Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Jogja, Rute Menuju Lokasi & Harga Tiket Masuk

Pantai Pok Tunggal ~ Gunungkidul memiliki garis pantai panjang yang membentang dari timur ke barat. Salah satu wisata pantai hits 2019 ini adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai yang memiliki pohon duras yang berdiri sendiri di bibir pantai ini menjadi suatu fenomena unik pantai Gunungkidul.

Keindahan Pantai ini terlihat dari pasir putih yang memilki karakter unik dan berbeda, yaitu putihnya pasir di Pantai Pok Tunggal Yogyakarta terlihat lebih bersih dari pantai lainnya. Pantai ini mempunyai pohon duras sebagai ikon pantai. Puhon tersebut terlihat seakan berdiri sendiri diatas pantai pasir putih Pantai Pok Tunggal Jogja. Tentu menjadi pemandangan yang menarik dan kerap dijadikan spot foto unik bagi para wisatawan yang berkunjung kesana.

(Baca Juga: 50 Pantai Indah Yang Ada Di Kota Yogyakarta)

Bukan sekedar pasir putihnya yang menarik. Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi tebing karang super eksotis. Susunan karang yang ada di Pantai Pok Tunggal ini dapat anda naiki. Ombak yang menggulung dan membasahi bibir pantai seolah mengajak pengunjung untuk turut bermain bersamanya. Asyik kan jika ke pantai ini sudah bersama sang terkasih?

(Baca Juga: Tempat Wisata Di Gunungkidul Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan)

Namun perjalanan ke Pantai Pok Tunggal memang cukup membutuhkan tenaga ekstra. Perjalanan awalnya Anda akan disuguhi jalan yang sulit, namun akan berujung pada surga tersembunyi yang memikat hati dan menantang nyali. Sebatang pohon yang ikonik membuat pantai ini makin cantik.

Pantai Pok Tunggal Jogja
Pantai Pok Tunggal Jogja foto by instagram.com/pantai.jogja

Rute Menuju Lokasi Pantai Pok Tunggal Jogja

Alamat pantai pok tunggal Jogja ini berada di Desa Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berada di pusat kota Jogja maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara untuk sampai di Pantai Pok Tunggal Jogja. Berikut ini adalah rute menuju pantai po tunggal melalui alun alun gunungkidul.

Alun alun Gunungkidul > menuju Pasar Hargosari > Ada pertigaan kedua setelah pasar ambil kanan menuju Jalan Baron > Lurus hingga Karangrejek > Mulo, ada pertigaan lurus saja > Kemiri > Polsek Tanjungsari > Kemadang > Pos Tanda Pembayaran Retribusi (TPR) > Pertigaan belok kiri > Pertigaan Pantai Kukup belok kiri > lurus melewati Pantai Sepanjang >lurus Pantai Drini > Pantai Krakal > Pantai Sundak > Pantai Somandeng > Pantai Indrayanti > cari dan ikuti petunjuk arah pantai pok tuggal > sampai pantai pok tunggal

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal Jogja

Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal Gunungkidul yaitu Rp 10.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lain yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, antara lain Pantai Indrayanti, Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sepanjang, dan Pantai Sundak. Sehingga bagi pengunjung yang ingin menikmati deretan pantai Gunungkidul disekitar Pantai Pok Tunggal Jogja tinggal membeli satu kali saja.

Bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 10.000 untuk mobil, Rp 20.000 untuk minibus, dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Keunikan Pantai Pok Tunggal Jogja

Adanya Pohon Duras yang berdiri sendiri tepat di pinggir Pantai Pok Tunggal ini menjadi suatu hal yang unik dan langka, pemandangan ini menjadi sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Gunungkidul Jogja.

Pesona debur omah yang menderu dengan angin yang relatif kencang menjadi pemandangan sendiri dan kamu juga bisa bermain di bibir pantainya. Terdapat pula barisan tebing yang mengelilingi pantai pok tunggal berdiri gagah menjadi pemandangan eksotis.

Tebing tebing tegak lurus setinggi 50an meter di pantai pok tunggal dimanfaatkan dan dikembangkan untuk olahraga panjat tebing. Bagi kamu yang mempunyai nyali, boleh mencoba olahraga panjat tebing ini. Di tebing ini juga masih banyak hewan liar yang akan nampak bersembunyi atau sedang mencari makan.

Keunikan lainnya yang dimiliki pantai pok tunggal adalah adanya mata air tawar, mata air ini kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah yang merupakan daerah karst. Sumber mata air tawar ini dimanfaatkan oleh penduduk untuk mandi, memasak dan memenuhi suplai air yang ada di warung dan rumah penduduk.

Pantai Pok Tunggal Jogja
Pantai Pok Tunggal Jogja foto by instagram.com/heriwajik

Fasilitas Pantai Pok Tunggal Jogja

Fasilitas yang disediakan pihak Pantai Pok Tunggal cukup lengkap untuk wisatawan. Mulai dari kelengkapan fasilitas wisatawan umum seperti toilet, mushola dan rumah makan. Kamu juga bisa mencoba berbagai aktifitas dengan fasilitas yang ada seperti snorkling, climbing hingga camping. berikut ini adalah fasilitas yang ada di Pantai Pok Tunggal Jogja.

1. Diving dan Snorekling

Tak hanya di Pantai Nglambor dan Pantai Sadranan saja di Pantai Pok Tunggal juga menyediakan fasilitas untuk Snorking di area yang aman pada bibir pantai. Kondisi laut yang masih alami dan airnya yang bening menjadikan aktifitas snorkling di pantai ini menyenangkan.

3. Spot Foto Menarik

Salah satu kegiatan yang tak pernah terlewatkan bagi kaun millenials adalah berfoto dan menguploadnya di media sosial. Nah, di pantai pok tunggal banyak spot yang dapat kamu jadikan obyek berfoto. Pasir putih yang eksotis, payung pantai, tebing yang menjulang menjadi pilihan untuk menambah foto di Instagram kamu pastinya.

4. Wisata Ekstrem Rock Climbing

Adanya tebing tebing yang menjulang mengelilingi pantai pok tunggal dimanfaatkan oleh penduduk untuk olahraga panjat tebing. Bagi kamu yang menyukai olahraga ekstrem ini juga dapat mencobanya. Dengan berbagai pilihan trek short, medium dan long kamu akan puas mendaki tebing eksotis di pantai pok tunggal.

5. Camping

Bagi para traveller camping di pantai adalah kegiatan yang menyenangkan, bermalam di pantai pok tunggal dapat menjadi aktifitas yang bisa menghilangkan penat. Setiap akhir pekan dan hari libur pantai ini akan dipenuhi tenda tenda pada bibir pantainya. Pantai pok tunggal merupakan salah satu spot camping terbaik di Jogja.

6. Fasilitas Untuk Pengunjung

Para wisatawan yang datang ke pantai pok tunggal tak perlu khawatir untuk berlibur, pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk berwisata. Terdapat tempat ibadah, toilet, warung makan dan lahan parkir yang cukup luas.

Pantai Pok Tunggal Jogja
Pantai Pok Tunggal Jogja foto by instagram.com/hendriaanto

Keunikan Pantai Pok Tunggal Jogja

Pantai Pok Tunggal Wonosari yang memiliki keindahan ombak dan pasirnya ini sangat sayang untuk Anda lewatkan tentunya. Tak hanya keindahan pinggir pantai, bagi wisatawan yang menyukai snorkeling? Ombaknya yang landai menjadikan perairan di Pantai Pok Tunggal tempat yang asik untuk snorkeling. Jangan lupa untuk membawa peralatannya dari rumah.

(Baca Juga: 9 Pantai Di Bantul Yang Indah Dan Unik)

Namun bagi kamu yang lupa membawa peralatan dari rumah bisa menyewa atau membeli peralatan snorkling. Di pantai Pok Tunggal menyediakan paket dan persewaan untuk snorkling seperti snorkel, masker, sepatu karet serta kamera bawah air. Dengan harga terjangkau sebesar Rp. 50.000 kamu sudah dapat mengexplore wisata pantai Pok Tunggal dari bawah laut.

Bagi kamu yang tidak suka bermain air, dapat menikmati pesona pantai Pok Tunggal dengan menikmatinya di bibir pantai. kamu bisa menyewa gazebo ataupun payung dengan harga murah yaitu Rp. 20.000. Tentu sangat menyenangkan bisa menikmati Pantai Pok Tunggal Gunungkidul dengan beragam eksotisme alam di Gunungkidul Jogja.

Pantai Pok Tunggal Jogja
Pantai Pok Tunggal Jogja foto by instagram.com/pantai.jogja

(Baca Juga: Pantai Parangendog Yogyakarta, Spot Paralayang Dunia)

JogjaDay.com ~ Keindahan Pantai Pok Tunggal ini menyihir wisatawan lokal hingga mancanegara untuk mengunjunginya. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kota Jogja pastikan untuk singgah dipantai ini yaa. Demikian ulasan mengenai Pantai Pok Tunggal yang ada di Kabupaten Gunungkidul Jogja. Pantai pasir putih ini tentunya dapat menjadi alternatif pilihan berwisata yang seru.

5/5 (2)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya