25+ Tempat Wisata Di Jepara Populer, Terkenal & Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Jepara ~ Beragam wisata indah dan unik dapat kamu temukan di Jepara. Jika sedang liburan di Jepara, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Jepara terkenal, populer dan wajib dikunjungi. Beragam wisata alam, permainan, sejarah dan religi dapat kamu temukan di Jepara.

Jepara, merupakan salah satu kabupaten yang terkenal di Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebalah Barat dan Utara, berbatasan dengan Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di bagian Timur, dan berbatasan langsung dengan Demak di Sebelah Selatan.

Selain merupakan Kabupaten yang cukup luas, Jepara juga terkenal dengan gugusan kepulauannya. Dua gugusan pulau terbesar di wilayah jepara adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Beberapa Pulau di Jepara bahkan di tetapkan sebagai Cagar Alam Nasional Indonesia.

Selain terkenal dengan gugusan kepulauan yang merupakan cagar alam Indonesia, Jepara juga terkenal dengan ukirannya. Ukiran asli Jepara sudah sangat terkenal sampai ke pelosok negeri, bahkan ukiran asli Jepara ini sudah di ekspor ke negara tetangga.

Semakin tahun perkembangan Jepara semakin pesat, terlebih lagi pada segi pariwisata. Banyak sekali wisata baru yang di kembangkan di Kabupaten Jepara yang sayang apabila dilewatkan. Berikut Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Bila Kalian Sedang Berlibur Ke Jepara :

“Baca Juga: 31 Tempat Wisata Di Malang Terkenal, Populer & Wajib Dikunjungi

1. Pulau Panjang Jepara

pulau panjang
sumber: https://www.instagram.com/haydar_adhiguna/

Tempat wisata Pulau Panjang Jepara merupakan salah satu pulau yang terletak di Jepara, pulau ini memiliki luas sekitar 19 hektare. Pulau Panjang ini merupakan pulau indah berpasir putih yang dikelilingi laut dangkal yang sangat jernih, serta terdapat gugusan terumbu karang yang sangat indah.

Keunikan pulau ini terletak pada hutan tropis yang terletak di tengah pulau. Jika dilihat dari foto udara, pohon pada hutan tropis ini tumbuh tinggi menjulang dengan semak yang mengelilingi disekitarnya. Jika kalian sedang beruntung kalian akan mendapati bunga bangkai yang sedang berbunga di pulau ini.

Karena air laut yang cukup dangkal, Pulau Panjang ini terkenal sebagai tempat untuk wisata snorkling, berenang maupun bermain kano. Selain wisata air, kalian juga dapat menikmati keindahan alam pulau ini dengan berjalan – jalan mengelilingi pulau ini.

Jembatan Pulau Panjang
Sumber : https://www.instagram.com/hilmiabdrahman/

Selain Keindahan alamnya keunikan lain di pulau ini adalah terdapatnya makam Syeh Abu Bakar, sehingga selain sebagai wisata alam Pulau Panjang ini juga merupakan tempat wisata religi yang banya dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi Pulau Panjang ini sangat dekat dengan Pantai Kartini, hanya berkisar 2.5 km saja. Sehingga jika kalian ingin menuju pulau ini kalian hanya perlu menyeberang dengan perahu melalui Pantai Kartini atau Pantai Bandengan.

Biaya yang diperlukan untuk menyeberang adalah 20.000/orang untuk biaya PP (pulang pergi) dan nantinya kalian akan di kenai retribusi masuk ke Pulau Panjang yang cukup murah hanya sebesar 5.000/orang.

Cukup ramah di kantong bukan ? selain retribusi dan penyebrangan menuju pulai ini yang lumayan murah, fasilitas yang ada di pulau ini juga sudah cukup lengkap. Disini sudah terdapat penginapan, mushola, kamar mandi, warung makan dll, sehingga kalian tidak perlu risau jika ingin menginap di pulau ini.

Peta: Klik Disini

2. Pantai Kartini Jepara

plank pantai kartini
sumber : https://www.instagram.com/finaashafira/

Tempat wisata Jepara selanjutnya adalah pantai kartini. Pantai Kartini merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Jepara. Pantai ini memiliki luas 3,5 ha, dan merupakan lokasi strategis karena merupakan jalur transportasi laut menuju Taman Nasional Karimun Jawa.

Ketika bulan syawal tiba, tepatnya pada tanggal 8 syawal ( 1 minggu setelah lebaran) Pantai Kartini selalu mengadakan acara adat tradisional yang disebut “Lomban”. Pesta Lomban atau yang sering disebut bakda kupat adalah pesta masyarakat nelayan kabupaten Jepara dalam bentuk sedekah laut. Pesta Lomban ini sudah menjadi wisata rutin di Pantai Kartini jika bulan syawal tiba, dan pesta adat ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Kartini Jepara.

senja pantai kartini
sumber : https://www.instagram.com/andangsugiarto/

Selain Pesta Lomban Pantai Kartini juga terkenal dengan wahana air yang sangat beragam, seperti kura kura ocean park, perahu, catur raksasa, kolam kecek, pesawat terbang TNI AU dan masih banyak lagi.

