23 Wisata Air Kulonprogo Jogja, Beserta Lokasi, Tiket Masuk & Keunikannya

Wisata Air Kulonprogo ~ Kulonprogo memiliki wisata alam dan wisata air yang begitu banyak. Hal ini dikarenakan kabupaten Kulonprogo yang memiliki bentang alam berupa pegunungan hingga pantai. Kamu dapat berwisata alam dan wisata air di Kulonprogo dengan banyak pilihan destinasi.

Wisata Kulonprogo memiliki beragam destinasi yang bagus dengan panorama indah. Dengan slogan “Kulonprogo The Jewel of Java” menjadikan pemerintah dan masyarakat Kulonprogo berlomba-lomba untuk menarik wisatawan lokal maupun manca untuk datang dan menikmati wisata alam, air dan kuliner yang ada.

(Baca Juga: Wisata Alam Unik Yang Ada Di Kabupaten Kulonprogo)

Keunikan daerah Kulonprogo adalah dengan adanya wisata alam yang lengkap seperti air terjun, goa, pegunungan hingga pantai. Wisatawan lokal maupun luar negeri tertarik berkunjung ke Kulonprogo karena wisata ini memiliki banyak sekali keunikan alam yang dapat dijadikan spot foto terbaik untuk selfie.

Baiklah tak perlu berlama-lama kali ini tim Jogja day akan segera sampaikan wisata alam dan wisata air yang ada di Kulonprogo Yogyakarta. Simak sampai habis yaa !

1. Waduk Sermo Kulonprogo

Waduk Sermo Kulonprogo
Waduk Sermo foto by instagram.com/explorealamjogja

Waduk Sermo Kulonprogo adalah waduk terbesar di Yogyakarta .Dikepung oleh barisan bukit-bukit yang indah, dengan rata-rata penduduk berprofesi sebagai petani, tukang kayu, pengrajin gula. Terletak di Kabupaten Kulonprogo yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Waduk ini mempunyai panorama alam yang indah saat pagi dan sore hari. Tersedia pula perahu mesin yang dapat disewa pengunjung untuk berkeliling dan menikmati indahnya waduk ini.. Waduk ini merupakan bendungan irigasi yang membendung sungai Ngrancah.

Alamat Waduk Sermo Kulonprogo

Lokasi: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulonprogo

Rp. 3.000/orang

2. Taman Sungai Mudal Kulonprogo

Taman Sungai Mudal Kulonprogo
Taman Sungai Mudal foto by instagram.com/saiffuul

Mudal merupakan sebuah mata air yang tidak pernah kering, mata air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan air di Kulonprogo. Terdapat bendungan yang memiliki air jenih sehingga dapat dijadikan wahana renang oleh pengunjung.

Alamat Taman Sungai Mudal Kulonprogo

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

3. Embung Banjaroya Kulonprogo

Embung Banjaroya Kulonprogo
Embung Banjaroya foto by instagram.com/xxlinpsxx

Wisata kulonprogo kebanyakan adalah wisata alam, salah satu wisata alam keren yang ada di Kulonprogo adalah embung banjaroya. Keunikan wisata ini adalah kamu bisa menikmati panorama sunset dan sunrise dengan jelas karena embung ini berada di perbukitan menoreh kulonprogo. Jika cuaca sedang cerah kamu juga dapat melihat gunung Merapi dan gunung Merbabu dengan jelas.

Alamat Embung Banjaroya Kulonprogo

Lokasi: Dusun Tonorogo, Desa Banjaroya, Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di perbukitan Menoreh

Harga Tiket Masuk Embung Banjaroya Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

4. Waduk Mini Kleco Kulonprogo

Waduk Kleco Kulonprogo
Waduk Kleco foto by instagram.com/eksotisjogja

Waduk ini memiliki luas area 20 hektar dan dapat menampung hingga 8.000 meter kubik air. Waduk Kleco Kulonprogo berada di ketinggian sehingga udara yang dihasilkan sangat sejuk dan segar. Kamu dapat menikmati hijaunya pepohonan dan pegunungan yang ada di sekitar Waduk dan mengabadikan keindahan alam dengan berfoto selfie. Pada saat tertentu kamu akan disuguhkan kabut pekat yang dingin.

