Sun. May 19th, 2019

Jogjaday.com

Pesona Wisata Indonesia

25 Tempat Wisata Bandung Populer, Terbaru & Wajib Dikunjungi

21 min read

Tempat Wisata Bandung ~ Wisata adalah salah satu kegiatan yang disukai manusia, karena dengan berwisata semua permasalahan dapat dilupakan sejenak dan dengan berwisata semua permasalahan kehidupan menjadi terlupakan. Tujuan wisata selalu menjadi perdebatan semua orang, karena setiap manusia memiliki naluri wisata yang berbeda dan banyak daerah yang terkenal dengan tempat wisatanya seperti Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan berbagai daerah lainnya.

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki banyak tempat wisata dan semua tempat wisata yang ada memiliki keunikkannya masing-masing. Ada tempat wisata yang alami dan ada juga tempat wisata buatan. Perkembangan dunia informasi yang semakin cepat, membuat banyak tempat wisata yang populer di Indonesia.

Tempat wisata yang mengundang para wisatawan menjadi keuntungan bagi pihak pengelola, apalagi banyak wisatawan asing yang berkunjung dan dengan banyaknya wisatawan asing yang datang, devisa Indonesia menjadi akan lebih meningkat. Pengembangan sektor wisata memang terus dilakukan oleh pihak pemerintah untuk menekan pendapatan devisa negara.

Wisata alam menjadi sebuah tempat yang banyak disukai para pengunjung, karena tempat wisata alam pasti terbentuk secara alami dan salah satu kota yang banyak memiliki tempat wisata alam adalah Bandung. Tak hanya itu bandung juga memiliki tempat wisata buatan yang keren dan sudah banyak wisatawan asing yang datang ke Bandung.

Daftar Tempat Wisata Bandung Populer

Bandung berkembang dengan sangat pesat dan kini banyak tempat wisata baru yang berkembang di Bandung. Bandung memiliki tempat wisata yang lengkap seperti wisata alam, wisata buatan dan tempat wisata lainnya.

Kini Bandung melesat menjadi tempat wisata yang populer di Indonesia dan kota ini juga dikenal dengan kota fashion, karena perkembangan fashion di kota ini sangatlah pesat.

Perkembangan tempat wisata Bandung memang sangatlah pesat dan salah satu kawasan wisata terkenal yang ada di Bandung adalah kawasan Lembang, disini banyak sekali tempat wisata baru yang keren.

Keberlimpahan tempat wisata yang ada di Bandung, membuat banyak pengunjung datang yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri dan ada banyak tempat wisata Bandung yang memiliki harga tiket murah. Berikut ini adalah 25 tempat wisata Bandung murah meriah:

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu foto by instagram.com/gammatrip

Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata alam yang sudah ramai pengunjung sejak jaman dulu dan tempat wisata ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut. Untuk mencapai gunung ini, pengunjung juga dapat menikmati hamparan perkebunan teh yang sangat indah dan untuk berkunjung kesini, para pengunjung harus menggunakan pakaian yang tebal, karena suhunya sangat dingin.

Salah satu keunikakkan Gunung Tangkuban Perahu adalah memiliki kawah putih yang sangat indah dan hamparan kawah putih yang ada, seringkali dijadikan tempat berfoto para pengunjung. Berbagai fasilitas penunjang juga sudah sangat lengkap seperti pedagang makanan, pedagang minuman, pedagang masker, pedagang pakaian dan berbagai fasilitas lainnya.

Untuk berkunjung ke tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 30.000 per orang untuk dewasa dan Rp 20.000 per orang untuk anak-anak. Dengan tiket masuk yang murah, para pengunjung dapat menikmati keindahan yang dimiliki Gunung Tangkuban Perahu dari jarak dekat dan bisa melakukan berbagai kegiatan berfoto.

Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang dan lokasinya yang sangat strategis memudahkan pengunjung untuk datang ke gunung ini. Kini banyak juga pengujung asing yang sengaja datang ketempat ini dan merasakan berbagai fasilitas di tempat wisata alam ini.

2. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies foto by instagram.com/yourbandung

Bukit Teletubbies adalah salah satu tempat wisata yang sedang populer di Bandung dan tempat ini juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Suasana di tempat ini masih sangat alami dan hijaunya daun menjadi penghias yang mendominasi. Tempat ini juga seringkali dijadikan area camping dan setiap akhir pekan tempat ini selalu didatanggi oleh para pengunjung yang datang dari berbagai kota.