Pantai Kartini ini terletak di Desa Bulu Kecamatan Jepara, tepatnya berada di antara obyek wisata karimunjawa dan pantai panjang. Jika kalian ke pergi ke Pantai Kartini ini kalian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 3.000/orang, biaya ini belum termasuk parkir untuk roda dua maupun roda empat. Retribusi ini akan naik jika weekend tiba, yaitu sebesar 5000/orang.

Koordinat: Klik Disini

3. Kepulauan Karimunjawa

karimunjawa
sumber : https://www.instagram.com/tanahjawa_id/

Tempat wisata Jepara paling populer selanjutnya adalah karimunjawa. Mungkin sebagian dari kalian sudah sangat mengenal obyek wisata yang satu ini, atau bahkan sudah pernah kesana. Kepulauan Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang masuk di Kabupaten Jepara. Kepulauan Karimunjawa ini memiliki Luas daratan kurang lebih 1500 hektar dan luas perairan kurang lebih 110.000 hektar.

Kepulauan Karimunjawa di tetapkan sebagai salah satu Taman Nasional di Indonesia, karena di Kepulauan ini terdapat banyak spesies yang merupakan spesies langka, seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu sisik dan Penyu Hijau. Di dalam hutan yang terdapat di kepulauan ini juga terdapat tumbuhan yang menjadi ciri khas kepulauan ini yaitu dewadaru.

Keindahan laut di kawasan Kepulauan karimunjawa ini juga tak kalah cantiknya, terdapat 400 spesies fauna laut, ribuan warna terumbu karang, hutan bakau, dan hutan pantai.

Kepulauan Karimunjawa ini memiliki beberapa 27 gugusan pulau kecil yang setiap pulaunya memiliki keindahan dan keunikan masing masing, seperti :

  • Kolam Hiu, di Pulau Menjangan Besar
  • Tracking Mangrove, di Pulau Kemujan
  • Pantai Batu Karang Pengantin, di Pulau Kemunjan
  • Pantai Barakuda, di Pulau Kemunjan
  • Karimunjawa Cullinary Center di Pulau Karimunjawa

Karimunjawa ini terletak di utara pulau jawa tepatnya 80km dari kota Jepara

Transportasi menuju kepulauan ini memiliki beberapa pilihan. Jika kalian menggunakan jalur udara kalian dapat menggunakan pesawat sewa jenis CASA 212 dari Bandara Ahmad Yani, semarang menuju ke Bandar Udara Dewadaru, di Pulau Kemujan. Jika kalian dari pelabuhan Pantai Kartini Kalian dapat menuju kepulauan ini dengan Kapal Muria yang berangkat setiap 2 jam sekali.  Jika kalian dari Pelabuhan Tanjung Emas semarang kalian dapat menggunakan kapal cepat Kartini I.

Berikut Perkiraan biaya yang harus kalian keluarkan jika berwisata ke Kepulauan Karimujawa

  • Penyeberangan : 75rb jika menggunakan kapal ekonomi dan 150rb/orang jika menggunakan kapal ekspres
  • Biaya tur laur, sudah termasuk alat snorkeling 200rb
  • tiket masuk bukit love 10rb
  • Tiket masuk bukit joko tuo 10rb
  • tiket masuk hutan mangrove 15rb
  • Tiket Masuk pulau menjangan kecil 20rb
  • Tiket masuk penangkaran hiu 40rb

Peta: Klik Disini

4. Pantai Bandengan Jepara

pantai bandengan
sumber : https://www.instagram.com/hardianaditya/

Tempat wisata Pantai Bandengan Jepara ini adalah pantai di Jepara yang terkenal untuk meilhat matahari terbit dan tenggelam. Pantai cantik ini berpasir putih dan berair sangat jernih. Lokasi pantai bandengan yang dekat dengan pusat kota yang hanya berjarak 7 km dari pusat kota utara jepara, membuat pantai ini selalu di padati wisatawan.

Jika kalian berwisata ke Pantai ini maka kalian akan mendapati beberapa wahana yang sangat menarik yaitu, banana boat, jetski, water flying fish, water Flyboard dan masih banyak lagi wahana permainan pantai yang mengasikan dan memancing adrenalin. selain wahanan yang sangat banyak, Pantai ini juga sering digunakan untuk festival layang layang dan motorcross tingkat nasional maupun internasional.