Alamat Waduk Kleco Kulonprogo

DUsun Ngesung, Desa Giripurwo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Waduk Kleco Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

5. Pantai Glagah Kulonprogo

Pantai Glagah Kulonprogo
Pantai Glagah foto by instagram.com/pristober

Pantai dengan fenomena epic ini bernama Pantai Glagah. Keunikan pantai ini adalah adanya laguna sebagai pemecah ombak dan akan terlihat epic ketika digunakan untuk berfoto ria. Banyaknya laguna yang ada di bibir pantai akan membuat pantai Glagah semakin indah untuk dikunjungi.

Alamat Pantai Glagah Kulonprogo

Lokasi: Kecamatan Temon, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

6. Pantai Congot Kulonprogo

Pantai Congot Jogja
Pantai Congot foto by twitter.com/jogjaday

Pantai Congot ini berada di ujung barat wilayah Kulonprogo yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Yang menjadi istimewa pada pantai congot ini adalah adanya hutan mangrove. Hutan mangrove yang merupakan tempat konservasi ini menjadi daya tarik wisatawan sebagai salah satu tempat wisata yang digemari. Kamu dapat berfoto epic pada jembatan buatan yang ada di dalam area Hutan Mangrove ini.

Alamat Pantai Congot Kulonprogo

Lokasi: Sangkaran, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Kulonprogo

Rp. 4.000/orang

7. Pantai Trisik Kulonprogo

Pantai Trisik Jogja
Pantai Trisik foto by instagram.com/pantai_trisik

Pantai trisik memiliki panorama ombak yang bergulung bagus. Dengan panorama ombak dan pasirnya yang putih menjadikan pantai ini ramai oleh pengunjung, terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar seperti memancing, menjala ikan dan lainnya menambah eksotisnya alam pantai trisik. Pantai yang berada di pinggir jalan raya ini menawarkan pemandangan yang menarik dengan pasir yang relatif datar.

Alamat Pantai Trisik Kulonprogo

Lokasi: Pantai Trisik, Desa Brosot, Banaran, Galur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

8. Pantai Bugel Kulonprogo

Pantai Bugel Kulonprogo
Pantai Bugel foto by instagram.com/pantaibugel

Pantai Bugel ini terletak diantara Pantai Trisik dan Pantai Glagah, tepatnya di Desa Panjaitan, Kulonprogo, Yogyakarta. Pada pantai ini pengunjung dapat membeli ikan segar dan berbagai hasil laut yang dijual banyak di Pantai Bugel. Kamu dapat melihat perahu-perahu nelayan yang bersandar di pinggir Pantai Bugel Kulonprogo ini. Meskipun pantai ini masih tergolong sepi pengunjung namun keindahan Pantai ini tak kalah dengan pantai lainnya.

Alamat Pantai Bugel Kulonprogo

Lokasi: Panjatan, Gumuk Waru, Bugel, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Pantai Bugel Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

9. Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo

Pantai Kadilangu Kulonprogo
Pantai Pasir Kadilangu foto by instagram.com/dhaneeeeee

Pantai yang menarik untuk dikunjungi dan banyak terdapat spot fotonya adalah Pantai Pasir Kadilangu. Di pantai kulonprogo ini terdapat jembatan kayu di area hutan mangrove yang dapat kamu telusuri. Dengan berbagai spot foto yang ada menjadikan pantai ini nampak indah dan selalu ramai wisatawan.

Alamat Pantai Pasir Kadilangu Jogja

Lokasi: Pasir Kadilango, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Pantai Pasir Kadilangu Masuk Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

10. Air Terjun Sidoharjo Kulonprogo

Air Terjun Sidoharjo Kulonprogo
Air Terjun Sidoharjo foto by instagram.com/fergie_indah

Air terjun ini berada di perbukitan menoreh, dan merupakan air terjun tertinggi di Kulonprogo. Curug Sidoharjo memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Dengan rute jalanan meuju Curug Sidoharjo ini masih belum diaspal, maka pastikan kendaraan kamu dalam kondisi fit. Sebelum mencapai tempat ini kamu akan melewati tanjakan yang ekstrem dan turunan tajam, namun tak perlu khawatir karena eksotisme pemandangan sekitar di kulonprogo akan menemani perjalanan kamu.

Alamat Air Terjun Sidoharjo Kulonprogo

Lokasi Dusun Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sidoharjo Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

11. Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo
Air Terjun kedung Pedut foto by instagram.com/herdy.trilogy

Lokasi air terjun ini berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Wisata alam Air Terjun  ini seperti wahana di waterpark, pengunjung dapat bermain air dengan ketinggian yang bervariasi mulai 1 meter hingga 4 meter. Terdapat pula gubug tinggi dan flying fox yang dapat menjadi wahana foto bagi pengunjung. Bisa dibilang Air Tejun Kedung Pedut memiliki fasilitas yang lengkap untuk wisata alam.

