26 Tempat Wisata Makassar Terkenal, Populer & Wajib Dikunjungi

Wisata Makassar ~ Makassar sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Selatan memiliki tempat wisata yang terkenal, populer dan wajib kamu kunjungi. Wisata di kota Makassar sangat beragam ada wisata permainan, wisata alam hingga wisata sejarah yang bisa kamu singgahi.

Jadi buat kamu yang berkunjung ke kota Makassar pantang hukumnya pulang sebelum menikmati berbagai destinasi wisata lokal. Meskipun begitu kamu juga perlu memahami bahwa melakukan kegiatan wisata tidak bisa dilakukan serta merta. Artinya kamu membutuhkan persiapan yang matang seperti fisik dan tujuan wisata.

Persoalan fisik kamu bisa mengaturnya sendiri, sedangkan tempat wisata memerlukan informasi yang lebih. Tetapi jangan khawatir! Melalui ulasan berikut kamu dapat memperoleh beragam informasi mengenai tempat wisata Makassar terkenal, populer, dan wajib dikunjungi. Dengan begitu kamu bisa mengelola daftar destinasi  wisatamu dengan baik.

1. ANJUNGAN PANTAI LOSARI MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan destinasi paling ikonik dari kota Makassar ini? Yup, Anjungan Pantai Losari memang menjadi tempat wisata Makassar paling terkenal dan populer di antara destinasi yang lain. Jadi ada baiknya kamu meletakkan lokasi ini sebagai daftar pertama ketika berwisata di Makassar, ya.

Ada banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan ketika mengunjungi pantai tak berpasir ini. Kalau kamu senang bersentuhan dengan air silakan mencoba banana boat, perahu, dan bahkan berlayar menggunakan perahu. Di sepanjang anjungan kamu juga akan menemui deretan penjual kuliner khas lokal yaitu ‘pisang epe’.

Selain itu ada juga studio pameran lukisan yang bisa kamu kunjungi dengan gratis di kawasan ini. Menyusuri anjungan pantai kamu akan menemukan Masjid Terapung yang sejuk dan memiliki daya tarik tersendiri. Dari masjid ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih leluasa dan nyaman.

Untuk memasuki kawasan Pantai Losari yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Makassar kamu tidak membutuhkan biaya apa-apa alias gratis.  Meskipun begitu sediakan saja budget untuk menikmati kuliner dan naik perahu misalnya, apalagi di tempat ini juga banyak ditemui penjual oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan. Anjungan Pantai Losari berada di jalan

2. TRANS STUDIO MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tempat wisata Makassar satu ini berbeda dengan destinasi lainnya yang memang sudah ada sangat lama, Trans Studio Makassar justru terbilang masih cukup baru. Kini usianya sudah mencapai 10 tahun sejak pertama kali dibuka dengan total 21 wahana dan empat zona permainan. Keempat zona tersebut adalah Studio Central dengan desain ala Hollywood, Lost City ala petualang, Cartoon City dengan beragam tokoh kartun, dan Magic Corner dengan atraksi magic-nya.

Ada enam yang menjadi wahana yang paling diminati pengunjung di Trans Studio yaitu Dunia Lain, Dragon’s Tower, Kid’s Studio, Bioskop 4D, Magic Thunder Coaster, dan Jelajah. Wahana lain yang juga tidak kalah serunya adalah Putar Petir, Angin Beliung, Rimba Express, Trans City Theater, dan masih banyak lagi.

Trans Studio Makassar beralamat di Jalan Metro Tanjung Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate, Makassar. Harga tiket masuk untuk weekday adalah Rp 155.000 dengan jam operasional pukul 10.00 – 18.00 WITA. Sementara untuk weekend dan hari libur sebesar Rp 205.000 dari pukul 10.00 – 19.00 WITA. Dengan tiket tersebut kamu sudah bisa menikmati semua wahana yang tersedia.

3. BENTENG FORT ROTTERDAM MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Kalau kamu mengaku sebagai pecinta peninggalan sejarah dan budaya, maka Benteng Fort Rotterdam menjadi tempat wisata Makassar yang wajib kamu kunjungi ketika berada di kota Daeng. Sesuai dengan namanya benteng ini merupakan bangunan peninggalan zaman pendudukan kolinial Belanda. Ketika berada di kawasan benteng ini hingga sore, kamu dapat menikmati keindahan dari semburat matahari yang mulai terbenam.

