27 Tempat Wisata Banyuwangi Terkenal, Populer & Wajib di Kunjungi


Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan tempat wisata alamnya. Bagi anak muda wisata Kawah Ijen, Taman Baluran dan Djawatan menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan yang menarik.

Banyuwangi berada di paling ujung Timur Pulau Jawa sehingga memiliki wisata alam berupa pegunungan dan pantai.

Ada banyak wisata yang bisa kamu nikmati dan kini menjadi hits, karena jalanan di pulau jawa sudah terhubung oleh jalan tol maka waktu tempuh ke Banyuwangi relatif lebih singkat.

Perlu kamu ketahui jika kota ini sendiri memang telah dikelilingi oleh beberapa daerah-daerah yang lainnya seperti hanya wilayah Selat Bali di sebelah timur, Kabupaten Situbondo di sebalah utara,  Samudra Hindia di sebelah selatan dan Kabupaten Jember dan juga terdapat Kabupaten Bondowoso di sebelah baratnya.

Apakah ada salah satu kabupaten daerah di atas yang pernah anda kunjungi atau anda tinggali? Di bawah ini, jogja day akan memberi beberapa informasi mengenai tempat tempat wisata favorit yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Setidaknya ada beberapa Objek Wisata di Banyuwangi yang harus dikunjungi saat berada di kota ini, seperti di bawah ini.

“Baca Juga: 20 Tempat Wisata Sidoarjo Terkenal, Keren & Hits 2019

27 Daftar Tempat Wisata Banyuwangi Paling Terkenal & Populer

Banyuwangi menjadi kabupaten yang serius untuk mengembangkan potensi wisatanya. Pemerintah daerah menggenjot sedemikian rupa untuk meningkatkan wisata alam dan wisata buatannya.

Ada banyak sekali wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan wisata buatan di Banyuwangi. Tak perlu pusing menentukan objek wisata di Banyuwangi. Berikut ini jogja day tampilkan tempat wisata terkenal dan paling ramai dikunjungi wisatawan.

1. Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi @visiteastjava
Pulau Merah Banyuwangi @visiteastjava

Panorama Sunrise akan terluhat jelas di Pantai Pulau Merah ini, jadi admin rekomendasikan untuk datang pada saat pagi hari.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang menggulung, terdapat pula vegetasi alami berupa pepohonan yang rindang pada bibir pantainya.

Pada sisi tengah air pantainya terdapat sebuah pulau kecil yang menggunung, pulau tersebut memiliki pasir merah. Nama dari Pantai Pulau Merah diambil dari vegetasi tersebut. Sungguh unik bukan, jadi sempatkan untuk mengunjunginya.

Selain berfoto ria di Pantai Pulau Merah, kamu juga bisa bermain air dan mencari biota laut saat air surut namun harap hati hati karena karang yang tajam.

Tiket Masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi sebesar Rp 8.000/orang

Lokasi Pantai Pulau Merah ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur

2. Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk Hijau Banyuwangi @eastjava.supertrip
Teluk Hijau Banyuwangi @eastjava.supertrip

Banyuwangi yang berada di paling ujung timur pulau Jawa memilikibanyak sekali Pantai. Selain Pulau Merah, wisata Teluk Hijau di banyuwangi ini sungguh mempesona.

Teluk Hijau atau dikenal juga Green Bay Banyuwangi, memiliki warna air laut yang kehijauan, dengan rindangnya pepohonan di pinggir bibir pantai menjadikannya wisata alam favorit di Banyuwangi.

Fasilitas yang ada di Teluk Hijau cukup lengkap seperti toilet dan warung makan. Pengunjung juga bisa melalukan berbagai aktifitas Pantai disini seperti bermain air, bermain pasir, berfoto hingga wisata menyusuri pinggir pantai dengan menggunakan perahu yang tersersedia.

Untuk kamu yang pengen wisata perahu cukup membayar Rp 35.000 per orang untuk wisata menyusuri bibir pantai, pulang pergi.

Di Green Bay Banyuwangi terdapat air terjun yang ada di kawasan Teluk Hijau. Namanya air terjun Bidadari, konon katanya air terjun ini dijadikan tempat untuk memandikan para malaikat di waktu tertentu.