Alamat Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Lokasi Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Rp. 7.000/orang

12. Air Terjun Grojogan Sewu Kulonprogo

Air Terjun Grojokan Sewu Kulonprogo
Grojokan Sewu foto by instagram.com/jogjaday

Air terjun ini berada di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Dengan keunikan banyaknya air yang jatuh ke kolam sehingga air terjun ini dinamakan Grojogan Sewu. Meskipun di musim penghujan kolam pada air terjun ini nampak selalu jernih. Fenomena unik berupa Air Terjun ini menjadi spot foto yang epic dan dapat menjadi latar untuk berselfie tentunya.

Alamat Air Terjun Grojokan Sewu Kulonprogo

Lokasi Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojokan Sewu Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

13. Air Terjun Kedung Ingas Kulonprogo

Air Terjun Kedung Ingas Kulonprogo
Kedung Ingas foto by instagram.com/agriaryoko

Wisata air Kulonprogo selanjutnya adalah Air terjun kedung ingas. Wisata ini masih tergolong sepi dan bisa kamu explore. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan air terjun ini masih sangat alami dan belum terkontaminasi banyak wisatawan. Bisa kamu gunakan untuk bermain air, berendam dan menenagkan diri sembari berwisata.

Alamat Air Terjun Kedung Ingas Kulonprogo

Lokasi Kwarakan, Senden, Sidorejo, Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Ingas Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

14. Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo

Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo
Kembang Soko foto by instagram.com/air_terjun_kembangsoka

Potensi wisata alam Kulonprogo terus diperbarui dengan banyaknya wisatawan yang tambah ramai. Salah satu potensi wisata air yang terus dikembangkan adalah air terjun kembang soka. Kamu bisa menikmati wisata alami dengan berenang dan bermain air disini. Lokasinya yang menarik dengan adanya jembatan dan air yang jernih bisa jadi spot foto menarik.

Alamat Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo

Lokasi Padukuhan Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo

Rp. 7.000/orang

15. Air Terjun Goa Kebon Kulonprogo

Air Terjun Goa Kebon Kulonprogo
Goa Kebun foto by instagram.com/widy_togetherpoulllephel

Air terjun unik yang ada di Kulonprogo ini bernama air terjun goa kebon. Bentuknya yang unik seperti tirai putih ini menjadi fenomena yang langka. Batuan putih besar yang dialiri air menjadikan air terjun goa kebon ini nampak indah. Spot foto langka ini hanya dapat kamu temui di kabupaten Kulonprogo.

Alamat Air Terjun Goa Kebun Kulonprogo

Lokasi Dusun Dukuh VII, Krembangan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Air Terjun Goa Kebun Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

16. Air Terjun Curug Sedhuwagang Kulonprogo

Curug Sedhuwagang Kulonprogo
Curug Sedhuwagang foto by instagram.com/dwi_yusaq_yahyaproduction

Wisata air yang dapat kamu jadikan pelepas penat untuk bersantai dan bermain air ini adalah Curug Sedhuwagang. Semakinbanyaknya wisatawan yang datang menjadikan masyarakat sekitar berbondong bondong untuk membangin dan melengkapi fasilitas yang ada. Udara segar, air jernih alan membuat kamu betah berlama lama di curug sedhuwagang ini.

Alamat Curug Sedhuwagang Kulonprogo Jogja

Lokasi Teganing 1, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Curug Sedhuwagang Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

17. Air Terjun Curug Glimpang Kulonprogo

Curug Glimpang Kulonprogo
Curug Glimpang foto by www.journey-andreanperdana.blogspot.com

Wisata Curug Glimpang sendiri terbilang unik. Kata Glimpang atinya tumpah karena miring. Penamaan curug ini diberikan karena curug ini tidak berada di tebing yang lurus seperti curug pada umumnya, namun pada batu yang miring dengan air yang meluncur. Untuk berkunjung ke lokasi juga tidak begitu sulit. Aksesnya sudah banyak pengeloaan dari warga setempat seperti anak tangga.