Selain itu bangunan benteng juga dimanfaatkan sebagai museum untuk menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah. Mulai dari pakaian adat, alat berburu, naskah kuno, hingga alat pertanian dapat ditemukan. Hanya saja tidak semua ruangan di benteng ini terbuka setiap hari. Ketika memutuskan untuk berkeliling area benteng pada saat musim panas, kamu sebaiknya datang di pagi hari atau sore.

Kawasan Benteng Fort Rotterdam berlokasi di jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Makassar. Keuntungan berwisata di tempat ini adalah tiket masuk yang gratis. Kamu baru membayar jika ingin memasuki museum, misalnya La Ga Ligo yang membutuhkan biaya antara Rp 3.000 – Rp 5.000 untuk pengunjung lokal dan Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk pengunjung mancangeara. Waktu beroperasinya mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA.

4. PULAU LAE-LAE MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Berbeda dengan Pulau Lanjukang, Pulau Lae-Lae sebagai salah satu tempat wisata Makassar justru menjadi yang paling dekat dari bibir pantai kota Makassar. Jarak pulau ini dari dermaga hanya sekitar 2 km, sehingga waktu yang dibutuhkan juga sekitar 15 menit saja. Di pulau ini kamu dapat melakukan diving dan berbagai aktivitas lainnya.

Pengunjung juga biasanya senang menikmati pesona pulau dan pantai sambil membakar ikan. Kalau kamu ingin tinggal lebih lama juga bisa, karena di pulau ini terdapat puluhan penginapan yang dapat disewa. Pulau ini sangat cocok jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat.

Pulau Lae-Lae dapat kamu capai dengan menggunakan speed boat yang ada di Dermaga Kayu Bangkoa, Jalan Pasar Ikan Makassar. Biayanya cukup murah yaitu sekitar Rp 35.000 – Rp 50.000 per orang. Perlu kamu ketahui bahwa pulau ini cukup ramai dengan jumlah penduduk dua ribu jiwa.

5. PULAU KAYANGAN MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tempat wisata Makassar selanjutnya Pulau Kayangan termasuk ke dalam pulau yang masih dekat dari bibir pantai, termasuk Anjungan Pantai Losari. Jarak pulau ini dari dermaga adalah sekitar 4 sampai 5 km. sesuai dengan namanya yang menyiratkan keindahan negeri dogeng, pulau ini disebut-sebut sebagai surga wisata.

Pulau yang sebelumnya bernama Meraux ini memiliki hamparan pasir putih yang indah serta laut yang begitu jernih. Sehingga bebatuan karang akan tampak jelas dari atas permukaan. Kamu dapat bersantai sambil menikmati kuliner di restoran sepanjang pantai atau juga berenang di laut.

Akses menuju Pulau Kayangan adalah menggunakan speed boat yang dapat disewa di Dermaga Kayu Bangkoa, Jalan Pasar Ikan, Makassar. Harga sewa per orang untuk satu speed boat adalah sebesar Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Di pulau ini kamu juga dapat menginap di Cottage atau villa.

6. PULAU SAMALONA MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Pulau Samalona juga merupakan tempat wisata Makassar yang disenangi oleh wisatawan terutama untuk yang hobi diving dan snorkelling. Jarak pulau ini dari dermaga sekitar 6 sampai 7 km, sehingga membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapainya. Untuk mencapai pulau ini kamu dapat menggunakan speed boat yang disewakan di dermaga.

Layaknya pulau lain yang berada di sekitarnya, Pulau Samalona juga dikelilingi oleh hamparan pasir putih. Air laut yang mengelilinginya juga sangat jernih, sehingga mampu menampakkan pesona bawah laut yang indah. Selain berenang, kamu dapat menikmati kuliner sambil bakar ikan di pinggir pantai.

Cara mencapai pulau ini yaitu dengan menyewai speed boat di Dermaga Kayu Bangkoa, Jalan Pasar Ikan, Makassar. Kamu cukup membayar Rp 500.000 untuk satu speed boat dengan daya tampung 5 sampai 10 orang. Biaya tersebut sudah termasuk perjalan pergi dan pulangmu dari Pulau Samalona.

7. PULAU KODINGARENG KEKE MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Pulau Kodingareng Keke menjadi tempat wisata Makassar menarik belum lama ini, sekitar beberapa tahun belakangan. Meskipun begitu pulau ini menjadi salah satu destinasi yang sangat difavoritkan oleh pengunjung. Jarak antara pulau dengan dermaga adalah sekitar 13 sampai 4 km. Kelebihan dari pulau ini adalah tidak adanya penghuni yang menetap di sana.

Jadi kamu bisa benar-benar menikmati pesona alam yang belum terjamah dengan nyaman. Kamu bisa berenang, memancing, atau sekadar bersantai sambil menikmati gradasi warna air laut. Tetapi perlu kamu ingat baik-baik untuk membawa bekal ke pulau ini, karena tidak ada pedagang yang berjualan seperti pulau lainnya. Secara pulau tak berpenghuni.

Kamu bisa mulai perjalanan dari Dermaga Kayu Bangkoa, Jalan Pasar Ikan, Makassar. Penyeberangan dilakukan menggunaka speed boat dengan tarif Rp 700.000 untuk perjalan pulang pergi dengan daya tampung 5 sampai 10 orang.

8. PULAU LANJUKANG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Pulau Lanjukang merupakan tempat wisata Makassar berupa pulau yang paling jauh dari kota yaitu berjarak sekitar 40 km. Meskipun begitu pulau ini menjadi salah satu yang paling populer dan diminati wisatawan. Kamu dapat melakukan aktivitas berupa diving, snorkling, dan sebagainya di pulau yang dikelilingi pasir putih ini.

Menurut cerita yang beredar di pulau ini hanya terdapat 13 kepala keluarga. Dengan begitu kondisi pulau menjadi cukup sepi, sehingga cocok sekali dijadikan pelarian untuk membuang penat. Kelebihannya kamu dapat menikmati pesona pulau dengan lebih tenang dan damai.

Untuk mencapai pulau ini kamu cukup menggunakan speed boat atau perahu motor yang disediakan di Dermaga Kayu Bangkoa, Jalan Pasar Ikan Makassar. Biasanya awak perahu dan speed boat mematok harga sekitar Rp 2.500.000 untuk perjalanan pulang-pergi. Harga tersebut berlaku untuk satu perahu motor dengan jumlah penumpang 5 sampai 10 orang.

9. MUSEUM BALLA LOMPOA MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Peninggalan bersejarah memang selalu menarik untuk dieksplor lebih jauh. Salah satu tempat wisata Makassar bersejarah yang berada di sekitar kota Makassar adalah Museum Balla Lompoa. Museum ini menarik, karena bangunannya merupakan hasil dari rekonstruksi Istana Kerajaan Gowa yang kemudian didirikan pada tahun 1963.

Museum Balla Lompoa berbentuk rumah panggung khas orang Bugis-Makassar. Konstruksi bangunan menggunakan kayu ulin yang juga dikenal sebagai kayu besi. Di dalam museum kamu akan disuguhkan berbagai benda peninggalan kerajaan seperti singgasana Raja, koleksi lukisan, mahkota Raja, al-Qur’an yang ditulis tangan, dan masih banyak lagi.

Lokasi Museum Balla Lompoa sendiri berada di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 39 Gowa, Sungguminasa. Meskipun tidak berada di pusat kota Makassar, destinasi ini juga sayang jika dilewatkan. Kamu tidak perlu khawatir, karena tiket masuk museum adalah gratis. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA dan pada hari Jum’at lebih cepat yaitu hingga pukul 11.00 WITA.

10. PEGUNUNGAN DI MALINO MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Bosan dengan tempat wisata Makassar? Ingin menikmati suasana yang lebih segar dan alami? Kalau kamu sedang merasakan hal itu dan didukung dengan waktu yang memadai, cobalah berkunjung ke Malino. Jaraknya tidak terlalu jauh kok dari kota Makassar yaitu 90 km, sehingga membutuhkan waktu paling lama dua jam perjalanan ke sana.

Malino sendiri adalah kawasan pegunungan yang asri dengan berbagai panorama yang akan memanjakan mata. Deretan pohon pinus dan bebatuan kapur akan menemani perjalananmu di wilayah dataran tinggi tersebut. Kamu juga bisa mengunjungi kebun teh, wisata air terjun, dan kebun stroberi yang memang disediakan untuk para wisatawan.

Tidak hanya itu, demi mengikuti kebutuhan generasi sekarang, di Malino juga sudah banyak spot keren dan menarik untuk mengambil foto. Spot tersebut sengaja dibangun untuk menarik pengunjung seperti sepeda terbang dan sebagainya. Biaya untuk berfoto di spot tersebut berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000.

Sesuai dengan namanya pegunungan Malino terletak di Jalan Malino, kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Berbagai spot dan lokasi wisata dapat kamu temui di sepanjang jalan Malino, kok. Adapun biaya yang kamu perlukan untuk melakukan wisata di Malino sangatlah beragam. Karena setiap lokasi menawarkan harga yang berbeda. Salah satu contohnya seperti yang telah disebutkan.

11. TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG BULUSARAUNG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tamana Nasional Bantimurung Bulusaraung juga dikenal sebagai TN Babul yang membentang dari kabupaten Maros hingga kabupaten Pangkep. Lokasi ini sebenarnya bukan berada di kota Makassar, melainkan kabupaten di sekitarnya. Akan tetapi sangat disayangkan kalau kamu berada di Makassar dan tidak menyempatkan berkunjung ke tempat wisata Makassar ini yang jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota ini.

Sebenarnya taman nasional ini juga memiliki beragam destinasi wisata, tetapi yang paling menarik adalah kawasan Bantimurung yang terkenal sebagai The Kingdom of Butterfly. Pasalnya lokasi ini memiliki sekitar 250 spesies kupu-kupu. Ketika mengunjungi Bantimurung kamu juga dapat menikmati aliran air terjun yang diapit tebing, danau, dan goa.

Dengan begitu ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini termasuk kegiatan menguji adrenalin. Misalnya menjelajahi goa vertikal yang sangat dalam, tentu saja kamu bisa melakukannya jika sudah cukup berpengalaman. Selain itu aneka jenis satwa seperti tarsius akan berkeliaran di celah bebatuan karst menjelang sore hari. Pepohonan seperti Ulin, Bitti, dan sebagainya juga tumbuh di kawasan ini.

Lokasi Taman Nasional Bantimurung berada di Kompleks Taman Wisata Bantimurung, Kalabbirang, Maros. Sementara itu harga tiket masuk ke area air terjun agar dapat mengeksplor lebih jauh lagi adalah sebesar Rp. 25.000 per orang. Harga ini berlaku pada saat weekend dan weekday. Jam operasional kawasan ini mulai dari pukul 06.00 sampai 18.00 WITA.

12. TAMAN LAUT TAKA BONERATE MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tempat wisata Makassar ini sangat cocok kalau kamu adalah pecinta alam terutama yang hobi menyelam. Karena Taman Laut Taka Bonerate menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Kamu akan menjumpai penyu, kura-kura, dan aneka jenis ikan saat berenang atau menyelam. Keindahannya semakin memukau dengan gugusan terumbu karang.

Hanya saja menikmati lokasi ini juga bergantung terhadap kondisi cuaca dan alam saat itu. Katanya waktu terbaik jika kamu ingin menyelam adalah pada rentang antara bulan April hingga Mei. Pada waktu tersebut kondisi laut cukup baik, suhu air, dan juga arus sangat memungkinkan untuk pengunjung melakukan kegiatan menyelam.

Lokasi Taman Laut Taka Bonerate sebenarnya tidak berada tepat di kota Makassar, melainkan di Jalan S. Paremang No. 40, Pulau Tinabo Besar, Takabonerate, Kepulauan Selayar. Meski perjalanannya cukup jauh dari pusat kota, tetapi keindahan yang akan kamu peroleh nanti dapat membayar semua itu kok. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 25.000 dan untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 60.000. kamu juga masih harus menyediakan budget sekitar Rp 250.000 jika ingin menyewa peralatan renang.

13. PANTAI AKKARENA MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Wisata pantai memang selalu menarik untuk dikunjungi, bukan? Apalagi Makassar merupakan kota yang berada di bagian paling selatan pulau, sehingga cukup kaya akan pesona pantai dan laut. Selain Anjungan Pantai Losari, satu lagu tempat wisata Makassar yang ikonik yaitu Pantai Akkarena.

Pantai ini sebenarnya sudah sangat lama dan pamornya sempat menurun. Tetapi setelah diberi sentuhan baru, kembali menjadi destinasi favorit terutama bagi kalangan remaja. Pantai yang sangat cocok untuk wisata keluarga ini memiliki banyak sekali fasilitas mulai dari restoran hingga wahana permainan.

Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah menggunakan banana boat, menikmati berbagai spot yang instagramable, dan merasakan sensasi dermaga sepanjang 150 meter. Selain cocok untuk keluarga, pantai ini juga memiliki kesan yang sangat romantis lho!

Pantai Akkarena berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang. Sementara untuk menikmati wahana yang tersedia kamu juga perlu membayar lagi sekitar Rp 20.000 sampai Rp 25.000 untuk setiap permainan.

14. PANTAI TANJUNG BAYANG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Meskipun kurang cocok dijadikan sebagai lokasi berenang atau wisata bawah laut, Pantai Tanjung Bayang juga merupakan tempat wisata Makassar yang paling populer lho! Salah satu alasannya adalah tiket masuk yang murah meriah. Di pantai ini biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk piknik seperti bakar ikan serta untuk bermain voli.

Di sepanjang pantai kamu akan menemukan deretan rumah panggung yang dijadikan sebagai tempat untuk berteduh sambil menikmati pesona laut. Rumah-rumah ini juga biasanya disewa dengan harga yang sangat beragam. Biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000 tergantung berapa lama dan ukuran rumah panggung.

Pantai Tanjung Bayang terletak di Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar. Harga tiket masuk ke dalam kawasan pantai hanya membutuhkan Rp 5.000 per orang. Murah meriah bukan?

15. MASJID MUHAMMAD CHENG HOO MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Kalau sudah bosan dengan wisata alam seperti laut dan pantai, kamu bisa mencoba untuk melakukan wisata religi di tempat wisata Makassar. Salah satunya yaitu dengan mengunjungi Masjid Muhamad Cheng Hoo yang merupakan salah satu masjid termegah di wilayah setempat. Di masjid berbagai suku Indonesia dan etnis Tionghoa melakukan ibadah sebagai umat Islam.

Wisata religi di masjid yang dibangun pada tahun 2002 silam ini memang memberikan kenyamanan saat kamu beribadah. Selain keramahan panitia masjid yang merupakan keturunan Tionghoa, interior masjid yang mewah juga menjadi alasan pengunjung betah berlama-lama. Bahkan tidak jarang yang merasa ketagihan untuk kembali.

Majid Muhammad Cheng Hoo ini terletak di Jalan Danau Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Makassar. Kamu dapat mengunjunginya kapan saja dan kalau beruntung kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset dari ufuk barat.

16. BENTENG SOMBA OPU MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Selain Benteng Fort Rotterdam, satu lagu situs bersejarah dari tempat wisata Makassar yang sayang jika dilewatkan yaitu Benteng Somba Opu. Kamu perlu tahu bahwa meskipun tidak setenar Rotterdam, benteng ini adalah peninggalan sejarah kerajaan Gowa-Tallo, lho. Pada era tersebut benteng ini berfungsi sebagai pusat pemerintah, pertahanan, dan perdagangan.

Benteng Sompa Opu ditemukan di era 90-an oleh para arkeolog. Ketika itu di dalam area benteng terdapat meriam besar sepanjang 6 meter yang disebut Meriam Anak Makassar. Secara keseluruhan kawasan ini sebenarnya sangat menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. Hanya saja kini kondisinya sudah kurang terawat.

Lokasi Benteng Somba Opu terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Harga tiket masuk kawasan benteng juga sangat murah meriah yaitu sebesar Rp 2.000 per orang.

17. GOWA DISCOVERY PARK MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tidak jauh dari area Benteng Somba Opu, kamu akan menemukan Gowa Discovery Park. Jadi kegiatan wisatamu dapat dilakukan ibaratnya sambil menyelam minum air. tempat wisata Makassar ini sendiri sebenarnya baru bangun pada tahun 2013 silam dengan memadukan antara wisata air dan taman burung.

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah waterboom yang menyediakan berbagai wahana menarik seperti kolam sliding yang mampu memacu adrenalinmu. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi taman burung dan berfoto bersama aneka spesies burung. Tentunya sangat menarik bukan?

Gowa Discovery Park berada di Jalan Tumanurung Benteng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Jam operasional kawasan ini mulai dari pukul 08.00 sampai 17.30 WITA. Adapun harga tiket masuk yang dibebankan kepada setiap pengunjung adalah Rp 75.000 per orang.

18. MASJID RAYA MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tempat wisata Makassar tidak melulu tentang pesona alam atau wahana permainan, tetapi juga wisata religi. Saat berkunjung ke Makassar kamu juga melakukan wisata religi dengan mendatangi Masjid Raya Makassar. Di sini kamu bisa menikmati rasanya beribadah dengan lebih khusyuk.

Masjid Raya Makassar merupakan masjid kedua terbesar yang ada di Sulawesi Selatan dan menjadi tempat pertama diadakannya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Indonesia. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1949 dan setelah direnovasi kini menjadi begitu mempesona dengan menara setinggi 66,66 meter.

Kelebihan lainnya adalah keberadaan al-Qur’an raksasa berukuran 1 meter x 1, meter dengan berat 584 kg. Masjid ini berlokasi di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Andalas, Makassar. Dan yang paling penting kamu dapat memasuki masjid dengan leluasa, karena terbuka selama 24 jam.

19. TAMAN MACAN MAKASSAR

Kalau kamu ingin mengisi waktu berkunjung ke kota Makassar dengan bersantai yang dekat dan tidak menyeberang pulau, Taman Macan bisa menjadi pilihan tempat wisata Makassar. Selain lokasinya yang dekat dari pusat kota, kondisi taman ini juga terawat dan fasilitas yang cukup memadai. Warga lokal menjadikannya sebagai tepat berolahraga dan bersantai.

Kamu bisa berkunjung ke Taman Macan di pagi atau sore hari jika ingin berolahraga. Setelah itu kamu bisa sekalian menyantap aneka kuliner yang dijajakan di sekitar taman. Perlu kamu ketahui bahwa pemerintah setempat juga menyediakan Sarana Air Minum siap pakai yang telah dibuatkan keran oleh pihak PDAM. Tidak hanya itu di taman ini juga ada ruang pertemuan, lavatory, dan taman perpustakaan.

Taman Macan berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar. Kamu tidak perlu membayar untuk menikmati sensasi olahraga di taman ini, kok, karena merupakan tempat umum yang terbuka untuk siapa saja.

20. HUTAN MANGROVE LANTEBUNG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Hutan Mangrove Lantebung merupakan salah satu ikon wisata baru di Makassar. Sesuai dengan namanya, tempat wisata Makassar ini menawarkan pesona hutan bakau yang indah. Kawasan ini berada sekitar 2 km dari laut lepas, sehingga kamu juga bisa menikmati pemandangan laut dari sini.

Meskipun baru Hutan Mangrove Lantebung sangat populer dan ngehits, karena kamu dapat mengabadikan momen yang kece di sepanjang track. Track tersebut disebut sebagai jembatan pelangi dengan panjang 270 meter melintasi hutan bakau. Selain itu jalan pelangi, ada juga gazebo yang menjadi spot favorit kaum remaja.

Destinasi wisata Huta Mangrove Lantebung berada di Kampung Bira, Desa Lantebung, Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Saat ini harga tiket untuk masuk ke kawasan ini masih sangat murah yaitu Rp 2.000 per orang. Hanya itu saja dan kamu sudah bisa menikmati spot foto sepuas hati.

21. MUSEUM KOTA MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Satu lagi tempat wisata Makassar yang wajib kamu kunjungi jika senang mengeksplor peninggalan sejarah. Tempat wisata tersebut adalah Museum Kota Makassar. Museum ini sendiri merupakan suatu bangunan tua yang sebenarnya berasal dari peninggalan masa penjajahan Belanda, sehingga memiliki gaya arsitektur Belanda. Museum ini sangat mudah dijangkau, karena berada di pusat kota Makassar.

Dengan arsitektur seperti itu, bangunan ini menjadi spot foto yang ngehits di kalangan anak muda. Beberapa koleksi museum yang dapat kamu temukan antara lain peta bumi peninggalan Belanda, keramik Cina dan Jepang, relief potret Ratu Wihelmina dan Juliana, foto rumah ibadah, dan masih banyak lagi.

Museum Kota Makassar berada di Jalan Balaikota No. 11, Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Harga tiket masuk museum saat weekday dan weekend adalah Rp 5.000 per orang. Sangat bersahabat di kantong bukan? Jadwal operasional Museum Kota Makassar ini adalah pukul 08.00 sampai pukul 16.00 waktu setempat.

22. BUGIS WATER PARK MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Tempat wisata Makassar ini cocok sekali jika dikunjungi bersama keluarga dan sahabat untuk seru-seruan. Bugis Water Park menjadi terkenal dengan beragam wahana yang ditawarkannya. Tidak hanya itu keunikan dari destinasi wisata ini adalah permainan yang dipadukan dengan konsep bugis.

Ada lebih dari dua puluh wahana yang tersedia pada wisata ini dan dapat dicoba oleh anak-anak hingga dewasa. Beberapa wahana tersebut antara lain Lopi Wae (Rafting Side), Magatti (Turbulance), Tappasorong (Multi Slide), Pipa Wae (Aqua Tube), Wae Massolo (Lazy River), Kolam Ana’-Ana’ (Kids Pool), dan Malippung (Space Boat).

Sementara itu kawasan ini memiliki tiga zona yaitu Kampong Rilau (Kampung Nelayan), Goa Batu Kalibampa (Goa Kupu-Kupu), dan Alabuang (Pelabuhan). Tidak hanya wahana yang dapat kamu nikmati di lokasi ini, tetapi juga berbagai atraksi yang memanjakan mata.

Bugis Water Park berlokasi di Jalan Kutacane Utara No. 5, Antang, Manggala, Makassar. Harga tiket masuk pada hari senin sampai kamis adalah Rp 150.000, pada hari sabtu Rp 180.000, dan pada hari ahad Rp 200.000 per orang. Jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WITA.

23. PANTAI BINTANG GALESONG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Selain Gowa dan Maros, satu lagi kabupaten yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Makassar. Kabupaten tersebut adalah Takalar. Meskipun tidak terlalu mencolok, tetapi kamu juga perlu tahu kalau di daerah ini menyimpan sejuta pesona alam yang juga menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata Makassarini sangat menarik terutama untuk kalangan remaja, karena kamu bisa mengambil gambar di beberapa spot yang kece di sini.

Salah satunya adalah Pantai Bintang Galesong. Daya tarik dari destinasi ini adalah perpaduan antara pantai, laut, dan kolam renang. Penasaran? Ketika memasuki kawasan Bintang Galesong kamu akan disambut oleh kolam renang yang langsung berbatasan dengan pantai. Jadi sambil berenang kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas yang indah.

Kalau mau kamu juga bisa berjalan-jalan di area pantai sambil menikmati keindahan laut dan beberapa pulau-pulau yang juga dapat dikunjungi melalui dermaga. Bahkan kamu dapat menyewa penginapan yang telah disediakan jika ingin tinggal lebih lama lagi. Pemandangan dari sini benar-benar memukau ditambah dengan deretan restoran yang menjorok ke pantai.

Pantai Bintang Galesong berada di Desa Boddia, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Tiket masuk ke dalam kawasan wisata ini sebesar Rp 25.000 – Rp 30.000. Murah meriah dan kamu bisa berenang sepuasnya juga.