Salah satu hal yang membuat tempat ini menjadi unik adalah area campingnya yang sangat cocok, karena memiliki berbagai fasilitas camping yang sangat lengkap seperti kayu bakar dan areanya tidak terlalu curam. Kini banyak pula yang menyewakan tenda kemah dan berbagai perlengkapan berkemah lain. Harga sewanya juga tak mahal, karena pengelolaan penyewaan dilakukan warga sekitar.

Untuk menikmati liburan di Bukit Teletubbies, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis dan pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan. Pengunjung yang datang kesini bebas membawa makanan dari luar dan bisa mengkonsumsi makanan di berbagai spot dengan syarat sampahnya harus di kumpulkan di tempat sampah yang tersedia.

Bukit Teletubbies berlokasi di Tanjungwangi, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat dan tempat ini juga sering digunakan untuk acara anak muda yang suka dengan kegiatan berkemah atau anak pramuka. Tempat ini seringkali ramai dikunjunggi para wisatawan yang kebanyakkan adalah anak muda.

3. Dusun Bambu

Dusun Bambu foto by instagram.com/dusun_bambu

Dusun Bambu adalah tempat wisata keluarga yang populer di Bandung dan konsep pedesaan menjadi sebuah hal yang unik. Banyak pengunjung yang tergoda untuk merasakan suasana wisata di tempat yang asri khas pedesaan dan pengunjung yang datang kesini, seringkali melakukan berbagai aktivitas berfoto. Konsepnya yang unik menjadikan tempat ini banyak dikunjunggi para wisatawan.

Salah satu keunikkan Dusun Bambu adalah memiliki area pesawahan yang dilengkapi dengan gazebo-gazebo unik yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat dan ada fasilitas shuttle yang disediakan secara gratis. Dusun Bambu menjadi salah satu referensi tempat wisata keluarga yang unik dan memiliki berbagai fasilitas tambahan yang lengkap.

Untuk berkunjung ke Dusun Bambu pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp 20.000 per orang dan untuk parkir kendaraan yang disediakan, motor Rp 7.000 per motor, mobil Rp 15.000 per mobil, mini bus atau elf Rp 25.000 per mini bus dan bus Rp 25.000 per bus. Tak hanya itu disediakan juga berbagai villa untuk menginap dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 500.000 per malamnya.

Dusun Bambu berlokasi di Jl. Kolonel Masturi No.Km.11, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung dan tempat wisata ini seringkali dipenuhi pengunjung seriap akhir pekan. Pengunjung yang datang ke tempat ini berasal dari berbagai kota di Indonesia, bahkan banyak pula wisatawan asing yang sengaja datang ke Dusun Bambu.

4. Curug Cinulang

Curug Cinulang foto by instagram.com/bandunginframe

Curug Cinulang adalah salah satu curug yang memiliki kualitas air yang baik dan curug cinulang memiliki 2 air terjun yang berdampingan. Curug Cinulang masih sangat terbilang alami, karena situasi di sekitar curug masih sangat hijau dan berbagai tumbuhan hijau menambah daya tarik dari curug indah ini.

Curug Cinulang memiliki keunikkan dari bentuk curugnya yang lumayan tinggi yaitu sekitar 13 meter dan kualitas air curug ini lumayan jernih. Area sekitar curugpun banyak dibangun warung-warung mini yang bisa dibikmati para pengunjung dan pengunjung juga bisa merasakan dinginnya air sungai dengan cara berendam di sekitar curug.

Untuk berkunjung ke Curug Cinulang tiketnya hanya Rp 10.000 per orang dan biaya parkir kendaraanpun sangatlah murah yaitu sekitar Rp 2.000 untuk motor serta Rp 10.000 untuk mobil. Lokasi curug dengan jalan raya sangatlah dekat dan hal ini menjadi keunikkan dari Curug Cinulang.

Curug Cinulang Berlokasi di desa Sindulang, kecamatan Cimanggung Sumedang, namun curug ini berada di perbatasan sumedang-Bandung dan dari Bandung curug ini sangatlah dekat. Kebanyakkan yang datang ke curug ini adalah warga Bandung dan seringkali disebut sebagai curug orang Bandung.

5. Curug Cimahi

Curug Cimahi foto by instagram.com/pesonaid_travel

Curug Cimahi yaitu salah satu air terjun terbaik yang ada di Bandung dan air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Air terjun ini berasal dari aliran sungai Cimahi dan curug Cimahi ini berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Cimahi. Curug ini seringkali dikunjunggi pengunjung yang berasal dari berbagai daerah dan wisatawan asingpun banyak yang berwisata ke tempat ini.

Curug ini memiliki keunikan dari air curugnya yang sangat jernih dan para pengunjung bisa merasakan berendam di sekitar curug keren ini. Ada berbagai fasilitas yang terdapat di curug ini seperti tempat parkir, pintu gerbang, peta lokasi, jalan setapak dan berbagai fasilitas lainnya. Banyak juga penjual makanan yang menjajakan makanannya dan minuman yang disediakan di tempat ini sangatlah bervariasi.

Untuk berkunjung ke curug ini, pengunjung perlu membeli tiket sebesar Rp 15.000 per orang dan untuk biaya parkir di tempat ini sangatlah murah, karena untuk parkir motor hanyalah Rp 2.000 per motor serta mobil Rp 5.000 per mobil. Tempat ini juga banyak dikunjunggi wisatawan yang masih berusia muda, karena tempat ini sangat cocok untuk pacaran dan memiliki arena berfoto yang keren.

Curug Cimahi berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat dan lokasinya sangatlah strategis, karena tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pengunjung dari luar kota bisa mengunjunggi curug ini dengan sangat mudah dan bisa merasakan berbagai sensasi curug Cimahi.

6. Situ Cisanti

Situ Cisanti foto by instagram.com/sennykacang

Situ Cisanti adalah salah satu situ yang berfungsi untuk menampung air sungai Citarum dan ada 7 mata air yang bercampur di situ ini, salah satunya adalah mata air cisanti. Kedalaman situ ini sekitar 5 meter dan situ ini menjadi dalah satu situ terbaik yang ada di Bandung. Situ ini dijadikan tempat tinggal berbagai jenis ikan dan banyak masyarakat yang mencari ikan di tempat ini.

Secara geografis situ cisanti dikelilinggi pegunungan seperti gunung wayang, gunung rakutak, gunung malabar dan gunung kendang. Para pengunjung yang datang kesini bisa merasakan berwisata sambil menyaksikan keindahan alam dan adanya pegunungan membuat situ cisanti terlihat sangat indah, tak heran banyak konsumen melakukan kegiatan berfoto di tempat ini.

Tiket masuk ke situ cisanti hanya sekitar Rp 8.000 per orang dan setiap pengunjung yang datang ke tempat ini hanya perlu membayar uang parkir Rp 2.000 untuk motor serta Rp 5.000 untuk mobil. Setiap akhir pekan danau ini selalu banyak dikunjunggi oleh masyarakat lokal dan selalu dipenuhi anak muda yang berpacaran.

Situ Cisanti berlokasi di Tarumajaya, Kertasari, Bandung dan menjadi salah satu situ yang berkembang sangat pesat. Berbagai fasilitas tambahan menambah daya jual situ ini dan kini tak hanya wisatawan lokal saja yang datang, tapi banyak juga wisatawan asing yang datang ke tempat ini.

7. Curug putri layung

Curug putri layung foto by instagram.com/denisetiawan540

Curug putri layung adalah salah satu curug terbaik yang ada di Bandung dan tempat wisata ini memiliki eksotisme yang sangat indah. Curug ini mesih sangat alami dan sangat terjauh dari berbagai kontaminasi sampah. Curug ini memiliki cerita sejarah yang sangat panjang dan dipercaya memiliki ceritas mistis yang sangat kental.

Hal unik yang dimiliki curug ini adalah memiliki aliran air yang deras dan membentuk sebuah kolam yang luas. Curug ini juga berada diantara hutan pinus yang sangat rindang dan memiliki udara yang sangat sejuk. Udara yang bersih juga sangat terasa disini dan tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata keluarga.

Tiket masuk ke curug ini adalah Rp 6.000 per orang dan para pengunjung juga bisa merasakan berkemah di area sekitar curug dengan membayar tiket Rp 10.000 per orang. Dengan biaya yang murah berbagai fasilitas alam yang dimiliki curug ini sangatlah menguntungkan dan berendam menjadi sebuah hal yang banyak dilakukan pengunjung.

Curug putri layung berlokasi di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat dan menjadi salah satu list wisata alam yang ada di Bandung. Kebersihan menjadi sebuah hal penting di kawasan curug ini dan para pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan, saat berkunjung ke curug ini. Lokasinya sangatlah strategis, karena tidak terlalu jauh dari pusat kota dan mudah diakses oleh kendaraan.

8. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat foto by instagram.com/backpackerkurus

Curug Tilu Leuwi Opat adalah salah satucurug yang ada di wilayah Bandung dan curug ini telah terkenal sejak lama. Curug ini memiliki kualitas air yang lumayan jernih dan curug ini seringkali digunakan untuk berendam oleh para pengunjung. Curug Tilu Leuwi Opat menjadi referensi tempat wisata alam yang ada di Bandung.

Keunikkan dari curug ini adalah memiliki aliran air yang tidak terlalu deras dan curug ini sangat nyaman digunakan untuk berendam. Curug ini selalu ramai dikunjunggi saat akhir pekan dan para pengunjungnya berasal dari berbagai daerah. Kawasan sekitar air terjun ini memiliki kondisi yang masih sangat alami dan hal ini menambah keindahan dari curug tilu.

Harga tiket wisata di Curug Tilu Leuwi Opat adalah Rp 10.000 per orang dan ada banyak fasilitas tambahan yang disediakan curug ini seperti tempat makanan beserta minuman. Saat berwisata ke tempat ini minimal 10 orang, biasanya akan mendapatkan potongan harga tiket dan hal ini seringkali menguntungkan bagi para pengunjung.

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat dan lokasinya yang sangat strategis membuat tempat ini selalu dipenuhi pengunjung saat akhir pekan. Untuk sampai ke curug ini, akses jalannyapun tidak terlalu sulit dan kondisi perjalanan sudah sangat baik, karena sudah menjadi jalan aspal.

9. Curug Cipanji

Curug Cipanji foto by instagram.com/wisatakabupatenbandung

Curug Cipanji adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di kota bandung dan curug ini berada di kawasan Ciwidey. Curug Cipanji masih sangat alami dan letaknya masih belum terlalu populer. Curug Cipanji mulai dikenal semenjak banyak anak muda yang berkunjung dan melakukan berbagai kegiatan berfoto. Kini foto Curug Cipanji sudah sangat populer di sosial media dan banyak orang yang penasaran dengan tempat wisata tersembunyi ini.

Curug Cipanji memiliki keunikkan, karena terletak di tengah-tengah perkebunan teh dan saat perjalanan menuju curug, para pengunjung akan melihat penampakan perkebunan teh yang indah. Dengan keunikkan kawasannya, curug ini sangat layak dikembangkan dan pengembangan yang dilakukan, membuat curug ini lebih dikenal luas di Indonesia.

Untuk datang ke tempat ini pengunjung tak akan membeli tiket alias gratis dan pengunjung bisa mengakses semua wilayah di Curug Cipanji dengan sangat bebas. Curug ini memiliki keindahan yang sangat keren di pandang mata dan tempat ini bisa dijadikan tempat wisata keluarga, karena para pengunjung bisa berendam di area Curug Cipanji.

Curug Cipanji berlokasi di Margamulya, Pasirjambu, Bandung dan untuk sampai ke curug ini diperlukan waktu yang lumayan lama, karena letaknya terbilang sangat tersembunyi. Curug ini terletak di kaki gunung Cipanji dan menjadi salah satu gunung yang indah. Curug Cipanji bisa menjadi salah satu referensi liburan murah di kota Bandung.

10. Dago Dream Park

Dago Dream Park foto by instagram.com/dagodreampark

Dago Dream Park adalah salah satu tempat wisata yang baru beroperasi pada tahun 2016 dan tempat wisata keluarga ini seringkali dipenuhi banyak pengunjung setiap akhir pekan.

Dago Dream Park memiliki keunikkan di semua fasilitas permainannya, karena banyak wahana aneh yang ada disini dan hal ini membuat banyak pengunjung yang tertarik untuk merasakan wisata di Dago Dream Park.

Tiket masuk ke tempat wisata Dago Dream Park adalah Rp 20.000 per orang dan untuk menikmati semua wahana, pengunjung harus mengeluarkan uang sekitar Rp 20.000 per wahana.

Dago Dream Park berlokasi di Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan banyak pilihan permainan yang disediakan di tempat ini seperti Perahu Kora, Ranjang Gantung, Perahu Dayung, Taman Selfie, Sepeda Terbang dan masih banyak lainnya.

11. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang foto by instagram.com/farmhouselembang

Farm House Susu Lembang adalah tempat wisata ala Eropa yang sedang nge-hits di Bandung dan tempat wisata ini seringkali dipenuhi pengunjung yang datang dari luar kota.