Alamat Curug Glimpang Kulonprogo

Lokasi Desa Gowok, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Curug Glimpang Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

18. Air Terjun Curug Grojokan Watu Jonggol Kulonprogo

Curug Watu Jonggol Kulonprogo
Air Terjun Watu Jonggol foto by instagram.com/n.yudhistiro

Air terjun Watu Jonggol atau Grojogan Watu Jonggol ini berada di Dusun Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jika kamu di Desa Wisata Nglinggo kamu tidak akan kesulitan menemukan air terjun ini. Air terjun ini berada di daerah perbukitan maka pastikan kendaraanmu fit karena jalan yang berkelok dan sempit.

Alamat Air Terjun Watu Jonggol Kulonprogo

Lokasi Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Air Terjun Watu Jonggol Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

19. Curug Kalimiri Kulonprogo Jogja

Curug Kalimiri Kulonprogo
Curug Kalimiri foto by instagram.com/daniyolanda17

Curug Kalimiri adalah curug di aliran tebing dan bongkahan bebatuan yang tidak begitu tinggi di kabupaten Kulon Progo. Namanya adalah Curug Kalimiri. Curug Kalimiri adalah curug yang mempunyai daya tarik air terjun dan masih satu area dengan Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka. Fasilitas yang ada di Curug ini terbilang cukup lengkap dengan adanya jembatan dan area buatan warga cocok untuk berselfie ria.

Alamat Curug Kalimiri Kulonprogo Jogja

Lokasi Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Curug Kalimiri Kulonprogo

Rp. 5.000/ornag

20. Curug Cibiru Kulonprogo Jogja

Curug Cibiru Kulonprogo
Curug Cibiru foto by instagram.com/sakmlakunesaktekane

Berada di tengah hutan dan banyak burung-burung juga pepohonan yang membuat kamu tenang.Wisata curug cibiru ini masih tergolong sangat alami dan layak untuk menjadi destinasi alam bagi kamu para traveller. Meski berada di tengah hutan dan kamu harus berjalan kurang lebih 15 menit, namun setelah sampai keindahan alam akan menyambutmu.

Alamat Curug Cibiru Kulonprogo Jogja

Lokasi Kemesu, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Curug Cibiru Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

(Baca Juga: Kuliner Legendaris Yang Enak Dan Ramai Khas Yogyakarta)

21. Curug Siluwok Samigaluh Kulonprogo

Curug Siluwok Kulonprogo
Curug Siluwok foto by instagram.com/ayodolan

Air terjun siluwok atau biasa disebut curug siluwok ini memiliki ketinggian 60 meter dan menjadi air terjun paling tinggi yang ada di Kulonprogo. Air yang jatuh ke danau kecil yang cukup lebar dapat kamu jadikan wahana berenang dan bermain air. Warna air yang jernih akan menjadikan air terjun siluwok ini nampak indah dan epic untuk difoto.

Alamat Curug Siluwok Samigaluh Kulonprogo

Lokasi Jalan Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Tukmudal, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Curug Siluwok Samigaluh Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

22. Curug Sigembor Girimulyo Kulonprogo

Curug Sigembor Kulonprogo
Curug Sigembor foto by instagram.com/ardhy_27

Pesona wisata air terjun Kulonprogo selanjutnya adalah curug sigembor. Berada di kawasan pegunungan menoreh menjadikan wisata ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Keindahan air terjun sigembor dapat kamu nikmati dengan bermain air ataupun berfoto ria.

Alamat Curug Sigembor Girimulyo Kulonprogo

Lokasi Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Curug Sigembor Girimulyo Kulonprogo

Rp. 5.000/orang

23. Curug Setawing Kulonprogo Jogja

Curug Setawing Kulonprogo
Curug Setawing foto by instagram.com/aji_ayi

Wisata air terjun yang populer ini bernama curug setawing. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter dengan air yang jatuh melebar. Kesadaran penduduk sekitar akan potensi wisata disini menjadikan pihak pengelola membangun berbagai sarana dan pelengkap seperti gazebo, tangga dan tempat duduk.

Alamat Curug Setawing Kulonprogo Jogja

Lokasi Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta, tepatnya di Pegunungan Menoreh

Harga Tiket Masuk Curug Setawing Kulonprogo

Rp. 7.000/orang

(Baca Juga: Kuliner Enak Dan Lezat Khas Kabupaten Kulonprogo)

JogjaDay.com ~ Demikianlah ulasan tim Jogja Day mengenai 23 wisata air yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Dengan keunikan yang berupa potensi alam yang ada menjadikan kawasan Kulonprogo memiliki banyak destinasi alam yang ramai dikunjungi wisatawan. Kamu dapat menikmati potensi alam yang beragam di Kulonprogo ini juga cocok dijadikan latar untuk berfoto ria.

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya