bacem manis ditumpuk dengan dua lapis jadah, kemudian dimakan layaknya burger. Hal ini menjadikan jadah tempe disebut sebagai burgernya Jawa.

Salah satu kedai jadah tempe yang terkenal adalah jadah tempe Mbah Carik. Jadi jika anda berkunjung ke Kaliurang Jadah Tempe adalah wajib sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah yaa.

Alamat Jadah Tempe Mbah Carik Kaliurang Jogja

Jl. Kaliurang KM.12,5, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 09.00-17.00

Harga Jadah Tempe Mbah Carik Kaliurang Jogja 

Rp. 5.000

27. Hangatkan Badan Di Kaliurang Dengan: Wedhang Ronde Taman Kaliurang Jogja

Wedang Ronde Kaliurang
IG @jalanjajan.gratisan

Udara sejuk yang ada di kaliurang paling enak dinikmati dengan semangkuk panas wedhang ronde yang dapat anda temukan di sekitar Taman Rekreasi Kaliurang, maupun sepanjang jalan Kaliurang Jogja.

Semangkuk wedhang ronde panas terdiri dari kue moci, kolang-kaling, kacang goreng, potongan roti tawar disiram dengan kuah jahe panas. Anda dapat pula menambahkan susu manis sebagai pelengkap rasa.

Dengan rasa manis pedas wedhang ronde akan menghangatkan badan di sejuknya udara Kaliurang. Jadi jangan lewatkan untuk menikmati Wedhang Rone khas Kaliurang Jogja ini yaa.

Alamat Wedhang Ronde Kaliurang Jogja

Taman Rekreasi Kaliurang, Jl. Astomulyo No.59, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 16.00-03.00

Harga Wedhang Ronde Kaliurang Jogja

Rp. 8.000

28. Menikmati Lereng Kaki Merapi Dengan: Wedhang Gedhang Kinahrejo Kaliurang

Wedang Gedang Kinahrejo
IG @eatventure

Kuliner minuman pisang ini dapat anda temukan di desa kinahrejo, tepatnya di kaki gunung merapi. Setelah lelah berwisata tentu anda akan merasa lapar, minuman wedang gedhang ini dapat menjadi alternatif bagi anda tentunya.

Penyajian kuliner ini adalah pisang yanng dipotong-potong dan disajikan dengan kuah hangat dari rempah-rempah seperti jahe, daun pandan, kyu manis dan gula jawa.

Rasa pisang yang legit manis dan kuah rempah yang panas akan membuat kita hangat di sejuknya udara kaki gunung merapi. Jadi jangan lewatkan untuk mencoba kuliner minuman khas Kinahrejo, Kaliurang, Jogja ini yaa.

Alamat Wedhang Gedhang Kinahrejo Kaliurang Jogja

Lapangan mBebeng, Kinahrejo, Cangkringan, Sleman

Jam Operasional: 07.00-17.00

Harga Wedhang Gedhang Kinahrejo Kaliurang Jogja

Rp. 5.000

29. Rasakan Nikmatnya: Sate Donal Pak Min Kaliurang 

Sate Donal Kaliurang
IG @wen_saja

Terdapat kuliner daging bebek bagi para pemburu kuliner kaliurang. Diambil dari nama Donal Duck, si bebek pemarah dalam film kartun. Sate donal berada di sebelah barat Taman Rekreasi Kaliurang.

Sajian sate ini menggunakan sambal kecap, sayuran mentah dengan nasi panas. Dengan tekstur semi alot, sate ini menjadi alternatif bagi anda selain sate kelinci.

Rasa lelah dan lapar setelah berwisata di kawasan Kaliurang ini dapat anda sembuhkan dengan menyantap makanan khas Kaliurang ini, tentunya dengan racikan rempah-rempah yang istimewa kuliner ini akan terada nikmat.

Alamat Sate Donal Kaliurang Jogja

Jalan Astorenggo, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 09.00-21.00

Harga Sate Donal Kaliurang Jogja

Rp. 20.000

30. Menghangatkan Badan Dengan: Tongseng Pedas Mbah Ganis Kaliurang

Tongseng Mbah Ganis Kaliurang
IG @jalanjajan_minho

Kuliner tongseng ini dapat anda temui di wisata Tlogo Puteri. Kedai Mbah Ganis menyajikan aneka olahan tongseng kambing, ayam dan kelinci.

Tentunya dengan ragam menu yang ada di Kedai Mbah Ganis memberikan banyak pilihan bagi para pengunjung. Salah satu menu yang selalu ramai dipesan adalah tongseng kambing Mbah Ganis. Tentu layak dicoba untuk anda.

Design kedai menggunkan kayu akan membedakan dengan kedai sekitarnya. Ada menu tongseng kopyok dan tongseng awul. Tongseng kopyok adalah tongseng biasa namun ditusuk sepeti sate ditambah kopyokan telur. Sedangkan menu tongseng awul adalah tongseng biasa ditambah dengan kwetiau dan sayuran segar yang lebih banyak.

Alamat Tongseng Mbah Ganis Kaliurang Jogja

Wisata Taman Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-21.00

Harga Tongseng Mbah Ganis Kaliurang Jogja

Rp. 13.500

31. Menikmati Lereng Merapi Dengan Secangkir Kopi Merapi Kaliurang Jogja

Kopi Merapi Kaliurang
IG @teraskopimerapi

Dengan wilayah subur akibat dari erupsi gunung merapi, lahan sekitar lereng gunung merapi dimanfaatkan untuk menanam kopi oleh masyarakat. Salah satu budidaya kopi ini menghasilkan rasa yang berbeda tentunya.

Kuliner minuman yang terkenal adalah kopi merapi yang berada di kawasan Bebeng, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Tentu wajib hukumnya bagi anda yang berkunjung ke kawsan Kaliurang untuk mecoba dan menikmati Kopi Merapi.

Menu kopi yang disediakan berasal dari varian kopi robusta (cofea canephora) dan arabica (cofea arabica), keduanya berasal dari pohon kopi lereng merapi. Anda dapat menikmatinya di kedai kopi merapi, maupun beli dalam bentuk bubuk yang sudah dikemas.

Alamat Kedai Kopi Merapi Kaliurang Jogja

Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-24.00

Harga Kedai Kopi Merapi Kaliurang Jogja

Rp. 5.000

32. Lezatnya Nasi Kleyer Bikin Klenger Di Kedai Mbah Ganis Kaliurang Jogja

nasi kleyer mbah ganis
Twitter @utied

Kuliner yang ada di wisata Tlogo Puteri kedai Mbah Ganis ini adalah nasi kleyer. Nasi hangat disiram dengan kuah tongseng menjadikan nasi ini memiliki tekstur lembek dengan sedikit kuah. Hhmmmm sunguh nikmat.

Rasanya yang pedas manis akan membuat tubuh anda terasa hangat di dinginnya udara kaliurang. Nasi kleyer ini sangat nikmat dan membuat pengunjung ketagihan. Klenger adalah bahasa jawa yang berarti kenyang.

Jadi bagi anda yang berkunjung ke kawasan Kalurang Jogja, jangan lupa untuk menyempatkan berkuliner di kedai Mbah Ganis ini yaa.

Alamat Nasi Klenger Kedai Mbah Ganis Kaliurang Jogja

Wisata Taman Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-21.00

Harga Nasi Klenger Kedai Mbah Ganis Kaliurang Jogja

Rp. 20.000

33. Menikmati Kuliner Di Kebun Herbal: Amboja Herb Garden Resto Kaliurang Jogja

Amboja Herb Kaliurang
www.camerawisata

Resto ini berada di area perkebunan herbal Kaliurang Jogja. Sebagaian besar menu masakan di resto ini adalah hasil dari perkebunan herbal. Jadi dijamin masakan disini sangat fresh dan tentunya lezat.

Udara yang sejuk dengan panorama pedesaan dan arsitektur bambu menjadi daya tarik resto ini. Bangunan resto dua lantai yang terbuat dari bambu, pada bagian bawah pengunjung dapat melihat open kitchen, sehingga pengunjung bisa melihat langsung racikan juru masak.

Menu yang terdapat di Amboja Herb Resto sangat beragam antara lain ayam rempah pedas sambal matah khas Bali, Pepes nasi khas Sunda, Jamur Asam Manis Jawa, Wedang herbal seperi es Rossela dan wedang secang yang berkhasiat juga masih banyak lagi.

Alamat Amboja Herb Garden Resto Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 18.7, Pekem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 12.00-20.00

Harga Amboja Herb Garden Resto Kaliurang Jogja

Rp. 12.000

34. Nongkrong Santai Di: Kedai Melcosh Kaliurang Jogja

Kedai Melcosh Kaliurang
www.klikhotel.com

Tempat nongkrong sembari kuliner bisa anda dapatkan di kedai melcosh yang berada di jalan kaliurang km 23 Banteng, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Jaringan wifi dan ragam menu yang disajikan membuat anada betah untuk berlama-laa di kedai ini.

Dengan design tempat yang menarik kedai ini menjual berbagai varian kopi, teh dan cokelat. Salah satu menu unik kedai ini adalah jadah bakar yang dilumuri juruh (gula jawa cair), dan dapat dipadukan dengan cokelat, susu, kacang dan keju. Terdapat pula menu makanan nasi lainnya yang dapat anda pesan di kedai ini.

Alamat Kedai Melcosh Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 23, Banteng, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 11.00-22.00

Harga Kedai Melcosh Kaliurang Jogja

Rp. 8.000

35. Lesehan Legendaris Sambil Menyeka Keringat Di: Tongseng Pak Krebo Kaliurang Jogja

Tongseng Pak Krebo
IG @food15t

Menu makan malam tongseng kambing dapat anda temui di Jalan kaliurang km 18, sebelah utara pasar pakem. Di warung remang-remang akan nampak seorang bapak berambut kribo mengipasi tungku yang menyala.

Itulah tongseng Pak Kribo yang terkenal diseluruh antero jagad kuliner Jogja. Warung tongseng ini memiliki cita rasa yang khas dengan aroma menu kambing yang tercium dari tungku yang menyala.

Rasa tongseng kambing yang masnis pedas akan membuat anda mandi keringat. Bagi anda penikmat tongseng sudah selayaknya singgah utnuk mencoba dan menikmati tongseng kambing di warung tongseng pak kribo Kaliurang Jogja.

Alamat Tongseng Pak Kribo Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km. 18, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 17.00-24.00

Harga Tongseng Pak Kribo Kaliurang Jogja

Rp. 20.000

36. Lezatnya Ingkung Mbah Cempluk Kaliurang Jogja

Ingkung Mbah Cempluk
IG @gadjah_mada_21

Ingkung adalah menu tradisi masyarakat jawa. Menu ayam dan bebek dengan lalapan, sambel dan nasi hangat ini dapat anda nikmati di Ingkung Mbah Cempluk yang sudah terkenal di Jogja.

Bila biasanya ingkung hanya dinikmati saat perayaan tradisi maka anda dapat menikmatinya kapanpun di Ingkung Mbah Cempluk. Rasa khas desa dengan racikan bumbu rempah-rempah yang beragam memberikan kenikmatan tersendiri bagi pengunjung.

Jadi jika anda berkunjung ke Jogja jangan lewatkan untuk berkuliner di Ingkung Mbah Cempluk Kaliurang Jogja yaa.

Alamat Ingkung Mbah Cempluk Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-21.00

Harga Ingkung Mbah Cempluk Kaliurang Jogja

Rp. 90.000/4 porsi

37. Menikmati Kuliner Sehat Di: Kedai Jamu Godhog Kaliurang Jogja

Jamu Godhog Kaliurang Jogja
Twitter @jamugodhog

Kedai ini menawarkan berbagai olahan jamu tradisional sebagai obat maupun stamina. Terdiri dari berbagai macam olahan jamu yang berbahan tanaman obat ini memiliki kebun dibelakang kedai, pengunjung juga dapat melihat langsung tanaman apa saja yang dapat dijadikan khasiat dan obat tentunya.

Di kedai jamu godhog Kaliurang Jogja ini anda dapat berkonsultasi mengenai tanaman herbal dan olahan jamu kepada karyawannya. Anda tentu akan mendapatkan informasi yang berguna bagi kesehatan dan sehari-hari. Sangat menarik bukan?