Retribusi yang harus kalian bayar jika kalian berwisata ke pantai bandengan adalah 7rb untuk weekday dan 10rb untuk weekend. Kalian juga akan dikenai biaya tambahan jika kalian menaiki wahanan air yang ada di pantai ini, harga sewa wahana air disini cukup beragam dimulai dari harga 50.000/orang.

Koordinat: Klik Disini

5. Air Terjun Songgo Langit Jepara

air terjun songgo langit
sumber : https://www.instagram.com/adam9aluh/

Tempat wisata alam di Jepara selain wisata pantai yang sangat cantik, salah satunya adala Air Terjun Songgo langit. “Songgo” artinya penyangga, jadi Songgo Langit adalah menyangga langit, dinamakan seperti ini karena memang air terjun ini sangat tinggi. Air Terjun ini memiliki ketinggian 80 M dengan lebar 2 meter, sangat tinggi dan besar bukan.

Jika kalian berwisata di tempat ini kalian akan disuguhi dengan pemandangan hutan jati sepanjang perjalanan, selain itu kalian juga akan melihat banyak kupu kupu cantik yang berterbangan di wilayah air terjun ini.

Menurut mitos di lokasi wisata ini jika kalian membasuh wajah di air terjun Songgo Langit ini maka dipercaya kalian akan awet muda. Bagi kalian yang baru pertama pergi ke tempat wisata ini kalian harus berhati-hati jika berenang di dalam air terjun ini, karena air terjun ini memiliki palung dengan kedalaman 8 meter.

Air Terjun Songgo Langit ini terletak di Desa Bucu Kecamatan Rembang Kabupaten Jepara atau sekitar 30 km sebelah utara pusat kota jepara. Retribusi masuk ke tempat wisata ini sangat murah 1500/orang untuk weekday dan 2000/orang untuk weekend.

Peta: Klik Disini

6. Desa Wisata Plajan Jepara

Tempat wisata Jepara yang tradisional dan menarik adalah desa wisata Plajan. Plajan adalah desa yang terletak di kecamatan Pakis Aji Jepara, Plajan terletak sekitar 22km dari pusat ibu kota kabupaten dan dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 30 menit.

Desa Plajan terkenal dengan beberapa event yang selalu diadakan tiap tahunnya seperti :

  • Apeman
  • Ruwahan
  • Sedekat Bumi
  • Visit Plajan

Visit Plajan merupakan event dari penduduk sekitar plajan yang biasanya digelar pada 22-25 April. Visit Plajan biasanya berisi beberapa acara seperti, bazar, lomba tari, lawak, musik, hiburan emprak, rebana dan karnaval

Selain event tiap tahun, Desa Klajan juga terkenal dengan beberapa pariwisata salah satu yang terkenal adalah Akar Seribu Plajan. Dinamakan akar seribu karena memang awalnya pohon ini hanya memiliki satu akar dan dalam waktu 86 tahun akar dari pohon ini sudah menjalar kemana mana, karena itulah dinamakan Akar Seribu Plajan.

akar sribu
sumber : https://www.instagram.com/itamustcrh/

Pemandangan di sekitar akar seribu plajan ini sangat hijau dan asri sehingga kawasan ini sering digunakan anak- anak untuk bermain atau sekedar bersantai. Harga tiket masuk wisata akar seribu plajan ini sangat murah, karena hanya sebesar 3000 rupiah/orang.

Koordinat: Klik Disini

7. Museum RA Kartini Jepara

Tempat wisata sejarah di Jepara yang bisa kamu kunjungi adalah Museum RA Kartini. Pasti kalian semua sudah tau siapa itu RA Kartini. Salah satu Pahlawan Emansipasi wanita ini memiliki sebuah museum yang terletak di Kabupaten Jepara. Keunikan museum ini langsung terlihat ketika kalian melihat dari atas bangunan museum ini, museum ini terdiri dari 3 gedung, dan gedung gedung tersebut berbentuk huruf K,T, dan N yang merupakan singkatan dari KARTINI.

patung kartini
sumber : https://www.instagram.com/ssamuel_rp/

Berikut isi dari museum kartini :

  • Ruang pertama merupaka bagian dari gedung K, digunakan untuk meletakkan koleksi benda benda peninggalan RA Kartini, serta beberapa foto RA Kartini semasa hidupnya.
  • Ruang kedua masih merupakan bagian dari gudung K, berisi peninggalan Sastro Kartono. Sastro Kartono merupakan kakak kandung dari RA Kartini, yang memberikan inspirasi kepada RA Kartini untuk menjadi tokoh emansipasi wanita.
  • Ruang Ketiga adalah ruang untuk meletakkan benda benda bersejarah dan benda purbakala yang ditemukan di Jepara
  • Ruang keempat merupakan gedung T yang berisi tulang ikan raksasa yang ditemukan di perairan Karimunjawa

biaya tiket masuk ke museum ini sangat sangat murah, yaitu hanya 1500/orang untuk dewasa dan 1000/orang untuk anak anak.

Peta: Klik Disini

8. Benteng Portugis Jepara

benteng portugis
sumber : https://www.instagram.com/zacki_fuad/

Tempat wisata sejarah di Jepara selanjutnya adalah beteng portugis Jepara. Benteng ini terletak di Desa Banyumasnis Kecamatan Donorejo, 45km sebelah timur laut kota jepara. Untuk menuju lokasi wisata ini kalian harus menggunakan kendaraan pribadi karena memang sampai sekarang belum ada transportasi umum menuju situs sejarah yang satu ini.

Benteng ini berupa reruntuhan tembok berbentuk persegi yang terletak di bukit pinggir pantai yang berseberanga dengan pulau Mandalika. Di dekat benteng ini terdapat suatu bangunan yang diperuntukan sebagai tempat berteduh pengunjung, dan terdapat 2 replika meriam yang terletakdi utara dan timur bangunan yang menghadap ke laut lepas.

benteng Portugis ini sekarang ramai digunakan sebagai tempat berfoto karena memang bangunan benteng ini sangat unik dan bagus. Selain itu banyak dari pengunjung yang menghabiskan waktu menikmati sore di tempat ini. Biaya tiket masuk Benteng Portugis Jepara ini lumayan murah hanya 3000/orang untuk weekdays dan 5000/orang untuk weekend.

Koordinat: Klik Disini

9. Pulau Mandalika Jepara

pulau mandalika
sumber : https://www.instagram.com/al.isna26/

Tempat wisata Jepara yang bernuansa alam terkenal ini bernama Pulau madalika. Pulau yang terletak  berseberangan dengan benteng portugis, tepatnya berada di Desa Ujung Watu. Untuk menuju ke Pulau ini kalian bisa menggunaka perahu nelayan dan menyeberang dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Pulau Mandalika ini adalah salah satu pulau di Jepara yang tidak berpenghuni, karena itu ekosistem laut disini masih sangat bagus. Air lautny sangat biru dan bersih, selain itu hamparan pasir putih terlihat di pulau ini dengan tanpa sampah satupun.

Jika kalian pergi ke pulau ini kalian bisa menikmati pulau ini dengan berkeliling pulau, atau kalian dapat juga memancing di pulau ini. Karena merupakan pulau tak berpenghuni banyak sekali kumpula ikan di pulau Mandalika ini seperti, ikan kakap, ikan kerapu bahkan ikan pari yang langka.

Kalian tidak perlu membayar retribusi masuk jika kalian jalan jalan ke pulau ini, kalian mungkin hanya membutuhkan biaya untuk menyeberang menggunakan perahu nelayan.

Peta: Klik Disini

10. Wisata Teluk Awur Jepara

pantai teluk awur
sumber : https://www.instagram.com/chalisahapsari/

Tempat wisata Jepara selanjutnya adalah Pantai Teluk Awur. Pantai yang terletak di Desa Telukawur Tahunan, pantai ini terletak 4km dari pusat kota Jepara. Yang paling terlihat dari pantai ini adalah banyaknya pohon magrove sebagai peneduh, selain sebagai penahan abrasi.

Desa Telukawur ini terkenal juga sebagai desa kelahiran RA kartini. Pantai ini merupakan pilihan wisata yang hemat, karena pantai ini belum diambil alih pengelolaanya maka retribusi untuk ke tempat wisata ini tidak di punggut biaya sama sekali.

Walaupun pengelolaannya yang tidak di serahkan kepada pemerintah, namun fasilitas di Pantai Teluk Awur ini sudah lumayan lengkap, seperti terdapat beberapa penginapan, rumah makan maupun wahana permainan.

Pantai teluk awur dipercaya sebagai pantai yang bisa menyembuhkan penyakit kulit, jika pengunjung mandi di pinggiran pantai karena air pantai teluk awur ini sangat jernih dan bersih.

Koordinat: Klik Disini

11. Pantai Ombak Mati Jepara

pantai ombak mati
sumber : https://www.instagram.com/mas_fandhy/

Tempat wisata pantai di Jepara yang unik ini bernama pantai ombak mati. Pantai ini sering disebut juga pantai Bondo karena pantai ini terletak di desa Bondo. Dan sebutan ombak mati dikarenakan pantai ini tidak memiliki ombak sama sekali, sehingga pantai ini merupakan pantai yang cukup tenang.

Terletak kurang lebih 17km dari pusat kota jepara, pantai ini merupakan pantai berpasir putih dengan banyak pohon peneduh di sekitar pantai. Karena merupakan pantai tak berombak maka pantai ini sangat sepi dan tenang, pantai ini cocok bagi kalian yang suka dengan wisata yang tidak terlalu ramai namun memiliki pemandangan yang cukup bagus.

Keunikan lainnya di Pantai Ombak mati ini adalah sangat jarang bangunan permanen yang dibuat sebagai fasilitas pantai ini, sehingga jika kalian berwisata kesini maka akan jarang sekali menemukan bangunan dengan semen kebanyakan bangunan yang dibangun disana menggunakan kayu atau bambu. Hal ini disengaja oleh pengelola pantai karena ingin menampilkan suasana alami di pantai ini.

Selain tempatnya yang alami, tempat wisata ini juga tidak memunggut biaya retribusi bagi pengunjung yang datang.

Peta: Klik Disini

12. Danau Blingoh Jepara

danau blingoh
sumber : https://www.instagram.com/adam9aluh/

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah danau blingon. Danau Blingoh ini merupakan danau yang terbentuk akibat penambangab ilegal. Bekas penambangan berbentuk seperti mangkuk yang cukup lebar, dan saat musim penghujan tiba cekungan tersebut dipenuhi dengan air dan menyerupai sebuah danau.

Walaupun Danau ini bukan danau alami, namun pesona danau ini akan membuat kita berdecak kagum. Selain air danau yang terlihat sangat bersih, kondisi alam yang hijau di sekitar danau juga merupakan daya tarik Danau Blingoh ini. Air danau yang berwarna hijau toska dengan tembok dinding batu berwarna putih, membuat Danau Blingoh ini menjadi salah satu danau yang instagramable.

Karena dikelilingi oleh batu kapur yang menjulang tinggi mengelilingi danau ini, gema suarapun sering terjadi di Danau ini. Ketika pengunjung menjerit dan mengeluarkan suara keras, suara tersebut akan terpantul melalui dinding danau ini dan menghasilkan suara gema yang indah

Jika kalian berwisata di tempat ini maka kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk retribusi, karena memang Danau Blingoh ini belum dikelola oleh pemerintah. Danau Blingoh ini terletak di Dukuh Lembah, Desa Blingoh, yang lokasinya berada di antara kecamatan Keling dan Donorejo.

Peta: Klik Disini

13. Air Terjun Jurang Manten Jepara

air terjun jurug manten
sumber : https://www.instagram.com/el_ahmed/

Tempat wisata alam Jepara berupa  Air terjun ini diberi nama Jurang Manten karena dulunya ada sepasang pengantin yang terjun dari atas air terjun ini. Air Terjun ini terletak sekitar 45km dari pusat kota Jepara, tepatnya di Dukuh Senggrong, Desa Blingoh Kecamatan Donorejo.

Air terjun ini berupa terjunan air yang berundak sehingga terlihat sangat indah. Lokasi ini pun cukup sepi dan tenang. Air Terjun ini belum dikelola oleh pemerintah daerah sehingga jika kalian berwisata di Air terjun ini maka tidak akan ditarik biaya.

Air Terjun ini sangatlah indah dengan ketinggian 10 meter air terjun ini tidak mengalirkan air yang cukup deras dan udara yang sangat sejuk sehingga kalian pasti akan sangat betah berlama lama di tempat ini.

Koordinat: Klik Disini

14. Pantai Pungkruk Jepara

Pantai Pungkruk
sumber : https://www.instagram.com/annisatunnaimah/

Tempat wisata pantai di Jepara cukup beragam, selanjutnya adalah Pantai Pungkruk ini tidak terkenal dengan keindahan alamnya saja namun pantai ini terkenal dengan tempat wisata kuliner yang populer di Jepara. Pantai Pungkruk ini merupakan destinasi kuliner yang di padukan dengan wisata pantai. Jika biasanya wisatawan pergi kepantai untuk berenang, berselancar ataupun menikmati wahana air, namun di pantai Pungkruk wisatawan bertujuan untuk menikmati makanan yang enak khas Jepara.

Lokasi pantai ini merupakan pantai datar yang berkarang. Disekiling pantai ini terdapat banyak rumah makan tradisional yang menyajikan seafood sebagai menu andalan. Uniknya Rumah makan di Pantai Pungkruk ini tertata sangat rapi, bahkan ada rumah makan yang berada di atas pantai.

Pantai Pungkruk terletak di Desa Mororejo kecamatan Mlongo, pantai ini berjarak 3km dari Pantai Bandengan dan memerlukan waktu tempuh 15 menit dari pusat kota Jepara.

Harga tiket masuk pantai pungkruk :

  • Tiket masuk hari biasa untuk anak anak 2000/orang dan untuk dewasa 5000/orang
  • Tiket masuk akhir pekan atau libur nasional untuk anak anak 3000/orang dan untuk dewasa 7000/ orang
  • Harga rata rata seafood mulai 35.000
  • Harga minuman mulai dari 5000

Jika dilihat dari harganya Pantai Pungkruk ini tergolong cukup ramah dikantong. Pantai ini merupakan pantai yang cocok digunakan untuk liburan keluarga.

Peta: Klik Disini

15. Gunung Muria

gunung muria
sumber : https://www.instagram.com/fxdedi/

Tempat wisata Jepara yang berupa pegunungan ini dapat menjadi alternatif wisatamu. Gunung Muria adalah gunung dengan ketinggian 1.601 meter dari permukaan laut yang memiliki 4 buah puncak yaitu:

  • Puncak Songolikur
  • Puncak Argowiloso
  • Puncak Argojembangan
  • Puncak Abiyoso

Digunung muria ini merupakan habitat dari 3 fauna asli Indonesia yaitu, Kijang, Macan Tutul dan Monyet ekor panjang, dan merupakan habitat dari puluhan flora. Selain sebagai habitat flora fauna, Gunung Muria ini merupakan kawasan peninggalan wali songo yaitu Pesangrahan.

Pesanggrahan dikenal sebagai tempat penyebaran agama islam di tanah jawa oleh Sunan Muria. Di Gunung Muria ini pula Sunan Muria di makamkan. Nama Gunung Muria dinamakan berdasarkan nama Bukit Moria dan kota Yerusalem.

Selain keindahan flora faunanya Gunung Muria juga terkenal dengan banyaknya bumi perkemahan di kawasan gunung ini. Tarif berwisata di gunung muria ini hanya 2500/orang, cukup murah untuk menikmati keindahan gunung muria.

Koordinat: Klik Disini

16. Hutan Wono Sreni Indah

wono sreni
sumber : https://www.instagram.com/kitaina.id/

Wisata alam Jepara selanjutnya adalah Hutan Wono Sreni Indah. Hutan ini terletak di lereng Gunung Muria yang letaknya 35km timur kota Jepara, tepatnya di Desa Bategede Kecamatan Nalumsari.

Sreni Indah ini merupakan hutan lindung dengan jenis tanaman pinus yang terletak di kaki gunung muris, sehingga tempat wisata ini berudara sangat segar dan sangat sejuk. Sreni Indah ini merupakan tempat perkemahan tingkat nasional, dengan luas wilayah 110 ha dan dikelola oleh Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) Kabupaten Jepara.

Wono Sreni indah saat ini sudah di tata dengan cukup baik, dengan menghadirkan beberapa spot instagramable yang memperlihatkan keindahan lereng gunung muria. Jika kalian ingin datang ke Wono Sreni Indah kalian cukup merogoh kocek 5000/orang untuk menikmati keindahan dan kesejukan lereng gunung muria.

Peta: Klik Disini

17. Reruntuhan Benteng Kalinyamat

reruntuhan kalinyamat
sumber : https://www.facebook.com/ahmad.roiz.142

Wisata sejarah di Jepara yang bisa menjadi tempat liburanmu bernama Benteng Kalinyamat. Benteng dari kerajaan Kalinyamat yang berfungsi untuk melindungi keraton kalinyamat, serta untuk melindungi kaum bangsawan dan ibu kota kerajaan.

Benteng Kalinyamat ini terletak di Kecamatan Kalinyamatan tepatnya benteng ini mengelilingi 4 desa yaitu Desa Robayan, Desa Bakalan, Desa Kriyan Desa Margoyoso dengan tinggi bentang 4 meter.

Reruntuhan ini memiliki suatu mitos tertentu tentang petapaan ratu Kalinyamat, sehingga pada malam jumat banyak sekali peziarah yang datang untuk berdoa dan berziarah di area petapaan.

Tempat ini berpamandangan cukup indah, karena masih sangat asri dan alami. Selan pemandangannya reruntuhan ini juga merupakn wisata religi karena terdapat makam mbah sacam. Reruntuhan ini tidak diperhatikan oleh pemerintah sehingga jika kalian ke tempat ini kalian tidak akan dimintai retribusi sedikitpun.

Koordinat: Klik Disini

18. Kura Kura Ocean Park Jepara

ocean park
sumber : https://www.instagram.com/pulaujawaphotos/

Wisata di Jepara selanjutnya adalah kura kura ocean park. Kura kura ocean park adalah wahana wisata keluarga yang terletak di pantai kartini. Bangunan ini merupakan bangunan 2 lantai. Lantai pertama sebagai taman laut dengan akuarium yang berisi banyak sekali spesies ikan. Lantai dua hanya merupakan wahana pendukung dari kura kura ocean park.

tiket masuk ke kura kura ocean park adalah sebesar 15rb untuk anak anak dan 20rb untuk dewasa. sedangkan untuk weekend tiket masuk  tempat ini mengalami kenaikan 2rb rupiah.

Beberapa Wahana yang terdapat di pantai ini :

  • spa fish
  • aquarium
  • mini theater dan lounge
  • kolam sentuh

Ocean park ini terletak di Pantai Kartini Jepara, sehingga ocean park ini merupakan sala satu tempat favorit di Pantai kartini.

Peta: Klik Disini

19. Tiara Park Waterboom Jepara

tiara waterboom
sumber : https://www.instagram.com/waterboomtiarapark/

Tempat wisata jepara ini terletak di Jalan Kenari Desa Purogondo Kecamatan Kalinyaman. Tiara park waterboom ini sangat cocok digunakan untuk wisata keluarga, apalagi bagi yang memiliki anak kecil, karena banyak sekali wahana yang sangat menyenangkan di waterboom ini.

Beberapa wahana yag terdapat di Tiara Park Waterboom diantaranya

  • Ember Byur
  • Kolam Arus
  • Kolam Balita
  • Kolam Anak
  • Kolam Keluarga
  • Kolam Olimpiade
  • Mandi Bola
  • Iguana Slide

Selain wahana terdapat beberapa area outbond :

  • ATV Arena
  • Flying Fox
  • Jembatan Tali
  • Bungge Trampoline

Terdapat pula wahana game (fantasi) seperti :

  • Pasar seni dan souvenir
  • 3D Movie dan Blueray
  • Mini Zoo
  • Kereta Wisata

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini 20.000 untuk weekday dan 30.000 untuk weekend. temat ini sangat cocok digunakan untuk wisata keluarga, apalagi bagi yang memiliki anak anak.

Koordinat: Klik Disini

20. Jepara Ocean Park

jepara ocean park
sumber : https://www.instagram.com/ayodolan/

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah Jepara Ocean Park. Wisata ini merupakan satu satunya taman wisata terpadu di Jawa Tengah. Taman Wisata ini berdiri di atas lahan sebesar 11ha dan merupakan taman wisata terbesar dan termegah. Jepara ocean park ini berlokasi di Pantai Mororejo Kecamatan Mlonggo, yang berjarak 2 km dari Pantai bandengan.

Pemandangan di Jepara Ocean Park sangatlah cantik. Selain berada di Pinggir pantai, tempat wisata ini juga ditanami dengan berbagai pohon rindang sehingga tidak menyebabkan tempat ini terlihat gersang.

Beberapa wahanan yang terdapat di Jepara Ocean Park :

Waterpark yang terdiri dari :

  • Ember byur
  • Kolam Balita
  • kolam apung
  • kolam ombak
  • kolam keluarga
  • dll

selain itu fasilitas yang terdapat pada Jepara ocean park ini sangat beragam dan kumplit, disana terdapat masjid yang sangat besar yang katanya bisa menampung jamaah sampai 100 orang.

Tiket masuk Jepara Ocean Park untuk weekday 60.000/orang sedangkan untuk weekend 75.000/orang

Peta: Klik Disini

21. Goa Tritip Jepara

gua tritip
sumber : https://www.instagram.com/mas.indr4/

Wisata alam di Jepara ini bernama Goa Tritip. Goa ini terletak di Ujungwatu, Donorejo yaitu 45 km sebelah utara Jepara dekat dengan benteng portugis. Goa Tritip merupakan goa yang pernah digunakan untuk bertapa. Jika kalian berwisata ke tempat ini kalaian akan menemukan perahu yag digunakan oleh mbah joyo untuk bertapa. Keadaan sekitar goa masih tidak terawat sehingga tidak ada retribusi masuk jika kalian mengunjungi goa tritis ini.

Koordinat: Klik Disini

22. Masjid Astana Mantingan Jepara

astana mantingan
sumber : https://www.instagram.com/jeparagam/

Tempat wisata religi di Jepara ini berupa Masjid. Masjid mantingan adalah masjid kuno yang terletak 5km arah selatan dari pusat kote Jepara. Masjid ini menjadi satu dengan makan mantingan dan murah sekali di akses.

Arsitektur masjid ini merupakan arsitek dari tiongkok. Bahan bangunan untuk masjid inipun merupakan bangunan dari Makau. Ciri lain dari masjid ini adalah terdapat relief di dindingnya berupa gambar tananaman amaupun hewan.

Dekat dengan masjid terdapat komplk makam Sunan Hadlirin. Makam ini akan ramai dikunjungi jika terdapat peringatan kematian dari Sunan Hadlirin.

Menurut kepercayaan di Masjid ini terdapat air keramat, air tersebut dipercaya ampuh untuk membuat orang lain berkata jujur dan membuktikan mana yang benar. Sehingga air ini biasanya sering digunakan ketika ada warga yang bersengketa.

Tiket masuk ke tempat wisata ini gratis karena memang tempat ini belum dikelola oleh kabupaten Jepara.

Peta: Klik Disini

23. Pinus Setro Jepara

pinus setro
sumber : https://www.instagram.com/ainiatuzzulfa/

Wisata di Jepara ini Merupakan salah satu hutan wisata yang ada di Jepara, tepatnya berada di desa bale alit. Udara di tempat ini sangatlah sejuk karena memang berada di lereng gunung, selain itu Pinus Setro ini dekat dengan beberapa tempat wisata lain seperti Air Terjun Statah dan Air Terjun Cabe.

Selain saat hari libur puncak keramaian Pinus Setro terjadi pada saat bulan purnama, banyak pengunjung yang datang untuk berkemah di tempat ini. Selain digunakan untuk berkemah Pinus Setro ini merupakan tempat yang digunakan untuk sirkuit BMX dan Sirkuit Setro Downhill Internasional.

Kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk berwisata di tempat ini, kalian cukup menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini saja.

Koordinat: Klik Disini

24. Gua Manik Jepara

gua manik
sumber : https://www.instagram.com/santi_windari/

Wisata alam di Jepara ini selanjutnya adalah goa. Goa Manik berada di Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Jepara. Gua ini berjarak 5km dari Air Terjun Songgo Langit. Jika kalian ingin menuju tempat ini baiknya berhati hati, karena lokasi gua ini yang berbatu dan sangat licin.

Gua manik ini terdapat 2 gua yang berdekatan, dimana salah satu diantaranya berada tepat di bawah pancuran air. Menurut Legenda dulunya Gua ini digunakan oleh Begawan Manikyoo untuk bertapa, dan sekarang tempat ini digunakan untuk bertama orang-orang agar keinginannya tercapai.

Karena Goa berada di lereng gunung muria, goa ini memiliki pemandangan pegunungan yang sangat asri. Udara disana pun sangat sejuk dan segar.

Goa ini juga belum dikelola baik oleh pemerintah daerah sehingga tidak ada retribusi yang dikenakan jika kalian pergi berwisata di gua ini.

Peta: Klik Disini

25. Gunung Genuk Jepara

gunung genuk
sumber : https://www.instagram.com/halojepara/

Tempat wisata alam di Jepara terkahir ini berupa gunung. Gunung Genuk merupakan gunung yang terletak di ujung utara pulau jawa, dan terletak di semenanung gunung muria. Gunung Genuk ini merupakan gunung api monogenik, karena terdapat lava bantal pada gunung genuk ini.

Gunung genuk ini merupakan habitat utama beberapa flora seperti :

  • Kumbang
  • Landak
  • Trenggiling
  • Luwak
  • Monyet

dan merupakan habitat utama 2 flora yaitu pohon pepaya dan pohon randu. Gunung Genuk ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pepohonan yang menjulang hijau di hutan ini merupakan salah satu daya tarik wisata, bahkan tak jarang banyak yang menagabadikan foto di tempat ini karena keindahan alamnya. Jika kalian menggunjungi tempat ini kalian tidak perlu membayar retribusi karena gratis.

Koordinat: Klik Disini

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Di Semarang Terkenal, Hits & Wajib Dikunjungi

JogjaDay.com ~ Membahas tentang wisata jepara memang tak akan habis sehari, karena tempat wisata di Jepara sangat banyak dan bermacam macam. Jepara merupakan salah satu kabupaten dengan keragaman wisata. karena hanya di satu kabupaten saja kalian akan mendapatkan wisata alam, wisata sejarah, wisata cagar alam, wisata cagar budaya, wisata keluarga, wisata air, wisata kuliner, wisata religi wisata belanja dan masih banyak lagi macamnya.

Jika kalian pergi ke jawa tengah jangan lupa untuk mengunjungi Jepara. Karena pastinya kalian tidak akan bingung mau berwisata kemana karena sangat kumplitnya wisata di Jepara. Selain itu berwisata di Jepara tidak akan menguras kantong kalian terlalu dalam. Karena wisatanya yang cukup murah meriah, disertai dengan masyarakat yang sangat ramah Jepara merupakan Kabupaten yang direkomendasikan untuk berwisata.

Setiap bulannya ratusan traveller dari wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk mengunjungi Jepara ini, namun sangat disayangkan ada beberapa tempat wisata yang belum tertata dan terkelola dengan baik oleh pemerintah sekitar, semoga kedepannya pemerintah kabupaten jepara lebih pro aktif dalam mengelola wisata wisata yang ada di kabupaten Jepara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!