Tiket Masuk Teluk Hijau Banyuwangi sebesar Rp 8.000/orang

Lokasi Green Bay ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

3. Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Pantai Watu Dodol Banyuwangi @thisiseastjava
Pantai Watu Dodol Banyuwangi @thisiseastjava

Wisata Pantai di Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Watu Dodol. Watu yang berarti batu karang dan dodol berarti jualan. Jika pengunjung ke Pantai ini akan disuguhkan pemandangan dari atas tebing karang yang indah.

Selain pesona tebing batu yang banyak, ciri khas dari Pantai Watu Dodol adalah adanya patung penari yang berdiri megah dipinggir pantai, patung ini disebut patung Gandrung oleh masyarakat sekitar.

Fasilitas yang ada di Pantai ini cukup lengkap, bahkan kamu bisa melakukan kegiatan selancar, Pantai Watu Dodol sering digunakan selancar karena ombaknya yang ideal dengan panjang bibir pantai 3 km.

Pantai Watu Dodol terletak di Dusun Bangsring, Kecamatan Wonosorejo, Banyuwangi, letaknya hanya 5 km dari pelabuhan Ketapang. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk melihat kapal feri yang lewat antara pelabuhan Ketapang dan pelabuhan Banyuwangi.

Di sekitar pantai Watu Dodol ada juga banyak tempat wisata kuliner yang lezat dan sayang untuk anda anda lewatkan. Tiket Masuk Pantai Watu Dodol adalah Rp. 7.000,00- /per orang.

4. Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi @tamanbacasamudera
Pantai Rajegwesi Banyuwangi @tamanbacasamudera

Pantai Rajegwesi menjadi wisata pantai favorit di Banyuwangi. Keindahan alamnya cukup terkenal bagi wisatawan lokal. Tak hanya wisata alam disini kamu juga akan wisata sejarah.

Terdapat peninggalan dan sisa sia bangunan jaman penjajahan kolonial Jepang di Pantai Rajagwesi. Hal ini dengan adanya bunker yang ada di pantai ini.

Di Pantai Rajagwesi kamu dapat melihat banyak perahu bersandar, yang digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan. Warna pasirnya cenderung kecoklatan dan lembut, hal ini kaena pasir bercampur dengan lumpur yang dibawa saat air sungai hujan.

Pada kawasan timur jika musim penyu bertelur pengunjung dapat melihat deretan habitat penyu yang sedang bersandar dipinggir bibir pantai untuk berkembang biak.

Pantai Rajeg Wesi berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi, dengan harga tiket masuk adalah Rp. 7.500/per orang.

5. Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung Banyuwangi @estebanchavss
Pantai Plengkung Banyuwangi @estebanchavss

Tempat wisata pantai lain yang menarik di Banyuwangi adalah Pantai Plengkung atau disebut juga G-Land. Bagi Anda yang suka berselancar, ini adalah tempatnya. Pantai ini sangat terkenal dengan ombaknya yang besar dan cocok untuk berselancar/surfing.

Para wisatawan asing yang datang dari berbagai negara berdatangan ke wilayah ini untuk dapat menikmati berselancar di Pantai Plengkung banyuwangi.

Pantai ini masuk dalam The Seven Giant Waves Wonder. Adapun julukan ini merupakan pemberian wisatawan mancanegara karena termasuk dalam 7 ombak didunia yang wajib di takhlukan. Ketinggian ombak Pantai Plengkung bisa mencapai hingga 6 meter.

Ombak yang ada di pantai Plengkung Banyuwangi juga dikenal dengan sebutan ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Adapun waktu yang paling baik untuk anda dapat melakukan selancar di pantai Plengkung yaitu bulan Juli dan September, pada bulan tersebut angin selatan bertiup cukup kencang.

Jika Anda tidak memiliki dan membawa peralatan untuk berselancar, Anda bisa menyewa di area ini sehingga anda tidak perlu repot membawanya dari rumah.

Jika Anda tidak tertarik berselancar, jangan khawatir. Lingkungan yang tenang jauh dari keramaian membuat tempat wisata ini cocok bagi mereka yang menginginkan liburan yang berkualitas.

Terdapat hutan tropis yang mengelilingi pantai, Anda bisa melakukan trekking dan mengunjungi air terjun di hutan. Pantai Plengkung dan sekitarnya tidak akan mengecewakan Anda.

Lokasi Pantai Plengkung Banyuwangi berada di Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, dengan harga tiket masuk yang murah sebesar Rp. 5.000 per orang

6. Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi @kawahijenindonesia
Kawah Ijen Banyuwangi @kawahijenindonesia

Bagi yang suka mendaki gunung, Kawah Ijen merupakan salah satu yang direkomendasikan. Ini adalah salah satu tujuan wisata favorit di Banyuwangi.

Kawah Ijen memiliki fenomena yang sangat menarik untuk ditonton. Pemandangan luar biasa dari kawah ini sangat luar biasa, selain pemandangan kawah gunung, pengunjung juga dapat melihat keajaiban alam berupa api biru atau disebut blue fire.

Kawah Ijen terletak di Banyuwangi dan Bondowoso. Api di bawah kawah berwarna biru dan terlihat lebih indah ketika kondisi di sekitarnya gelap. Untuk itu, Anda harus datang lebih awal di pagi hari untuk melihat keindahan Blue Fire.

Hal yang menarik lainnya adalah adanya banyak penambang belerang di Kawah Ijen, setiap hari akan terlihat penambang belerang yang naik turun gunung untuk mengambil belerang yang ada di tengah kawah ijen.

Jika pengunjung ingin mendaki kawah Ijen, wajib hukumnya untuk mempersiapkan diri seperti membawa jaket tebal, masker dan sepatu, karena kawah ini memiliki suhu cukup dingin dan bau belerang yang menyengat.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen untuk weekday Rp. 5.000, dan weekend Rp. 7.500,00-, dengan rute atau alamat untuk menuju Kawah Ijen, perjalanan bisa dilakukan dari kota Banyuwangi menuju ke daerah Paltuding.

Pendakian akan dibuka pada jam 1:00 pagi. Pendakian dilakukan dari Paltuding dari jam 01.00 setelah membeli tiket hingga pukul 12.00 siang.

7. Wisata Alam Air Terjun Kalibendo Banyuwangi

Air terjun Kalibendo Banyuwangi @isunbanyuwangi
Air terjun Kalibendo Banyuwangi @isunbanyuwangi

Wisata alam berupa air terjun di Banyuwangi yang terkenal adalah air terjun Kalibendo. Air terjun yang mengalir dari atas ke bawah menjadi pemandangan yang indah untuk dinikmati.

Air Terjun Kalibendo berada di dataran tinggi Banyuwangi, sehingga udaranya cukup sejuk dan segar. Pengunjung dapat menikmatinya dengan berenang atau bermain air.

Perjalanan menuju Air terjun ini juga indah, pengunjung akan melewati perkebunan teh yang hijau dan merasakan suasana pedesaan yang asri.

Tiket Masuk wisata Kali Bendo adalah Rp. 5.000 per orang dengan lokasi di Desa Kampung Anyar Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

8. Air Terjun Lider Banyuwangi

Air Terjun Lider Banyuwangi @banyuwangi_millenial
Air Terjun Lider Banyuwangi @banyuwangi_millenial

Air Terjun Lider Banyuwangi merupakan air terjun yang extrim karena memiliki ketinggian kurnag lebih 60 meter.

Dengan air yang tercurah deras ke bawah sepanjang 60 meter menjadikannya wisata yang epic dan luar biasa. Fenomena ini sering digunakan untuk berfoto oleh pengunjung yang datang.

Jika pengunjung berjalan menuju ke Air Terjun Lider, akan melewati hamparan perkebunan dan hutan. Pengunjung bahkan menemukan berbagai hewan hutan diantaranya monyet dan aneka burung.

Meskipun air terjun ini menjadi objek wisata yang bagus, namun fasilitas disini masih kurang memadai seperti tidak adanya warung, sehingga bagi pengunjung disarankan untuk membeli makanan sebelum berjalan menuju Air Terjun Lider Banyuwangi.

Air Terjun Lider adalah tujuan wisata favorit di Banyuwangi. Lokasi berada di Desa Sumber Arum, Distrik Songgon. Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, akses ke air terjun Lider cukup sulit.

Harga tiket masuk adalah Rp. 3.000 per orang. Cukup terjangkau kan, tertarik mengunjunginya?

9. Liburan Ke Agrowisata Kali Klatak Banyuwangi

Kali Klatak Banyuwangi www.piknikdong.com
Kali Klatak Banyuwangi www.piknikdong.com

Jika kamu menginginkan wisata dengan udara sejuk dan segar, bisa mengunjungi Agrowisata Kali Klatak. Agrowisata ini sudah cukup lama ada, yaitu sejak jaman penjajahan belanda.

Lokasi Agrowisata Kali Klatak berada di lereng Gunung, sehingga cocok digunakan untuk budidaya buah dan tanaman. Hasil perkebunan agrowisatanya diantaranya adalah karet, kopi, cokelat, buah buahan dan rempah rempah.

Hal unik lainnya yang ada di Agrowisata ini adalah pada momen tertentu akan ada ritual yang diselenggarakan oleh masyarakat sekitar, seperti tanggal 17 April yatu ritual sedekah bumi.

Lokasi di Lereng Gunung Merapi, 15 km sebelah barat kota Banyuwangi, Jawa Timur. Anda bisa menggunakan moda transportasi pribadi anda atau dengan sewa paket wisata yang biasanya dapat mempermudah anda ketika sedang berkunjung untuk sampai ke tempat wisata tersebut.

10. Wisata Keluarga Pemandian Taman Suruh Banyuwangi

Pemandian Taman Suruh Banyuwangi
Pemandian Taman Suruh Banyuwangi

Salah satu tempat wisata keluarga yang bisa kamu singgahi di Banyuwangi adalah pemandian taman Suruh. Wisata ini berada di ketinggian, sehingga memiliki udara bersih dan segar.

Dahulunya wisata Pemandian ini hanyalah lahan gersang dan tidak berpenghuni, namun dengan munculnya mata air, maka tempat ini dikelola dan dijadikan wisata Pemandian taman Suruh.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000, kamu sudah dapat mengexplore wisata disini. Wisata ini selalu ramai pengunjung apalagi ketika hari libur tiba.

Lokasi wisata pemandian Taman Suruh terletak di  Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

11. Wisata Keluarga Di Cagar Alam Baluran Banyuwangi

Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Tempat wisata di banyuwangi selanjutnya dalah Taman Nasional Baluran. Taman ini sudah cukup terkenal, dan menjadi destinasi favorit di banyuwangi.

Fungsi dari Taman baluran sebenarnya adalah untuk konservasi hewan dan juga tumbuhan. Namundibuka juga untuk tempat wisata. Pengunjung dapat menikmati wisata di Baluran dan menemukan banyak sekali hewan liar yang hidup disana.

Selain hewan liar seperti singa dan rusa, wisatawan dapat melihat padang sabana yang membentang luas. Tentu ini menjadi pengalaman yang menarik.

Harga Tiket Masuk Taman Baluran Banyuwangi sebesar Rp. 15.000 per orangnya.

Lokasi Taman Baluran terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Anda bisa ketempat wisata ini dengan moda transportasi pribadi seperti mobil, motor atau sewa bus pariwisata.

12. Pantai Bama di Banyuwangi

Pantai Barna Banyuwangi
Pantai Barna Banyuwangi

Pantai di Banyuwangi memang menjadi destinasi wisata yang banyak ditemui, karena lokasi banyuwangi yang berada di paling ujung timur pulau Jawa. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Bama Banyuwangi.

Berada satu wilayah dengan Taman Baluran, pantai Bama memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai pantai yang ada di Bali. Hamparan pasir putih dan juga pohon yang tumbuh di pinggir bibir pantai, menjadi fenomena yang indah.

Di Pantai Bama Banyuwangi, pengunjung bisa bermain air, karena kondisi air yang jernih dan bibir pantai yang landai. Namun tentu tetap dengan berhati hati.

Air pantai yang jernih menyebabkan terumbu karang yang ada di Pantai Bama bisa terlihat jelas. Bagi yang ingin menyelam, dipersilahkan dan bisa terlihat dengan jelas terumbu karang yang ada.

Bagi pengunjung yang tidak ingin bermain air, kamu bisa bersantai di pinggir bibir Pantai menikmati ombak yang menggulung dan aing sepoi sepoi. Sembari memesan masakan khas laut atau meminum es kelapa muda.

Harga Tiket Masuk Pantai Bama sebesar Rp. 17.500 per orang.

Lokasinya berada di Pantai Bama, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

13. Wisata Pantai Sukamade di Banyuwangi

Pantai Sukamade Banyuwangi
Pantai Sukamade Banyuwangi

Pantai Sukamade Banyuwangi merupakan pantai favorit bagi wisatawan karena tergolong pantai yang terawat. Pasir putihnya nampak bersih dan airnya biru kehijauan. Jarang ditemukan sampah di pantai ini.

Di sini pengunjung bisa melihat langsung konservasi penyu. Jenis penyu di Pantai Sukamade cukup banyak dan ada jenis penyu yang mulai punah.

Pada momen tertentu pengunjung bisa melihat proses penyu bertelur dan juga pelepasan anak penyu ke lautan bebas. Wah seru bukan?

Lokasi Pantai Sukamade Banyuwangi berada di pas sebelah barat daya pada Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi Selatan. Medan yang ditempuh cukup melelahkan karena jalannya cukup sulit.

Jadi pastikan saat berkunjung dalam keadaan fit dan perlengkapan yang cukup seperti sepatu, jaket dan kendaraan yang prima.

Harga tiket masuk Pantai Sukamade Banyuwangi adalah Rp. 10.000 per orang.

14. Liburan Yang Menyenangkan Ke Hutan Bakau di Bedul Banyuwangi

Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi
Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi

Banyuwangi juga mempunyai hutan mangrove yang dijadikan wisata. Namanya Hutan Bakau Bedul, hutan mangrove ini berada di area Taman Nasional Alas Purwo.

Di Hutan Mangrove Bedul, pengunjung dapat menikmati wisata dengan menyewa perahu untuk keliling rawa. Area rawa menawarkan wisata yang indah. Pemandangan sepanjang hutan bakau menjadi area yang indah untuk dijelajahi.

Daerah rawa dan hutan mangrove ini menjadi konservasi sekaligus wisata yang menarik untuk dikunjungi. Fungsi dari hutan bakau dan mangrove disini adalah sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Panjang hutannya mencapai 17 km.

Lokasi wisata Hutan Bakau Banyuwangi berada di Dusun Bloksolo, RT 01, RW 02, desa Sumberasri, kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, provinsi Jawa Timur.

Tiket masuk Hutan Bakau sebesar Rp. 7.500 per orang. Jika pengunjung ingin keliling kawasan hutan mangrove menggunakan perahu, biaya per paketnya bervariatif.

15. Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pulau Tabuhan Banyuwangi

Banyuwangi juga memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Jika Anda ingin menyelam di Banyuwangi, pantai Tabuhan adalah pilihannya. Pantai Tabuhan mempunyai air yang jernih dan pasir putih yang bersih.

Namun untuk sampai ke Pantai Tabuhan Banyuwangi, pengunjung harus menyeberangi laut melalui pantai Kampe. Akses ke Pantai Kampe dapat dilakukan melalui jalan setapak di Taman Pasewaran, sebuah taman yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII.

Ada banyak nelayan di pantai Kampe, dan ada juga perahu bermotor yang siap mengantar Anda ke Pulau Tabuhan dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Lokasi Pulau Tabuhan berada di Desa Bangsring, Kabupaten Wongsorejo, jarak dari Pulau Tabuhan hanya sekitar 20 km dari pusat Banyuwangi.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai paket wisata yang bisa kamu nikmati seperti paket snorkling, susur kapal dan bermain air. Dengan harga yang bervariatif, pengunjung dapat memilih berbagai destinasi untuk dinikmati.

16. Liburan Menantang di X-Badeng Adventure Banyuwangi

X Badeng Adventure Banyuwangi
X Badeng Adventure Banyuwangi

X Badeng Adventure Banyuwangi merupakan wisata susur sungai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata ini pengunjung dapat menikmatinya dengan wisata rafting juga arung jeram.

Wisata arung jeram ini berada di Desa Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi. Nama X Badeng diambil karena lokasinya yang dilakukan di Sungai Badeng.

Di X Badeng Banyuwangi, pengunjung bisa melakukan kegiatan wisata tubbing dan rafting. Perbedaanya terletak pada peralatan yang digunakan, tubbing adalah susur sungai mandiri menggunakan ban fuso yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sedangkan rafting adalah menggunakan perahu karet.

Ada banyak pilihan paket wisata rafting di X Badeng, ada yang berdurasi 1,5 jam dengan jarak tempuh 3,5 km, ada yang 3-4 jam dengan jarak tempuh 6-7 km. Untuk harga paketnya sangat bervariasi mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 150.000 per orangnya.

Dengan aliran air sungai yang deras dan juga air yang jernih mejadikan wisata rafting dan tubbing di X Badeng selalu menarik untuk dicoba. Jadi bagi kamu yang suka olahraga extreme susur sungai wajib mencoba rafting di X Badeng Adventure.

18. Objek Wisata Keluarga Pemandian Umbul Pule Banyuwangi

Umbul Pule Banyuwangi
Umbul Pule Banyuwangi

Tempat wisata berikutnya di Banyuwangi adalah Pemandian Umbul Pule. Umbul merupakan mata air yang ada di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Konon Umbul Pale merupakan mata air atau telaga yang tidak pernah surut airnya, meskipun musim kemarau. Mata Airnya yang jernih dan bersih, digunakan oleh penduduk sekitar untuk mengairi pertanian, perikanan, perkebunan hingga wisata.

Dengan Harga Tiket masuk yang murah sebesar Rp. 10.000 per orang. Pengunjung sudah bisa menikmati wisata Pemandian ini seharian yang pastinya segar karena berasal langsung dari mata air telaga.

19. Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi
Pantai Boom Banyuwangi

Pantai di Banyuwangi menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi, salah satu Pantai di Banyuwangi yang direkomendasikan adalah Pantai Boom.

Meski memiliki pasir yang berwarna hitam, pantai boom memiliki pesona tersendiri dan tidak kalah dengan pantai pasir putih lainnya. Selain itu, nampak di kejauhan pantai ini, pulau Bali terlihat jelas sebagai latar belakang, yang menambah eksotisme Pantai Boom.

Pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas pendukung di pantai ini, seperti payung dan gazebo yang berada di pinggir Pantai.

Keunikan lainnya yang ada di pantai ini adalah jembatan di dekat pantai Boom, sering digunakan untuk berfoto ria dan juga selfie karena bentuknya yang unik dan menarik.

Tiket masuk Pantai Boom Banyuwangi sebesar Rp. 3.000 per orang, lokasinya berada di Kampung mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

20. Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng merupakan pantai pasir putih yang ada di banyuwangi. Tebing yang tinggi, karang di pinggir pantai dan ombaknya yang relatif tenang menjadikanya sangat indah dipandang.

Namun untuk sampai di Pantai Wedi Ireng, pengunjung membutuhkan tenaga exstra karena harus menaiki tebing yang tinggi untuk sampai di bibir pantainya. Tapi perjalananmu tak akan sia sia karena Pantai Wedi Ireng mempunyai keindahan yang luar biasa.

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Wedi Ireng adalah Raja Ampatnya banyuwangi, meskipun tidak seluas Raja Ampat namun  pantai Wedi Ireng dengan alamnya memiliki keunikan yang hampir sama.

Bagi kamu yang ingin ke Pantai Wedi Ireng, terletak di dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Tiket masuknya adalah Rp. 5.000 per orang.

21. Blue Bay Banyuwangi

Blue Bay Banyuwangi
Blue Bay Banyuwangi

Objek wisata berikutnya di Banyuwangi bernama Blue Bay Banyuwangi. Jika sebelumnya ada teluk hijau yang sangat eksotis, ternyata teluk biru itu tidak kalah eksotis dari teluk hijau.

Blue Bay sendiri adalah sebuah teluk yang memiliki keindahan bawah laut yang indah yang menakjubkan. Bagi Anda yang gemar menyelam dan menikmati dunia bawah laut, Anda harus memasukkan blue bay di daftar objek wisata Banyuwangi yang akan Anda kunjungi.

Blue Bay Banyuwangi memiliki air yang berwarna biru ke hijauan yang jernih. Bahkan ketika dilihat dari atas laut, pengunjung bisa melihat dengan jelas biota yang ada di dasar lautnya.

Harga tiket masuk Blue Bay Banyuwangi sebesar Rp. 5.000 per orang, adapun lokasinya berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

22. Pantai Parang Kursi Banyuwangi

Pantai Parang Kursi Banyuwangi
Pantai Parang Kursi Banyuwangi

Tempat wisata di Banyuwangi berupa pantai berikutnya adalah Pantai Parang Kursi Banyuwangi. Namanya yang unik berasal dari karang besar yang berada di pinggir pantai yang mirip dengan kursi.

Ada mitos di balik karang besar di tepi pantai Parang Kursi tersebut adalah persinggahan Nyi Roro Kidul. Anehnya, air yang menaburkan batu ini tidak memiliki rasa asin, tetapi hambar. Wah sangat unik bukan? Kamu bisa membuktikannya sendiri dan datang langsung ke Pantai Parangkursi.

Pantai Parang Kursi memiliki air yang jernih, dengan pasir berwarna merah, pengunjung juga bisa menikmati deburan ombak yang menghantam karang karang di sepanjang bibir pantai.

Lokasi pantai Parang Kursi terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Akses ke pantai ini cukup ekstrem karena pantai ini masih alami, sehingga jalannya cukup sulit.

Kendaraan khusus seperti sepeda trail dapat membuat perjalanan Anda lebih mudah di jalur ini. Harga tiket masuknya pPantai Parangkursi adalah Rp. 7.500 per orang.

23. Wisata Rowo Bayu Banyuwangi

Rawa Bayu Banyuwangi
Rawa Bayu Banyuwangi

Rowo Bayu merupakan objek wisata yang menarik di Banyuwangi, wisata ini cocok untuk gathering keluarga juga teman sejawat. Rowo bayu berada di 800 meter diatas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang cukup sejuk dan segar.

Rowo yang berarti danau ini memiliki diameter sekitar 50 meter yang pinggirnya dibatasi oleh hutan dengan daun-daun yang begitu lebat pada satu atau beberapa pohon.

Hijaunya pemandangan sekitar Rowo Banyu bisa pengunjung nikmati dengan berwisata menggunakan perahu yang tersedia. Terdapat pula warung makan yang bisa menjadi persinggahan untuk mengisi perut yang sudah lapar.

Rawa Banyu Banyuwangi dipercaya sebagai tempat peristirahatan yang tenang dan sakral bagi sebagian masyarakat Banyuwangi.  Lokasi Rowo Banyu terletak di kawasan hutan plot 8, di desa Sambung Rejo, di desa Bayu, di kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

24. Pantai Grajagan Banyuwangi

Pantai Grajagan Banyuwangi
Pantai Grajagan Banyuwangi

Masih dengan wisata pantai, yaitu pantai Grajagan di Banyuwangi yang bisa kita kunjungi. Pantai ini sangat fenomenal sampai ada lagu di mana ada lirik yang mengatakan “Grajagan Banyuwangi, Yoo Sing Tau Raino Bengi”, yang berarti “Grajagan Banyuwangi, Setiap malam tidak pernah sepi”.

Ini menunjukkan bahwa pantai Grajagan sejak dulu banyak pengunjung. Namun seiring berjalannya waktu, pantai Grajagan tersaingi pantai Pulau Merah atau Green Bay. Namun masih dengan pesonanya Pantai Grajakan tentu tak tergantikan.

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Grajagan, Kabupaten Purwoharjo, Banyuwangi. Pantai Grajagan sendiri memiliki pasir hitam, pantai yang diapit oleh tebing berwarna hijau menjadikannnya indah dipandang mata.

Pengunjung dapat menikmati wisata Pantai Grajakan dengan bermain air, atau bermain pasir di bibir pantainya. Dengan obak yang cenderung landai dan bibir pantai yang panjang, aktifitas bermain air di pantai ini relatif aman.

Di pantai Grajagan terdapat dua gua yang menjadi peninggalan tentara Jepang dalam Perang Dunia II. Unik bukan? dan kamu bisa mengunjunginya. Harga tiket masuk Pantai ini adalah Rp. 7.500 per orang.

25. Air Terjun Desa New Banyuwangi

Air Terjun New Banyuwangi
Air Terjun New Banyuwangi

Tempat wisata berikutnya di Banyuwangi adalah air terjun desa new Banyuwangi atau Air Terjun desa baru. Terletak di desa Anyar, Taman Suruh, subprovince Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Di air terjun ini, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang sangat mengesankan di mana ada tiga air terjun sekaligus di satu tempat.

Suasana yang masih asri, seiring dengan udara segar khas pegunungan akan membuat siapa pun yang datang akan menikmati bermain untuk waktu yang lama di air terjun ini.

Air terjun desa baru terletak di desa Anyar, Taman Suruh, subprovince Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Untuk mencapai air terjun ini juga cukup mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Banyuwangi ke barat menuju desa kampung baru atau sekitar 15 km.

Di sekitar area wisata air terjun, disediakan area parkir, yang sebagian besar berada di depan rumah-rumah penduduk dan juga ke pos-pos yang didirikan oleh penduduk setempat.

26. Pantai Mustika Banyuwangi

Pantai Mustika Banyuwangi
Pantai Mustika Banyuwangi

Pantai Mustika mungkin adalah salah satu dari tempat wisata yang ada di Banyuwangi yang tidak begitu terkenal. Namun pantai ini sebenarnya memiliki keindahan yang luar biasa.

Hanya perlu sedikit promosi dan perbaikan sarana dan prasarana agar pantai ini menjadi salah satu tempat wisata Banyuwangi yang tidak kalah dengan pantai lainnya.

Pantai ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga dan anak-anak, karena ombak di pantai Mustika relatif landai sehingga anak-anak dapat bermain sebanyak yang mereka bisa di pantai atau berenang.

Selain itu, lanskap hijau pepohonan yang didominasi oleh pohon kelapa membuat pantai ini terlihat eksotis dan nyaman untuk bersantai sambil menikmati es kelapa muda yang tersedia di kawasan wisata.

Lokasi Pantai Mustika berada di desa Sumberagung, Kabupaten Pesanggaran, Banyuwangi.

Pantai Mustika terletak di dekat pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng, yang populer di Banyuwangi, sehingga pengunjung dapat merasakan keindahan 3 pantai di satu tempat.

27. Wisata Padang Rumput Sadengan Banyuwangi

Padang Rumput Sadengan Banyuwangi
Padang Rumput Sadengan Banyuwangi

Bagi pecinta alam, ada tempat wisata yang indah dan sangat alami di Banyuwangi, yaitu, Padang Rumpu Sadengan. Padang rumput di Savana Sadengan ini menyajikan lanskap yang menyerupai sabana Afrika.

Di Padang Rumput Sadengan ini banyak terdapat hewan liar yang hidup, diantaranya rusa, aneka burung, babi hutan dan macan tutul. Pengunjung bisa mengikuti tur paket wisata yang ada untuk melihat langsung fauna yang ada.

Selain itu, ada juga banyak hewan lain yang bisa dilihat di sini, seperti elang Jawa, osprey berkepala abu, elang ular, elang laut putih, srigunting, jalak putih, burung hutan merah, peregam, kuda jantan dari sawah, derek rumput, burung merak hijau, serta burung-burung lainnya.

Lokasi padang rumput ini sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo di semenanjung Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Terletak sekitar 2 km dari pintu masuk Rawa Bendo Post, di Taman Nasional Alas Purwo.

Padang Sadengan Banyuwangi adalah tempat yang dipilih dalam pengelolaan sebagai habitat hewan, termasuk sapi jantan dalam merumput atau mencari makan dan berinteraksi dengan luas sekitar 80 hektar.

Di Sadengan, waktu terbaik untuk mengamati Banteng adalah di pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB atau di sore hari sekitar pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB.

“Baca Juga: 31 Tempat Wisata Malang Terkenal & Hits 2019

Itulah 27 objek wisata di Banyuwangi yang menarik dan direkomendasikan jogja day untuk dikunjungi ketika Anda merencanakan liburan di Banyuwangi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Selalu jaga lingkungan dan menghormati kearifan lokal ketika mengunjungi Banyuwangi. Semoga liburan Anda di Banyuwangi menyenangkan dan memuaskan. Jangan lupa share artikel ya

Share This Post
255 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

Welcome

Share Artikel Ya!