Ada banyak spot unik di taman hiburan ini seperti bangunan bergaya Eropa kuno, kostum sewaan yang bertema Belanda kuno dan sajian restoran yang modern.

Untuk dapat berkunjung kesini, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang tiket sekitar Rp 20.000 per orang dan bisa langsung menikmati berbagai spot keren di Farm House.

Farm House Susu Lembang berlokasi di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan Farm House menjadi tempat wisata pertama di Bandung yang mengusung tema Eropa.

12. Kebun Begonia

Kebun Begonia foto by instagram.com/kebunbegonia

Kebun Begonia adalah salah satu taman bermain yang memiliki banyak sekali bunga warna-warni dan taman ini juga menawarkan berbagai sayuran untuk dipetik langsung sampai di bawa pulang.

Tempat ini selalu dipenuhi banyak pengunjung, ketika musim liburan tiba dan sudah banyak juga wisatawan asing yang datang. Wisatawan yang datang ke tempat ini, pasti tidak akan melewatkan momen berfoto dan melakukan aktivitas bermain.

Untuk berkunjung ke tempat ini, para pengunjung hanya perlu membeli tiket seharga Rp 15.000 per orang dan untuk memetik sayuran, pengunjung dikenakan tarif sayuran per kilo.

Kebun Begonia berlokasi di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan taman ini sangat pas dijadikan spot untuk berfoto, karena memiliki banyak koleksi bunga yang indah.

13. Teras Cikapundung BBWS

Teras Cikapundung BBWS foto by instagram.com/infobandungkota

Teras Cikapundung BBWS adalah tempat wisata yang populer di Bandung dan setiap akhir pekan selalu dipenuhi oleh para pengunjung lokal. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, menjadikan tempat ini sangatlah strategis.

Teras Cikapundung BBWS yaitu salah satu taman kota yang memiliki berbagai fasilitas unik seperti perahu, air mancur, memiliki kebun indah, memiliki patung bersejarah, seringkali diadakan berbagai macam konser dan berbagai fasilitas lainnya.

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas unik di tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan taman ini juga sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Teras Cikapundung berlokasi di Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung dan saat akhir pekan tiba selalu dipenuhi oleh warga sekitar Bandung. Lokasi ini sangat cocok bagi para warga sekitar dan menjadi tempat yang ramai saat akhir pekan tiba.

14. Kampoeng Tulip

Kampoeng Tulip foto by instagram.com/kampoeng_tulip

Kampoeng Tulip menjadi salah satu taman kota terbaik yang ada di Bandung dan ada banyak fasilitas tambahan yang menambah kesan mewah taman ini. Taman ini memiliki desain yang sangat keren dan sangat cocok digunakan untuk tempat berfoto.

Kampoeng Tulip merupakan salah satu taman bermain yang memiliki banyak fasilitas unik seperti menara kincir angin, spot lukisan 3D, rumah unik, sepeda unik dan banyak pohon tulip yang ditaman di tempat ini.

Tempat wisata keluarga ini mematok harga tiket yang sangat murah yaitu sekitar Rp 8.000 per orang dan dengan tiket yang murah, setiap akhir pekannya banyak pengunjung yang datang.

Kampoeng Tulip berlokasi di Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung dan menjadi salah satu taman bermain yang memiliki banyak sekali spot berfoto.

15. Curug Dago

Curug Dago foto by instagram.com/kimung003

Curug Dago memiliki akses jalan yang sangat baik dan air terjun 12 meter ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Setiap akhir pekan dan musim liburan tiba, banyak sekali pengunjung yang sengaja bermain di curug Dago.

Salah satu keunikkan dari Curug Dago adalah memiliki fasilitas berendam yang lumayan luas dan untuk berendam disini, para pengunjung harus siap menahan rasa dingin yang melekat di kulit.

Para pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 15.000 per orang. Pengunjung yang datang kesini, bisa merasakan berendam di air curug yang sangat segar dan bisa melakukan berbagai kegiatan foto.

Curug Dago adalah salah satu tempat wisata alam yang berlokasi di Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung dan curug ini memiliki kualitas air yang sangat jernih.

16. Tebing Keraton

Tebing Keraton foto by instagram.com/mulkisalman

Tebing Keraton adalah salah tempat wisata terkenal yang ada di Bandung dan tempat ini memiliki sebuah tebing yang digunakan untuk melihat berbagai pemandangan.

Tebing Keraton sangat cocok digunakan sebagai spot berfoto dan banyak keunikkan yang dimiliki tempat ini seperti dapat melihat keindahan kota dari atas ketinggian dengan sangat jelas. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 11.000 per orang. Setiap akhir pekan, banyak anak muda yang datang ke tempat ini dan merasakan sensasi pacaran di tebing yang indah.

Tebing Keraton berlokasi di Kompleks Tahura, Jl. Ir. H.Djuanda No.99, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung dan tempat ini seringkali dijadikan muda-mudi sebagai tempat untuk pacaran.

17. Forest Walk Babakan Siliwangi

Forest Walk Babakan Siliwangi foto by instagram.com/bentangwaktu

Forest Walk Babakan Siliwangi adalah salah satu taman kota yang sangat populer di Bandung dan taman ini sering disebut juga Baksil. Taman kota ini menyediakan suasana yang sangat sejuk dan memiliki nuansa alam yang sangat tinggi.

Forest Walk Babakan Siliwangi memiliki keunikkan dari segi desainnya yang sangat mengusung konsep alam dan desainnya yang unik membuat banyak konsumen yang melakukan kegiatan foto di tempat ini.

Untuk menikmati suasana alam di tempat ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket alias gratis dan pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya parkir saja, sekitar Rp 2.000 per motor atau Rp 5.000 per mobil.

Forest Walk berlokasi di Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung dan menjadi taman kota yang selalu dipadati para pengujung setiap akhir pekan.

18. Curug Maribaya

Curug Maribaya foto by instagram.com/jelajahbandung

Curug Maribaya adalah salah satu curug yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan curug ini menjadi kawasan wisata alam populer di Bandung. Area ini juga terkenal dengan pemandian air panasnya dan ada berbagai fasilitas pemandian yang bisa dirasakan.

Curug ini memiliki keunikkan dari segi keindahannya dan banyak konsumen yang merasa nyaman berada di curug ini, kesejukan sangat terasa di Curug Maribaya.

Tempat wisata keluarga ini memiliki aliran sungai yang sangat bersih dan banyak pengunjung yang sengaja berendam. Kualitas air di curug ini masih sangat bagus dan untuk bisa merasakan keindahan curug ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp 35.000 per orang.

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan menjadi tempat wisata yang selalu dipadati pengunjung setiap musim liburan tiba.

19. Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang Bandung foto by instagram.com/puncakbintangbandung

Pemandangan dari atas ketinggian menjadi salah satu keunggulan dari Puncak Bintang Bandung dan para pengunjung yang berkemah, pasti bisa merasakan suasana malam di atas ketinggian.

Pemandangan kota Bandung terlihat sangat keren pada malam hari, hal ini menjadi keunikkan dari Puncak Bintang dan area perkemahan di Puncak Bintang Bandung sangatlah aman.

Untuk berkunjung ke tempat ini, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan bagi para penggunjung yang ingin berkemah, cukup membayar Rp 20.000 per orang.

Puncak Bintang Bandung adalah tempat wisata alam yang berlokasi di Cimenyan, Bandung, Jawa Barat dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Bandung.

20. Puncak Eurad

Puncak Eurad foto by instagram.com/letsgobandung

Puncak Eurad memiliki berbagai aktivitas seru yang bisa dirasakan seperti berkeliling area perbukitan, berkeliling area teh, bersepeda dan menikmati berbagai sajian kuliner di atas perbukitan.

Keunikkan kegiatan bersepeda disini juga, bisa menjadi salah satu tempat olahraga alami dan kawasannya yang sangat sejuk, membuat bersepeda menjadi lebih seru.

Puncak Eurad adalah salah satu tempat wisata alam yang murah meriah, karena pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang tiket sekitar Rp 5.000 per orang.

Puncak Eurad berlokasi di Cibodas-Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjunggi para wiasatawan saat akhir pekan.

21. Situ Patenggang

Situ Patenggang foto by instagram.com/agusm123

Situ Patenggang adalah danau yang berada pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut dan Situ Patenggang terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Kapal pinisi resto menjadi salah satu tempat makanan yang memiliki menu unik dan seringkali membuat para pengunjung ketagihan. Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas yang unik seperti kapal pinisi resto, disediakan berbagai tempat penginapan dan disediakan tempat berkemah.

Untuk merasakan sensasi liburan di Situ Patenggang, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 18.000 per orang untuk tiket masuknya dan ada berbagai fasilitas unik yang bisa dirasakan di Situ Patenggang.

