34 Tempat Wisata Di Gunungkidul Paling Keren Dan Unik

Daftar Isi

Wisata Gunungkidul ~ Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta yang memiliki potensi wisata yang sangat banyak baik dari sisi jumlah maupun jenisnya. Potensi wisata Gunungkidul Jogja berupa kekayaan wisata alam, seni budaya, kerajinan dan aneka kuliner.

Pantai pasir putih ada sekitar 64 lokasi pantai dengan karakter dan gugusan karang yang menjulang, kaya biota laut serta jernih airnya berderet dari ujung timur hingga ujung barat  sepanjang 72 km menawarkan pemandangan dan pengalaman yang indah dan tak terlupakan.

Selain pantai yang indah, kawasan Gunungkidul memiliki potensi lain yang unik dan indah yaitu goa sebanyak 98 lokasi goa, 16 lokasi wisata gunung, 12 lokasi wisata air, dan sungai, 13 lokasi wisata hutan.

Gunungkidul Jogja

Selain wisata alam Gunungkidul Jogja juga banyak daya tarik wisata berbasis sejarah, seni dan budaya seperti peninggalan masa prasejarah, upacara adat, kesenian, juga daya tarik wisata buatan, berupa waduk kecil/embung nglanggeran, embung sriten, desa wisata dan desa budaya.

Tak ketinggalan wisata kuliner Gunugkidul Jogja juga menawarkan sensasi yang tiada tandingannya seperti gathot, thiwul, nasi merah, walang dan kuliner unik nan lezat lainnya. Sedangkan dari sisi kenangan Gunungkidul memiliki berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas Gunungkidul hasil UMKM lokal.

Dengan adanya wisata alam berupa pantai, goa, wisata air, kuliner seni dan budaya menjadikan kawasan Gunungkidul ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Jadi bagi anda jika berkunjung ke kota Jogja jangan lewatkan untuk mengunjungi kawasan Gunungkidul untuk berwisata yaa.

Wisata Alam Gunungkidul Jogja

Jika anda ingin melihat fenomena alam unik yang ada di kawasan Jogja, maka anda wajib untuk mengunjungi wisata alam yang ada di Gunungkidul ini. Gunungkidul dengan keindahan alamnya menyimpan potensi wisata dengan berbagai macam keunikan yang ada. Berikut admin akan menyampaikan wisata alam Gunungkidul yang wajib anda kunjungi.

1. Goa Pindul Gunungkidul Jogja

Goa Pindul Gunungkidul Jogja
IG @goapinduljogja

Goa Pindul adalah salah satu objek wisata yang menarik dan terkenal di wilayah Gunungkidul. Banyak wisatawan yang datang untuk merasakan sensasi menyusuri goa dengan air sungai yang mengalir dibawahnya menggunakan tube (ban dalam). Lorong goa pindul mempunyai panjang sekitar 300 meter dan lebar 5 meter. Paras goa pindul semakin cantik dengan dengan adanya stalagtit dan stalagmit, didalam goa pengunjung dapat bermain air sekaligus menikmati keindahan ornamen dalam goa. Sampai dipintu keluar goa, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang hijau dan panorama bendungan banyumoto yang dibangun sejak zaman Belanda.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul Jogja

Nglanggeran Jogja
IG @jogjadaycom

Kawasan ekowisata gunung api purba di Gunungkidul dengan nama Gunung Api Nglanggeran memiliki banyak pesona keindahan alam, yang dapat dinikmati siang maupun malam hari. Pengunjung dapat melakukan aktifitas outboud dan trekking di Gunung Nglanggeran Jogja.

Ketika siang, pengunjung dimanjakan dengan hijaunya panorama alam pegunungan, pedesaan, dan segarnya udara pegunungan. Malam menjelang pengunjung dapat menikmati romantisme kerlap kerlip lampu kota Jogja yang dapat dinikmati dari atas puncak. Bagi traveller yang suka camping, di Gunung Nglanggeran juga dapat digunakan sebagai camping ground. Berdasarkan penelitian, Gunung Api Purba ini merupakan gunung berapi aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran terbentuk dari gunung api dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan jutaan tahun lalu.

