15 Wisata Alam Kulonprogo Yogyakarta Lengkap Dengan Lokasi, Tiket Masuk Dan Keunikannya

Wisata Kulonprogo ~ Dengan bentang alam berupa wilayah perbukitan menjadikan Kulonprogo memiliki wisata alam yang sangat beragam. Wisatawan lokal maupun mancanegara kini semakin ramai untuk mengunjungi Kabupaten Kulonprogo. Wisata yang ada di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta ini menyimpan seribu satu keunikan alam yang indah. Dengan didukung kecanggihan media sosial anak muda menjadikan tempat wisata Kulonprogo semakin dikenal oleh masyarakat luas yang ingin berkunjung ke Kulonprogo.

(Baca Juga: Kuliner Enak Dan Lezat Khas Kabupaten Kulonprogo Jogja)

Terdapat banyak sekali spot foto epic dan menarik berlatar wisata dan fenomena alam yang luar biasa. Sehingga para wisatawan dalam maupun luar negeri menyempatkan diri untuk datang dan berfoto selfie disini. Dengan keunikan fenomena alam yang ada menjadikan benyak sekali spot yang Instagramable. Baiklah tak perlu berlama-lama kali ini simak sampai habis keunikan dan fenomena wisata alam Kulonprogo Jogja yaa.

1. Kalibiru Kulonprogo Jogja

Kalibiru Kulonprogo Jogja
Kalibiru foto by instagram.com/idamsar2507

Kalibiru ~ Ekowisata alam Kalibiru adalah ikon kulonprogo, ditempat ini pengunjung dapat menikmati trekking dengan pemandangan hijau dari atas bukit kalibiru. Terdapat berbagai wahana permainan seperti jembatan tali, flying fox, dan banyak spot foto menarik, yang menjadi favorit yaitu pada atas papan kayu pohon pinus. Dari sini, waduk sermo tampak jelas, dan pemandangan akan sangat indah dan menjadi spot terbaik untuk melihat sunset ataupun sunrise.

Alamat Wisata Kalibiru Kulonprogo Jogja

Lokasi Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

2. Hutan Mangrove Kulonprogo Jogja

Hutan Mangrove Kulonprogo
Hutan Mangrove foto by instagram.com/ellyani_aliudin

Ekowisata Hutan Mangrove ~ Hutan Mangrove Kulonprogo menjadi daya tarik tersendiri, disamping melestarikan alam ditempat ini dibangun banyak jembatan yang menghubungkan satu titik ke titik lainnya. Bentang alam berupa Hutan Mangrove ini dekat dengan pantai dan anda dapat sekaligus berwisata di pantainya. Disini kamu bisa jalan-jalan mengelilingi hutan Mangrove Kulonprogo dengan menyusuri jembatan kayu yang sudah dibuat sedemikian rupa, tentunya dapat menjadi latar foto yang Instagramable!

Alamat Wisata Hutan Mangrove Kulonprogo Jogja

Lokasi Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Mangrove Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

3. Goa Sriti Kulonprogo Jogja

Goa Sriti Kulonprogo
Goa Sriti foto by instagram.com/eksotisjogja

Keunikan dari Goa Sriti Kulonprogo ini pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat penjajahan Belanda. Di wisata ini kamu dapat melakukan aktifitas susur goa dengan menggunakan pelampung, karena didalam goa ini terdapat sungai. Di dalam Goa kamu akan menemukan banyak stalagtit dan stalagmit yang ada dan tercium bau goa yang khas.

Alamat Wisata Goa Sriti Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Sriti Kulonprogo Jogja

Rp. 30.000/orang

4. Gunung Ijo Kulonprogo Jogja

Gunung Ijo Kulonprogo
Gunung Ijo foto by instagram.com/wiwin_marwan

Gunung Ijo ~ Wisata alam ini berada di perbatasan antara Kulonprogo dan Purworejo. Gunung Ijo berada di Desa Plampang, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Gunung Ijo merupakan puncak tertinggi dari perbukitan Menoreh, oleh karenanya pengunjung dapat melihat keseluruhan kawasan kulonprogo dan purworejo saat berada di puncaknya juga terlihat deburan ombak pantai selatan. Untuk menaiki gunung ijo pengunjung dapat memilih 2 trek, trek 1 merupakan jalur pendek namun jalannya masih jelek, dan trek panjang dengan jalan yang relatif baik.

Alamat Wisata Gunung Ijo Kulonprogo Jogja

Lokasi Gunung Ijo, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Ijo Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

5. Bukit Isis Kulonprogo Jogja

Bukit Isis Kulonprogo Jogja
Bukit Isis foto by instagram.com/jogjaku

Bukit Isis ~ Melalui Bukit Isis Kulonprogo ini pengunjung dapat menikmati udara segar dan melihat hamparan kebun teh dan hijaunya pepohonan yang ada di sepanjang pegunungan Menoreh. Dengan berada di wilayah pegunungan kamu akan mendapatkan udara yang sejuk dan segar. Disini kamu juga melihat hamparan alam Kulonprogo dan berfoto ria.

Alamat Wisata Bukit Isis Kulonprogo Jogja

Lokasi Desa Nglingo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Isis Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

6. Goa Kiskendo Kulonprogo Jogja

Goa Kiskendo Kulonprogo
Goa Kiskendo foto by instagram.com/paketwisatajogja

Goa Kiskendo ~ Wisata goa ini berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Goa Kiskendo Kulonprogo menawarkan fenomena alam berupa stalagtit dan stalagmit yang berbentuk gugusan batu berumur ratusan tahun yang indah dan unik. Terdapat cerita rakyat yang menarik bahwa di goa kiskendo ini merupakan area pertempuran ksatria antara maesosuro-lemusuro dan manusia kera sugriwa dan subali, kisah pertempuran ini tergambar pada relief dinding goa.

Alamat Wisata Goa Kiskendo Kulonprogo Jogja

Lokasi Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Kiskendo Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

7. Puncak Suroloyo Kulonprogo Jogja

puncak Suroloyo Kulonprogo
Puncak Suroloyo foto by instagram.com/jogjaku

Puncak Suroloyo ~ wisata ini menawarkan pesona matahari terbit yang sangat indah. Pengunjung dapat menaiki gardu pandang pada ketinggian 1.091 mdpl dan melihat gunung merapi, sumbing, sindoro, dan merbabu. Apabila cuaca cerah maka akan terlihat candi borobudur dari sini. Namun sebelum melihat berbagai keindahan tersebut pengunjung harus menapaki 300 anak tangga untuk sampai di gardu pandang. Pada area parkir terdapat patung punokawan yaitu Bagong, Semar, Gareng dan Petruk yang dapat menjadi spot foto menarik bagi pengunjung.

Alamat Wisata Puncak Suroloyo Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Puncak Suroloyo Kulonprogo Jogja

Rp. 3.000/orang

8. Bukit Menoreh Kulonprogo Jogja

Bukit Menoreh Kulonprogo
Bukit Menoreh foto by instagram.com/positiveindonesia

Bukit Menoreh ~ Kawasan Kulonprogo yang memiliki bentang alam berupa pegunungan menjadikannya destinasi wisata alam dengan fenomena unik. Disini kamu bisa menghirup udara sejuk dan segar guna menikmati suasana pedesaan yang khas dengan berjalan-jalan maupun trekking di Bukit Menoreh Kulonprogo. Tentunya akan sangat mengasyikan dengan melepas riuh penat suasana kota dengan beraktifitas di Bukit Menoreh ini bukan?

Alamat Wisata Bukit Menoreh Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Menoreh Kulonprogo Jogja

Rp. 3.000/orang

9. Puncak Widosari Kulonprogo Jogja

Puncak Widosari Kulonprogo
Puncak Widosari foto by instagram.com/jogjaku

Puncak Widosari ~ Bukit Widosari Kulonprogo merupakan bukit yang unik. Apabila dilihat dari kejauhan bukit tersebut nampak seperti wajah manusia, terdapat benjolan menyerupai mata, hidung, mulit dan dagu. Di puncak Widosari pengunjung dapat menikmati suasana tenang nan sejuk dengan pemandangan yang luas nan indah sangat cocok untuk pengunjung yang suka berfoto ria. Puncak Widosari sering digunakan sebagai area camping dengan pemandangan yang indah. Sebelum mencapai puncak pengunjung akan disuguhkan kebun teh tritis yang cocok menjadi obyek foto.

Alamat Wisata Puncak Widosari Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Puncak Widosari Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

10. Puncak Dipowono Kulonprogo Jogja

Puncak DIpowono Kulonprogo
Puncak Dipowono foto by instagram.com/callmebutti

Puncak Dipowono ~ wisata ini menjadi destinasi seru dan bagus bagi kamu yang menyukai fotografi. Dengan banyaknya wisatawan yang mengupload foto Instagram disini menjadikan Puncak Dipowono kian terkenal dan ramai untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi jika kamu sedang berkunjung ke Kota Jogja sempatkan pula untuk mengunjungi Puncak Dipowono yaa!

Alamat Wisata Puncak Dipowono Kulonprogo Jogja

Lokasi Jalan Clereng Tamanan KM. 6, Clapar 2, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Puncak Dipowono Kulonprogo Jogja

Rp. 4.000/orang

11. Puncak Gunung Lanang Kulonprogo Jogja

Puncak Gunung Lanang Kulonprogo
Pncak Gunung Lanang foto by twitter.com/tempatwisata

Puncak Gunung Lanang ~ Wisata alam ini berada di Desa Sibolong, Jatimulyo, Gririmulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Dari Puncak Gunung Lanang pengunjung dapat melihat seluruh kawasan kulonprogo dan akan terlihat samar-samar deburan ombak pantai selatan. Untuk menikmati ketinggian itu pengunjung harus menapaki banyak anak tangga. Namun tidak usah kawatir, akan ada 2 titik pandang sebelum puncak yang memiliki panorama pemandangan yang menawan.

Alamat Wisata Gunung Lanang Kulonprogo Jogja

Lokasi Desa Sibolong, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Lanang Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

12. Gunung Kukusan Kulonprogo Jogja

Puncak Gunung Kukusan Kulonprogo
Gunung Kukusan foto by instagram.com/travelogia

Bentang alam yang berupa pegunungan di kawasan Kulonprogo memiliki pemandangand ari atas bukit yang epic. Bagi kamu yang ingin menikmati wisara kulonprogo dari atas bukit maka bisa berwisata ke gunung kukusan kulonprogo ini. Spot foto ini menjadi unik karena kamu bisa melihat kabupaten kulonprog dari atas bukit.

Alamat Wisata Gunung Kukusan Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Kukusan Kulonprogo Jogja

Rp. 4.000/orang

13. Bukit Candana Kulonprogo Jogja

Bukit Candana Kulonprogo Jogja
Bukit Cendana foto by instagram.com/garasijogja

Salah satu spot foto menarik yang layak untuk kamu kunjungi adalah bukit cendana. Kamu bisa berfoto ria dari atas bukit. Disini tersedia spot untuk berfoto dari atas bukit yang unik dan epic. Bagi kamu yang ingin melihat kulonprogo dari atas bukit maka wajib untuk datang ke bukit cendana ini.

Alamat Wisata Bukit Candana Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Candana Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

14. Kebun Teh Nglingo Kulonprogo

Kebun Teh Nglingo Kulonprogo
Kebun Teh Nglingo foto by instagram.com/geaberhatinyaman

Wisata kebun teh ini berada di desa Nglingo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarata. Dari tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sejuk berupa perkebunan teh, hamparan hutan pinus, dan bukit bukit disekitarnya. Selain trekking pengunjung juga dapat duduk santai sembari menikmati suasana kebun dengan minum teh dan es kelapa muda.

Alamat Wisata Kebun Teh Nglingo Kulonprogo Jogja

Lokasi Desa Nglingo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarata

Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Teh Nglingo Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

15. Wildlife Rescue Center Kulonprogo Jogja

Wildlife Rescue Center Kulonprogo
Wildlife Rescue Center foto by twitter.com/balijogja

Wildlife Rescue Center merupakan lembaga non profit yang bergerak dibidang konservasi satwa liar yang terancam punah untuk dilindungi. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis satwa liar yang sedang direhabilitasi di kompleks Wildlife Rescue Center Yogyakarta.

Dulunya kompleks ini bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta. Koleksi hewan yan dirawat kebanyakan adalah oranghutan, dan ada beberapa hewan yang direhabilitasi kondisinya cukup memprihatinkan. Wildlife Rescue Center (WRC) cocok untuk wisata edukasi dan study tour pelajar. Disini juga disediakan pelatihan, outbound, fasilitas seminar, ekowisata dan akomodasinya.

Alamat Wisata Wildlife Rescue Center Kulonprogo Jogja

Lokasi Jalan Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Wildlife Rescue Center Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/orang

(Baca Juga: Wisata Air Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta Hitz 2019)

JogjaDay.com ~ Demikianlah 15 destinasi wisata alam yang ada di Kulonprogo Yogyakarta. Dengan kondisi alam yang sangat beragam mulai dari pantai hingga pegunungan menjadikan Kulonprogo sebagai destinasi yang mulai ramai untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi jika kamu sedang berkunjung ke Kota Jogja, maka sempatkan pula untuk singgah ke Kulonprogo yaa!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya