25 Tempat Wisata Di Jakarta Betawi Hits, Terkenal & Wajib Dikunjungi

Wisata Jakarta ~ Jakarta adalah ibukota negara Indonesia. Salah satu kota dengan penduduk yang cukup padat. Kota metropolitan ini pun identik dengan lokasi mencari rejeki. Namun dibalik padatnya kota Jakarta terdapat tempat wisata terkenal yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Wisata sejarah, wisata alam hingga wisata permainan di Jakarta bisa kamu singgahi dan menjadi destinasi liburan bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Sejarah yang kini dikemas menjadi tempat wisata yang bisa dinikmati pengunjung milenial. Mungkin kamu pun tak kepikiran untuk menjadikan kota ini sebagai tempat refreshing. Di balik padatnya lalu lintas, tersimpan tempat wisata menarik yang bisa kamu datangi bersama keluarga, teman, atau orang terkasih. Tak perlu jauh sampai ke luar kota bisa dinikmati dengan nyaman. Bahkan mungkin tempat ini biasa kamu lewati tapi tak sempat mampir.

Nah, kalau kamu sudah merencanakan untuk quick getaway, beberapa pilihan di bawah ini bisa dijadikan tujuan wisata. Yap, Jakarta tak hanya dikenal dengan kota metropolitan. Jakarta juga punya tempat wisata menarik yang sayang dilewatkan. Beberapa di antaranya menyimpan sejarah, sedangkan lainnya menantikan untuk dijadikan sejarah atau kenangan bersama keluarga. Simak ulasannya di jogjaday berikut ini.

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Bandung Terkenal, Hits & Wajib Di Kunjungi

1. Wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah foto by instagram.com/ilovetamanmini

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Taman yang dibangun pada tahun 1972 ini berisi tentang berbagai hal mengenai kebudayaan di seluruh Indonesia. Di sini kamu bisa mengenal rumah adat, pakaian adat, pakaian perang khas masing-masing provinsi di Indonesia. Kalau kamu memiliki kenalan orang bule, sepertinya perlu diajak ke sini. Ajak ia mengenal budaya Indonesia yang kaya.

Tak hanya itu, di sini juga tersedia berbagai museum. Mulai dari PP IPTEK, Museum Transportasi, Museum Indonesia, dan sebagainya. Bahkan bangunan ibadah seluruh agama yang ada di Indonesia tersedia di sini. Ingin mengenal komodo dari dekat? Silakan kunjungi Taman Reptil atau sekarang dikenal dengan Taman Komodo. Taman Burung pun tersedia di sini. Bahkan sekarang ada tempat rekreasi seperti Snow Bay, Waterpark, Kereta Gantung, hingga Teater 4D. Komplit sekali.

Ingin mengunjunginya? Silakan arahkan kendaraan kamu menuju Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Dengan merogoh kocek Rp 20.000 untuk tiket masuk per orang, kamu sudah bisa menikmati tempat wisata seluas 1500 hektar ini.

Peta: Klik Disini

2. Wisata Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Taman Margasatwa Ragunan foto by instagram.com/ragunanzoo

Wisata kebun binatang di Jakarta adalah Taman Margasatwa Ragunan terletak di Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tempat wisata yang lebih dikenal masyarakat sebagai Ragunan ini berisi tentang hewan-hewan yang hidup di Indonesia. Di sini kamu bisa menemukan sekitar 2102 hewan dengan 220 spesies yang berbeda.

Sebut saja kamu ingin melihat jerapah, gajah, monyet, orang utan, kasuari, burung merak, ular, kudanil, babi hutan, macan, singa, ikan, burung elang, silakan datang ke sini. Walau tempat ini memiiliki luas sebesar 147 hektar, kamu tak akan tersesat karena ada berbagai petunjuk yang bisa diikuti. Selain itu pohon yang rindang dan suasana bersih menambah kenyamanan. Seakan tak berada di ibukota.

Kamu bisa menjelajahi Ragunan dengan membayar tiket sebesar Rp 4.000 untuk dewasa sedangkan anak-anak dikenakan harga tiket sebesar Rp 3.000. Untuk kendaraan dikenakan biaya tersendiri, mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 15.000, tergantung dari kendaraan yang dibawa.