Situ Patenggang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga dan tempat wisata untuk bulan madu. Situ Patenggang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

22. Ranca Upas Smart Camp Adventure

Ranca Upas Smart Camp Adventure foto by instagram.com/ranca_upas

Ranca Upas Smart Camp Adventure adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Bandung dan tempat ini juga menyediakan lahan berkemah yang sangat nyaman.

Pengunjung yang datang kesini juga dapat merasakan sensasi memberi makan rusa dan bisa pula berfoto dengan para rusa. Keberadaan rusa menambah keunikkan dari tempat wisata ini dan Ranca Upas menjadi salah satu referensi tempat wisata terbaik yang ada di Bandung.

Untuk bisa masuk ke area Ranca Upas pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang dan bagi pengunjung yang mau berkemah, akan ada biaya tambahan sekitar Rp 20.000 per orang.

Ranca Upas berlokasi di Jl.Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung dan tempat ini selalu dipadati para pengunjung saat libur akhir pekan.

23. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini foto by instagram.com/alin_love05

Pemandian Air Panas Ciwalini adalah salah satu tempat wisata yang menyediakan fasilitas pemandian air hangat dan tempat ini seringkali dipenuhi banyak pengunjung setiap akhir pekan.

Tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti tempat makan dan penginapan. Bagi para pengunjung yang ingin menginap di tempat ini sangatlah mudah, karena banyak penginapan yang disewakan secara murah untuk para pengunjung.

Untuk merasakan berendam di air panas, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 20.000 per orang dan dengan tiket yang murah, setiap akhir pekan banyak pengunjung yang datang ke Pemandian Air Panas Ciwalini.

Pemandian air panas ini berlokasi di Jl. Raya Ciwidey, Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung dan menjadi salah satu pemandian unik yang ada di Bandung.

24. Bukit Moko

Bukit Moko foto by instagram.com/bukitmoko

Bukit Moko yaitu tempat wisata alam yang sedang nge-hits di Bandung dan Bukit Moko yang berada di ketinggian, memiliki pemandangan yang sangat indah serta menawan.

Pada saat malam minggu tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong anak muda dan menjadi salah satu tempat nongkrong populer di Bandung. Setiap akhir pekan banyak pengunjung yang datang ke tempat ini dan pemandangan kota juga sangat terlihat dari atas ketinggian.

Untuk masuk kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp 10.000 per orang dan banyak fasilitas penunjang yang dibangun di tempat ini seperti tempat makan dan minum.

Bukit Moko adalah bukit indah yang berlokasi di Cimenyan, Bandung, Jawa Barat dan menjadi salah satu tempat yang banyak digunakan anak muda untuk pacaran.

25. Bukit Gantole Cihampelas

Bukit Gantole Cihampelas foto by instagram.com/bkurniadi_mauza

Bukit Gantole Cihampelas adalah salah satu tempat wisata yang sedang populer di Bandung dan awal mulanya tempat ini adalah sebuah area Take Off kegiatan paralayang.

Bukit Gantole Cihampelas memiliki keunikkan daeri segi pemandangannya dan ada berbagai fasilitas tambahan disini seperti tempat makanan serta tempat minuman.

Tempat ini juga banyak dikunjunggi anak muda, karena lokasinya sangat cocok digunakan sebagai area pacaran dan untuk masuk ke area ini, pengunjung tak akan mengeluarkan uang alias gratis.

Bukit Gantole ini berlokasi di Singajaya, Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat dan pada saat malam hari, keindahan kota dapat terlihat di tempat ini. Tak heran tempat ini seringkali dijadikan tempat berfoto oleh para pengunjung.

26. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo foto by instagram.com/angklungudjo

Saung Angklung Udjo adalah salah satu tempat wisata edukasi yang sangat populer di kota Bandung dan berbagai kerajinan yang berbahan dasar bambu tersedia disini, salah satunya adalah alat musik sunda Angklung. Konsep wisata ini adalah untuk melestarikan budaya sunda.

Saat wisata ke Saung Angklung Udjo, para pengunjung bisa merasakan sensasi bermain angklung dan pengunjung juga bisa membeli angklung untuk di bawa pulang, hal ini menjadi salah satu keunikkan dari Saung Angklung Udjo.

Untuk berkunjung ke Saung Angklung Udjo, pengunjung domestik hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 60.000 dan untuk wisatawan asing tiket masuknya adalah Rp 100.000.

Saung Angklung Udjo berlokasi di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung dan setiap akhir pekan tempat wisata ini selalu dipenuhi para pengunjung. Tempat ini menjadi salah satu tujuan study tour berbagai sekolah di Indonesia.

27. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung foto by instagram.com/_erikamrgt

Museum Geologi Bandung adalah museum yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 dan museum ini terus melakukan perkembangan. Museum ini menjadi salah satu monumen bersejarah yang ada di Bandung dan museum ini berada dalam pengelolaan pemerintah Bandung.

Ketika berkunjung ke museum bersejarah ini, para pengunjung dapat melihat berbagai benda peninggalan pada masa lampau dan ada berbagai hal yang bisa ditemukan seperti fosil, minerl dan berbagai batuan peninggalan.

Untuk bisa berkeliling di Museum Geologi Bandung, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang dan pengunjung yang datang ke museum, dapat memperolah berbagai informasi sejarah nasional Indonesia.

Museum Geologi Bandung berlokasi di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung dan sampai saat ini museum ini menjadi favorit para wisatawan.

28. Floating Market

Floating Market Lembang foto by instagram.com/floating.market.lembang

Floating Market Lembang adalah salah satu tempat wisata populer yang ada di Bandung dan Floating Market mengusung tema pasar apung. Setiap akhir pekan, tempat wisata unik ini selalu dipadati banyak pengunjung.

Ada berbagai fasilitas unik yang dimiliki Floating Market seperti pasar yang dibuat terapung, berbagai sajian kuliner lezat, area untuk berfoto dan berbagai fasilitas wisata yang lainnya.

Untuk wisata ke tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 20.000 per orang dan untuk merasakan berbagai fasilitas tambahan, pengunjung harus membayar tiket terusan per permainan.

Floating Market berlokasi di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan menjadi salah satu tempat wisata Lembang yang sering dipadati banyak pengunjung, baik wisatawan lokal ataupun asing.

29. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung foto by instagram.com/transstudio.bandung

Trans Studio Bandung adalah salah satu mall terbesar yang ada di Bandung dan TSB menjadi mall yang memiliki fasilitas super lengkap, tak heran tempat ini sering dijadikan tempat wisata.

Trans Studio Bandung memiliki berbagai fasilitas yang unik seperti taman hiburan dengan konsep keluarga, bioskop dan area bermain untuk anak usia dini. Wahana permainan menjadi hal unik yang banyak disukai para pengunjung dan ada sekitar 20 wahana yang siap memanjakkan para pengunjung.

Supaya bisa merasakan sensasi bermanin di Trans Studio Bandung, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 250.000 per orang dan satu tiket berlaku untuk semua permainan yang ada.

Trans Studio Bandung berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung dan lokasinya yang berada di pusat kota, menjadikan TSB sangat mudah untuk dijumpai.

30. Grafika Cikole

Grafika Cikole foto by https://www.instagram.com/destinasibandung

Grafika Cikole adalah tempat wisata alam yang populer di Bandung dan Grafika Cikole menyediakan berbagai jenis wahana menarik. Tempat ini selalu dipadati oleh para pengunjung yang berwisata ke Bandung.

Grafika Cikole memiliki banyak sekali keunikkan dan ada banyak fasilitas unik yang disediakan seperti Flaying Fox, Jembatan Dua Tali, Jembatan Elvis, Bambu Goyang, Strawberry Farm, Penginapan dan berbagai fasilitas unik lainnya.

Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, pengunjung hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 10.000 per orang dan untuk merasakan berbagai fasilitas yang ada di dalam area, pengunjung hanya perlu memberli tiket terusan dengan harga yang murah.

Grafika Cikole Berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan penunjung yang datang ke tempat ini, pasti tak akan melewatkan momen berfoto.

31. Chinatown

Chinatown Bandung foto by instagram.com/chinatownbandung

Chinatown adalah suatu kampung yang di desain dengan cara tradisional China dan berbagai dekorasi yang diterapkan, sangat berhubungan erat dengan kehidupan orang Tionghoa.

Saat berkunjung ke Chinatown, para pengunjung bisa merasakan sensasi berada di China dan berbagai dekorasi khas China sangat terasa disini, hal ini menjadi keunikkan dari tempat wisata edukasi Chinatown.

Untuk bisa menjelajah Chinatown, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan pada saat akhir pekan, tempat ini selalu dipadati para pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Chinatown berlokasi di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung dan lokasinya yang strategis, membuat para pengunjung mudah untuk menemukan lokasi tempat wisata Chinatown.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat wisata Bandung murah meriah dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!