Tebing Breksi Ukiran Indah Batuan Tambang, Fasilitas, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Tebing Breksi Jogja ~ Destinasi tempat wisata di Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya. Wahana wisata Tebing Breksi Yogyakarta yang kini mulai ramai dikunjungi wisatawan ini merupakan bekas tambang yang diubah menjadi wahana wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wahana ini cocok dijadikan spot foto dengan keunikan ukiran alami yang ada.

Jika di luar negeri seperti di Jerman ada Bastei Rock, di Amerika ada Grand Canyon, maka di Indonesia punya Brown Canyon Semarang dan juga Tebing Breksi, Yogyakarta. Tebing Breksi Jogja merupakan bekas tambang yang menjelma menjadi destinasi wisata favorit di Yogyakarta dan sangat cocok dijadikan spot foto yang menarik.

(Baca Juga: Megahnya Keajaiban Dunia Candi Borobudur Yogyakarta)

Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi baru dan terpopuler di Yogyakarta, berbeda dengan destinasi wisata lain yang ada di Yogyakarta, Tebing Breksi ini awalnya adalah kompleks pertambangan batu putih yang dikelola oleh warga sekitar. Tebing Breksi ini tidak terbentuk secara alami akan tetapi terbentuk akibat aktivitas menambang yang dilakukan oleh warga sekitar.

tebing breksi @dolan_djogjakarta
IG @dolan_djogjakarta

Sejarah terbentuknya tebing breksi ini dalam sejumlah penelitian merupakan endapan dari hasil erupsi berupa abu vulkanik Gunung Nglanggeran di Gunungkidul yang merupakan gunung api purba yang menghasilkan morfologi bukit setinggi 30 meter. Keberadaan batuan apung yanga da di tempat ini, ternyata serupa dengan temuan yang ada di daerah parangtritis hingga Wonogiri.

(Baca Juga: Eksotisnya Candi Prambanan Yogyakarta)

Aktifitas tambang yang dilakukan oleh warga sekitar secara rapi dan terus-menerus menyebabkan batuan tersusun dan terbentuk unik sedemikian rupa dan cocok dijadikan spot foto keren Jogja. Bagi wisatawan yang hobi fotografi tentu berkunjung ke Tebing Breksi Jogja adalah suatu hal yang sangat menarik.

Tebing Breksi Jogja
IG @risharmenita

Keunikan lainnya yang ada di Tebing Breksi Jogja ini adalah berupa pemandangan mengagumkan dengan tersajinya tebing batu kapur tinggi menjulang, terlebih saat ini beberapa sudut tebing tersebut telah ditambahkan ukiran atau pahatan dengan gambar wayang yang menambah keindahan, tidak heran jika beberapa orang memilih untuk melakukan foto pre-wedding di Tebing Breksi ini.

(Baca Juga: Wisata Edukasi Dan Kebudayaan Yang Ada Di Yogyakarta)

Saat ini Tebing Breksi telah menjelma menjadi destinasi wisata baru terpopuler di Yogyakarta dan telah dilengkapi berbagai sarana prasarana pendukung seperti dibangunnya Tlatar Seneng yaitu sebuah panggung terbuka yang difungsikan untuk panggung pertunjukan seni ataupun dapat digunakan jika ada acara-acara khusus dengan tempat duduk setengah melingkari panggung yang menambah keindahan pemandangan Tebing Breksi Jogja.

Tebing Breksi Jogja
IG @tebing_breksi

Selain menikmati tebing batu kapur yang tinggi, di Tebing Breksi Jogja ini wisatawan dapat menaiki tangga alami yang merupakan pahatan dari batuan yang ada. Sesampainya di puncak wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa panorama atau landskap Kota Yogyakarta dari atas, jika wisatawan jeli, wisatawan akan menemukan atau dapat melihat Candi Prambanan dan indahnya landasan pacu Bandara Adi Sucipto dengan pesawat yang sedang take-off atau landing. Jika cuaca sedang cerah wisatawan dapat melihat gagahnya Gunung Merapi dari puncak Tebing Breksi.

Fasilitas Tebing Breksi Jogja

Meskipun tergolong wahana wisata yang masih relatif baru namun fasilitas Tebing Breksi saat ini sudah cukup lengkap, fasilitas Tebing Breksi Jogja diantaranya adalah:

Wahana Tebing Breksi Yogyakarta

1. Panggung terbuka untuk pertunjukan kesenian atau hiburan

2. Spot foto

3. Jeep wisata

Fasilitas Pendukung Tebing Breksi Yogyakarta

1. Mushola

2. Food court atau pusat kuliner

3. Lapangan parkir yang luas

4. Toilet

Cara Menuju Lokasi Tebing Breksi Jogja

Rute menuju Tebing Breksi dapat dikatakan cukup menantang terlebih jika sudah memasuki Desa Sambirejo, Anda akan melewati jalan tanjakan yang cukup tinggi hingga sampai Tebing Breksi, hal ini karena memang lokasi Tebing Breksi yang berada diperbukitan. Namun tidak perlu khawatir karena rute menuju Tebing Breksi keadaan jalannya cenderung sudah bagus kecuali beberapa meter dari pintu masuk Tebing Breksi masih terdapat jalan yang tidak rata.

Dari Kota Jogja

Rute menuju Tebing Breksi dapat ditempuh dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari Kota Yogyakarta anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Solo hingga pertigaan Candi Prambanan anda belok kanan atau menuju arah timur memasuki Jalan Prambanan-Piyungan hingga menjumpai papan nama Tebing Breksi anda belok kiri hingga sampai di Tebing Breksi .

Jarak dari Kota Jogja ke Tebing Breksi kurang lebih adalah 18 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Tebing Breksi sekitar 46 menit.

Harga Tiket dan Parkir Tebing Breksi Yogyakarta

Untuk dapat masuk ke area Tebing Breksi saat ini anda dikenakan biaya seikhlasnya atau suka rela sesuai kemauan dan kemampuan masing-masing. Harga tiket masuk Tebing Breksi yang masih seikhlasnya ini membuat wisatawan yang ingin berkunjung ke Tebing Breksi Jogja.

Informasi Tiket Masuk Tebing Breksi Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Minggu pukul 08.00-21.00

Harga Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

(Baca Juga: Berburu Oleh-Oleh Khas Kota Yogyakarta)

JogjaDay.com ~ Tebing Breksi merupakan fenomena alam unik yang ada di Kota Yogyakarta. Dengan ukiran batuan alami berupa batuan tambang putih menjadikan wahana wisata tebing ini menjadi spot foto yang epic bagi kamu pecinta fotografi. Maka jika kamu sedang berlibur di Jogja jangan lupa untuk mengunjungi wahana wisata ini yaa.

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*