Destinasi Wisata Gunungkidul Yogyakarta, Wisata Air Alam Dan Budaya

” Gunungkidul It’s a Journey, not a Destination “

Gunungkidul Jogja ~ Berkunjung ke destinasi wisata di Gunungkidul tak hanya menikmati keindahan alam dan keragaman budaya saja, melainkan juga merasakan sensasi petualangan dalam perjalanan. Gunungkidul dikenal memiliki destinasi wisata yang lengkap, mulai dari pegunungan hingga pantai dan dapat dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Selain itu Gunungkidul juga menawarkan wisata minat khusus yang menantang keberanian dan adrenalin wisatawan.

“Baca Juga: Tempat Wisata Gunungkidul Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Baiklah kali ini admin akan memposting beberapa destinasi di kawasan Gunungkidul secara singkat, simak sampai habis yaa.

1. Destinasi Pantai Gunungkidul Jogja

Pantai Pok Tunggal Jogja
IG @pantai.jogja

Panjang garis pantai kawasan Gunungkidul Yogyakarta adalah 72 kilometer memiliki lebih dari seratus pantai yang dapat dijadikan wisata dengan berbagai karakteristik tentunya. Untuk wisata keluarga admin menyarankan pengunjung datang ke Pantai Baron, Kukup, Krakal, Ngandong, Drini, Ngobaran, Sepanjang, Pulangsawal, dan Wediombo. Selain ada ruang untuk bermain di pantai, destinasi ini juga menawarkan atraksi snorkling, perahu jakung dan pemandangan dari atas perbukitan. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati kuliner sajian khas setempat. Untuk pengunjung yang berminat camping admin menyarankan datang ke pantai Greweng, Siung, Wohkudu, Watu Kodok, Sundak, dan Wediombo. Bagi yang suka memanjat tebing anda dapat datang ke pantai Siung, sedangkan di pantai Wediombo pengunjung dapat snorkling.

“Baca Juga: 50 Pantai Indah Yogyakarta Yang Terkenal Dan Keren

2. Destinasi Petualangan Bawah Tanah Gunungkidul Jogja

Goa Pindul Jogja
IG @jogjadaycom

Gunungkidul memiliki karakteristik kawasan karts yang menyebabkan terbentuknya ratusan goa bawah tanah. Dari goa-goa tersebut, beberapa diantaranya sudah dieksploitasi menjadi destinasi wisata petualangan yang mengasyikan antara lain, Goa Pindul, Goa Kalisuci, Goa Jomblang, Goa Tandhing, Goa Cokro, dan Goa Ngingrong.

“Baca Juga: Tebing Breksi, Ukiran Indah Di Batuan Tambang Yogyakarta

3. Destinasi Wisata Pemandangan/Saujana Gunungkidul Jogja

Nglanggeran Jogja
IG @jogjadaycom

Kawasan Gunungkidul zona utara juga menawarkan wisata pemandangan dari atas perbukitan yang menawan. Seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Ireng, Puncak 4G, Hutan Wisata Watu Payung, Gunung Kembar, Air Terjun Sri Gethuk, semua menyajikan pemandangan yang menajubkan untuk dinikmati baik saat matahari terbit, maupun matahari tenggelam.

4. Destinasi Wisata Budaya Gunungkidul Jogja

Budaya Gunungkidul Jogja
IG @jogjadaycom

Selain objek wisata diatas, masih banyak Desa Wisata dan Budaya yang dikembangkan oleh masyarakat yang bisa menjadi alternatif kunjungan wisatawan. Selain itu Gunungkidul juga masuk dalam kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Sewu yang mempunyai  13 Geosite sebagai kekayaan alam berlatar belakang sejarah geologi. 13 Geosite tersebut juga dikembangkan sebagai destinasi wisata andalan yaitu kawasan pantai Baron-Krakal, kawasan pantai Siung-Wediombo, kawasan Nglanggeran, kawasan Sri Gethuk, kawasan Hutan Turunan, kawasan Hutan Wanagama, kawasan Lembah Ngingrong, Goa Pindul, Formasi Sambipitu, kawasan Kalisuci, Bengawan Solo Purba, Luweng Jomblang, dan Luweng Cokro.

“Baca Juga: Berburu 31 Oleh-Oleh Paling Dicari Khas Kota Yogyakarta

JogjaDay.com ~ Demikianlah ulasan tim Jogja day tentang sebagain keindahan yang menawan di kawasan Gunungkidul Yogyakarta. Jadi jangan lewatkan jika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta untuk menyempatkan diri berwisata ke Gunungkidul yang kaya akan wisata alam, budaya dan tentu juga kulinernya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!