Koordinat: Klik Disini

3. Wisata Museum Macan Jakarta

Museum Macan foto by instagram.com/vanissakaris

Wisata Museum di Jakarta yang populer adalah Museum Macan. Jika kamu suka berselancar di Instagram, pasti pernah melihat beberapa foto dari para public figur atau influencer dengan latar foto karya seni brilian. Sempat menjadi tren di 2018, museum ini berisi tentang pameran seni. Salah satu yang menjadi hits di tempat ini adalah karya Yayoi Kusuma, Infinity Mirrored Room-Brilliance of the Soul. Saat memasukinya, kamu akan dibuat terpana dengan kemampuan Yayoi dalam menyuguhkan karyanya. Kamu bisa menemukannya di Museum MACAN, The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Museum MACAN didirikan oleh Haryanto Adikoesoemo dan Sintawati Ongkowijoyo. Kamu bisa menikmati banyak sekali hasil seni kontemporer ini di AKR Tower Level M, Jalan Panjang Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Untuk tiket masuk ke Museum ini dikenakan sebesar Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 90.000 untuk anak serta pelajar, tapi gratis bagi member. Jika ingin mengunjungi tempat ini, harap perhatikan beberapa aturan kunjungan yang diberlakukan, ya.

Peta: Klik Disini

4. Wisata Pantai Ancol Jakarta

Pantai Ancol foto by pinterest.com/tjentjen

Wisata Pantai di Jakarta Berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Pantai Ancol adalah pantai yang berada di sepanjang garis pantai Ancol. Siapa yang tak kenal dengan Ancol? Kamu mungkin salah satu penikmat liburan dekat dengan berkunjung ke Ancol. Ancol memiliki satu tempat yang menjadi ikon wisata yaitu Taman Impian Jaya Ancol. Di dalamnya terdapat berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Pantai Ancol memiliki setidaknya enam pantai utama, yaitu Pantai festival Ancol, Pantai Karnaval, Pantai Ria, Pantai Beach Pool, Pantai Indah Ancol, serta Pantai Marina Ancol. Kamu bisa menikmati semuanya dengan hanya membayar tiket masuk saat memasuki pintu gerbang utama saja. Untuk pintu masuk Ancol sendiri harga tiket masuk adalah Rp 25.000 per orang. Kendaraan mobil dikenakan Rp 25.000 sedangkan motor Rp 15.000. Harga ini berlaku setiap hari.

Pantai-pantai yang ada di Ancol ini memiliki kekhasan masing-masing. Pantai Ria paling pas dimanfaatkan untuk tempat bermain anak dilengkapi dengan jembatan yang dicat banyak warna. Kalau ingin berenang bisa menuju ke Pantai Beach Pool yang terletak di sebelah Pantai Ria. Ingin menikmati segala kuliner yang tersedia di Ancol bisa menuju Pantai Indah Ancol maupun Pantai Karnaval.

Koordinat: Klik Disini

5. Tempat Wisata Dunia Fantasi Jakarta

Dunia Fantasi foto by instagram.com/infodufan

Salah satu tempat wisata permainan di Jakarta yang bisa dinikmati di Ancol adalah Dunia Fantasi. Siapa yang tak kenal dengan Dufan? Hampir semua orang pernah mengunjungi tempat segala wahana dan atraksi yang menyenangkan juga menegangkan. Tempat yang berlokasi di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara ini pertama kali ada di tahun 1985.

Kamu bisa menikmati banyak atraksi di sini, seperti Hello Kitty Adventure, Ice Age, Dufan Glow, Ontang-ANting, Alap-Alap, Arung Jeram, Gajah Bledug, Pontang-pontang, Tornado, Halilintar, dan sebagainya. Jangan takut bosan, ada lebih dari 20 wahana yang disediakan di sini. Asyik, kan!

Kalau ingin menikmati kesenangan di Dunia Fantasi, harga tiketnya Rp 200.000 per orang pada hari Senin sampai Jumat, sedangkan Sabtu/Minggu/Libur dikenakan Rp 295.000. Kamu juga bisa membeli tiket terusan atau Bundling Dufan dan Seaworld dengan harga Rp 250.000 di hari kerja dan Rp 350.000 di hari libur. Namun harga naik saat high season menjadi Rp 375.000. Tiket terusan ini hanya berlaku untuk 1 hari saat pembelian.

Peta: Klik Disini

6. Wisata Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium foto by instagram.com/jakartaaquarium

Ingin menikmati pemandangan bawah laut tapi tak ingin basah-basahan, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata baru di Jakarta. Jakarta Aquarium menawarkan berbagai pengalaman menarik untuk kamu lakukan Seperti bertemu dengan berang-berang, atau mencoba menyentuh langsung bintang laut biru, siput, sampai hiu bambu.

Saat masuk ke tempat ini biasanya akan terasa ingin menyelam saja. Tapi jika kamu belum memiliki lisensi menyelam tetap bisa merasa sensasinya di Aquatrekking. Petualangan bawah laut ini akan memberikanmu pengalaman tak terlupakan di akuarium utama. Siap-siap berkenalan dengan hiu, ikan pari, grouper raksasa ataupun ratusan satwa lain.

Menikmati pemandangan laut sensasional di Jakarta Aquarium, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 125.000 untuk anak-anak dan Rp 150.000 untuk dewasa di hari biasa, sedangkan di hari libur perlu membayar sebesar Rp 150.000 untuk anak-anak dan Rp 200.000 untuk dewasa. Yuk, datang ke Jakarta Aquarium yang terletak di Neo SOHO Floor LG 101 – LGM 101, Jalan Letjen S. Parman Kav. 28. Jakarta Barat.

Koordinat: Klik Disini

7. Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Jakarta

Taman Lebah foto by instagram.com/chairanirita

Mungkin kamu belum mengetahui keberadaan taman ini. Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Jakarta atau lebih dikenal dengan Taman Lebah Jakarta terletak di Jalan Buperta Nomor 1, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Di Taman ini kamu akan menemukan taman rindang nan sejuk yang pas sekali jika penat dengan hiruk pikuk dan kebisingan kendaraan. Soalnya Taman Lebah memiliki banyak pohon dan tumbuhan hijau di dalamnya. Selain itu ada juga gua buatan yang menarik untuk dijadikan latar foto.

Kamu bisa menikmati suasana di sini sembari santai di gazebo. Selain itu bisa juga melihat area kotak lebah. Kalau beruntung, kamu bisa melihat lebih dekat bagaimana pembibitan lebah serta panen madu. Jika kamu tertarik untuk berbisnis madu, di sini menyediakan tempat pelatihan dengan durasi 4 hari, 7 hari, sampai 30 hari.

Di sini, kamu juga bisa membeli Madu Pramuka berbagai rasa. Kalau badan terasa pegal atau ada bagian tubuh terasa kurang fit, kamu bisa mencoba untuk terapi lebah atau bekam di sisi kanan dekat pintu masuk. Tak jauh dari situ terdapat loket tiket masuk untuk Taman Wisata Lebah sebesar Rp 5.000 per orang.

Peta: Klik Disini

8. Wisata Cibubur Garden Dairy Jakarta

Cibugary foto by instagram.com/cibugary

Tempat wisata edukasi dan agrowisata di Jakarta ini bernama Cibubur Garden Diary Jakarta. Lokasinya di Kompleks Peternakan DKI Blok C Nomor 1, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi ini bernama Cibubur Garden Dairy atau disingkat dengan Cibugary.

Cibugary adalah objek wisata agro yang berisi peternakan sapi. Di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman memerah susu, kemudian melihat proses pengolahan susu sampai juga wirausaha dengan bidang utama sapi. Dunia sapi ini pasti menarik bagi si kecil, bukan?

Nah untuk menikmati segala kegiatan yang ditawarkan di sini, kamu bisa memilih berbagai paket harga yang ditawarkan. Harga paket mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Namun jika hanya ingin masuk saja tanpa kegiatan bisa dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 sampai Rp 45.000 untuk tiket masuk. Namun perlu masuk minimal 20 orang.

Peta: Klik Disini

9. Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk foto by instagram.com/sukarti_wulansari

Berlokasi di Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, terdapat tempat wisata alam di Jakarta bernama Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk. Siapa sangka di antara hutan beton yang ada di Jakarta, masih tersisa tempat pohon mangrove tumbuh. Taman Mangrove ini ternyata memiliki berbagai aktivitas yang perlu sekali dilakukan saat berkunjung ke sini.

Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berkemah. Silakan membawa tenda sendiri atau menyewa pondok kemah yang tersedia. Ada camping ground yang dilengkapi api unggun jika ingin membawa tenda sendiri. Seru bukan berkemah di antara hutan mangrove di Jakarta. Kemudian, jangan lupa untuk ikut serta dalam penanaman bibir mangrove.

Pengelola sudah menyiapkan bibit mangrove jika ingin ikut menanam dengan membayar sekitar Rp150.000 per pohon. Dengan menanam mangrove, kamu pun ikut serta dalam neyumbang oksigen di ibukota. Selain itu, cara menikmati Taman Mangrove lain bisa dengan wisata air. Ada perahu berkapasitas 6 orang atau 8 orang untuk dinaiki bersama. Namun jika ingin berdua saja, bisa memilih kayak. Menikmati kesejukan hutan mangrove, sekaligus foto-foto yang seru di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk ini bisa kamu nikmati dengan tak lupa membayar tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang.

