10 Tips Lengkap Menawar Ketika Belanja Oleh-Oleh Saat Berwisata

Tips Menawar Saat Belanja ~ Jika kamu sedang berkunjung ke suatu tempat wisata pasti menginginkan barang untuk oleh-oleh sebagai buah tangan bagi sanak keluarga yang berada di rumah. Maka pastikan kamu memperoleh barang tersebut dengan harga yang pas juga kualitas yang oke.

Jika anda sedang berkunjung ke Yogyakarta maka anda akan menemui banyak tempat yang menjual aneka oleh oleh maupun barang khas Yogyakarta. Berikut ini adalah beberapa Tips memperoleh harga yang pas, sehingga tidak terlalu mahal.

(Baca Juga: Berburu Oleh-Oleh Paling Dicari Khas Kota Yogyakarta)

Ada beberapa tempat yang pembeli dapat melakukan penawaran atas barang yang dibeli, antara lain: Pasar Beringharjo, Pasar Sepatu Jalan Mataram, Pedagang Khas di Sepanjang Trotoar Malioboro.

(Baca Juga: Kuliner Legendaris Kota Yogyakarta)

1. Jangan Fokus Pada Satu Penjual

Pastikan melihat barang di beberapa penjual sebelum membelinya. Anda dapat melihat kualitas dan bertanya harga ke penjual lainnya, dan jangan terburu buru untuk menentukannya karena di Malioboro anda akan menemukan situasi beda penjual beda harga.

2. List Oleh Oleh Yang Akan Di Beli

Barang barang khas Jogja sangat banyak yang bisa dijadikan oleh-oleh. Maka tips agar kita tetap hemat adalah dengan melakukan list barang yang akan dibeli. Barang yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti baju batik, bakpia, kaos dagadu dan lainnya. Sebelum berkunjung, anda bisa mencari barang yang dibutuhkan di Google.

3. Cerdas Dalam Menawar Barang

Biasanya para penjual ketika ditanyakan harga produk maka Ia akan menaikan di range 30%-40%. Oleh karenanya pastikan anda menawar harga 40%-50% lebih rendah dari harga produk. Sehingga nanti akan ditemui titik tengah harga yang sesuai. Sesekali memang perlu dan jangan ragu untuk membanting harga dan menawar dengan sadis.

4. Jangan Tunjukan Kalau Wisatawan

Penampilan seseorang akan mempengaruhi harga barang yang akan dibeli. Jika anda wisatawan pasti akan diberikan harga yang relatif lebih mahal karena dianggap buta harga. Maka wajar jika barang dengan kualitas yang sama akan berbeda harganya jika yang menawar adalah turis. Maka saran kami, ketika mencari oleh-oleh berpenampilan secukupnya. Berdandanlah secukupnya saja, jangan terlalu menor.

5. Pelajari Bahasa Setempat Saat Menawar

Apabila berkunjung ke suatu tempat, tidak ada salahnya untuk belajar bahasa minimal dalam menawar harga agar lebih dikenal sebagai warga lokal. Jika anda bisa bahasa jawa maka akan sangat mudah untuk berinteraksi dalam menawar harga barang, atau ajaklah teman lokal yang bisa bahasa setempat sehingga memudahkan dalam interaksi dengan penjual.

6. Bersikap Jual Mahal

Sebagai pembeli usahakan tidak terlihat menjadi orang yang terlalu membutuhkan barang tersebut. Jika anda terlihat sebagai orang yang menginginkan barang itu maka penjual akan memberikan dengan harga yang mahal. Karena sifat dasar perempuan yang jika menginginkan suatu barang pasti 85% barang itu akan dibeli meski mahal.

Maka selalu berusaha untuk terlihat tidak membutuhkan barang tersebut lalu berpura meninggalkan kios, maka dalam hitungan detik penjual akan kembali menawarkan dengan harga yang lebih rendah.

7. Jangan Tergiur Rayuan Gombal Pedagang

Di Malioboro anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menawarkan langsung dan berceloteh, “ Monggo Mbak Gantungan Kuncinya Rp. 10.000 dapat 2”, atau “Monggo Dipendhet Bakpia Taksih Enak”. Usahakan jangan tergiur dengan rayuan tersebut karena sesungguhnya anda dapat membeli gantungan kunci dengan harga Rp. 3.000, dan anda bisa mendapatkan bakpia yang hangat dari oven jika menginginkannya.

Maka pembeli harus cerdas dan jangan ragu untuk teliti chek kualitas barangnya.

8. Siapkan Uang Cash dan Uang Receh Untuk Parkir

Sebelum anda berbelanja, maka siapkan dahulu uang dengan banyak pecahan, sehingga anda dapat membayar produk yang akan dibeli sesuai dengan harga yang disepakati. Terkadang penjual jug kehabisan uang kembalian yang memungkinkan pembeli tidak menerima uang kembalian meski sedikit. Untuk tarif parkir biasanya Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat, maka siapkan uang pas ini juga untuk parkir kendaraan anda.

9. Mengajak Teman Untuk Berbelanja

Untuk berbelanja di suatu kawasan yang terkenal bisa ditawar maka untuk tahu harga dan cara menawar anda juga bisa mengajak teman lokal anda untuk menemani dan berinteraksi kepada penjual. Dengan mengajak teman lokal maka anda akan sangat diuntungkan karena dapat berbahasa daerah yang membatu dalam menawar harga.

10. Jaga Barang Bawaan

Kawasan pusat oleh-oleh akan selalu ramai pembeli maka disana juga banyak orang jahat yang selalu mengintai dan mengambil kesempatan tertentu. Maka sebagai wisatawan anda harus selalu waspada dan berhati hati untuk menjaga barang bawaan anda juga anak kecil.

Demikianlah 10 Tips Menawar Ketika Belanja Di Malioboro yang pastinya sangat membantu jika anda terapkan. Tentunya dengan memperhatikan tips-tips diatas maka wisata belanja anda tidak akan tertipu dan mendapatkan harga yang wajar.

Buat kamu wisatawan domestik maupun mancanegara selamat berbelanja di kawasan Malioboro Yogyakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!