3. Kalisuci Gunungkidul Jogja

Kalisuci Gunungkidul Jogja
IG @kalisuci_galery

Kalisuci merupakan lokasi cave tubing yang menarik untuk dikunjungi di Gunungkidul. Wisatawan dapat menikmati sensasi menyusuri goa dengan mengikuti arus sungai bawah tanah. Sebelum masuk goa, wisatawan akan disuguhi dengan keindahan hijaunya panorama alam disekitarnya. Setelah masuk goa, kembali akan diberikan pertunjukan keindahan stalagtit dan stalagmitnya. Keindahan-keindahan dan daya tarik kalisuci seolah tidak berhenti ditunjukan sampai pengunjung pulang.

Kontak/Reservasi Kalisuci Gunungkidul Jogja: 087739794513/087738393808

4. Goa Cokro Gunungkidul Jogja

Goa Cokro Jogja
IG @pariwisata_gunungkidul

Goa Cokro merupakan goa vertikal dengan kedalaman 18 meter, sering disebut juga dengan Luweng Cokro. Satu-satunya jalan untuk memasuki goa ini adalah memalui lintasan vertikal yang ada dimulut goa. Tinggi goa cokro adalah 20 meter dan mulut goa berbentuk persegi panjang berukuran 2 x 1 meter. Wisatawan dengan nyali tinggi dapat mencoba adrenalinnya, menyusuri goa melalui pintu masuk dengan lorong masuk berbentuk vertikal. Keberanian yang dikeluarkan akan terbayar dengan eksotisme pemandangan perut bumi.

5. Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Jogja
IG @wonderfuljogja

Air Terjun Sri Gethuk terletak di dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunungkidul. Keindahan alam yang begitu mempesona tersaji di Air Terjun Sri Gethuk, terdiri dari aliran sungai, bebatuan, pepohonan, tumbuhan dan tanaman air lainnya. Untuk menuju ke air terjun, wisatawan harus naik perahu karet ataupun gethek dan menyeberangi sungai sepanjang 450 meter.Pengunjung dapat menikmati wisata air dengan berenang di Sri Gethuk Jogja.

Air Terjun Sri Gethuk mengalir dari atas sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter. Aliran sungai tersebut terdiri dari 3 buah mata air, yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul dengan debit air rata-rata 30 sampai denga 60 liter air perdetik. Besarnya debit air tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau, membuat kawasan disekitar air terjun diwarnai oleh hijaunya pepohonan serta persawahan.

6. Goa Jomblang Gunungkidul Jogja

Goa Jomblang Jogja
IG @infiatravel

Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah luweng. Ujung dari Goa Jomblang ini adalah Goa Grubuk sumuran tunggal sedalam 90 meter, merupakan sumuran terdalam di pulau Jawa. Fenomena sungai bawah tanah di dasar luweng grubug dan pemandangan kearah atas sangatlah menakjubkan. Dua stalagmit berukuran besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar Goa Grubuk. Pada pukul 13.00 sinar matahari akan menerobos masuk melalui mulut goa, ibarat sebuah “cahaya ilahi” yang terpancar indah dan membuat stalagmit ini berkilauan.

7. Desa Wisata Bobung Gunungkidul Jogja

Desa wisata Bobung Jogja
IG @ariosetioadi

Desa Wisata Bobung merupakan sentra pembuatan kerajinan topeng kayu, dan telah berkembang menjadi desa wisata. Dari yang awalnya hanya produksi topeng kayu, saat ini berkembang pula jenis kerajinan barang lainnya yang diproduksi. Produk desa Bobung sudah merambah ke pasar internasional, seperti Perancis, Italia dan negara lainnya. Wisatawan dapat belajar langsung dengan para pengrajin, cara membuat topeng dan kerajinan lain yang dihasilakn oleh pengrajin bobung. Hasil dari praktek belajar membuat kerajinan dapat dibawa pulang oleh pengunjung.