Koordinat: Klik Disini

10. Wisata Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu foto by instagram.com/pulaumacan

Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Putri, Pulai Macan adalah beberapa pulau yang bisa kamu jadikan tempat wisata di Kepulauan Seribu. Masing-masing pulai memiliki keindahan dan pesonanya sendiri. Misalnya saja Pulau Macan yang dikelola dengan baik mengusung konsep eco village menjadikan pulau ini resort keren yang perlu sekali dinikmati. Kamu bisa langsung snorkeling di depan kamar, lho.

Berbeda cerita dengan Pulau Pari. Pada masa penjajahan, Pulau Pari adalah kawasan pengungsian masyarakat serta tempat mencari hasil laut. Kemudian seiring berjalan waktu digunakan untuk lokasi penelitian biota laut. Sekarang menjadi tempat wisata favorit di Jakarta. Selain air jernih, ternyata di sini memiliki cadangan air tawar yang banyak.

Ada banyaknya pulau di Kepulauan Seribu tentu membuatmu ingin menjajal semuanya. Nah, ada berbagai agen travel yang menawarkan one day trip ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Harga paketnya mulai dari Rp 200.000, tergantung dari musim, pulau yang dikunjungi serta banyaknya peserta.

Peta: Klik Disini

11. Wisata Monumen Nasional Jakarta

Monas foto by instagram.com/wibiariwibowo

Nah, kalau ke Jakarta rasanya belum afdol bila belum berkunjung ke monumen satu ini. Wisata ke Monas menjadi pilihan bagi kamu yang liburan di Jakarta. Monumen Nasional atau Monas adalah monumen peringatan dengan tinggi 132 meter. Ia menjadi simbol kota Jakarta yang lekat. Di ujung monumen terdapat lidah api yang dihiasi lembaran emas. Lokasi Monumen Nasional tepatnya di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Di Monas, kamu bisa menemukan relief sejarah Indonesia, Ruang Kemerdekaan, Pelataran Puncak, serta bagian Api Kemerdekaan. Di dalam monumen terdapat lift yang mengantarkan pengunjung dari lantai dasar ke lantai atas. Asalkan sabar, kamu pasti bisa melihat kota Jakarta dari atas tugu ini.

Untuk masuk ke lapangan Monas, tak dikenakan biaya masuk. Namun saat masuk ke monumennya memang perlu membayar. Sistemnya nanti pembayaran menggunakan kartu elektronik yang dijual mulai dari Rp 30.000 dengan saldo berisi Rp 20.000. Membayar tiket masuk di bagian bangunan monas dibagi menjadi puncak dan cawan.

Jenis tiket dewasa perlu membayar Rp 10.000 bila ingin sampai ke puncak monas dan Rp 5.000 untuk masuk ke cawan. Berbeda dengan anak-anak yang dikenakan biaya Rp 2.000 baik ke puncak monas maupun di cawannya saja.

Koordinat: Klik Disini

12. Wisata Kota Tua Jakarta

Kota Tua foto by instagram.com/indozonetravel

Kota Tua menjadi wisata sejarah di Jakarta terkenal yang perlu banget kamu kunjungi. Entah untuk refreshing ataupun mengenal sejarah dan berandai bagaimana kondisi di lokasi yang sama dengan waktu berbeda. Bayangkan dulu pernah ada tentara Belanda yang hilir mudik di sini. Kereta kuda dan noni Belanda yang berjalan mengelilingi kawasan ini. Menarik, bukan?

Kawasan ini dulu memiliki julukan Permata Asia atau Ratu dari Timur oleh pelayar Eropa di abad ke-16. Ini bukan tanpa alasan. Pasalnya di sinilah lokasi strategis dengan sumber daya melimpah. Cerita ini pasti sudah sering sekali kamu dengar.

Sayangnya, seiring perkembangan waktu dan kebutuhan yang meluas, ada beberapa bangunan yang sudah dihancurkan. Misalnya seperti Benteng Batavia yang dihancurkan untuk membangun Istana Daendels dan kemudian menjadi Departemen Keuangan Nasional. Ada lagi gerbang Amsterdam dipugar untuk memperlebar jalan. Satu lagi adalah jalur trem Batavia yang sudah ditimbun aspal.