Dengan design kedai joglo dan sofa yang unik kedai ini tak hanya menyajikan olahan jamu dan obat tradisional, anda juga dapat memesan menu lainnya seperti nasi goreng, mie rebus dan lainnya. Jadi jangan lewatkan untuk datang ke Kedai Jamu Godhog Kaliurang yaa.

Alamat Kedai Jamu Godhog Kaliurang Jogja

Jalan Palagan Tentara Pelajar, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-21.00

Harga Kedai Jamu Godhog Kaliurang Jogja

Rp. 5.000

38. Menikmati Panorama Pedesaan Di: D’Padukan Pie and Resto Kaliurang Jogja

D'padukan Pie Resto Kaliurang
IG @dpadukan

Keunikan dari resto ini adalah pemandangan dari rooftopnya, disana anda dapat menikmati hidangan dengan latar belakang pemandangan alam dan gunung Merapi. Terdapat pula fasilitas wifi, mushola, dan tempat pertemuan untuk rapat dan arisan.

Menu andalan d’padukan adalah masakan tradisional Indonesia, seperti asem iga, asinan, nasi campur, sate maranggi, steak, aneka desert dan pie sebagai oleh-oleh khas yang juga dapat disantap ditempat.

Berada di jalan pakem turi km 7, Padukan, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Resto ini mengusung konsep alam dan modern resto ini buka setiap hari pukul 10.00-21.00 kecuali hari senin.

Alamat D’Padukan Pie and Resto Kaliurang Jogja

Jalan Pakem Turi km 7, Padukan, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 10.00-21.00

Harga D’Padukan Pie and Resto Kaliurang Jogja

Rp. 15.000

39. Menikmati Kuliner Ndeso Di: Kopi Klotok Pakem Kaliurang Jogja

Kopi Klotok Kaliuang
IG @yuk.dolan.jogja

Kopi klotok sendiri adalah kopi dengan penyajian sederhana. Kopi bubuk dimasak dalam panci panas tanpa air. Setelah beraroma dan sedikit gosong barulah disiram air hingga mendidih. Dari proses tersebut muncullah nama klotok yang berasal dari bahasa jawa Nglotok atau mengelupas. Proses mengelupasnya kopi saat air disiramkan ke panci yang lengket ini disebut Nglotok. Ada juga yang menggambarkan klotok dari suara air mendidih di panci yang berbunyi klotok-klotok.

Meskipun nama kedai ini Kopi Klotok, namun kedai ini tidak hanya menyajikan kopi saja, justru yang paling diburu oleh para pengunjung adalah nasi pulen dengan aneka sayur ndeso.

Kopi klotok menawarkan beragam jenis masakan sayur ndeso dengan bumbu tradisional, sehingga nuansa dan rasa yang dihasilkan adalah rasa khas desa. Sayuran ndeso yang dijual antara lain, sayur lodeh, lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, dan sop sop ala ndeso. Sebagai pelengkap terdapat lauk pauk yang tak kalah ndeso lainnya yaitu pindang goreng, telur ceplok, telur dadar, tempe garit dan aneka sambel.

Jika pengunjung tidak ingin makan berat, maka ada snack andalan yang wajib di coba yaitu pisang goreng dan kopi klotok. Pisang kapok ini memiliki rasa khas karena diracik menggunakan bumbu rahasia yang menjadikannya berbeda dengan pisang goreng biasa.

Alamat Kopi Klotok Pakem Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 16, Pekem, Sleman, Yogyakarta, (belakang SMP N 4 Pakem)

Jam Operasional: 07.00-21.00

Harga Kopi Klotok Pakem Kaliurang Jogja

Rp 2.000-Rp. 11.500

 

JogjaDay.com ~ Demikianlah wisata alam, wisata kuliner, wisata kebudayaan, penginapan hingga desa wisata yang ada di kawasan Kaliurang Jogja. Tentunya berwisata ke kawasan yang berada di lereng Gunung Merapi ini memberikan suatu kesan yang baik dan kamu bisa datang ke Kaliurang bersama sahabat, keluarga juga pasanganmu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*