8. Gunung Gentong Gunungkidul Jogja

Gunung Gentong Jogja
IG @rizky_ardhy

Gunung Gentong terletak di desa Ngalang, kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Lokasi ini digunakan masyarakat setempat untuk nyadran, dan konon Gunung ini pernah disinggahi oleh prabu Brawijaya V raja terakhir Kerajaan Majapahit. Pada hari dan bulan tertentu biasanya Gunung Gentong digunakan untuk upacara adat. Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang Gunung Gentong. Bentukan Gunung Gentong berupa batu andesit yang tinggi dan besar sehingga cocok untuk rekreasi, spot foto terbaik dan trekking.

9. Green Village Gedangsari Gunungkidul Jogja

Green Village Gedangsari Jogja
IG @andros.jr

Flying fox di kawasan Green Village Gedangsari, Gunungkidul ini memiliki panjang lintasan 625 meter. Dengan lintasan sepanjang itu, pengunjung bisa meluncur sampai dengan kecepatan 80 kilometer per jam, sambil menikmati pemandangan hamparan sawah yang luas. Ini merupakan salah satu flying fox terpanjang di Asia Tenggara, dengan fasilitas berstandar internasional.

10. Gunung Sewu Gunungkidul (Unesco Global Geopark)

Gunung Sewu Gunungkidul
IG @jogjaday

Gunung Sewu Unesco – Global Geopark, merupakan bentang alam yang tersebar di tiga kabupaten yaitu kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan. Kabupaten Gunungkidul merupakan bagian dari kawasan Gunungsewu Unesco Global Geopark. Predikat diberikan oleh Unesco pada bulan September 2015, sebagai pengakuan terhadap kondisi geologi, ekologi, ekonomi, sosial dan budaya di kawasan ini.

Gunung Sewu Unesco Global Geopark terdiri dari 33 geo site, 13 diantaranya tersebar di wilayah kabupaten Gunungkidul, yaitu Gunung Api Purba, Endapan Laut Miosen Awal Sambipitu, Lembah Karst Mulo, Goa Pindul, Air Terjun Bleberan, Luweng Jomblang, Wediombo Siung Gunungbatur, Baron Kukup Sepanjang Krakal, Bengawan Solo Purba, Luweng Cokro, Kawasan Kalisuci, Hutan Wanagama, dan Hutan Turunan.

Kuliner Gunungkidul Jogja

Tentunya setelah berkeliling kawasan Gunungkidul untuk menikmati wisata yang ada anda akan merasa lelah dan lapar, maka tak perlu khawatir karena kawasan Gunungkidul Jogja memiliki kuliner yang akan membuat anda kenyang. Beragam kuliner Gunungkidul pun bukan hanya sekedar makanan biasa, anda dapat menikmati kuliner unik yang hanya akan ditemui di Gunungkidul. Berikut admin sampaikan kuliner unik yang ada di Gunungkidul yang wajib anda coba.

11. Thiwul Gunungkidul Jogja

Thiwul jogja
IG @voilajogja

Thiwul adalah makanan khas masyarakat Gunungkidul sejak jaman dulu. Dalam perkembangannya saat ini, thiwul sudah bergeser menjadi makanan sela atau kudapan yang nikmat dimakan bersama minum teh. Thiwul banyak dijadikan oleh-oleh dengan berbagai varian rasa, seperti coklat, vanila, original, keju dan sebagainya. Thiwul terbuat dari ketela pohon yang dikupas dan dikeringkan dengan cara dijemur yang diberinama geplek. Setelah itu geplek diolah menjadi makanan yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

12. Nasi Merah dan Sayur Lombok Ijo Gunungkidul Jogja

Nasi Merah Gunungkidul Jogja
IG @dianaimama

Bagi pecinta kuliner yang berkunjung ke Gunungkidul, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner satu ini, nasi merah dan sayur lombok ijo. Makanan ini merupakna makanan khas dengan resep turun temurun dari penduduk asli Gunungkidul. Satu set menu nasi merah terdiri dari lombok ijo, sayur daun pepaya, empal goreng, ayam kampung goreng, tahu dan tempe.

Kesenian Gunungkidul Jogja

Kawasan Gunungkidul Jogja tak hanya menyimpan potensi alam yang luar biasa, masyarakat yang hidup di kawasan Gunungkidul masih memegang erat budaya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak kesenian dan budaya yang ada di Gunungkidul Jogja.

Jika anda menginginkan pertunjukan atau pentas seni di Gunungkidul, berikut admin akan sampaikan kesenian yang ada di kawasan Gunungkidul Jogja. Simak sampai habis yaa.

13. Wayang Gunungkidul Jogja

Wayang Kulit Gunungkidul
IG @megapixels.id

Berbagai jenis wayang berkembang diwilayah Gunungkidul, diantaranya adalah wayang kulit, wayang orang, wayang beber dan wayang topeng. Wayang beber hanya dimiliki oleh dua daerah di Indonesia, salah satunya Gunungkidul. Dinamakan wayang beber karena berupa lembaran-lembaran (beberan) kertas dari kayu  yang dibentuk menjadi tokoh tokoh dalam cerita wayang baik Mahabharata maupun Ramayana.

14. Reog & Jathilan Gunungkidul Jogja

Jathilan Gunungkidul jogja
IG @gepengorlandosuka

Atraksi kesenian tradisional yang masih lestari di Gunungkidul diantaranya adalah reog dan jathilan. Reog merupakan kesenian rakyat yang bermuara dari cerita panji asmorobangun dan biasanya dimainkan oleh kurang lebih 10 orang yang terdiri dari bancak, dan doyok (di Gunungkidul lebih dikenal dengan penthul dan tembem), prajurit udeng giling, prajurit kuda kepang, penongsong dan para prajurit dengan iringan musik kendang/dhodhok, bendhe, kecrek, dan angklung.

15. Tayub Gunungkidul Jogja

Tayub Gunungkidul Jogja
IG @endra_cucuklampah

Kesenian tradisional yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Gunungkidul adalah tayub. Penari wanita yang biasa disebut ledhek, menari diiringi musik gamelan untuk menghibur penonton dengan tarian. Sang ledhek kemudian mengajak penonton untuk menari. Tayub biasa dipentaskan dalam upacara adat sebagai sarana memohon keselamatan, kesuburan, datangnya hujan dan menyampaikan rasa syukur atas karunia Sang Pencipta.

16. Campursari Gunugkidul Jogja

Campursari Gunungkidul Jogja
IG @andriano_bob

Campursari adalah musik asli dari Gunungkidul. Musik ini diperkenalkan oleh Manthous yang merupakan seniman asli Gunungkidul, beliau seorang penulis lagu sekaligus penyanyi. Musik ini merupakan campuran dari musik tradisional dan modern dengan tangga nada yang berbeda, yaitu pentatonis (kerawitan) dan diatonis.

17. Musik Gejok Lesung Gunungkidul Jogja

Gejok Lesung Gunungkidul Jogja
IG @klatenphotograph

Kesenian ini berasal dari kebiasaan menumbuk padi yang dilakukan oleh ibu-ibu penduduk desa. Setelah selesai menumbuk padi mereka bermain musik dengan menggunakan lesung dan alu, yang dibunyikan secara bergantian menggunakan irama yang pasti sehingga menimbulkan perpaduan suara harmonis dan menari. Kebiasaan ini kemudian dikenal dengan “Gejog Lesung”.

18. Kesenian Rinding Gumbeng Gunungkidul Jogja

Rinding Gumbeng Gunungkidul Jogja
IG @jogjaday

Kesenian khas lain yang hampir punah dapat ditemui di obyek wisata hutan Wonosadi yaitu kesenian Rinding Gumbeng. Kesenian ini menggunakan alat musik dari bambu kecil terdiri atas 8 orang atau lebih yang memainkan Rinding Gumbeng untuk mengiringi penyanyi mengalunkan beberapa lagu langgam jawa.

Budaya dan Sejarah Gunungkidul Jogja

Tak hanya berupa wisata alam yang sangat menakjubkan yang ada di Gunungkidul Jogja, namun juga berbagai kesenian dan ragam budaya yang jumlahnya tak terhitung. Kawasan Gunungkidul Jogja juga memiliki sejuta cerita sejarah yang layak untuk diketahui.

Cerita Sejarah yang berkembang di masyarakat Gunungidul Jogja memiliki nilai dan budaya luhur sehingga layak untuk diketahui oleh siapa saja. Baiklah tak perlu berlama-lama, berikut ini admin akan membagikan deskripsi tentang budaya dan sejarah yang ada di Gunungkidul Jogja. Simak sampai habis yaa.

19. Pertapaan Kembang Lampir Gunungkidul Jogja

Pertapaan Kembang Lampir Gunungidul
www.kabarhandayani.com

Terletak di Desa Gilisekar, Panggang, pertapaan kembang lampir ini dibangun pada periode penyebaran agama islam. Kembang lampir dahulu digunakan sebagai tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan untuk memperoleh wahyu kraton, dengan wahyu tersebut beliau berharap dapat menurunkan raja-raja di Jawa. Pertapaan Kembang Lampir dibuka untuk umum setiap hari senin dan kamis.

20. Pesanggrahan Gembirowati Gunungkidul Jogja

Pesanggrahan Gembirowati Gununhgkidul
www.jejaktapak.com

Pesanggrahan Gembirowati terletak di dusun Watugajah, Girijati, Purwosari menempati lahan seluas 13.200 m2 dan terletak pada ketinggian 138 mdpl memiliki struktur bangunan berteras dan berbahan batu putih. Di dalam OV (Oudheidkundige Varslag) tahun 1925 FDK Bosch menyebut bangunan tersebut berasal dari abad XVI. Tempat ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berbentuk seperti candi dan peninggalan sejarah menjadikan Pesanggrahan Gembirowati wisata mengagumkan di Gunungkidul Jogja.

21. Petilasan Gunung Gambar Gunungkidul Jogja

Petilasan Gunung Gambar Gunungkidul
www.linadamayanti.com

Petilasan ini berada di Gunung Wonosari, Desa Jurangjero, Ngawen. Data dari sejarah diketahui bahwa Gunung Gambar merupakan tempat bertapa Raden Mas Said / Pangeran Sumber Nyowo yang kemudian bergelar KGPAA Mangkunegara I. Pada hari tertentu banyak orang yang berziarah ke Gunung Gambar, terutama pada waktu tirakatan menjelang upacara Sadranan untuk berdoa dan memohon agar terkabul harapan dan keinginannya. Petilasan untuk bertapa ini menjadi wisata sejarah yang layak dikunjungi bagi wisatawan sejarah lokal dan mancanegara.

22. Situs Megalitik Sokoliman Gunungkidul Jogja

Situs Megalitik Sokoliman Gunungkidul
www.pitekantropusereksitus.blogspot.com

Terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Karangmojo. Situs megalitik Sokoliman terbentuk pada periode prasejarah berupa menhir, fragmen menhir dan dinding kubur batu. Tahun 1934 J.L. Moens dan Van der Hoop mengadakan penelitian dan menemukan bekal kubur yang berbentuk manik-manik, alat-alat besi, fragmen gerabah dan benda-benda dari perunggu.

Wisata Pantai Gunungkidul Jogja

Panjang garis pantai kawasan Gunungkidul adalah 72 kilometer memiliki 64 lokasi pantai yang dapat dijadikan wisata dengan berbagai karakteristik tentunya. Untuk wisata keluarga dan kuliner di pantai admin menyarankan pengunjung datang ke pantai Baron, Kukup, Krakal, Ngandong, Drini, Ngobaran, Sepanjang, Pulangsawal, dan Wediombo. Selain ada ruang untuk bermain di pantai, destinasi ini juga menawarkan atraksi snorkling, perahu jakung dan pemandangan dari atas perbukitan. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati kuliner sajian khas setempat. Untuk pengunjung yang berminat camping admin menyarankan datang ke pantai Greweng, Siung, Wohkudu, Watu Kodok, Sundak, dan Wediombo. Bagi yang suka memanjat tebing anda dapat datang ke pantai Siung, sedangkan di pantai Wediombo pengunjung dapat snorkling.

23. Pantai Baron Gunungkidul Jogja

Pantai Baron Gunungkidul Jogja
IG @murahtiketoke

Deretan pantai indah terbentang di kawasan selatan kabupaten Gunungkidul, pantai yang akan menyapa pertama sebagai pintu gerbangnya adalah Pantai Baron. Keindahan pantai baron yang eksotis dan sibuknya aktifitas nelayan yang pulang melaut akan memanjakan mata kita untuk menyatu dengan pesona alam. Bukit-bukit berjajar mengelilingi pantai menambah keelokan paras pantai baron. Disebelah barat, terdapat muara air sungai bawah tanah (air tawar) yang mengalir langsung ke laut. Terdapat juga pedagang yang menjajakan hasil tangkapan nelayan, dapat langsung dimasak dan dimakan ditempat ataupun dijadikan oleh-oleh. Jarak antara pantai baron dan kota jogja adalah 64 km sedangkan adri kota wonosari 30 km.

24. Pantai Kukup Gunungkidul Jogja

Pantai Kukup Gunungkidul Jogja
IG @jawapicture

Hamparan pasir putih yang luas, ikan hias yang berkerjaran, aneka biota laut yang melengkapi keindahan Pantai Kukup. Cirri khas dari pantai ini adalah adanya pulau karang kecil yang dilengkapi dengan  gardu pandang diatasnya. Semilir angin pantai berhembus perlahan menyapa tamu yang berkunjung dan singgah di pulau karang, dari atas tampak dengan jelas pesona panorama alam yang indah serta aktifitas di lepas pantai. Pengunjung yang ingin singgah di pantai kukup, dapat menempuh perjalanan dari kota Jogja sepanjang 64 km dan jika ditempuh dari kota Wonosari sepanjang 31 km.

25. Pantai Drini Gunungkidul Jogja

Pantai Drini Wonosari Jogja
IG @tyan_afa

Nama Pantai Drini berawal dari banyaknya pohon drini yang tumbuh di seputaran panta, pantai indah yang sekelilingnya banyak tumbuh pohon drini  dan dipercaya oleh penduduk setempat sebagai penangkal ular berbisa. Terdapat juga pulau karang kecil menjadikan suasana semakin menarik. Pantai drini juga merupakan lokasi tempat pendaratan nelayan tradisional dan tempat pelelangan ikan. Pengunjung dapat menikmati aneka sajian makanan tradisional dan seafood untuk dimakan ditempat atau dibawa pulang.

26. Pantai Sepanjang Gunungkidul Jogja

Pantai Sepanjang Wonosari Jogja
IG @zulvhahendri

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai lebih panjang dibandingkan dengan pantai lain dikawasan Gunungkidul lainnya. Hamparan pasir putih dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai menjadikan suasana semakin nyaman untuk berlama-lama. Ombak pantai yang tida terlalu tinggi, laut yang biru akan memanjakan mata penikmat keindahan alam laut. Pinggir pantai berderet beberapa gazebo tempat untuk beristirahat dan menikmati semilir angin laut dan udara segar.

27. Pantai Krakal Gunungkidul Jogja

Pantai Krakal Wonosari
IG @pesonajogja

Pantai Krakal memiliki keindahan hamparan pasir pantai putih yanglengkung memanjang, batuan-batuan dipermukaan laut yang halus berwarna putih, air yang jernih dan ketika terjadi pasang surut, pengunjungdapat menikmati keindahan aneka biota laut yang berada di dalamnya. Salah satu jenis ikan yang terkenal di pantai Krakal adalah ikan damselfish, ikan berwarna kuning dengan aksen biru di punggungnya.

28. Pantai Sadranan Gunungkidul Jogja

Pantai Sadranan Wonosari
IG @nabilahsaniyya

Keindahan bawah laut pantai Sadranan dapat langsung dinikmati pengunjung dengan snorkeling. Pantai ini memiliki biota laut yangberaneka ragam, hamparan pasir putih, dan panorama sekitar pantai yang indah. Udaranya pun masih segar dan alami, cocok untuk memanjakan diri bersantai sambil menikmati jajanan local.

29. Pantai Ngandong Gunungkidul Jogja

Pantai Ngandong Jogja
IG @dwisurti

Pantai Ngandong merupakan kolaborasi antara pantai yang masih bersih dan alami, pemandangan bukit kars berwarna kehijauan, pantai landai dengan deburan ombak yang tidak besar. Rasa nyaman yang disughkan Pantai Ngandong merupakan magnet untuk pengunjung untuk kembali berkunjung.

30. Pantai Sundak Gunungkidul Jogja

Pantai Sundak Jogja
IG @neli_widiyanti

Pantai Sundak menawarkan berbagai keindahan panorama alam seperti bukit tebing, pasir putih serta air lautnya yang masih jernih. Garis pantai yang tidak terlalu luas, tidak mengurangi keindahan pantai. Tak jauh dari pantai terdapat goa kecil yang didalamnya terdapat sumber air tawar dan biasa dipakai penduduk setempat untuk mencukupi kebutuhan air minum.

31. Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Pantai Indrayanti Jogja
IG @aldina,zulfa

Pantai Pulang Sawal atau dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Air yang jernih, pemandangan perbukitan karang di sekeliling pantai, dan bentang pantai yang luas menjadi daya tarik untuk pantai ini. Wisatawan yang berkunjung akan disambut dengan panorama pantai yang ramah dan membuat ingin tinggal sejenak untuk melepas penat. Di pinggir pantai dilengkapi dengan gazebo-gazebo untuk bersantai.

32. Pantai Siung Gunungkidul Jogja

Pantai Siung Wonosari Jogja
IG @wisnusub81

Pantai Siung memiliki keindahan pantai dan ciri khas terdiri daripada pantai lain di Gunungkidul. Ciri khas tersebut adalah adanya bukit-bukit curam yang terbentang dengan panorama yang indah. Adanya bukit curam, menjadikan pantai Siung sebagai lokasi panjat tebing yang terkenal di kalangan para pecinta panjat tebing. Prasarana jalan menuju kaawasan pantai cukup baik dan mudah.

33. Pantai Ngelambor Gunungkidul Jogja

Pantai Nglambor Jogja
IG @dominiquepramuditta

Pantai Ngelambor merupakan pantai dengan karakteristik perpaduan batuan vulkanik serta karst. Dasar pantai layaknya sebuah akuarium bawah laut raksasa dengan sejuta pesona. Pengunjung dapat menikmati pesona Pantai Nglambor dengan bersnorkling. Selain itu pantai Nglambor merupakan tempat budidaya dan konservasi beberapa jenis ikan.

34. Pantai Timang Gunungkidul Jogja

Pantai Timang Gunungkidul Jogja
IG @pantai.jogja

Identitas dari pantai Timang adalah adanya pulau karang yang berada di area pantai, pulau tersebut bukan pulau berpasir atau tanah, tapi adalah berupa batuan karang yang besar, tajam, dan sangat curam. Hal unik lain dari Pantai Timang adalah adanya gondola tradisional yang dibuat dan digunakan oleh penduduk sekitar untuk menyeberang ke pulau Timang untuk menangkap lobster. Gondola dibuat dengan cara tradisional dan pengoperasiannya secara manual atautenaga manusia. Saat ini pulau yang dikelola oleh masyarakat local memiliki jembatan tradisional yang dapat digunakan pengunjung untuk mencapai pulai itu.

(Baca Juga: Menikmati Malam Di Bukit Bintang Yogyakarta)

JogjaDay.com ~ Demikianlah ulasan tim Jogja Day mengenai 34 wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Dengan keunikan dan beragamnya potensi alam dan kebudayaan yang ada, mulai dari pegunungan, pantai, desa wisata, kesenian hingga kuliner menjadikan Gunungkidul ramai dikunjungi wisatawan lokal juga mancanegara. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kota Jogja pastikan untuk menjelajahi Gunungkidul yaa!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*