Untuk masuk ke kawasan Kota Tua, kamu tak perlu merogoh kocek alias gratis. Inilah salah satu alasan mengapa kawasan ini selalu ramai pengunjung. Kamu bisa menikmati suasana sekaligus berhemat karena tak perlu mengeluarkan banyak uang. Seru, bukan? Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Kota Tua, silakan menuju ke Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Jakarta Barat.

Peta: Klik Disini

13. Wisata Planetarium Jakarta

Planetarium foto by instagram.com/planetariumjkt

Jika kamu ingin mengenalkan suasana di luar angkasa kepada si kecil atau keponakan, ajak deh mereka mengunjungi Planetarium. Tempat wisata Planetarium Jakarta berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat ini menampilkan peneropongan benda langit untuk umum, video tentang pertunjukan teater bintang, sampai peneropongan matahari. Kamu pun juga bisa diajak mengenal simulasi langit berisi diorama dan teater kecil.

Kalau kamu ingin menonton pertunjukan bintang ada jadwal dan juga syarat yang harus dipenuhi. Pertunjukan bisa dilangsungkan bila terdapat minimal 50 pengunjung. Jadwal pertunjukan pun ada di slot pukul 09.30 serta pukul 13.30 pada hari Sabtu, Minggu, Hari Libur nasional, serta cuti bersama. Untuk harga tiket masuk ke Planetarium diatur melalui Peraturan Gubernur Nomor 202 Tahun 2016 sebesar Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 12.000 untuk orang dewasa.

Peta: Klik Disini

14. Wisata Speedy Karting, Plaza Semanggi Jakarta

Speedy Karting foto by instagram.com/nichoiskandar

Salah satu cara menghilangkan kebosanan dan stress bisa dilakukan dengan memacu adrenalin. Selain naik wahana wisata yang ada Dunia Fantasi, kamu bisa bermain gokar di Speedy Karting Jakarta. Berlokasi di Plaza Semanggi, Parking Area 8A, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, kamu bisa memacu adrenalin tanpa takut terik matahari ataupun kehujanan. Yap, pacu adrenalin naik gokar indoor, di sinilah tempatnya.

Untuk menikmatinya, ada beberapa harga yang bisa diambil. Kamu perlu membayar setidaknya Rp 50.000 untuk bisa naik gokar di sini. Ada juga paket-paket yang bisa diambil. Nah, kamu bisa serius belajar mengendarai gokar dengan mengambil les privat dengan tarif mulai dari Rp 800.000 sampai Rp 1.200.000 untuk 6 kali pertemuan.

Koordinat: Klik Disini

15. Wisata Sea World Jakarta

Seaworld foto by instagram.com/seaworld.ancol

Nah, kalau tempat wisata di Jakarta satu ini pasti sudah banyak orang mengenalnya. Seaworld merupakan salah satu tempat tujuan berlibur bagi warga Jakarta yang ingin melihat keadaan bawah laut. Kamu bisa melihat suasana bawah laut, habitat, hewan-hewan laut tanpa perlu mengganti pakaian diving atau snorkeling. Datangilah tempat ini di Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur, Pademangan, Jakarta Utara.

Seaworld memiliki sekitar 7.300 ekor dengan 138 jenis ikan dan avertebrata. Ada juga 3 jenis reptil. Di sini ada akuarium utama yang menampilkan pertunjukan feeding show di jam-jam tertentu. Selain itu ada juga ikan Purba yang sudah diawetkan bisa kamu lihat dari dekat. Yang paling khas di Seaworld itu adalah lorong raksasa dimana kamu bisa memasukinya sambil melihat-lihat ikan di atas kepala. Rasakan sensasi ikan pari berenang melewatimu, ikan-ikan kecil berkelompok berenang. Pengalaman yang luar biasa bukan?

Untuk menikmati pengalaman tersebut, kamu harus membayar tiket masuk yang sudah ditetapkan. Untuk hari Senin sampai Jumat, diberlakukan harga tiket sebesar Rp 200.000. Sedangkan hari Sabtu, Minggu serta Libur menjadi Rp 295.000 per orang.

Peta: Klik Disini

16. Wisata Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari foto by instagram.com/checkinjakarta

Masih ingat berita beberapa waktu lalu kalau ada satu museum di Jakarta mengalami kebakaran? Yap, itu adalah Museum Bahari Jakarta. Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara. Tempat ini berisi koleksi yang berkaitan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tepat jika kamu belum pernah ke sini dan ingin mengetahui tentang sejarah laut di Indonesia. Di sini kamu bisa melihat koleksi kapal pinisi, kapal nelayan yang digunakan para nelayan dahulu untuk mencari nafkah. Selain itu ada menara pandang Syahbandar di dekat Museum Bahari. Menara ini dulu adalah tempat tertinggi untuk melihat pasar ikan. Bahkan juga dikenal sebagai titik nol kilometer.

Untuk bisa menikmati sejarah, bangunan museum, serta sejarahnya perlu mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak dan pelajar.

Koordinat: Klik Disini

17. Wisata AEON Jakarta Garden City

AEON Jakarta Garden City foto by instagram.com/gagaldiett

Tempat wisata Mall di Jakarta ini berlokasi di Jalan Jakarta Garden City Cakung, Jakarta Timur. Di dalam mall ini ternyata ada hal menarik yang bisa dilakukan selain jalan-jalan, berbelanja, ataupun makan. Tentu, namanya mall adalah pusat perbelanjaan. Terdapat wahana permainan yang bisa kamu coba di Mall AEON Jakarta ini.

Namun yang membedakan AEON Mall Jakarta Garden City dengan yang lain adalah adanya wahana kincir raksasa tertinggi di Indonesia, J-Sky Ferris Wheel. Lokasi bianglala ini ada di area rooftop lantai tiga AEON Mall. Ada 32 gondola yang bisa dinaiki dengan masing-masing berkapasitas 6 orang. Untuk menikmati gondola dengan pemandangan menarik, bisa membayar tiket sebesar Rp 50.000 per orang. Selain itu, ada pula Loft Park, tempatnya anak-anak bermain di area rooftop mall. Si kecil bisa berlarian, loncat-loncatan di atas trampolin serta berbagai permainan outbond yang bisa menumbuhkan ketangkasan.

Lalu di sini pula terdapat ice rink bernama Oasis Centre Arena. Kamu bisa berseluncur di atas es dengan fasilitas lengkap seperti ice rink berstandar internasional. Harga tiket untuk masuk ke sini sebesar Rp 110.000 untuk hari biasa. Sedangkan hari libur dikenalak biaya Rp 135.000.

Peta: Klik Disini

18. Tempat Wisata Petak Sembilan Jakarta

Petak Sembilan foto by instagram.com/abottsky_

Berbeda dengan tempat wisata Jakarta sebelumnya, kawasan ini bisa dibilang adalah pasar pecinan. Tapi, Petak Sembilan bukan hanya sekedar pasar. Jika kamu senang dengan fotografi dan ingin hunting foto, bergegaslah ke Jalan Kemenangan Nomor 40, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. Di sinilah berbagai objek foto untuk lensa kameramu bisa diabadikan.

Yang bisa dilakukan di Petak Sembilan pertama kali adalah mengunjungi kelenteng. Ada dua kelenteng yang tersedia, Kelenteng Tang Seng Ong Se dan Toa Se Bio. Salah satu klenteng adalah bangunan tua yang masih sangat terawat. Sehingga penampilannya pun lebih bernilai. Nah, di lokasi ini kamu bisa mengabadikan momen para umat Buddha sembahyang dan juga bangunan itu sendiri.

Lanjut lagi berjalan ke Pasar Glodok untuk membeli cemilan khas China seperti kue keranjang, aksesoris lampion, kipas, pakaian chongsam, dan sebagainya. Kalau ingin lebih banyak pilihan, bisa datang saat menjelang imlek. Setelah berkeliling, kamu bisa melepaskan lelah sambil menikmati Bakmi Amoy di Gang Gloria. Walau sempit tapi jangan ragukan kelezatannya. Pesan satu mangkok bakmi ayam dan bakso goreng, dijamin bisa memuaskan hasrat lapar setelah puas berkeliling kawasan Petak Sembilan.

Koordinat: Klik Disini

19. Wisata The Wave, Pondok Indah Water Park Jakarta

The Wave Waterpark foto by instagram.com/thewavewaterpark

Berlokasi di Pondok Indah Mall, Jalan Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Wisata waterpark di Jakarta satu ini baru dibuka pada 2014. Yang unik dari The Wave Waterpark ini adalah adanya kolam yang bisa membuatmu merasakan pengalaman surfing. Nah, kalau kamu takut untuk coba surfing langsung di laut, bisa mencoba dulu di sini. Sensasinya akan sama seperti surfing di laut karena didesain untuk berselancar seperti di pantai. Nantinya ada pelatih yang akan memberikan instruksi sehingga pengalaman surfing ini bisa maksimal.

Tak hanya itu, ada juga lazy river, olympic size swimming pool, Aquaplay Kids Pool, Tube Slide, Wave Pool, Flow Rider, serta Whizzard Slide. Nah, ada pemandangan tambahan jika berenang di sini yaitu pemandangan lapangan golf Pondok Indah yang terbentang hijau. Untuk menikmati bermain air di sini, tiket yang dikenakan seharga Rp 100.000 untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp 175.000 untuk hari Sabtu, Minggu, serta libur.

Peta: Klik Disini

20. Wisata Kampung Main Cipulir Jakarta

Kampung Main Cipulir foto by instagram.com/kampungmaincipulir

Kalau liburan selanjutnya ingin mengajak anak kecil untuk merasakan outbond, kamu bisa lho mengunjungi Kampung Main Cipulir Jakarta. Wisata Kampung Main Cipulir ini berada di Jalan Masjid Nurul Yaqin, Gang H, Sairi, Nomor 1A, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sebelum menikmati fasilitas yang ada, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp 7.000 per orang untuk hari libur. Bila kamu datang pada hari Senin sampai Jumat dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Ada apa saja sih di sana? Kampung Main Cipulir memiliki luas sekitar 3,5 hektar dengan taman bermain, outbond baik dewasa ataupun anak-anak, flying fox, menangkap ikan, bermain lumpur, kolam renang, tranpolin, ATV, paint ball, berkuda, shooting range, dan sebagainya. Nah, kalau kamu ingin mencoba beberapa permainannya, bisa dengan menggunakan paket outbond mulai dari Rp 20.000 per paket.

Kalau kamu mengunjungi tempat ini, ana-anak akan dituntut untuk bermain di luar dan lebih aktif bergerak. Tidak hanya bermain gadget saja. Sekalian saja minta mereka untuk bermain lumpur dengan tarif Rp 10.000 per orang. Asalkan jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan alat mandi, ya.

Koordinat: Klik Disini

21. Wisata Museum Nasional Jakarta

Museum Nasional foto by instagram.com/museum_nasional_indonesia

Wisata Museum di Jakarta yang terkenal dengan patung gajah kecil di depannya pernah juga dikenal dengan sebutan Museum Gajah. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Jakarta Pusat. Jika kamu berkunjung ke Monas, jangan lupa sempatkan mampir ke Museum Nasional. Sebelum mulai menikmati koleksi yang ada di Museum Nasional, ada baiknya kamu membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Sudah membayar tiket, saatnya menikmati koleksinya!

Memasuki Museum Nasional, kamu akan terasa betapa bangunan ini masih kental nuansa jaman kolonialnya. Koleksinya berisi warisan budaya mengenai pemanfaatan benda hasil budaya manusia dan lingkungannya. Di sini kamu akan menemukan arca, stupa, patung, kain khas, benda-benda emas, ornamen-ornamen, dan sebagainya. Kamu akan terkesima dengan detail dari benda-benda tersebut yang dibuat dengan bahan dan barang seadanya. Menarik, bukan?

Peta: Klik Disini

22. Kidzania Pacific Place Jakarta

Kidzania foto by instagram.com/kidzaniajakarta

Salah satu tempat wisata yang diperuntukan untuk anak-anak di Jakarta yang menarik dan juga mendidik adalah Kidzania. Konsep tempat ini adalah tempat indoor yang dijadikan “kota” untuk anak usia 2-16 tahun. Di sini dibuat replika kota sesungguhnya dalam skala anak-anak. Ada jalan raya, rumah sakit, salon, pabrik, teater, dan sebagainya. Nah, anak-anak akan diajak untuk memain peran seperti orang dewasa, setidaknya ada 100 profesi yang bisa dimainkan misalnya saja sebagai pilot, ilmuwan, dokter, juru masak, dan sebagainya.

Kidzania Indonesia berlokasi di Pacific Place Lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman Kav.52-53, Jakarta Pusat. Nah untuk tiket masuk dibedakan berdasarkan umur. Untuk usia 2-3 tahun pada hari Senin sampai Jumat dikenakan biaya Rp 50.000, usia 4-16 tahun dikenakan Rp 225.000 sedangkan dewasa Rp 175.000. Harga tiket masuk yang dikenakan pada Sabtu Minggu Rp 100.000 untuk usia 2-3 tahun, Rp 275.000 untuk usia 4-16 tahun dan Rp 225.000 untuk dewasa.

Peta: Klik Disini

23. Escape Hunt Jakarta

Escape Hunt foto by instagram.com/escapehuntjkt

Wisata edukasi dan permainan di Jakarta ini bernama Escape Hunt. Kalau kamu yang lahir dan tumbuh di sekitar tahun 1980-1990an pasti mengenal dengan sosok Detektif Conan atau Sherlock Holmes. Cerita komik ini memang melekat sekali di benak. Bahkan beberapa dari kamu mungkin ingin bercita-cita sebagai detektif. Namun seiring perkembangan waktu, cita-cita menjadi detektif kandas.

Jangan sedih! Sekarang kamu tetap bisa merasa sebagai detektif tanpa perlu menjadi detektif di Escape Hunt Jakarta. Lokasinya ada di Jalan Kemang Raya Nomor 15, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Lalu bagaimana cara mainnya?

Sebelumhya kamu akan ditawarkan lima kasus berbeda. Kamu diminta untuk memilih satu kemudian memecahkan misteri dan permasalahan selayaknya detektif dalam waktu 90 menit. Jika bisa menyelesaikannya, kamu bisa keluar dari ruangan tersebut. Bermain di Escape Hunt bisa dilakukan dengan teman ataupun keluarga. Menarik bukan? Nah, untuk bisa “memecahkan masalah” ada biaya yang dikenakan yaitu sebesar $44 atau sebesar Rp 637.412.

Koordinat: Klik Disini

24. Wisata Museum Fatahillah Jakarta

Museum Fatahillah foto by instagram.com/yasin_alfiyahya

Wisata Museum Fatahillah jakarta atau bernama resmi Museum Sejarah Jakarta terletak di Jalan Taman Fatahilla Nomor 1, Taman Sari, Jakarta Barat. Museum ini terletak persis di kawasan Kota Tua. Sering sekali menjadi latar foto untuk para penikmat Kota Tua ataupun foro pre-wedding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Nah, kalau kamu sudah menginjakan kaki di kawasan Kota Tua, jangan lupa kunjungi juga Museum Fatahillah. Sebelum masuk, silakan membayar tarif masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Museum ini dulunya adalah Balai Kota pada pemerintahan kolonial Belanda kemudian sempat menjadi Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, lalu berubah lagi menjadi Kantor Pengumpulan Logistik Dai Nippon saat Jepang datang ke Indonesia. Tak sampai situ, bangunan ini juga sempat menjadi markas Kodim 0503 Jakarta Barat. Lalu pada 1968 memiliki hak penuh untuk memiliki bangunan ini dan dijadikan Museum Sejarah Jakarta.

Isi museum terdiri dari 2.500 koleksi benda bersejarah, ada yang asli ada pula yang replika. Di sini kamu bisa melihat meriam, serta lukisan dan juga tempat tahanan Untung Suropati maupun Pangeran Diponegoro. Tak hanya itu, furnitur antik pun menghiasi isi museum ini. Gaya kolonial klasik menjadi tema arsitektur bangunan ini. Ceiling yang tinggi membuat bangunan ini selayaknya mesin waktu.

Peta: Klik Disini

25. Wisata Museum Taman Prasasti Jakarta

Taman Museum Prasasti foto by instagram.com/ekodediamirnugroho

Berlokasi di Jalan Tanah Abang 1 Nomor 1, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Wisata Museum Taman Prasasti Jakarta ini lebih dikenal oleh kalangan fotografer muda ataupun pencari lokasi unik. Museum ini berdiri di atas lahan seluar 1,2 hektare dengan isi koleksi prasati nisan kuno, serta makam khas dari berbagai provinsi di Indonesia. Di sini juga ada kereta jenazah antik. Koleksi museum ini menampilkan kemampuan para pemahat, pematung, sastrawan dalam satu bidang.

Ada berbagai prasasti dari zama Belanda yang ditampilkan seperti Replika prasasti pecah kulit Everbeld, Olivia Marianne Raffles (istri Thomas Stamford Raffles, mantan Gubernur Hindia Belanda dan Singapura), Kapitan Jas, Miss Riboet, sampai Soe Hok Gie. Nah, jika berniat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan kamera. Ada berbagai koleksi unik dan eksotis yang sayang untuk tak diabadikan. Untuk menikmati Museum Taman Prasasti, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Peta: Klik Disini

“Baca Juga: 25 Tempat Wisata Purwokerto Banyumas Terkenal & Populer

Jogjaday.com ~ Setelah melihat tempat-tempat seru di Jakarta untuk dikunjungi dalam rangka quick getaway di Jakarta, sudahkah ada yang masuk ke dalam daftar tujuan wisata kamu? Kalau iya, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen baru di tempat tersebut. Selain itu, perhatikan juga aturan maupun ketentuan yang berlaku di tempat tersebut, ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!