Tlogo Puteri Kaliurang Jogja, Segarnya Wisata Air Di Lereng Gunung Merapi

Tlogo Puteri Kaliurang Jogja ~ Taman rekreasi Kaliurang yang selalu ramai oleh pengunjung ini bernama tlogo puteri Kaliurang. Tlogo dalam bahasa Indonesia berarti Telaga, karena di tempat wisata ini terdapat air terjun dan telaga yang dipercaya sebagai tempat mandi bidadari dan konon jika anda membasuh air tersebut maka akan awet muda nama Telaga tersebut adalah Tlogo Muncar.

Tlogo Puteri merupakan taman bermain, wisata alam dan wisata air. Lokasi Tlogo Puteri Kaliurang Jogja berada di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata ini buka setiap hari pukul 07.00-18.00. Terdapat lahan parkir untuk bis, mobil dan motor yang cukup luas. Harga tiket masuk wisata ini sangat terjangkau yaitu Rp. 5.000.

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Lereng Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Pengunjung dapat memanjakan mata karena kawasan Tlogo Putri Kaliurang Jogja memiliki pohon yang besar dan rimbun. Hijaunya bukit akan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di Tlogo Putri Kaliurang Jogja.

Tlogo Puteri Kaliurang Jogja
Tlogo Puteri Jogja foto by instagram.com/wahyu_puspitaningrum

Tlogo dalam bahasa Indonesia berarti telaga ini terdapat air terjun yang dipercaya sebagai telaga tempat pemandian puteri puteri dari kayangan. Udara yang sejuk dan pohon pohon besar yang rindang menambah nuansa kaliurang menjadi tempat yang nikmat untuk wisata bersama keluarga maupun sahabat dekat.

“Baca Juga: Menyantap Kuliner Ndeso Khas Kaliurang Jogja Di Warung Belik Sleman

Di Tlogo puteri terdapat embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat pula aneka wahana permainan seperti jungkat jungkit, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya. Di setiap akhir pekan akan ada pertunjukan kesenian di panggung hiburan seperti dangdut, jathilan, campursari, dan pentas seni lainnya.

IG @alif.poetra92
Tlogo Puteri Jogja foto by instagram.com/alif.poetra92

Tlogo puteri Kaliurang Jogja berada di ujung paling utara Jalan Kaliurang. Tempatnya yang berada di paling atas menyebabkan udaranya sejuk dan segar. Sering disetiap pagi dan malam hari wilayah ini di tutupi kabut yang pekat, sehingga menambah syahdunya Tlogo Puteri.

Di tempat rekreasi Tlogo Putri Kaliurang Jogja ini juga merupakan habitat dari monyet. Anda akan menemukan banyak sekali gerombolan monyet yang ada disana dan dapat diajak berinteraksi, biasaya para pengunjung memberi makan dan diajak berfoto.

Tlogo Puteri Kaliurang Jogja
Tlogo Puteri Jogja foto by instagram.com/mugirahayu3627

Rute Menuju Lokasi Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Peta: Klik Disini

Wisata alam ini berada di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Baiklah langsung saja kita simak rute menuju Tlogo Puteri Kaliurang Jogja.

Dari pusat kota Yogyakarta yaitu tugu Jogja, Tlogo Puteri Kaliurang Jogja ini berjarak kurang lebih 30 km dan dapat di tempuh dengan 50 menit dengan kendaraan pribadi.

Dari Tugu Jogja

Dari Tugu Jogja > ke utara menyusuri jalan AM Sangaji > lurus lagi ke jalan Monjali > belok kanan ke timur menyusuri ringroad utara > lalu belok kiri ke utara menyusuri jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga patung udang belok kanan > lurus hingga menyusuri jalan tlogo puteri > cari plang tlogo putri di sepanjang jalan ikuti > sampai Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Dari Bandara Adisucipto

Dari Bandara Adisucipto > kearah barat menuju ringroad timur > lampu merah ambil kanan menyusuri ringroad timur > lurus terus hingga perempatan menuju jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga patung udang belok kanan > lurus hingga menyusuri jalan tlogo puteri > cari plang tlogo putri di sepanjang jalan ikuti > sampai Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Tlogo Puteri Kaliurang Jogja
Tlogo Puteri Jogja foto by www.travia.com

Harga Tiket Masuk Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

  • Alamat: Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 07.00-16.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 6.000/orang
  • Parkir: Rp. 2.000/motor, Rp. 10.000/mobil dan Rp. 20.000/bus

Fasilitas Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Fasilitas yang ada di wisata Tlogo Puteri Kaliurang ini sangat beragam. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas seru disini. Dengan udara yang sejuk dan segar menyebabkan kamu akan betah untuk berlama lama di tlogo puteri Jogja. Berikut ini adalah fasilitas dan aktifitas yang bisa kamu lakukan di tlogo puteri Jogja:

1. Basecamp Jeep Tour Merapi

Di tlogo Puteri Kaliurang Jogja terdapat basecamp operator Lava Tour Merapi. Maka anda dapat memesan wisata tersebut untuk menyusuri sisa erupsi merapi menggunakan Jeep yang sudah tersedia. Tentunya menjadi pengalaman yang menarik dan sangat berkesan.

2. Trekking

Terdapat area untuk trekking jalan setapak memasuki hutan dan bukit untuk mengunjungi Air terjun tlogo Muncar. Terdapat beberapa jalur trakking yang dapat dilalui pengunjung berupa jalan setapak atau mendaki bukit yang tinggi.

3. Ragam Kuliner

Bagi penggemar kuliner jangan khawatir kelaparan, di Tlogo Puteri Kaliurang Jogja anda wajib mencicipi makanan khas kaliurang yaitu jadah tempe, sate dan tongseng kelinci yang banyak ditemukan pada kawasan Tlogo Puteri.

4. Wahana Permainan

Di Tlogo Puteri Kaliurang Jogja terdapat banyak wahana permainan, seperti kano, bebek air, bianglala, ayunan dan panggung hiburan yang setiap weekend menampilkan hiburan music dan kesenian.

Tlogo Puteri Kaliurang Jogja
Tlogo Puteri Jogja foto by www.catatanwisata.com

5. Bebek Air

Tlogo putri kaliurang Jogja juga ada wahana wisata air berupa bebek air yang dapat digunakan di bendungan kolam yang ada. Tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bersama keluarga maupun teman untuk mencoba wahana ini.

6. Mushola dan Toilet yang bersih dan nyaman.

Tlogo Puteri Kaliurang Jogja
Tlogo Puteri Jogja foto by instagram.com/andriysaksono

“Baca Juga: Menikmati Kuliner Tempo Gelato Jogja, Sajian Ice Cream Big Italia

JogjaDay.com ~ Demikianlah artikel tentang wisata alam di Kaliurang Jogja yaitu Tlogo Puteri Kaliurang. Di kawasan Kaliurang yang hijau dengan udara sejuk dan segar kamu dapat menikmatinya disini bersama sahabat maupun keluarga. Fasilitas yang ada di Tlogo Puteri Kaliurang juga cukup lengkap dan kamu juga bisa menyantap aneka kuliner khas lereng Gunung Merapi disini. Tentunya dapat menjadi wisata alternatif untuk kamu kunjungi yaa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!