24. BENDUNGAN KAMPILI MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Mungkin kamu cukup asing dengan nama tempat wisata Makassar satu ini dan letaknya memang agak jauh dari pusat kota Makassar. Tetapi sayang sekali kalau kamu sampai melewatkannya, apalagi jika waktu berkunjungmu di Makassar cukup panjang. Masyarakat setempat menjulukinya sebagai Grand Canyon Gowa.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya Bendungan Kampili adalah anak bendungan Sungai Jeneberang dan Bendungan Bili-Bili. Kondisi air yang jernih dan menyegarkan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Selain itu yang menjadikan destinasi ini sebagai spot foto yang sangat diminati adalah bebatuan yang jika diperhatikan menyerupai miniatur Grand Canyon.

Bendungan Kampili terletak di Bontoramba, Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Jika ingin mengunjungi lokasi ini kamu tidak perlu menyiapkan budget yang besar, karena harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang dan kamu sudah bisa pose sana sini untuk mendapatkan gambar yang instagramable. Sangat menarik bukan? Kamu tidak perlu lagi keluar negeri untuk merasakan sensasi Grand Canyon.

25. WISATA RAMMANG-RAMMANG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Jangan mengaku pecinta alam kalau belum mengunjungi Rammang-Rammang ketika berada di Makassar. Pasalnya tempat wisata Makassar ini memiliki daya tarik yang sangat besar dengan pesona alam yang dimilikinya. Rammang-Rammang sendiri adalah destinasi yang memamerkan keindahan gugusan pegunungan karst atau kapur.

Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota Makassar dan butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di sana, tetapi mudah untuk ditemukan. Di lokasi ini kamu tidak hanya dimanjakan pemandangan hutan bebatuan karst, tetapi ada banyak spot yang dapat dikunjungi juga. Missalnya Telaga Bidadari, Sungai Pute, Goa Bulu’ Barakka’, dan Gua Telapak Tangan.

Sebagai informasi juga bahwa pegunungan karst Rammang-Rammang merupakan terbesar ketiga di dunia lho, setelah Tsingy dan Shilin. Jadi, sayang sekali kalau kamu sampai melewatkan destinasi ini, apalagi pemandangan senja di sini sangat indah. Di dekat aliran sungai kamu juga dapat menikmati pesona rawa gambut seperti yang ada di Taman Nasional Sebangau.

Rammang-Rammang berlokasi di Desa Salendrang, Bontoa, Kabupaten Maros, tidak terlalu jauh dari jalan poros Trans Sulawesi. Harga tiket masuk ke dalam kawasan wisata ini sebesar Rp 200.000 per orang baik weekday maupun weekend. Kawasan Rammang-Rammang buka selama 24 jam penuh, sehingga kerap pula dijadikan sebagai lokasi untuk mengadakan perkumpulan.

26. TAMAN PRASEJARAH LEANG-LEANG MAKASSAR

Sumber: Instagram.com

Taman Prasejarah Leang-Leang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata Rammang-Rammang. Perbedaannya Leang-Leang juga menyuguhkan berbagai peninggalan bersejarah. Jadi ibaratnya sambil menikmati pesona alam, kamu juga sekalian menjelajahi situs sejarah ini.

Sebenarnya taman ini masih termasuk bagian dari Taman Nasional Bantiurung Bulusaraung. Sehingga keindahan alamnya tidak terlalu jauh berbeda. Kamu dapat menemukan lukisan telapak tangan manusia purba dan babi rusa yang berada di dalam dinding goa serta masih banyak artefak sejarah dan budaya lainnya. Pemandangan di sini juga sangat indah, karena terbentuk dari gugusan tebing batu dengan keindahan khas dinding karst.

Tempat wisata Makassar yaitu kawasan Prasejarah Leang-Leang ini berlokasi di Leang-Leang, Bantimurung, Kabupaten Maros.  Tiket masuk kawasan prasejarah ini cukup murah lho, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000. Kalau mau berkunjung ke sini, sebaiknya kamu juga mampir ke Taman Nasional Bantimurung dan Rammang-Rammang. Jam operasional taman ini adalah mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Jogja Day ~ Nah itulah daftar destinasi wisata makassar dan sekitarnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi jika bertandang ke kota Daeng ini. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!